Review Taman Situ Lembang Jakarta, Taman Unik Dilengkapi Danau

Taman Situ Lembang di Jakarta Pusat menawarkan pengalaman wisata yang unik dan menarik bagi pengunjung. Terletak berdekatan dengan Taman Menteng, taman ini menjadi destinasi yang patut dikunjungi untuk melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan.

Daya tarik utama taman ini adalah danau buatannya yang memberikan sentuhan keindahan alam di tengah-tengah kepadatan urban Jakarta. Keberadaan danau ini menjadi elemen langka di kota besar, memberikan pengalaman damai dan sejuk kepada para pengunjung. Taman Situ Lembang, dengan demikian, muncul sebagai alternatif yang baik bagi warga kota yang mencari ketenangan dan keasrian alam.

Rekreasi di taman ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga menjadi pilihan yang populer untuk akhir pekan bersama keluarga. Dalam daftar tempat wisata Jakarta yang direkomendasikan, Taman Situ Lembang seringkali mencuat sebagai destinasi yang menggabungkan keasrian alam dan kenyamanan urban.

Keberadaan taman ini di tengah padatnya aktivitas kota tidak pernah sepi pengunjung, menciptakan atmosfer hidup dan dinamis. Meskipun demikian, taman ini mampu mempertahankan keberlanjutan suasana alamnya, memberikan kesan oase di tengah padang tandus kehidupan perkotaan.

Dengan segala keistimewaannya, Taman Situ Lembang bukan hanya sekadar destinasi rekreasi, melainkan juga menjadi perwujudan harmoni antara urbanitas dan alam di tengah kota Jakarta.

Harga Tiket Masuk Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang menetapkan kebijakan yang ramah pengunjung dengan tidak menetapkan tiket masuk, sehingga akses ke fasilitas umum ini dapat dinikmati oleh siapa saja tanpa dikenakan biaya. Hal ini memberikan kesempatan bagi warga kota dan wisatawan untuk menikmati keindahan alam di tengah kota Jakarta tanpa hambatan finansial.

Tidak adanya tiket masuk ini tentu menjadi nilai tambah, memungkinkan masyarakat untuk mengakses taman ini secara cuma-cuma. Namun, penting untuk diingat bahwa jika pengunjung berkeinginan untuk menikmati jajanan di sekitar taman, disarankan untuk membawa uang tunai.

Taman Situ Lembang memberikan fleksibilitas waktu dengan kawasan taman yang terbuka setiap hari. Pengunjung dan wisatawan dapat datang kapan saja, memberikan keleluasaan untuk menyesuaikan waktu kunjungan sesuai dengan preferensi masing-masing. Secara umum, pagi dan sore hari menjadi waktu yang ramai dengan pengunjung yang melakukan kegiatan olahraga di sekitar taman, menciptakan atmosfer yang hidup dan dinamis.

Dengan kebijakan akses bebas tiket dan fleksibilitas waktu yang ditawarkan, Taman Situ Lembang menjadi destinasi yang ramah pengunjung, mempromosikan aksesibilitas dan keberagaman pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di tengah kota Jakarta.

Alamat Rute Lokasi

Taman Situ Lembang terletak di Jalan Lembang Terusan No. D-59, Menteng, Jakarta Pusat. Lokasinya yang strategis memudahkan akses bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan fasilitas yang ditawarkan oleh taman ini. Berikut adalah beberapa opsi transportasi yang dapat digunakan untuk mencapai Taman Situ Lembang:

  1. Kendaraan Pribadi: Pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dapat mengarahkan navigasi ke Jalan Lembang Terusan No. D-59, Menteng, Jakarta Pusat. Tersedianya fasilitas parkir di sekitar taman memudahkan bagi mereka yang membawa kendaraan sendiri.
  2. Transportasi Umum – Transjakarta atau Kopaja: Alternatif lain adalah menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta atau Kopaja dengan jurusan Senen – Lebak Bulus. Pilihan ini memberikan fleksibilitas kepada pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi.
  3. Berjalan Kaki dari Taman Menteng: Jika pengunjung sudah berada di Taman Menteng, opsi berjalan kaki dengan jarak sekitar 750 meter menjadi alternatif yang ramah lingkungan. Selama perjalanan, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar dan menghirup udara segar.

