Pesona Bukit Indah Simarjarunjung: Mengintip Keindahan Danau Toba dari Ketinggian

Bukit Indah Simarjarunjung (BIS), sebagai destinasi wisata alam unggulan di Sumatera Utara, menawarkan pesona keindahan yang tak kalah memukau dengan destinasi serupa, seperti Kalibiru di Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di daerah yang subur dan alami, BIS menjadi magnet bagi para wisatawan yang mencari ketenangan sekaligus ingin memanjakan mata dengan panorama alam yang spektakuler.

Salah satu keistimewaan Bukit Indah Simarjarunjung terletak pada pemandangannya yang menakjubkan terhadap Danau Toba. Danau Toba, sebagai danau vulkanik terbesar di Indonesia, memberikan latar belakang yang megah dan menawan. Dari ketinggian, pengunjung dapat menikmati keindahan alami danau yang meliputi birunya air yang memukau serta pulau-pulau kecil yang tersebar di tengahnya.

Perbedaan signifikan antara BIS dan Kalibiru terletak pada fokus panorama alamnya. Kalibiru mempesona dengan kehijauan hutan perbukitan yang dapat dinikmati dari ketinggian, sementara BIS menawarkan perspektif yang menakjubkan terhadap keindahan Danau Toba dan bukit-bukit hijau yang mengelilinginya.

Keberagaman ini menunjukkan kekayaan alam Indonesia yang tak terbatas. BIS bukan hanya sebuah destinasi pariwisata, tetapi juga menjadi representasi keindahan alam Sumatera Utara yang patut dijelajahi. Pengelolaan yang baik terhadap destinasi ini akan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pariwisata lokal dan memperkenalkan potensi wisata Indonesia ke tingkat internasional.

Dengan penuh harapan, BIS dan destinasi wisata serupa di seluruh Indonesia dapat terus dijaga keasliannya, memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjung, serta berperan dalam mendukung pembangunan ekonomi dan pelestarian lingkungan.

Harga Tiket Masuk Bukit Indah Simarjarunjung

Berikut adalah daftar harga tiket dan biaya lainnya yang berlaku di Bukit Indah Simarjarunjung:

  1. Tiket Masuk: Gratis
    • Pengunjung tidak perlu membayar biaya retribusi masuk.
  2. Parkir Kendaraan:
    • Motor: Rp5.000,00
    • Mobil: Rp10.000,00
  3. Spot Foto: Rp5.000,00
    • Biaya untuk menikmati dan berfoto di berbagai spot menarik di Bukit Indah Simarjarunjung.
  4. Wahana Sepeda Roda 2:
    • Single: Rp20.000,00
    • Double: Rp30.000,00
  5. Wahana Becak:
    • Single: Rp20.000,00
    • Double: Rp30.000,00
  6. Sewa Tenda: Rp30.000,00
    • Biaya untuk menyewa tenda, cocok bagi pengunjung yang ingin berkemah di area camping ground.
  7. Flying Fox 100m: Rp30.000,00
    • Biaya untuk mencoba wahana flying fox sepanjang 100 meter, memberikan pengalaman seru meluncur di atas Bukit Indah Simarjarunjung.

Penting untuk dicatat bahwa biaya-biaya tersebut bersifat ekstra dan opsional, tergantung pada aktivitas dan wahana yang ingin diikuti oleh pengunjung. Selain itu, jika pengunjung memutuskan untuk berbelanja souvenir di toko souvenir atau membeli makanan dan minuman di pusat wisata kuliner terdekat, biaya tambahan mungkin juga diperlukan. Pastikan untuk mempersiapkan uang tunai dengan denominasi yang sesuai saat mengunjungi Bukit Indah Simarjarunjung.

Pengunjung dapat memilih sesuai dengan jenis kendaraan yang mereka gunakan atau menikmati wahana berbayar dengan harga yang bervariasi. Biaya retribusi yang terjangkau ini memberikan akses kepada para wisatawan untuk menikmati keindahan alam yang disajikan oleh Bukit Indah Simarjarunjung.

