33 Review Menarik Sumber Maron Wisata Alam Natural di Malang

Sumber Maron merupakan salah satu tempat wisata alam yang menarik di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Meskipun banyak wisata buatan yang bermunculan, keindahan wisata alam di sini tetap memikat hati. Tempat ini menawarkan pemandian dengan air sumber mata yang segar dan alami. Awalnya, air dari sumber ini hanya digunakan oleh masyarakat setempat untuk budidaya kangkung dan sebagai tempat istirahat setelah bekerja di ladang. Namun, dengan potensi yang dimiliki, sumber mata air ini akhirnya menjadi salah satu destinasi wisata yang populer.

Sumber Maron, Wisata Air Seru di Pedesaan Malang
Sumber Maron, Wisata Air Seru di Pedesaan Malang

Bagi Anda yang bosan mengunjungi Batu saat liburan, Anda dan keluarga yang sedang berlibur di kawasan Malang Raya dapat mengunjungi salah satu objek wisata yang ramah anak di Kabupaten Malang, yaitu Sumber Maron. Merupakan kompleks wisata air yang terletak di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar lima kilometer di sisi barat Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang terdapat Sumber Maron.

Sumber Maron memiliki mata air yang jernih dan indah dipandang. Kejernihan airnya begitu tinggi sehingga terlihat berwarna hijau jika dilihat dari kejauhan. Jika dilihat dari dekat, bebatuan di dasar air terlihat dengan jelas. Lingkungan sekitar mata air ini ditumbuhi pohon-pohon yang rindang, sehingga memberikan rasa teduh. Selain itu, area sekitar juga terdapat sawah yang indah. Tidak mengherankan, karena mata air ini terletak di tengah lahan pertanian masyarakat sekitar.

Indonesia memiliki banyak keindahan alam yang menarik dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Di Indonesia terkenal dengan keberagaman pegunungan, air terjun, dan tempat wisata lainnya yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu kota di Jawa Timur yang menawarkan tempat wisata alam yang indah dan menarik adalah Malang. Salah satunya adalah Sumber Maron, sebuah tempat wisata air.

Sumber Maron merupakan salah satu tempat wisata alam di Malang yang menawarkan tempat pemandian dengan sumber mata air yang segar dan alami. Tempat ini tidak hanya memperlihatkan keindahan alam, tetapi juga menyediakan unsur edukasi yang dapat meningkatkan pengetahuan pengunjung yang datang ke tempat ini.

Alamat Lengkap Akses Lokasi Rute

Alamat lengkap dan akses lokasi rute ke Sumber Maron adalah sebagai berikut:

Alamat: Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65174.

Untuk mencapai Sumber Maron dari pusat Kota Malang, Anda dapat mengikuti rute berikut:

  1. Dari Kota Malang, arahkan perjalanan menuju barat menuju Jalan Raya Tumpang-Malang.
  2. Teruslah mengikuti Jalan Raya Tumpang-Malang hingga mencapai Kecamatan Gondanglegi.
  3. Setelah tiba di Kecamatan Gondanglegi, teruskan perjalanan ke arah barat sejauh sekitar 5 kilometer.
  4. Anda akan sampai di Dusun Adi Luwih, Karangsuko, di mana Sumber Maron berlokasi.

Pastikan untuk menggunakan navigasi atau peta untuk membantu Anda menemukan rute yang tepat sesuai dengan lokasi tujuan.

Tiket Masuk

Anda dan keluarga dapat menikmati destinasi wisata alam di Malang, yakni Sumber Maron, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Terdapat banyak obyek wisata murah di Malang yang cocok untuk aktivitas liburan akhir pekan, dan salah satunya adalah Sumber Maron.

Di sini, Anda akan menemukan mata air dengan kejernihan dan kesegaran yang dapat merelaksasi tubuh, jiwa, dan pikiran yang lelah. Untuk dapat menikmati keindahan tempat wisata ini, pengunjung akan dikenai tiket masuk. Harga tiket masuk Sumber Maron tergolong cukup terjangkau dan hanya dibedakan berdasarkan usia wisatawan.

Berikut adalah harga tiket masuk Sumber Maron di Malang:

  • Tiket Masuk Hari Biasa: Rp5.000
  • Tiket Masuk Sabtu – Minggu & Tanggal Merah: Rp10.000
  • Sewa Ban Kecil: Rp 3.000
  • Sewa Ban Sedang: Rp 7.000
  • Sewa Karpet: Rp 3.000
  • Ruang Ganti: Rp 1.000
  • Toilet: Rp 3.000
  • Parkir Mobil: Rp 5.000
  • Parkir Motor: Rp 2.000

Dengan harga tiket yang terjangkau, Anda dapat menikmati keindahan alam Sumber Maron dan merasakan kesegaran sumber mata airnya bersama keluarga tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Sumber Maron Malang buka setiap hari dan dapat dikunjungi mulai dari pagi hingga sore hari. Jam operasionalnya adalah sebagai berikut:

Jam Operasional: Setiap Hari: 07.00 – 16.00

Anda dapat mengunjungi Sumber Maron selama jam operasional tersebut untuk menikmati keindahan dan kesegaran tempat wisata ini. Pastikan untuk mengatur jadwal kunjungan Anda sesuai dengan jam buka yang telah ditentukan.

Fasilitas

Sumber Maron tidak hanya menawarkan spot yang instagenic dan kesegaran mata airnya, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas menarik di dalamnya. Berikut adalah beberapa fasilitas penunjang liburan yang dapat dinikmati saat berlibur di obyek wisata terbaru di Malang ini:

  1. Area Parkir Kendaraan Wisata: Menyediakan area parkir yang luas untuk kendaraan wisata pengunjung. Dengan adanya fasilitas ini, pengunjung dapat dengan mudah dan nyaman memarkirkan kendaraannya selama berada.
  2. Pusat Informasi: Terdapat pusat informasi yang dapat memberikan informasi lengkap mengenai obyek wisata ini. Pengunjung dapat memperoleh informasi tentang atraksi, fasilitas, dan aktivitas yang dapat dilakukan.
  3. Toilet Umum: Fasilitas toilet umum tersedia untuk kenyamanan pengunjung. Toilet umum ini dapat digunakan oleh pengunjung untuk keperluan sanitasi selama berada di obyek wisata ini.
  4. Persewaan Ban: Untuk pengunjung yang ingin menikmati aktivitas bermain air dengan ban, tersedia fasilitas persewaan ban. Pengunjung dapat menyewa ban untuk digunakan saat bermain di air terjun atau kolam pemandian.
  5. Mushola: Terdapat mushola untuk pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah.
  6. Spot Wahana Menarik: Selain keindahan alamnya, Menyediakan spot wahana menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Wahana tersebut dapat menambah keseruan dan kegembiraan saat berlibur.
  7. Kamar Mandi dan Ruang Ganti Baju: Pengelola menyediakan fasilitas kamar mandi dan ruang ganti baju untuk pengunjung yang ingin beraktivitas di area sumber air. Setelah bermain air, pengunjung dapat menggunakan fasilitas ini untuk membersihkan diri dan mengganti pakaian.
  8. Warung Makan: Di sekitar area terdapat beragam warung makan yang menyediakan makanan dengan harga terjangkau. Setelah lelah bermain air, pengunjung dapat menikmati hidangan lezat di warung-warung tersebut tanpa harus keluar dari area.
  9. Pasokan Listrik Micro Hidro: Sumber Maron menggunakan pasokan listrik yang dihasilkan melalui tenaga listrik micro hidro. Tenaga listrik ini dibuat oleh masyarakat setempat, sehingga menjadikan Sumber Maron memiliki sumber listrik yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.
  10. Penginapan Terdekat: Bagi pengunjung yang datang dari luar kota dan ingin menginap di sekitar Sumber Maron, terdapat banyak penginapan yang dapat dipilih sebagai tempat beristirahat setelah seru-seruan. Penginapan-penginapan tersebut terletak dekat dengan area wisata, sehingga memudahkan akses bagi para pengunjung.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, Sumber Maron memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjung yang ingin menikmati aktivitas di tempat wisata ini. Rasakan akhir pekan yang menyenangkan di Kabupaten Malang dengan menjelajahi spot terbaik yang ditawarkan. Nikmati keindahan alamnya sambil menikmati fasilitas-fasilitas yang tersedia untuk memastikan liburan Anda berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Sejarah

