Coban Ciblungan: Wisata Air Terjun yang Menawan di Malang

Jika kamu sedang mencari destinasi wisata yang menyajikan pemandangan alam yang indah, Coban Ciblungan bisa jadi pilihan yang tepat. Air terjun yang terletak di Kabupaten Malang ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat pengunjung takjub.

Meskipun tidak sepopuler air terjun lain di Malang seperti Coban Rondo atau Coban Talun, Memiliki keindahan yang tak kalah menarik. Air terjunnya memiliki beberapa aliran yang mengalir deras dari sungai di atas tebing dan berasal dari dalam tanah. Selain itu, suasana sekitar Coban Ciblungan masih sangat alami dan asri dengan hawa sejuk khas pegunungan.

Untuk menuju ke Coban Ciblungan, kamu bisa mengikuti rute dari Kota Malang menuju arah Turen lalu menuju Dampit. Setelah sampai di Dampit, dilanjutkan menuju Tirtoyudo hingga sampai di Kecamatan Ampelgading. Dari sana, kamu bisa mengikuti petunjuk arah menuju air terjun yang sudah tersedia.

Fasilitas di Coban Ciblungan memang masih terbatas, namun hal ini sebenarnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin merasakan sensasi berlibur dengan suasana yang sangat alami. Tempat parkir diatur oleh warga setempat dan biaya masuknya juga terbilang murah.

Jadi, jika kamu ingin merasakan liburan yang jauh dari keramaian dan kebisingan kota, Bisa jadi pilihan yang tepat. Pemandangan yang menawan dan suasana yang tenang akan membuatmu betah berlama-lama di sana.

Alamat Lengkap Akses

Alamat lengkap Coban Ciblungan adalah sebagai berikut: Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kode Pos: 65183.

Untuk mencapai lokasi Coban Ciblungan, terdapat beberapa akses yang dapat digunakan. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Malang, maka Anda dapat mengikuti rute sebagai berikut:

  1. Menuju arah Turen
  2. Lanjutkan perjalanan menuju Dampit
  3. Setelah sampai di Dampit, lanjutkan perjalanan menuju Tirtoyudo hingga sampai di Kecamatan Ampelgading
  4. Dari Ampelgading, lanjutkan perjalanan menuju Purwoharjo atau arah PLTA Ampelgading
  5. Pada sebelah kanan sebelum gapura perbatasan, Anda akan menemukan jalan kecil dengan papan petunjuk arah menuju air terjun
  6. Lanjutkan perjalanan sekitar 50 meter dan Anda akan sampai di lokasi

Jalan menuju Coban Ciblungan dapat dilalui dengan kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun motor. Jarak tempuh dari pusat Kota Malang sekitar 65 km dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

Rute

Untuk menuju Coban Ciblungan dari Kota Malang, berikut adalah rute yang dapat diikuti:

  1. Menuju ke arah Turen dan lanjutkan menuju Dampit.
  2. Setelah sampai di Dampit, lanjutkan menuju Tirtoyudo hingga sampai di Kecamatan Ampelgading.
  3. Dari Ampelgading menuju ke Purwoharjo atau arah PLTA Ampelgading.
  4. Nantinya akan menemukan jalan yang berada di sebelah kanan sebelum gapura perbatasan. Disitu terdapat papan petunjuk arah menuju air terjun.
  5. Lanjutkan perjalanan kurang lebih 50 meter dan tiba di lokasi.

Akses jalan menuju Coban Ciblungan terbilang mudah karena bisa dilalui kendaraan motor maupun mobil. Namun, sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua untuk menghindari kemacetan dan memudahkan akses ke tempat parkir yang terbatas.

Fasilitas

Meskipun Coban Ciblungan belum sepenuhnya dikelola oleh pemerintah maupun swasta, tetapi wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas di sana. Fasilitas yang tersedia masih terbatas, namun cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Tempat parkir Untuk para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, tersedia tempat parkir yang diatur oleh warga sekitar. Meskipun parkirnya di tempat penduduk, namun pengunjung tetap dapat merasa aman karena adanya pengawasan dari warga setempat.
  2. Kios makanan dan minuman Di sekitar area terdapat beberapa kios makanan dan minuman yang menjual aneka jenis makanan dan minuman. Wisatawan dapat mencicipi makanan khas daerah Malang seperti sate kelinci dan rawon.
  3. Toilet Terdapat beberapa toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung di sekitar area. Meskipun tidak terlalu besar, toilet di sana cukup bersih dan terawat.
  4. Area bermain anak Bagi wisatawan yang membawa anak-anak, tersedia area bermain yang aman dan nyaman di sekitar Coban Ciblungan. Anak-anak dapat bermain air di sungai kecil yang mengalir di dekat area bermain.

