Coban Srengenge: Destinasi Wisata Air Terjun Bertingkat di Malang

Coban Srengenge adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terdapat tiga air terjun yang menjadi daya tarik utama. Selain itu, panorama alam sekitar yang indah dan spot selfie yang keren juga menjadi daya tarik lainnya.

Coban Srengenge Ampelgading Malang Jawa Timur
Coban Srengenge Ampelgading Malang Jawa Timur

Trekking menjadi aktivitas wisata yang wajib dilakukan ketika berkunjung. Pengunjung harus berjalan kaki melewati jalur trekking untuk mencapai tiga tingkatan air terjun yang ada di Coban Srengenge. Sebagian besar jalur trekking sudah tertata dengan baik dan dilengkapi dengan anak tangga dan pagar pembatas. Namun, jalur trekking kedua dan ketiga cukup curam sehingga pengunjung harus selalu memperhatikan keselamatan.

Coban Srengenge sendiri memiliki makna sinar matahari yang mengacu pada keindahan air terjun saat sinar matahari memantulkan pesonanya. Selain itu, terdapat juga beberapa spot selfie yang menarik dan cocok sebagai konten media sosial. Namun, pengunjung tidak disarankan untuk berkunjung saat curah hujan sedang tinggi karena dapat membahayakan keselamatan. Selain itu, pengunjung juga harus hati-hati saat menuju Coban Srengenge yang paling bawah karena kondisi trekking yang cukup menantang.

Selain pemandangan alam yang indah, Coban Srengenge juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung untuk pengunjung, seperti tempat parkir yang luas, toilet yang bersih, serta beberapa warung makan dan minuman di sekitar area wisata. Selain itu, juga menyediakan area camping ground bagi para pengunjung yang ingin bermalam di tempat tersebut.

Dengan keindahan alamnya, Coban Srengenge adalah destinasi wisata yang sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Jawa Timur. Keindahan alam yang ditawarkan, trekking yang menantang, serta fasilitas pendukung yang lengkap, semuanya membuat Coban Srengenge menjadi tempat wisata yang layak dikunjungi. Jadi, jangan lupa untuk mencantumkan Coban Srengenge dalam list destinasi wisata Anda selanjutnya ketika berkunjung ke Kabupaten Malang.

Sejarah Mitos Legenda Misteri

Selain keindahannya yang memukau, Coban Srengenge juga menyimpan sejarah yang cukup menarik. Pada masa penjajahan, kawasan ini dijadikan tempat perlindungan masyarakat sekitar dan lokasi pertapaan. Lokasi ini sempat diklaim milik sesepuh, Mbah Bintik, yang juga memiliki warung yang dijadikan tongkrongan oleh kaum Belanda.

Tak hanya itu, Coban Srengenge juga memiliki keunikan yang melekat sampai sekarang. Kedung di air terjun ini sangat jernih dan saat cuaca cerah, di bagian tengah kolam yang terdapat air terjun, cahaya dari bayangan sinar matahari memunculkan warna-warni yang memukau. Itulah mengapa Coban ini dinamakan Coban Srengenge.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan sejarah yang menarik, Coban Srengenge adalah tempat yang tepat. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari pusat Kabupaten Malang, sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan. Selain itu, Coban Srengenge juga menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman Anda.

Menurut legenda yang berkembang di masyarakat setempat, Coban Srengenge berasal dari kisah seorang pria bernama Srengenge yang jatuh cinta pada seorang putri bernama Dewi Anjasmoro. Namun sayang, cinta mereka tidak direstui oleh orang tua Dewi Anjasmoro. Srengenge kemudian memutuskan untuk bunuh diri dengan melompat dari tebing tempat mereka biasa bertemu. Dewi Anjasmoro yang sedang mencari Srengenge menemukan mayatnya di dasar lembah, dan ia menangis hingga air matanya menjadi sebuah air terjun yang indah.

