Aqualand Serang: Destinasi Wisata Air dengan Sentuhan Budaya Indonesia

Taman air Aqualand Serang merupakan destinasi yang menarik karena menggabungkan rekreasi air dengan tema budaya dari beberapa daerah di Indonesia, antara lain Banten, Jogja, dan Toraja. Keunikan ini tercermin dalam desain bangunan yang ada di dalam taman.

Saat memasuki taman, pengunjung disambut oleh Gapura berbentuk rumah tradisional Banten, memberikan sentuhan awal dari warisan budaya daerah tersebut. Di dalamnya, terdapat bangunan mini berbentuk rumah Toraja yang berfungsi sebagai museum, dan bangunan rumah Joglo yang menjadi kantin dengan tema Jogja.

Desain yang menyelaraskan bangunan-bangunan tradisional ini di sekitar kolam memberikan sensasi panorama etnik yang jarang ditemui di taman air lainnya. Dengan begitu, pengunjung tidak hanya menikmati wahana air yang seru, tetapi juga mendapatkan pengalaman budaya yang mendalam.

Aqualand Serang memberikan alternatif menarik bagi keluarga yang mencari kegiatan rekreasi dengan sentuhan budaya. Dengan berbagai wahana yang tak kalah seru dari Ocean Park BSD, taman air ini menjadi pilihan yang tepat untuk quality time bersama keluarga, sambil menjaga keseimbangan anggaran.

Kehadiran destinasi rekreasi seperti Aqualand Serang menunjukkan bahwa Serang bukan hanya memiliki daya tarik sejarah dan budaya, tetapi juga menawarkan pengalaman rekreasi yang beragam. Dengan begitu, kota ini menjadi destinasi yang menarik bagi berbagai kalangan pengunjung.

Harga Tiket Masuk Aqualand Serang

Harga tiket masuk Aqualand Serang tergolong cukup terjangkau, memungkinkan pengunjung untuk menikmati wahana rekreasi air dengan budget yang ramah. Berikut adalah rincian harga tiket masuk untuk berbagai jenis pengunjung:

  • Tiket Masuk Anak: Rp30.000 (Weekday) / Rp35.000 (Weekend) – Berlaku untuk anak-anak dengan usia 2-12 tahun.
  • Tiket Masuk Dewasa: Rp35.000 (Weekday) / Rp40.000 (Weekend) – Berlaku untuk pengunjung dengan usia di atas 12 tahun.

Dengan demikian, pengunjung dapat memilih tiket sesuai dengan kategori usia dan jenis hari kunjungan, baik itu pada hari biasa (Weekday) atau akhir pekan (Weekend).

Adapun jam buka Aqualand Serang dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga jam 5 sore. Informasi ini memberikan pengunjung fleksibilitas untuk menentukan waktu kunjungan mereka, termasuk untuk memulai hari di water park ini sejak pagi hari.

Dengan harga tiket yang terjangkau dan jam buka yang cukup luas, Aqualand Serang menjadi pilihan menarik bagi keluarga atau individu yang mencari pengalaman rekreasi air yang menyenangkan di kota Serang.

Alamat Rute Lokasi

Lokasi Aqualand Serang strategis dan mudah diakses, terletak di Jl. Kompleks Tegal Padang, Jalan Palem, Drangong, Taktakan, Kota Serang. Dengan letak yang tidak terlalu jauh dari exit Tol Serang Barat, akses ke water park ini menjadi lebih praktis bagi para pengunjung.

Jika Anda berasal dari Tangerang, rute perjalanan dapat dimulai dengan memasuki Jl. Tol Merak dan keluar di Tol Serang Barat. Setelah keluar tol, lanjutkan perjalanan ke Jl. Akses Kampung Dragong hingga mencapai bundaran.

Dari bundaran, pilihlah jalan keluar pertama dan teruskan ke Jl. Raya Cilegon. Selanjutnya, ambil belokan kiri menuju Jl. Warung Nangka, dan perlahan-lahan bersiap untuk berbelok kanan ke Jl. Komp. Tegal Padang. Aqualand Serang akan segera terlihat, tidak jauh dari lokasi tersebut.

Dengan panduan rute yang sederhana ini, pengunjung dapat dengan mudah mencapai Aqualand Serang dari Tangerang melalui tol, membuat perjalanan menuju water park ini menjadi lebih nyaman dan efisien.