Meskipun fasilitas yang tersedia tergolong sederhana, tetapi pengunjung masih dapat menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh tempat ini. Hal ini menjadikan Coban Ciblungan sebagai destinasi wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Tiket Masuk

Berikut adalah rincian harga tiket masuk Coban Ciblungan:

  • Tiket masuk : Rp. 5.000 per orang
  • Parkir mobil : Rp. 3.000 per unit
  • Parkir motor : Rp. 2.000 per unit

Jam operasional Coban Ciblungan adalah dari jam 08.00 pagi sampai dengan jam 17.00 sore, setiap hari Senin sampai dengan Minggu.

Harap dicatat bahwa harga tersebut mungkin dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, jadi pastikan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum berkunjung. Semoga informasi ini bermanfaat!

Sejarah Mitos Legenda Misteri

Memiliki beberapa mitos, legenda, dan misteri yang melekat di dalamnya, yang telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa mitos, legenda, dan misteri tentang Coban Ciblungan:

  1. Air Terjun Angker

Coban Ciblungan diyakini oleh sebagian orang sebagai air terjun yang angker dan kerap dihantui oleh makhluk gaib. Konon, ada beberapa cerita mistis tentang pengunjung yang mendengar suara-suara aneh dan melihat bayangan-bayangan yang tidak jelas di sekitar air terjun. Namun, beberapa pengunjung menganggap mitos ini hanya cerita yang dibuat-buat untuk menambah daya tarik wisata.

  1. Penunggu Gunung

Menurut legenda setempat, Coban Ciblungan adalah tempat tinggal para penunggu gunung. Konon, para penunggu gunung ini sering menampakkan diri dalam bentuk makhluk halus seperti kuntilanak atau pocong. Oleh karena itu, sebagian pengunjung merasa tidak nyaman ketika mengunjungi Coban Ciblungan pada malam hari.

  1. Keselamatan di Air Terjun

Selain itu, ada juga mitos tentang keselamatan di Coban Ciblungan. Konon, sebelum mengunjungi air terjun ini, pengunjung harus memberikan sesaji sebagai tanda rasa hormat kepada penunggu gunung. Selain itu, pengunjung juga diharapkan untuk menghindari melakukan hal-hal yang dianggap merusak kesucian atau keseimbangan alam di sekitar air terjun.

  1. Mitos Cinta

Mitos terakhir tentang Coban Ciblungan adalah tentang cinta. Konon, ada pasangan yang telah bersumpah untuk saling mencintai di Coban Ciblungan, maka hubungan mereka akan langgeng dan bahagia selamanya. Selain itu, juga dianggap sebagai tempat yang romantis untuk menghabiskan waktu bersama dengan pasangan.

Meskipun mitos dan legenda tentang Coban Ciblungan dapat menambah daya tarik wisata, tetapi sebagai pengunjung, kita harus tetap menghormati budaya dan kepercayaan setempat serta menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sekitar air terjun.

Larangan Dan Aturan

Larangan dan aturan adalah peraturan atau norma yang ditetapkan oleh pihak yang berwenang untuk diikuti oleh individu atau kelompok tertentu dalam suatu lingkungan atau situasi. Tujuan dari larangan dan aturan adalah untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan lingkungan atau situasi tersebut.

Di Coban Ciblungan, terdapat beberapa larangan dan aturan yang perlu diikuti oleh pengunjung agar dapat menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan tersebut, antara lain:

  1. Dilarang merusak atau merusak lingkungan sekitar seperti merusak tanaman, membuang sampah sembarangan, dan merusak fasilitas umum.
  2. Dilarang membawa binatang peliharaan ke dalam area.
  3. Dilarang merokok di area karena dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan pengunjung lainnya.
  4. Dilarang melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain, seperti berenang di air terjun atau mendaki batu yang terlalu curam.
  5. Aturan yang perlu diikuti adalah mengenakan pakaian yang sesuai dan nyaman untuk aktivitas outdoor, serta mengikuti petunjuk dan pengawasan dari pihak Coban Ciblungan.

