The Lodge Maribaya: Surga Wisata Instagramable di Bandung

Keindahan Alam dan Aktivitas Menarik di The Lodge Maribaya, adalah destinasi wisata yang menarik dengan konsep Instagramable di daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Keindahan alamnya, yang ditandai dengan pepohonan pinus yang menjulang, memberikan pemandangan eksotis dan udara sejuk yang mendukung kegiatan pariwisata di kawasan ini.

Dengan mengusung konsep wisata yang sesuai dengan tren zaman, The Lodge Maribaya hadir sebagai jawaban terhadap kebutuhan wisatawan modern. Namun demikian, perhatian tetap diberikan pada kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Kehadiran tempat wisata ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi pengunjung, tetapi juga secara tidak langsung berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi lokal. Banyak destinasi wisata terkenal di Bandung, seperti Jalan Braga dan Kampung Korea, dan The Lodge Maribaya menambahkan keberagaman dengan menawarkan suasana alam Lembang yang asri sebagai tempat rekreasi.

Pesona alam yang memukau memikat banyak wisatawan yang datang untuk mengabadikan momen bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Terlebih lagi, konsep The Lodge Maribaya yang mengedepankan keberlanjutan lingkungan menjadi nilai tambah positif.

Selain itu, partisipasi dengan sumber daya dan potensi masyarakat sekitar juga menjadi ciri khas dari keberlanjutan tempat wisata ini. Dengan demikian, The Lodge Maribaya tidak hanya menjadi destinasi wisata yang populer tetapi juga berperan dalam meningkatkan perekonomian daerah tersebut.

Dalam konteks ini, praktik pariwisata yang berkelanjutan, yang memperhatikan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat lokal, menjadi kunci untuk memastikan keberlanjutan dan dampak positif dari destinasi wisata seperti The Lodge Maribaya.

Sejarah

Sejarah The Lodge Maribaya bermula dari sebuah lahan yang terletak di lereng lembah patahan Lembang. Pada tahun 2006, seorang pengusaha berkebangsaan Garut memutuskan untuk membeli lahan tersebut dan mendirikan vila sebagai tempat istirahat. Sebagaimana umumnya vila di daerah pegunungan, tempat ini seringkali kosong karena pemiliknya tidak secara permanen tinggal di sana.

Untuk mengoptimalkan penggunaan lahan yang seringkali sepi, pemilik mengambil keputusan untuk membuka tempat ini sebagai destinasi acara kebersamaan perusahaan atau instansi. Pada saat itulah, The Lodge Maribaya diberi nama “The Lodge Escape To Nature.” Keputusan ini membuka peluang bagi penggunaan vila tersebut sebagai tempat pertemuan dan kegiatan sosial.

Pergeseran signifikan terjadi pada era milenial ketika kemudahan dalam berbagi foto di media sosial menjadi semakin merajalela. Kisah-kisah dari obrolan, postingan media sosial, dan liputan berita mengenai keindahan tempat ini terus menyebar. Momentum ini mencapai puncaknya pada tahun 2016, di mana The Lodge Maribaya menjadi viral.

Daya tarik tempat ini berhasil menarik perhatian hampir seluruh pengguna media sosial, khususnya mereka yang aktif di dunia maya. Pengunjung yang datang ke tempat ini kebanyakan adalah individu yang ingin mengeksplorasi dan berbagi pengalaman mereka melalui platform media sosial. Keindahan latar belakang pemandangan dan suasana alam The Lodge Maribaya menjadi daya tarik utama, menjadikannya tempat ideal untuk berkumpul, bersantai, dan bersosialisasi dalam ranah virtual.

