Review Taman Flora Bratang, Rindang dan Sejuk di Kota Surabaya

Taman Flora Bratang Surabaya adalah sebuah taman hiburan yang terletak di Jalan Bratang Binangun, Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60284. Taman ini memiliki luas sekitar 12 hektar dan menjadi tempat rekreasi yang populer di kota Surabaya.

Taman Flora Surabaya Lokasi Rindang dan Sejuk di Kota Surabaya
@ukh236845

Taman Flora Bratang Surabaya menyajikan berbagai jenis tanaman dan bunga yang diatur sedemikian rupa sehingga terlihat sangat indah dan menarik. Ada lebih dari 300 jenis tanaman dan bunga yang dipamerkan di taman ini, di antaranya adalah tanaman hias, tanaman obat, dan tanaman buah-buahan. Selain itu, taman ini juga memiliki berbagai fasilitas, seperti kolam ikan, air terjun buatan, taman bermain anak, dan lapangan olahraga.

Untuk mencapai Taman Flora Bratang Surabaya, Anda dapat menggunakan alamat PQ46+7P6 sebagai rujukan lokasi di aplikasi peta digital atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau taksi. Taman ini biasanya buka setiap hari dari pagi hingga sore, dan pengunjung dapat masuk ke taman dengan membayar tiket masuk yang terjangkau.

Alamat Akses

Taman Flora Bratang Surabaya terletak di Jalan Bratang Binangun, Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60284. Untuk akses ke lokasi, bisa menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau kendaraan umum seperti angkutan kota (bemo) dan bus kota. Terdapat juga beberapa rute Trans Surabaya yang melewati area ini, seperti Trans Semanggi, Trans Kusuma Bangsa, dan Trans Bratang. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, tersedia juga area parkir yang cukup luas di sekitar lokasi.

Rute

Untuk menuju Taman Flora Bratang Surabaya, terdapat beberapa opsi rute tergantung dari titik awal perjalanan:

  1. Dari pusat kota Surabaya:
    • Menggunakan kendaraan pribadi: Ikuti jalan menuju Jl. Raya Gubeng dan kemudian ambil Jl. Bratang Binangun. Taman akan berada di sebelah kiri jalan.
    • Menggunakan angkutan umum: Naik bus Trans Surabaya Koridor 2 (Warna merah) dari halte paling dekat dengan lokasi Anda, turun di halte Bratang Binangun, dan berjalan kaki ke Taman Flora Bratang Surabaya.
  2. Dari Bandara Internasional Juanda:
    • Menggunakan kendaraan pribadi: Ikuti jalan Tol Waru-Juanda, keluar di gerbang tol Surabaya-Gempol, kemudian ikuti jalan raya menuju Jl. Raya Gubeng dan ambil Jl. Bratang Binangun. Taman akan berada di sebelah kiri jalan.
    • Menggunakan angkutan umum: Naik bus DAMRI dari bandara menuju Terminal Bungurasih, kemudian naik angkutan umum seperti Trans Surabaya Koridor 2 (Warna merah) dari terminal tersebut. Turun di halte Bratang Binangun dan berjalan kaki .
  3. Dari Stasiun Surabaya Gubeng:
    • Menggunakan kendaraan pribadi: Ikuti jalan menuju Jl. Raya Gubeng dan kemudian ambil Jl. Bratang Binangun. Taman akan berada di sebelah kiri jalan.
    • Menggunakan angkutan umum: Naik bus Trans Surabaya Koridor 2 (Warna merah) dari halte Stasiun Gubeng, turun di halte Bratang Binangun, dan berjalan kaki.

Aktivitas

Merupakan taman yang sangat luas dan memiliki berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Taman Flora Bratang Surabaya:

  1. Berjalan-jalan: Pengunjung dapat berjalan-jalan di area taman yang luas dan menikmati keindahan berbagai jenis tanaman dan bunga yang tumbuh di sekitar taman.
  2. Bersepeda: Selain berjalan kaki, pengunjung juga dapat menyewa sepeda di area taman dan menikmati pemandangan yang indah sambil bersepeda.
  3. Piknik: Adalah tempat yang ideal untuk melakukan piknik bersama keluarga atau teman-teman. Area piknik tersedia di sekitar taman dan terdapat banyak tempat duduk yang tersedia.
  4. Bermain anak: Dilengkapi dengan area bermain anak yang lengkap dan aman. Anak-anak dapat bermain di taman bermain dengan banyak permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan lain-lain.
  5. Menikmati air mancur: Di area Taman Flora Bratang Surabaya terdapat air mancur yang menari-nari dan memberikan suasana yang menyenangkan. Pengunjung dapat duduk dan menikmati pemandangan air mancur yang indah.
  6. Olahraga: Memiliki lapangan olahraga yang lengkap seperti lapangan basket, lapangan voli, dan lapangan futsal yang dapat digunakan oleh pengunjung.
  7. Fotografi: Memiliki banyak spot fotografi yang indah seperti taman bunga, kolam ikan, dan air mancur yang dapat menjadi latar belakang foto yang indah.
  8. Edukasi: Memiliki area edukasi yang memperkenalkan berbagai jenis tanaman dan bunga kepada pengunjung. Area edukasi ini sangat cocok untuk anak-anak dan kelompok belajar.
See also  Kebun Teh Tambi: 23 Pesona Alam dan Budaya Teh

