Suraloka Zoo Wisata Kebun Binatang & Sarana Edukasi Favorit di Jogja

Saat mencari destinasi liburan akhir pekan keluarga yang istimewa, kami memutuskan untuk mengunjungi Suraloka Zoo di Jogja. Kota Gudeg selalu memiliki pesona tersendiri dalam menawarkan destinasi wisata terbaru, dan kami tidak sabar untuk menjelajahi keindahannya. Berikut adalah pengalaman kami di Suraloka Zoo

Suraloka Zoo Kebun Binatang Edukatif Kaliurang Jogja

Lokasi dan Aksesibilitas Suraloka Zoo terletak di daerah Jogja yang mudah diakses. Kami tidak mengalami kesulitan untuk menemukan tempat ini, karena petunjuk jalan yang jelas sudah tersedia. Parkiran yang luas juga memudahkan kami dalam hal parkir kendaraan.

Jam Buka dan Harga Tiket Kami datang di pagi hari, saat zoo baru dibuka. Jam buka yang ramah keluarga ini memungkinkan kami untuk menikmati kunjungan kami tanpa terlalu banyak kerumunan. Harga tiket masuknya terjangkau, sehingga cocok untuk liburan keluarga.

Koleksi Hewan yang Mengagumkan Saat kami memasuki Suraloka Zoo, kami langsung tertarik oleh berbagai jenis hewan yang mereka miliki. Ada macan tutul yang mempesona, jerapah yang elegan, dan berbagai spesies burung yang cantik. Anak-anak kami terutama senang melihat gajah dan kuda nil. Ada juga zona khusus yang menampilkan hewan-hewan langka, yang benar-benar mengesankan.

Aktivitas Menyenangkan Selain melihat hewan, Suraloka Zoo juga menawarkan berbagai aktivitas yang membuat kunjungan kami lebih menyenangkan. Kami menghadiri pameran burung yang menakjubkan dan memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dengan beberapa burung. Ada juga taman bermain anak-anak yang membuat mereka bahagia. Ini adalah tempat yang bagus untuk edukasi sambil bersenang-senang.

Fasilitas yang Memadai Zoo ini memiliki fasilitas yang memadai, termasuk restoran yang menyajikan hidangan lezat, serta area istirahat yang nyaman. Kami juga menemukan toilet yang bersih dan terawat dengan baik di sepanjang tempat wisata ini.

Keamanan dan Etika Kami sangat menghargai upaya Suraloka Zoo dalam menjaga keamanan pengunjung dan hewan-hewan mereka. Kami selalu mengikuti aturan dan petunjuk yang diberikan oleh staf, seperti menjaga jarak aman dari hewan-hewan tersebut dan tidak memberi makanan pada mereka.

Kenangan yang Tak Tergantikan Kunjungan kami ke Suraloka Zoo di Jogja adalah pengalaman liburan keluarga yang tak terlupakan. Kami membawa pulang kenangan indah dan foto-foto yang berharga bersama hewan-hewan yang menakjubkan. Ini adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan belajar lebih banyak tentang alam.

Harga Tiket Masuk Suraloka Zoo

Harga tiket masuk dan wahana di Suraloka Zoo sangat terjangkau, membuatnya menjadi destinasi liburan yang ramah anggaran. Berikut adalah rincian harga tiket masuk dan harga wahana di Suraloka Zoo:

Harga Tiket Masuk:

  • Rp30.000 per orang
  • Tidak ada perbedaan harga antara hari biasa dan akhir pekan.

Harga Tiket Wahana:

  • Taman Kelinci, Menembak Dino, atau Bermain Pasir: Rp10.000 per wahana.
  • Kereta Thomas, Carousel, Bianglala, atau Kora Kora: Rp15.000 per wahana.
  • Flying Fox atau Kuda Sandel: Rp30.000 per wahana.
  • Playground Indoor: Rp40.000 per orang.
  • Kuda Poni: Rp50.000 per orang.