Dengan berbagai pilihan transportasi yang tersedia, Taman Situ Lembang dapat diakses dengan mudah, menciptakan kenyamanan bagi pengunjung yang ingin menikmati serangkaian kegiatan dan keindahan yang ditawarkan oleh taman ini.

Daya Tarik

Taman Situ Lembang, terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, adalah sebuah oasis hijau yang menghadirkan pesona alam dan sejarah khas. Awalnya bermula dari penataan ulang waduk Kali Cideng pada tahun 1918, taman ini telah menjelma menjadi salah satu taman tertua di Jakarta, mempertahankan daya tariknya selama bertahun-tahun.

Menariknya, sebelum menjadi ruang publik yang sepenuhnya terbuka untuk umum, Taman Situ Lembang pernah dihuni oleh pedagang kaki lima. Hal ini menunjukkan kontrast menarik antara keberadaan taman ini sebagai bagian dari kawasan elit Menteng, namun pernah dihiasi oleh aktivitas perdagangan jalan.

Taman ini kini lebih sering digunakan oleh warga sebagai tempat untuk berolahraga atau bersantai. Terletak di tengah perumahan elit Menteng dan dekat dengan Masjid Agung Sunda Kelapa, taman ini menawarkan pemandangan yang menyejukkan dan suasana yang tenang.

Pesona keindahan Taman Situ Lembang menjadi daya tarik utama untuk mengisi waktu luang, terutama selama masa liburan. Nama “Situ” yang merujuk pada danau, dan “Lembang” sebagai nama jalan yang mengelilingi taman, mencerminkan keberadaan danau kecil yang menjadi ciri khas taman ini. Sumber air alam yang mengisi danau menambah keunikan dan daya tarik alaminya.

Sebagai bagian dari sejarah Jakarta, taman ini mempertahankan keindahan dan keasrian alamnya, memberikan pengalaman yang menarik bagi pengunjung yang ingin menjelajahi cerita unik dan sejarah yang terkandung di dalamnya. Dengan danau yang luas, teratai, dan air mancur di tengahnya, Taman Situ Lembang menjadi destinasi wisata keluarga yang menawarkan keunikan tersendiri. Bentuk danau yang mirip oval atau daun menambah daya tarik estetis dan mengundang para pengunjung untuk menikmati keindahan alam yang dihadirkan oleh taman ini.

Danau

Taman Situ Lembang, sesuai dengan namanya, menawarkan sebagian areal yang merupakan danau atau “situ”. Penting untuk dicatat bahwa taman ini tidak boleh disamakan dengan Situ Lembang yang terletak di Lembang. Keberadaan danau ini bermula sejak masa pendudukan Belanda, dijadikan sebagai reservoir untuk Kali Cideng.

Dengan luas taman mencapai 14.700 meter persegi, sebagian besar wilayahnya didominasi oleh danau. Fungsi utama danau ini tidak hanya sebagai elemen dekoratif, tetapi juga sebagai penyejuk bagi lingkungan sekitarnya. Pepohonan rimbun di sekeliling danau menambahkan keteduhan dan menciptakan suasana yang tenang.

Pada tahun 1984, penambahan tanaman bunga teratai dan air mancur semakin mempercantik danau ini, memberikan sentuhan estetis yang memikat bagi pengunjung. Tidak hanya sebagai tempat rekreasi, Taman Situ Lembang juga menawarkan spot khusus untuk memancing di beberapa titik, menambah variasi aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Dengan kombinasi elemen alam, tata letak yang indah, dan peningkatan estetika yang terus-menerus, situ ini telah bertransformasi menjadi tempat rekreasi sederhana yang sangat menyenangkan. Taman ini menjadi pilihan ideal bagi mereka yang mencari ketenangan, keindahan alam, dan aktivitas rekreasi yang beragam di tengah kota Jakarta.

Spot Mancing

Taman Situ Lembang tidak hanya menjadi destinasi yang menyediakan keindahan alam di pusat kota Jakarta, tetapi juga menjadi oasis bagi para penggemar kegiatan memancing. Sulit menemukan area pemancingan di pusat kota, dan danau ini menjawab kebutuhan tersebut dengan menyediakan spot memancing di sekelilingnya.