Harga Tiket Masuk The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya, sebagai destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan pengalaman berwisata yang unik, memberikan berbagai opsi tiket masuk untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Berikut adalah rincian harga tiket masuk beserta beberapa informasi penting terkait:

  1. Tiket Masuk The Lodge Woodland
    • Weekday / Weekend: Rp50.000
  2. Tiket Masuk Kawasan The Lodge Maribaya dan Fairy Garden
    • Weekday / Weekend: Rp65.000
  3. Tiket Masuk Periode 23 Desember 2023 – 7 Januari 2024
    • Rp75.000
  4. Tiket Masuk Weekday (Termasuk Voucher Makan Rp5.000)
    • Rp25.000
  5. Tiket Masuk Weekend (Termasuk Voucher Makan Rp5.000)
    • Rp35.000
  6. Tiket Masuk Kawasan Wisata
    • Rp65.000
  7. Wahana Tambahan:
    • Zip Bike, Glass Deck, Valley Swing, Sky Plane: Rp25.000
    • Bamboo & Sky Tree: Rp20.000
    • Hot Air Balloon: Rp35.000

Jam Operasional:

  • Setiap hari
  • Pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB

Tips Berkunjung:

  • Disarankan untuk mengunjungi pada hari kerja (weekday) untuk menghindari keramaian.
  • Pastikan untuk memeriksa jadwal operasional sebelum pergi.
  • Harga tiket termasuk fasilitas dan voucher makan, memberikan pengalaman yang lebih lengkap bagi pengunjung.

Dengan harga tiket yang terjangkau, The Lodge Maribaya menawarkan pengalaman berwisata yang memadukan keindahan alam dengan beragam fasilitas menarik. Jangan lupa untuk merencanakan kunjungan Anda dengan baik agar dapat menikmati seluruh pesona yang ditawarkan oleh destinasi ini.

Alamat Rute Lokasi

The Lodge Maribaya terletak di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Untuk mencapai lokasi ini menggunakan angkutan umum, pengunjung dapat mengikuti rute sebagai berikut:

  1. Dari pusat kota Bandung, naik bus kota DAMRI menuju Terminal Ledeng.
  2. Dari Terminal Ledeng, lanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum menuju Lembang dan turun di Jalan Maribaya.
  3. Setelah tiba di Jalan Maribaya, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau angkutan pedesaan menuju Cibodas dan turun di gerbang The Lodge.
See also  Kebun Raya Cibodas Wisata Alam di Puncak Bogor

Namun, perlu diingat bahwa akses angkutan pedesaan dari pusat Lembang ke Cibodas mungkin terbatas dan tidak terlalu sering, mungkin satu jam sekali. Sebagai alternatif, wisatawan disarankan menggunakan ojek, taksi, atau mobil carteran dari pusat Lembang untuk mempermudah perjalanan.

Jika perjalanan berlanjut hingga malam hari, disarankan untuk mencari penginapan terdekat di sekitar Cibodas, karena akses transportasi pada malam hari mungkin terbatas. Terdapat beberapa akomodasi penginapan di Cibodas meskipun cukup jarang, sehingga lebih baik mencari penginapan terlebih dahulu jika perjalanan berlanjut hingga malam.

Daya Tarik

The Lodge Maribaya, sebuah destinasi wisata alam yang menakjubkan, memancangkan akarnya dari sebuah lahan kosong di lereng lembah patahan Lembang. Cerita menarik ini dimulai pada tahun 2006, ketika seorang pengusaha berkebangsaan Garut memutuskan untuk mengakuisisi lahan tersebut dengan tujuan mendirikan sebuah vila pribadi. Meskipun dirancang sebagai tempat istirahat, seperti halnya banyak vila di kawasan pegunungan, tempat ini kerap terbengkalai karena sang pemilik tidak selalu berada di sana.

Berbeda dengan nasib kebanyakan vila, pemilik The Lodge Maribaya mengambil langkah inovatif untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan tersebut. Pada awalnya, tempat ini dibuka untuk menjadi lokasi acara keakraban bagi perusahaan atau instansi tertentu. Saat pertama kali dibuka, destinasi ini dijuluki “The Lodge Escape To Nature,” menggambarkan daya tarik alaminya yang menenangkan.