Dengan mematuhi larangan dan aturan tersebut, pengunjung dapat menjaga keamanan, kenyamanan, dan kelestarian lingkungan di Coban Ciblungan.

Aktivitas

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Coban Ciblungan, antara lain:

  1. Menikmati keindahan air terjun Aktivitas utama yang bisa dilakukan adalah menikmati keindahan air terjun yang sangat menarik. Anda bisa duduk atau berdiri di sekitar air terjun dan menikmati suara air yang mengalir dan pemandangan sekitarnya.
  2. Berenang Anda juga bisa berenang di kolam air terjun jika kondisi airnya aman. Namun, pastikan untuk berhati-hati karena air terjun ini cukup deras.
  3. Foto-foto merupakan tempat yang sangat instagramable, jadi Anda bisa mengambil foto-foto yang indah di sekitar air terjun. Ada beberapa spot foto yang bisa dijadikan latar belakang, seperti tebing, air terjun, dan hamparan hijau di sekitarnya.
  4. Trekking Anda juga bisa melakukan trekking di sekitar area air terjun. terletak di kawasan pegunungan, jadi udara di sekitarnya cukup sejuk dan segar. Trekking di sekitar juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan sehat.
  5. Piknik Jika Anda ingin bersantai dan menikmati waktu dengan keluarga atau teman-teman, juga bisa menjadi tempat yang cocok untuk piknik. Ada beberapa spot yang bisa dijadikan tempat bersantai, seperti area hijau di sekitar air terjun atau spot di sekitar kolam.

Namun, perlu diingat bahwa Coban Ciblungan masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah atau swasta, sehingga fasilitas yang tersedia masih terbatas. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa perlengkapan yang diperlukan jika Anda ingin melakukan aktivitas di sana.

Keunikan Daya Tarik

Keunikan dan daya tarik Coban Ciblungan sebagai objek wisata air terjun di Malang, Jawa Timur antara lain:

  1. Keindahan alam: Memiliki keindahan alam yang mempesona dengan suasana alami yang masih asri. Wisatawan dapat menikmati hawa sejuk pegunungan dan menikmati keindahan alam sekitar air terjun.
  2. Keunikan air terjun: Air terjun memiliki keunikan tersendiri karena tidak hanya memiliki satu aliran air, tetapi ada beberapa aliran lainnya yang berasal dari dalam tanah. Hal ini membuat air terjun ini unik dan menarik untuk dikunjungi.
  3. Spot foto yang bagus: Keunikan juga membuat tempat ini menjadi spot foto yang bagus bagi para wisatawan. Wisatawan dapat mengambil foto di dekat air terjun atau di sekitar alam sekitarnya yang masih asri.
  4. Lokasi mudah dijangkau: Memiliki lokasi yang mudah dijangkau, terletak tidak jauh dari jalan raya jurusan Dampit – Lumajang. Selain itu, alamatnya juga bisa dicari di Google Map.
  5. Biaya masuk yang terjangkau: Fasilitas yang ada masih sederhana dan belum dikelola oleh pemerintah atau swasta. Oleh karena itu, biaya masuk ke tempat ini tergolong murah dan terjangkau bagi wisatawan.

Dengan keunikan dan daya tarik yang dimilikinya, Coban Ciblungan menjadi tempat wisata yang menarik dan layak dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Malang, Jawa Timur.

Spot Selfie

Coban Ciblungan di Malang adalah tempat wisata yang sangat cocok untuk spot foto selfie. Air terjunnya memiliki keunikan tersendiri dengan beberapa aliran air yang berasal dari sungai di atas tebing dan juga dari dalam tanah. Selain itu, suasana di sekitar air terjun masih alami dan asri dengan hawa sejuk khas pegunungan, sehingga memberikan latar belakang yang indah untuk foto selfie.

Selain itu, juga memiliki beberapa area yang dihiasi dengan bebatuan dan dinding batu yang memungkinkan pengunjung untuk mengambil foto yang berbeda-beda. Di beberapa tempat juga terdapat tanaman dan pohon yang menambah suasana alami, sehingga pengunjung dapat mengambil foto yang lebih natural.