Selain itu, ada pula versi lain mengenai asal-usul nama Coban Srengenge. Menurut versi ini, nama “srengenge” berasal dari bahasa Jawa yang berarti “kepala” atau “pucuk”. Sebuah cerita mengatakan bahwa air terjun ini diberi nama Coban Srengenge karena terletak di puncak bukit dan memiliki cahaya yang terang seperti kepala atau pucuk.

Meskipun asal-usul nama dan legenda di balik Coban Srengenge masih diperdebatkan, air terjun ini tetap menjadi salah satu destinasi wisata alam yang populer di Malang. Bagi para pecinta alam, menawarkan pemandangan yang indah dan segar, serta trekking yang menantang untuk menuju ke lokasi air terjun.

Larangan Dan Aturan

Sebagai pengunjung yang bertanggung jawab, terdapat beberapa larangan dan aturan yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Coban Srengenge, antara lain:

  1. Tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman ke dalam area wisata. Pengunjung dapat membeli makanan dan minuman di area parkir atau di warung-warung yang tersedia di dalam kawasan wisata.
  2. Tidak diperbolehkan merusak alam atau flora fauna yang ada di sekitar area wisata. Pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.
  3. Tidak diperbolehkan berenang atau memasuki kolam air terjun saat kondisi air sedang tinggi atau saat curah hujan tinggi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan pengunjung.
  4. Tidak diperbolehkan merokok atau membakar apapun di dalam area wisata. Selain merusak lingkungan, hal ini juga dapat membahayakan keselamatan pengunjung.
  5. Aturan mengenai trekking juga perlu diperhatikan. Pengunjung diharapkan untuk mengikuti jalur trekking yang sudah disediakan, menghindari jalur yang terlalu curam atau berbahaya, dan selalu mengutamakan keselamatan.
  6. Saat berkunjung, pengunjung diharapkan untuk mematuhi semua aturan yang ada dan menjaga ketertiban serta keamanan di dalam area wisata.
See also  Review Menarik Pantai Teluk Biru, Pesona Bawah Laut Eksotis di Banyuwangi

Dengan mematuhi semua larangan dan aturan yang ada, pengunjung akan turut membantu menjaga kelestarian alam dan keamanan wisata.

Alamat Lengkap Akses Rute

Alamat lengkap akses menuju Coban Srengenge adalah sebagai berikut:

Coban Srengenge Alamat: Dusun Tirtomarto, Desa Karangtengah, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur Koordinat: -8.122064, 112.477990

Untuk mencapai Coban Srengenge dari kota Malang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti angkutan kota. Berikut adalah rute akses dari kota Malang:

  1. Dari kota Malang, arahkan kendaraan ke arah timur melewati jalan raya Tidar atau jalan Raya Sawojajar.
  2. Setelah melewati kecamatan Pakis, Anda akan menemukan pertigaan menuju kecamatan Ampelgading. Belok kanan di pertigaan tersebut.
  3. Setelah itu, ikuti jalan utama hingga Anda menemukan Puskesmas Ampelgading. Belok kanan di sebelah Puskesmas.
  4. Ikuti jalan tersebut hingga Anda menemukan sebuah persimpangan. Belok kiri di persimpangan tersebut.
  5. Terus ikuti jalan tersebut hingga Anda menemukan Dusun Tirtomarto. Coban Srengenge terletak di dusun tersebut.

Anda dapat memarkir kendaraan di area parkir yang telah disediakan oleh pengelola. Setelah itu, Anda dapat berjalan kaki sejauh 500 meter menuju lokasi.

