Wisata Alam Goa Tirta Mulya Goa Sepanjang 135 Meter Di Semarang

Goa Tirta Mulya merupakan destinasi wisata alam yang populer di daerah Bandungan, Semarang. Goa ini terkenal karena panorama alam yang indah dan menjadi salah satu goa buatan manusia yang dibuat pada tahun 2009 oleh lima orang dalam kurun waktu tiga bulan. Goa ini memiliki panjang sekitar 100 meter dengan lebar tiga meter dan berbentuk trapesium.

Untuk menuju ke lokasi, Anda harus memasuki area wisata Sidomukti terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mengikuti jalan yang ada dan terus menelusurinya hingga sampai ke tempat tujuan. Selama perjalanan, Anda akan menemukan taman dan pondok kopi Umbul Sidomukti dengan pemandangan yang indah.

Harga tiket masuk untuk mengunjungi Goa Tirta Mulya terdiri dari beberapa pintu tiket yang harus Anda lalui. Tiket awal yang harus Anda bayarkan adalah Rp 2.000 per orang untuk memasuki daerah wisata Sidomukti dan Rp 4.000 per orang untuk melalui daerah pondok kopi. Biaya parkir kendaraan sendiri dikenakan tarif senilai Rp 2.000 per motor. Untuk memasuki goa, Anda harus membayar sebesar Rp 5.000 per orang. Harga tiket masuk tidak berbeda untuk akhir pekan atau hari kerja.

Goa Tirta Mulya dibuka untuk umum setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 12 malam. Jika ingin menikmati suasana yang tidak terlalu ramai, sebaiknya datang lebih pagi karena kebanyakan wisatawan datang mulai siang hingga sore hari. Saat suasana di area sedang sepi pengunjung, Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Ungaran yang indah, terutama di pagi hari dan menjelang malam ketika para pengunjung sudah pulang.

Fasilitas yang tersedia di sekitar area wisata Goa Tirta Mulya cukup lengkap, mulai dari ATM Link, tempat parkir yang luas, toilet, dan musholla yang terawat sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi saat berwisata karena kebersihannya sudah terjaga. Selain itu, Anda juga bisa menemukan penginapan dan restoran dengan mudah di area tersebut.

Bagi Anda yang suka berfoto, Goa Tirta Mulya menawarkan spot-spot menarik untuk berfoto ala vintage, karena desain objek wisata disini mengusung tema tempo dulu. Jangan lewatkan untuk mampir ke destinasi wisata alam ini saat berlibur di Bandungan dan nikmati pengalaman berlibur yang berkesan.

Alamat Akses

Alamat lengkap Goa Tirta Mulya adalah di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Untuk akses menuju ke lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti taksi, ojek, atau bus. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti rute dari Kota Semarang menuju arah Bandungan melalui Jalan Raya Bandungan – Semarang. Setelah tiba di Bandungan, Anda bisa mengikuti rute menuju Umbul Sidomukti dan mengikuti petunjuk arah menuju Goa Tirta Mulya.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus dari Terminal Terboyo atau Terminal Mangkang di Semarang menuju Terminal Bandungan. Setelah sampai di Terminal Bandungan, Anda bisa naik angkutan umum seperti ojek atau becak motor untuk menuju ke lokasi Goa Tirta Mulya. Namun, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu jadwal keberangkatan bus atau angkutan umum agar tidak kebingungan di perjalanan.

See also  Ulasan Lengkap Pantai Maron Semarang: Sejarah, Tiket, Lokasi, Akses

Rute

Untuk menuju ke Goa Tirta Mulya, Anda dapat menggunakan rute sebagai berikut:

  1. Dari Kota Semarang, menuju ke arah Bandungan melalui jalan Tol Semarang-Solo.
  2. Setelah keluar dari pintu tol, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Bandungan-Temanggung.
  3. Setelah melewati Terminal Bandungan, lanjutkan perjalanan sekitar 2 km kemudian belok kanan ke arah Jalan Raya Pekalongan – Bandungan.
  4. Ikuti terus jalan tersebut hingga sampai ke Umbul Sidomukti.
  5. Anda dapat parkir kendaraan di tempat yang disediakan di sekitar area Umbul Sidomukti.
  6. Dari Umbul Sidomukti, Anda dapat berjalan kaki menuju lokasi Goa Tirta Mulya. Ikuti saja jalan setapak yang tersedia dan jangan khawatir, sudah banyak petunjuk arah yang tersedia.

Alternatif lain, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau taksi. Namun, Anda harus turun di Terminal Bandungan dan melanjutkan perjalanan dengan ojek atau taksi online hingga ke lokasi Goa Tirta Mulya.