Bagi pengunjung yang suka dengan foto action atau aksi, Coban Ciblungan juga memiliki area di mana pengunjung dapat bermain air atau berenang di bawah air terjun. Tentu saja ini adalah momen yang sangat menarik untuk diabadikan dalam bentuk foto atau video.

Overall, Coban Ciblungan adalah tempat yang cocok untuk pengunjung yang ingin mengambil foto selfie yang berbeda dan menarik dengan latar belakang alami yang indah.

Camping

Coban Ciblungan Malang juga merupakan tempat yang cocok untuk aktivitas camping atau berkemah, terutama bagi para pecinta alam dan petualangan. Di sekitar air terjun ini terdapat beberapa area yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda.

Pengunjung dapat merasakan suasana malam yang sejuk dan asri di tengah hutan pegunungan yang masih alami. Namun, sebaiknya pengunjung membawa perlengkapan camping yang memadai seperti tenda, sleeping bag, matras, dan peralatan dapur serta persediaan makanan dan minuman yang cukup.

Selain itu, pengunjung juga harus memperhatikan aturan dan keselamatan dalam berkemah, seperti tidak merusak alam sekitar, memadamkan api dengan benar, dan menghindari kegiatan yang berbahaya seperti memanjat tebing atau menyelam di aliran sungai yang deras.

Penginapan

Menawarkan beberapa pilihan penginapan yang cocok untuk berbagai macam jenis wisatawan. Berikut adalah beberapa pilihan penginapan di sekitar Coban Ciblungan:

  1. Villa Amerta 2 Malang (Alamat: Jl. Raya Dampit – Lumajang No.KM 4, Purwoharjo, Ampelgading, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur 65157) – Villa mewah dengan pemandangan indah di sekitar pegunungan. Dilengkapi dengan kolam renang dan fasilitas yang lengkap.
  2. OYO 2916 Villa Panderman Indah (Alamat: Jl. Panderman Indah V No.10, Dau, Malang, Jawa Timur 65151) – Hotel budget yang bersih dan nyaman. Dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap dan lokasi yang strategis.
  3. Villa Ayana (Alamat: Jl. Raya Dampit – Lumajang, KM 4, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur 65157) – Villa mewah dengan pemandangan yang indah di sekitar pegunungan. Dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan kolam renang.
  4. Omah Ondes Guesthouse (Alamat: Dusun Krajan, RT. 08 / RW. 02, Desa Candirenggo, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur 65157) – Guesthouse dengan nuansa tradisional yang menawarkan kenyamanan dan keindahan alam sekitar.
  5. Omah Kayu Paralayang (Alamat: Jl. Gunung Banyak, Desa Toyomarto, Kec. Batu, Malang, Jawa Timur 65333) – Penginapan unik yang terbuat dari kayu dan terletak di ketinggian yang cukup tinggi. Menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang tenang.

Semua penginapan tersebut dapat dipesan melalui situs-situs booking online seperti Booking.com, Agoda, Traveloka, dan lain-lain. Pastikan untuk memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Hotel Dekat

Ada beberapa hotel yang terletak dekat dengan Coban Ciblungan, di antaranya:

  1. Hotel Tugu Malang Alamat: Jalan Tugu No.3, Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119 Jarak sekitar 27 km atau sekitar 1 jam perjalanan.
  2. Grand Senggigi Hotel Alamat: Jalan Raya Dampit – Lumajang No.3, Purwoharjo, Ampelgading, Sumberpitu, Sidorenggo, Malang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65183 Jarak sekitar 2 km atau sekitar 10 menit perjalanan.
  3. Kusuma Agrowisata Hotel Alamat: Jl. Abdul Gani Atas, Kusuma Negara, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65311 Jarak sekitar 23 km atau sekitar 1 jam perjalanan.
  4. Hotel Sahid Montana Malang Alamat: Jl. Raya Karanglo No.69, Karanglo, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126 Jarak sekitar 29 km atau sekitar 1,5 jam perjalanan.
  5. Royal Orchids Garden Hotel & Condominiums Alamat: Jalan Indragiri No.4, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65311 Jarak sekitar 25 km atau sekitar 1,5 jam perjalanan.

