Destinasi Ajaib Tlogomas: Antara Sejarah dan Modernitas

Tlogomas Park di Malang, atau dikenal sebagai Taman Rekreasi Tlogomas, menawarkan kombinasi menarik antara wisata sejarah dan rekreasi modern. Tempat ini menjadi salah satu destinasi yang patut dikunjungi di tengah berbagai penawaran wisata di Malang.

Dengan keunikan spot foto yang tersedia, Tlogomas Park menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen-momen mereka. Desain dan konsep yang unik di setiap sudut taman menciptakan latar belakang yang ideal untuk foto-foto kreatif. Ini tidak hanya menarik bagi penggemar fotografi, tetapi juga untuk keluarga yang mencari pengalaman seru bersama.

Selain pengalaman fotografi, Tlogomas Park menyajikan wahana air yang menyenangkan. Hal ini menjadikan tempat ini cocok untuk wisata keluarga dan juga menjadi destinasi favorit bagi para remaja yang mencari sensasi dan keseruan. Adanya wahana air memberikan variasi aktivitas yang menyegarkan, memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi pengunjung.

Sebagai bagian dari destinasi bersejarah di Malang, Tlogomas Park menawarkan kombinasi yang harmonis antara hiburan dan edukasi. Pengunjung dapat merasakan nuansa sejarah sambil menikmati keindahan taman dan wahana yang tersedia. Fasilitas yang disediakan dengan baik, bersama dengan atmosfer yang ramah pengunjung, membuat Tlogomas Park menjadi destinasi yang patut dipertimbangkan bagi siapa saja yang mengunjungi Malang.

Sejarah

Desa Tlogomas di Malang, Jawa Timur, memegang cerita panjang sepanjang era kolonial Belanda hingga zaman modern. Awalnya dikenal sebagai Desa Guyangan, yang terletak di District Dau Afdeling Malang menurut staatblad No.16 tahun 1819. Perubahan signifikan terjadi ketika desa ini berganti nama menjadi Telogomas, yang kemudian disederhanakan menjadi Tlogomas tanpa huruf ‘e’.

Menariknya, pada era kolonial, Desa Tlogomas tercatat di peta Bosch tahun 1923/1924 sebagai bagian dari daerah Dinoyo-Merjosari. Namun, namanya belum tertera, hanya terdapat nama-nama seperti Ngelo, Karuman, Guyangan, Pelandungan, Marjoyo, Merjosari, Dinoyo, dan Ketawanggede. Dukuh-dukuh ini, kecuali Ngelo, memiliki sejarah yang mencapai zaman kuno dan tercantum dalam prasasti.

Perubahan nama dari Guyangan menjadi Tlogomas diduga terjadi pada tahun 1930-an. Masyarakat setempat percaya bahwa nama tersebut muncul karena seringnya ditemukan benda-benda emas di sekitar telaga, yang sekarang menjadi tandon air Tlogomas. Daerah ini kemudian dikenal dengan nama “Telogo Mas,” memberikan warna sejarah yang kaya akan keunikan.

Namun, sejarah Desa Tlogomas tidak hanya mencakup era kolonial Belanda. Dukuh Wurandungan atau Pelandungan, yang sekarang disebut Kelandungan, memiliki sejarah khusus. Pada masa Kerajaan Mataram kuno, tepatnya pada pemerintahan Raja Sindok, Desa Wurandungan dijadikan tempat suci utama. Prasasti Wurandungan tahun 948 M mencatat bahwa Raja Sindok menjadikan desa ini daerah swatantra secara administratif.

Prasasti tersebut, yang bertanggal 23 Februari 948 M, memperkuat pendapat bahwa Desa Wurandungan sudah mengelola dirinya sendiri secara otonom sejak waktu itu. Berdasarkan prasasti ini, 23 Februari akhirnya ditetapkan sebagai hari jadi Desa Tlogomas. Warisan budaya ini menjadi titik kuat dalam identitas desa dan menegaskan keberlanjutan tradisi dan peradaban sejak masa lampau.

Sementara situs-situs peninggalan sejarah seperti Watu Gong, Karuman, dan makam Mbah Ider terus kokoh berdiri, Tlogomas juga mempertahankan budaya gotong royong. Budaya sayan, di mana masyarakat dengan tulus membantu satu sama lain dalam pembangunan rumah atau bangunan umum, masih hidup. Masyarakat laki-laki dan perempuan berkontribusi sesuai dengan keahlian masing-masing, menciptakan rasa solidaritas dan kebersamaan yang kuat.