Sumber Maron memiliki sejarah yang menarik, di mana awalnya digunakan oleh penduduk lokal untuk budidaya tanaman kangkung serta kegiatan mandi dan mencuci. Namun, Pada tahun 2005, di Sumber Maron dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang digunakan untuk memasok listrik ke empat desa di sekitarnya, yaitu Karangsuko, Sukosari, Gondanglegi Kulon, dan Panggungrejo. PLTMH ini menjadi salah satu pengembangan infrastruktur di daerah tersebut dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

PLTMH tersebut memiliki peran penting dalam memasok listrik untuk empat desa di sekitarnya, yaitu Karangsuko, Sukosari, Gondanglegi Kulon, dan Panggungrejo. Hal ini memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat setempat, karena mereka dapat mengakses listrik yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain menikmati keindahan mata air di Sumber Maron, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mengenal lebih lanjut tentang cara kerja PLTMH saat berkunjung. Wisata edukasi ini dapat memberikan pemahaman tentang pemanfaatan sumber daya alam untuk energi terbarukan, serta pentingnya upaya konservasi dan pengelolaan yang berkelanjutan.

Seiring berjalannya waktu, Sumber Maron semakin dikenal sebagai obyek wisata alam yang menarik. Keindahan sumber mata air yang jernih, air terjun kecil, dan suasana pedesaan yang tenang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung. Tempat ini juga menawarkan berbagai kegiatan seperti tubing, memancing, flying fox, dan terapi ikan.

Meskipun keindahan alamnya sangat menarik, Sumber Maron juga memiliki cerita mistis yang berkembang di sekitarnya. Cerita mistis tersebut berkaitan dengan misteri Air Terjun Sumber Maron, yang melibatkan cerita tentang seorang puteri yang bertapa untuk mencapai kesempurnaan hidup. Cerita ini turun temurun dan memicu mitos serta rasa ingin tahu masyarakat sekitar.

Sumber Maron terus menjadi destinasi wisata yang populer di Malang dan menerima banyak kunjungan dari wisatawan lokal maupun luar kota. Keindahan alamnya, suasana yang tenang, dan beragam kegiatan yang ditawarkan menjadikan tempat ini sebagai pilihan yang menarik untuk bersantai dan menikmati liburan di tengah alam yang indah.

Asal Usul

Asal usul Sumber Maron memang dikelilingi oleh berbagai cerita dan legenda yang terus berkembang dalam masyarakat setempat. Cerita tentang Maron yang berbentuk seperti alat memasak nasi tradisional atau tentang mata air yang berasal dari maron yang dibuang di daerah tersebut merupakan beberapa versi yang beredar.

Namun, cerita yang cukup populer adalah tentang seorang puteri sakti yang melakukan pertapaan di bawah pohon beringin dekat sungai. Dalam cerita ini, puteri tersebut berhasil menahan nafsu duniawinya, termasuk keinginan untuk menjadi cantik dan jatuh cinta. Sebagai hasil dari pertapaannya, muncul sebuah pusaka berupa keris kecil yang kemudian ditanam di lokasi tersebut. Pusaka tersebut menjadi sumber air yang kemudian dikenal sebagai Sumber Maron.

Cerita-cerita seperti ini memberikan sentuhan mistis pada Sumber Maron dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang tertarik dengan hal-hal berbau legenda dan mitos. Meskipun cerita-cerita tersebut tidak memiliki bukti sejarah yang konkret, mereka tetap menjadi bagian dari warisan budaya dan folklore daerah setempat.

Penting untuk diingat bahwa cerita-cerita tersebut memiliki sifat legendaris dan mungkin memiliki variasi dalam pengisahan di berbagai sumber. Masyarakat setempat dan pihak berwenang biasanya lebih berfokus pada pengelolaan dan pelestarian Sumber Maron sebagai obyek wisata alam yang menarik daripada mencari kebenaran sejarah dari cerita-cerita tersebut.

Mitos Legenda Misteri

Mitos dan asal usul Sumber Maron memang memiliki banyak variasi cerita yang beredar di masyarakat setempat. Salah satu cerita yang populer adalah tentang seorang puteri yang bertapa dan berhasil mengalahkan hawa nafsu, yang kemudian diwujudkan menjadi patrem yang ditanam di bawah pohon beringin. Cerita ini memberikan sentuhan mistis pada tempat tersebut.

Selain itu, Sumber Maron juga dikaitkan dengan cerita pesugihan, di mana pada masa lalu tempat ini diyakini digunakan untuk kegiatan spiritual yang tidak baik. Namun, dengan popularitasnya sebagai tempat wisata, mitos tersebut perlahan-lahan menghilang.

Mitos dan kejadian mistis juga sering dikaitkan dengan munculnya sosok setan, hantu, atau makhluk halus. Beberapa wisatawan mengklaim telah mengambil foto-foto yang menangkap hal-hal aneh atau tidak terduga. Namun, perlu diingat bahwa interpretasi terhadap foto-foto tersebut dapat bervariasi, dan keberadaan makhluk halus tidak memiliki bukti yang konkret.

Terkait asal usul penamaan Sumber Maron, ada beberapa versi yang menyebutkan bahwa Maron merujuk pada alat memasak nasi tradisional atau bahwa ada maron yang dibuang di daerah tersebut. Beberapa juga berpendapat bahwa nama Maron dipilih karena bentuk sumber mata air tersebut menyerupai maron. Namun, mungkin sulit untuk mengetahui dengan pasti asal usul nama tersebut, mengingat cerita-cerita tersebut bersifat legendaris dan berkembang dalam masyarakat secara turun temurun.

Mitos dan asal usul Sumber Maron menambah keunikan dan daya tarik tempat wisata ini, memberikan pengalaman yang lebih berwarna bagi pengunjung yang tertarik dengan sisi mistis dan sejarah di baliknya.