Jam operasional Bukit Indah Simarjarunjung:

  • Wahana: 07.00 – 19.00
  • Penginapan: 24 Jam

Obyek wisata ini buka setiap hari untuk pengunjung, mulai dari pagi hingga sore. Waktu yang sangat diminati adalah saat matahari terbit atau senja tiba, memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan yang memukau. Sebagai tips, disarankan untuk menghindari kunjungan pada akhir pekan karena dapat menjadi lebih ramai. Pengunjung juga dapat memanfaatkan penginapan yang buka 24 jam untuk memperpanjang waktu kunjungan mereka dan menikmati keindahan Bukit Indah Simarjarunjung dengan lebih leluasa.

Alamat Rute Lokasi

Bagi para pengunjung yang berencana mengunjungi tempat ini. Berikut adalah informasi lebih lanjut mengenai lokasi dan rute menuju Bukit Indah Simarjarunjung:

Lokasi:

  • Desa Dolok Pardamean, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Indonesia.
  • Terletak di antara Danau Toba dan Gunung Sibayak.

Waktu Perjalanan dari Medan:

  • Sekitar 2-3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Rute Medan – Simarjarunjung:

  1. Dari Medan, naik angkutan umum seperti bus atau travel menuju Berastagi.
  2. Setelah tiba di Berastagi, naik angkutan umum lagi menuju ke arah Sipisopiso dan turun di Desa Simarjarunjung.
  3. Dari Simarjarunjung, bisa naik ojek atau kendaraan pribadi untuk mencapai Bukit Indah Simarjarunjung.

Rute Medan – Tebing Tinggi – Raya:

  1. Dari Medan, naik angkutan umum menuju Tebing Tinggi.
  2. Setelah tiba di Tebing Tinggi, naik angkutan umum lagi menuju Raya.
  3. Dari Raya, bisa naik ojek atau kendaraan pribadi untuk mencapai Bukit Indah Simarjarunjung.

Rute Berastagi – Raya:

  1. Dari Berastagi, naik angkutan umum menuju Raya.
  2. Setelah tiba di Raya, bisa naik ojek atau kendaraan pribadi untuk mencapai Bukit Indah Simarjarunjung.

Kendaraan Pribadi:

  • Dari Medan, perjalanan memakan waktu sekitar 2-3 jam dengan rute Medan – Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Raya.
  • Dari Berastagi, perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam dengan rute Berastagi – Dolok Tinggi Raja – Raya.

Parkir:

  • Tersedia area parkir yang luas di Bukit Indah Simarjarunjung.

Sebaiknya, sebelum melakukan perjalanan, pastikan untuk memeriksa kondisi rute dan transportasi yang akan digunakan. Selain itu, tanyakan informasi terkini kepada pihak pengelola atau sumber terpercaya untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan menuju Bukit Indah Simarjarunjung.

Perjalanan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan bus sewaan, tergantung pada preferensi dan kenyamanan masing-masing pengunjung.

Pastikan untuk menggunakan peta atau aplikasi navigasi yang dapat membantu Anda mencapai destinasi dengan lebih mudah. Jika memungkinkan, Anda juga dapat meminta petunjuk atau informasi terkait di daerah sekitar untuk memastikan perjalanan Anda berjalan lancar.

Daya Tarik

Bukit Indah Simarjarunjung, sebagai bagian dari gugusan Bukit Barisan, menawarkan pengalaman wisata alam yang luar biasa. Berlokasi di atas bukit, tempat ini memberikan pengunjung kesempatan untuk menikmati pemandangan spektakuler Danau Toba dari ketinggian. Kesamaan pemandangan dengan Bali telah memberikan julukan khusus bagi bukit ini, menyebutnya sebagai “tempat wisata di Medan rasa Bali.”

Pesona bukit ini tidak hanya terbatas pada keindahan alamnya, tetapi juga diperkaya dengan hijaunya kawasan perbukitan yang menjadi bagian dari rangkaian pegunungan Bukit Barisan. Bukit ini memberikan pengunjung sensasi memagari area danau alami terbesar di Indonesia, yaitu Danau Toba.

Daya tarik yang membedakan Bukit Indah Simarjarunjung adalah kehadiran berbagai wahana dan spot selfie kreatif yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung dapat merasakan keseruan dengan berbagai wahana yang tersedia. Fasilitas penunjang wisata yang lengkap dan mumpuni juga turut menambah kenyamanan pengunjung selama berkunjung.

Apakah Anda penasaran dengan daya tarik yang membuat wisata bukit ini begitu layak untuk dikunjungi? Mari kita simak informasi selanjutnya untuk mengetahui apa saja yang membuat Bukit Indah Simarjarunjung begitu menarik dan unik.