Selain itu, budaya nyinoman dan mbiyodo juga terus dilestarikan oleh masyarakat Tlogomas. Nyinoman adalah tradisi sukarela membantu dalam acara selamatan, sedangkan mbiyodo merujuk pada bantuan sukarela yang diberikan oleh perempuan. Kedua budaya ini menggarisbawahi nilai-nilai gotong royong dan kepedulian antarwarga.

Tidak hanya memiliki warisan sejarah dan budaya yang kuat, Tlogomas juga dianugerahi kekayaan alam yang menawan. Pemandangan hijau dan pepohonan rindang menciptakan atmosfer sejuk di sekitar kolam ikan yang dihiasi bunga teratai cantik. Ini bukan hanya tempat rekreasi, tetapi juga taman yang menawarkan ketenangan dan keindahan alam.

Sementara itu, miniatur landmark dunia menjadi daya tarik unik lainnya di Tlogomas. Pengunjung dapat berkeliling dunia dalam sekejap melalui replika Piramida Mesir, Menara Eiffel, Borobudur, dan bangunan ikonik lainnya. Kehadiran penjelasan singkat di depan setiap miniatur memberikan dimensi edukatif pada pengalaman ini, memperkaya pengetahuan tentang sejarah dan keunikan setiap landmark.

Patung-patung khas negeri dongeng, seperti koboi menunggang kuda, menambahkan sentuhan keceriaan dan kehidupan pada taman. Area berumput di sekitar patung menciptakan suasana yang lebih alami dan ramah pengunjung. Dengan demikian, Tlogomas tidak hanya menyajikan keindahan alam, tetapi juga menggabungkan elemen-elemen budaya dan rekreasi untuk memberikan pengalaman yang holistik kepada para pengunjungnya.

Sebagai destinasi wisata yang memiliki akar sejarah yang kuat, Desa Tlogomas di Malang tidak hanya menawarkan pemandangan yang memesona dan wahana rekreasi yang seru, tetapi juga memberikan pengalaman mendalam tentang kekayaan budaya dan warisan yang dijaga dengan penuh kebanggaan oleh masyarakatnya. Dengan perpaduan yang harmonis antara masa lalu dan masa kini, Tlogomas tetap menjadi destinasi yang memukau dan bermakna bagi setiap pengunjungnya.

Harga Tiket Masuk Taman Rekreasi Tlogomas

Untuk pengunjung yang berencana berkunjung ke Taman Rekreasi Tlogomas di Malang, berikut informasi mengenai harga tiket masuk dan jam operasional:

Harga Tiket Masuk:

  • Dewasa dan Anak (1 tahun ke atas): Rp30.000

Catatan: Harga tiket sama untuk semua golongan usia, termasuk anak-anak berusia 1 tahun ke atas.

Jam Operasional:

  • Buka Setiap Hari:
    • Pukul 07.00 pagi hingga 04.30 sore.

Catatan: Taman Rekreasi Tlogomas buka setiap hari dalam seminggu tanpa ada waktu libur.

Informasi ini dapat membantu pengunjung dalam merencanakan kunjungan mereka ke Taman Rekreasi Tlogomas. Pastikan untuk selalu memeriksa informasi terkini sebelum berkunjung untuk memastikan tidak ada perubahan harga tiket atau jam operasional.

Alamat Rute Lokasi

Taman Rekreasi Tlogomas terletak di Jalan Baiduri Pandan No.17, Tlogomas, Lowokwaru, Malang. Berlokasi di Kecamatan Lowokwaru, taman rekreasi ini menyajikan berbagai wahana dan fasilitas menarik bagi para pengunjung. Bagi mereka yang ingin mengunjungi tempat ini, berikut adalah informasi mengenai akses transportasi yang dapat digunakan:

Akses Transportasi:

  1. Dari Pusat Kota Malang atau Terminal Arjosari:
    • Pilih mikrolet dengan jurusan LG, GL, AL, atau ADL.
    • Bayar tarif sebesar Rp 2.500 untuk tiket mikrolet.
    • Turun di Terminal Landungsari.
    • Dari Terminal Landungsari, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju Tlogomas dengan berjalan kaki.
  2. Dari Terminal Landungsari ke Tlogomas:
    • Setelah turun di Terminal Landungsari, pengunjung dapat berjalan kaki menuju Tlogomas.
    • Jarak antara Terminal Landungsari dan Taman Rekreasi Tlogomas tidak terlalu jauh, sekitar 500 meter.
    • Menggunakan peta atau bertanya kepada warga setempat dapat membantu pengunjung menemukan lokasi dengan lebih mudah.