Sumber Maron juga memiliki beberapa mitos, legenda, dan cerita misteri yang berkembang di sekitarnya. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung kebenaran cerita ini, cerita-cerita tersebut menjadi bagian dari tradisi dan kepercayaan masyarakat setempat. Berikut adalah beberapa mitos legenda dan cerita misteri yang terkait:

  1. Misteri Air Terjun Sumber Maron: Cerita mistis yang diceritakan secara turun temurun tentang seorang puteri yang bertapa. Dalam cerita ini, puteri tersebut berhasil mengalahkan hawa nafsu dan mengubahnya menjadi patrem (keris kecil) yang ditanam di bawah pohon beringin. Mitos ini menimbulkan rasa ingin tahu dan penelitian oleh banyak orang untuk membuktikan kebenarannya.
  2. Kejadian Aneh dan Makhluk Halus: Sumber Maron juga dikaitkan dengan munculnya kejadian aneh dan adanya makhluk halus. Beberapa wisatawan mengklaim telah mengalami pengalaman seperti melihat sosok setan, hantu, atau makhluk gaib di sekitar area tersebut. Namun, perlu diingat bahwa interpretasi terhadap pengalaman tersebut dapat bervariasi, dan keberadaan makhluk halus tidak memiliki bukti yang konkret.
  3. Mitos Pesugihan: Tempat wisata yang dulunya memiliki cerita pesugihan seringkali dikaitkan dengan mitos dan legenda terkait praktik-praktik mistis. Beberapa orang mempercayai bahwa Sumber Maron dahulu digunakan untuk kegiatan pesugihan atau praktik-praktik spiritual yang tidak baik. Namun, dengan bertransformasinya menjadi tempat wisata populer, mitos ini perlahan-lahan menghilang.
  4. Pohon Beringin Sakti: Konon, terdapat pohon beringin yang diyakini memiliki kekuatan magis di sekitar Sumber Maron. Pohon ini dikatakan sebagai tempat bersemayamnya roh atau energi mistis. Beberapa orang percaya bahwa pohon ini memiliki daya magis dan bisa memberikan berbagai keberuntungan bagi mereka yang memohon dengan sungguh-sungguh.
  5. Air yang Berkhasiat: Air yang mengalir dikatakan memiliki khasiat dan kekuatan penyembuhan. Beberapa orang percaya bahwa air ini dapat mengobati berbagai penyakit atau memberikan efek terapi yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, ini lebih merupakan keyakinan atau legenda yang beredar di kalangan masyarakat setempat.
See also  Review Alun Alun Kota Malang, Taman Rekreasi Favorit Murah Meriah

Penting untuk diingat bahwa mitos, legenda, dan cerita misteri ini lebih merupakan bagian dari warisan budaya dan kepercayaan lokal. Masing-masing individu memiliki kebebasan untuk mempercayai atau tidak mempercayai cerita tersebut. Penting juga untuk menjaga rasa hormat terhadap budaya dan keyakinan masyarakat setempat saat mengunjungi tempat-tempat yang terkait dengan cerita mistis.

Larangan Dan Aturan

Seperti halnya obyek wisata lainnya, Sumber Maron juga memiliki beberapa larangan dan aturan yang perlu diikuti oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa larangan dan aturan yang umumnya berlaku:

  1. Larangan mencemari atau merusak lingkungan: Pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan atau merusak keindahan alam sekitar. Selalu gunakan tempat sampah yang disediakan dan jaga kebersihan lingkungan.
  2. Larangan merusak atau mengambil tanaman: Dilarang merusak atau mengambil tanaman di sekitar Sumber Maron. Ini termasuk pohon, bunga, atau tumbuhan lainnya. Hargai keanekaragaman hayati yang ada di tempat tersebut.
  3. Larangan merokok atau membakar api: Kebanyakan obyek wisata alam melarang pengunjung merokok atau membakar api di area yang rentan terhadap kebakaran. Pastikan untuk mengikuti aturan ini untuk menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan.
  4. Aturan berenang dan bermain air: Jika Anda berenang atau bermain air di sumber atau sungai, pastikan untuk memperhatikan keselamatan pribadi. Ikuti petunjuk yang ada, seperti memakai pelampung jika diperlukan, menjaga jarak dari air terjun yang berbahaya, dan tidak berenang di area yang tidak aman.
  5. Aturan fotografi: Biasanya diperbolehkan mengambil foto, namun pastikan untuk tidak merusak atau mengganggu lingkungan sekitar dalam proses pengambilan foto. Patuhi aturan dan petunjuk yang diberikan oleh pengelola tempat.
  6. Aturan kebersihan dan kenyamanan: Jaga kebersihan dan kenyamanan tempat dengan tidak meninggalkan sampah, menjaga keheningan, serta menghormati pengunjung lainnya. Dalam hal ini, tetap mengikuti etika dan tata krama yang berlaku.

Pastikan untuk membaca aturan dan petunjuk yang terpampang di area serta mengikuti instruksi dari petugas pengelola. Dengan mematuhi larangan dan aturan yang ada, kita dapat menjaga keberlangsungan dan keindahan tempat wisata ini untuk dinikmati oleh pengunjung di masa yang akan datang.

Aktivitas

Sumber Maron, Tirta Wisata Keluarga Bernuansa Alam
Sumber Maron, Tirta Wisata Keluarga Bernuansa Alam

Sumber Maron, setelah lama menjadi sumber air bagi masyarakat sekitar, kini dibuka sebagai destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Tumbuhan hijau yang melimpah di sekitar memberikan nuansa segar dan menenangkan bagi siapa pun yang melihatnya. Keindahan tempat ini semakin bertambah dengan adanya air terjun yang memperindah suasana.

Meskipun tingginya hanya sekitar 6 meter, air terjun ini cocok untuk mandi karena memiliki kemiringan sekitar 60 derajat. Air yang mengalir di sini tidak hanya jernih, tetapi juga tidak terlalu deras. Sumber Maron adalah paket lengkap untuk wisata alam, dengan persawahan yang hijau mengelilinginya. Kehadiran air terjun dan kolam pemandian yang menyegarkan membuat pengunjung enggan meninggalkan tempat ini.

Setiap sudut Sumber Maron memberikan ketenangan dan kesejukan bagi mata yang memandang. Tidak heran bahwa tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Berkunjung ke kota yang sejuk dengan suasana asri seperti ini akan membuat tubuhmu segar kembali.

Sumber Maron memanfaatkan potensi alamnya dengan baik dan menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan yang seru bagi pengunjung. Jika kamu penasaran, berbagai aktivitas menarik dapat kamu lakukan.

Menikmati Keindahan Kolam Ikan Mas

Kolam ikan mas di Sumber Maron merupakan salah satu daya tarik utama yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Keasrian lingkungan sekitar wisata ini memberikan suasana yang menyejukkan dan menenangkan. Sebelum menikmati pemandangan air terjun yang menjadi daya tarik utama, pengunjung akan melihat kolam ikan sebagai pemandangan awal.

Kolam pertama dipenuhi dengan ikan mas yang berenang bebas di dalamnya. Pengunjung dapat melihat banyaknya ikan mas yang menghuni kolam ini, memberikan pesona tersendiri dalam suasana alami. Keberadaan ikan mas di kolam ini menambah keindahan dan kehidupan di sekitar area wisata.

Pengunjung dapat menikmati momen menyaksikan ikan mas berenang dengan indahnya di kolam tersebut. Suasana tenang dan alami membuat pengunjung merasa rileks dan terhubung dengan alam sekitarnya. Kolam ikan mas menjadi salah satu atraksi yang menarik untuk dinikmati sebelum melanjutkan petualangan ke air terjun dan pemandian.

Dengan kehadiran kolam ikan mas ini, Sumber Maron memberikan pengalaman yang berbeda dan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk merasakan kedamaian dan keindahan alam sekitar.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Air terjun di Sumber Maron memiliki keunikan yang menarik untuk dinikmati oleh pengunjung. Selain memiliki tinggi yang hanya mencapai 6 meter, air terjun ini juga memiliki keunikan lain yang membuatnya istimewa. Air terjun ini berasal dari sumber air yang melimpah, sehingga air yang mengalir sangat deras dan segar.

Keunikan lain dari air terjun ini adalah kemudahannya untuk dijangkau oleh pengunjung. Pengunjung dapat naik ke air terjun secara langsung, yang menciptakan sensasi yang berbeda dan menarik. Dengan naik ke air terjun, pengunjung dapat merasakan kesegaran air terjun secara langsung dari atas. Rasakan tetesan air yang menyegarkan dan hembusan angin yang menyejukkan saat berada di atas air terjun.

