31 Review Menarik Taman Batu Purwakarta, Wisata Air Alami Pegunungan

Kota Purwakarta memiliki banyak daya tarik dengan pesona alamnya yang memukau, dan tempat-tempat wisata semakin bermunculan untuk memanfaatkan keindahan dan kesegaran di kaki Gunung Burangrang. Salah satu contoh destinasi wisata yang memanfaatkan mata air di kaki Gunung Burangrang adalah Taman Batu, yang terletak di Jalan Taman Batu, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Kolam Renang Taman Batu Purwakarta
Kolam Renang Taman Batu Purwakarta

Airnya yang jernih, udaranya yang sejuk, dan keindahan alam yang melimpah membuat Taman Batu menjadi pilihan wisata yang menarik. Batuan yang tersusun dengan indah, dedaunan yang hijau, serta suara gemericik air yang mengalir semakin menambah keasrian tempat wisata ini. Tempat ini sangat cocok untuk mengambil foto yang instagrammable.

Taman Batu Purwakarta adalah tempat wisata air yang selalu ramai pengunjung, hampir setiap hari tempat wisata ini selalu dipenuhi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Namun, saat ini Taman Batu Purwakarta menerapkan protokol kesehatan yang direkomendasikan oleh pemerintah sebagai respons terhadap pandemi.

Sudah lebih dari 10 tahun Purwakarta membuktikan bahwa ia adalah destinasi wisata di Jawa Barat yang pantas untuk dikunjungi.

Purwakarta bukan hanya tentang Waduk Jatiluhur, tetapi juga menawarkan beragam tema wisata, salah satunya adalah Taman Batu Purwakarta.

Alamat Lengkap Akses Lokasi Rute

Alamat lengkap dan rute akses ke Taman Batu Purwakarta adalah sebagai berikut:

Alamat: Taman Batu Purwakarta Jl. Taman Batu, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41164

Rute Akses Pertama Dari Jakarta:

Rute pertama yang dapat diambil untuk mencapai Taman Batu Purwakarta adalah sebagai berikut: Dari Jakarta, pertama-tama menuju Sadang, kemudian lanjut ke Purwakarta. Setelah itu, menuju Situ Wanayasa dan kemudian ke Bojong. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan ke Cipeudeuy dan akhirnya mencapai Cijanun, lokasi Taman Batu Purwakarta.

Harap diperhatikan bahwa saat mendekati lokasi wisata, akses jalan hanya selebar 1 mobil. Oleh karena itu, disarankan agar para wisatawan tetap berhati-hati ketika berpapasan dengan mobil lain. Pastikan untuk mengemudikan kendaraan dengan hati-hati dan memperhatikan keselamatan serta aturan lalu lintas selama perjalanan.

Rute Akses Kedua:

Rute kedua untuk mencapai Taman Batu Purwakarta adalah sebagai berikut: Dari Jakarta, perjalanan dimulai menuju Sadang, kemudian dilanjutkan ke Purwakarta. Setelah itu, menuju Pondok Salam dan kemudian ke Cipeudeuy, lalu berlanjut ke Cijanun, lokasi Taman Batu Purwakarta.

Rute ini memiliki jarak tempuh yang lebih pendek dan lebih nyaman ditempuh dengan menggunakan sepeda motor. Namun, harap diingat bahwa sekitar 1 km mendekati lokasi wisata, pengendara harus tetap berhati-hati. Karena akses menuju lokasi hanya berupa jalan setapak di antara pesawahan.

Selama perjalanan, pastikan untuk mengendarai sepeda motor dengan hati-hati, memperhatikan keamanan, dan mengikuti aturan lalu lintas yang berlaku. Jika ada kendala atau ketidakjelasan, disarankan untuk bertanya kepada penduduk setempat untuk memastikan rute yang tepat menuju Taman Batu Purwakarta.

Pastikan untuk menggunakan peta atau aplikasi navigasi untuk memastikan Anda tidak tersesat selama perjalanan. Selain itu, perhatikan juga kondisi lalu lintas dan ikuti rambu-rambu lalu lintas yang ada untuk keselamatan selama perjalanan.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Taman Batu Purwakarta sangat terjangkau, yakni sebesar 20.000 rupiah per orang tanpa termasuk biaya parkir. Selain itu, biaya parkir mobil di tempat tersebut adalah Rp. 10.000,-, sedangkan untuk parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000,-. Tarif tersebut tetap stabil, bahkan pada akhir pekan. Dengan biaya tiket yang rendah, pengunjung dapat merasakan keseruan dan pengalaman yang luar biasa, yang dapat mereka bagikan kepada teman dan keluarga mereka.

Pada awal pembukaan Taman Batu, tidak ada tarif yang ditetapkan. Pengunjung hanya diminta memberikan sumbangan sukarela sesuai kemampuan mereka. Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya pengunjung yang datang, pengelola wisata memutuskan untuk memasang tarif yang tetap.

Pendapatan yang diperoleh dari tiket masuk akan digunakan untuk perbaikan dan peningkatan fasilitas yang ada di Taman Batu. Pengelola juga memiliki rencana untuk memperluas area wisata ini sekitar 4 hektar dengan mengambil tanah dari warga setempat.

Setiap individu, tanpa memandang usia, diwajibkan untuk memiliki tiket masuk ke Taman Batu Purwakarta.

Jam buka Taman Batu Purwakarta: Taman wisata ini buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore hari, baik pada hari biasa maupun akhir pekan.

Waktu operasional: Setiap Hari: 08.00 – 17.00

Selama waktu tersebut, pengunjung dapat menikmati fasilitas dan keindahan Taman Batu Purwakarta. Pastikan untuk mengatur jadwal kunjungan Anda sesuai dengan jam operasional yang telah ditentukan.

Fasilitas

Taman Batu Purwakarta telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai di area kolam renangnya. Pengunjung dapat menemukan toilet, ruang bilas, dan ruang ganti yang nyaman. Selain itu, terdapat juga saung-saung dan pendopo di sekitar kolam yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai dan istirahat.

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati hidangan lezat, di sekitar lokasi wisata ini terdapat banyak tempat makan yang dapat ditemukan. Sajian makanan yang disajikan sangat beragam, termasuk hidangan khas Purwakarta yang terkenal, seperti Sate Maranggi. Selain itu, di sekitar area wisata juga terdapat beberapa penginapan yang dapat dipilih serta tempat hammocking untuk bersantai.

Jadi, selain menikmati keseruan di kolam renang Taman Batu Purwakarta, pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada di sekitarnya, termasuk tempat makan dengan hidangan lezat dan penginapan yang nyaman.

Taman Batu Purwakarta menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjungnya. Beberapa fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini meliputi:

  1. Area parkir mobil dan motor: Tersedia area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi pengunjung.
  2. Kamar bilas: Terdapat kamar bilas yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk membersihkan diri setelah bermain air atau berenang.
  3. Loker penyimpanan barang: Fasilitas loker tersedia untuk pengunjung yang ingin menyimpan barang berharga dengan aman.
  4. Toilet: Toilet umum disediakan untuk kenyamanan pengunjung dalam menjalani kegiatan di Taman Batu Purwakarta.
  5. Ruang ganti pakaian: Terdapat ruang ganti pakaian yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengganti pakaian sebelum atau setelah berenang.
  6. Gazebo: Tersedia gazebo atau tempat duduk yang nyaman di sekitar kolam renang untuk bersantai atau istirahat.
  7. Penyewaan ban: Pengunjung dapat menyewa ban untuk digunakan saat bermain air di kolam renang.
  8. Kantin atau Food Court: Tersedia kantin atau food court di area wisata ini, tempat pengunjung dapat membeli makanan dan minuman.
  9. Penginapan: Terdapat penginapan di sekitar Taman Batu Purwakarta untuk pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama atau menginap di sekitar lokasi wisata.

