Teras Merapi Obyek Wisata Alam Hits dan Viral di Sleman

Teras Merapi di Jogja memang merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan berbagai aktivitas seru dan pengalaman alam yang indah. Dengan lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi, tempat ini memberikan nuansa alam yang masih alami dan sejuk. Berikut beberapa aktivitas dan fasilitas menarik yang dapat dinikmati di Teras Merapi

Teras Merapi, Wisata Alam di Kaki Gunung

Kolam Renang: Teras Merapi menyediakan kolam renang yang cocok untuk bersantai dan berenang bersama keluarga atau teman-teman. Ini adalah cara yang menyegarkan untuk melepaskan penat setelah beraktivitas di alam.

Area Kemah: Bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah, Teras Merapi memiliki area khusus untuk berkemah. Ini merupakan pilihan yang baik untuk menghabiskan malam di tengah alam yang tenang dan sejuk.

Hiking: Salah satu daya tarik utama adalah kesempatan untuk melakukan hiking. Anda bisa menjelajahi alam sekitar Gunung Merapi dan menikmati pemandangan yang spektakuler. Pastikan untuk mengikuti panduan yang kompeten jika Anda tidak memiliki pengalaman hiking di daerah ini.

Tempat Nongkrong: Teras Merapi juga memiliki tempat-tempat yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan Gunung Merapi. Anda dapat ngaso santai sambil menikmati secangkir kopi atau teh.

Jogging: Bagi pecinta olahraga, Anda bisa melakukan jogging di sekitar area Teras Merapi. Ini adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan Anda sambil menikmati udara segar pegunungan.

Aktivitas Lainnya: Selain aktivitas di atas, Teras Merapi juga menawarkan berbagai aktivitas lain seperti outbond, berkuda, dan permainan tradisional Jawa yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Dengan suasana pedesaan yang khas pegunungan dan pemandangan Gunung Merapi yang menakjubkan, Teras Merapi adalah tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga atau rombongan. Pastikan untuk merencanakan kunjungan Anda dengan baik dan selalu patuhi aturan keamanan, terutama jika Anda berpartisipasi dalam aktivitas petualangan seperti hiking.

Harga Tiket Masuk Teras Merapi

Dengan harga tiket yang terjangkau, tempat ini menjadi pilihan yang baik untuk bersantai dan menikmati alam yang indah di lereng Gunung Merapi. Berikut adalah harga tiket masuk Teras Merapi:

  • Tiket Masuk Dewasa: Rp10.000
  • Tiket Masuk Anak: Rp5.000
  • Tiket Camping (Biaya tambahan untuk aktivitas berkemah): Rp15.000

Harga tiket masuk yang relatif murah ini membuat Teras Merapi menjadi destinasi wisata yang ramah untuk berbagai kalangan, termasuk keluarga dan wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan alam sekitar Gunung Merapi. Jangan lupa untuk memeriksa apakah ada perubahan harga atau ketentuan lain yang mungkin terjadi sejak informasi ini terakhir diperbarui.

Jam Buka

Dengan jadwal yang panjang, pengunjung memiliki fleksibilitas yang baik untuk mengatur kunjungan mereka. Berikut adalah jam buka Teras Merapi:

  • Hari Kerja (Weekday): 08.00 – 18.00 WIB
  • Akhir Pekan (Weekend): 07.30 – 18.00 WIB

Jangan lupa untuk memeriksa jadwal ini sebelum Anda berencana berkunjung, karena jam operasional bisa berubah sesuai dengan kebijakan tempat wisata. Kunjungi Teras Merapi pada pagi atau sore hari adalah pilihan yang baik untuk menikmati pemandangan yang indah dan menghindari hujan jika memungkinkan.

Alamat Rute Lokasi

Teras Merapi Jogja terletak di alamat yang indah di kaki Gunung Merapi, dan berikut adalah alamatnya:

Dusun Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meskipun berjarak cukup jauh dari pusat kota Sleman, perjalanan ke Teras Merapi cukup nyaman dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam dengan mobil atau sepeda motor. Akses yang baik menuju tempat ini memungkinkan para pengunjung untuk dengan mudah mencapai destinasi ini dan menikmati segala keindahan alam serta fasilitas yang ditawarkan oleh Teras Merapi Jogja. Jarak yang jauh ini sebanding dengan pengalaman yang luar biasa yang akan Anda dapatkan di sana.