Namun, bagi pengunjung yang merasa khawatir atau ingin menghindari ketinggian, bermain di bawah air terjun juga tidak kalah seru. Pengunjung dapat memilih untuk bermain di area bawah air terjun, menikmati percikan air yang segar dan merasakan aliran air yang menenangkan.

Dengan segala keunikan yang dimilikinya, air terjun memberikan pengalaman yang berbeda dan menyegarkan bagi para pengunjung. Nikmati keindahan air terjun ini dengan cara yang sesuai dengan preferensi dan kenyamanan Anda, baik dengan naik ke atas air terjun atau bermain di bawahnya.

Kegiatan River Tubing

Salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Sumber Maron adalah river tubing, yaitu menyusuri sungai menggunakan ban karet. Sungai di tempat ini memiliki kedalaman yang dangkal dan arus yang deras, membuatnya cocok untuk river tubing. Sungai ini masih alami dan airnya bersih, sehingga aman untuk beraktivitas.

Panjang sungai yang dapat ditelusuri saat river tubing sekitar 500 meter. Sebelum memulai kegiatan, pengunjung dapat menyewa ban karet dengan biaya sewa yang terjangkau, berkisar antara Rp. 3.000 hingga Rp. 15.000 tergantung ukurannya.

Arus sungai yang deras dan adanya batu-batu besar menambah sensasi kegembiraan saat river tubing. Meskipun kegiatan ini menantang, pengunjung tetap diawasi dan dipantau oleh pengawas yang bertanggung jawab. Di ujung area river tubing, terdapat palang bambu yang dipasang sebagai pengaman agar pengunjung tidak terbawa arus sungai.

Selain itu, petugas yang ada di sana siap membantu dan mengawasi pengunjung. Dengan adanya pengawasan dan perhatian yang baik, kegiatan river tubing ini aman untuk dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Aktivitas ini dapat memberikan pengalaman yang menggembirakan dan seru bagi semua orang.

Berenang

Salah satu aktivitas yang populer di Sumber Maron adalah berenang di kolam air terjun. Keindahan kolam alami yang terletak di bawah air terjun ini menjadi daya tarik bagi pengunjung. Airnya yang jernih menggoda untuk berenang dan menikmati kesegaran yang ditawarkan.

Kolam air terjun ini tidak terlalu dalam, namun untuk keselamatan anak-anak, pengunjung dapat menyewa ban karet dari pengelola tempat wisata. Dengan menggunakan ban karet, anak-anak dapat berenang dengan lebih aman dan nyaman.

Berenang di kolam air terjun ini memberikan pengalaman yang seru dan menyegarkan. Pengunjung dapat menikmati air terjun sambil berenang dan menikmati keindahan alam sekitarnya. Aktivitas ini cocok untuk semua usia dan merupakan cara yang menyenangkan untuk menikmati liburan.

Snorkelling

Di Sumber Maron, terdapat keistimewaan lain yang tidak boleh dilewatkan: snorkeling. Di dalam area pemandian, terdapat ikan-ikan hias yang dipelihara. Kamu dapat menyelam ke dalam air untuk melihat keindahan ikan-ikan hias ini dan mengabadikannya dalam foto.

Tidak perlu pergi jauh ke pantai, Sumber Maron menyediakan kesempatan untuk melakukan snorkeling. Aktivitas snorkeling aman dan menyenangkan karena airnya tidak terlalu dalam. Kamu tidak perlu khawatir akan terseret arus ombak laut. Dengan peralatan snorkeling yang tepat, kamu dapat menikmati keindahan bawah air dan menjelajahi kehidupan laut yang menarik.

Bermain

Di Sumber Maron, selain memiliki kolam pemandian, terdapat juga potensi alam yang menarik. Salah satunya adalah air terjun yang menyegarkan. Kamu dapat bermain air dan menikmati pemandangan air terjun kecil dari bawahnya.

Air terjun memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Meskipun tidak besar, air terjun ini tetap seru untuk dijadikan tempat bermain. Air terjun kecil ini dikenal sebagai Grojogan Sewu oleh masyarakat setempat.

Air terjun pedesaan ini memiliki kelebihan karena airnya tidak terlalu dalam, sehingga cocok untuk anak-anak. Namun, tetap perlu memperhatikan keamanan dan mengawasi anak-anak agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Terapi Ikan

Terapi ikan merupakan salah satu metode kesehatan di mana pengunjung merendam kaki mereka di dalam kolam yang berisi ikan kecil. Ikan-ikan kecil tersebut akan memakan sel-sel kulit mati pada kaki pengunjung. Kamu bisa duduk santai di pinggir kolam sambil merasakan ikan-ikan kecil memijat dan membersihkan kulit mati di kakimu.

Terapi ikan sangat diminati oleh pengunjung dari segala usia. Baik yang muda maupun yang tua, mereka duduk bersebelahan di pinggir kolam untuk menikmati terapi ikan ini. Keindahan ikan-ikan yang memakan sel-sel kulit mati terlihat menakjubkan karena corak warna mereka yang beragam.

Selain memberikan sensasi yang menyenangkan, terapi ikan juga memiliki manfaat kesehatan. Dengan merendam kaki di dalam kolam ikan, pegal-pegal pada tubuh dapat terasa lebih baik. Selain itu, terapi ikan juga diketahui dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Flying Fox

Aktivitas yang menjadi favorit pengunjung di Sumber Maron adalah flying fox. Seperti halnya di tempat wisata alam lainnya, flying fox selalu menjadi daya tarik yang tak terbantahkan. Aktivitas ini seringkali memiliki antrian pengunjung terpanjang dibandingkan dengan aktivitas lainnya.

Flying fox menawarkan pengalaman yang istimewa. Kamu akan merasakan sensasi tak terlupakan saat terbang di atas hamparan sawah yang hijau. Pemandangan pedesaan yang indah terbentang di bawahmu saat kamu melayang di udara, kemudian mendarat di sungai kecil yang sejuk.

Tarif untuk bermain flying fox sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp 10.000, kamu sudah mendapatkan perlengkapan flying fox seperti pengaman badan dan helm. Dengan biaya yang rendah, kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dan merasa puas dengan pengalaman ini.

Spot Foto

Bagi pecinta alam dan fotografi, Sumber Maron merupakan tempat yang sangat menarik. Keindahan alam yang terjaga dan udara yang segar menjadikan tempat ini sebagai surga bagi para penggemar fotografi alam.

Selama perjalanan menuju Sumber Maron, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang hijau dan rindang di sepanjang jalan. Pepohonan yang menjulang tinggi dan suasana alami yang masih terjaga akan menjadi target yang sempurna untuk diabadikan dalam bidikan kamera Anda.

Sesampainya di sumber mata air, Anda akan disambut dengan pemandangan air terjun yang indah dan mengalir dengan cantik. Di sinilah momen yang tepat untuk berhenti sejenak, mengistirahatkan kaki, dan mengambil nafas sembari mengabadikan keindahan alam yang ada di sekitar Anda. Jernihnya air terjun dan suasana yang tenang akan menciptakan gambar yang memukau.

See also  Review Menarik Pantai Pancer Jember, Surganya Para Pemancing

Selain itu, aktivitas seperti tubing atau wahana outbound juga menawarkan kesempatan untuk mengambil foto-foto menarik. Aksi bermain tubing di sungai yang alami atau kegembiraan saat mengikuti kegiatan outbound dapat menjadi momen yang tak terlupakan dan layak untuk diabadikan.