Dengan adanya fasilitas yang lengkap dan memadai tersebut, pengunjung dapat menikmati pengalaman berwisata yang nyaman dan menyenangkan.

Sejarah

Taman Batu Purwakarta memiliki sejarah yang menarik. Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui mengenai latar belakang sejarahnya. Taman Batu Purwakarta memiliki asal usul sebagai kolam pemandian air dingin yang berasal dari mata air Cijanun. Oleh karena itu, tempat wisata ini juga dikenal sebagai Wisata Mata Air Cijanun.

Pada awalnya, mata air Cijanun digunakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Namun, untuk alasan yang tidak diketahui dengan pasti, proyek tersebut dihentikan oleh PDAM. Air yang sudah ditampung dalam wadah kemudian dimanfaatkan sebagai kolam pemandian seperti yang ada sekarang.

Taman Batu Purwakarta, dengan nama yang diberikan, mulai dibuka untuk umum sekitar tahun 2016. Nama tersebut dipilih berdasarkan banyaknya bebatuan yang tersebar di sekitar kolam dengan ukuran yang beragam.

Hal ini terjadi karena lokasi Taman Batu Purwakarta berada di gugusan Gunung Burangrang, yang menyebabkan banyaknya batuan tersebar di sekitar wilayah tersebut. Bebatuan ini tidak hanya terdapat di sekitar area pemandian, tetapi juga hampir di setiap bagian Kecamatan Bojong.

Dengan sejarahnya yang unik dan keindahan alamnya yang menakjubkan, Taman Batu Purwakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Purwakarta.

Taman Batu Purwakarta adalah destinasi wisata yang menggabungkan kolam renang di atas bukit dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Keindahan tempat ini telah berhasil menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah.

Dikelilingi oleh nuansa alam yang hijau, sejuk, dan asri, Taman Batu Purwakarta memberikan kenyamanan dan ketenangan yang unik bagi para pengunjungnya. Di sini, wisatawan dapat merasakan sensasi berenang sambil menikmati panorama alam yang indah, memberikan efek relaksasi yang menenangkan bagi jiwa dan pikiran.

Dengan perpaduan antara kolam renang yang menarik dan pemandangan alam yang spektakuler, Taman Batu Purwakarta menjadi salah satu tempat wisata yang menonjol di Purwakarta dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Larangan Dan Aturan

Di Taman Batu Purwakarta, terdapat beberapa larangan dan aturan yang perlu diperhatikan oleh pengunjung, antara lain:

  1. Larangan membawa makanan dan minuman dari luar: Untuk menjaga kebersihan dan keamanan, pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar. Terdapat kantin atau food court di area Taman Batu yang menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman.
  2. Aturan berpakaian yang sopan: Pengunjung diharapkan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan pantas saat berada di area Taman Batu, terutama saat berada di dalam kolam renang. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu terbuka atau mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya.
  3. Larangan merokok di area kolam renang: Merokok dilarang di area kolam renang untuk menjaga kebersihan air dan kenyamanan pengunjung lainnya. Terdapat area yang ditentukan untuk merokok di tempat yang telah disediakan.
  4. Aturan keselamatan di dalam kolam renang: Pengunjung diharapkan mematuhi aturan keselamatan yang berlaku di dalam kolam renang, seperti tidak berenang di dalam kolam dengan kedalaman yang tidak sesuai dengan kemampuan berenang, tidak bermain kasar, dan mengawasi anak-anak dengan baik.
  5. Larangan menggunakan peralatan berbahaya: Pengunjung tidak diperkenankan membawa atau menggunakan peralatan berbahaya di dalam area Taman Batu, seperti pisau, senjata tajam, atau benda-benda yang dapat membahayakan diri sendiri atau pengunjung lainnya.

Pengunjung diharapkan untuk mematuhi semua larangan dan aturan yang berlaku demi menjaga keamanan, kenyamanan, dan kebersihan Taman Batu Purwakarta serta pengalaman wisata yang menyenangkan bagi semua pengunjung.

Aktivitas

Taman Batu Purwakarta, Wisata Air Alami untuk Rekreasi Keluarga
Taman Batu Purwakarta, Wisata Air Alami untuk Rekreasi Keluarga

Taman Batu Purwakarta, yang terletak sekitar 30 km dari pusat kota Purwakarta, memang sesuai dengan namanya, memiliki banyak batu alam yang tersebar di sekitar kolam. Batu-batu tersebut berasal dari gugusan batuan pegunungan Burangrang dan memiliki ukuran yang beragam.

Taman rekreasi ini memiliki keunikan yang memikat dan menjadi pilihan destinasi wisata keluarga dengan wahana air. Di sini, pengunjung dapat berenang sambil menikmati panorama sekitar yang memberikan efek relaksasi. Suasana alaminya memberikan nuansa yang asri dan menyegarkan bagi para wisatawan.

Taman Batu Purwakarta menjadi tempat yang unik dan menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Nikmati keindahan alam yang dipadukan dengan wahana air yang disediakan di tempat ini.

Berenang Dan Bermain Air

Di Taman Batu Purwakarta, pengunjung dapat menikmati berenang di kolam renang bertingkat yang menyegarkan. Taman ini menawarkan beberapa kolam renang yang disusun dengan tangga, memberikan keunikan tersendiri pada wahana air ini.

Kolam-kolam renang di taman wisata ini dipasok oleh mata air Cijanun yang dibendung. Airnya berasal dari pegunungan dan masih mempertahankan kealamian serta kejernihan air mineral yang segar. Air kolam ini tidak mengandung bahan kimia seperti kaporit, sehingga tidak akan menyebabkan iritasi pada mata.

Setiap kolam renang memiliki ukuran 10 x 6 meter. Kedalaman kolam bervariasi, disesuaikan dengan usia pengunjung yang seringkali datang bersama keluarga dan anak-anak. Mulai dari yang dangkal hingga kedalaman 4 meter, kolam-kolam ini memberikan pilihan sesuai preferensi dan tingkat kenyamanan setiap individu.

Nikmati sensasi berenang di kolam renang bertingkat ini, merasakan kesegaran dan keseruan bersama keluarga.

Taman Batu Purwakarta merupakan tempat pemandian yang menawarkan pengalaman berenang seru dan bermain air di alam yang indah. Air yang digunakan berasal dari mata air alami, yaitu mata air Cijanun. Di tempat ini, terdapat berbagai kolam yang bisa kamu gunakan untuk berenang dan bermain air bersama.

Kolam-kolam pemandian disusun dengan tangga dan memiliki variasi yang cukup banyak, sehingga meskipun tempatnya sedang ramai, kamu tidak perlu khawatir kehabisan tempat untuk berenang.

See also  Eksplorasi Wisata: Curug Layung, Pesona Alam Bandung Barat

Kedalaman kolam juga bervariasi, mulai dari 40 cm hingga 1,5 m. Airnya memiliki suhu yang cukup dingin, sehingga lebih nyaman untuk berenang saat menjelang siang hari.