Harga yang terjangkau untuk wahana-wahana ini memungkinkan pengunjung untuk memilih aktivitas yang sesuai dengan minat dan anggaran mereka. Dengan harga tiket masuk yang rendah dan pilihan wahana yang beragam, Suraloka Zoo menjadi tempat liburan yang ideal bagi keluarga yang mencari pengalaman yang menyenangkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Jam Buka

Suraloka Zoo buka setiap hari dengan jam operasional yang panjang, mulai dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 05.00 sore. Disarankan untuk datang pada pagi hari agar memiliki waktu yang cukup panjang untuk menikmati semua atraksi dan aktivitas yang ditawarkan di dalam kebun binatang ini.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat lengkap Suraloka Zoo adalah sebagai berikut: Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Untuk memudahkan perjalanan Anda ke Suraloka Zoo, berikut adalah rute umum dari pusat kota Yogyakarta:

Dari Pusat Kota Yogyakarta:

  1. Mulailah perjalanan Anda dari pusat kota Yogyakarta.
  2. Arahkan kendaraan Anda ke utara menuju Jl. Jendral Sudirman.
  3. Terus mengikuti Jl. Jendral Sudirman hingga Anda mencapai bundaran Jl. Jendral Sudirman.
  4. Di bundaran ini, ambil keluar pada Jl. Magelang.
  5. Terus mengikuti Jl. Magelang menuju utara hingga Anda mencapai Jl. Kaliurang.
  6. Belok kanan ke Jl. Kaliurang dan lanjutkan perjalanan ke arah timur menuju Kaliurang.
  7. Anda akan melewati daerah-daerah seperti Sleman dan Pakem.
  8. Terus mengikuti Jl. Kaliurang hingga Anda tiba di Kaliurang, Hargobinangun.
  9. Di Kaliurang, Anda akan menemukan tanda-tanda atau petunjuk ke Suraloka Zoo. Ikuti petunjuk tersebut untuk sampai ke destinasi.

Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi lalu lintas dan menggunakan peta atau GPS jika perlu agar Anda dapat mencapai Suraloka Zoo dengan lancar.

Fasilitas

Fasilitas yang lengkap di Suraloka Zoo di Sleman, Jogja, akan memastikan pengalaman liburan Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa Anda temui dan nikmati selama berkunjung ke Suraloka Zoo:

  1. Area Parkir yang Luas: Dengan area parkir yang luas, Anda tidak perlu khawatir mencari tempat untuk kendaraan Anda. Ini memudahkan Anda dalam mengatur perjalanan Anda.
  2. Pusat Informasi Destinasi: Pusat informasi akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi terbaru tentang hewan, wahana, dan aktivitas yang tersedia di zoo. Staf yang ramah di sini siap membantu menjawab pertanyaan Anda.
  3. Toilet: Fasilitas toilet yang tersedia sangat penting selama kunjungan. Pastikan untuk mencari tahu di mana lokasi toilet terdekat saat Anda tiba di Suraloka Zoo.
  4. Mushola: Untuk mereka yang membutuhkan tempat ibadah, adanya mushola di tempat wisata ini adalah suatu keuntungan.
  5. Foodcourt: Saat lapar setelah berkeliling, Anda dapat mencari makanan dan minuman di foodcourt. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantap dan istirahat sejenak.
  6. Pusat Oleh-Oleh dan Souvenir: Jika Anda ingin membawa pulang kenang-kenangan dari kunjungan Anda, kunjungi pusat oleh-oleh dan souvenir yang mungkin menawarkan berbagai item yang unik dan menarik.
  7. Ragam Spot Foto Instagenic: Tempat ini menawarkan berbagai spot foto yang indah, yang pasti akan membuat pengalaman liburan Anda lebih berkesan. Jangan lupa membawa kamera atau smartphone Anda!
  8. Koleksi Hewan Menarik: Anda akan menemui berbagai hewan yang menarik di Suraloka Zoo. Jangan lewatkan kesempatan untuk mempelajari dan berinteraksi dengan hewan-hewan ini.
  9. Wahana Permainan Seru: Untuk tambahan hiburan, Anda dapat mencoba wahana permainan yang seru yang tersedia di sini. Ini akan membuat kunjungan Anda lebih seru dan menyenangkan.