Keberadaan spot memancing ini sengaja dibuat untuk memenuhi keinginan para pengunjung yang ingin menikmati kegiatan memancing di lingkungan perkotaan. Danau ini memiliki koleksi ikan yang beragam, mulai dari ikan mujair hingga lele, menambahkan keasikan bagi para pemancing yang datang. Pengunjung hanya perlu membawa alat pancing mereka sendiri untuk menikmati kegiatan memancing di sini.

Banyak pengunjung yang rela menghabiskan berjam-jam di sekitar danau, menikmati ketenangan suasana taman yang teduh sambil menikmati hobi memancing mereka. Kombinasi antara keindahan alam, koleksi ikan yang beragam, dan kenyamanan taman menciptakan pengalaman memancing yang unik di tengah pusat kota.

Dengan demikian, Taman Situ Lembang bukan hanya menjadi tempat rekreasi biasa, tetapi juga memberikan solusi bagi para penggemar memancing yang mencari alternatif di pusat kota Jakarta.

Tempat Olahraga

Taman Situ Lembang, meskipun tidak sebesar Taman Menteng atau Taman Suropati, tetap menawarkan pengalaman rekreasi yang nyaman dan beragam. Lokasinya yang strategis membuatnya menjadi tempat ideal untuk aktivitas jogging atau jalan santai. Jalan paving blok yang melingkari danau memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam sekitar. Dengan waktu sekitar 10 menit untuk mengelilingi taman dengan berjalan kaki, taman ini menjadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan pikiran dan menjaga kebugaran fisik.

Salah satu keunggulan lainnya adalah adanya ruang outdoor fitness di salah satu sudut taman. Peralatan fitness sederhana yang tersedia memungkinkan pengunjung untuk melatih otot lengan atau kaki setelah sesi jogging atau jalan santai. Fasilitas ini terbuka untuk siapa saja yang ingin menjaga kebugaran tubuhnya di lingkungan yang asri.

Meskipun luas Taman Situ Lembang mungkin tidak mencukupi untuk kegiatan lari yang panjang, namun taman ini dapat dijadikan sebagai salah satu checkpoint penting dalam rute olahraga di kawasan Menteng. Kawasan ini, dengan keberadaan beberapa taman yang sejuk, memberikan kesempatan untuk merancang rute olahraga yang menarik dan beragam.

Taman Menteng, Taman Suropati, dan Taman Kodok, yang terletak tidak jauh dari Taman Situ Lembang, menjadi alternatif ideal untuk diintegrasikan ke dalam rute olahraga. Dengan merencanakan rute khusus yang melibatkan seluruh taman ini, penggemar olahraga dapat menjadikan kegiatan mereka lebih bervariasi dan menghibur.

Bersepeda atau berlari di sepanjang rute yang melibatkan Taman Situ Lembang serta taman-taman lainnya di sekitarnya akan memberikan pengalaman olahraga yang lebih menyenangkan dan menantang. Keindahan alam dan keteduhan taman-taman tersebut dapat menjadi penyemangat tambahan bagi mereka yang mencari alternatif untuk menjaga kebugaran fisik mereka.

Dengan demikian, Taman Situ Lembang bukan hanya menjadi destinasi sendiri, tetapi juga menjadi bagian dari pengalaman olahraga yang lebih luas di kawasan Menteng. Integrasinya dengan taman-taman lain menciptakan rute olahraga yang menarik dan penuh keberagaman, menjadikan aktivitas lari atau bersepeda lebih seru dan bermakna.

Playground

Taman Situ Lembang juga mengakomodasi kebutuhan keluarga dengan menyediakan arena bermain untuk anak-anak di sudut lainnya. Wahana permainan, seperti seluncuran dengan terowongan dan ayunan, memberikan keseruan bagi anak-anak. Hiasan patung-patung hewan menambah keceriaan area bermain. Lantai berbahan karet yang empuk juga memastikan keamanan anak-anak selama bermain.

Salah satu daya tarik utama Taman Situ Lembang sebagai objek wisata keluarga adalah keberadaan area bermain anak atau playground. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tetapi fasilitas permainan yang disediakan cukup lengkap, mencakup ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit.

