Edum Park Tegaldowo: Pesona Rekreasi dan Edukasi di Pusat Bantul

Edum Park Tegaldowo, sebuah destinasi rekreasi terbaru di Bantul, telah muncul sebagai magnet bagi para pengunjung yang mencari pengalaman liburan yang unik dan menyenangkan. Terletak strategis di pusat kota, taman rekreasi ini menawarkan kombinasi sempurna antara pesona alam pedesaan dan fasilitas modern.

Dikelilingi oleh perkebunan jagung dan sawah, Edum Park Tegaldowo menjanjikan ketenangan dan keindahan alam yang langka di tengah hiruk-pikuk kehidupan urban. Akses mudah dari pusat kota membuatnya menjadi pilihan ideal untuk keluarga dan individu yang mencari tempat bersantai yang tidak terlalu jauh dari pusat kegiatan perkotaan.

Fasilitas unggulan termasuk kolam renang yang mengundang, menciptakan suasana segar dan menyenangkan bagi para pengunjung yang mencari hiburan air. Sementara itu, taman bunga yang indah menambahkan sentuhan estetika yang memukau, memanjakan mata para pengunjung dengan kecantikan alam yang diatur dengan cermat.

Salah satu daya tarik utama Edum Park Tegaldowo adalah wahana foto yang dirancang dengan konsep unik dan kreatif. Pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai sudut yang menawarkan latar belakang menarik, menciptakan kenangan indah yang dapat diabadikan dalam momen khusus bersama keluarga dan teman-teman.

Dengan berbagai daya tariknya, Edum Park Tegaldowo tidak hanya menjadi tempat rekreasi, tetapi juga menjadi oase keindahan yang menggoda selera wisatawan. Sebagai destinasi yang sedang naik daun di Bantul, tempat ini berjanji untuk memberikan pengalaman berlibur yang tak terlupakan bagi mereka yang mencari ketenangan, keindahan alam, dan kesenangan rekreasi yang lengkap.

Harga Tiket Masuk Edum Park

Harga tiket masuk yang terjangkau membuat Edum Park menjadi pilihan rekreasi yang ramah kantong. Dengan biaya masuk sebesar Rp10.000, para pengunjung dapat menikmati semua fasilitas hiburan yang ditawarkan oleh taman ini. Keputusan untuk tidak memberlakukan biaya tambahan untuk sebagian besar wahana merupakan nilai tambah yang menguntungkan bagi wisatawan yang mencari pengalaman liburan yang terjangkau.

Namun, perlu diperhatikan bahwa wahana permainan tertentu seperti ATV dan odong-odong mungkin memerlukan biaya tambahan. Informasi ini memberikan gambaran yang transparan kepada pengunjung tentang opsi tambahan yang mungkin mereka pertimbangkan, memungkinkan mereka untuk merencanakan kunjungan mereka dengan lebih baik.

Sejalan dengan keterjangkauan biaya masuk, jam operasional yang luas membuat Edum Park menjadi destinasi yang lebih dapat diakses. Dengan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00, pengunjung memiliki fleksibilitas dalam mengatur waktu kunjungan mereka. Lebih lagi, adanya perpanjangan jam operasional pada akhir pekan menambahkan nilai positif, memberikan peluang lebih besar bagi pengunjung untuk menikmati semua yang ditawarkan taman rekreasi ini.

Dengan harga tiket yang terjangkau dan jam operasional yang luas, Edum Park Tegaldowo sepertinya menawarkan paket rekreasi yang menyenangkan dan bersahaja bagi pengunjung dari berbagai kalangan.

Alamat Rute Lokasi

Lokasi Edum Park Tegaldowo di Jl. Grujugan No.RT.03, Grujugan, Bantul, Yogyakarta, memudahkan pengunjung untuk mencapainya baik dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Bagi pengguna kendaraan pribadi, rute menuju Jalan Parangtritis dapat diikuti, dan setelah itu, belok ke arah timur di pertigaan Grujugan. Petunjuk arah ini memberikan kemudahan bagi wisatawan yang ingin mengakses tempat ini menggunakan kendaraan pribadi, dengan titik referensi yang jelas.

Sementara itu, untuk pengguna kendaraan umum, opsi yang diberikan adalah menggunakan bus Trans Jogja koridor 2B atau 3B. Wisatawan dapat naik bus tersebut dan turun di halte Grujugan, yang berada di dekat Edum Park. Informasi ini memberikan alternatif yang nyaman bagi mereka yang memilih menggunakan transportasi umum untuk mencapai destinasi ini.