Dengan fasilitas-fasilitas ini, Suraloka Zoo di Jogja adalah tempat yang sempurna untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Nikmati semua yang ditawarkan oleh zoo ini untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan di Yogyakarta.

Daya Tarik

Suraloka Zoo di Kaliurang, Yogyakarta, adalah destinasi liburan yang menarik, terutama untuk keluarga dan anak-anak. Kebun binatang ini menawarkan berbagai koleksi binatang yang dapat menjadi sarana edukasi bagi pengunjung, khususnya anak-anak. Selain itu, tersedia berbagai wahana seru yang dapat melatih ketangkasan anak-anak.

Salah satu hal yang menarik dari tempat wisata ini adalah kemungkinan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada di sana. Misalnya, pengunjung dapat memberi makan kelinci atau menaiki kuda.

Suraloka Zoo adalah tempat wisata relatif baru di Yogyakarta, dibuka pada 25 Desember 2021. Tempat ini menjadi alternatif menarik bagi mereka yang sudah sering mengunjungi Gembira Loka Zoo. Keunikan tempat ini terletak pada kombinasi koleksi binatang, wahana seru, dan area foto yang estetik. Kebersihan tempat ini juga terjaga dengan baik, menjadikannya destinasi liburan yang menarik.

Wahana Edukasi

Suraloka Zoo adalah tempat yang memadukan kebun binatang dengan berbagai wahana menarik. Konsepnya unik dan berbeda dari kebun binatang lainnya. Di sini, Anda dapat menemukan beragam koleksi hewan dari berbagai belahan dunia dan memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan mereka.

Salah satu keunggulan utama Suraloka Zoo adalah lokasinya yang berada di kaki Gunung Merapi. Ini memberikan pengalaman yang luar biasa karena Anda dapat menikmati keindahan alam pegunungan sekitarnya. Taman ini juga dikelilingi oleh keanekaragaman flora yang memanjakan mata pengunjung. Selain itu, keberadaan wahana hiburan yang lengkap membuat tempat ini sangat cocok untuk wisatawan dari segala usia.

Aneka Satwa

Koleksi hewan di Suraloka Zoo sangat beragam dan tidak hanya terbatas pada hewan-hewan Indonesia, tetapi juga mencakup berbagai hewan dari berbagai belahan dunia. Beberapa koleksi hewan yang unik dan menarik termasuk Rusa Trotol India, Kambing Ceko, Ayam Kapas, Pygmy, Kambing Merino, dan banyak lagi. Keberagaman ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk memperluas pengetahuan mereka tentang berbagai jenis hewan di dunia.

Yang menarik adalah pengunjung tidak hanya dapat melihat hewan-hewan ini, tetapi juga dapat berinteraksi langsung dengan mereka. Beberapa hewan bahkan sangat jinak dan terbiasa berinteraksi dengan pengunjung. Pengunjung dapat memberi makan atau bahkan berfoto bersama berbagai jenis burung yang ada di sana, termasuk Sun Conure, Macaw, Kakatua, Burung Hantu, Mollucan, dan banyak lainnya.

Selain itu, terdapat area khusus untuk hewan kelinci di taman ini. Di taman kelinci, terdapat rumah-rumah kelinci yang unik dan kelinci-kelinci berlarian bebas di sana. Area ini sangat menarik terutama bagi anak-anak.

Toko Bunga

Selain koleksi hewan, Suraloka Zoo juga memiliki sebuah toko bunga dengan beragam koleksi bunga yang menakjubkan. Berbagai jenis bunga warna-warni tersedia di toko ini. Yang membuatnya unik adalah bahwa toko bunga ini terletak di dalam sebuah ruangan kaca. Hal ini menjadi pengalaman yang unik dan jarang ditemui. Aneka bunga dan tanaman diatur dengan rapi di dalam ruangan yang tampak sangat luas. Tempat ini sangat estetis dan cocok untuk sesi foto-foto.

