Coban Jidor: Wisata Air Terjun dengan Keindahan Alam yang Masih Natural di Malang

Coban Jidor, yang terletak di XRX5+V2H, Dusun Krajan Bendolaw, Ngadirejo, Kec. Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65156, adalah salah satu destinasi wisata air terjun spektakuler di kota Malang. Menawarkan keindahan pesona alam yang masih natural dan layak untuk dikunjungi di masa depan. Akses terbilang cukup mudah, namun pengunjung harus menempuh jalan setapak yang cukup curam untuk mencapai lokasi air terjun. Meskipun begitu, pemandangan yang disajikan oleh Coban Jidor sangat indah dan sejuk.

Di sekitar, terdapat beberapa spot foto yang bagus dan menarik untuk dijadikan latar belakang. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan hutan sekitar yang masih asri dan alami. Selain itu, terdapat juga beberapa warung makan dan pedagang yang menjual makanan dan minuman ringan.

Meskipun Coban Jidor merupakan tempat wisata yang menarik, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar. Selain itu, pengunjung juga diharapkan untuk menjaga keamanan diri saat menempuh jalur setapak yang curam.

Coban Jidor adalah tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pemandangan yang disajikan oleh Coban Jidor sangat indah dan sejuk. Pengunjung dapat menikmati keindahan hutan sekitar yang masih asri dan alami. Meskipun demikian, pengunjung harus tetap memperhatikan kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar serta menjaga keamanan diri saat menempuh jalur setapak yang curam.

Nama Coban Jidor berasal dari bunyi deras air yang turun dari air terjun ini, yang menghasilkan suara seperti bedug Masjid. Di bahasa Jawa, bedug masjid disebut “jidor”.

Dari lokasi parkiran, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan menempuh jalur serta anak tangga yang masih berupa tanah. Di sebelah kanan terdapat hamparan pemandangan pegunungan dan air sungai yang berkelok-kelok. Dari tempat tersebut, suara air terjun sudah terdengar cukup nyaring karena derasnya aliran air.

Selama menyusuri jalur menuju Coban Jidor, para pengunjung juga akan melewati sebuah tempat yang dikelilingi pagar bambu, yaitu Petilasan Mbah Yai Tamrin. Setelah dari lokasi tersebut, perjalanan mulai menurun namun tidak terlalu miring. Setelah turunan, Anda akan sampai pada sebuah aliran sungai yang jernih. Selanjutnya, Anda akan menyeberangi sungai melalui jembatan bambu yang kuat.

Tracking terakhir setelah menyeberangi jembatan, para pengunjung akan melewati sebuah taman indah dengan sisi kiri dan kanan ditumbuhi tanaman dengan warna yang berbeda-beda. Setelah melewati taman tersebut, turun sedikit, dan Anda akan sampai di lokasi utama Coban Jidor.

Air terjun ini mulai diresmikan pada tanggal 11 November 2015 dan memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan arus air yang turun cukup deras. Pesona keindahannya terletak pada ketinggiannya, kondisi air yang jernih, serta pemandangan alam yang indah.

Meskipun akses menuju Coban Jidor cukup menantang, keindahan alam yang ditawarkan oleh air terjun ini sangat memuaskan bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana alam yang masih natural. Jangan lupa untuk tetap berhati

Alamat Lengkap Akses

Alamat lengkap Coban Jidor: Dusun Krajan Bendolaw, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65156.

Akses: Untuk mencapai Coban Jidor, Anda dapat mengikuti jalur menuju Desa Ngadirejo di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Setelah melewati gapura masuk Desa Ngadirejo, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua.

Tracking atau akses hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau sepeda motor. Area parkir terletak di dekat loket masuk menuju Coban Jidor dan dari sana Anda masih harus berjalan sekitar 300 meter untuk sampai ke lokasi air terjun. Selama perjalanan, Anda akan menemukan pemandangan alam yang indah dengan jalur yang masih berupa lapisan tanah dan anak tangga yang terjal. Namun, perlu diingat bahwa kondisi jalur mungkin licin saat musim hujan, sehingga dianjurkan untuk berhati-hati.