Pada masa perkembangan media sosial yang pesat, kepopuleran The Lodge Maribaya melesat tajam. Puncak kejayaannya terjadi pada tahun 2016, di mana antusiasme para wisatawan begitu tinggi sehingga antrian untuk mengunjungi tempat ini menjadi hal yang lumrah.

Daya tarik utama The Lodge Maribaya tak lain adalah pemandangan alam yang menakjubkan di sekitarnya. Keindahan alam ini tidak hanya menciptakan suasana rekreasi yang sempurna tetapi juga memberikan tempat yang cocok untuk penyembuhan dan kebersamaan bersama teman atau keluarga.

Dengan sejarahnya yang unik dan daya tarik alam yang luar biasa, The Lodge Maribaya terus menjadi destinasi yang dicari oleh mereka yang ingin menciptakan momen berharga dalam suasana alam yang indah dan menyejukkan.

Spot Foto Unik

The Lodge Maribaya, dengan keeksotisannya, membuka peluang yang sangat luas untuk kegiatan pemotretan. Lanskap alam yang memukau dari berbagai sudut memberikan potensi besar untuk menciptakan karya seni foto yang mendalam dan bernilai tinggi.

Tidak hanya untuk profesional, tetapi bahkan bagi penggemar fotografi amatir, The Lodge tetap menjadi latar yang sempurna. Pemandangan alam yang menawan akan memberikan sentuhan istimewa pada setiap foto, memastikan bahwa hasil jepretan di tempat ini memiliki daya tarik tersendiri.

Daya tarik utama The Lodge Maribaya tak lain adalah keindahan pemandangannya yang begitu memukau. Selain panorama alam yang mengagumkan, tempat ini juga menyediakan beragam spot foto menarik. Bagi mereka yang ingin tampil eksis di media sosial, foto selfie di sini dapat menjadi pilihan cerdas untuk meningkatkan jumlah pengikut atau ‘like’.

Begitu memasuki lokasi, pengunjung disuguhi panorama hutan pinus yang luas. Keberadaan di sini seolah membawa kebahagiaan dan menghilangkan rasa lelah. Tidak hanya itu, spot foto dengan balon udara menambah nuansa unik di The Lodge. Meskipun balon tersebut tidak terbang, tetapi menjadi daya tarik tersendiri sebagai objek fotografi.

Untuk memaksimalkan pengalaman berfoto tanpa harus menghadapi antrian panjang, direkomendasikan untuk mengunjungi The Lodge Maribaya pada hari kerja (weekday). Dengan begitu, pengunjung dapat lebih leluasa menikmati setiap sudut keindahan alam dan mengabadikan momen tanpa terburu-buru.

Balon Udara

Wahana balon udara ini merupakan salah satu tambahan terbaru yang mempercantik area wisata The Lodge. Meskipun balon ini tidak menyajikan pengalaman terbang yang sesungguhnya, keberadaannya dijadikan sebagai elemen fotografi menarik bagi pengunjung.

Pengunjung diberi kesempatan untuk menaiki balon tersebut, menciptakan suasana seolah-olah sedang mengarungi langit dengan balon udara. Ini menjadi momen yang sangat menarik untuk diabadikan dalam foto, menambah keunikan pengalaman berkunjung ke The Lodge.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa pada akhir pekan atau saat musim kunjungan tinggi, antrian untuk menaiki balon udara ini dapat menjadi sangat panjang. Oleh karena itu, disarankan untuk merencanakan kunjungan pada hari biasa atau di luar periode kunjungan tinggi agar dapat menghindari antrean yang berlebihan. Dengan datang pada hari-hari tersebut, pengunjung dapat lebih nyaman menikmati wahana ini tanpa harus menunggu terlalu lama.

Zip Bike

Zip Bike di The Lodge menawarkan pengalaman seru yang mirip dengan Sky Bike di Dago Dream Park. Ini adalah sepeda yang menggantung pada ketinggian tertentu, namun tidak hanya terbatas pada aspek visual. Sepeda ini dirancang agar pengunjung dapat mengayuhnya seperti halnya mengayuh sepeda konvensional.