Bagi anak-anak, Taman Batu Purwakarta adalah tempat yang menyenangkan untuk berlibur. Mereka akan sangat senang diajak ke sini. Selain kolam-kolam renang, terdapat pula air terjun buatan yang cantik. Kamu bisa mandi di bawah aliran air terjun ini sambil mengambil foto atau video untuk mengabadikan momen yang indah.

Nikmati keseruan berenang dan bermain air, dan pastikan untuk mengambil banyak foto dan video yang akan menjadi kenangan berharga dari liburanmu.

Menikmati Panorama Alam

Taman Batu Purwakarta menawarkan panorama alam yang menakjubkan dengan pemandangan perbukitan, sungai, dan persawahan yang menghijau.

Wisata Mata Air Cijanun ini berlokasi dekat dengan kawasan hutan yang dikelola oleh Perhutani KPH Purwakarta. Akses jalan menuju lokasi melewati perkampungan warga dan kebun teh yang terletak di kecamatan Bojong, Purwakarta.

Kolam renang di taman rekreasi ini terletak di lereng perbukitan yang dikelilingi oleh hutan alami dan perkebunan. Saat berenang, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah bukit, hutan, dan persawahan. Letaknya yang berada di ketinggian memberikan panorama alam yang eksotis, sambil menikmati udara yang sejuk.

Nikmati keindahan alam sekitar Taman Batu Purwakarta saat berenang di kolam renang, sambil menikmati pemandangan perbukitan, hutan, dan persawahan yang mempesona. Rasakan sensasi yang menyegarkan dan keindahan alam yang memanjakan mata dan jiwa Anda.

Mandi Di Air Terjun Buatan

Mencoba menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan, Taman Batu Purwakarta mengundang pengunjung untuk merasakan keseruan mandi dan bermain air di bawah guyuran air terjun buatan yang memukau. Pengelola dengan sengaja menciptakan simulasi air terjun yang menakjubkan di area wisata ini. Pengunjung dapat dengan bebas bermain air, merasakan sensasi basah-basahan, dan bermandikan air terjun yang mengalir dengan riang.

Tidak hanya sebagai tempat bermain air yang mengasyikkan, spot air terjun buatan ini juga menjadi daya tarik bagi para pecinta fotografi. Keindahan air terjun menciptakan latar belakang yang sempurna untuk mengambil foto-foto yang menakjubkan.

Mari nikmati kegembiraan mandi dan bermain air di bawah guyuran air terjun buatan yang memukau di Taman Batu Purwakarta, sambil mengabadikan momen-momen tak terlupakan dalam rangkaian foto-foto yang penuh kreativitas dan pesona.

Spot Foto

Taman Batu Purwakarta juga menawarkan area foto yang menawan, terutama di sekitar kolam renang infinity pool. Pengunjung dapat bersantai di kolam renang sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Dengan penataan yang unik, taman rekreasi ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk mencari spot-spot yang instagrammable bagi para wisatawan. Di tepi kolam renang terdapat batu-batu yang bisa digunakan untuk duduk sekaligus berfoto.

Di area ini juga terdapat berbagai saung dan pendopo kecil di sekitar kolam renang. Saung-saung dan pendopo-pendopo ini menjadi spot menarik untuk mengabadikan momen liburan.

Selain itu, panorama di sekeliling kolam renang juga sangat memukau dan dapat menjadi latar belakang yang sempurna untuk foto-foto wisatawan. Hijau perbukitan dan hamparan sawah yang mengelilingi memberikan kesan eksotis yang memikat.

Nikmati momen berfoto yang menawan di Taman Batu Purwakarta, menjadikan liburan Anda tak hanya menyenangkan, tetapi juga meninggalkan kenangan yang indah dalam bentuk foto-foto yang spektakuler.

Camping

Camping di Taman Batu Purwakarta merupakan pilihan yang menarik bagi para pengunjung yang ingin merasakan suasana alam yang asri dan membangun pengalaman berkemah yang berbeda. Di Taman Batu, terdapat area yang disediakan khusus untuk berkemah.

Untuk melakukan camping, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 30 ribu per orang. Namun, perlu diingat bahwa biaya tersebut belum termasuk tiket masuk ke area Taman Batu Purwakarta, yang tetap harus dibayar sebesar Rp 20 ribu per orang.

Selama berkemah, pastikan untuk membawa peralatan camping yang lengkap, seperti tenda, sleeping bag, perlengkapan masak, dan lain sebagainya. Juga, penting untuk mematuhi aturan dan petunjuk yang telah ditetapkan oleh pengelola Taman Batu agar tetap menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Dengan camping di Taman Batu Purwakarta, Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar, suasana malam yang tenang, dan pengalaman unik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Keunikan Daya Tarik

Purwakarta, sebuah Kabupaten di Jawa Barat, telah menjadi tujuan wisata yang populer dan dikunjungi oleh banyak orang. Setiap musim liburan, Purwakarta selalu ramai oleh wisatawan yang mencari tempat berlibur. Keindahan alam yang asri di Purwakarta memberikan kenyamanan dan kesempatan untuk sejenak melupakan kesibukan sehari-hari. Di Purwakarta, terdapat banyak wisata alam yang indah, salah satunya adalah Taman Batu.

Taman Batu Purwakarta adalah destinasi wisata alam yang menarik yang menawarkan berbagai wahana air yang cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. Di sini, wisatawan dapat menikmati berenang sambil menikmati panorama alam di sekelilingnya yang memberikan efek relaksasi. Fasilitas di Taman Batu juga telah memadai dan harga tiket masuk yang terjangkau membuatnya menjadi destinasi wisata yang disukai. Di Wisata Mata Air Cijanun ini, wisatawan hanya akan membayar sesuai dengan kebutuhan mereka. Lokasinya yang strategis juga memudahkan wisatawan untuk menemukan Taman Batu di Kabupaten Purwakarta.

Dengan keindahan alamnya, fasilitas yang memadai, dan aksesibilitas yang mudah, Taman Batu Purwakarta menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan yang mencari pengalaman liburan yang menyenangkan dan menenangkan.

Taman Batu, sebuah wisata air di desa Cipende, merupakan tempat pemandian yang menggunakan kolam renang dengan air yang berasal dari mata air Cijanun. Tempat ini awalnya adalah bekas proyek PDAM yang tidak beroperasi lagi, tetapi berkat swadaya masyarakat setempat, kini diubah menjadi destinasi wisata air yang dapat dikunjungi oleh pengunjung.

Konsep alam yang khas ditampilkan di Taman Batu Purwakarta, dengan adanya taburan batu-batu besar di sekitar area pemandian. Tempat ini terletak di kaki Gunung Burangrang dan terdiri dari dua kolam, yaitu kolam untuk anak-anak dan kolam untuk dewasa. Pembagian tersebut didasarkan pada kedalaman kolam untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung.

Berada di ketinggian, Taman Batu memberikan pemandangan alam yang jelas saat pengunjung sedang berenang, termasuk pemandangan hutan dan sawah di sekitarnya. Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang ingin melepaskan penat dan stres, karena panorama alam pedesaan dan udara yang bebas polusi.