Fasilitas

Aqualand Serang tidak hanya menawarkan wahana rekreasi air yang seru, tetapi juga menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai untuk kenyamanan pengunjung. Berikut adalah fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung:

  1. Area Parkir Luas: Pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat parkir yang luas, memberikan kenyamanan sejak tiba di water park ini.
  2. Penyewaan Loker: Terdapat fasilitas penyewaan loker untuk menyimpan barang bawaan pengunjung, memberikan kemudahan dalam menjaga keamanan barang-barang pribadi.
  3. Toilet dan Kamar Basuh: Fasilitas toilet dan kamar basuh yang bersih dan memadai, memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk melakukan keperluan pribadi.
  4. Akses Wifi Gratis: Tersedianya akses wifi gratis memungkinkan pengunjung untuk tetap terhubung dengan dunia digital selama berada di water park.
  5. Keamanan Profesional: Pihak pengelola menjamin keamanan dan keselamatan pengunjung dengan adanya tiga orang profesional yang siap sedia mengawasi kondisi kolam. Ini memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.
  6. Fasilitas Umum Lainnya: Terdapat berbagai fasilitas umum seperti musholla, penyewaan ban dan pelampung, kamar ganti, tempat duduk, kantin, kafe, dan stan makanan lainnya. Semua fasilitas ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung selama berada di water park.

Dengan fasilitas yang lengkap dan pelayanan yang baik, Aqualand Serang menjelma menjadi destinasi wisata air yang tidak hanya menawarkan keseruan bermain, tetapi juga memberikan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan bagi semua pengunjung.

Daya Tarik

Aqualand, awalnya merupakan kolam renang milik PT. Mawar Sebelas yang dulu digunakan sebagai tempat latihan calon bodyguard perusahaan tersebut. Namun, seiring dengan usulan dari masyarakat sekitar, kolam renang ini diubah menjadi tempat rekreasi terbuka untuk umum pada tahun 2016.

Dengan luas mencapai 10.000 meter persegi, Aqualand tidak hanya menawarkan fasilitas yang lengkap untuk semua kelompok usia, tetapi juga telah mengalami penyesuaian agar menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Berbagai wahana yang tersedia, pilihan kolam yang beragam, dan sertifikat kualitas air bersih menambahkan nilai tambah bagi pengunjung.

Keunikan Aqualand terletak pada bangunan-bangunan ikonik yang mewakili Jogja, Banten, dan Toraja yang berada di sekitar area kolam. Pengunjung dapat menikmati suasana yang kaya akan budaya sambil mengabadikan momen berharga dengan berfoto di depan bangunan-bangunan tersebut.

Dengan adanya transformasi ini, Aqualand memberikan alternatif yang menarik untuk berlibur, memberikan kenyamanan dan keseruan kepada pengunjung. Dengan fasilitas yang memadai dan kehadiran elemen budaya, Aqualand Serang tidak kalah bersaing dengan kolam renang terkenal di Tangerang atau daerah Banten lainnya. Tempat ini menjadi pilihan yang menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman selama liburan.

Wisata Air dan Wisata Budaya

Keunikan Aqualand Serang yang mengusung tema budaya menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan dengan water park lainnya. Setiap bagian dan fasilitas di kolam renang ini mencerminkan keberagaman budaya Indonesia, menciptakan pengalaman rekreasi yang unik dan edukatif. Berikut adalah beberapa contoh fasilitas bertema budaya di Aqualand Serang:

  1. Gapura Rumah Banten: Area gapura yang menggunakan gaya khas Rumah Banten memberikan pengalaman awal yang autentik kepada pengunjung, memberikan nuansa lokal sejak awal kunjungan.
  2. Museum Mini Rumah Toraja: Bagian dalam water park yang berbentuk museum mini dan mengadopsi desain Rumah Toraja menambah dimensi budaya. Dengan pernak-perniknya, pengunjung dapat merasakan atmosfer tradisional Toraja.
  3. Kantin Joglo Modern Yogyakarta: Keberadaan kantin berbentuk Joglo modern yang khas Yogyakarta menambah sentuhan budaya yang beragam di tengah-tengah area kolam. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati makanan, tetapi juga merasakan atmosfer Joglo yang kental.