Aktivitas

Coban Srengenge adalah sebuah objek wisata alam yang menawarkan berbagai aktivitas menarik, di antaranya:

  1. Menikmati keindahan air terjun: Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari air terjun yang jatuh dari ketinggian 25 meter ke kolam alami di bawahnya. Air terjun ini sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto.
  2. Berenang: Pengunjung dapat berenang di kolam alami yang terbentuk dari air terjun.
  3. Trekking: Pengunjung dapat melakukan trekking menyusuri jalur setapak di sekitar air terjun untuk menikmati pemandangan alam yang indah.
  4. Bermain air: Pengunjung dapat bermain air di kolam alami di bawah air terjun atau di aliran sungai.
  5. Berfoto: Pengunjung dapat mengambil foto-foto dengan latar belakang air terjun dan pemandangan alam sekitarnya.
  6. Camping: Pengunjung dapat berkemah di area sekitar air terjun untuk menikmati suasana alam yang lebih dekat.
  7. Memancing: Pengunjung juga dapat memancing di sungai atau kolam yang ada di sekitar Coban Srengenge.
  8. Picnic: Area sekitar air terjun sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga atau teman-teman.

Keunikan Daya Tarik

Merupakan salah satu objek wisata alam yang menawarkan keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa keunikan dan daya tarik Coban Srengenge:

  1. Air Terjun Bertingkat Daya tarik utama adalah terdapat tiga air terjun bertingkat dalam satu kawasan wisata. Memiliki air yang jernih, cukup lebar, dan kolamnya juga cukup besar. Air terjun yang terendah adalah yang paling tinggi.
  2. Trekking Memerlukan trekking melalui jalur yang telah disediakan. Sebagian besar jalur trekking sudah tertata secara baik dan trekking yang pertama hanya berjarak sekitar 50 meter dari lokasi parkir. Namun, trekking yang kedua dan ketiga cukup curam sehingga para pengunjung harus mengutamakan keselamatan.
  3. View Alam Sekitar Panorama alam sekitar juga menjadi daya tarik utama. Pohon-pohon yang memberikan keteduhan, udara yang sejuk, dan keindahan alam sekitar semakin menambah kenikmatan wisata.
  4. Spot Selfie, terdapat beberapa spot selfie yang sangat menarik dan cocok sebagai konten media sosial para pengunjung.
  5. Sejarah Penamaan memiliki makna sinar matahari. Nama ini berasal dari fenomena sinar matahari yang memantulkan pesona keindahan saat berpadu dengan air terjun.

Dengan keunikan dan daya tarik yang dimilikinya, Coban Srengenge menjadi salah satu destinasi wisata alam yang layak dikunjungi ketika berada di Kabupaten Malang.

Fasilitas

Dalam kunjungan ke Coban Srengenge, para pengunjung dapat menikmati fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola objek wisata. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Area Parkir Area parkir tersedia untuk para pengunjung yang ingin berkunjung dengan kendaraan pribadi. Area parkir ini cukup luas dan dapat menampung sejumlah kendaraan.
  2. Area Istirahat Pihak pengelola juga menyediakan area istirahat yang cukup nyaman bagi para pengunjung yang ingin beristirahat sejenak. Area ini dilengkapi dengan beberapa kursi dan meja.
  3. Kamar Mandi Kamar mandi umum tersedia untuk para pengunjung yang membutuhkan. Kamar mandi ini cukup bersih dan terawat dengan baik.
  4. Warung Makan Terdapat beberapa warung makan yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Para pengunjung dapat memilih untuk menikmati makanan dan minuman di area warung makan atau membawa bekal untuk piknik.
  5. Area Camping Bagi para pengunjung yang ingin menginap, tersedia juga area camping yang dapat digunakan. Area camping ini cukup luas dan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai seperti area api unggun dan fasilitas memasak.
  6. Guide Pihak pengelola juga menyediakan jasa guide untuk para pengunjung yang ingin mendapatkan informasi dan pengalaman yang lebih baik selama berwisata. Para guide ini biasanya memiliki pengetahuan yang cukup mengenai objek wisata dan dapat membantu para pengunjung menjelajahi Coban Srengenge dengan lebih aman dan nyaman.
See also  Review Pantai Balekambang, Pesona Wisata Pantai Di Malang