Dengan keindahan alam yang memikat dan berbagai momen menarik yang bisa diabadikan, Sumber Maron adalah tempat yang sempurna bagi pecinta alam dan fotografi untuk mengeksplorasi keindahan alam serta menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Sumber Maron memiliki banyak spot fotografi yang sangat indah dan instagenic. Anda dapat memanfaatkan keindahan alam sekitar, air terjun, dan suasana pedesaan untuk mendapatkan foto-foto yang unik dan memukau. Berikut adalah beberapa spot yang direkomendasikan untuk fotografi:

  1. Air Terjun: Memiliki air terjun yang menawan. Manfaatkan keindahan air terjun sebagai latar belakang foto Anda. Anda dapat berfoto di dekat air terjun atau memanfaatkan long exposure untuk menciptakan efek air yang mengalir lembut.
  2. Pemandangan Sawah: Dikelilingi oleh persawahan, Menawarkan pemandangan pedesaan yang menarik. Ambil kesempatan untuk berfoto di tengah-tengah sawah hijau dengan latar belakang gunung atau langit biru.
  3. Jembatan Gantung: Terdapat jembatan gantung yang bisa menjadi spot fotografi yang menarik. Abadikan momen Anda berjalan di atas jembatan dengan latar belakang pemandangan alam yang indah.
  4. Area Permainan Air: Jika Anda ingin mengambil foto yang lebih bersemangat, manfaatkan area permainan air seperti river tubing atau spot jumping. Tangkap momen keseruan dan kegembiraan dengan latar belakang air yang mengalir.

Pastikan untuk memperhatikan keamanan dan menjaga kebersihan lingkungan saat mengambil foto. Jangan lupa untuk menghormati aturan yang berlaku dan menghargai pengunjung lainnya. Dengan begitu, Anda dapat menciptakan momen fotografi yang tak terlupakan.

Prewedding

Sumber Maron juga merupakan lokasi yang cocok untuk sesi prewedding yang romantis dan memukau. Dengan latar belakang alam yang indah, air terjun, dan suasana pedesaan yang tenang, tempat ini dapat menciptakan suasana yang magis dan romantis untuk sesi pemotretan prewedding. Berikut beberapa tips untuk sesi prewedding:

  1. Rencanakan Jadwal dan Tema: Tentukan jadwal yang tepat untuk sesi prewedding Anda. Pagi hari biasanya menjadi waktu yang ideal karena cahaya matahari lembut dan lingkungan yang masih sepi. Pilih juga tema yang sesuai dengan kepribadian dan gaya Anda sebagai pasangan.
  2. Persiapkan Gaun dan Pakaian: Pilih gaun atau pakaian yang sesuai dengan tema dan suasana alam. Bahan yang ringan dan alami seperti kain flowy atau dress dengan warna-warna yang cocok dengan lingkungan sekitar akan memberikan kesan yang lebih harmonis dengan alam.
  3. Gunakan Fotografer Profesional: Memiliki fotografer profesional yang memiliki pengalaman dalam sesi prewedding akan membantu menghasilkan foto yang indah dan memukau. Diskusikan ide dan konsep Anda dengan fotografer agar mereka dapat mengarahkan dan mengabadikan momen yang sempurna.
  4. Manfaatkan Keindahan Alam: Manfaatkan keindahan alam sekitar seperti air terjun, persawahan, atau pemandangan pedesaan sebagai latar belakang foto Anda. Eksplorasi tempat-tempat menarik di sekitar Sumber Maron untuk mendapatkan variasi foto yang menarik.
  5. Rekam Momen Spontan: Selain foto yang diatur secara pose, biarkan juga fotografer mengambil momen-momen spontan dan alami Anda sebagai pasangan. Momen-momen kecil seperti tawa, sentuhan, atau candaan akan memberikan kesan yang lebih intim dan romantis pada foto-foto Anda.

Pastikan untuk menghormati lingkungan sekitar dan mengikuti aturan yang berlaku. Jaga kebersihan dan hindari merusak flora dan fauna di sekitar tempat tersebut. Dengan persiapan yang baik dan pengambilan gambar yang kreatif, sesi prewedding akan menciptakan kenangan indah dan romantis untuk Anda dan pasangan Anda.

Keunikan Daya Tarik

Malang memang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan kebersihannya dan udara yang sejuk di Jawa Timur. Kota ini telah menjadi destinasi wisata populer karena keindahan alamnya, bangunan bersejarah, dan pesona budayanya.

Sebagai salah satu kota bersejarah di Indonesia, Malang memiliki banyak sisa-sisa sejarah yang tersebar di sekitarnya. Bangunan bersejarah seperti Tugu Malang, Balai Kota Malang, Gereja Katedral, dan Alun-Alun Kota Malang adalah beberapa contoh dari warisan sejarah yang memperlihatkan peran penting kota ini di masa lalu.

Selain itu, Malang juga dikenal dengan arsitektur kolonial Belanda yang masih terlihat di beberapa bangunan tua, seperti Jalan Ijen dan Jalan Basuki Rahmat. Sejarah kebudayaan dan seni di Malang juga tercermin dalam berbagai museum, seperti Museum Malang Tempo Doeloe dan Museum Brawijaya.

Selain pesonanya sebagai kota bersejarah, Malang juga menawarkan keindahan alam yang memikat. Dikelilingi oleh pegunungan, Malang memiliki berbagai objek wisata alam yang menakjubkan, seperti Gunung Bromo, Coban Rondo, Taman Selecta, dan banyak lagi.

Dengan letak geografisnya yang berada di antara 112°17’10,90° BT hingga 112°57’0,00° BT Bujur dan 7°44’55,11° hingga 8°26’35,45° Lintang Selatan, Malang memiliki keindahan alam yang beragam, mulai dari pegunungan, perkebunan, dan persawahan yang memukau.

Kombinasi keindahan alam, pesona sejarah, dan kebersihan kota membuat Malang menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota ini terus berkembang dan menjadi destinasi yang populer untuk menikmati keindahan alam, menjelajahi warisan sejarah, dan merasakan suasana yang sejuk dan nyaman.

Sumber Maron merupakan salah satu obyek wisata di Malang yang dapat dinikmati dengan biaya yang terjangkau. Menghabiskan waktu di alam terbuka dan menikmati keindahan sumber air dapat memberikan efek yang menyegarkan dan memperbaiki suasana hati.

Selain Sumber Maron, di sekitar Malang juga terdapat beberapa obyek wisata lainnya yang tidak memerlukan biaya berlimpah untuk dikunjungi. Contohnya adalah wisata alam seperti Coban Rondo, Coban Rais, dan Coban Pelangi. Anda dapat menikmati keindahan air terjun, pepohonan hijau, dan udara segar tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Selain itu, Malang juga memiliki taman-taman kota yang bisa dikunjungi secara gratis, seperti Taman Bunga Selecta, Taman Rekreasi Kota (Taman Tugu), dan Taman Krida Budaya. Anda dapat menikmati suasana yang nyaman dan indah di taman-taman ini tanpa harus membayar tiket masuk.

Selain obyek wisata, Malang juga memiliki beberapa lokasi yang cocok untuk piknik atau rekreasi bersama keluarga atau teman-teman, seperti Taman Flora Wisata San Terra, Taman Lippo Plaza Malang, dan Alun-Alun Kota Malang. Anda dapat menikmati suasana santai, bermain bersama, atau sekadar menikmati makanan dan minuman di tempat-tempat ini tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Jadi, meskipun ada anggapan bahwa liburan selalu memerlukan biaya yang banyak, tetapi di Malang terdapat banyak obyek wisata dan tempat rekreasi yang dapat dinikmati dengan biaya yang terjangkau atau bahkan gratis. Anda dapat merencanakan liburan yang menyenangkan tanpa perlu khawatir akan biaya yang berlebihan.