Dengan petunjuk arah yang jelas untuk kedua opsi transportasi, Edum Park Tegaldowo terlihat sangat dapat dijangkau, menciptakan kemudahan bagi pengunjung dari berbagai latar belakang dan preferensi transportasi.

Fasilitas

Edum Park Tegaldowo dapat dikatakan sebagai destinasi rekreasi yang lengkap dengan menyediakan berbagai fasilitas yang memenuhi kebutuhan pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat ini mencakup:

  1. Toilet: Fasilitas ini penting untuk kenyamanan pengunjung, memastikan bahwa kebutuhan dasar dapat terpenuhi dengan baik.
  2. Mushola: Menyediakan ruang untuk ibadah, memperhatikan kebutuhan spiritual pengunjung.
  3. Tempat Parkir: Menyediakan area parkir yang memadai untuk kendaraan pengunjung, meningkatkan kenyamanan akses ke taman bermain.
  4. Gazebo dan Kursi Taman: Tempat untuk bersantai dan istirahat, memberikan ruang teduh di tengah aktivitas bermain.
  5. Tempat Sampah: Menunjukkan komitmen terhadap kebersihan dan lingkungan yang bersih.
  6. Pusat Informasi: Memberikan panduan dan informasi kepada pengunjung mengenai kegiatan dan fasilitas yang tersedia di taman bermain.
  7. Pengeras Suara: Digunakan untuk keperluan pengumuman atau hiburan, meningkatkan pengalaman acara atau aktivitas tertentu.
  8. Penyewaan Kostum, ATV, dan Odong-Odong: Menambah variasi kegiatan dan pengalaman yang dapat diakses oleh pengunjung.
  9. Kafetaria: Tempat untuk bersantai dan menikmati hidangan atau minuman, memberikan alternatif kuliner bagi pengunjung.
See also  Ulasan Lengkap Kampoeng Kidz, Wisata Edukasi Anak di Kota Batu

Dengan adanya fasilitas-fasilitas ini, Edum Park Tegaldowo menciptakan lingkungan yang nyaman, aman, dan menyenangkan bagi pengunjung dari berbagai latar belakang. Semua ini, bersama dengan daya tarik taman bermain dan wahana-wahana yang unik, menjadikan Edum Park Tegaldowo sebagai destinasi rekreasi yang menarik dan lengkap untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Daya Tarik

Edum Park Tegaldowo telah sukses menjelma menjadi destinasi wisata favorit di Bantul, menggabungkan pesona pedesaan dengan fasilitas lengkap dan konsep edukasi yang menarik. Terletak strategis di pusat kota, taman ini memancarkan keasrian pedesaan yang dihiasi oleh sawah dan perkebunan, menciptakan nuansa yang sejuk dan tenang. Nama “Edum,” yang berasal dari kata “teduh” dalam bahasa Jawa, sesuai dengan atmosfer yang dihadirkan oleh tempat ini.

Dengan beragam fasilitas yang tersedia, Edum Park menjadi destinasi yang sesuai untuk berbagai kalangan usia. Kolam renang dengan kedalaman bervariasi menawarkan keseruan bagi pengunjung yang mencari keberagaman aktivitas. Bagi pencinta kuliner, area kafe menjadi pilihan tepat untuk menikmati santap ringan di tengah suasana yang menyegarkan.

Keberagaman wahana yang ditawarkan, mulai dari area foto hingga wahana khusus untuk balita, menjadikan Edum Park sebagai destinasi liburan keluarga yang ideal. Konsep wisata edukasi yang diusung tempat ini memberikan nilai tambah dengan menyelipkan pembelajaran yang interaktif dalam berbagai atraksi dan aktivitasnya.

Dengan dibukanya Edum Park pada tahun 2020, tempat ini telah meraih popularitas sebagai destinasi wisata terkemuka di Bantul. Konsep yang menggabungkan hiburan dan pembelajaran, serta atmosfer pedesaan yang asri, menjadikan Edum Park Tegaldowo sebagai tempat yang tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga pengalaman belajar yang menarik dan bermanfaat.