Rute

Untuk menuju Coban Jidor, dari pusat kota Malang dapat diakses melalui rute sebagai berikut:

  1. Dari pusat kota Malang, menuju ke arah selatan menuju Terminal Arjosari
  2. Dari Terminal Arjosari, naik angkutan kota (angkot) jurusan Jabung atau Kromengan
  3. Turun di Pasar Krajan Bendolaw, Ngadirejo
  4. Dari Pasar Krajan Bendolaw, dapat dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan roda dua atau berjalan kaki
See also  Kusuma Waterpark: Destinasi Air Seru di Dataran Tinggi Malang

Alternatif lain, dapat menggunakan layanan taksi online atau sewa mobil dari pusat kota Malang untuk menuju langsung ke lokasi. Namun, perlu diingat bahwa akses jalan menuju Coban Jidor masih berupa jalur setapak dengan kondisi yang cukup menantang, sehingga perlu hati-hati dalam perjalanan.

Fasilitas

Coban Jidor tidak menyediakan fasilitas yang lengkap seperti resort, penginapan, dan restoran. Namun, para pengunjung bisa menemukan beberapa fasilitas yang cukup memadai, seperti:

  • Tempat parkir kendaraan
  • Kios makanan dan minuman kecil yang menjual berbagai macam makanan ringan dan minuman, seperti nasi goreng, mie goreng, teh, kopi, dan air mineral
  • Toilet umum
  • Tempat istirahat yang sederhana

Meskipun fasilitasnya tidak lengkap, namun pesona alam Coban Jidor yang masih natural dan belum banyak dijamah oleh wisatawan, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin merasakan pengalaman wisata alam yang lebih authentic.

Tiket Masuk

Coban Jidor merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Dusun Krajan Bendolaw, Ngadirejo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Destinasi wisata ini menawarkan keindahan air terjun dengan tinggi sekitar 10 meter dan debit air yang cukup deras, sehingga air yang turun menimbulkan suara seperti jidor yang sedang ditabuh. Selain itu, juga dilengkapi dengan fasilitas toilet, warung, parkir area, dan gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Untuk masuk area wisata, pengunjung perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 10.000 per orang. Jam buka dimulai dari pukul 08.00 hingga 17.00. Namun, karena masih sangat asri dan jarang dikunjungi pengunjung, maka pengunjung disarankan untuk bertanya kepada penduduk setempat agar tidak tersesat dalam mencari lokasi.

Selain air terjun utama, di Coban Jidor juga terdapat air terjun mini yang disebut Coban Sisir. Coban Sisir ini juga dapat dikunjungi oleh pengunjung dan menawarkan pemandangan yang tak kalah indah dari air terjun utama.

Secara keseluruhan, Coban Jidor adalah destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bagi penggemar wisata alam yang ingin menikmati keindahan air terjun yang masih alami. Dengan fasilitas yang cukup lengkap dan harga tiket masuk yang terjangkau, dapat menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Sejarah

Sejarah Coban Jidor tidak tercatat dengan jelas, namun tempat ini dipercaya memiliki kisah dan legenda tersendiri di masyarakat sekitar. Merupakan sebuah air terjun yang terletak di Dusun Krajan Bendolaw, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menurut legenda yang beredar, nama Coban Jidor berasal dari seorang gadis cantik bernama Jidor yang jatuh cinta pada seorang pemuda dari desa sebelah. Namun sayang, orang tua Jidor tidak setuju dengan hubungan tersebut dan memaksa Jidor untuk menikah dengan pilihan mereka sendiri. Jidor yang sangat sedih kemudian bersembunyi di sebuah goa dan menangis air matanya hingga menjadi sebuah air terjun.

