Taman Air Mancur Sri Baduga, Wisata Gratis di Purwakarta

Taman Air Mancur Sri Baduga adalah salah satu destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi saat berlibur di Purwakarta. Taman ini menawarkan atraksi air mancur yang indah yang disertai dengan lampu berwarna-warni, menciptakan pertunjukan yang memukau bagi pengunjungnya. Lokasinya yang dekat dengan alun-alun Purwakarta, tepat di sekitar Situ Buleud (waduk penampungan air), membuatnya menjadi pilihan wisata yang menarik.

Taman ini memiliki luas yang cukup besar, mencapai lebih dari 4 hektar, dan menawarkan beragam aktivitas selain atraksi air mancur. Oleh karena itu, pada akhir pekan, taman ini sering kali ramai dikunjungi oleh pengunjung, baik dari kalangan lokal maupun wisatawan yang datang dari daerah sekitar seperti Bandung dan Jakarta.

Ini adalah tempat yang ideal untuk bersantai, menikmati pertunjukan air mancur yang menawan, dan mengeksplorasi keindahan alam di sekitarnya. Jika Anda sedang merencanakan liburan di Purwakarta, Taman Air Mancur Sri Baduga bisa menjadi salah satu destinasi yang patut dipertimbangkan.

Fasilitas 

Di sekitar Situ Beleud, tersedia tempat duduk yang nyaman untuk menonton pertunjukan air mancur. Fasilitas lain yang disediakan termasuk toilet, mushola, dan pintu masuk khusus untuk lansia, disabilitas, dan ibu hamil. Ini menunjukkan upaya untuk membuat Taman Air Mancur Sri Baduga menjadi tempat yang ramah bagi berbagai kalangan pengunjung.

Meskipun tidak ada tempat makan resmi yang dibangun oleh pemerintah, ada banyak warung makan di sekitar kawasan wisata ini. Pengunjung dapat menikmati berbagai jenis kuliner lokal di warung-warung ini.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa area parkir di Taman Air Mancur Sri Baduga mungkin kurang luas. Oleh karena itu, pengunjung mungkin perlu memarkir kendaraan mereka di pinggir jalan atau mencari area parkir yang tersedia di sekitar lokasi. Sebaiknya datang dengan kendaraan pribadi yang lebih mudah untuk diparkir agar perjalanan Anda menjadi lebih nyaman.

Harga Tiket Masuk Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta tidak menetapkan tiket masuk untuk pengunjungnya. Sebagai taman kota dan ruang publik, Anda dapat datang dan menikmati keindahan atraksi air mancur tanpa biaya tambahan. Ini adalah berita baik bagi wisatawan yang ingin menjelajahi tempat ini tanpa harus khawatir tentang biaya tiket.

Anda dapat menghabiskan waktu berkualitas dan menikmati pertunjukan air mancur yang menarik tanpa membebani anggaran liburan Anda. Jadi, jika Anda berencana mengunjungi Purwakarta, Anda dapat memasukkan Taman Air Mancur Sri Baduga ke dalam daftar destinasi wisata Anda tanpa khawatir tentang biaya masuk.

Namun, perlu diingat bahwa ada biaya retribusi parkir wisata yang dikenakan ketika Anda membawa kendaraan pribadi. Biaya parkir adalah Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Dengan biaya parkir yang terjangkau ini, Anda dapat menikmati pesona wisata yang murah meriah di Purwakarta bersama orang-orang tercinta saat berlibur di Jawa Barat. Jadi, Anda dapat menjelajahi Taman Air Mancur Sri Baduga tanpa harus khawatir tentang biaya tiket masuk yang mahal.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Taman Air Mancur Sri Baduga adalah:

Jl. K.K Singawinata, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Berikut adalah rute lokasi dari pusat kota Purwakarta:

  1. Dari pusat kota Purwakarta, arahkan kendaraan Anda ke Jl. K.K Singawinata.
  2. Ikuti Jl. K.K Singawinata hingga Anda mencapai Taman Air Mancur Sri Baduga di Nagri Kidul, Kec. Purwakarta.
  3. Anda akan menemukan destinasi wisata ini di sebelah kanan jalan.

Anda juga dapat menggunakan layanan peta atau aplikasi navigasi seperti Google Maps untuk memudahkan Anda menemukan rute terbaik ke Taman Air Mancur Sri Baduga. Semoga informasi ini membantu Anda dalam perjalanan ke destinasi wisata tersebut.

