Air Terjun Putuk Truno Wisata Alam Eksotis Natural Di Pasuruan

Air Terjun Putuk Truno adalah salah satu destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Indonesia memang dikenal karena kekayaan alamnya, dan air terjun adalah salah satu contohnya. Dengan menghabiskan liburan Anda di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa dan merasakan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Coban Putuk Truno adalah salah satu tempat wisata terbaik di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, yang patut Anda jelajahi. Anda dapat mengeksplorasi keindahan air terjun ini dan menikmati aktivitas yang menyenangkan selama perjalanan liburan Anda. Kabupaten Pasuruan memiliki berbagai tempat wisata menarik yang layak untuk dijelajahi, dan Coban Putuk Truno adalah salah satunya.

Jika Anda dan keluarga berencana untuk menghabiskan hari libur dengan menjelajahi keindahan Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan, artikel ini menyediakan banyak informasi menarik yang dapat Anda gunakan sebagai referensi perjalanan Anda. Dengan menjelajahi spot terbaik di Coban Putuk Truno Pasuruan, Anda dapat membuat perjalanan liburan Anda menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno Pasuruan

Air Terjun Putuk Truno adalah destinasi wisata alam yang menawarkan pengalaman piknik yang menyenangkan dan memungkinkan Anda untuk melepaskan stres. Tempat ini menawarkan panorama yang menakjubkan dan merupakan spot yang cocok bagi mereka yang mencari pengalaman wisata yang berbeda dari yang biasa.

Tidak hanya itu, harga tiket masuk ke Air Terjun Putuk Truno juga sangat terjangkau, yaitu Rp15.000 untuk hari biasa dan Rp20.000 untuk akhir pekan atau hari libur. Dengan harga tiket yang ramah di kantong ini, Anda bisa menikmati keindahan alam dan pesona Air Terjun Putuk Truno tanpa perlu khawatir tentang biaya yang mahal.

Selain itu, pastikan Anda juga menyiapkan uang tambahan untuk biaya retribusi parkir jika Anda datang dengan kendaraan pribadi. Air Terjun Putuk Truno dapat Anda kunjungi setiap hari dengan jam operasional dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Jawa Timur memang kaya akan keindahan alam dan destinasi wisata yang tak terhitung jumlahnya. Air Terjun Putuk Truno di Kabupaten Pasuruan adalah salah satu dari banyak tempat yang bisa Anda jelajahi untuk menikmati pesona alam Jawa Timur yang menakjubkan.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat lengkap Air Terjun Putuk Truno adalah sebagai berikut:

Air Terjun Putuk Truno Desa Prigen, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Untuk mencapai destinasi ini dari pusat kota Pasuruan, Anda dapat mengikuti rute berikut ini:

  1. Mulailah perjalanan dari pusat kota Pasuruan.
  2. Ikuti jalan raya menuju Prigen.
  3. Sesampainya di Prigen, lanjutkan perjalanan menuju Desa Prigen.
  4. Ikuti petunjuk arah atau tanya penduduk setempat jika perlu untuk mencapai Air Terjun Putuk Truno.

Anda juga dapat menggunakan peta atau aplikasi navigasi untuk memandu perjalanan Anda ke destinasi ini. Pastikan untuk selalu berhati-hati dan mengikuti petunjuk arah yang ada.

Fasilitas

Air Terjun Putuk Truno di Prigen, Pasuruan, menawarkan berbagai fasilitas penunjang liburan yang akan membuat kunjungan Anda dan keluarga semakin menyenangkan. Beberapa fasilitas yang tersedia di sini antara lain:

  1. Lokasi parkir kendaraan wisata untuk kenyamanan pengunjung.
  2. Akses jalan yang mudah untuk memudahkan perjalanan menuju curug.
  3. Warung wisata yang menjual makanan dan minuman untuk mengisi perut Anda.
  4. Toilet umum yang bersih dan nyaman.
  5. Berbagai macam spot foto menarik di sekitar Curug Putuk Truno, cocok untuk berfoto dan berbagi kenangan.
  6. Camping ground untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu malam di alam terbuka.
  7. Cafe tempat Anda dapat bersantai sambil menikmati minuman dan camilan.