Menjadi populer di kalangan masyarakat sekitar pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Saat itu, tempat ini menjadi tempat wisata yang populer di Malang dan sekitarnya. Namun, pada masa pendudukan Jepang, Coban Jidor sempat digunakan sebagai lokasi pemeriksaan dan penyiksaan oleh tentara Jepang.

Setelah Indonesia merdeka, Coban Jidor kembali menjadi tempat wisata yang populer di Malang dan sekitarnya. Hingga saat ini, Masih menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Jawa Timur, dan sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun dan suasana alam yang segar.

Mitos Legenda Misteri

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat setempat, Coban Jidor merupakan tempat keramat yang dihuni oleh makhluk halus. Konon, dahulu kala ada seorang pemuda yang bertemu dengan seorang gadis cantik di air terjun tersebut. Keduanya kemudian jatuh cinta dan berniat untuk menikah.

Namun sayangnya, orang tua si pemuda tidak menyetujui hubungan tersebut karena si gadis berasal dari golongan yang lebih rendah. Si pemuda akhirnya merasa frustasi dan putus asa, lalu memutuskan untuk bunuh diri dengan melompat dari tebing air terjun. Si gadis yang sangat sedih, akhirnya mengikuti langkah si pemuda dan bunuh diri dengan melompat dari air terjun juga.

Sejak saat itu, konon keduanya menjadi makhluk halus yang menghuni Coban Jidor. Ada yang mengatakan bahwa mereka kerap muncul saat malam hari dan mengganggu para pengunjung yang tidak menghormati tempat tersebut.

Namun, cerita mistis tidak hanya terkait dengan kisah tragis tersebut. Ada juga legenda yang mengatakan bahwa air terjun tersebut memiliki kekuatan magis yang dapat memperbaiki kesehatan dan kecantikan bagi siapa saja yang mandi di sana. Oleh karena itu, banyak orang yang datang untuk mencari kesembuhan dan kecantikan.

See also  36 Review Menarik Curug Cigamea, Air Terjun Eksotis Di Bogor

Selain itu, Coban Jidor juga terkenal dengan keindahan alamnya. Air terjun yang tinggi dengan air yang jernih dan bebatuan yang menjulang di sekitarnya memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Terlebih lagi, keadaan sekitar yang masih alami dengan hutan dan pemandangan yang asri membuat tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat liburan dan rekreasi.

Larangan Dan Aturan

Coban Jidor adalah sebuah destinasi wisata yang indah di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ada beberapa aturan dan larangan yang harus diikuti agar tetap menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung dan lingkungan sekitar.

Aturan yang harus diikuti saat berkunjung antara lain:

  1. Patuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pengelola, seperti jam buka dan tutup, area yang boleh dan tidak boleh diakses, serta biaya masuk.
  2. Jaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.
  3. Tidak merusak atau merusak fasilitas yang ada.
  4. Patuhi instruksi dari petugas atau pengelola.
  5. Hindari tindakan yang dapat mengganggu ketertiban dan kenyamanan pengunjung lainnya.
  6. Jangan membawa binatang peliharaan, kecuali hewan penuntun bagi orang tuna netra.

Sementara itu, larangan yang harus dihindari saat berkunjung ke Coban Jidor antara lain:

  1. Merokok di area yang tidak diizinkan.
  2. Mengkonsumsi minuman beralkohol atau obat-obatan terlarang.
  3. Membawa senjata tajam atau senjata api.
  4. Memancing atau melakukan kegiatan yang dapat merusak alam sekitar.

Sebagai penulis profesional, penting untuk menyampaikan informasi secara objektif dan akurat tentang Coban Jidor, termasuk aturan dan larangan yang harus diikuti oleh pengunjung. Hal ini akan membantu para pembaca untuk memiliki gambaran yang jelas tentang destinasi wisata ini sehingga dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum berkunjung.