Lokasi Teras Merapi Jogja Terletak di Dusun Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika Anda ingin berkunjung ke Teras Merapi dari pusat kota Yogyakarta, berikut adalah rute yang paling mudah:

  1. Dari Jalan Malioboro, arahkan perjalanan menuju Jalan Perwakilan, lalu lanjutkan ke Jalan Mataram.
  2. Masuk ke Jalan Laksda Adisucipto dan kemudian Jalan Solo-Yogyakarta kepatihan.
  3. Setelah sampai di sana, cari jalan menuju Pakem-Kalasan dan arahkan ke Jalan Raya Prambanan Sentono sepanjang 3 kilometer.
  4. Selanjutnya, menuju ke Jalan Kikis Taskombang, yang memerlukan perjalanan sekitar 18 kilometer untuk mencapai kawasan Glagaharjo, di mana Teras Merapi berada.
See also  Taman Mini Indonesia Indah, Wahana Rekreasi di Jakarta

Untuk kemudahan dan ketepatan navigasi, sangat dianjurkan untuk menggunakan aplikasi Google Maps. Aplikasi ini akan memberikan rekomendasi rute tercepat dan terbaik untuk mencapai Teras Merapi Jogja, memastikan perjalanan Anda menjadi lebih lancar dan nyaman.

Fasilitas

Teras Merapi Jogja memang telah memberikan perhatian yang baik terhadap fasilitas bagi para pengunjungnya. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini:

  1. Parkir Luas dan Aman: Area parkir yang luas dan aman memudahkan pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.
  2. Resepsionis Ramah dan Profesional: Resepsionis yang ramah dan berpengalaman siap membantu pengunjung selama kunjungan mereka.
  3. Mushola dan Toilet Bersih: Tersedianya mushola dan toilet yang bersih dan terawat adalah penting untuk kenyamanan pengunjung.
  4. Kantin: Kantin yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau memungkinkan pengunjung untuk merasa segar selama berlibur.
  5. Beragam Aktivitas: Teras Merapi menyediakan berbagai aktivitas seperti Jeep, sepeda motor, ATV, flying fox, paintball, outbound, dan camping yang berkualitas dan terjamin.
  6. Akomodasi: Tersedia tenda dan villa yang nyaman dan bersih untuk pengunjung yang ingin menginap.
  7. Pemandu Wisata: Pemandu wisata berpengalaman dan informatif dapat membantu pengunjung menjelajahi Teras Merapi dengan lebih baik.

Selain fasilitas tersebut, berikut adalah beberapa tips untuk membuat liburan Anda di Teras Merapi lebih seru dan nyaman:

  1. Menikmati Sunrise dan Sunset: Datanglah lebih pagi untuk menikmati sunrise dan saat sore hari untuk menikmati sunset. Ini adalah waktu terbaik untuk mengambil foto Instagram yang indah.
  2. Pilih Cuaca yang Baik: Karena tempat ini bernuansa alam, sebaiknya hindari kunjungan saat musim hujan untuk menghindari gangguan cuaca.
  3. Keamanan Keluarga: Jika berlibur dengan keluarga, pastikan anak-anak selalu dijaga dan aman.
  4. Perlengkapan Pribadi: Jika Anda berkemah atau memiliki perlengkapan pribadi yang ingin digunakan, pastikan untuk membawanya sendiri, terutama jika Anda memiliki kebutuhan khusus.
  5. Perlengkapan Wisata: Bawa perlengkapan seperti pakaian yang sesuai dengan aktivitas luar ruangan dan peralatan yang dibutuhkan untuk berwisata.
  6. Riset Terlebih Dahulu: Sebelum berwisata, cari tahu lebih lanjut tentang tempat wisata ini agar Anda siap untuk menjelajahi semua yang ditawarkannya.

Selain fasilitas yang lengkap, akses ke Teras Merapi Jogja juga sangat baik. Pengunjung dapat menggunakan motor atau mobil dengan mudah, sehingga tempat ini dapat diakses dengan nyaman dari berbagai lokasi di sekitarnya.

Semua fasilitas ini membantu menciptakan pengalaman yang nyaman dan memuaskan bagi pengunjung yang datang ke Teras Merapi Jogja.