Dengan adanya tema budaya ini, Aqualand Serang tidak hanya menjadi tempat rekreasi biasa, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pengunjung, terutama anak-anak, untuk belajar tentang kekayaan budaya Indonesia sambil bersenang-senang. Hal ini memberikan nilai tambah dan membedakan Aqualand Serang dari water park lainnya, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Kolam Arus

Aqualand Serang tidak kalah menarik dengan Cikoromoy Pandeglang, terutama dengan kehadiran wahana air seru seperti kolam arus. Wahana ini menawarkan pengalaman bermain yang aman bagi anak-anak, dengan kolam yang panjang dan berliku serta arus yang disesuaikan.

Dengan bersantai di atas ban pelampung, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar water park ini. Kolam arus ini bukan hanya menjadi area rekreasi, tetapi juga salah satu spot favorit wisatawan untuk berfoto dan bermain bersama teman.

Wahana Kolam Arus menjadi daya tarik utama di banyak water park, termasuk Aqualand Serang. Pengunjung dapat bersantai sambil dibawa aliran air seperti di sungai, menghadirkan pengalaman menyenangkan dan unik. Kolam Arus di Aqualand membawa pengunjung melalui berbagai kolam dan wahana, sementara taman-taman yang ditata di sepanjang kolam menambah variasi dan keunikan dalam pengalaman bermain.

Dengan demikian, Aqualand Serang tidak hanya menawarkan keindahan visual dan wahana seru, tetapi juga menciptakan pengalaman yang beragam dan menghibur melalui wahana Kolam Arus yang menarik bagi pengunjung dari berbagai kalangan.

Kolam Mini Waterboom

Aqualand Serang tidak hanya menawarkan kolam arus yang menarik, tetapi juga menyediakan beragam kolam renang khusus untuk anak-anak. Salah satu yang patut dicoba adalah kolam mini waterboom, yang dirancang khusus untuk anak-anak berusia di atas 5 tahun dengan kedalaman sekitar 80 cm.

Kolam ini menawarkan berbagai wahana seru yang dapat dinikmati bersama anak-anak. Mulai dari dua perosotan spiral, satu papan peluncuran, hingga ember tumpah yang pasti akan menyenangkan bagi anak-anak. Semua wahana ini dirancang dengan keamanan dan keseruan anak-anak sebagai prioritas utama.

Bagi pengunjung yang mencari atraksi yang lebih menantang, kolam waterboom yang lebih besar juga tersedia. Di kolam ini, terdapat berbagai wahana seperti perosotan spiral, papan peluncuran, dan yang paling digemari, sensasi terguyur air dari ember tumpah.

Setelah lelah bermain di arena waterboom, pengunjung dapat bersantai di meja payung sambil menikmati suasana kolam. Ini memberikan pengalaman yang lengkap, di mana pengunjung dapat merasakan keseruan permainan air sekaligus menikmati momen santai di sekitar kolam.

Dengan beragam fasilitas dan wahana yang disediakan, Aqualand Serang menjadi destinasi yang cocok untuk keluarga yang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak sambil menikmati suasana rekreasi yang menyenangkan.

Kolam Balita dan Anak

Aqualand Serang memahami kebutuhan orang tua yang membawa balita dan anak-anak untuk belajar berenang, dan oleh karena itu, menyediakan kolam renang khusus anak sebagai fasilitas yang ramah keluarga. Kolam ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, menciptakan lingkungan yang lebih intim dan aman untuk anak-anak yang sedang belajar berenang. Penggunaan ban pelampung yang sudah tersedia juga menjadi solusi yang baik untuk membantu proses belajar berenang.

Bagi orang tua yang datang bersama balita, Aqualand Serang juga memiliki kolam khusus untuk balita dan anak-anak. Kedalaman kolam ini hanya sekitar 15cm hingga 20cm, dirancang khusus agar tidak memberikan risiko tenggelam bagi anak-anak kecil. Hal ini menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan bagi mereka.

Selain itu, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan anak-anak, pihak pengelola menyediakan penyewaan ban renang. Penggunaan ban renang dapat membuat anak-anak bermain dengan lebih aman, sementara tetap berada dalam pengawasan orang tua. Ini adalah langkah proaktif untuk mendukung pengalaman berenang anak-anak dengan menyediakan perlengkapan yang tepat.

Dengan adanya fasilitas ini, Aqualand Serang menjadi destinasi yang ramah keluarga, memperhatikan keamanan dan kenyamanan anak-anak serta memberikan pengalaman belajar berenang yang positif bagi mereka.