Sumber Maron memang menawarkan keindahan alam yang menarik dan menjadi daya tarik utama bagi pengunjung. Kejernihan sumber mata air dan keindahan air terjun kecil di dalamnya memberikan pengalaman yang segar dan menenangkan.

Selain itu, lokasi Sumber Maron yang berada di pedesaan juga menambah daya tariknya. Pengunjung dapat merasakan suasana yang tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan, dan menikmati udara segar di tengah alam yang hijau.

Tingginya jumlah pengunjung yang datang ke Sumber Maron, baik dari masyarakat sekitar maupun dari luar kota, menunjukkan popularitasnya sebagai obyek wisata alam yang menarik. Kehadiran pengunjung dari luar kota juga menjadi indikasi bahwa Sumber Maron semakin dikenal dan diminati oleh wisatawan.

Dengan demikian, Sumber Maron dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Jawa Timur dan menghabiskan waktu rekreasi yang menyenangkan.

Sumber Maron memang menjadi tempat yang ideal untuk kegiatan tubing. Sungai yang tidak kotor dan masih alami memberikan pengalaman tubing yang menyenangkan dan aman. Bagi yang belum pernah mencoba tubing, ini adalah kesempatan yang baik untuk merasakan sensasi berpetualang di aliran sungai yang menantang.

Selain tubing, pengunjung juga bisa menikmati berenang di area sumber yang luas di atas sungai. Dengan duduk sambil menikmati air yang mengalir dari air terjun setinggi sekitar 10 meter, pengunjung dapat merasakan kesegaran dan keindahan alam sekitar.

Hal yang menarik adalah biaya yang murah namun tetap menawarkan keseruan dan pengalaman yang tak kalah dengan tempat wisata lain di Malang seperti Selecta atau Sengkaling. Hal ini menjadikan Sumber Maron sebagai alternatif yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan aktivitas rekreasi dengan anggaran terbatas.

Dengan demikian, Sumber Maron menjadi destinasi yang menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman dengan aktivitas tubing atau berenang di sumber air yang indah.

Sumber Maron memang memiliki beragam kegiatan yang dapat dipilih oleh para pengunjung. Selain tubing dan berenang, pengunjung juga dapat menikmati aktivitas seperti memancing, flying fox, dan terapi ikan.

Bagi pecinta memancing, Sumber Maron menawarkan area yang cocok untuk menyalurkan hobi ini. Anda dapat mencoba peruntungan memancing di sungai yang jernih dan alami. Selain itu, tersedia juga flying fox yang memberikan pengalaman sensasi terbang melintasi kawasan wisata dengan pemandangan yang menakjubkan.

Selain kegiatan rekreasi, Sumber Maron juga dikenal dengan terapi ikan. Terapi ikan, juga dikenal sebagai fish spa, melibatkan ikan-ikan kecil yang akan menggigit dan membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati. Beberapa orang percaya bahwa terapi ikan ini memiliki manfaat kesehatan dan dapat menghilangkan penyakit.

Namun, selain keindahan alam dan berbagai kegiatan yang ditawarkan, Sumber Maron juga memiliki cerita mistis yang terkenal dengan sebutan misteri Air Terjun Sumber Maron. Cerita ini menjadi bagian dari tradisi turun temurun dan mengandung unsur mitos dan legenda. Kisah mengenai puteri yang bertapa dan patrem yang ditanam di bawah pohon beringin menciptakan aura misteri di sekitar tempat tersebut.

Meskipun cerita tersebut tidak dapat dipastikan secara rasional, keberadaan misteri ini telah menciptakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang tertarik dengan hal-hal mistis dan kepercayaan tradisional. Sumber Maron menjadi tempat yang menarik baik dari segi keindahan alam maupun cerita yang mengiringinya.

Wisata Edukasi

Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, Sumber Maron juga menawarkan wisata edukasi yang menarik. Salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidra (PLTMH) yang terdapat di lokasi tersebut. PLTMH ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi warga sekitar.

PLTMH telah memberikan manfaat bagi empat desa sekitarnya. Keberadaannya tidak hanya memberikan penerangan dan listrik yang dibutuhkan oleh desa-desa tersebut, tetapi juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan edukasi bagi para wisatawan yang berkunjung.

Dengan adanya PLTMH, para pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang pembangkit listrik tenaga mikro hidra dan dampaknya terhadap masyarakat setempat. Mereka dapat memahami bagaimana pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan dapat menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Wisata edukasi ini memberikan pengalaman yang berbeda dan melibatkan pengunjung dalam pemahaman tentang energi terbarukan dan pentingnya pelestarian lingkungan. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat menambah pengetahuan dan kepedulian terhadap isu-isu energi dan lingkungan.

Dengan adanya wisata edukasi ini, Sumber Maron tidak hanya menjadi destinasi wisata alam yang menakjubkan, tetapi juga menjadi tempat yang memberikan nilai tambah dalam hal pendidikan dan kesadaran lingkungan.

Kuliner Tempat Makan

Setelah melewati berbagai kegiatan menarik di Sumber Maron, saatnya menjelajahi spot kuliner yang tak kalah menggiurkan. Tempat ini adalah surga kuliner yang menawarkan berbagai hidangan khas Jawa yang lezat dan autentik, seperti soto, bakso, dan masih banyak lagi. Hidangan-hidangan ini merupakan daya tarik lain bagi pengunjung yang ingin mencoba cita rasa lokal.

Salah satu kelebihan dari spot kuliner ini adalah harganya yang terjangkau, meskipun berada di dalam kawasan wisata. Pengunjung dapat menikmati hidangan lezat tanpa harus khawatir membebani kantong. Selain itu, suasana pinggir sungai di sekitar warung makan memberikan kesan alami dan sensasi yang berbeda. Pengunjung dapat menikmati makanan sambil menikmati pemandangan alam yang menenangkan.

Spot kuliner ini menjadi alasan yang kuat bagi pengunjung untuk datang kembali. Mereka tidak hanya menikmati keasyikan wahana, tetapi juga merasakan kelezatan kuliner lokal yang unik. Bagi pecinta kuliner, ini adalah pengalaman yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Sumber Maron.