Daya tarik Taman Batu Purwakarta semakin meningkat karena memiliki panorama alam yang khas dan terbebas dari polusi udara. Menurut pengelola, dalam satu bulan pertama pembukaan, jumlah pengunjung bisa mencapai 6.000 orang. Tempat wisata ini dikelola oleh desa dan memiliki luas sekitar 5 kilometer persegi. Jika jumlah pengunjung terus meningkat, pengelola berencana melakukan ekspansi, tetapi tetap menjaga keaslian unsur alam yang menjadi daya tarik utama dari wisata air ini.

Taman Batu Purwakarta, yang terletak di Cijanun Purwakarta, adalah salah satu obyek wisata alam yang sangat diminati oleh para wisatawan. Setiap harinya, tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh banyak pengunjung, terutama saat musim liburan. Taman Batu Cijanun merupakan obyek wisata yang menawarkan mata air alami yang berasal dari pegunungan. Mata air tersebut telah dirancang menjadi kolam renang yang indah, sehingga para wisatawan dapat menikmati keindahan alam sambil berenang. Pemandangan perbukitan yang luas menjadi latar belakang langsung dari obyek wisata ini.

Wisata Alam Cijanun Purwakarta menawarkan berbagai wahana seru bagi para wisatawan, dengan kolam renang menjadi daya tarik utamanya. Kolam renang alami di Purwakarta ini memberikan pengalaman yang istimewa bagi para pengunjung. Saat berenang di sini, pengunjung akan merasa seperti berada di kolam renang pribadi di hotel mewah. Kolam-kolam tersebut disesuaikan dengan variasi yang disesuaikan dengan usia wisatawan.

Taman Batu Purwakarta memiliki beberapa kolam renang yang didesain dengan bertingkat atau bertangga. Keunikan tempat ini terletak pada hamparan batu-batu yang bertebaran di sekitar kolam, menambah kesan unik pada wahana air ini. Air di kolam renang berasal dari mata air Cijanun yang telah dibendung. Wisatawan akan merasakan kesegaran air yang alami, dingin, dan jernih seperti air mineral. Yang menarik, air di Taman Batu tidak mengandung bahan kimia seperti kaporit, sehingga tidak menimbulkan iritasi pada mata. Setiap kolam renang memiliki ukuran 10 x 6 meter, namun kedalamannya bervariasi sesuai dengan usia wisatawan yang biasanya datang bersama keluarga dan anak-anak. Kedalaman kolam renang di Taman Batu Bojong berkisar antara semata kaki hingga 4 meter.

Dengan berbagai fasilitas dan keindahan yang dimiliki, Taman Batu Purwakarta merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati kegiatan berenang dan wahana air yang unik. Dalam suasana alam yang indah, pengunjung dapat merasakan kesegaran air pegunungan dan menikmati panorama sekitar.

Kuliner Tempat Makan

Di Taman Batu Purwakarta, terdapat kantin atau food court di area wisata tersebut. Kantin atau food court ini menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman bagi pengunjung yang ingin memenuhi kebutuhan kuliner mereka. Anda dapat menemukan berbagai hidangan yang menarik, mulai dari makanan ringan hingga hidangan berat.

Kantin atau food court ini merupakan tempat yang nyaman untuk istirahat sejenak sambil menikmati makanan dan minuman. Anda dapat memilih dari berbagai menu yang tersedia sesuai dengan selera dan preferensi Anda. Dengan adanya kantin atau food court ini, pengunjung tidak perlu khawatir kehilangan energi atau merasa lapar saat menjelajahi Taman Batu Purwakarta.

Selain itu, harga makanan dan minuman di kantin atau food court ini biasanya terjangkau, sehingga cocok bagi pengunjung dengan berbagai anggaran. Pastikan untuk mencoba hidangan khas atau makanan lokal yang ditawarkan di sini untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang lebih berkesan selama kunjungan Anda ke Taman Batu Purwakarta.

Penginapan Hotel Dekat

Di Taman Batu Purwakarta, terdapat fasilitas penginapan yang tersedia untuk para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di lokasi wisata ini. Fasilitas penginapan yang disediakan meliputi satu saung dengan satu kamar dan satu rumah dengan dua kamar.

Harga penginapan satu saung dengan satu kamar adalah Rp 300.000 per malam, sementara harga penginapan satu rumah dengan dua kamar adalah Rp 500.000 per malam. Perlu diingat bahwa harga tersebut belum termasuk makanan dan tiket masuk ke area wisata.

Pilihan penginapan ini memberikan fleksibilitas bagi pengunjung yang ingin menginap dengan kapasitas kamar yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika Anda berencana untuk menginap di Taman Batu Purwakarta, pastikan untuk menghubungi pengelola atau melakukan reservasi terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan dan harga yang akurat.

Dengan menginap di penginapan yang disediakan di Taman Batu Purwakarta, Anda dapat memperpanjang pengalaman wisata Anda dan menikmati suasana alam yang indah di sekitar area wisata tersebut.

Wisata Sekitar

Purwakarta, sebuah kabupaten di Jawa Barat, menyimpan pesona alam yang tak kalah menarik dan menjadi perlintasan bagi para wisatawan yang akan menuju Bandung. Kabupaten ini dulunya dikenal sebagai Kota Pensiun, namun kini telah berkembang menjadi tempat yang luar biasa dengan berbagai infrastruktur pariwisata yang dikembangkan dan dibangun ulang.

Pemerintah Purwakarta telah melakukan transformasi dengan memperbaiki dan membangun berbagai tempat wisata menarik yang menjadi ikon tersendiri. Sekarang, terdapat bangunan megah, spot wisata yang menarik, dan beragam kuliner enak untuk dinikmati.

Kota Purwakarta telah berubah menjadi lebih modern namun tetap mempertahankan sentuhan budaya dan seni. Banyak taman dengan air mancur yang indah dibangun di berbagai sudut kota, yang dapat dinikmati oleh siapa saja yang melihatnya.

Kabupaten ini menawarkan destinasi wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Purwakarta memiliki pesona yang tak kalah indah dari kota-kota seperti Bogor dan Bandung. Daya tarik uniknya mampu memikat hati para wisatawan yang datang berkunjung.

Purwakarta sangat cocok dijadikan rekomendasi tempat liburan yang menyenangkan. Banyak destinasi wisata menarik yang akan membuat waktu liburanmu menjadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan.

Cikao Park

Cikao Park merupakan salah satu tempat wisata alam yang menarik di Purwakarta. Dikelilingi oleh keindahan alam Jawa Barat, Cikao Park menjadi destinasi menarik bagi keluarga yang ingin berlibur bersama. Obyek wisata ini terutama ditujukan untuk anak-anak.