Aktivitas

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Goa Tirta Mulya, antara lain:

  1. Menjelajahi gua: Tentu saja aktivitas utama yang bisa dilakukan di sini adalah menjelajahi gua Tirta Mulya. Gua ini terdiri dari lorong sempit yang cukup panjang, sehingga dapat menjadi pengalaman yang menarik untuk dijelajahi.
  2. Berfoto: Selain menjelajahi gua, Anda juga bisa berfoto di beberapa spot yang telah disediakan di sekitar area wisata. Desain objek wisata disini mengusung tema tempo dulu, sehingga bisa menjadi spot yang cocok untuk berfoto ala vintage.
  3. Menikmati pemandangan: Di ujung goa terdapat tempat kecil yang dibatasi oleh pagar, di tempat tersebut Anda bisa menikmati pemandangan gunung Ungaran yang indah. Saat suasana di area sedang sepi pengunjung, Anda bisa menikmati suasana yang tenang dan menenangkan.
  4. Beristirahat di taman: Di sekitar area wisata Goa Tirta Mulya juga terdapat taman yang cocok untuk beristirahat dan menikmati suasana alam. Anda bisa duduk santai sambil menikmati segarnya udara di sekitar gua.
  5. Mencicipi kuliner: Di sekitar area wisata juga terdapat beberapa kedai makanan dan minuman yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah pondok kopi Umbul Sidomukti yang menyediakan berbagai macam kopi dan makanan ringan yang cocok untuk menemani aktivitas Anda di sana.

Fasilitas

Goa Tirta Mulya menyediakan beberapa fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, antara lain:

  1. Tempat Parkir: Menyediakan area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi pengunjung. Biaya parkir untuk sepeda motor sekitar Rp2.000,-.
  2. Toilet: Ada beberapa toilet yang tersedia di sekitar area wisata yang bersih dan terawat.
  3. Musholla: Menyediakan musholla yang cukup besar bagi pengunjung yang ingin beribadah.
  4. Warung Makan: Di sekitar area terdapat beberapa warung makan yang menyediakan makanan dan minuman ringan dengan harga terjangkau.
  5. Area Bermain Anak: Terdapat area bermain anak di dekat pintu masuk yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak yang ikut dalam perjalanan.
  6. Penginapan: Pengunjung yang ingin menginap dapat memilih beberapa penginapan di sekitar area wisata seperti hotel, villa, atau penginapan homestay yang dapat dipesan dengan harga yang terjangkau.

Tiket Masuk

Untuk bisa memasuki Goa, pengunjung harus membayar beberapa tiket masuk terlebih dahulu. Berikut adalah rincian harga tiket masuk:

  1. Tiket Masuk Area Wisata Sidomukti: Rp 2.000,- per orang
  2. Tiket Masuk Daerah Pondok Kopi: Rp 4.000,- per orang
  3. Biaya Parkir Kendaraan: Rp 2.000,- per motor
  4. Tiket Masuk Goa Tirta Mulya: Rp 5.000,- per orang
See also  Pemandian Air Panas Guciku Hot Water Boom Bumijawa

Pengunjung harus membayar tiket masuk Area Wisata Sidomukti terlebih dahulu sebelum bisa menuju ke Goa. Selanjutnya, pengunjung juga harus membayar tiket masuk Daerah Pondok Kopi untuk bisa melewati daerah tersebut menuju ke lokasi. Biaya parkir kendaraan juga harus dibayarkan oleh pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Terakhir, pengunjung harus membayar tiket masuk untuk bisa memasuki gua tersebut. Harga tiket masuk ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, sehingga sebaiknya pengunjung mengecek kembali informasi terbaru mengenai harga tiket masuk sebelum berkunjung.

Penginapan

Goa Tirta Mulya lokasinya berada di daerah wisata Jimbaran, Anda dapat mencari berbagai jenis penginapan seperti hotel, villa, dan guest house yang tersedia di sana. Beberapa contoh penginapan di Jimbaran adalah InterContinental Bali Resort, Ayana Resort and Spa, dan Kupu Kupu Jimbaran Beach Club & Spa by L’Occitane. Anda dapat mencari penginapan di situs web booking seperti Booking.com atau Agoda.com untuk informasi lebih lanjut.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel terdekat dengan Goa Tirta Mulya:

  1. OYO 1499 Ayu Hotel And Gallery (2.7 km dari lokasi) Alamat: Jl. Raya Kepuh E87, Pedalangan, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148 Telepon: +628119390933
  2. Grand Candi Hotel (5.6 km dari lokasi) Alamat: Jl. Sisingamangaraja No.16, Candisari, Semarang Selatan, Candisari, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50252 Telepon: (024) 8318888
  3. OYO 3928 Metro Residence (7.1 km dari lokasi) Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No.97, Karangrejo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50134 Telepon: +6281388824997
  4. favehotel Diponegoro Semarang (7.6 km dari lokasi) Alamat: Jl. Dr. Sutomo No. 52-54, Semarang Tengah, Semarang Tengah, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50248 Telepon: (024) 8442777
  5. Louis Kienne Hotel Pandanaran (8.3 km dari lokasi) Alamat: Jl. Pandanaran No. 58, Sumurboto, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50136 Telepon: (024) 3546888

Harap diingat bahwa jarak dan waktu tempuh dapat bervariasi tergantung pada kondisi lalu lintas dan rute yang diambil.