See also  Gunung Sagara: Misteri dan Keunikan Destinasi Wisata

Pengunjung memiliki kesempatan untuk mengayuh sepeda melintasi jalur tertentu, menciptakan sensasi unik dan mendebarkan. Saat berhenti di titik-titik tertentu, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dan berpose untuk mendapatkan foto yang mengesankan.

Kelebihan Zip Bike tidak hanya terletak pada tingginya dan ketegangan jalurnya, tetapi juga pada pengalaman interaktif yang diberikannya kepada pengunjung. Kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini menambah keseruan dan membuat momen foto menjadi lebih berkesan. Dengan memilih sudut dan momen yang tepat, pengunjung dapat menciptakan gambar yang memukau dan menarik perhatian.

Gantole

Gantole di The Lodge memberikan pengunjung kesempatan untuk menciptakan foto yang spektakuler, seolah-olah mereka sedang terbang dengan pesawat sederhana ini. Meskipun Gantole ini diam dan tidak melakukan penerbangan sebenarnya, namun dirancang untuk memberikan sensasi visual yang menarik bagi para pengunjung.

Gantole ini dihadirkan semata-mata untuk keperluan berfoto, memberikan pengalaman visual yang ekstrem dan mengesankan. Dengan pengaturan sudut yang tepat dan kreativitas dalam pengambilan gambar, hasil foto dengan Gantole dapat menciptakan ilusi seolah-olah pengunjung sedang berpartisipasi dalam aktivitas ekstrem ini.

Daya tarik dari Gantole ini tidak hanya terletak pada keeksotisan visualnya, tetapi juga pada kemampuannya untuk membuat pengunjung terlihat sangat akrab dengan olahraga yang terlihat ekstrem ini. Pengunjung yang mungkin tidak berpengalaman dalam aktivitas Gantole akan merasakan sensasi dan kegembiraan melalui momen berfoto yang unik dan kreatif. Kesempatan ini tidak hanya membangun kenangan, tetapi juga menambahkan sentuhan luar biasa pada pengalaman berwisata di The Lodge.

Ayunan Sky Wing

Ayunan yang menggantung tinggi merupakan salah satu daya tarik unik di The Lodge yang mungkin membingungkan para pengunjung. Berbeda dengan ayunan konvensional di area bermain anak, ayunan ini bukanlah tempat untuk para kecil. Pertanyaan yang mungkin muncul, “Kenapa tidak untuk anak-anak?” memiliki jawaban yang jelas: karena keberbahayaan yang terkait dengan ayunan ini.

Ayunan ini, meskipun memiliki fungsi ayun, sebenarnya didesain dengan konsep yang sangat berbeda. Ketinggian yang signifikan dan elemen-elemen desain yang menantang membuatnya kurang sesuai untuk anak-anak. Sebagai gantinya, ayunan ini lebih ditujukan sebagai elemen visual yang menarik dan menantang bagi pengunjung yang mencari pengalaman berbeda.

Penting untuk diingat bahwa ayunan ini sebaiknya digunakan dengan hati-hati dan hanya untuk sekali ayun, sebagaimana fungsinya yang lebih difokuskan pada pengambilan foto. Dengan memahami konsep dan batasannya, pengunjung dapat mengapresiasi keunikan dan kreativitas yang dihadirkan oleh ayunan ini di tengah suasana The Lodge yang eksotis.

Sky Tree dan Bamboo

Berfoto di atas ketinggian pohon di The Lodge adalah salah satu kegiatan fotografi yang menarik dan unik. Keberadaan beberapa pohon di area ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menciptakan momen yang istimewa. Pemandangan hamparan hutan pinus di lembah menjadi latar belakang yang memukau, menambah keindahan setiap foto yang diambil di sini.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menemukan kumpulan bamboo yang membentuk menara. Menara bamboo ini menjadi spot foto menarik dan kreatif, memberikan variasi dalam pengalaman berfoto di The Lodge. Ketinggian dan struktur bamboo menciptakan latar yang unik, menghasilkan gambar yang sangat istimewa.