Untuk masuk ke Cikao Park, Anda perlu membayar tiket masuk dengan harga berikut:

  • HTM Cikao Park: Rp 10.000 (hari biasa) dan Rp 20.000 (akhir pekan)
  • Waterpark Cikao: Rp 40.000 (hari biasa) dan Rp 50.000 (akhir pekan)
  • Taman Satwa dan Dino Park Cikao Park: Rp 20.000 (hari biasa) dan Rp 30.000 (akhir pekan)
  • Rumah Ilusi Cikao Park: Rp 30.000 (hari biasa) dan Rp 40.000 (akhir pekan)

Cikao Park terletak di Cisalada, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Fasilitas di Cikao Park cukup lengkap, sehingga Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan. Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain:

  1. Area parkir kendaraan wisata: Terdapat area parkir yang luas untuk kendaraan wisata Anda. Anda tidak perlu khawatir mencari tempat parkir karena fasilitas ini disediakan untuk kenyamanan pengunjung.
  2. Kolam renang: Terdapat kolam renang yang menyegarkan, tempat yang sempurna untuk berenang dan bersantai. Kolam renang ini dirancang dengan baik dan menjaga kebersihan serta keselamatan pengunjung.
  3. Spot foto yang menarik untuk Instagram: Cikao Park menyediakan spot-spot foto yang menarik untuk Anda mengabadikan momen liburan yang indah. Anda dapat mengambil foto-foto yang kreatif dan memukau di tempat ini.
  4. Kafetaria: Terdapat kafetaria yang menyajikan makanan dan minuman untuk mengisi perut Anda. Anda dapat menikmati hidangan lezat dan segar setelah beraktivitas di Cikao Park.
  5. Wahana permainan air: Cikao Park juga menawarkan berbagai wahana permainan air yang menarik untuk anak-anak dan dewasa. Anda dapat merasakan sensasi keseruan dan kegembiraan dengan bermain di wahana ini.
  6. Gazebo: Terdapat gazebo yang nyaman untuk bersantai dan menikmati pemandangan sekitar. Anda dapat duduk bersantai sambil menikmati suasana alam yang tenang dan indah di sekitar Cikao Park.
  7. Toilet, kamar mandi, dan ruang ganti: Fasilitas toilet, kamar mandi, dan ruang ganti yang bersih dan nyaman disediakan untuk kebutuhan pengunjung. Anda dapat menggunakan fasilitas ini dengan nyaman selama berada di Cikao Park.
  8. Mushola: Terdapat mushola sebagai tempat ibadah bagi pengunjung yang membutuhkannya. Anda dapat beribadah dan melaksanakan shalat di mushola ini.
See also  Stone Garden Citatah, Pesona Wisata Taman Batu Purba di Bandung

Dengan berbagai destinasi wisata yang lengkap di Cikao Park, Anda dan keluarga dapat menikmati liburan yang menyenangkan bersama orang yang Anda cintai. Jadi, rencanakan kunjungan Anda ke tempat ini untuk mengisi waktu liburan dengan keceriaan dan kebahagiaan.

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Purwakarta, Jawa Barat. Obyek wisata ini sangat direkomendasikan untuk liburan bersama keluarga. Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam yang memukau di sekitar Waduk Jatiluhur.

Selain panorama alam yang menakjubkan, Anda juga dapat menemukan banyak spot foto yang instagramable untuk berselfie. Nikmati pesona alam Waduk Jatiluhur saat Anda berlibur di Purwakarta, Jawa Barat.

Waduk Jatiluhur terletak di Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000 saat hari biasa dan Rp 20.000 saat akhir pekan.

Wisata alam Waduk Jatiluhur buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Tempat ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, antara lain:

Waduk Jatiluhur di Purwakarta adalah destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, terutama pada akhir pekan atau liburan panjang. Obyek wisata ini menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan pengunjung.

Area parkir kendaraan wisata yang luas tersedia di Waduk Jatiluhur, sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari tempat parkir. Selain itu, terdapat juga warung makan yang menyajikan berbagai hidangan lezat untuk mengisi perut Anda setelah berkeliling.

Bagi pecinta fotografi, Waduk Jatiluhur memiliki spot-spot foto yang sangat instagramable. Anda dapat berpose di berbagai sudut yang indah dan menangkap momen yang tak terlupakan.

Untuk menikmati keindahan dan pesona waduk, tersedia juga perahu wisata yang dapat Anda naiki. Anda dapat menjelajahi waduk dan menikmati pemandangan yang menakjubkan sekitarnya.

Pusat informasi di Waduk Jatiluhur memberikan informasi penting mengenai obyek wisata ini, sehingga Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan keunikan waduk tersebut.

Fasilitas toilet dan mushola juga disediakan untuk kenyamanan pengunjung. Playground tersedia untuk anak-anak agar mereka dapat bermain dan bersenang-senang. Gazebo adalah tempat yang nyaman untuk bersantai dan menikmati pemandangan.

Untuk para penggemar camping, tersedia area khusus yang cocok untuk berkemah. Anda dapat merasakan kebersamaan dengan alam dan menghabiskan malam yang menyenangkan di sekitar Waduk Jatiluhur.

Selain itu, lapangan olahraga dan fasilitas lainnya juga tersedia untuk kegiatan rekreasi yang lebih aktif. Waduk Jatiluhur adalah obyek wisata populer dan favorit di Purwakarta yang patut dikunjungi untuk mengisi waktu luang Anda.

Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan merupakan destinasi wisata terbaru yang menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan di Purwakarta, Jawa Barat. Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata yang menarik seperti kolam renang, resort, wahana permainan, dan masih banyak lagi.

Lokasi Giri Tirta Kahuripan terletak di Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Obyek wisata ini memiliki jam operasional setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, sehingga Anda dapat menikmati pesona wisata yang disajikan dengan leluasa bersama keluarga atau orang terdekat.

Untuk harga tiket masuk Giri Tirta Kahuripan, berikut rinciannya:

  1. Tiket Skypool Giri Tirta Kahuripan:
    • Weekday: Rp.50.000
    • Weekend: Rp.60.000
  2. Sewa lapangan futsal: Rp.125.000 per jam
  3. Tiket Seluncuran air Giri Tirta Kahuripan: Rp.10.000
  4. Wahana permainan air: Rp.15.000 per 15 menit
  5. ATV: Rp.15.000 per 15 menit

Dengan harga tiket yang terjangkau, Anda dapat menikmati fasilitas dan wahana yang disediakan oleh Giri Tirta Kahuripan sesuai dengan minat dan kesenangan Anda.

Nikmati keindahan kolam renang, bermain di wahana permainan air, atau menguji adrenalin dengan naik ATV. Jangan lupa untuk menjajaki seluruh area obyek wisata ini dan menikmati suasana yang menarik di resort yang disediakan.

Giri Tirta Kahuripan, selain menawarkan berbagai wahana permainan dan keindahan alam, juga dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Giri Tirta Kahuripan:

  1. Tempat parkir kendaraan wisata: Terdapat area parkir yang luas untuk memudahkan pengunjung dalam memarkirkan kendaraan mereka.
  2. Kamar mandi: Fasilitas kamar mandi tersedia untuk kebutuhan pengunjung.
  3. Mushola: Terdapat mushola bagi pengunjung yang ingin beribadah.
  4. Kebun buah: Anda dapat menjelajahi kebun buah yang tersedia di Giri Tirta Kahuripan dan menikmati suasana alam yang segar.
  5. Kolam renang: Nikmati kesegaran air kolam renang yang disediakan untuk berenang dan bersantai.
  6. Kebun binatang mini: Pengunjung dapat melihat dan berinteraksi dengan berbagai hewan di kebun binatang mini yang ada di lokasi.
  7. Penginapan: Jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di Giri Tirta Kahuripan, tersedia penginapan yang dapat Anda sewa untuk menginap.
  8. Restoran: Ada restoran di tempat ini yang menyajikan berbagai hidangan untuk mengisi perut Anda.
  9. Playground: Terdapat area bermain untuk anak-anak agar mereka dapat bermain dan bersenang-senang.

Dengan fasilitas-fasilitas ini, pengunjung dapat merasa nyaman dan menikmati liburan mereka di Giri Tirta Kahuripan dengan lebih baik.