Kuliner Tempat Makan

Coban Ciblungan adalah tempat wisata alam yang terkenal di Malang, Jawa Timur. Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, Juga menyajikan berbagai kuliner khas Jawa Timur yang lezat. Berikut beberapa tempat kuliner yang bisa kamu kunjungi di sekitar:

  1. Depot Soto Ayam Pak Sadi: Restoran ini terkenal dengan soto ayamnya yang lezat dan nikmat. Hidangan yang disajikan sangat pas untuk menghangatkan tubuh setelah berwisata.
  2. Warung Tahu Telur: Di warung ini, kamu bisa menikmati tahu telur yang digoreng dengan sempurna dan dihidangkan dengan sambal kecap yang khas.
  3. Warung Makan Bu Ani: Restoran ini menyajikan berbagai hidangan tradisional Jawa Timur seperti nasi pecel, sate ayam, dan sayur lodeh. Harganya terjangkau dan rasa masakannya sangat nikmat.
  4. Warung Makan Pak Slamet: Restoran ini terkenal dengan nasi pecelnya yang enak dan segar. Di sini kamu juga bisa menikmati berbagai hidangan khas Jawa Timur lainnya seperti soto, rawon, dan nasi campur.
  5. Sate Kambing Pak Haji Slamet: Warung ini terkenal dengan sate kambingnya yang empuk dan lezat. Hidangan ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba kuliner khas Malang yang berbeda.

Itulah beberapa tempat kuliner yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Coban Ciblungan. Selamat mencoba!

Wisata Sekitar

Berikut beberapa wisata menarik yang bisa dikunjungi di sekitar Coban Ciblungan, Malang:

  1. Air Terjun Kapas Biru Air Terjun Kapas Biru merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Malang. Air terjun ini memiliki air yang jernih dan biru kehijauan, serta disertai dengan panorama alam yang indah. Lokasinya tidak jauh, sehingga bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi dalam satu hari.
  2. Gunung Bromo Gunung Bromo merupakan salah satu ikon pariwisata di Jawa Timur yang terkenal dengan pemandangan sunrise dan panorama alamnya yang indah. Lokasinya sekitar 2-3 jam perjalanan.
  3. Taman Labirin Coban Rondo Taman Labirin Coban Rondo adalah tempat wisata yang cocok untuk keluarga karena terdapat banyak wahana bermain dan taman yang indah. Terdapat juga air terjun dan taman bunga yang menawan. Taman ini berlokasi sekitar 1,5 jam perjalanan.
  4. Air Terjun Madakaripura Air Terjun Madakaripura terkenal sebagai air terjun tertinggi di Jawa Timur dan memiliki keindahan panorama alam yang menakjubkan. Lokasinya sekitar 2-3 jam perjalanan.
  5. Desa Wisata Ngadas Desa Wisata Ngadas menawarkan keindahan alam pegunungan serta budaya masyarakatnya yang masih kental. Di sini, wisatawan bisa menikmati udara segar, panorama alam yang indah, dan juga belajar tentang tradisi dan budaya masyarakat Jawa Timur. Lokasinya sekitar 1-2 jam perjalanan.

Coban Ciblungan merupakan sebuah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi para pecinta alam dan keindahan air terjun. Berbeda dengan air terjun lainnya yang seringkali ramai dan padat pengunjung, Masih tergolong sepi dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Meskipun akses jalan masih tergolong sulit, namun jalanan sudah sangat bagus dan tidak berlubang sehingga wisatawan dapat nyaman berkendara. Pintu masuk ke Coban Ciblungan memang kurang jelas dan petunjuknya memang tidak banyak, namun wisatawan dapat bertanya pada warga sekitar yang ramah dan bersedia memberikan informasi yang dibutuhkan.

Keindahan Coban Ciblungan yang luar biasa terlihat dari beberapa aliran terdiri dari air terjun yang tertata rapi, air terjun utama Ciblungan berasal dari sungai di atasnya, serta air terjun lain yang lebih rendah muncul dari sumber air sekitar lokasi. Selain itu, air di Coban Ciblungan sangat jernih dan sejuk sehingga membuat wisatawan ingin berendam dan berlama-lama di sana.

Secara keseluruhan, Coban Ciblungan adalah tempat wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi, apalagi bagi para pecinta alam dan air terjun yang menyukai suasana sepi dan tenang. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Coban Ciblungan, disarankan untuk datang lebih awal, memakai kendaraan roda dua dan membawa bekal makanan dan minuman.