Jam Buka

Taman Air Mancur Sri Baduga beroperasi setiap hari selama 24 jam penuh, sehingga Anda dapat mengunjunginya kapan saja yang Anda inginkan. Namun, perlu diingat bahwa pertunjukan air mancur hanya berlangsung pada malam hari, khususnya pada malam Minggu, dari pukul 17.30 hingga 21.00 WIB. Jadi, pastikan Anda memperhatikan jam buka dari pertunjukan air mancur jika Anda ingin menikmati momen berlibur yang menarik.

Taman Air Mancur Sri Baduga adalah destinasi wisata yang ideal karena tidak hanya buka setiap hari, tetapi juga gratis untuk dinikmati. Anda dapat mengunjunginya kapan saja, terutama pada saat pertunjukan air mancur malam yang menakjubkan. Ini adalah cara yang bagus untuk menikmati liburan tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal atau melakukan perjalanan jauh. Jadi, nikmatilah sajian wisata publik ini bersama teman, keluarga, atau orang yang Anda cintai.

Daya Tarik

Taman Air Mancur Sri Baduga adalah destinasi wisata menarik di Purwakarta, Jawa Barat, yang dapat Anda jadikan tujuan liburan yang memukau. Destinasi ini menawarkan keindahan yang akan memanjakan mata Anda selama kunjungan Anda.

Selain menikmati pesona air mancur yang mempesona, Anda juga dapat menikmati pesona wisata ini dengan biaya yang terjangkau. Kota Purwakarta, Jawa Barat, menyediakan banyak destinasi wisata yang ramah di kantong sehingga liburan Anda akan menjadi lebih menyenangkan.

Anda dapat mengunjungi Taman Air Mancur Sri Baduga terutama pada malam hari untuk memaksimalkan waktu liburan Anda di Purwakarta. Saat Anda merencanakan kunjungan ke obyek wisata Taman Air Mancur Sri Baduga, berikut beberapa informasi wisata yang dapat Anda jadikan referensi selama perjalanan Anda.

Taman Sri Baduga adalah tempat yang sempurna untuk menikmati pagi yang tenang dan indah. Selain untuk berjoging, pengunjung yang datang pada pagi hari dapat menikmati keindahan matahari terbit. Semburan kuning matahari terbit akan menambah pesona Taman Sri Baduga. Sambil menikmati matahari terbit yang memukau, pengunjung juga dapat melakukan relaksasi atau kegiatan lainnya.

Beberapa pengunjung mungkin memilih untuk melakukan pemanasan fisik sebelum berolahraga, sementara yang lain mungkin memilih yoga untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan relaksasi. Ini adalah cara yang sempurna untuk memulai hari dengan energi positif dan merasa segar. Taman Sri Baduga memberikan lingkungan yang alami dan tenang untuk melakukannya, sehingga Anda dapat menikmati momen pagi yang damai dan sehat di tempat ini.

Taman Sri Baduga memiliki berbagai fasilitas olahraga yang memungkinkan pengunjung untuk menjalani gaya hidup aktif. Pengunjung yang datang, terutama di pagi hari, dapat berjalan atau berlari di lintasan jogging yang tersedia. Tidak jarang, di Taman Sri Baduga, Anda juga dapat menemui kelompok yang sedang melakukan senam bersama sebagai bentuk olahraga yang menyenangkan.

Selain berjalan atau berlari, pengunjung juga dapat bersepeda di area taman. Namun, penting untuk berhati-hati saat bersepeda karena ada banyak pengunjung yang melakukan aktivitas lain di taman ini, seperti jogging atau berolahraga lainnya. Pastikan untuk menghormati pengunjung lain dan menjaga keselamatan bersama saat bersepeda di Taman Sri Baduga ini.

Atraksi Air Mancur

Pertunjukan air mancur adalah daya tarik utama dari Taman Air Mancur Sri Baduga. Pertunjukan ini mengombinasikan pencahayaan yang indah dengan gerakan air mancur setinggi 6 meter, dan itu adalah pemandangan yang sangat menarik untuk disaksikan. Pertunjukan air mancur diadakan setiap hari Sabtu, dan pada hari tersebut, pengunjung dapat menikmati dua kali pertunjukan air mancur.

Pertunjukan air mancur diadakan pada malam hari. Pertunjukan pertama dapat disaksikan pada pukul 19.30 WIB, sementara pertunjukan kedua tersedia pada pukul 20.30 WIB. Tidak jarang tempat ini menjadi sangat ramai ketika atraksi air mancur ini berlangsung. Itu adalah pengalaman yang memukau untuk menikmati pencahayaan dan gerakan air mancur yang spektakuler di malam hari di Taman Air Mancur Sri Baduga. Jika Anda merencanakan kunjungan, pastikan untuk memeriksa jadwal pertunjukan agar Anda tidak ketinggalan.