Waduk Cirata

Waduk Cirata terletak di Tegalwaru, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Destinasi wisata alam ini menawarkan pemandangan alam yang mengagumkan dan panorama yang memukau. Anda dapat menikmati keindahan dan ketenangan waduk sambil menikmati waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Tiket masuk ke Waduk Cirata cukup terjangkau. Untuk pengunjung yang menggunakan motor, biaya tiket masuknya adalah Rp.3.000,- sedangkan untuk mobil biayanya adalah Rp.5.000,-. Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat menikmati keindahan dan pesona alam Waduk Cirata serta berbagai fasilitas yang disediakan di dalamnya.

Waduk Cirata, sebagai objek wisata di Purwakarta, menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan berbagai fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Waduk Cirata:

  1. Tempat parkir kendaraan wisata: Terdapat area parkir yang luas untuk memudahkan pengunjung dalam memarkirkan kendaraan mereka.
  2. Warung-warung wisata: Terdapat warung-warung yang menyajikan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.
  3. Toilet: Fasilitas toilet tersedia di sekitar lokasi untuk kenyamanan pengunjung.
  4. Spot Foto Instagenic: Terdapat spot-spot foto yang menarik dan instagramable di sekitar Waduk Cirata, sehingga pengunjung dapat mengabadikan momen mereka dengan latar belakang yang indah.
  5. Wahana permainan air dan adventure: Tersedia berbagai wahana permainan air dan wahana petualangan yang menawarkan pengalaman seru dan menghibur.
  6. Mushola: Terdapat mushola bagi pengunjung yang ingin beribadah.
  7. Penginapan: Jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di Waduk Cirata, tersedia penginapan yang dapat Anda sewa untuk menginap.
  8. Gazebo: Terdapat gazebo di sekitar waduk yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai dan menikmati pemandangan.
  9. Perahu wisata: Anda dapat menjelajahi waduk dengan naik perahu wisata untuk mengapresiasi keindahan dan keasrian lingkungan sekitar.

Dengan fasilitas-fasilitas ini, pengunjung dapat merasa nyaman dan menikmati liburan mereka di Waduk Cirata dengan lebih baik.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Waduk Cirata saat berlibur di Purwakarta. Biaya tiket yang terjangkau dan keindahan alam yang ditawarkan membuatnya menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Situ Wanayasa

Situ Wanayasa merupakan salah satu tempat wisata menarik di Purwakarta, Jawa Barat. Obyek wisata ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan berbagai wahana permainan air yang seru. Selain itu, terdapat juga spot-spot foto yang instagramable untuk mengabadikan momen liburan Anda.

Tiket masuk ke Situ Wanayasa masih gratis, sehingga Anda dapat menikmati keindahan dan pesona alamnya tanpa perlu membayar biaya tiket. Situ Wanayasa buka setiap hari selama 24 jam, memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk menikmati keindahan dan aktivitas wisata kapan saja.

Fasilitas pendukung yang disediakan di Situ Wanayasa cukup lengkap, antara lain:

  • Area parkir kendaraan wisata untuk memudahkan pengunjung dalam parkir kendaraannya.
  • Spot foto instagenic yang menarik, cocok untuk mengambil foto-foto indah sebagai kenang-kenangan.
  • Toilet dan kamar mandi yang nyaman untuk kebutuhan sanitasi pengunjung.
  • Restoran yang menyediakan berbagai hidangan makanan untuk memenuhi kebutuhan kuliner Anda.
  • Wahana permainan air yang seru untuk menghibur pengunjung, terutama bagi anak-anak.
  • Mushola sebagai tempat beribadah bagi pengunjung yang membutuhkannya.

Nikmati keindahan alam dan fasilitas yang disediakan di Situ Wanayasa untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman tercinta.

Curug Cipurut

Curug Cipurut merupakan salah satu wisata alam terbaru di Purwakarta yang menawarkan keindahan air terjun yang mempesona. Destinasi ini memberikan pengalaman yang menenangkan dan menyegarkan jiwa saat berlibur di Purwakarta. Curug Cipurut terletak di Babakan, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Harga tiket masuk Curug Cipurut adalah Rp. 5.000 untuk hari biasa dan Rp. 20.000 pada akhir pekan. Wisata air terjun ini buka setiap hari selama 24 jam, memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alamnya kapan pun mereka mau.

Beberapa fasilitas pendukung yang tersedia di Curug Cipurut antara lain:

  • Area parkir kendaraan untuk memudahkan pengunjung saat parkir kendaraan.
  • Warung wisata yang menyediakan makanan dan minuman untuk mengisi perut Anda selama berlibur.
  • Toilet dan kamar mandi yang nyaman untuk kebutuhan sanitasi pengunjung.
  • Spot foto instagenic yang menarik, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mengambil foto-foto indah sebagai kenang-kenangan.

Nikmati keindahan air terjun dan fasilitas yang disediakan di Curug Cipurut untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan di Purwakarta.

Curug Tilu

Curug Tilu adalah salah satu air terjun yang mempesona di Purwakarta, tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan dan menenangkan jiwa. Keindahan dan pesona air terjun ini tidak boleh Anda lewatkan.

Curug Tilu terletak di Ciririp, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Harga tiket masuk Curug Tilu hanya Rp. 5.000 per orang, sehingga Anda dapat menikmati keindahan dan spot wisata yang disediakan. Air terjun ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 16.00 WIB.

Beberapa fasilitas pendukung yang tersedia di Curug Tilu antara lain:

  • Area parkir kendaraan wisata untuk memudahkan pengunjung saat parkir.
  • Warung wisata yang menyediakan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan selama berlibur.
  • Spot foto instagenic yang menarik, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mengambil foto indah sebagai kenang-kenangan.
  • Toilet dan kamar mandi yang nyaman untuk kenyamanan pengunjung.
  • Mushola untuk kebutuhan beribadah.

Nikmati keindahan alam Purwakarta dan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan di Curug Tilu. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati suasana yang menenangkan dan pesona air terjun ini.

Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga merupakan tempat wisata yang menarik di Purwakarta untuk menikmati pertunjukan air mancur yang spektakuler. Anda dapat menghabiskan waktu malam Anda dengan menikmati pertunjukan yang menakjubkan di pusat kota Purwakarta.

Hal yang menarik adalah Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati pertunjukan ini. Pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga dapat dinikmati secara gratis. Namun, perlu diingat bahwa taman ini hanya buka pada jam-jam tertentu, yaitu dari pukul 6.00 hingga 09.00 WIB dan kembali buka pada jam 18.00 hingga 19.00 WIB dengan pertunjukan air mancur yang memukau.

Selain menikmati pertunjukan air mancur, Anda juga dapat menemukan spot-spot foto yang instagramable di Taman Sri Baduga. Fasilitas yang disediakan di taman ini juga cukup lengkap, antara lain:

  • Tempat parkir kendaraan untuk memudahkan pengunjung saat parkir.
  • Toilet yang bersih dan nyaman.
  • Mushola untuk kebutuhan beribadah.
  • Warung makan untuk memenuhi kebutuhan kuliner Anda.
  • Gazebo sebagai tempat bersantai.
  • Tempat duduk wisata yang nyaman untuk menikmati pertunjukan.

Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta merupakan tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu malam Anda dengan pertunjukan air mancur yang istimewa. Manjakan diri Anda dan orang-orang tercinta dengan pengalaman wisata yang unik ini.