Danau Toba

Ketinggian hampir 1.160 meter di atas permukaan laut memberikan pengunjung Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) kesempatan langka untuk menikmati keindahan Danau Toba dari berbagai sudut. Pemandangan yang memukau meliputi padang rumput hijau yang disulap oleh kehadiran pohon pinus setinggi 5 hingga 7 meter. Bukit ini menjadi panggung bagi panorama alam yang mempesona, dan melalui ketinggian ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan menarik seperti menara stasiun TV transmisi pemerintah, Pulau Tao, Pulau Samosir, dan bahkan Parapat yang tampak dari kejauhan.

Tidak mengherankan jika banyak pengunjung yang merasa tidak puas jika tidak mengabadikan momen indah ini dalam bentuk dokumentasi. Bukit Indah Simarjarunjung menjadi daya tarik bagi para fotografer amatir maupun profesional yang ingin mengambil foto dengan latar belakang keindahan Danau Toba. Keindahan alam yang ditawarkan oleh BIS memang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Selain itu, beberapa pengunjung juga memilih mengunjungi Bukit Indah Simarjarunjung pada waktu-waktu khusus, seperti saat matahari terbenam atau terbit. Pengalaman melihat Danau Toba dalam suasana yang berbeda ini menambah nilai eksotis dan romantis bagi para wisatawan yang mencari momen istimewa selama kunjungan mereka.

Bukit Indah Simarjarunjung dengan segala keunikan dan keindahannya menjadi destinasi yang tidak hanya memuaskan hasrat eksplorasi alam, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menciptakan kenangan yang abadi melalui lensa kamera.

Spot Foto

Bukit Indah Simarjarunjung tidak hanya menjadi destinasi yang memukau dengan keindahan alamnya, tetapi juga menyuguhkan beberapa spot foto menarik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Spot-spot tersebut diantaranya adalah rumah pohon, sepeda gantung, kursi dan meja melayang, pohon cinta, hingga gardu pandang. Salah satu gardu pandang yang paling diminati adalah yang berbentuk balon udara.

Beberapa spot foto tersebut dirancang dengan kreativitas untuk memberikan pengalaman berfoto yang unik dan berkesan. Rumah pohon yang jumlahnya mencapai 5 buah, sepeda gantung, dan kursi serta meja yang melayang menambah nuansa keceriaan dan keunikannya. Pohon cinta dan gardu pandang berbentuk balon udara juga memberikan sentuhan romantis dan spektakuler pada spot-spot foto di Bukit Indah Simarjarunjung.

Untuk dapat berfoto di spot-spot yang disediakan, pengunjung perlu membayar biaya yang cukup terjangkau, dan spot foto ini tersedia lebih dari satu, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan antrian panjang. Selain itu, bagi yang ingin lebih leluasa dalam menikmati momen di Bukit Indah Simarjarunjung, tersedia opsi untuk menyewa fotografer yang siap membantu dalam mengabadikan momen bahagia di spot-spot tersebut. Pengunjung hanya perlu menyiapkan memory card, kamera, atau ponsel mereka sendiri. Paket foto juga tersedia, termasuk paket 30 foto lengkap dengan fotografernya, memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin memiliki kenangan yang profesional dan berkualitas tinggi.

Ayunan Ekstrim

Bagi para pecinta olahraga ekstrim, Bukit Indah Simarjarunjung menawarkan pengalaman yang tak terlupakan melalui wahana ayunan gantung yang unik. Ayunan ini tergantung di atas Danau Toba, memberikan sensasi berayun sambil menikmati pemandangan langsung keindahan Danau Toba dan sekitarnya. Pengunjung dapat merasakan keberanian dan keseruan saat berayun di atas danau yang megah.

Namun, untuk mencoba wahana ayunan gantung ini, pengunjung perlu membayar retribusi tertentu. Biaya ini mungkin berbeda tergantung pada kebijakan pengelola dan fasilitas yang disediakan di lokasi.

Selain ayunan gantung, Bukit Indah Simarjarunjung juga menawarkan pengalaman flying fox sepanjang 100 meter. Flying fox ini menjadi alternatif bagi para pengunjung yang mencari tantangan dan kecepatan. Meluncur sejauh itu di atas ketinggian Bukit Indah Simarjarunjung tentu akan memberikan sensasi yang mendebarkan.