Informasi Tambahan:

  • Taman Rekreasi Tlogomas dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari Terminal Landungsari, yang merupakan terminal transportasi penting yang menghubungkan Kota Malang dengan Kota Batu.
  • Lokasinya yang dekat dengan Taman Rekreasi Sengkaling, sebelah utara dengan jarak sekitar 500 meter, membuat pengunjung dapat menjelajahi dua destinasi sekaligus.

Jangan lupa untuk selalu memastikan informasi terkini mengenai rute dan transportasi sebelum melakukan perjalanan. Dengan akses yang mudah dan berbagai fasilitas yang ditawarkan, Taman Rekreasi Tlogomas di Malang menawarkan pengalaman wisata yang menarik dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan pengunjung.

Daya Tarik

Taman Rekreasi Tlogomas Malang mengusung keunikan sebagai taman rekreasi tertua di kota ini, menggambarkan daya tahan dan daya tariknya yang tetap relevan dalam dunia pariwisata yang terus berkembang. Terletak di Jalan Baiduri Pandan, Tlogomas, taman ini tidak hanya menjadi bagian integral dari sejarah lokal, tetapi juga menawarkan pengalaman yang menarik bagi pengunjung dari segala usia.

Petunjuk menuju taman yang mudah diakses dari arah Dinoyo menambah nilai plus bagi para wisatawan yang ingin mengeksplorasi keindahan Tlogomas Park. Gapura besar bertuliskan “Tlogomas” memberikan sambutan hangat dan menandakan awal dari petualangan yang menarik di dalamnya.

Keunikan dari taman ini tidak hanya terletak pada statusnya sebagai yang tertua, tetapi juga pada keselarasan dengan alam sekitar. Hijaunya pepohonan rindang menciptakan suasana yang sejuk dan menyegarkan, memberikan pengunjung pengalaman yang nyaman dan mendalam di tengah maraknya destinasi wisata modern.

Dengan berbagai wahana wisata yang ditawarkan, mulai dari spot foto miniatur landmark dunia hingga kolam renang dan taman, Tlogomas Park berhasil mempertahankan daya tariknya untuk berbagai kelompok pengunjung. Patung tokoh dongeng menambah sentuhan keceriaan, khususnya untuk anak-anak yang akan merasa senang dan terhibur.

Keberhasilan Taman Rekreasi Tlogomas Malang dalam menjaga pesonanya seiring berjalannya waktu menegaskan bahwa keindahan alam, gabungan keberlanjutan sejarah, dan variasi wahana rekreasi mampu menciptakan destinasi yang timeless dan mendukung keberagaman selera wisatawan.

Kolam Ikan

Kolam ikan di pintu masuk Taman Rekreasi Tlogomas menawarkan pengalaman yang memukau sejak langkah pertama pengunjung memasuki area rekreasi. Pemandangan kolam yang dipenuhi dengan hiasan cantik bunga teratai menambah keindahan dan atmosfer yang tenang sejak awal. Khususnya saat teratai mekar, kolam ini menjadi latar belakang yang menawan dan mempesona.

Kolam ini tidak hanya sekadar menyajikan estetika visual, tetapi juga menghadirkan berbagai jenis ikan yang menambah kehidupan di dalamnya. Kombinasi warna-warni dan gerakan ikan memberikan daya tarik tambahan bagi para pengunjung yang menyaksikan kehidupan bawah air dengan berbagai elemen visual yang menarik.

Keberadaan patung-patung bebek yang lucu menjadi sentuhan kreatif yang menyatu dalam harmoni kolam. Patung-patung tersebut tidak hanya memberikan nuansa lucu, tetapi juga menambah kesan alami dan menyenangkan dalam pengaturan kolam. Harmoni antara elemen-elemen ini menciptakan suasana yang menyegarkan dan memberikan pengalaman visual yang memuaskan.

Dengan kolam ikan yang memukau ini di pintu masuk, Taman Rekreasi Tlogomas tidak hanya menawarkan wahana rekreasi yang beragam, tetapi juga menciptakan pengalaman menyeluruh yang melibatkan semua indera. Bagi pengunjung, melihat kolam ini dapat menjadi momen yang menenangkan dan memanjakan mata, menciptakan kenangan yang tak terlupakan di tengah keindahan alam Tlogomas Park.

