Review Ayana Gedong songo, Wisata Alam Dengan Spot Foto Kekinian

Ayana Gedong Songo merupakan sebuah tempat wisata modern yang berlokasi di Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614. Tempat wisata ini menawarkan berbagai macam spot foto yang instagramable dan menarik untuk dikunjungi bersama orang tercinta.

Wisata Ayana Gedong songo Spot Foto Kekinian
@novielondo

Selain spot foto, Ayana Gedong Songo juga menawarkan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan wisatawan seperti area parkir kendaraan yang luas, pusat informasi wisata, warung wisata, pusat oleh-oleh dan souvenir, pusat hiburan, mushola, toilet & kamar mandi, dan masih banyak lagi.

Ayana Gedong Songo dibuka pada tanggal 11 Juni 2018 dan semakin banyak dikunjungi karena keunikannya dan spot foto yang keren. Tempat ini menjaga keharmonisan dengan pemandangan alam sekitarnya dan menawarkan pemandangan indah pegunungan, awan, dan langit biru yang sangat cocok untuk berfoto. Pemandangan utama yang menjadi latar foto adalah Gunung Ungaran serta Gunung Sindoro dan Sumbing.

Di samping itu, Ayana Gedong Songo juga menawarkan fasilitas lain seperti balon udara, bubble tent atau rumah balon, hammock, tempat duduk unik, ruang santai di tengah kolam, miniatur balon udara, taman yang dipenuhi bantal, berbagai tempat duduk relaxing kekinian, gazebo, dan warung makan dan minum. Wisatawan juga dapat menikmati suasana santai dan tenang di mushola yang tersedia.

Dengan konsep wisata modern yang menarik, Ayana Gedong Songo menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Semarang, Jawa Tengah.

Alamat Akses

Ayana Gedong Songo terletak di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia dengan kode pos 50614.

Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi. Dari pusat Kota Semarang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi untuk menuju ke Ayana Gedong Songo yang berjarak sekitar 30 km dengan waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, dapat mengikuti rute menuju ke arah Bandungan dan kemudian menuju Candi Gedong Songo. Setelah mencapai Candi Gedong Songo, Anda dapat mengikuti petunjuk arah menuju Ayana Gedong Songo.

Untuk transportasi umum, Anda dapat menggunakan bus dari Terminal Mangkang Semarang dengan rute Semarang-Bandungan. Setelah tiba di Terminal Bandungan, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti ojek atau taksi untuk mencapai Ayana Gedong Songo.

Alamat lengkap Ayana Gedong Songo: Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614

Rute

Berikut ini adalah rute menuju Ayana Gedong Songo dari pusat Kota Semarang jika Anda menggunakan kendaraan pribadi:

  1. Dari pusat Kota Semarang, arahkan kendaraan menuju utara menuju Jalan Pemuda.
  2. Setelah melewati Jembatan Mberok, teruskan perjalanan hingga mencapai simpang empat Banyumanik.
  3. Di simpang empat Banyumanik, belok kanan menuju Jalan Setiabudi dan teruskan perjalanan hingga mencapai simpang tiga Getasan.
  4. Di simpang tiga Getasan, belok kiri menuju Jalan Semarang – Ambarawa dan teruskan perjalanan hingga mencapai simpang empat Bandungan.
  5. Di simpang empat Bandungan, belok kanan menuju Jalan Raya Bandungan – Ambarawa dan teruskan perjalanan hingga mencapai Candi Gedong Songo.
  6. Setelah mencapai Candi Gedong Songo, ikuti petunjuk arah menuju Ayana Gedong Songo.

Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat menggunakan bus dari Terminal Mangkang Semarang dengan rute Semarang-Bandungan. Setelah tiba di Terminal Bandungan, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti ojek atau taksi untuk mencapai Ayana Gedong Songo.