Dengan menawarkan wahana-wahana ekstrim seperti ini, Bukit Indah Simarjarunjung tidak hanya menjadi destinasi untuk menikmati keindahan alam, tetapi juga untuk memuaskan hasrat petualangan dan adrenalina para pengunjung yang gemar olahraga ekstrim.

Flying Fox 100 Meter

Wahana Flying Fox sepanjang 100 meter di Bukit Indah Simarjarunjung menambah daya tarik destinasi ini bagi para pencari sensasi ekstrem. Flying Fox merupakan kegiatan yang menguji keberanian dan memberikan pengalaman luncur cepat melalui kabel sepanjang lintasan yang telah disiapkan.

Dengan panjang lintasan yang mencapai 100 meter, pengunjung dapat menikmati kecepatan dan ketegangan sepanjang perjalanan melintasi area Bukit Indah Simarjarunjung. Wahana ini memberikan sensasi mendebarkan dan memungkinkan para penggemar olahraga ekstrem untuk merasakan kebebasan dalam suasana alam yang menakjubkan.

Selain memberikan pengalaman berbeda dan memuaskan hasrat petualangan, Flying Fox sepanjang 100 meter di Bukit Indah Simarjarunjung juga menjadi salah satu cara untuk mengeksplorasi keindahan alam sekitar dengan cara yang unik dan seru. Wahana ekstrem ini semakin menambah variasi aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, menjadikan Bukit Indah Simarjarunjung sebagai destinasi yang cocok untuk berbagai kalangan wisatawan dengan minat dan keinginan berbeda.

Kebersihan dan kerapihan

Kepedulian pihak pengelola terhadap kebersihan dan kerapian Bukit Indah Simarjarunjung merupakan nilai tambah yang signifikan. Upaya menjaga kebersihan dan keindahan setiap hari menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan bagi para pengunjung. Kebersihan yang terjaga juga berperan penting dalam mempertahankan pesona alam dan memastikan pengalaman positif bagi semua yang datang ke sana.

Bukit Indah Simarjarunjung bukan hanya sebuah destinasi alam yang memukau, tetapi juga sebuah tempat yang menawarkan ketenangan. Keberadaannya cocok untuk menjadi pelarian bagi mereka yang ingin menikmati momen ketenangan di tengah pesona alam yang indah.

Selain itu, kenyamanan tempat ini membuatnya menjadi destinasi yang ideal untuk bersantai bersama keluarga dan teman-teman. Dengan beragam fasilitas dan keindahan alam yang ditawarkan, tempat ini dapat menjadi tempat yang pas untuk menikmati waktu berkualitas, berbagi kebahagiaan, dan menciptakan kenangan bersama.

Camping Ground

Bukit Indah Simarjarunjung menawarkan pengalaman camping yang menarik bagi para pengunjung yang ingin mendekatkan diri dengan alam. Berikut adalah informasi terkait camping di Bukit Indah Simarjarunjung:

Camping Ground: Bukit Indah Simarjarunjung menyediakan area camping ground yang luas untuk para pengunjung yang ingin berkemah di tengah alam. Pengunjung dapat membawa peralatan camping sendiri atau menyewa tenda di lokasi.

Biaya Sewa Tenda: Pengunjung yang ingin camping di area tersebut akan dikenai biaya tambahan, dan biaya ini biasanya mencakup sewa tenda. Pastikan untuk mengecek informasi terkini mengenai tarif sewa tenda di Bukit Indah Simarjarunjung.

Fasilitas Camping:

  • Camping ground dilengkapi dengan fasilitas toilet untuk kenyamanan para pengunjung.
  • Pengunjung dapat menikmati suasana malam yang tenang dan sejuk di tengah perbukitan.

Tips untuk Camping di Bukit Indah Simarjarunjung:

  1. Pastikan membawa peralatan camping yang cukup, termasuk sleeping bag, matras, dan perlengkapan makan.
  2. Persiapkan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca.
  3. Periksa kebijakan dan biaya terkait camping sebelumnya untuk menghindari ketidaknyamanan.

Sebelum merencanakan perjalanan camping, disarankan untuk menghubungi pihak pengelola atau mendapatkan informasi terbaru melalui situs resmi atau kontak yang tersedia. Dengan begitu, Anda dapat mempersiapkan segala sesuatu dengan lebih baik dan memastikan pengalaman camping yang menyenangkan di Bukit Indah Simarjarunjung.