Kolam Renang

Aktivitas berenang di Edum Park Tegaldowo menjadi daya tarik utama bagi pengunjung, dengan tiga kolam yang dirancang untuk berbagai kelompok usia. Rincian kedalaman kolam menciptakan pengalaman yang aman dan menyenangkan:

  1. Kolam Balita:
    • Kedalaman sesuai selutut orang dewasa.
    • Dirancang khusus untuk balita, menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan bagi mereka yang baru belajar berenang.
  2. Kolam Anak-Anak (Usia 5-10 Tahun):
    • Disediakan kolam dengan kedalaman yang sesuai untuk anak-anak usia 5-10 tahun.
    • Memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk bersenang-senang dan bermain air dengan aman.
  3. Kolam Dewasa:
    • Kedalaman mencapai 150 cm, cocok untuk wisatawan dewasa yang ingin menikmati berenang dengan lebih leluasa.
    • Menawarkan pilihan bagi pengunjung yang mencari kegiatan rekreasi yang lebih menantang.

Area sekitar kolam diperkaya dengan adanya gazebo dan tempat duduk, memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Orang tua dapat menggunakan area ini untuk mengawasi anak-anak mereka atau sekadar bersantai. Suasana teduh yang diciptakan oleh rimbunnya pepohonan tinggi memberikan sentuhan alam yang menenangkan, menciptakan lingkungan yang menyegarkan di sekitar area kolam.

Dengan fasilitas kolam yang lengkap dan suasana yang ramah, aktivitas berenang di Edum Park Tegaldowo menjadi pengalaman yang menyenangkan dan cocok untuk semua anggota keluarga.

Taman Bunga

Taman bunga yang terletak di tengah kawasan wisata Edum Park Tegaldowo merupakan daya tarik utama yang memanjakan pengunjung dengan keindahan alam dan warna-warni bunga yang memukau. Dedauan hijau yang melingkupi area ini, bersama dengan perpaduan warna-warni bunga, menciptakan suasana yang memikat mata dan membuat pengunjung merasa betah untuk berlama-lama.

Ragam koleksi bunga yang ditampilkan di taman ini memberikan pengalaman unik bagi pengunjung yang bisa berkeliling sambil menjelajahi setiap sudutnya. Keindahan setiap detailnya menciptakan atmosfer yang memikat dan menyegarkan, menciptakan momen yang sempurna untuk menikmati keindahan alam.

Di samping taman bunga, terdapat kolam buatan kecil yang menawarkan daya tarik tambahan. Tempat duduk melingkar di tengah kolam, dihiasi oleh patung-patung hewan, menambah pesona tempat ini. Gazebo-gazebo yang tersedia memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk bersantai dan menikmati suasana taman bunga dengan lebih intim.

Tidak hanya sebagai objek pemandangan yang indah, taman bunga ini juga menjadi spot foto yang menarik. Dengan latar belakang rumah hobbit, rumah kaca, dan rumah kayu, pengunjung dapat berfoto dengan gaya apa pun yang diinginkan, menciptakan kenangan indah selama kunjungan mereka.

See also  Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda: Menjelajahi Curug Omas dan Gua-gua Misterius

Sebagai bagian dari daya tarik Edum Park yang modern dan inovatif, taman bunga ini membuktikan bahwa destinasi ini tidak hanya memadukan keindahan alam pedesaan tetapi juga menciptakan pengalaman yang kreatif dan estetis bagi pengunjungnya.

Spot Foto

Edum Park Tegaldowo muncul sebagai destinasi wisata yang unggul dengan menyajikan beragam wahana foto menarik, menciptakan pengalaman berlibur yang kreatif dan berkesan bagi pengunjung. Beberapa keunggulan yang menonjol antara lain:

  1. Beragam Wahana Foto:
    • Pengunjung dapat memilih dari berbagai pilihan wahana foto yang unik, seperti mobil F1, dinosaurus, telur dinosaurus, robot transformer, dan banyak lagi. Hal ini menciptakan pengalaman berfoto yang kreatif dan menyenangkan.
  2. Edum Cowboy Town:
    • Menyajikan area dengan ciri khas kota Texas ala koboi, Edum Cowboy Town tidak hanya menawarkan wahana foto, tetapi juga beragam fasilitas seperti Edum Barbershop dan Edum Coffe Shop. Ini memberikan variasi aktivitas yang lebih luas bagi pengunjung.
  3. Rumah Warna-Warni ala Amerika Selatan:
    • Deretan rumah warna-warni memberikan sentuhan khusus dengan gaya perumahan ala Amerika Selatan, menciptakan suasana yang mengingatkan pada film animasi Encanto. Ini menjadi pilihan menarik untuk berfoto dan menjelajahi.
  4. Area Foto Instagramable:
    • Selain taman bunga, Edum Park Tegaldowo juga menawarkan area foto dengan spot-spot menarik seperti jembatan gantung, ayunan langit, gardu pandang, dan rumah pohon. Pengelola juga menyediakan kostum tradisional Jawa, menambah nuansa kreatif dan estetis dalam berfoto.
  5. Latar Belakang Alam Hijau:
    • Pengunjung dapat menikmati foto dengan latar belakang alam yang hijau dan asri, menciptakan suasana yang menenangkan dan indah. Ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk meresapi keindahan alam sekitar.