Keberadaan area playground ini menjadikan taman ini sebagai destinasi yang ramah bagi keluarga yang membawa anak-anak. Anak-anak pasti akan sangat senang dengan berbagai permainan yang tersedia, dan mungkin bahkan lupa waktu selama bermain. Posisinya yang menghadap ke danau juga memberikan pengalaman yang lebih menarik, di mana pengunjung dapat menikmati pemandangan air mancur sambil anak-anak bermain.

Dengan adanya fasilitas bermain ini, Taman Situ Lembang tidak hanya menjadi tempat rekreasi untuk orang dewasa, tetapi juga menciptakan suasana yang menyenangkan dan ramah bagi keluarga. Kombinasi antara keindahan alam, area bermain anak, dan pemandangan yang menarik menjadikan taman ini sebagai destinasi yang sempurna untuk kegiatan keluarga yang menyenangkan.

Dengan banyaknya bangku taman yang tersebar di seluruh area, taman ini menjadi tempat favorit untuk sekadar bersantai. Pengunjung dapat menikmati pemandangan danau yang tenang sambil duduk di bangku taman. Selain itu, sebagai pilihan rekreasi yang ekonomis, Taman Situ Lembang dapat menjadi destinasi yang tepat bagi mereka yang mencari pengalaman rekreasi yang menyenangkan tanpa harus mengeluarkan biaya tiket.

Spot Foto

Pentingnya mengabadikan momen dalam foto sebagai kenang-kenangan dari liburan yang sempurna sangat dipahami, terutama ketika mengunjungi tempat menarik seperti Taman Situ Lembang. Meskipun taman ini tidak memiliki spot foto resmi, keberagaman elemen alam dan fasilitas yang ditawarkan memberikan banyak peluang untuk menciptakan foto yang indah.

Salah satu sudut yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto adalah air mancur, menciptakan suasana yang menawan dan memikat. Meskipun tidak ada panduan resmi, keindahan alami taman ini memungkinkan pengunjung untuk menemukan lokasi terbaik dan mengabadikan momen yang tak terlupakan.

Dengan menciptakan pengalaman pemotretan yang personal dan unik, pengunjung dapat memperoleh kenangan visual yang memperkaya pengalaman liburan mereka di Taman Situ Lembang. Kesempatan untuk mencari lokasi terbaik dan mengambil foto yang bermakna dapat menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan wisata yang mengesankan.

Fasilitas

Taman Situ Lembang telah dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung. Fasilitas yang tersedia mencakup beberapa aspek penting untuk memastikan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan.

  1. Toilet: Toilet tersedia di beberapa titik di kawasan taman, memastikan ketersediaan fasilitas sanitasi yang memadai bagi pengunjung. Ini adalah langkah yang penting untuk meningkatkan kenyamanan selama kunjungan.
  2. Mushola: Adanya mushola di seberang jalan memberikan fasilitas keagamaan bagi pengunjung yang membutuhkannya. Keberadaan mushola yang mudah diakses juga menambah aspek inklusifitas di taman ini.
  3. Bangku Taman: Ketersediaan banyak bangku di sekitar danau memberikan ruang untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Ini merupakan sentuhan yang baik untuk menciptakan suasana yang santai di tengah-tengah aktivitas rekreasi.
  4. Tempat Sampah: Tempat sampah yang ditempatkan di beberapa titik di taman adalah upaya positif untuk menjaga kebersihan dan merawat lingkungan. Ini melibatkan partisipasi pengunjung dalam menjaga kebersihan area rekreasi.
  5. Tempat Parkir: Fasilitas tempat parkir yang disediakan memudahkan pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Tempat parkir yang tersedia di sekitar taman memberikan akses yang mudah untuk pengunjung yang membawa kendaraan.
  6. Area Jogging Track: Adanya jogging track menawarkan peluang bagi pengunjung untuk berolahraga dan menjaga kebugaran di lingkungan alam yang asri.
  7. Arena Bermain Anak: Keberadaan arena bermain anak menambah daya tarik bagi keluarga yang mengunjungi taman. Ini memberikan opsi rekreasi yang menyenangkan untuk anak-anak.
  8. Spot Foto: Walaupun tidak ada spot foto resmi, keindahan alam dan elemen-elemen taman dapat dijadikan latar belakang yang menarik untuk pemotretan.
  9. Andong: Kehadiran andong menambah sentuhan tradisional dan menyenangkan bagi pengunjung yang ingin menjelajahi taman dengan cara yang unik.