Spot Foto

Taman rekreasi ini adalah tempat yang sangat populer untuk berfoto, terutama saat malam hari. Pertunjukan air mancur yang memukau menciptakan pemandangan yang sangat menarik untuk diabadikan dalam foto. Tidak hanya pada malam hari, banyak pengunjung yang juga menikmati berfoto di Taman Air Mancur Sri Baduga pada pagi atau siang hari.

Misalnya, di bagian depan taman yang memiliki tulisan “Taman Air Mancur Sri Baduga”, atau dengan berfoto di latar belakang patung Sri Baduga Mahara yang terletak di tengah Situ Beleud. Dengan latar belakang yang indah ini, pengunjung dapat mengabadikan momen mereka dan membuat kenangan yang tak terlupakan selama kunjungan mereka ke taman ini. Jadi, selain menikmati atraksi air mancur yang memukau, jangan lupa untuk mengambil beberapa foto yang indah sebagai kenang-kenangan dari perjalanan Anda ke Taman Air Mancur Sri Baduga.

Piknik

Taman Sri Baduga adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati waktu di sekitar area tersebut. Anda dapat menikmati berbagai macam kuliner yang tersedia atau hanya duduk dan berbincang santai. Selain itu, kawasan wisata ini menawarkan pemandangan yang indah dengan banyak pohon dan patung yang menambah pesonanya.

Taman wisata ini juga sangat cocok untuk berpiknik bersama keluarga. Anda dapat membawa makanan dan minuman dari rumah untuk menghemat pengeluaran, sambil menikmati waktu berkualitas bersama keluarga. Anda juga bisa mengajak anak-anak bermain, seperti berlarian di taman, sehingga seluruh keluarga dapat menikmati pengalaman yang menyenangkan di Taman Sri Baduga ini. Tempat ini adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai sambil menikmati keindahan alam dan nuansa yang tenang.

Wisata Kuliner

Sate Maranggi adalah salah satu kuliner khas Purwakarta yang patut dicoba. Keistimewaan dari sate ini terletak pada bumbu rendaman yang digunakan sebelum proses pemanggangan. Setelah sate dimasak, penyajian dengan saus kacang tambahan memberikan cita rasa yang istimewa.

Yang menarik, di Taman Air Mancur Sri Baduga, Anda dapat menikmati Sate Maranggi sambil menonton pertunjukan air mancur. Ini karena tepat di depan Situ Buleud, terdapat Kampung Sate Maranggi. Kampung Sate Maranggi ini buka pada hari Jumat dan Sabtu, sehingga Anda dapat bersantai sambil menikmati kuliner lezat ini ketika berkunjung ke Situ Beleud. Jadi, selain menikmati pertunjukan air mancur yang menakjubkan, Anda juga bisa merasakan cita rasa autentik dari Sate Maranggi, kuliner khas Purwakarta.

Tips Berkunjung

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda saat berkunjung ke Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta:

  1. Datang Pada Malam Hari: Untuk menikmati pertunjukan air mancur yang menakjubkan, pastikan Anda datang pada malam hari, terutama pada malam Minggu ketika pertunjukan berlangsung. Pertunjukan ini berlangsung mulai pukul 17.30 hingga 21.00 WIB.
  2. Persiapkan Pakaian yang Nyaman: Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca, terutama jika Anda berencana untuk berjalan-jalan atau berolahraga di area taman.
  3. Bawa Kamera: Taman ini menawarkan pemandangan yang indah, terutama saat pertunjukan air mancur. Jangan lupa membawa kamera atau ponsel cerdas Anda untuk mengabadikan momen berharga selama kunjungan Anda.
  4. Bawa Makanan dan Minuman: Meskipun ada warung makan di sekitar area taman, Anda juga bisa membawa makanan dan minuman sendiri jika Anda ingin menghemat pengeluaran atau memiliki preferensi tertentu.
  5. Perhatikan Kebersihan: Selalu jaga kebersihan taman dengan membuang sampah pada tempatnya dan menghormati aturan-aturan yang berlaku di area tersebut.
  6. Parkir: Jika Anda membawa kendaraan pribadi, pastikan Anda mengetahui tempat parkir yang tersedia dan biaya parkir yang berlaku.
  7. Nikmati Suasana: Selain pertunjukan air mancur, nikmati juga suasana taman yang tenang dan hijau. Anda dapat berjalan-jalan, bersepeda, atau berolahraga di sini.
  8. Hormati Pengunjung Lain: Selalu hormati pengunjung lain dan jaga ketertiban selama kunjungan Anda agar semua orang dapat menikmati pengalaman berlibur yang menyenangkan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memiliki kunjungan yang menyenangkan dan lancar ke Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta. Selamat menikmati liburan Anda!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News