Kolam Renang

Taman Rekreasi Tlogomas Malang menawarkan pengalaman kolam renang yang lengkap dan aman bagi pengunjung dari berbagai kelompok usia. Keberagaman fasilitas, khususnya di area kolam renang, membuatnya menjadi destinasi yang ideal untuk wisata keluarga. Berikut adalah beberapa fitur menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung:

  1. Kolam Renang untuk Semua Usia: Dengan adanya kolam renang khusus untuk dewasa dan anak-anak, Tlogomas Park memberikan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kelompok usia. Keberadaan kolam anak-anak membantu orang tua merasa tenang karena mereka tahu anak-anak dapat bermain dengan aman.
  2. Permainan Air yang Seru: Tersedianya berbagai permainan air, seperti perosotan mini yang aman untuk anak-anak, memberikan variasi dan keseruan tambahan di sekitar kolam renang. Dengan adanya perosotan khusus untuk remaja dan orang dewasa, pengunjung dapat menikmati sensasi yang lebih menantang.
  3. Ember Raksasa: Prasaran unik berupa ember raksasa yang menumpahkan air menambah keseruan di area kolam renang. Pengunjung dapat menikmati sensasi seolah-olah berada di bawah guyuran hujan yang menyegarkan.
  4. Gazebo untuk Berteduh: Adanya gazebo di tepi kolam renang memberikan tempat berteduh yang nyaman bagi pengunjung yang ingin istirahat sejenak atau sekadar menyaksikan kegembiraan anak-anak. Orang tua juga dapat mengawasi anak-anak mereka dengan lebih tenang dari gazebo ini.

Dengan fasilitas yang lengkap dan aman, Tlogomas Park tidak hanya menjadi destinasi populer bagi keluarga, tetapi juga menyediakan pengalaman berenang yang menyenangkan untuk semua kalangan. Keseluruhan suasana kolam renang ini menciptakan lingkungan yang ramah keluarga dan memastikan pengalaman liburan yang menyenangkan di Malang.

Miniatur Landmark Dunia

Setelah menyegarkan diri di kolam renang, pengunjung Taman Rekreasi Tlogomas di Malang dapat melanjutkan petualangan mereka dengan mengunjungi spot unik berupa miniatur landmark dunia. Keberagaman bangunan ikonik dari berbagai belahan dunia, seperti Piramida Mesir, Menara Eiffel, dan Bahkan Borobudur, menambahkan sentuhan internasional dan memberikan pengalaman fotografi yang unik.

Spot ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk menciptakan kenangan yang berharga melalui foto-foto kreatif, tetapi juga menyediakan penjelasan singkat di depan setiap miniatur landmark. Ini tidak hanya membuat kunjungan lebih bermakna tetapi juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk belajar lebih banyak tentang sejarah dan keunikan setiap landmark.

Dengan demikian, Tlogomas Park tidak hanya memberikan hiburan visual melalui miniatur landmark, tetapi juga menciptakan pengalaman edukatif yang berharga. Kombinasi antara keunikan visual dan informasi yang disajikan menjadikan spot ini menarik untuk berbagai kelompok pengunjung, dari keluarga hingga penggemar sejarah dan pengembara.

Tokoh Negeri Dongeng

Kehadiran patung khas negeri dongeng di Taman Rekreasi Tlogomas Malang menambah daya tarik dan keceriaan bagi para pengunjung. Salah satu contohnya adalah patung koboi menunggangi kuda, yang tidak hanya menjadi elemen dekoratif, tetapi juga menciptakan suasana yang hidup dan riang di sekitarnya.

Pengaturan area berumput di sekitar patung tidak hanya memberikan kesan alami dan asri, tetapi juga mengundang pengunjung untuk berinteraksi dan berfoto dengan patung tersebut. Sentuhan hijau dari rumput memberikan kontras yang menyegarkan, menciptakan tempat yang menyenangkan untuk bersantai dan menikmati keindahan taman.

Patung-patung khas negeri dongeng tidak hanya menambahkan unsur hiburan visual, tetapi juga memperkaya pengalaman pengunjung, terutama anak-anak yang dapat merasakan keajaiban dan imajinasi dari dunia dongeng. Kombinasi antara miniatur landmark dunia dan patung-patung khas negeri dongeng menjadikan Taman Rekreasi Tlogomas sebagai destinasi yang menawarkan beragam hiburan dan pengalaman unik.