Dengan kombinasi wahana foto yang inovatif, area tematik seperti Edum Cowboy Town, dan keberagaman fasilitas yang ditawarkan, Edum Park Tegaldowo berhasil menciptakan destinasi wisata yang tidak hanya menghibur tetapi juga memanjakan selera kreatif pengunjungnya.

Live Music

Hadirnya hiburan live music pada akhir pekan di Edum Park Tegaldowo menambahkan dimensi hiburan yang lebih beragam dan memikat bagi pengunjung. Panggung kecil yang terletak di area Edum Cowboy Town menjadi tempat di mana pengunjung dapat bersantai sambil menikmati alunan lagu-lagu yang menghibur. Suasana Edum Cowboy Town yang kental dengan nuansa kota Texas ala koboi akan semakin terasa hidup dan meriah dengan kehadiran live music.

Keunikan tersendiri adalah adanya kafe di area Edum Cowboy Town. Pengunjung dapat menikmati kopi atau minuman favorit mereka sambil menikmati hiburan live music. Kombinasi antara suasana kafe yang nyaman dengan live music menciptakan pengalaman nongkrong yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Ini tidak hanya menjadi tempat untuk berkumpul dan bersantai tetapi juga menyediakan platform untuk menikmati talenta musikal lokal. Dengan menggabungkan hiburan live music dan fasilitas kafe, Edum Park Tegaldowo menciptakan pengalaman berlibur yang lebih holistik, memenuhi berbagai selera dan keinginan pengunjung pada saat bersamaan.

Wahana

Edum Park Tegaldowo mempersembahkan beragam wahana permainan yang memikat bagi pengunjung anak-anak dan dewasa, menciptakan pengalaman rekreasi yang menyenangkan untuk seluruh keluarga. Beberapa wahana yang tersedia meliputi:

Untuk Anak-Anak:

  1. Boom-Boom Car: Memberikan pengalaman berkendara seru bagi anak-anak dengan kendaraan mini yang aman dan menyenangkan.
  2. Trampolin: Area ini memungkinkan anak-anak untuk melompat dan bersenang-senang, memberikan kegiatan yang energik dan menghibur.
  3. Odong-Odong: Kendaraan tradisional ini selalu menjadi favorit anak-anak, memberikan pengalaman bermain yang klasik dan menghibur.
  4. ATV (All-Terrain Vehicle): Anak-anak yang lebih besar atau yang ingin berkeliling dapat menyewa ATV untuk petualangan yang lebih seru.

Untuk Orang Dewasa:

  1. Kolam Terapi Ikan: Wahana ini menyajikan pengalaman santai di mana pengunjung dapat merendam kaki mereka di dalam kolam dan merasakan sensasi kaki digigit oleh ikan-ikan kecil pemakan sel kulit mati. Ini tidak hanya memberikan sensasi yang unik tetapi juga memberikan efek relaksasi.

Dengan menyediakan berbagai wahana untuk semua kelompok usia, Edum Park Tegaldowo menjadi destinasi rekreasi yang memperhatikan kebutuhan dan keinginan pengunjung dari berbagai kelompok. Kombinasi antara wahana permainan untuk anak-anak dan fasilitas menarik untuk orang dewasa menciptakan lingkungan yang ramah keluarga dan menyenangkan.

Wisata Edukasi

Edum Park Tegaldowo tidak hanya bertujuan untuk memberikan hiburan semata, tetapi juga memberikan pengalaman wisata edukasi yang bermanfaat. Destinasi ini berfungsi sebagai pusat pembelajaran praktis di berbagai bidang, menciptakan kesempatan bagi pengunjung untuk memahami dan merasakan langsung berbagai kegiatan dan pengetahuan.