Aktivitas

Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Ayana Gedong Songo:

  1. Foto-foto di spot menarik: Menawarkan banyak spot foto yang instagramable dan menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Wisatawan dapat berfoto di depan Gunung Ungaran serta Gunung Sindoro dan Sumbing yang menjadi pemandangan utama.
  2. Menikmati pemandangan alam: Selain berfoto, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah, seperti pegunungan, awan, dan langit biru.
  3. Menginap di bubble tent: Menawarkan pengalaman menginap di bubble tent atau rumah balon yang unik dan menarik. Wisatawan dapat merasakan sensasi tidur di dalam balon dengan pemandangan alam yang indah.
  4. Bersantai di hammock: Wisatawan dapat bersantai di hammock yang tersedia sambil menikmati pemandangan alam yang indah.
  5. Bermain air di kolam: Wisatawan dapat bermain air di kolam yang tersedia dan menikmati suasana santai di ruang santai yang terletak di tengah-tengah kolam.
  6. Makan dan minum di warung wisata: Menawarkan warung wisata yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.
  7. Berbelanja oleh-oleh dan souvenir: Wisatawan dapat membeli oleh-oleh dan souvenir di pusat oleh-oleh dan souvenir yang tersedia sebagai kenang-kenangan dari liburan mereka.
  8. Beribadah di mushola: Wisatawan dapat beribadah di mushola yang tersedia untuk menjalankan kewajiban agama mereka.
  9. Mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan di Ayana Gedong Songo: Sering mengadakan berbagai kegiatan dan acara yang menarik, seperti musik live, senam pagi, dan sebagainya. Wisatawan dapat mengikuti kegiatan tersebut untuk menambah pengalaman liburan mereka.
See also  Review Delta Fishing Sidoarjo Wisata Mancing dan Outbound

Daya Tarik

Ayana Gedong Songo memiliki beberapa daya tarik yang membuat tempat wisata ini menarik bagi wisatawan, antara lain:

  1. Spot foto Instagramable: Memiliki banyak spot foto yang unik dan menarik untuk dijadikan tempat berfoto. Wisatawan dapat mengambil foto dengan latar belakang pegunungan, awan, dan langit biru yang indah.
  2. Konsep wisata modern: Memiliki konsep wisata yang modern, dengan tetap menjaga keharmonisan dengan pemandangan alam sekitarnya.
  3. Berada di satu area dengan Candi Gedong Songo: Berada di satu area dengan Candi Gedong Songo, sehingga wisatawan dapat mengunjungi candi tersebut sebagai bagian dari liburan mereka.
  4. Tersedia berbagai fasilitas: Menyediakan berbagai fasilitas seperti area parkir kendaraan yang luas, pusat informasi wisata, warung makan dan minum, pusat oleh-oleh dan souvenir, toilet dan kamar mandi, dan masih banyak lagi.
  5. Udara sejuk dan suasana alami: Berada di daerah pegunungan yang memiliki udara sejuk dan suasana alami yang menenangkan, cocok untuk menghilangkan penat dan stres.
  6. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan: Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan, seperti berjalan-jalan di taman yang dipenuhi bantal, membuat miniatur balon udara, bermain di pusat hiburan, dan lain sebagainya.
  7. Cocok untuk liburan keluarga dan pasangan: Karena tersedia berbagai fasilitas dan kegiatan yang cocok untuk semua usia, Ayana Gedong Songo menjadi tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga atau pasangan.

Fasilitas

Menawarkan berbagai fasilitas untuk para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan atau bersantai di tempat tersebut. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Ayana Gedong Songo:

  1. Area Parkir Kendaraan yang Luas: Terdapat area parkir yang luas yang dapat menampung banyak kendaraan.
  2. Pusat Informasi Wisata: Pusat informasi wisata yang siap memberikan informasi dan panduan tentang wisata di sekitar Ayana Gedong Songo.
  3. Spot Foto Kece: Terdapat banyak spot foto kekinian yang dapat menjadi tempat untuk mengambil foto dengan latar belakang pegunungan, awan, dan langit biru. Spot foto ini sangat instagramable dan menarik untuk diabadikan.
  4. Warung Wisata: Terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman untuk para pengunjung.
  5. Pusat Oleh-oleh dan Souvenir: Terdapat pusat oleh-oleh dan souvenir yang menjual berbagai jenis souvenir dan oleh-oleh khas Semarang dan sekitarnya.
  6. Pusat Hiburan: Terdapat pusat hiburan yang menawarkan berbagai macam permainan dan aktivitas untuk para pengunjung.
  7. Mushola: Terdapat mushola yang dapat digunakan oleh para pengunjung yang ingin beribadah.
  8. Toilet & Kamar Mandi: Terdapat beberapa toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat.
  9. Balon Udara: Terdapat balon udara yang dapat menjadi tempat untuk mengambil foto dengan latar belakang pegunungan.
  10. Bubble Tent: Terdapat bubble tent atau rumah balon yang dapat disewa oleh pengunjung yang ingin bermalam di tengah-tengah alam.
  11. Hammock: Terdapat hammock atau tempat tidur gantung yang dapat digunakan untuk bersantai.
  12. Tempat Duduk Unik: Terdapat berbagai tempat duduk yang unik dan kekinian untuk para pengunjung yang ingin bersantai.
  13. Ruang Santai di Tengah Kolam: Terdapat ruang santai terbuka di tengah-tengah kolam yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai.
  14. Miniatur Balon Udara: Terdapat miniatur balon udara yang dapat dijadikan objek foto.
  15. Taman yang Dipenuhi Bantal: Terdapat taman yang dipenuhi bantal yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai dan menikmati suasana alam.
  16. Gazebo: Terdapat gazebo yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai dan menikmati pemandangan sekitar.

Itulah beberapa fasilitas yang tersedia di Ayana Gedong Songo yang dapat membuat pengunjung merasa nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu di tempat tersebut.

Tiket Masuk

Untuk masuk, wisatawan harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Berikut adalah harga tiket masuk Ayana Gedong Songo:

  • Tiket masuk wisatawan dewasa: Rp 25.000/orang
  • Tiket masuk wisatawan anak-anak: Rp 20.000/orang
See also  Alun-Alun Kota Madiun, Destinasi Wisata Gratis Favorit

Selain itu, terdapat juga biaya tambahan untuk beberapa fasilitas seperti bubble tent, hammock, dan lain sebagainya. Biaya tambahan ini biasanya dibayarkan secara terpisah dan bisa berbeda-beda tergantung dari fasilitas yang dipilih oleh wisatawan.

Jadi, sebelum berkunjung, pastikan untuk mempersiapkan biaya yang diperlukan agar liburan Anda berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Penginapan

Ayana Gedong Songo sendiri tidak menyediakan penginapan, namun terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat ditemukan di sekitar kawasan wisata tersebut. Beberapa pilihan penginapan yang terdekat antara lain:

  1. Hotel Puri Gedong Songo: hotel ini hanya berjarak 1 km dan menyediakan kamar yang bersih dan nyaman dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan spa.
  2. Villa Bukit Cinta: villa ini terletak sekitar 2 km dan menyediakan kamar-kamar yang luas dan nyaman dengan pemandangan yang indah. Villa ini juga dilengkapi dengan kolam renang, dapur, dan ruang tamu yang luas.
  3. Omah Ndalem Semarang: penginapan yang berjarak sekitar 11 km ini menawarkan pengalaman menginap yang unik dengan suasana tradisional Jawa yang kental. Tersedia berbagai tipe kamar dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, terdapat juga beberapa pilihan penginapan lain yang dapat ditemukan di sekitar kawasan wisata Gedong Songo, seperti hotel-hotel dan villa-villa lainnya yang menawarkan berbagai fasilitas dan harga yang berbeda-beda. Pastikan untuk memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Hotel Dekat

Berikut beberapa hotel yang dekat dengan Ayana Gedong Songo Semarang:

  1. Villa Kencana Syariah (berjarak sekitar 1,5 km) Alamat: Jl. Jambu Raya, Blok A2, No. 12, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614 Telepon: +6282221590714
  2. The Wujil Resort & Conventions Ungaran (berjarak sekitar 4,5 km) Alamat: Jalan Raya Ungaran KM 5 Semarang, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah 50519 Telepon: +622476788888
  3. Grand Metropark Hotel (berjarak sekitar 6 km) Alamat: Jalan Ringroad Barat, Tlogosari Kulon, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah 50144 Telepon: +622476202888
  4. Wimarion Hotel (berjarak sekitar 6,5 km) Alamat: Jalan Gatot Subroto No. 16, Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah 50143 Telepon: +622476296888
  5. RedDoorz Plus @ Ngaliyan Semarang (berjarak sekitar 10 km) Alamat: Jl. Melati No.58, Tlogosari Kulon, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144 Telepon: +6281351046038

Catatan: Harga dan ketersediaan kamar dapat berubah sewaktu-waktu, jadi sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum pergi ke hotel pilihan.

Kuliner

Kawasan wisata Ayana Gedong Songo tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah dan berbagai wahana menarik, tetapi juga menyajikan berbagai kuliner khas Jawa Tengah yang lezat. Beberapa pilihan kuliner yang dapat ditemukan di sekitar kawasan wisata Gedong Songo antara lain:

  1. Sate Kelinci Pak Kumis: Sate kelinci merupakan kuliner khas Semarang yang terkenal. Anda dapat mencicipi sate kelinci yang lezat di warung Sate Kelinci Pak Kumis yang terletak sekitar 2 km.
  2. Nasi Liwet Bu Dermi: Nasi liwet merupakan makanan tradisional Jawa Tengah yang biasanya disajikan dengan lauk pauk dan sambal. Anda dapat mencicipi nasi liwet yang enak di warung Nasi Liwet Bu Dermi yang berada sekitar 1 km.
  3. Soto Semarang Pak Marto: Soto Semarang merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang wajib dicicipi. Anda dapat mencicipi soto Semarang yang enak di warung Soto Semarang Pak Marto yang terletak sekitar 5 km.
  4. Kopi Jahe Gedong Songo: Minuman ini terbuat dari kopi dan jahe yang dicampur dengan gula dan susu. Kopi Jahe Gedong Songo sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin di kawasan wisata Gedong Songo.

Selain itu, terdapat juga beberapa pilihan kuliner lainnya yang dapat ditemukan di sekitar kawasan wisata Gedong Songo, seperti makanan ringan, jajanan pasar, dan minuman

Tempat Makan

Berikut beberapa tempat makan di sekitar Ayana Gedong Songo Semarang:

  1. RM Kaliandra Gedongsongo Alamat: Jalan Raya Gedong Songo KM 16, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614 Jam Buka: Setiap Hari, Pukul 08.00-21.00 WIB Menu unggulan: Ayam Goreng Kaliandra, Sate Ayam Madura, Sop Iga Sapi
  2. Warung Mbah Wongso Alamat: Jalan Raya Gedong Songo KM 18, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614 Jam Buka: Setiap Hari, Pukul 07.00-22.00 WIB Menu unggulan: Nasi Goreng Wongso, Ayam Goreng Kalasan, Soto Ayam
  3. Rumah Makan Suryo Alamat: Jalan Raya Gedong Songo KM 18, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614 Jam Buka: Setiap Hari, Pukul 08.00-22.00 WIB Menu unggulan: Ikan Bakar, Sate Ayam, Sop Buntut
  4. Lesehan Soto Ayam Lamongan Pak Slamet Alamat: Jalan Raya Gedong Songo KM 18, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614 Jam Buka: Setiap Hari, Pukul 08.00-22.00 WIB Menu unggulan: Soto Ayam, Sate Ayam, Tahu Campur
  5. Kopi Klotok Alamat: Jalan Raya Gedong Songo KM 18, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614 Jam Buka: Setiap Hari, Pukul 08.00-20.00 WIB Menu unggulan: Kopi Klotok, Jus Buah Segar, Nasi Goreng
See also  Watu Gunung Ungaran, Obyek Wisata Unik Untuk Piknik

Catatan: Harga dan menu makanan dapat berubah sewaktu-waktu, jadi sebaiknya memperhatikan ketersediaan dan harga menu sebelum memesan.