Aktivitas

Aktivitas yang dapat dilakukan di Coban Jidor adalah menikmati keindahan alam dan air terjun yang masih natural, berjalan-jalan di sekitar area taman yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman indah, dan trekking di sekitar area sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga dapat bersantai dan piknik di area taman yang disediakan. Namun, perlu diingat bahwa aktivitas di sekitar air terjun harus dilakukan dengan hati-hati karena kondisi jalur yang masih berupa lapisan tanah dan adanya tepian jurang.

Keunikan Daya Tarik

Terletak pada kombinasi keindahan alam yang masih asli dan ketinggian air terjunnya yang cukup menarik untuk dinikmati. Berikut adalah beberapa keunikan daya tarik Coban Jidor:

  1. Suara air terjun yang menyerupai bedug masjid: Nama Coban Jidor berasal dari suara air terjun yang menyerupai bunyi bedug masjid. Suara ini sangat khas dan menambah daya tarik.
  2. Jalur trekking yang menantang: Pengunjung harus melewati jalur trekking yang menantang, melewati jalan setapak dan menyeberangi sungai. Meski menantang, jalur ini menambah pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.
  3. Pemandangan alam yang indah: Selama perjalanan, para pengunjung akan melewati pemandangan alam pegunungan yang indah, ditambah lagi dengan udara yang sejuk dan segar.
  4. Petilasan Mbah Yai Tamrin: Para pengunjung akan melewati sebuah petilasan yang dikelilingi oleh pagar bambu. Tempat tersebut adalah Petilasan Mbah Yai Tamrin, yang di dalamnya terdapat dua batu besar yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat.
  5. Ketinggian air terjun yang cukup tinggi: Memiliki ketinggian sekitar 10 meter, yang membuat air terjun ini cukup menarik untuk dinikmati. Para pengunjung dapat merasakan keunikan dan keindahan air terjun yang mempesona.

Kombinasi dari keunikan-keunikan tersebut menjadikan Coban Jidor sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, terlebih bagi pecinta alam dan petualangan.

Spot Selfie

Terdapat beberapa spot yang cocok untuk berfoto selfie, di antaranya:

  1. Air Terjun: Memiliki air terjun yang indah dengan ketinggian sekitar 30 meter. Spot ini sangat cocok untuk berfoto selfie dengan latar belakang air terjun yang memukau.
  2. Jembatan Gantung: Terdapat jembatan gantung di atas sungai yang membelah Coban Jidor. Di sini kamu dapat berfoto selfie dengan latar belakang panorama alam yang hijau dan indah.
  3. Pohon Bambu: Di sekitar terdapat pohon bambu yang menjulang tinggi dan rindang. Spot ini sangat cocok untuk berfoto selfie dengan latar belakang pohon bambu yang indah.

Penginapan Hotel Dekat

Di sekitar Coban Jidor terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat Anda pilih, di antaranya:

  1. Villa Taman Dewi Sri: Jl. Raya Karanglo No.23, Karanglo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316
  2. Hotel Purnama: Jl. Raya Karanglo No.45, Karanglo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316
  3. Abian Biu Mansion: Jl. Kawi Raya No.1, Kawi, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65312
  4. Villakupin Batu: Jl. Songgokerto No.2, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65313
  5. Taman Safari Lodge: Jl. Raya Puncak No.601, Cisarua, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
See also  Review Menarik Pantai Pulau Merah Wisata Alam Eksotis di Banyuwangi

Pastikan Anda memesan penginapan terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Coban Jidor untuk memastikan ketersediaan tempat dan menghindari kesulitan saat tiba di lokasi.

Kuliner Tempat Makan

Berikut adalah beberapa tempat makan di sekitar Coban Jidor, Malang yang bisa Anda coba:

  1. Warung Coban Jidor – menyediakan makanan tradisional Indonesia dan seafood dengan view alam yang indah.
  2. Sumber Pitu Resto – menyediakan makanan Indonesia dan Barat dengan suasana alam yang asri.
  3. Warung Pak Slamet – menyediakan makanan khas Jawa Timur dengan harga yang terjangkau.
  4. Nasi Goreng Pelangi – menyediakan nasi goreng dengan berbagai varian rasa yang lezat.
  5. Kedai Laut Masakan Padang – menyediakan masakan Padang dengan citarasa yang autentik.
  6. Soto Pak Bari – menyediakan soto dengan bumbu rempah yang khas.