Dengan fasilitas-fasilitas ini, perjalanan liburan Anda di Air Terjun Putuk Truno akan menjadi lebih seru dan nyaman.

Daya Tarik

Air Terjun Putuk Truno adalah salah satu objek wisata populer di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan terletak di kaki Gunung Arjuno-Welirang. Meskipun tidak terlalu jauh dari jalan raya, lokasinya masih mempertahankan keaslian alam dengan hutan yang lebat dan udara sejuk di dataran tinggi.

Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, Air Terjun Putuk Truno juga memiliki legenda yang melekat padanya. Konon, air terjun ini dapat mendatangkan cinta yang langgeng dan abadi bagi pasangan yang mengunjunginya.

Kawasan Tretes di Pasuruan memiliki banyak daya tarik wisata, terutama karena keindahan alamnya yang sejuk dan pemandangan yang menakjubkan. Selain Air Terjun Putuk Truno, ada juga tempat wisata lain seperti Air Terjun Kakek Bodo yang bisa Anda jelajahi. Kabupaten Pasuruan memang menjadi destinasi yang menarik bagi pencinta alam dan petualangan.

Mudah Diakses

Air Terjun Putuk Truno memiliki keunggulan aksesibilitas yang membedakannya dari beberapa air terjun alami lainnya. Meskipun terletak di tengah hutan yang lebat, wisata ini relatif mudah dijangkau oleh pengunjung. Anda tidak perlu melakukan perjalanan trekking yang melelahkan atau memiliki tingkat kebugaran fisik yang tinggi untuk mencapai tempat ini.

Untuk mencapai gerbang masuk Air Terjun Putuk Truno, pengunjung hanya perlu melewati jalan menanjak yang cukup curam. Kendaraan seperti mobil, sepeda motor, atau sepeda dapat dengan mudah melewati jalan ini. Meskipun begitu, pengemudi perlu berhati-hati terutama karena lebar jalan yang sempit dan kemiringannya yang curam. Hal ini juga bisa menjadi tantangan menarik bagi pengendara sepeda yang ingin menguji ketahanan fisik mereka.

Perjalanan menuju Air Terjun Putuk Truno dimulai dengan memasuki daerah yang memiliki jalanan menanjak. Di sini, pengunjung akan segera merasakan suasana hutan yang indah. Seiring perjalanan, pepohonan yang mengelilingi area konservasi alam akan memberikan kesegaran pada mata dan udara. Suasana alami ini akan menggantikan rasa lelah dan keletihan dengan ketenangan hati.

Setelah memarkir kendaraan di area parkir, pengunjung akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak. Jalan ini tidak berlumpur seperti banyak tempat lainnya, melainkan menggunakan paving block dan dikelilingi oleh tanaman hias yang menambah suasana indah.

Penting untuk diingat bahwa di sebelah kanan adalah hutan, sementara sisi lainnya adalah jurang. Oleh karena itu, selalu penting untuk tetap berhati-hati dan waspada agar tidak terpleset atau terjatuh, meskipun terpesona oleh keindahan alam sekitar. Tempat-tempat istirahat telah disediakan untuk pengunjung yang ingin beristirahat sejenak.

Setelah berjalan sekitar 10 menit, pengunjung akan tiba di lokasi Air Terjun Putuk Truno. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan mengalir dari atas tebing yang agak tersembunyi di antara dinding tebing yang melengkung, dikelilingi oleh hutan yang lebat.

Meskipun air terjun ini memiliki aliran yang deras, tidak perlu khawatir karena di bagian bawah terdapat sebuah telaga dangkal yang menampung airnya. Telaga ini dikelilingi oleh batuan alami yang memberikan suasana alami yang tenang dan indah.