Daya Tarik

Taman Flora Bratang Surabaya adalah taman kota yang menarik di Surabaya dengan berbagai daya tarik, di antaranya:

  1. Koleksi Tanaman yang Beragam – Memiliki koleksi tanaman yang beragam dan lengkap mulai dari tanaman hias, tanaman obat, tanaman buah, dan tanaman langka.
  2. Keindahan Taman – Taman ini juga memiliki tata letak yang indah dan menarik, dengan berbagai jenis bunga dan tanaman yang ditanam dalam pot dan diberi pencahayaan khusus di malam hari.
  3. Lokasi Strategis – Terletak di pusat kota Surabaya, membuat Taman Flora Bratang menjadi destinasi wisata yang mudah dijangkau oleh wisatawan.
  4. Fasilitas yang Lengkap – Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti taman bermain anak, area piknik, toilet umum, dan tempat parkir kendaraan.
  5. Gratis – Taman Flora Bratang tidak memungut biaya masuk alias gratis sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang ekonomis dan terjangkau bagi siapa saja.

Fasilitas

Taman Flora Bratang Surabaya menawarkan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, di antaranya:

  1. Area parkir yang luas
  2. Toilet umum
  3. Musholla
  4. Pusat informasi wisata
  5. Area bermain anak-anak
  6. Gazebo untuk bersantai
  7. Tempat duduk
  8. Jalan setapak untuk berjalan-jalan
  9. Area piknik
  10. Kafe dan warung makan
  11. Ruang pertunjukan dan panggung
  12. Taman tanaman air
  13. Taman rusa
  14. Kolam ikan

Beberapa fasilitas mungkin berbeda pada setiap waktu atau tergantung pada kebijakan manajemen taman. Pastikan untuk mengecek dengan baik sebelum mengunjungi taman ini.

Tiket Masuk

Taman Flora Bratang Surabaya memang tidak memungut biaya tiket masuk alias gratis. namun untuk parkir di kenakan biaya Parkir Sepeda motor Rp. 3.000 Mobil Rp. 5.000, Anda dapat mengunjungi taman ini kapan saja tanpa perlu membayar apapun.

Hotel Dekat

Di sekitar lokasi taman terdapat banyak pilihan penginapan seperti hotel, hostel, guest house, dan sebagainya dengan harga yang bervariasi. Beberapa contoh penginapan di sekitar Taman Flora Bratang Surabaya antara lain:

  1. OYO 2282 Hotel Sinar 2 (jarak sekitar 1 km) Alamat: Jl. Kramat Gantung IV No. 16, Kramat Gantung, Surabaya Harga mulai dari sekitar Rp 150.000 per malam.
  2. ibis budget Surabaya Diponegoro (jarak sekitar 2,5 km) Alamat: Jl. Diponegoro No. 149-151, Genteng, Surabaya Harga mulai dari sekitar Rp 300.000 per malam.
  3. KoolKost near Pemuda Surabaya (jarak sekitar 3 km) Alamat: Jl. Cokroaminoto No. 9, Ketabang, Surabaya Harga mulai dari sekitar Rp 120.000 per malam.
  4. Pop! Hotel Stasiun Kota Surabaya (jarak sekitar 4 km) Alamat: Jl. Waspada No. 58, Ketabang, Surabaya Harga mulai dari sekitar Rp 250.000 per malam.
See also  Review Menarik Wisata Bukit Flora Nongkojajar Pasuruan

Harga penginapan di sekitar Taman Flora Bratang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada musim dan ketersediaan. Pastikan untuk memeriksa ulang harga dan ketersediaan kamar sebelum melakukan pemesanan.

Tempat Makan

Di sekitar Taman Flora Bratang Surabaya, terdapat berbagai macam kuliner yang dapat dicoba. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Sate Klopo Ondomohen: Terletak di Jalan Rungkut Asri Timur, sate klopo ondomohen adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari daging sapi, kelapa, dan rempah-rempah yang diolah secara khas. Harganya berkisar antara Rp25.000 – Rp30.000 per porsi.
  2. Rawon Setan Bu Kris: Terletak di Jalan Kranggan, rawon setan Bu Kris adalah warung makan yang terkenal dengan rawonnya yang lezat dan pedas. Harganya berkisar antara Rp20.000 – Rp30.000 per porsi.
  3. Ayam Goreng Mbah Cemplung: Terletak di Jalan Raya Kupang Indah, ayam goreng Mbah Cemplung adalah warung makan yang terkenal dengan ayam gorengnya yang gurih dan renyah. Harganya berkisar antara Rp20.000 – Rp25.000 per porsi.
  4. Nasi Goreng Kambing Kebon Rojo: Terletak di Jalan Kebon Rojo, nasi goreng kambing Kebon Rojo adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari nasi, daging kambing, dan rempah-rempah yang diolah secara khas. Harganya berkisar antara Rp25.000 – Rp30.000 per porsi.
  5. Bakso President: Terletak di Jalan Rungkut Industri, bakso President adalah warung makan yang terkenal dengan bakso dan mie ayamnya yang enak. Harganya berkisar antara Rp15.000 – Rp30.000 per porsi.
  6. Rujak Cingur Delta: Terletak di Jalan Tidar, rujak cingur Delta adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari campuran sayuran dan daging yang disajikan dengan kuah cingur. Harganya berkisar antara Rp20.000 – Rp30.000 per porsi.

