Taman Lansia Bandung, Tempat Rekreasi Favorit Liburan Keluarga

Di Kota Bandung, terdapat berbagai taman tematik yang terkenal, salah satunya adalah Taman Lansia. Taman ini berlokasi di Jalan Cisangkuy, hanya dua kilometer dari pusat kota Bandung.

Taman Lansia Bandung, Taman Kota dengan Suasana Sejuk Nan Asri
Taman Lansia Bandung, Taman Kota dengan Suasana Sejuk Nan Asri

Taman Lansia menawarkan udara segar di tengah kehidupan perkotaan yang sibuk. Dengan pepohonan yang rindang dan kicauan burung yang merdu, taman ini memberikan suasana yang menenangkan bagi para pengunjungnya.

Tak hanya itu, di Taman Lansia juga terdapat dua danau kecil yang menambah keindahan taman dengan gemericik airnya. Tanaman eceng gondok yang sedang bermekaran di danau menambah pesona alam yang menawan.

Sejarah Taman Lansia Bandung

Taman ini awalnya dikenal sebagai Taman Cisangkuy karena berlokasi di persimpangan Jalan Cisangkuy dan Jalan Cilaki. Namun, seiring berjalannya waktu, taman ini sering dijuluki sebagai Taman Lansia karena menjadi tempat favorit bagi kalangan lanjut usia.

Meskipun awalnya dikenal sebagai Taman Lansia karena banyaknya pengunjung dari kalangan lanjut usia, taman ini sekarang telah menjadi daya tarik bagi berbagai kalangan. Tidak hanya anak-anak yang riang bermain, remaja yang bersantai, atau orang dewasa yang ingin bersantai, taman ini menyambut semua orang dengan hangat.

Salah satu fitur menarik adalah adanya jalur refleksi dengan batu-batu yang bisa digunakan sebagai terapi pijat refleksi di telapak kaki. Fitur ini sangat bermanfaat bagi para lansia yang ingin meningkatkan sirkulasi darah mereka. Taman ini secara khusus dirancang untuk memberikan dukungan dan kenyamanan bagi para lansia dalam menikmati suasana taman yang indah.

Taman Lansia menjadi tempat rekreasi yang nyaman dan bermanfaat bagi warga Bandung dari segala usia, terutama bagi kalangan lanjut usia yang ingin menikmati keindahan alam dan merawat kesehatan mereka. Dengan suasana yang tenang, penuh pepohonan dan gemericik air, taman ini menjadi tempat yang ideal untuk beristirahat dan menghilangkan kepenatan setelah kesibukan kota.

Konsep Taman Lansia Bandung

Konsep Taman Lansia di Kota Bandung merupakan bagian dari program revitalisasi yang diprakarsai oleh Ridwan Kamil, dengan tujuan meningkatkan indeks kebahagiaan warga kota. Taman ini didesain dengan proyeksi memiliki tujuh danau buatan yang memiliki fungsi ganda. Pertama, sebagai pengendali banjir di daerah Cileuncang dengan menampung air hujan agar tidak langsung mengalir ke jalan, sehingga dapat mengurangi risiko banjir. Kedua, sebagai penampung air hujan untuk kebutuhan irigasi dan pemenuhan kebutuhan air di area sekitar.

Dari tujuh danau yang direncanakan, Taman Lansia memiliki dua danau kecil dengan ukuran yang memadai untuk mengurangi terjadinya banjir sebesar 15%. Danau pertama memiliki luas 1.397 m2 dengan kedalaman 4,5 m dan volume air mencapai 1.806 kubik. Sementara itu, danau kedua memiliki luas 689 m2 dengan kedalaman 3,8 m dan volume air 753 kubik. Kedua danau ini ditempatkan secara strategis dan dihubungkan oleh jembatan yang memberikan nilai estetika sekaligus fungsi praktis.

See also  Talaga Langit Cirebon: Wisata Alam dan Rekreasi Berkualitas

Taman Lansia dirancang dengan penuh perhatian terhadap kebutuhan para pengunjungnya. Di sekitar danau, disediakan tangga-tangga yang mengundang orang-orang untuk membaca buku, bermain, atau sekadar duduk santai menikmati suasana taman yang asri.

Selain sebagai sarana pengendali banjir, Taman Lansia juga menjadi daya tarik kuliner dan café di sekitarnya. Keberadaan beragam lokasi wisata kuliner dan café di area sekitar menambah daya tarik dan kenyamanan bagi para pengunjung.