Fasilitas

Taman Wisata Tlogomas tidak hanya menawarkan keindahan alam dan beragam wahana rekreasi, tetapi juga menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di Taman Wisata Tlogomas:

  1. Mushola: Di tengah keindahan alam dan keseruan bermain, pengunjung dapat dengan nyaman menunaikan ibadah sholat di mushola yang tersedia di dalam taman. Keberadaan mushola memastikan bahwa aspek keagamaan pengunjung tetap terpenuhi selama berwisata.
  2. Tempat Parkir: Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor tidak perlu khawatir, karena taman ini menyediakan lahan parkir yang memadai. Tempat parkir yang terorganisir membantu menciptakan kenyamanan selama kunjungan.
  3. Warung atau Tempat Makan: Setelah menikmati wahana dan aktivitas di taman, pengunjung dapat mencari tempat makan atau warung yang tersebar di sekitar area. Berbagai PKL (Pedagang Kaki Lima) menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman dengan harga terjangkau, memastikan bahwa pengunjung tidak akan merasa lapar atau haus.
  4. Tempat Bermain Anak: Taman ini ramah keluarga, dan untuk para orangtua, terdapat area khusus yang dibangun untuk anak-anak. Pengunjung yang membawa keluarga dapat dengan tenang mengawasi anak-anak yang bermain sambil menikmati suasana taman.
  5. Gazebo dan Bangku-bangku: Untuk para pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan kota, tersedia gazebo dan bangku-bangku di berbagai sudut taman. Tempat ini memberikan kesempatan untuk beristirahat, bersantai, atau sekadar menikmati keindahan alam sekitar.
  6. Kolam Renang: Bagi yang ingin lebih menikmati aktivitas air, Taman Wisata Tlogomas menyediakan kolam renang. Kolam ini tidak hanya menyajikan kesegaran, tetapi juga memberikan opsi bermain air atau berlatih renang bersama keluarga. Adanya kolam renang yang terpisah untuk dewasa dan anak-anak menambah fleksibilitas bagi pengunjung.

Dengan fasilitas-fasilitas tersebut, Taman Wisata Tlogomas tidak hanya menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan tetapi juga memastikan bahwa pengunjung dapat merasakan kenyamanan dan kepuasan selama kunjungan mereka. Sebagai destinasi wisata yang beragam dan ramah keluarga, Taman Wisata Tlogomas terus mempertahankan daya tariknya dengan menyediakan layanan yang berkualitas bagi semua pengunjung.

Tips Berkunjung

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Taman Wisata Tlogomas di Malang, berikut adalah beberapa tips yang mungkin membantu Anda menikmati pengalaman wisata Anda dengan lebih baik:

  1. Cek Jadwal dan Harga Tiket: Pastikan untuk memeriksa jadwal operasional dan harga tiket masuk sebelum Anda berangkat. Hal ini membantu Anda mengatur rencana kunjungan Anda dengan baik.
  2. Pilih Waktu yang Tepat: Rencanakan kunjungan Anda pada waktu yang nyaman, terutama jika Anda ingin menghindari kerumunan pengunjung. Pagi atau hari kerja mungkin menjadi waktu yang lebih tenang.
  3. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Sesuaikan pakaian Anda dengan aktivitas yang Anda rencanakan. Jika Anda berencana untuk bermain air di kolam renang, pastikan untuk membawa pakaian ganti dan kenakan pakaian yang sesuai.
  4. Bawa Perlengkapan Wisata: Bawa perlengkapan seperti kamera atau ponsel cerdas untuk mengabadikan momen-momen berharga Anda di taman. Jangan lupa membawa air minum dan tabir surya untuk menjaga kenyamanan Anda selama berada di luar.
  5. Ikuti Aturan dan Petunjuk: Selalu ikuti aturan dan petunjuk yang ada di taman. Ini termasuk petunjuk keselamatan di wahana, aturan kolam renang, dan larangan merusak fasilitas taman.
  6. Manfaatkan Fasilitas yang Tersedia: Gunakan semua fasilitas yang telah disediakan, seperti mushola, tempat makan, dan gazebo. Ini akan membantu Anda menjalani kunjungan dengan lebih nyaman.
  7. Ajak Keluarga atau Teman: Taman ini ramah keluarga, jadi ajaklah keluarga atau teman Anda untuk berbagi kebahagiaan. Area bermain anak-anak dan kolam renang juga membuatnya ideal untuk kunjungan bersama keluarga.
  8. Respek Lingkungan: Selalu hargai kebersihan taman dan lingkungannya. Buang sampah pada tempatnya dan hindari merusak fasilitas atau tanaman di sekitar taman.
  9. Bersiap untuk Berjalan Kaki: Taman mungkin memiliki area yang cukup luas untuk dijelajahi, jadi pastikan Anda bersiap untuk berjalan kaki. Pilih alas kaki yang nyaman untuk menghindari kelelahan.
  10. Selalu Perbarui Informasi: Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa informasi terbaru mengenai taman. Jam operasional, harga tiket, atau fasilitas yang tersedia dapat berubah sesuai dengan kondisi tertentu.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menjadikan kunjungan Anda ke Taman Wisata Tlogomas sebagai pengalaman yang lebih menyenangkan dan terorganisir. Selamat menikmati liburan Anda di taman yang indah ini!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News