Aqualand Serang menyajikan pengalaman berenang yang lebih menyenangkan bagi anak-anak dengan adanya kolam anak playground. Kolam ini dirancang khusus untuk memberikan keseruan ekstra, dan dengan kedalaman sekitar 30 cm, menciptakan lingkungan yang aman bagi para pengunjung kecil.

Kolam anak playground ini tidak hanya sekadar kolam biasa, melainkan dilengkapi dengan berbagai wahana permainan di tengah kolam. Salah satunya adalah perosotan yang dapat meningkatkan keseruan bermain air anak-anak. Selain itu, adanya air mancur di tengah kolam juga menambah elemen interaktif dan menarik bagi anak-anak.

Dengan berbagai wahana permainan yang disediakan di kolam anak playground, tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit anak-anak saat liburan tiba. Keseruan dan keamanan yang diutamakan dalam rancangan kolam ini menjadikannya tempat yang ideal bagi keluarga yang ingin memberikan pengalaman berenang yang tak terlupakan bagi anak-anak mereka.

Kolam Renang Olimpik

Aqualand Serang menawarkan pengalaman berenang yang lebih serius melalui wahana kolam renang olimpik. Kolam ini memiliki lintasan yang cukup panjang, dengan kedalaman sekitar 1,5 meter dan dilengkapi dengan 6 garis lintasan. Wahana ini dirancang khusus untuk mereka yang ingin melakukan olahraga berenang atau sedang dalam proses latihan berenang.

Kolam olimpik di Aqualand Serang, dengan kedalaman yang mencapai 1,5 meter, dahulunya merupakan tempat latihan para calon bodyguard dari PT. Mawar Sebelas. Bentuk kolam yang panjang dan dalam ini memberikan kesempatan bagi para pengunjung yang ingin fokus pada aktivitas berenang, baik untuk keperluan latihan maupun olahraga rutin.

Meskipun kolam olimpik ini menyediakan pengalaman berenang yang serius, penting untuk tetap berhati-hati dan melakukan pemanasan sebelum berenang. Langkah-langkah ini membantu menghindari potensi kram dan menjaga keselamatan pengunjung. Dengan adanya fasilitas ini, Aqualand Serang tidak hanya menjadi destinasi rekreasi, tetapi juga menawarkan pengalaman berenang yang menyeluruh, mencakup berbagai tingkat keahlian dan minat.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat berkunjung ke Aqualand Serang:

  1. Pilih Waktu Kunjungan yang Tepat: Usahakan untuk datang pada hari-hari yang tidak terlalu ramai agar dapat lebih menikmati wahana tanpa harus antri terlalu lama.
  2. Persiapkan Peralatan dan Perlengkapan: Pastikan untuk membawa perlengkapan berenang seperti baju renang, handuk, dan perlindungan matahari. Jika diperlukan, Anda juga dapat membawa peralatan tambahan seperti pelampung untuk anak-anak.
  3. Gunakan Krim Tabir Surya: Mengingat aktivitas di air yang berlangsung dalam waktu lama, pastikan untuk menggunakan krim tabir surya dengan SPF yang cukup agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari.
  4. Perhatikan Aturan dan Petunjuk Keselamatan: Sebelum bermain di wahana, pastikan untuk membaca dan memahami aturan serta petunjuk keselamatan yang disediakan oleh pengelola water park. Ini penting untuk menjaga keselamatan pengunjung.
  5. Bawa Uang Tunai: Meskipun banyak tempat menerima pembayaran dengan kartu, tetapi membawa uang tunai ekstra dapat memudahkan transaksi, terutama jika Anda ingin membeli makanan atau minuman di tempat.
  6. Perhatikan Anak-anak dengan Cermat: Jika Anda membawa anak-anak, pastikan untuk selalu mengawasi mereka dengan cermat, terutama di kolam-kolam yang lebih dalam atau wahana yang memerlukan pengawasan ekstra.
  7. Cari Informasi Terkini: Sebelum berkunjung, pastikan untuk mencari informasi terkini tentang jam operasional, harga tiket, dan event khusus yang mungkin sedang berlangsung di Aqualand Serang.
  8. Bersiap untuk Menikmati Semua Fasilitas: Manfaatkan semua fasilitas yang disediakan, termasuk kolam renang olimpik, wahana anak-anak, dan area rekreasi lainnya agar Anda dapat merasakan pengalaman penuh di water park ini.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menikmati kunjungan Anda ke Aqualand Serang dengan lebih lancar dan menyenangkan.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News