Spot Foto

Memiliki berbagai spot foto menarik dan instagramable yang sangat cocok untuk mengabadikan momen liburan Anda. Beberapa spot foto yang dapat ditemukan di kawasan wisata Ayana Gedong Songo antara lain:

  1. Balon Udara: Spot foto ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki foto dengan latar belakang pegunungan dan langit yang cerah. Anda dapat memilih untuk berfoto di dalam balon udara atau hanya sekedar berfoto dengan balon udara sebagai latar belakang.
  2. Bubble Tent: Spot foto ini cukup unik karena Anda dapat berfoto di dalam tenda transparan berbentuk balon dengan latar belakang pegunungan dan langit biru.
  3. Hammock: Hammock atau ayunan tali ini juga menjadi spot foto yang populer. Anda dapat berpose dengan santai di atas hammock sambil menikmati pemandangan sekitar.
  4. Miniatur Balon Udara: Selain balon udara asli, terdapat juga miniatur balon udara yang cukup unik sebagai spot foto.
  5. Taman Bantal: Taman ini dipenuhi dengan bantal-bantal yang berwarna-warni dan unik. Anda dapat berfoto sambil duduk atau berbaring di atas bantal-bantal tersebut.
  6. Ruang Santai di Tengah Kolam: Spot foto ini cukup menarik karena Anda dapat berfoto di tengah kolam dengan latar belakang pegunungan dan langit biru.

Selain spot foto di atas, masih terdapat berbagai spot foto lainnya yang dapat ditemukan di kawasan wisata Ayana Gedong Songo seperti tempat duduk unik, gazebo, dan masih banyak lagi.

Wisata Sekitar

Di sekitar kawasan wisata Ayana Gedong Songo, terdapat beberapa objek wisata menarik yang dapat dikunjungi, di antaranya:

  1. Candi Gedong Songo: Candi Gedong Songo terletak di sebelah utara. Candi ini terdiri dari sembilan candi kecil yang tersebar di kawasan Gunung Ungaran. Selain sebagai objek wisata sejarah, candi ini juga menyajikan pemandangan alam yang indah.
  2. Air Terjun Gedong Songo: Air Terjun Gedong Songo terletak di kawasan Gunung Ungaran dan hanya berjarak sekitar 10 menit berkendara. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkat dengan ketinggian yang berbeda-beda dan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.
  3. Taman Wisata Rawa Pening: Taman Wisata Rawa Pening terletak di Kabupaten Semarang, sekitar 40 menit berkendara. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan indah dan menikmati wisata air dengan menyewa perahu dan menikmati suasana danau.
  4. Gunung Merbabu: Gunung Merbabu terletak di antara Kota Semarang dan Kota Magelang dan dapat ditempuh sekitar 2-3 jam berkendara. Gunung ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan dapat didaki oleh para pendaki yang berpengalaman.
  5. Lawang Sewu: Lawang Sewu terletak di pusat Kota Semarang dan dapat ditempuh sekitar 1 jam berkendar. Bangunan peninggalan Belanda ini memiliki arsitektur yang indah dan menyimpan sejarah penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Ayana Gedong Songo merupakan tempat wisata terbaru di Semarang yang menawarkan berbagai macam spot foto instagramable dan aktivitas menarik seperti balon udara, hammock, dan bubble tent. Selain itu, kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas parkir kendaraan yang luas, pusat informasi wisata, warung wisata, pusat oleh-oleh dan souvenir, pusat hiburan, mushola, toilet, dan kamar mandi. Di sekitar kawasan juga terdapat beberapa wisata menarik seperti Candi Gedong Songo, Bukit Cinta, dan Bukit Bandungan yang dapat menjadi alternatif untuk dikunjungi. Terdapat juga beberapa penginapan dan tempat kuliner di sekitar kawasan yang dapat menjadi pilihan bagi para wisatawan. Overall, Ayana Gedong Songo merupakan destinasi wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Review Review Ayana Gedong songo, Wisata Alam Dengan Spot Foto Kekinian.

Your email address will not be published. Required fields are marked *