Sunset

Bukit Indah Simarjarunjung menyajikan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler, membuat momen sunset di tempat ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pengunjung. Berikut adalah gambaran tentang pengalaman menikmati sunset di Bukit Indah Simarjarunjung:

  1. Panorama Danau Toba: Dari ketinggian Bukit Indah Simarjarunjung, pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam dengan latar belakang panorama Danau Toba yang memukau. Warna langit yang berubah-ubah dan pantulan cahaya matahari pada permukaan danau menciptakan pemandangan yang memikat.
  2. Pemandangan Pegunungan: Bukit Indah Simarjarunjung terletak di antara pegunungan, dan saat matahari mulai terbenam, pegunungan tersebut dapat menjadi latar belakang yang indah. Siluet pegunungan yang terangkat dengan gradasi warna langit senja menciptakan atmosfer yang romantis dan menenangkan.
  3. Spot Foto Menarik: Selain menikmati pemandangan, Bukit Indah Simarjarunjung juga memiliki spot-spot foto menarik yang dapat digunakan untuk mengabadikan momen matahari terbenam. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang langit senja yang memukau atau dengan elemen-elemen alam seperti pohon pinus yang ikonik.
  4. Atmosfer Romantis: Suasana yang tenang dan sejuk di Bukit Indah Simarjarunjung saat senja membuat momen sunset di sini cocok untuk pasangan yang ingin menghabiskan waktu bersama dalam suasana romantis.

Tips untuk Menikmati Sunset di Bukit Indah Simarjarunjung:

  • Datanglah beberapa saat sebelum matahari terbenam untuk menikmati perubahan warna langit.
  • Pilih spot yang strategis untuk melihat panorama Danau Toba dan pegunungan dengan lebih baik.
  • Persiapkan kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen indah ini.

Selalu perhatikan cuaca sebelumnya untuk memastikan langit cerah, sehingga Anda dapat menikmati pemandangan sunset Bukit Indah Simarjarunjung secara optimal.

Fasilitas

Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) tidak hanya memukau dengan keindahan alamnya, tetapi juga memanjakan pengunjung dengan fasilitas yang lengkap dan beragam. Berbagai fasilitas umum dan penunjang telah disediakan dengan baik, menciptakan kenyamanan dan kemudahan bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

  1. Tempat Makan (Kantin): Pengunjung dapat menikmati berbagai menu makanan khas Medan, termasuk hidangan durian dan makanan khas lainnya, di fasilitas tempat makan atau kantin yang tersedia di Bukit Indah Simarjarunjung.
  2. Tempat Penginapan (Villa, Homestay, dan Hotel): Berbagai jenis penginapan seperti villa, homestay, dan hotel tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dengan berbagai preferensi. Harga penginapan juga bervariasi, memberikan opsi yang sesuai dengan berbagai anggaran.
  3. Pondok-Pondok untuk Beristirahat: Pondok-pondok yang menghadap ke area danau disediakan untuk wisatawan yang ingin beristirahat atau bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.
  4. Camping Ground: Bagi pengunjung yang mencari pengalaman berkemah di tengah alam bebas, Bukit Indah Simarjarunjung menyediakan camping ground yang luas. Fasilitas toilet juga telah disediakan untuk kenyamanan para pengunjung.
  5. Toko Souvenir: Terdapat toko souvenir khas BIS yang menawarkan berbagai barang unik sebagai oleh-oleh dari Medan.
  6. Tempat Parkir: Fasilitas tempat parkir disediakan untuk kenyamanan para pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.
  7. Toilet Umum: Adanya fasilitas toilet umum yang tersedia di area BIS untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.
  8. Spot Foto: Selain itu, terdapat berbagai spot foto menarik yang memungkinkan pengunjung untuk mengabadikan momen mereka di tengah keindahan alam Bukit Indah Simarjarunjung.
  9. Cafe untuk Bersantai: Pengunjung dapat bersantai di beberapa cafe yang terletak tidak jauh dari lokasi, menyajikan pemandangan indah Danau Toba sebagai latar belakang.

Dengan fasilitas yang lengkap dan beragam ini, Bukit Indah Simarjarunjung tidak hanya menjadi destinasi alam yang indah, tetapi juga sebuah kompleks wisata yang memenuhi berbagai kebutuhan dan preferensi pengunjung, baik yang ingin beristirahat, berpetualang, maupun menikmati keindahan alam.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News