Wisata Sekitar

Ada beberapa wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di sekitar Coban Jidor, antara lain:

  1. Coban Rais: Air Terjun yang berlokasi sekitar 5 km, memiliki pemandangan yang indah dengan air terjun setinggi 60 meter.
  2. Coban Talun: Tempat wisata air terjun yang berlokasi sekitar 4 km dengan ketinggian air terjun sekitar 30 meter.
  3. Gunung Kawi: Tempat wisata religi yang terkenal di Jawa Timur, terletak sekitar 15 km.
  4. Wisata Petik Apel: Di daerah Batu yang berada sekitar 25 km, kamu bisa menemukan wisata petik apel yang menyenangkan.
  5. Selecta: Salah satu tempat wisata ikonik di Batu, yang memiliki taman bunga yang cantik, wahana permainan, serta pemandian air panas dan dingin.
  6. Wisata Kuliner: Di sekitar Batu dan Malang, kamu bisa menemukan beragam kuliner khas Jawa Timur yang lezat, seperti nasi pecel, rawon, sate kelapa, dan masih banyak lagi.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk mengunjungi Coban Jidor:

  1. Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Terletak di daerah pegunungan, jadi suhu udara cenderung lebih dingin daripada kota, terutama saat pagi dan sore hari.
  2. Kenakan sepatu yang nyaman dan anti-slip. Jalan menuju Coban Jidor cukup curam dan licin, sehingga sepatu yang baik akan membantu Anda merasa lebih aman dan nyaman selama perjalanan.
  3. Bawa peralatan fotografi yang cukup. Coban Jidor adalah tempat yang indah dan mempesona, sehingga Anda pasti ingin mengabadikan momen tersebut dalam foto atau video.
  4. Jangan lupa membawa air minum dan camilan ringan. Meskipun ada warung di sana, namun membawa bekal sendiri akan lebih praktis dan ekonomis.
  5. Pastikan Anda membuang sampah pada tempatnya. Kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tetap indah dan alami.
  6. Bertanya kepada penduduk setempat atau pemandu wisata jika perlu. Karena lokasinya yang masih jarang didatangi wisatawan, Anda mungkin akan kesulitan menemukan jalan ke sana. Maka dari itu, bertanya pada orang sekitar atau memakai pemandu wisata akan lebih mudah dan aman.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda akan lebih siap untuk menikmati pengalaman mengunjungi Coban Jidor dengan nyaman dan aman.

Merupakan destinasi wisata air terjun yang terletak di Dusun Krajan Bendolaw, Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama “Jidor” berasal dari bunyi derasnya air yang mengalir dari ketinggian 10 meter yang mirip dengan suara beduk masjid. Akses harus dilalui dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua, dengan kondisi jalur berupa lapisan tanah yang dapat licin saat hujan tiba. Meskipun demikian, perjalanan menuju Coban Jidor menyajikan pemandangan alam pegunungan, hijaunya pepohonan, dan suara burung yang menenangkan.

Memiliki pesona keindahan yang terletak pada ketinggian, kondisi air yang jernih, serta pemandangan alam yang ada. Terdapat juga petilasan Mbah Yai Tamrin yang menambah nilai sejarah dan budaya di sekitar lokasi wisata. Coban Jidor layak untuk dikunjungi sebagai salah satu destinasi wisata alam di kota Malang yang memiliki karakter, ketinggian, serta pesona keindahan yang berbeda-beda.

Review Coban Jidor: Wisata Air Terjun dengan Keindahan Alam yang Masih Natural di Malang.

Your email address will not be published. Required fields are marked *