Spot Foto

Taman Flora Bratang Surabaya memiliki banyak spot foto yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Rumah Pohon: spot foto yang terletak di bagian tengah taman, dengan background rumah pohon yang unik dan indah.
  2. Kolam ikan: spot foto yang cocok bagi Anda yang ingin berfoto dengan latar belakang kolam ikan yang menarik.
  3. Jembatan Gantung: spot foto yang populer di taman ini. Anda dapat berfoto dengan latar belakang jembatan gantung yang menghubungkan dua pohon besar.
  4. Taman Bunga: spot foto yang cocok bagi Anda yang menyukai taman bunga yang indah dan berwarna-warni.
  5. Pohon Raksasa: spot foto yang menarik. Pohon raksasa yang ada di taman ini sangat besar dan memiliki akar yang menggelantung.
  6. Gerbang masuk: spot foto yang biasanya menjadi pilihan pertama untuk berfoto di taman ini. Gerbang masuk taman yang cantik dan indah akan membuat foto Anda menjadi lebih menarik.
  7. Kebun Raya: spot foto yang terdapat di sudut taman, memiliki beragam tanaman dan bunga yang sangat indah.
  8. Sungai kecil: spot foto yang cocok bagi Anda yang ingin berfoto dengan latar belakang air yang mengalir. Sungai kecil di taman ini memiliki air yang jernih dan pemandangan yang indah.
See also  The Le Hu Garden Wisata Taman Favorit Instagrammable di Medan

Itulah beberapa spot foto yang bisa Anda kunjungi di Taman Flora Bratang Surabaya.

Wisata Sekitar

Berikut adalah beberapa tempat wisata menarik di sekitar Taman Flora Bratang Surabaya yang bisa Anda kunjungi:

  1. Monumen Kapal Selam Surabaya: museum kapal selam yang menampilkan kapal selam dan perlengkapan perang lainnya.
  2. Taman Bungkul: taman yang luas dan hijau dengan fasilitas olahraga, area bermain anak-anak, dan tempat duduk santai.
  3. Museum Mpu Tantular: museum sejarah yang menampilkan koleksi arkeologi, seni, dan sejarah Jawa Timur.
  4. House of Sampoerna: museum tembakau yang menampilkan proses pembuatan rokok tradisional, galeri seni, dan kafe.
  5. Kebun Binatang Surabaya: kebun binatang dengan berbagai spesies hewan dari seluruh dunia.
  6. Jembatan Suramadu: jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura yang merupakan ikon kota Surabaya.
  7. Masjid Cheng Ho: masjid besar yang dibangun dengan arsitektur khas Tiongkok.
  8. Kampung Arab: kawasan yang terkenal dengan kuliner Arab dan bangunan-bangunan bersejarah.
  9. Ciputra Waterpark: taman air dengan berbagai wahana dan kolam renang yang cocok untuk liburan keluarga.
  10. Suroboyo Carnival Night Market: pasar malam yang menyajikan berbagai kuliner dan hiburan dengan konsep Surabaya tempo doeloe.

Semua tempat wisata tersebut dapat dicapai dalam waktu kurang dari 1 jam berkendara.

Berdasarkan informasi yang telah dijelaskan, Taman Flora Bratang Surabaya merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Surabaya. Taman ini menawarkan beragam jenis tanaman dan bunga yang indah serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti area bermain anak, arena olahraga, dan wahana air. Tiket masuknya juga terjangkau, sehingga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman-teman.

Namun, terdapat keterbatasan dalam hal penginapan di sekitar Taman Flora Bratang Surabaya, sehingga para wisatawan perlu mencari penginapan di daerah lain yang lebih dekat dengan objek wisata lainnya. Tidak hanya itu, juga tidak memiliki area makan sendiri, namun pengunjung dapat menemukan beragam kuliner di sekitar kawasan tersebut.

Merupakan taman yang dijadikan sebagai pusat pengembangan dan penelitian flora oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Surabaya. Taman ini terdiri dari area penelitian, area koleksi tanaman, area konservasi, dan juga area hiburan.

Memiliki luas sekitar 24 hektar dan menyimpan lebih dari 3000 jenis tanaman yang berasal dari berbagai belahan dunia. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti area bermain anak, jogging track, dan tempat duduk untuk bersantai.

Selain itu, Taman Flora Bratang Surabaya juga sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan event dan festival, seperti Surabaya Flower Carnival dan Surabaya Orchid Show. Dengan keindahan alamnya, Menjadi salah satu tempat rekreasi yang populer di Surabaya.

Review Review Taman Flora Bratang, Rindang dan Sejuk di Kota Surabaya.

Your email address will not be published. Required fields are marked *