Penginapan

Di sekitar Sumber Maron, terdapat beberapa pilihan penginapan yang bisa menjadi tempat menginap bagi para wisatawan. Berikut beberapa opsi penginapan yang dapat dipertimbangkan:

  1. Villa atau Resort: Terdapat beberapa villa atau resort yang menyediakan akomodasi di sekitar Sumber Maron. Penginapan ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur, kolam renang, dan taman. Beberapa villa atau resort yang populer di area tersebut adalah Villa Sumber Maron, Villa Pangjek, dan Maron Valley Resort.
  2. Homestay: Alternatif lain adalah menginap di homestay yang terletak dekat dengan Sumber Maron. Homestay biasanya menawarkan kenyamanan rumah sekaligus pengalaman tinggal dengan keluarga lokal. Anda dapat mencari homestay melalui platform pemesanan online atau dengan mencari informasi di sekitar area.
  3. Guest House atau Losmen: Terdapat juga guest house atau losmen yang dapat menjadi opsi penginapan yang lebih terjangkau. Meskipun mungkin memiliki fasilitas yang lebih sederhana dibandingkan villa atau resort, tetapi guest house atau losmen tetap menyediakan kamar yang nyaman untuk menginap.
See also  Review Pantai Kondang Bandung, Pantai Pasir Besi Yang Eksotis

Pastikan untuk melakukan reservasi penginapan sebelumnya, terutama saat liburan atau musim liburan lebaran, karena popularitas Sumber Maron dapat menyebabkan ketersediaan penginapan cepat terisi. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa ulasan dan fasilitas penginapan sebelum membuat keputusan untuk menginap di tempat tertentu.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa pilihan hotel di sekitar Sumber Maron, Malang, beserta fasilitas yang ditawarkan dan jaraknya dari tempat wisata:

  1. Grand Miami Hotel Harga: IDR 439,200 Rating: 4.7 (381 ulasan) Fasilitas: Sarapan gratis, Wi-Fi gratis, Parkir gratis, Kolam renang luar ruangan, Jacuzzi, AC, pusat kebugaran, Spa, Bar Jarak 7.6 km
  2. Grand Kanjuruhan Hotel Harga: IDR 356,250 Rating: 4.5 (539 ulasan) Fasilitas: Sarapan gratis, Wi-Fi gratis, Parkir gratis, Kolam renang luar ruangan, AC, Spa, Bar, Restoran Jarak 6.6 km
  3. Ascent Premiere Hotel and Convention Harga: IDR 362,942 Rating: 4.3 (4,732 ulasan) Fasilitas: Sarapan gratis, Wi-Fi gratis, Parkir gratis, Kolam renang luar ruangan, AC, Spa, Bar, Restoran Kelas: Hotel bintang 4 Jarak 19.5 km Foto 1, Foto 2, Foto 3, Foto 4, Foto 5, Foto 6
  4. The Grand Palace Hotel Harga: IDR 389,622 Rating: 4.3 (1,684 ulasan) Fasilitas: Sarapan, Wi-Fi gratis, Parkir gratis, AC, Spa, Restoran, Layanan kamar, Laundry lengkap Kelas: Hotel bintang 3 Jarak 20.5 km
  5. The Alimar Hotel Harga: IDR 328,373 Rating: 4.2 (1,179 ulasan) Fasilitas: Sarapan gratis, Wi-Fi gratis, Parkir gratis, AC, Restoran, Layanan laundry lengkap, Ramah anak Kelas: Hotel bintang 3 Jarak 20.5 km
  6. Hotel Kawi Surapatha Harga: IDR 240,160 Rating: 4.3 (228 ulasan) Fasilitas: Sarapan gratis, Wi-Fi gratis, Parkir gratis, AC, Layanan kamar, Antar-jemput bandara, Layanan laundry lengkap, Ramah anak Kelas: Hotel bintang 2 Jarak 19 km
  7. Hotel YNO Castle Harga: IDR 316,274 Rating: 4.2 (815 ulasan) Fasilitas: Sarapan gratis, Wi-Fi, Parkir gratis, AC, Restoran, Layanan kamar, Antar-jemput bandara, Layanan laundry lengkap Kelas: Hotel bintang 2 Jarak 4.5 km

Catatan: Harga dan ulasan dapat berubah, pastikan untuk memverifikasi informasi sebelum memesan hotel. Jarak dihitung dari Sumber Maron.

Wisata Sekitar

Pedesaan di Malang memang dikenal dengan keindahan alamnya yang asri. Udara yang sejuk dan segar semakin menambah daya tarik pedesaan di Malang. Salah satu obyek wisata yang tidak boleh dilewatkan adalah Sumber Maron, yang terletak di pedesaan Malang dan menawarkan keasrian yang tak diragukan.

Selain Sumber Maron, terdapat pula obyek wisata lain yang menarik dan dekat dengan Sumber Maron. Jika kamu berkunjung, disarankan untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dan mampir ke obyek wisata terdekat. Dengan begitu, kamu bisa mengeksplorasi lebih banyak tempat menarik di sekitar pedesaan Malang dan membuat perjalananmu semakin berkesan.

Sumber Taman

Sumber Taman yang terletak dekat dengan Sumber Maron. Sumber Taman sepertinya merupakan destinasi yang menarik untuk mengisi waktu luang di sekitar area.

Dengan keberadaan pohon-pohon besar dan pepohonan berusia ratusan tahun, Sumber Taman menciptakan suasana yang sejuk dan menyegarkan. Air yang jernih dan kedalaman pemandian yang mencapai 2 meter akan memberikan pengalaman berenang yang menyenangkan bagi pengunjung.

Selain itu, kehadiran luas pemandian sebesar 30 meter persegi memberikan cukup ruang bagi pengunjung untuk menikmati aktivitas air. Selain berenang, Sumber Taman juga menawarkan fasilitas camping dan outbond, yang akan memberikan pengalaman seru dan petualangan di alam terbuka.

Dengan Sumber Taman yang berdekatan dengan Sumber Maron, pengunjung bisa memanfaatkan waktu mereka untuk menjelajahi kedua obyek wisata tersebut dan menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh desa tersebut.

Milkindo Green Farm

Milkindo Green Farm, peternakan sapi yang dijadikan wisata edukasi di dekat Sumber Maron. Ini adalah tambahan yang menarik untuk pengunjung yang menyukai binatang dan ingin mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda.

Milkindo Green Farm memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat sapi perah secara langsung dan mengamati kegiatan peternakan. Hal ini memberikan kesempatan untuk mempelajari proses produksi susu dan produk olahan lainnya seperti keju yang dihasilkan dari sapi perah tersebut.

Selain sebagai wisata edukasi, Milkindo Green Farm juga menjual produk olahan sapi perahnya seperti susu dan keju. Pengunjung dapat membeli produk-produk tersebut dan membawa pulang hasil dari peternakan tersebut.

Dengan kehadiran Milkindo Green Farm yang berdekatan dengan Sumber Maron, pengunjung dapat menambahkan kegiatan wisata edukasi tentang peternakan sapi dalam perjalanan mereka, sehingga memperkaya pengalaman liburan mereka di daerah tersebut.

Taman Puspa Kepanjen

Taman Puspa di Kepanjen, yang merupakan obyek wisata lain yang menarik untuk dikunjungi dekat dengan Sumber Maron.

Taman Puspa merupakan tempat yang ideal bagi pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati keindahan bunga-bunga yang bermekaran. Didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Malang sebagai tempat rekreasi, taman ini menyajikan pemandangan yang indah dengan berbagai jenis bunga yang menarik.

Selain menikmati keindahan bunga, Taman Puspa juga menyediakan fasilitas untuk anak-anak, seperti ayunan, sehingga menjadi tempat yang cocok untuk keluarga. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas olahraga ringan seperti jogging untuk menyegarkan tubuh setelah berkeliling di taman.

Dengan lokasinya yang dekat dengan Sumber Maron, pengunjung dapat meluangkan waktu untuk mengunjungi Taman Puspa dan menambahkan pengalaman rekreasi yang menyenangkan selama liburan mereka di daerah tersebut.

TPA Wisata Edukasi Talangagung

TPA Wisata Edukasi Talangagung menawarkan pengunjung kesempatan untuk belajar tentang pengolahan limbah dan sampah yang ramah lingkungan. Di tempat ini, pengunjung dapat melihat proses pengolahan limbah menjadi air lindi yang aman bagi lingkungan.

Air lindi adalah hasil dari proses pembusukan sampah yang telah diolah secara khusus sehingga tidak mengandung zat berbahaya. Proses pengolahan ini bertujuan untuk mencegah pencemaran tanah dan lingkungan sekitarnya.