Salah satu koleksi andalan dari area ini adalah bunga anggrek. Berbagai jenis anggrek dari berbagai daerah dapat ditemukan di tempat ini. Selain itu, terdapat juga koleksi tanaman hias lainnya seperti Aglonema, Anturium, dan banyak lagi.

Playground

Suraloka Zoo tidak hanya berfungsi sebagai tempat edukasi, tetapi juga menawarkan berbagai wahana yang menguji ketangkasan anak-anak. Anak-anak dapat menguji keberanian dan kelincahan mereka di wahana high rope dan flying fox. Selain itu, terdapat wahana playground indoor dengan berbagai permainan menarik, seperti arena wall climbing, jaring laba-laba, dan AR Interaktif.

Selain wahana ketangkasan, anak-anak juga memiliki kesempatan untuk berkeliling dengan naik kuda. Jenis kuda yang tersedia meliputi kuda poni dan kuda sadel. Setiap kuda di tempat ini bahkan memiliki nama sendiri, yang akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak.

Spot Foto

Suraloka Zoo memiliki berbagai ornamen unik yang sangat cocok untuk berfoto. Di dalam kebun binatang ini, Anda akan menemukan sebuah taman dengan kolam di tengahnya yang menciptakan latar belakang yang indah untuk berfoto. Selain itu, terdapat patung-patung dinosaurus yang menarik dan pasti akan menjadi daya tarik bagi para penggemar berfoto. Tempat ini adalah surga bagi mereka yang senang beraktivitas fotografi.

Café Dan Resto

Setelah lelah berkeliling dan bermain di Suraloka Zoo, Anda dapat mengisi tenaga kembali dengan makanan dan minuman di café dan resto yang tersedia di tempat ini. Café dan resto ini menawarkan berbagai menu mulai dari minuman, camilan, hingga makanan berat. Jenis menu yang disajikan juga beragam, mulai dari hidangan khas nusantara hingga makanan ala barat. Tempat ini merupakan pilihan yang sempurna untuk bersantai dan menikmati santapan lezat setelah seharian beraktivitas di kebun binatang.

Tips Berkunjung

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda saat berkunjung ke Suraloka Zoo:

  1. Waktu Berkunjung: Cobalah datang pada saat pagi hari ketika kebun binatang baru dibuka. Ini akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk menikmati semua wahana dan aktivitas yang ditawarkan.
  2. Kenakan Pakaian Nyaman: Pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman, terutama jika Anda berencana untuk bermain di wahana atau berinteraksi dengan hewan.
  3. Jaga Kebersihan: Selalu jaga kebersihan saat berada di kebun binatang ini. Buang sampah pada tempatnya dan ikuti aturan-aturan lain yang berlaku.
  4. Ajak Keluarga: Suraloka Zoo adalah tempat yang sempurna untuk berkunjung bersama keluarga. Ajak anak-anak Anda untuk belajar tentang satwa dan bermain di wahana yang tersedia.
  5. Berfoto: Jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen-momen indah selama kunjungan Anda. Terdapat banyak spot foto yang bagus di kebun binatang ini.
  6. Ikuti Petunjuk: Ikuti petunjuk dan panduan yang diberikan oleh pengelola kebun binatang untuk keamanan Anda dan satwa-satwa yang ada.
  7. Santap di Café: Setelah seharian berkeliling, nikmati makanan dan minuman di café atau resto yang tersedia di Suraloka Zoo.
  8. Bersabar: Kebun binatang mungkin akan ramai pada hari-hari tertentu. Bersabarlah dalam mengantre di wahana atau aktivitas tertentu.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda akan memiliki pengalaman yang lebih menyenangkan saat berkunjung ke Suraloka Zoo di Jogja. Selamat bersenang-senang!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News