Daya Tarik Tentang Wisata Teras Merapi Jogja

Teras Merapi Jogja adalah salah satu daya tarik unik dalam kawasan wisata Kaliadem. Tempat ini didirikan pada tahun 2014 oleh Bapak Sutrisno, seorang warga setempat yang selamat dari erupsi Gunung Merapi. Keunikan Teras Merapi mencakup beberapa aspek yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang menarik:

Sejarah yang Kuat: Teras Merapi Jogja memiliki akar sejarah yang kuat, terkait dengan peristiwa dramatis erupsi Gunung Merapi. Ini menambah dimensi emosional kepada tempat wisata ini, mengingatkan kita pada ketahanan dan semangat masyarakat setempat dalam menghadapi bencana alam.

Luas Area: Dengan luas area sekitar 5 hektar, Teras Merapi memiliki cukup ruang untuk berbagai jenis aktivitas dan fasilitas. Ini membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk keluarga, rombongan, atau individu yang mencari hiburan dan petualangan.

Zona-Zona yang Beragam: Tempat ini terbagi menjadi beberapa zona yang berbeda, masing-masing menawarkan pengalaman yang unik. Mulai dari zona parkir dan resepsionis dengan fasilitas dasar hingga zona wahana off-road yang memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi medan berbatu dan berlumpur di sekitar Gunung Merapi. Ada juga zona flying fox yang menawarkan pengalaman meluncur di ketinggian, serta zona paintball yang penuh tantangan. Bagi mereka yang suka berkemah, zona outbound dan camping menyediakan segala yang diperlukan untuk menghabiskan malam di alam terbuka.

Teras Merapi Jogja adalah destinasi yang unik karena sejarahnya yang mendalam, berbagai zona yang menarik, dan pengalaman wisata alam yang luar biasa. Tempat ini menggabungkan hiburan, petualangan, dan keindahan alam dengan cara yang istimewa, membuatnya menjadi salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi di Yogyakarta.

Kawasan Lereng Merapi memang dikenal dengan banyaknya tempat wisata menarik, tetapi Teras Merapi membawa pengalaman yang benar-benar berbeda yang tidak mudah ditemui di tempat lain. Ini adalah destinasi yang relatif baru, tetapi berhasil memadukan pesona alam pegunungan dengan berbagai aktivitas yang menarik.

Salah satu daya tarik utama adalah kesempatan untuk menjelajahi alam sekitar dengan berbagai cara, mulai dari hiking hingga mengendarai ATV. Ini adalah cara yang luar biasa untuk merasakan keindahan alam sekitar Gunung Merapi secara langsung.

See also  32 Review Menarik Alun-Alun Kidul Wisata Gratis Kraton Jogja

Namun, Teras Merapi juga menawarkan kesempatan untuk sekadar bersantai dan melepaskan penat. Dengan pendopo-pendopo dan area bersantai yang menghadap langsung ke Gunung Merapi, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang menenangkan sambil merasakan kesegaran udara pegunungan.

Kehadiran kolam renang yang tersedia untuk anak-anak dan dewasa menambah daya tarik Teras Merapi sebagai tempat liburan keluarga yang sempurna. Setelah sehari penuh beraktivitas, pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan lezat di restoran yang menawarkan beragam menu yang menggugah selera.

Pemandangan Alam

Salah satu ciri khas yang paling mencolok dari Teras Merapi Jogja adalah keindahan alam yang memukau dan pemandangan Gunung Merapi yang gagah. Tempat ini menawarkan pengunjung sebuah tanah lapang luas dengan area bersantai yang nyaman. Di sini, Anda akan menemukan pendopo-pendopo dan tempat duduk berpayung yang dirancang untuk memanjakan para wisatawan. Bersantai di tempat ini sambil menikmati sejuknya udara pegunungan adalah pengalaman yang benar-benar istimewa.

Satu hal yang benar-benar mencolok adalah pemandangan Gunung Merapi yang begitu dekat dan detail. Gunung Merapi seolah-olah hanya sejengkal dari tempat ini, dan Anda dapat melihat setiap kontur dan fitur dengan jelas. Ini menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi pengunjung yang menyukai keindahan alam dan gunung.

Selain itu, pemandangan sekitar juga mempesona. Anda akan disuguhkan dengan hutan hijau yang rimbun, sawah yang menghijau, dan perkebunan yang terhampar luas. Semua ini adalah pemandangan yang sangat memanjakan mata dan menciptakan suasana alam yang indah dan damai.

Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan ini adalah pada pagi atau sore hari. Pada pagi hari, area sekitarnya sering kali diselimuti kabut, yang menambah kesan eksotis dan mistis pada suasana. Sementara saat senja, matahari yang merunduk memberikan cahaya yang indah pada Gunung Merapi dan sekitarnya.