Spot Selfie Prewedding

Salah satu daya tarik dari Coban Srengenge adalah spot selfie yang menarik untuk diabadikan. Beberapa spot selfie yang dapat ditemukan antara lain:

  1. Kolam Air Terjun merupakan spot yang paling populer untuk selfie. Kolam ini terlihat indah dan jernih dengan latar belakang air terjun yang menambah keindahan fotomu.
  2. Jembatan Gantung terdapat jembatan gantung yang menghubungkan area parkir dengan area air terjun. Jembatan ini juga menjadi salah satu spot selfie yang menarik karena memberikan pemandangan alam yang indah.
  3. Batu Karang Di sekitar area air terjun terdapat beberapa batu karang yang cocok dijadikan spot selfie. Batu karang ini memiliki tekstur dan bentuk yang unik sehingga dapat menambah keunikan dari foto yang kamu ambil.
  4. Pohon Bambu Di sekitar area air terjun terdapat beberapa pohon bambu yang dapat dijadikan spot selfie. Pohon bambu ini memberikan kesan alami dan asri pada fotomu.
  5. Tangga Batu Tangga batu yang menuju air terjun juga dapat dijadikan spot selfie. Tangga batu ini memiliki bentuk dan tekstur yang unik sehingga cocok dijadikan latar belakang fotomu.

Dengan mengabadikan momen di spot selfie yang menarik di Coban Srengenge, kamu dapat membawa pulang kenangan yang indah selama berlibur di sana.

Tiket Masuk

Untuk informasi tiket masuk Coban Srengenge di Kabupaten Malang, Jawa Timur, berikut adalah rincian harga tiket masuk per orang per Februari 2022:

  • Hari Biasa (Senin-Jumat): Rp 10.000,-
  • Hari Libur (Sabtu-Minggu, hari libur nasional, dan libur sekolah): Rp 15.000,-

Selain itu, terdapat juga biaya parkir sebesar Rp 5.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000,- untuk kendaraan roda empat. Jika ingin membawa kendaraan masuk ke dalam kawasan wisata, pengunjung juga harus membayar biaya kendaraan masuk sebesar Rp 10.000,- per mobil dan Rp 5.000,- per sepeda motor.

Namun, harga tiket masuk dan biaya lainnya bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola. Oleh karena itu, sebaiknya pengunjung mengecek informasi terbaru tentang tiket masuk dan biaya lainnya sebelum berkunjung.

Penginapan

Coban Srengenge adalah sebuah destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika Anda ingin menginap di sini, tersedia beberapa penginapan yang bisa dipilih.

  1. Villa Srengenge Villa Srengenge menawarkan akomodasi yang nyaman dengan konsep villa modern minimalis. Terdapat 3 kamar tidur dengan kapasitas maksimal 6 orang. Fasilitas yang disediakan antara lain kamar mandi dalam, air panas, AC, TV, dan dapur lengkap. Selain itu, penginapan ini juga memiliki taman yang indah dengan pemandangan pegunungan.
  2. Rumah Pohon Jika Anda mencari pengalaman menginap yang berbeda, bisa memilih menginap di rumah pohon yang terletak di lokasi. Rumah pohon ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar mandi luar, ranjang gantung, balkon dengan pemandangan alam, dan ruang tamu kecil. Terdapat dua rumah pohon yang bisa disewa, masing-masing dengan kapasitas maksimal 2 orang.
  3. Homestay menawarkan konsep penginapan dengan suasana yang hangat dan nyaman. Terdapat 5 kamar tidur yang bisa disewa dengan kapasitas maksimal 15 orang. Fasilitas yang tersedia di antaranya kamar mandi dalam, air panas, AC, TV, dan ruang tamu. Homestay ini juga memiliki halaman yang luas dan taman yang indah.
  4. Camping Ground Jika Anda ingin merasakan pengalaman berkemah yang asli, bisa mencoba menginap di camping ground. Terdapat beberapa lokasi camping ground yang bisa dipilih, dengan fasilitas yang berbeda-beda seperti tempat api unggun, tenda, toilet, dan shower.