Fasilitas yang lengkap ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang nyaman dan bersih, tetapi juga menawarkan beragam aktivitas dan pengalaman bagi pengunjung dari berbagai kelompok dan preferensi.

Wisata Kuliner

Taman Situ Lembang tidak hanya menawarkan pengalaman alam dan rekreasi, tetapi juga menjadi lokasi yang ideal untuk menikmati wisata kuliner Jakarta. Area sekitar taman ini menjadi destinasi yang sempurna bagi para pencinta kuliner yang suka bersantai di tengah keindahan taman.

Beragam pilihan menu tersedia di sekitar taman, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, menciptakan pengalaman jajan yang menyenangkan. Pedagang di sekitar taman menyajikan berbagai hidangan yang dapat memuaskan selera kuliner Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati berbagai minuman segar yang ditawarkan oleh para pedagang di setiap lapaknya. Pilihan minuman hangat atau dingin dapat disesuaikan dengan selera dan suasana saat itu. Keuntungan tambahan adalah bahwa semua makanan dan minuman yang disajikan di sekitar Taman Situ Lembang memiliki harga yang relatif murah dan terjangkau.

Dengan demikian, taman ini tidak hanya menjadi tempat untuk aktivitas fisik dan rekreasi, tetapi juga merangkul pengalaman kuliner yang beragam. Bagi mereka yang suka menikmati makanan dan minuman di lingkungan yang alami dan menyenangkan, Taman Situ Lembang menyajikan kombinasi yang sempurna antara keindahan alam dan kelezatan kuliner Jakarta.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang dapat mempermudah dan meningkatkan pengalaman Anda saat berkunjung ke Taman Situ Lembang:

  1. Cek Cuaca: Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa perkiraan cuaca. Hal ini akan membantu Anda menyiapkan perlengkapan yang sesuai, terutama jika Anda berencana untuk beraktivitas di luar.
  2. Kenakan Pakaian Nyaman: Pilihlah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas yang akan Anda lakukan di taman. Jika berencana untuk berolahraga, kenakan pakaian yang sesuai, dan jika sekadar bersantai, pilih pakaian santai.
  3. Bawa Air Minum: Pastikan untuk membawa air minum, terutama jika Anda berencana untuk beraktivitas fisik atau menjelajahi taman dalam waktu yang lama. Menjaga diri tetap terhidrasi adalah hal yang penting.
  4. Gunakan Tabir Surya: Jika Anda berencana untuk menghabiskan waktu di luar ruangan, terutama di area terbuka, gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  5. Bawa Perlengkapan Picknick: Jika Anda berniat untuk bersantai dan menikmati waktu di taman, pertimbangkan untuk membawa perlengkapan picknick seperti selimut atau matras dan makanan ringan.
  6. Lindungi Lingkungan: Hargai kebersihan taman dengan membuang sampah pada tempatnya. Menjaga kebersihan adalah tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan indah.
  7. Cari Spot Favorit: Eksplorasi taman dan temukan spot yang paling Anda sukai. Mungkin itu adalah sudut yang tenang di tepi danau, area bermain anak, atau spot pemancingan.
  8. Perhatikan Waktu Berkunjung: Jika Anda ingin menghindari keramaian, pertimbangkan untuk datang di waktu yang tidak ramai, seperti pagi hari pada hari kerja.
  9. Patuhi Aturan Taman: Penting untuk mematuhi aturan dan petunjuk yang berlaku di taman. Ini melibatkan penggunaan fasilitas, menjaga ketertiban, dan mematuhi peraturan keselamatan.
  10. Jelajahi Sekitaran: Manfaatkan lokasi taman yang strategis untuk menjelajahi sekitarannya. Mungkin terdapat tempat-tempat menarik atau fasilitas lain di sekitar taman yang bisa Anda kunjungi.

Dengan mempertimbangkan tips ini, Anda dapat memastikan bahwa kunjungan Anda ke Taman Situ Lembang berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman yang memuaskan.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News