See also  Alas Harum Agro Tourism: Pesona Alam dan Wahana Seru di Bali

Jatiluhur Waterworld

Jatiluhur Waterworld merupakan tempat wisata anak yang sangat direkomendasikan di Purwakarta. Tempat ini menyajikan spot dan wahana permainan air yang menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Anda dapat memanjakan diri dan keluarga dengan mengunjungi Jatiluhur Waterworld Purwakarta. Harga tiket masuk untuk wisata modern ini adalah sebagai berikut:

  • Weekday: Rp.30.000/orang
  • Weekend: Rp.45.000/orang
  • Hari Besar dan Libur Panjang: Rp.65.000/orang

Jatiluhur Waterworld buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Anda dapat menikmati perjalanan liburan yang tak terlupakan dengan puas menikmati spot dan wahana yang disediakan di Jatiluhur Waterworld Purwakarta.

Fasilitas yang tersedia di waterpark ini sangat lengkap, sehingga Anda dapat menikmati liburan yang berkualitas. Beberapa fasilitas yang ada di Jatiluhur Waterworld antara lain:

  • Kolam renang untuk berenang dan bersantai.
  • Wahana permainan air yang menyenangkan untuk anak-anak dan dewasa.
  • Tempat parkir kendaraan wisata untuk memudahkan pengunjung saat parkir.
  • Kafetaria yang menyediakan makanan dan minuman.
  • Toilet dan Mushola yang bersih dan nyaman.

Jangan lupa untuk menyiapkan baju ganti ketika mengunjungi Jatiluhur Waterworld agar Anda dapat menikmati liburan dengan lebih nyaman. Nikmati sensasi liburan yang menyenangkan di Jatiluhur Waterworld Purwakarta bersama keluarga Anda.

Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri merupakan tempat wisata anak di Purwakarta yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Anda dapat menikmati keindahan alam dan melepaskan penat serta kepenatan bersama orang tercinta.

Selain pemandangan alam yang mempesona, Bukit Katumbiri juga memiliki banyak spot foto instagenic yang akan memanjakan pengunjung dengan keindahannya. Lokasi Bukit Katumbiri berada di Margaluyu, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Untuk harga tiket masuk, Anda hanya perlu membayar Rp.10.000/orang. Dengan harga tersebut, Anda sudah dapat menikmati keindahan tempat wisata ini. Bukit Katumbiri buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB, sehingga Anda dapat menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menikmati keindahan alamnya.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Bukit Katumbiri antara lain:

  • Tempat parkir kendaraan wisata yang aman dan nyaman.
  • Toilet yang bersih dan terawat.
  • Mushola sebagai tempat beribadah bagi pengunjung yang membutuhkannya.
  • Gazebo yang nyaman untuk bersantai dan menikmati pemandangan.
  • Rumah pohon yang menarik bagi anak-anak.
  • Warung wisata yang menyediakan makanan dan minuman.
  • Spot foto instagenic untuk mengabadikan momen berharga.
  • Area berkemah untuk pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah di tengah alam.

Nikmati liburan yang menenangkan jiwa dan pikiran dengan keindahan dan spot wisata yang ada di Bukit Katumbiri Purwakarta. Dapatkan pengalaman liburan yang berkesan dan penuh keceriaan bersama keluarga di tempat wisata ini.

Sasak Panyawangan

Sasak Panyawangan merupakan salah satu tempat wisata alam terbaru di Purwakarta yang sangat direkomendasikan untuk liburan keluarga. Tempat ini menawarkan htm (harga tiket masuk) yang terjangkau.

Lokasi Sasak Panyawangan terletak di Sukamulya, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Anda dapat menikmati berbagai spot menarik dan wahana terbaik yang disediakan untuk pengalaman liburan seru di Purwakarta bersama orang yang Anda sayangi.

Sasak Panyawangan buka setiap hari dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, antara lain:

  • Tempat parkir kendaraan wisatawan yang luas sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari tempat parkir.
  • Area camping ground untuk pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah di tengah alam.
  • Warung wisata yang menyediakan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan selama berlibur.
  • Outbond arena untuk kegiatan rekreasi dan petualangan yang seru.
  • Pusat Informasi dan loket destinasi yang memberikan informasi lengkap mengenai obyek wisata dan memudahkan pengunjung dalam mengakses berbagai wahana.
  • Spot foto instagenic untuk mengabadikan momen berharga selama liburan.
  • Wahana permainan seru yang menghibur pengunjung, memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan.
  • Penginapan untuk pengunjung yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di tempat ini.
  • Kolam renang untuk berenang dan bersantai di bawah sinar matahari.
  • Toilet umum yang nyaman dan bersih.
  • Gazebo sebagai tempat yang nyaman untuk bersantai dan menikmati pemandangan sekitar.
  • Mushola sebagai tempat beribadah bagi pengunjung yang membutuhkannya.

Dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap tersebut, Sasak Panyawangan menawarkan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan bagi pengunjung. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata alam terbaru ini saat berlibur di Purwakarta.

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan adalah salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga di dekat Taman Batu Purwakarta. Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, tempat ini juga memiliki banyak spot foto yang unik dan menarik untuk diabadikan.

Nikmati liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan di Purwakarta, Jawa Barat dengan mengunjungi Bukit Panenjoan. Harga tiket masuk ke tempat wisata terbaru ini sangat terjangkau, yaitu Rp.5.000 untuk dewasa dan Rp.3.000 untuk anak-anak.

Bukit Panenjoan buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB, sehingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk menikmati keindahan tempat ini. Fasilitas yang tersedia di Bukit Panenjoan juga cukup lengkap, antara lain:

  • Area parkir kendaraan wisata untuk memudahkan pengunjung dalam parkir kendaraan mereka.
  • Spot foto instagenic yang menawarkan pemandangan dan dekorasi menarik untuk menghasilkan foto-foto yang kreatif dan estetik.
  • Toilet yang tersedia untuk kenyamanan pengunjung.
  • Warung wisata yang menyediakan berbagai makanan dan minuman untuk mengisi perut Anda saat berada di Bukit Panenjoan.
  • Area camping yang cocok bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman berkemah di tengah alam.

Jangan lupa kunjungi Bukit Panenjoan bersama orang tercinta saat berlibur di Purwakarta dan manfaatkan fasilitas yang disediakan untuk membuat liburan Anda lebih menyenangkan.

Tips

Purwakarta, sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Barat, sedang giat mengembangkan potensi wisatanya. Kota ini terkenal dengan beragam jenis wisata, baik wisata alam maupun wisata buatan, sehingga para pengunjung dapat memilih destinasi wisata sesuai dengan preferensi mereka.

Purwakarta memiliki keunikan dengan logat bahasa yang sangat khas, dan ditambah lagi dengan kondisi alam yang asri dan sejuk. Keindahan alam tersebut diperkaya dengan adanya pegunungan seperti Gunung Lembu dan Gunung Burangrang di sekitar daerah Purwakarta.

Salah satu tempat liburan menarik yang ditawarkan di kota Purwakarta adalah Taman Batu, sebuah wisata air yang telah mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat maupun wisatawan dari luar kota. Meskipun belum lama dibuka, tempat wisata ini berhasil menarik minat pengunjung dengan berbagai atraksi dan fasilitas yang disediakan.