Kombinasi dari keindahan alam, pemandangan Gunung Merapi yang megah, dan suasana yang damai menjadikan Teras Merapi Jogja sebagai tempat wisata yang benar-benar istimewa dan layak untuk dikunjungi.

Kolam Renang

Salah satu fasilitas yang menarik di Teras Merapi Jogja adalah kolam renang yang cocok untuk pengunjung segala usia. Dengan tiga kolam yang tersedia untuk anak-anak hingga dewasa, tempat ini memastikan bahwa semua orang dapat menikmati kesegaran dan hiburan di dalam air.

Salah satu keunikan kolam ini adalah posisinya yang lebih tinggi, sehingga dari sini pengunjung dapat menikmati pemandangan luar biasa dari lereng Gunung Merapi. Dengan hutan hijau pegunungan yang menjulang dan awan biru yang menghias langit, kolam renang ini memberikan panorama yang memukau. Tambahan lagi, Gunung Merapi yang menjulang tinggi di belakangnya menambah pesona alam yang ada.

Kualitas air kolam juga patut dicatat. Airnya berasal langsung dari mata air pegunungan yang jernih, sehingga tidak hanya menyegarkan tetapi juga memberikan pengalaman berenang yang unik.

Menghabiskan waktu berenang di kolam-kolam ini adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati Teras Merapi Jogja. Anda bisa merasakan kesegaran air sambil memandangi pemandangan alam yang menakjubkan di sekitarnya. Ini adalah pengalaman yang benar-benar istimewa dan sayang rasanya jika Anda mengunjungi tempat ini tanpa mencoba berenang.

Camping

Salah satu aspek yang menjadikan Teras Merapi Jogja begitu menarik adalah area camping yang luas dan pemandangan yang indah. Area camping ini didominasi oleh tanah lapang yang luas, yang mampu menampung banyak tenda. Pengunjung memiliki pilihan untuk membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang sudah disediakan di tempat.

Salah satu momen paling menakjubkan adalah saat berkemah di Teras Merapi dan menyaksikan matahari terbit di pagi hari. Pemandangan Gunung Merapi yang gagah dan pesona matahari terbit adalah pengalaman yang tak terlupakan. Saat matahari mulai naik, cahaya merah-oranye yang memancar di langit menciptakan pemandangan yang sangat cantik.

Tidak hanya itu, malam hari juga memberikan pengalaman yang romantis. Pemandangan kota yang berkilauan dengan lampu-lampu kota yang bersinar memberikan suasana yang istimewa. Sinar bulan dan bintang-bintang yang bersinar semakin menambah keindahan malam di Teras Merapi.

Berkemah di sini adalah cara yang luar biasa untuk terhubung dengan alam, merasakan ketenangan malam di pegunungan, dan menikmati momen-momen alam yang menakjubkan. Ini adalah pengalaman yang cocok untuk pencinta alam dan para pecinta petualangan.

Spot Foto Menarik

Bagi para penggemar aktivitas foto selfie, Teras Merapi Jogja adalah surga tersendiri. Tempat ini menawarkan beragam wahana foto yang menarik dan unik, yang akan membuat koleksi foto Anda semakin berwarna. Berikut adalah beberapa spot selfie yang bisa Anda temukan di sana:

  1. Gardu Pandang: Gardu pandang ini menawarkan pemandangan luar biasa Gunung Merapi dan hutan di sekitarnya. Ini adalah tempat yang sempurna untuk mengambil foto dengan latar belakang alam yang megah.
  2. Spot Mirip Labirin: Spot ini menawarkan pengalaman unik yang mirip dengan labirin. Anda bisa berkeliling di sini dan mengeksplorasi berbagai sudut yang menarik untuk foto-foto kreatif.
  3. Taman Buah: Taman buah adalah latar yang sempurna untuk foto-foto ceria dengan warna-warni buah-buahan segar sebagai properti Anda.
  4. Rumah Bambu: Rumah bambu yang ada di Teras Merapi adalah spot yang sangat fotogenik. Desainnya yang unik dan alami membuatnya menjadi latar yang sempurna untuk foto.
  5. Jembatan Warna-Warni: Jembatan berwarna-warni juga merupakan spot yang populer untuk selfie. Warna-warni jembatan ini menciptakan efek visual yang menarik dalam foto Anda.
See also  Review Pantai Nglambor Salah satu pantai terbaik di Yogyakarta

Dengan beragam pilihan spot selfie yang menarik, Anda dapat membuat kenangan indah selama kunjungan Anda ke Teras Merapi Jogja. Jangan lupa untuk berfoto dan berbagi momen-momen tersebut dengan teman-teman dan keluarga Anda.