Keberagaman elemen alam seperti pohon-pohon tinggi dan menara bamboo menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka di atas ketinggian. Dengan latar belakang alam yang memukau, setiap foto menjadi kenangan visual yang tak terlupakan dari kunjungan ke The Lodge.

Camping dan Gathering

The Lodge, pada awalnya, dibangun sebagai tempat untuk kegiatan luar ruangan, menawarkan pengunjung pengalaman yang lebih mendalam dengan suasana alam yang sejuk dan pepohonan yang menjulang tinggi. Tempat ini menjadi pilihan ideal untuk berbagai kegiatan, mulai dari camping hingga acara kebersamaan keluarga, perusahaan, atau instansi pemerintahan.

Keunggulan utama The Lodge adalah lingkungannya yang menenangkan, dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi yang memberikan kesejukan dan ketenangan. Untuk para wisatawan yang ingin mengajak keluarga atau rekan kerja berpetualang di The Lodge, tersedia paket Gahtering yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat tiga pilihan paket Gahtering, yaitu Fun Games, Team Building, dan Morning Trekking. Setiap paket dirancang untuk memberikan pengalaman berbeda dan dapat disesuaikan dengan tujuan dari acara tersebut.

Bagi mereka yang ingin merasakan suasana alam di malam hari, The Lodge menawarkan pengalaman camping yang unik. Area camping telah disiapkan lengkap dengan peralatan yang dibutuhkan. Pengunjung hanya perlu membawa diri mereka sendiri untuk menginap di dalam tenda berbentuk botol warna oranye yang nyaman. Jenis kemping ini dapat dianggap sebagai kemping mewah, karena semua persiapan sudah disediakan. Dengan demikian, para pengunjung dapat tidur dengan nyaman dan sepenuhnya menikmati keindahan alam di sekitar mereka.

Fasilitas

Dengan perkembangan dan penyebaran informasi melalui berbagai media, pengelola The Lodge Maribaya terus berupaya untuk memperbaiki dan memperluas fasilitas yang ada. Beberapa fasilitas yang telah tersedia termasuk tempat parkir yang luas, toilet, dan mushola. Pengelola juga merespons kebutuhan pengunjung dengan menyediakan fasilitas khusus, seperti area pernikahan, serta menyediakan berbagai stand makanan, minuman ringan, dan jasa foto.

See also  The Ranch Puncak, Wisata ala Eropa yang Instagramable

Dengan mengikuti perkembangan zaman, pihak pengelola The Lodge Maribaya berkomitmen untuk menyediakan fasilitas umum yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung. Berikut adalah fasilitas-fasilitas yang dapat dinikmati di The Lodge Maribaya:

  1. Area Parkir Luas: Tempat parkir yang luas memudahkan pengunjung untuk membawa kendaraan pribadi dan memberikan kenyamanan selama kunjungan.
  2. Toilet: Fasilitas toilet yang tersedia memastikan kenyamanan pengunjung selama berada di lokasi.
  3. Mushola: Adanya mushola memenuhi kebutuhan spiritual pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah selama kunjungan.
  4. Stand Makanan dan Minuman: Berbagai stand makanan dan minuman ringan memudahkan pengunjung untuk menemukan pilihan kuliner yang sesuai dengan selera mereka.
  5. Jasa Foto: Adanya jasa foto memungkinkan pengunjung untuk mengabadikan momen-momen istimewa selama berada di The Lodge Maribaya.
  6. Area Pernikahan: Keberadaan area khusus untuk acara pernikahan membuat The Lodge Maribaya menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin merayakan momen bahagia mereka di tengah keindahan alam.