Purwakarta terus berupaya untuk mengembangkan pariwisata dan menawarkan pengalaman liburan yang beragam bagi para pengunjung. Dengan potensi alamnya yang indah dan keunikan budayanya, Purwakarta menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan yang mencari pengalaman wisata yang berbeda.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat mengunjungi Taman Batu Purwakarta:

  1. Datanglah lebih awal: Untuk menghindari antrean yang panjang dan keramaian, disarankan untuk datang lebih awal sebelum jam buka. Ini akan memberikan Anda lebih banyak waktu untuk menikmati fasilitas dan wahana dengan lebih santai.
  2. Persiapkan diri dengan baik: Pastikan Anda membawa perlengkapan yang diperlukan seperti pakaian ganti, perlengkapan renang, handuk, dan tabir surya. Juga, bawalah uang tunai dalam jumlah yang cukup untuk pembayaran tiket masuk, makanan, dan kebutuhan lainnya.
  3. Patuhi aturan dan petunjuk: Penting untuk mematuhi aturan dan petunjuk yang ada, termasuk aturan berpakaian, larangan merokok di area tertentu, dan penggunaan peralatan yang aman. Hal ini akan menjaga keamanan dan kenyamanan bersama selama kunjungan Anda.
  4. Jaga kebersihan dan keindahan lingkungan: Bantu menjaga keindahan Taman Batu Purwakarta dengan tidak membuang sampah sembarangan. Gunakan tempat sampah yang disediakan dan jaga kebersihan lingkungan sekitar.
  5. Berhati-hatilah saat berenang: Jika Anda berencana untuk berenang, pastikan untuk memperhatikan keselamatan Anda sendiri dan pengunjung lainnya. Jangan berenang di area yang tidak aman dan ikuti peraturan yang ada.
  6. Nikmati keindahan alam sekitar: Manfaatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam sekitar Taman Batu Purwakarta. Luangkan waktu untuk menikmati pemandangan pegunungan, hutan, dan persawahan yang mengelilingi area wisata ini.
  7. Bawa perlengkapan yang diperlukan: Jika Anda berniat untuk camping, pastikan Anda membawa perlengkapan camping yang lengkap, seperti tenda, sleeping bag, perlengkapan masak, dan peralatan lainnya yang diperlukan untuk kenyamanan dan keselamatan selama berkemah.
  8. Nikmati makanan lokal: Cobalah makanan khas Purwakarta atau hidangan lokal yang ditawarkan di kantin atau food court. Ini akan memberikan pengalaman kuliner yang lebih berkesan selama kunjungan Anda.
  9. Periksa perkiraan cuaca: Sebelum pergi, periksa perkiraan cuaca untuk Taman Batu Purwakarta. Jika cuaca tidak mendukung, mungkin ada perubahan atau pembatasan fasilitas tertentu. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik sesuai dengan kondisi cuaca yang diharapkan.
  10. Selalu ingat untuk bersenang-senang: Yang terpenting, jangan lupa untuk bersenang-senang dan menikmati pengalaman And. Abadikan momen indah bersama keluarga dan teman-teman, dan ciptakan kenangan yang tak terlupakan selama kunjungan Anda.

Kekurangan

Taman Batu Purwakarta merupakan destinasi wisata yang menarik, namun seperti halnya tempat wisata lainnya, mungkin ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Ruang parkir terbatas: Terkadang, terutama pada hari-hari libur atau akhir pekan, ruang parkir di Taman Batu Purwakarta dapat menjadi terbatas akibat tingginya jumlah pengunjung. Oleh karena itu, disarankan untuk datang lebih awal atau mencari alternatif transportasi jika memungkinkan.
  2. Kemungkinan ramai: Pada musim liburan atau akhir pekan, Taman Batu Purwakarta bisa menjadi sangat ramai dengan pengunjung. Hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan dan pengalaman wisata Anda. Penting untuk bersiap dengan antrean dan keramaian, serta memilih waktu kunjungan yang lebih sepi jika Anda menginginkan suasana yang lebih tenang.
  3. Fasilitas yang terbatas: Meskipun menyediakan fasilitas dasar seperti toilet, kamar bilas, dan ruang ganti, mungkin ada beberapa fasilitas tambahan yang belum tersedia atau terbatas. Penting untuk mempersiapkan diri dengan membawa perlengkapan pribadi yang diperlukan.
  4. Pengaruh cuaca: Sebagai destinasi wisata alam, Taman Batu Purwakarta dapat dipengaruhi oleh cuaca. Pada musim hujan atau kondisi cuaca yang buruk, beberapa fasilitas atau aktivitas mungkin tidak tersedia atau terbatas. Disarankan untuk memeriksa perkiraan cuaca sebelum pergi ke Taman Batu dan mempersiapkan diri dengan sesuai.

Meskipun ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, Taman Batu Purwakarta tetap merupakan tempat wisata yang menarik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Dengan perencanaan yang baik dan pengaturan yang tepat, Anda masih dapat menikmati pengalaman wisata yang memuaskan

FAQ

Apa harga tiket masuk Taman Batu Purwakarta? A: Harga tiket masuk adalah Rp 20.000 per orang.

Q: Bagaimana jam operasional Taman Batu Purwakarta? A: Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Q: Apa saja fasilitas yang tersedia di Taman Batu Purwakarta? A: Fasilitas yang tersedia meliputi area parkir mobil dan motor, kamar bilas, loker penyimpanan barang, toilet, ruang ganti pakaian, gazebo, penyewaan ban, kantin atau food court, dan penginapan.

Q: Apakah ada kolam renang di Taman Batu Purwakarta? A: Ya, Terdapat kolam renang yang didesain bertingkat atau bertangga, yang memungkinkan pengunjung untuk berenang dan menikmati air segar.

Q: Apakah di Taman Batu Purwakarta tersedia penginapan? A: Ya, Terdapat penginapan berupa saung dan rumah dengan berbagai pilihan kamar. Harga penginapan bervariasi tergantung pada jenis dan fasilitas yang disediakan.

Q: Apakah di Taman Batu Purwakarta tersedia tempat makan? A: Ya, Terdapat kantin atau food court di mana pengunjung dapat membeli makanan dan minuman.

Q: Apakah di Taman Batu Purwakarta bisa melakukan camping? A: Ya, pengunjung dapat melakukan camping dengan membayar biaya khusus. Namun, pastikan untuk membawa peralatan camping sendiri.

Q: Bagaimana akses ke Taman Batu Purwakarta? A: Akses dapat dilakukan melalui beberapa rute, tergantung pada lokasi awal Anda. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum sesuai dengan rute yang telah disarankan sebelumnya.

Q: Apakah ada aturan atau larangan yang perlu diperhatikan di Taman Batu Purwakarta? A: Ya, terdapat aturan dan larangan yang perlu diperhatikan, seperti larangan membawa makanan dan minuman dari luar, aturan berpakaian yang sopan, larangan merokok di area kolam renang, dan larangan menggunakan peralatan berbahaya. Pastikan untuk mematuhi aturan yang berlaku demi kenyamanan dan keselamatan bersama.

Q: Apakah Taman Batu Purwakarta ramah untuk dikunjungi oleh keluarga? A: Ya, Merupakan destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. Terdapat kolam renang yang aman untuk anak-anak dan fasilitas yang memadai untuk keluarga, sehingga semua anggota keluarga dapat menikmati pengalaman wisata dengan nyaman.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 31 Review Menarik Taman Batu Purwakarta, Wisata Air Alami Pegunungan.

Your email address will not be published. Required fields are marked *