See also  Kampoeng Wisata Cinangneng Wisata Edukasi Pedesaan Favorit Di Bogor

Beberapa aspek wisata edukasi yang ditawarkan oleh Edum Park Tegaldowo meliputi:

  1. Pertanian:
    • Pengunjung dapat belajar tentang proses menanam padi dan berinteraksi dengan para petani untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pertanian.
  2. Perikanan:
    • Pengalaman memelihara ikan lele dapat memberikan wawasan mengenai budidaya ikan dan kegiatan perikanan.
  3. Kerajinan Tangan:
    • Proses pembuatan batik tulis adalah salah satu kegiatan yang dapat dipelajari di Edum Park. Pengunjung dapat menyaksikan dan bahkan berpartisipasi dalam pembuatan karya seni ini.
  4. Sejarah Kerajaan Mataram Islam:
    • Pengenalan terhadap sejarah kerajaan Mataram Islam memberikan dimensi sejarah yang menarik bagi pengunjung, memperkaya pemahaman mereka tentang warisan budaya dan sejarah lokal.

Dengan memberikan akses langsung ke aktivitas-aktivitas ini, Edum Park Tegaldowo menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Interaksi dengan para petani dan pengrajin di tempat ini juga menambah nilai edukatif, memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang kehidupan dan pekerjaan masyarakat lokal. Sebagai hasilnya, Edum Park Tegaldowo menjadi tempat yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan nilai tambah edukatif yang positif.

Cafe

Cafe di Edum Park Tegaldowo tidak hanya menyediakan wahana hiburan dan rekreasi, tetapi juga memperkaya pengalaman pengunjung dengan berbagai pilihan kuliner yang lezat dan segar. Menu-menu yang disajikan mencakup berbagai hidangan yang dapat memuaskan selera setelah bermain, termasuk nasi goreng, mie goreng, bakso, soto, es teh, es jeruk, dan banyak lagi.

Kelebihan lainnya adalah harganya yang terjangkau, sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan yang lezat tanpa harus khawatir terlalu membebani kantong. Ketersediaan menu yang beragam memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk memilih makanan dan minuman sesuai dengan selera mereka.

Pada akhir pekan, Edum Park Tegaldowo Bantul menyajikan hiburan live music di area Edum Cowboy Town. Panggung kecil di sana menjadi tempat bagi para musisi untuk tampil, menambah suasana meriah dan menyenangkan bagi pengunjung yang ingin bersantai setelah seharian bermain.

Dengan menyatukan aspek rekreasi, kuliner, dan hiburan live music, Edum Park Tegaldowo membuktikan diri sebagai destinasi yang lengkap dan memikat bagi para pengunjung dari berbagai kalangan.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat berkunjung ke Edum Park Tegaldowo:

  1. Periksa Jadwal dan Jam Operasional: Pastikan untuk memeriksa jadwal dan jam operasional Edum Park sebelum pergi, terutama jika Anda memiliki rencana untuk menghadiri hiburan live music atau aktivitas khusus lainnya.
  2. Pakaian yang Nyaman: Kenakan pakaian yang nyaman, terutama jika Anda berencana untuk bermain di wahana atau beraktivitas di luar ruangan.
  3. Bawa Perlengkapan Bersantai: Jika Anda berencana untuk bersantai di area taman atau gazebo, bawa selimut atau alas duduk agar lebih nyaman.
  4. Persiapkan Kamera atau Smartphone: Edum Park Tegaldowo memiliki banyak spot foto menarik, jadi pastikan untuk membawa kamera atau smartphone Anda untuk menangkap momen-momen berharga.
  5. Cek Kondisi Cuaca: Periksa prakiraan cuaca sebelumnya untuk memastikan kondisi cuaca yang baik dan menyesuaikan rencana Anda sesuai keadaan.
  6. Ikuti Aturan dan Petunjuk: Pastikan untuk mengikuti aturan dan petunjuk yang berlaku di dalam taman, termasuk penggunaan wahana dan keamanan.
  7. Siapkan Budget: Persiapkan budget Anda, terutama jika Anda berencana untuk menyewa ATV, odong-odong, atau membeli makanan dan minuman di kafetaria.
  8. Interaksi dengan Pengunjung Lain: Manfaatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan pengunjung lain dan bersosialisasi, terutama jika Anda berkunjung bersama teman atau keluarga.
  9. Ikuti Acara Khusus: Jika ada acara khusus atau pertunjukan tertentu, pastikan untuk menyertainya dalam rencana kunjungan Anda.
  10. Hormati Lingkungan: Jaga kebersihan taman dengan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga fasilitas agar tetap terawat.

Dengan memperhatikan tips-tips ini, Anda dapat menikmati kunjungan Anda ke Edum Park Tegaldowo dengan lebih menyenangkan dan tanpa kendala. Selamat bersenang-senang!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Edum Park Tegaldowo: Pesona Rekreasi dan Edukasi di Pusat Bantul.

Your email address will not be published. Required fields are marked *