Tempat Makan

Di sekitar Goa Tirta Mulya terdapat beberapa tempat makan yang bisa menjadi pilihan, di antaranya:

  1. Warung Mak Beng Jimbaran: Terkenal dengan hidangan ikan bakar dan sambalnya yang lezat.
  2. Seafood Jimbaran: Menyediakan aneka hidangan seafood segar seperti udang, kepiting, dan ikan bakar.
  3. Warung Menega Jimbaran: Juga terkenal dengan hidangan seafoodnya yang lezat dan harga yang terjangkau.
  4. Warung Cahaya: Menyediakan hidangan nasi campur dan nasi goreng yang enak dengan harga yang terjangkau.
  5. Warung Subak Daun Pisang: Menyediakan hidangan masakan tradisional Indonesia dengan suasana yang nyaman dan asri.

Beberapa tempat makan di atas dapat ditemukan di sekitar Pantai Jimbaran yang terletak tidak jauh dari Goa Tirta Mulya.

Spot Foto

Goa Tirta Mulya memiliki beberapa spot foto yang menarik, di antaranya:

  1. Pintu Masuk Goa: Terdapat pintu masuk goa yang memiliki arsitektur yang unik dan menarik untuk difoto.
  2. Goa Bersejarah:Memiliki goa yang bersejarah dan memiliki ornamen khas Jawa Tengah yang sangat cocok untuk dijadikan spot foto.
  3. Pemandangan Alam: Tidak hanya goa, pemandangan alam sekitar juga sangat indah dan bisa dijadikan latar belakang foto yang menarik.
  4. Air Terjun: Memiliki air terjun kecil yang cocok untuk dijadikan spot foto dengan latar belakang air terjun yang indah.
  5. Jembatan: Terdapat jembatan kecil yang menghubungkan area yang bisa dijadikan spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang menarik.
See also  Taman Wisata Kopeng Destinasi Wisata Pegunungan di Semarang

Pastikan untuk tidak merusak atau mengganggu keindahan alam dan bangunan saat mengambil foto di tempat ini.

Wisata Sekitar

Beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi di sekitar Goa Tirta Mulya antara lain:

  1. Taman Nasional Gunung Merbabu: terletak sekitar 30 km, taman nasional ini menawarkan keindahan alam pegunungan yang masih alami dan terjaga.
  2. Candi Gedong Songo: terletak sekitar 40 km, candi ini memiliki pemandangan indah dan sejarah yang menarik untuk dipelajari.
  3. Kawah Sikunir: terletak sekitar 50 km, kawah ini menawarkan pemandangan sunrise dan sunset yang spektakuler serta keindahan alam pegunungan yang menakjubkan.
  4. Kampung Pelangi: terletak sekitar 60 km, kampung ini menawarkan pemandangan warna-warni rumah yang indah dan menarik untuk dijadikan spot foto.
  5. Candi Borobudur: terletak sekitar 80 km, candi ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO dan menawarkan keindahan arsitektur dan sejarah yang luar biasa.
  6. Goa Jomblang: terletak sekitar 90 km, goa ini menawarkan pengalaman mendaki dan menuruni tebing untuk masuk ke dalam gua dan menikmati keindahan alam bawah tanah yang menakjubkan.
  7. Pantai Parangtritis: terletak sekitar 100 km, pantai ini menawarkan keindahan pemandangan laut yang menakjubkan serta budaya tradisional yang khas.

Goa Tirta Mulya adalah sebuah objek wisata gua yang terletak di Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gua ini memiliki sejarah dan keunikan tersendiri, karena terdapat kolam air suci yang diyakini dapat membantu menyembuhkan penyakit. Selain itu, di dalam gua juga terdapat beberapa patung dan ornamen yang menambah keindahan dan kesakralan tempat tersebut.

Untuk aktivitas yang bisa dilakukan di sini, pengunjung dapat melakukan perjalanan menelusuri gua, berdoa atau meditasi, dan mandi di kolam air suci. Fasilitas yang tersedia di antaranya adalah toilet, tempat parkir, dan warung makan. Tiket masuk ke tempat ini tergolong terjangkau.

Bagi wisatawan yang ingin menginap di sekitar area ini, terdapat beberapa penginapan dan hotel yang dapat dipilih. Selain itu, terdapat juga tempat makan yang menyajikan menu-menu khas daerah.

Untuk spot foto, pengunjung bisa mengambil gambar di sekitar gua atau di dekat kolam air suci. Selain itu, wisatawan juga bisa menjelajahi sekitar lokasi dan mengunjungi objek wisata lainnya yang berada di sekitar kawasan Bandungan.

Dari sejarah dan keunikan yang dimiliki oleh Goa Tirta Mulya, dapat disimpulkan bahwa tempat ini merupakan objek wisata yang cocok dikunjungi untuk mereka yang mencari tempat beribadah dan merenung, sekaligus menikmati keindahan alam dan sejarah di sekitarnya.

Review Wisata Alam Goa Tirta Mulya Goa Sepanjang 135 Meter Di Semarang.

Your email address will not be published. Required fields are marked *