Lokasi ini dikelola dan dirawat dengan baik, sehingga kebersihannya selalu terjaga dan nyaman bagi pengunjung. Terdapat juga saung-saung di sekitar area air terjun, yang merupakan tempat yang sempurna untuk berpiknik sambil menikmati pemandangan air terjun dari kejauhan. Ada juga anjungan bambu yang menawarkan pemandangan terbaik dari air terjun ini.

Legenda Mitos

Keberadaan Air Terjun Putuk Truno ternyata memiliki kisah legenda dan mitos yang turun-temurun. Konon, pasangan yang berendam di bawah air terjun ini akan menjalani cinta yang abadi. Kisah ini bermula dari cinta antara Joko Taruno, seorang pangeran dari Majapahit, dan Putri Sri Gading Lestari, putri penguasa Madura.

Raja Hayam Wuruk dan salah satu selirnya memiliki seorang anak bernama Joko Taruno. Pangeran ini kemudian jatuh cinta pada Putri Sri Gading Lestari. Namun, ayah Putri Sri Gading Lestari, yaitu Raja Arya Wiraraja, tidak menyetujui hubungan mereka. Akibatnya, sang putri diasingkan untuk bertapa di Coban Baung, sebuah air terjun di Purwodadi.

Tidak mau berpisah, Joko Taruno juga melakukan tapa di Air Terjun Putuk Truno untuk mendapatkan kekuatan dan membebaskan sang putri. Dengan tekadnya, Joko Taruno berhasil bertemu kembali dengan kekasihnya dan membawanya ke Putuk Truno. Kisah ini menjadi mitos bahwa Air Terjun Putuk Truno memiliki kekuatan untuk mengokohkan cinta pasangan yang berendam di bawahnya.

Tips Berkunjung

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda saat berkunjung ke Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan, Jawa Timur:

  1. Waktu Terbaik untuk Berkunjung: Sebaiknya kunjungi air terjun ini pada musim kemarau atau cuaca cerah agar Anda dapat menikmati keindahan alamnya tanpa hujan yang mengganggu.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Kenakan pakaian yang sesuai untuk berjalan-jalan di alam terbuka, seperti kaos, celana pendek, dan sepatu yang nyaman. Anda mungkin akan basah ketika berada di sekitar air terjun, jadi persiapkan juga pakaian ganti.
  3. Bawa Perlengkapan: Pastikan untuk membawa perlengkapan seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari. Bawa juga air minum dan camilan ringan.
  4. Hati-Hati dengan Jalur yang Curam: Saat mengunjungi Air Terjun Putuk Truno, Anda akan melewati jalan menanjak. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik dan hati-hati saat melalui tanjakan yang curam.
  5. Kebersihan dan Etika: Jaga kebersihan lokasi wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hormati alam dan budaya setempat dengan berperilaku sopan dan menghormati aturan yang berlaku.
  6. Waspadai Bebatuan Licin: Bebatuan di sekitar air terjun mungkin licin karena air yang mengalir. Berjalanlah dengan hati-hati dan pastikan Anda memiliki alas kaki yang sesuai.
  7. Ikuti Panduan Lokal: Jika ada panduan lokal atau pemandu wisata yang tersedia, sebaiknya gunakan layanan mereka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang lokasi ini.
  8. Jaga Keamanan: Jangan melakukan aktivitas berbahaya seperti berenang di air terjun jika Anda tidak memiliki pengalaman yang cukup. Keamanan Anda harus selalu menjadi prioritas.
  9. Rencanakan Waktu Kunjungan: Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk mengeksplorasi lokasi ini dengan tenang dan menikmati keindahannya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memaksimalkan pengalaman berkunjung Anda ke Air Terjun Putuk Truno dan menjadikannya liburan yang menyenangkan dan berkesan.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News