Tidak hanya itu, keberadaan sejumlah hotel murah di sekitar kawasan ini memberikan opsi tambahan bagi pengunjung yang ingin menginap dan membuat kunjungan mereka menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Semua fasilitas ini membantu menciptakan pengalaman wisata yang komprehensif dan memuaskan bagi para pengunjung The Lodge Maribaya.

Wisata Kuliner

Untuk mendukung aktivitas Ghatering, kemping, dan sesi foto yang membutuhkan energi ekstra, The Lodge telah menyediakan dua tempat makan di dalam kawasan, yaitu Dapur Hawu dan Café Pines. Kehadiran tempat makan ini tidak hanya memenuhi kebutuhan pasokan energi para wisatawan tetapi juga menawarkan pengalaman kuliner yang khas.

  1. Dapur Hawu: Dapur Hawu menyediakan beragam menu lezat yang dapat dipilih oleh para pengunjung. Pengalaman kuliner di Dapur Hawu dapat menjadi momen istimewa dengan menu-menu khas Tanah Parahyangan, seperti Surabi, Combro, dan hidangan-hidangan tradisional lainnya. Wisatawan dapat menemukan variasi yang berlimpah, sesuai dengan selera dan preferensi lidah mereka.
  2. Café Pines: Café Pines memberikan suasana yang santai dan nyaman untuk menikmati hidangan ringan dan minuman. Tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Pengunjung dapat memilih dari berbagai menu kopi, teh, serta makanan ringan yang disajikan dengan citarasa yang istimewa.

Selain dua tempat makan utama tersebut, tersedia juga beberapa stand makanan dan minuman yang menawarkan variasi makanan ringan dan minuman penyegar. Dengan beragam pilihan kuliner di The Lodge Maribaya, pengunjung dapat dengan leluasa menyesuaikan pilihan makanan dan minuman sesuai dengan selera mereka, menambahkan nilai lebih pada pengalaman wisata mereka.

Tips Berkunjung

  1. Pilih Hari dan Waktu yang Tepat: Coba kunjungi The Lodge pada hari kerja atau di luar musim liburan untuk menghindari keramaian. Selain itu, datang di pagi atau sore hari untuk menikmati suasana yang lebih tenang dan pemandangan matahari terbenam yang memukau.
  2. Pakaian yang Nyaman: Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Jika berencana untuk beraktivitas fisik, seperti trekking, pastikan untuk memakai sepatu yang cocok.
  3. Bawa Air Minum dan Camilan: Selalu bawa air minum dan camilan ringan untuk menjaga energi selama menjelajahi area The Lodge.
  4. Kamera atau Smartphone: Pastikan membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah di The Lodge. Setiap sudutnya menawarkan potensi foto yang menakjubkan.
  5. Periksa Jadwal Acara: Jika terdapat acara khusus atau pertunjukan di The Lodge, periksa jadwalnya sebelumnya untuk memastikan tidak melewatkan pengalaman menarik.
  6. Rencanakan Aktivitas Secara Cermat: Jika berencana untuk mengikuti aktivitas seperti Zip Bike atau Gantole, rencanakan waktu kunjungan dan pastikan untuk datang lebih awal untuk menghindari antrean panjang.
  7. Perhatikan Waktu Operasional: Pastikan untuk mengetahui jam operasional The Lodge agar tidak ketinggalan waktu kunjungan.
  8. Pertimbangkan Penginapan Terdekat: Jika perjalanan berlanjut hingga malam, pertimbangkan untuk mencari penginapan terdekat di sekitar Cibodas agar dapat menikmati lebih banyak waktu di The Lodge.
  9. Ikuti Aturan dan Petunjuk: Patuhi aturan dan petunjuk yang diberikan oleh pengelola The Lodge untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.
  10. Bersihkan Sampah: Selalu jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Bantu menjaga kelestarian alam di The Lodge.

Dengan mengikuti tips ini, diharapkan kunjungan Anda ke The Lodge Maribaya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review The Lodge Maribaya: Surga Wisata Instagramable di Bandung.

Your email address will not be published. Required fields are marked *