ATV

Teras Merapi Jogja memang menjadi tempat yang sempurna untuk berkeliling dan menjelajahi keindahan sekitarnya. Ada banyak pilihan yang dapat Anda ambil untuk merasakan pesona alamnya. Berikut adalah beberapa cara untuk berkeliling dan menikmati petualangan di Teras Merapi:

  1. Berjalan Kaki: Untuk mereka yang suka merasakan alam dengan lebih mendalam, berjalan kaki adalah pilihan yang sempurna. Anda dapat menjelajahi area yang luas, menikmati udara segar pegunungan, dan mengamati keindahan alam sekitar.
  2. Naik ATV: Bagi para pecinta petualangan yang mencari sensasi lebih, Teras Merapi menyediakan penyewaan ATV dengan harga yang terjangkau. Naik ATV di jalur berundak-undak akan memberikan Anda pengalaman yang mengasyikkan dan mendebarkan. Ini adalah cara yang sempurna untuk menjelajahi medan yang berbatu dan berlumpur di sekitar Gunung Merapi.

Sensasi petualangan yang terasa saat berkeliling Teras Merapi membuatnya sangat cocok untuk pecinta kegiatan outdoor yang mencari tantangan. Tak hanya itu, Anda juga akan diberi kesempatan untuk merasakan pesona alam yang megah dan pemandangan Gunung Merapi yang gagah. Jadi, siapkan diri Anda untuk petualangan yang tak terlupakan di Teras Merapi Jogja.

Tips Berkunjung

Berkunjung ke Teras Merapi Jogja bisa menjadi pengalaman yang luar biasa. Namun, agar liburan Anda lebih lancar dan menyenangkan, berikut beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan:

  1. Waktu Terbaik untuk Berkunjung: Datanglah pada pagi atau sore hari untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam yang spektakuler. Cuaca di pagi dan sore hari juga lebih sejuk.
  2. Periksa Cuaca: Sebelum berangkat, periksa prakiraan cuaca. Hindari kunjungan saat musim hujan atau cuaca buruk untuk menghindari ketidaknyamanan.
  3. Kenakan Pakaian yang Tepat: Karena Teras Merapi berada di daerah pegunungan, pastikan Anda mengenakan pakaian yang sesuai dengan cuaca sejuk dan kadang-kadang berubah-ubah.
  4. Bawa Perlengkapan: Jika Anda berencana untuk berkemah atau melakukan aktivitas luar ruangan, bawa perlengkapan yang sesuai seperti tenda, sleeping bag, atau peralatan hiking.
  5. Rekomendasi GPS: Meskipun rute ke Teras Merapi dapat diakses melalui aplikasi GPS seperti Google Maps, pastikan untuk membawa peta fisik atau screenshot peta sebagai cadangan.
  6. Membawa Makanan dan Minuman: Meskipun ada restoran dengan harga terjangkau di sana, Anda juga bisa membawa bekal makanan dan minuman sendiri untuk menghemat biaya.
  7. Keamanan: Jika Anda melakukan aktivitas berisiko seperti hiking atau ATV, pastikan Anda mengikuti petunjuk keselamatan dan peraturan yang berlaku. Juga, pastikan untuk menggunakan peralatan pelindung yang disediakan.
  8. Berbicara dengan Penduduk Lokal: Jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk berbicara dengan penduduk lokal atau petugas di sana. Mereka biasanya akan sangat membantu.
  9. Memiliki Kamera Siap Sedia: Teras Merapi adalah tempat yang penuh dengan pemandangan yang menakjubkan, jadi pastikan untuk membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen-momen indah.
  10. Pantau Sampah: Selalu jaga kebersihan dan lingkungan. Bawa pulang sampah Anda dan buanglah dengan benar.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menjadikan kunjungan Anda ke Teras Merapi Jogja sebagai pengalaman yang lebih nyaman dan berkesan. Selamat berlibur!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Teras Merapi Obyek Wisata Alam Hits dan Viral di Sleman.

Your email address will not be published. Required fields are marked *