Dengan mengunjungi TPA Wisata Edukasi Talangagung, pengunjung akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya pengolahan sampah yang ramah lingkungan dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar.

Ini merupakan pengalaman yang edukatif dan dapat membantu meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan.

Stadion Kanjuruhan

Stadion Kanjuruhan memang menjadi tempat yang menarik bagi pecinta olahraga terutama sepakbola. Terletak dekat dengan Sumber Maron, stadion ini menjadi destinasi populer bagi pengunjung yang ingin menyaksikan pertandingan atau latihan sepakbola serta menikmati suasana olahraga yang hidup.

Diresmikan pada tahun 2004 oleh Presiden Megawati Soekarno Putri, Stadion Kanjuruhan memiliki kapasitas yang cukup besar dengan mampu menampung 40.000 pengunjung. Stadion ini merupakan kandang bagi klub sepakbola Arema FC, yang memiliki basis penggemar yang besar dan sering menggelar pertandingan yang seru.

Selain menyaksikan pertandingan sepakbola, pengunjung juga dapat menjelajahi area sekitar stadion dan melakukan olahraga di luar atau di dalam stadion ketika tidak ada acara resmi. Selanjutnya, di sekitar Stadion Kanjuruhan, terdapat warung-warung yang menjajakan menu khas Malang, sehingga pengunjung dapat mencoba hidangan lokal setelah berolahraga atau menyaksikan pertandingan.

Jadi, Stadion Kanjuruhan merupakan tempat yang menarik untuk menghabiskan waktu bagi penggemar sepakbola dan pecinta olahraga, serta menikmati kuliner khas Malang yang tersedia di sekitarnya.

Tips

Berikut adalah beberapa tips wisata yang dapat membantu Anda merencanakan kunjungan ke Sumber Maron di Malang:

  1. Pilih Waktu yang Tepat: Waktu terbaik untuk mengunjungi Sumber Maron adalah di pagi hari, karena udara masih segar dan tempatnya tidak terlalu ramai. Hal ini juga akan memberi Anda kesempatan terbaik untuk menikmati wahana dan pesona alamnya.
  2. Ajak Keluarga dan Teman: Liburan akan lebih menyenangkan jika Anda mengajak keluarga, teman, atau sahabat tercinta. Bersama mereka, Anda dapat berbagi kegembiraan dan menghabiskan waktu berkualitas.
  3. Persiapkan Uang dan Baju Ganti: Siapkan uang lebih dan baju ganti saat berkunjung ke Sumber Maron. Anda mungkin ingin mencoba berbagai wahana air atau aktivitas yang dapat membuat Anda basah, jadi baju ganti akan berguna. Selain itu, pastikan Anda membawa cukup uang untuk membayar tiket masuk, sewa peralatan, makanan, dan keperluan lainnya.
  4. Jaga Kesehatan dan Kebersihan: Saat berwisata di alam, selalu jaga kesehatan dan kebersihan. Pastikan Anda membawa perlengkapan pribadi seperti hand sanitizer, tisu basah, dan masker. Selain itu, ikuti aturan kebersihan yang ada di lokasi, seperti membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan fasilitas umum.
  5. Berhati-hati dan Patuhi Aturan: Selalu berhati-hati saat beraktivitas. Ikuti aturan keselamatan yang telah ditetapkan dan patuhi petunjuk dari petugas di lokasi. Ini akan memastikan keamanan dan kenyamanan Anda serta pengunjung lainnya.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti tips ini, Anda dapat mengoptimalkan kunjungan Anda ke Sumber Maron dan menikmati liburan yang menyenangkan dan berkesan.

Kekurangan

Sejauh pengetahuan saya, Sumber Maron tidak memiliki kekurangan yang signifikan. Namun, mungkin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengunjungi tempat wisata ini. Beberapa hal yang mungkin dianggap sebagai kekurangan adalah:

  1. Aksesibilitas: Lokasi Sumber Maron mungkin tidak terlalu mudah dijangkau bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Transportasi umum ke tempat ini mungkin terbatas, sehingga pengunjung perlu merencanakan perjalanan mereka dengan baik.
  2. Fasilitas umum: Meskipun terdapat beberapa fasilitas, seperti toilet dan tempat parkir, namun fasilitas tersebut mungkin tidak sebanding dengan tempat wisata yang lebih besar. Pengunjung perlu mempersiapkan diri dengan membawa keperluan pribadi, seperti air minum dan makanan ringan.
  3. Keramaian: Sumber Maron menjadi semakin populer di kalangan wisatawan, terutama saat akhir pekan atau musim liburan. Oleh karena itu, tempat ini mungkin menjadi cukup ramai dan pengunjung perlu siap menghadapi keramaian serta antrian yang mungkin terjadi.

Meskipun ada beberapa hal yang bisa dianggap sebagai kekurangan, Sumber Maron masih menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan beragam aktivitas wisata yang menarik. Dengan perencanaan dan persiapan yang baik, pengunjung dapat menikmati pengalaman yang menyenangkan di tempat ini.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) terkait Sumber Maron:

  1. Di mana lokasi Sumber Maron? Terletak di Dusun Adiluwih, Desa Karangsoko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
  2. Bagaimana cara menuju Sumber Maron jika tidak memiliki kendaraan pribadi? Untuk menuju tanpa kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan angkutan umum ke wilayah Pagelaran atau Gondanglegi, kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek atau taksi menuju Sumber Maron.
  3. Berapa harga tiket masuk ke Sumber Maron? Harga tiket masuk saat ini adalah Rp 5.000 per orang.
  4. Apa saja aktivitas yang dapat dilakukan di Sumber Maron? Anda dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, tubing, memancing, flying fox, terapi ikan, dan menikmati keindahan alam sekitar.
  5. Apakah ada fasilitas parkir di Sumber Maron? Ya, Menyediakan fasilitas parkir baik untuk mobil maupun motor dengan tarif yang terpisah.
  6. Apakah ada tempat makan di Sumber Maron? Di sekitar terdapat warung-warung kecil yang menyajikan makanan dan minuman ringan. Namun, disarankan untuk membawa bekal sendiri jika membutuhkan makanan yang lebih lengkap.
  7. Bagaimana dengan keamanan di Sumber Maron? Pihak pengelola telah melakukan upaya untuk menjaga keamanan pengunjung. Namun, tetap disarankan untuk selalu menjaga barang berharga dan berhati-hati selama berwisata.
  8. Apakah ada penginapan di sekitar Sumber Maron? Di sekitar terdapat beberapa penginapan dan homestay yang bisa menjadi pilihan bagi pengunjung yang ingin menginap lebih lama.
  9. Bagaimana kondisi sanitasi di Sumber Maron? Menyediakan beberapa fasilitas umum seperti toilet. Namun, disarankan untuk membawa perlengkapan pribadi seperti tisu atau sabun jika diperlukan.
  10. Apakah ada larangan tertentu di Sumber Maron? Saat berkunjung ada beberapa aturan yang harus diikuti, seperti menjaga kebersihan lingkungan, tidak merusak alam sekitar, dan mengikuti petunjuk pengelola serta petugas keamanan.

Harap dicatat bahwa informasi di atas mungkin dapat berubah seiring berjalannya waktu. Sebaiknya Anda memverifikasi informasi terkini melalui sumber resmi atau menghubungi pengelola Sumber Maron sebelum mengunjungi tempat tersebut.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 33 Review Menarik Sumber Maron Wisata Alam Natural di Malang.

Your email address will not be published. Required fields are marked *