Dengan konsep yang holistik dan fungsional, Taman Lansia tidak hanya berperan sebagai tempat rekreasi bagi berbagai kalangan, tetapi juga memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar dan memperkuat daya tarik wisata kuliner di wilayah tersebut.

Kereta Kota

Kereta Kota (Kegiatan Rekreasi dan Edukasi di Taman Kota) adalah sebuah acara yang diadakan setiap pekan kedua dan ketiga pada hari Minggu pagi setiap bulannya di Taman Lansia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Pembangunan Bisnis dan Bioteknologi, dengan tujuan utama untuk membentuk masyarakat yang sadar dan peduli terhadap lingkungan.

Acara ini memberikan kesempatan bagi warga untuk berpartisipasi dengan bebas bertanya dan berbagi pengetahuan seputar lingkungan serta cara menjalani gaya hidup sehat. Para peserta dapat berinteraksi dan berdiskusi mengenai isu-isu lingkungan, praktik berkelanjutan, dan berbagai hal terkait pelestarian alam.

Tak hanya untuk orang dewasa, Kereta Kota juga menyediakan berbagai permainan edukatif bagi anak-anak. Melalui permainan ini, anak-anak diajak untuk mengembangkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan sejak dini. Dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, mereka dapat belajar tentang pentingnya merawat lingkungan dan bagaimana menjadi warga yang bertanggung jawab terhadap alam sekitar.

Kereta Kota adalah upaya nyata dalam menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Melalui kegiatan ini, diharapkan semakin banyak orang yang terinspirasi untuk berkontribusi dalam membangun masyarakat yang peduli, mencintai, dan berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup.

Harga Tiket Masuk Taman Lansia Bandung

Berlibur santai di akhir pekan menjadi lebih menyenangkan dengan mengunjungi taman. Salah satu destinasi wisata yang menarik adalah Taman Lansia Bandung, di mana “Lansia” adalah singkatan dari Lanjut Usia.

Meskipun disebut Taman Lansia, tempat ini terbuka untuk semua kalangan, tidak hanya untuk para lansia. Nama “Lansia” mungkin diberikan karena taman ini memiliki usia yang sangat tua. Bahkan, taman ini telah berdiri sejak tahun 1885, sehingga usianya sudah ratusan tahun.

See also  41 Ulasan Menarik Dago DreamPark Fun in The Nature Bandung

Salah satu keuntungan mengunjungi Taman Lansia Bandung adalah tiket masuknya yang gratis. Pengunjung dapat menikmati keindahan taman ini tanpa dikenakan biaya, sehingga dapat dikatakan sebagai destinasi wisata yang sangat terjangkau.

Jadi, jika Anda ingin menikmati waktu santai di akhir pekan, Taman Lansia Bandung bisa menjadi pilihan yang sempurna. Anda bisa menikmati suasana alam yang asri dan keindahan taman tanpa harus khawatir tentang biaya tiket masuk.

Jam Buka

Taman kota ini memiliki keunggulan dalam fleksibilitas waktu kunjungan. Pengunjung dapat mengunjunginya kapan saja, baik pagi, siang, sore, bahkan malam hari.

Taman Lansia Bandung tidak terbatas pada jam operasional tertentu. Dibuka untuk pengunjung selama 24 jam setiap harinya. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk menikmati keindahan dan fasilitas taman pada waktu yang paling sesuai dengan jadwal dan kenyamanan mereka.

Dengan jam operasional yang 24 jam, Taman Lansia Bandung memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati suasana taman, berolahraga, atau sekadar bersantai tanpa harus terbatas oleh waktu kunjungan yang terbatas. Pengunjung bisa merasa lebih bebas untuk menikmati fasilitas taman sesuai dengan keinginan dan preferensi mereka.

Fasilitas

Taman Lansia Bandung memiliki fasilitas yang lengkap dan terawat dengan baik, meskipun usianya sudah tua. Beberapa fasilitas yang disediakan di taman ini antara lain:

  1. Tempat Duduk: Pengunjung dapat menemukan berbagai area duduk yang nyaman di sepanjang taman untuk beristirahat atau sekadar menikmati suasana.
  2. Wahana Bermain Anak: Taman ini tidak hanya mengutamakan para lansia, tetapi juga menyediakan wahana bermain anak untuk para pengunjung muda agar mereka juga dapat menikmati waktu bermain dengan kesenangan.
  3. Toilet: Adanya fasilitas toilet di taman memberikan kenyamanan bagi pengunjung dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan selama berada di area taman.
  4. Arena Parkir: Terdapat area parkir yang memadai sehingga pengunjung bisa dengan mudah dan aman meninggalkan kendaraan mereka saat berkunjung.
  5. Wifi Gratis: Keberadaan wifi gratis menjadi nilai tambah bagi taman ini, sehingga pengunjung dapat tetap terhubung dengan internet dan menggunakan layanan digital selama berada di taman.
  6. Tempat Berkumpul: Dengan fasilitas wifi dan berbagai tempat duduk yang nyaman, Taman Lansia Bandung menjadi tempat yang ideal untuk berkumpul dengan teman atau keluarga, berdiskusi, atau bahkan bekerja atau belajar di lingkungan yang asri dan nyaman.

Semua fasilitas tersebut menjadikan sebagai tempat yang menarik dan ramah bagi berbagai kalangan masyarakat. Dengan dukungan fasilitas yang baik, taman ini dapat memberikan pengalaman berlibur dan bersantai yang menyenangkan untuk semua pengunjungnya.

Aktivitas

Taman Lansia Bandung menawarkan beragam kegiatan yang menarik bagi pengunjungnya. Pada pagi hari, banyak pengunjung yang datang untuk berolahraga, seperti jogging atau bermain ringan dengan anak-anak mereka. Beberapa orang tua juga terlihat berolahraga sambil mendengarkan musik menggunakan headset.

See also  Kolam Renang Siliwangi: Tempat Seru untuk Liburan Keluarga di Bandung

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati persewaan kuda untuk berkeliling taman. Pengunjung dapat menyewa kuda tunggal yang dapat ditunggangi oleh anak-anak dengan didampingi kusir, atau menyewa delman untuk berkeliling bersama keluarga atau teman-teman.

Taman Lansia juga menawarkan spot foto yang menarik perhatian, yaitu spot foto dengan dinosaurus raksasa di depannya yang dikelilingi oleh sepeda. Pengunjung dapat berfoto seolah-olah sedang dikejar oleh dinosaurus, menciptakan momen yang seru dan unik untuk diabadikan.

Di Taman Lansia Bandung, pada akhir pekan, suasana semakin hidup karena digunakan sebagai pasar kaget. Berbagai pedagang berdatangan dan menjajakan berbagai macam barang dagangan, memenuhi kawasan taman dengan beragam penawaran menarik. Beberapa jenis barang yang dijajakan antara lain:

  1. Makanan: Para pedagang makanan menyediakan berbagai pilihan kuliner, mulai dari makanan ringan seperti siomay, batagor, bakso, hotdog, hingga makanan khas Jawa Barat seperti kerupuk Maicih. Pengunjung dapat menikmati beragam makanan lezat saat berjalan-jalan di sekitar taman.
  2. Aksesoris: Tersedia juga berbagai aksesoris seperti kalung, gelang, anting, bros, dan lainnya. Para pengunjung bisa mencari aksesoris yang sesuai dengan selera dan gaya mereka.
  3. Pakaian: Pedagang pakaian menawarkan berbagai jenis pakaian, mulai dari pakaian anak-anak hingga dewasa. Pengunjung bisa mencari pakaian dengan desain dan model yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan mereka.
  4. Barang Pecah Belah: Beberapa pedagang menjual barang-barang pecah belah seperti piring, gelas, vas bunga, dan lainnya. Pengunjung bisa menemukan berbagai pilihan barang untuk kebutuhan rumah tangga mereka.
  5. Jasa Pembuatan Lukisan Wajah: Di taman ini juga ada pedagang yang menawarkan jasa pembuatan lukisan wajah. Pengunjung dapat membuat lukisan wajah sesuai dengan keinginan mereka sebagai kenang-kenangan atau untuk hiburan.

Pasar kaget memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan beragam. Pengunjung dapat menemukan berbagai produk dan layanan dengan harga yang beragam, sehingga membuat suasana taman semakin hidup dan ramai. Ini merupakan salah satu daya tarik taman ini sebagai destinasi wisata akhir pekan yang menarik bagi seluruh keluarga dan teman-teman.

Taman Lansia Bandung menjadi tempat yang menyenangkan untuk berolahraga, bersantai, berfoto, dan berbelanja. Dengan beragam kegiatan menarik yang ditawarkan, taman ini menjadi destinasi yang cocok untuk dijadikan tujuan liburan akhir pekan bagi seluruh keluarga dan teman-teman.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Taman Lansia Bandung, Tempat Rekreasi Favorit Liburan Keluarga.

Your email address will not be published. Required fields are marked *