Itulah beberapa pilihan penginapan di Coban Srengenge, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Semoga informasi ini bisa membantu dalam memilih tempat menginap yang tepat saat berkunjung ke sana.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel yang berlokasi dekat dengan Coban Srengenge:

  1. Pohon Inn Hotel: Hotel ini berjarak sekitar 2,2 km dan menawarkan kamar-kamar yang nyaman serta kolam renang yang indah.
  2. Malang Kucecwara: Hotel ini berjarak sekitar 9,5 km dan menawarkan akomodasi yang nyaman dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, kolam renang, dan pusat kebugaran.
  3. Hotel Grand Palace: Hotel ini berjarak sekitar 10,5 km dan menawarkan kamar-kamar yang elegan serta fasilitas seperti restoran, kolam renang, dan spa.
  4. The Shalimar Boutique Hotel: Hotel ini berjarak sekitar 11,5 km dan menawarkan akomodasi mewah dengan berbagai fasilitas seperti restoran, kolam renang, dan spa.
  5. Swiss-Belinn Malang: Hotel ini berjarak sekitar 12 km dan menawarkan kamar-kamar yang modern serta fasilitas seperti restoran, kolam renang, dan pusat kebugaran.

Kuliner

Untuk kuliner di sekitar Coban Srengenge, terdapat beberapa pilihan tempat makan yang bisa Anda coba, di antaranya:

  1. Rumah Makan Lesehan Srengenge: Menyajikan berbagai jenis masakan Indonesia dengan suasana lesehan yang nyaman. Lokasinya berada, sekitar 300 meter dari lokasi air terjun.
  2. Warung Nasi Ampera: Merupakan warung nasi padang yang menyajikan berbagai pilihan lauk dengan harga terjangkau. Terletak di Jalan Raya Tirtomarto, sekitar 1,5 km.
  3. Warung Lesehan Citra: Menyajikan berbagai jenis masakan Indonesia dengan suasana lesehan yang nyaman. Lokasinya berada di Jalan Raya Tirtomarto, sekitar 1,5 km.
  4. Warung Tahu Telur Pak Bari: Warung yang terkenal dengan tahu telurnya yang enak dan renyah. Terletak di Jalan Raya Tirtomarto, sekitar 1,5 km.
  5. Rumah Makan Jawa Timur: Menyajikan berbagai jenis masakan khas Jawa Timur dengan harga terjangkau. Lokasinya berada di Jalan Raya Tirtomarto, sekitar 1,5 km.
See also  Curug Cigentis, Wisata Air Terjun Eksotis di Karawang

Semua tempat makan di atas dapat menjadi pilihan Anda untuk mencicipi kuliner di sekitar Coban Srengenge. Namun, pastikan untuk memperhatikan kebersihan dan kualitas makanan sebelum memutuskan untuk makan di tempat tersebut.

Tempat Makan

Untuk kuliner di sekitar Coban Srengenge, berikut beberapa rekomendasi tempat makan di sekitar Malang:

  1. Warung Leko – Jl. Pahlawan Trip, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65148 Warung Leko menyajikan menu nasi campur dengan berbagai pilihan lauk seperti ayam goreng, sate, tempe, dan masih banyak lagi. Warung ini juga terkenal dengan saus sambal khasnya yang sangat pedas.
  2. Mie Setan Malang – Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 11, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119 Mie Setan Malang menyajikan mie pedas dengan level kepedasan yang bisa disesuaikan dengan selera. Selain mie, tempat ini juga menyajikan nasi goreng dan ayam goreng.
  3. Depot Soto Ayam Pak Sadi – Jl. Taman Sari No.1, Oro Oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119 Depot Soto Ayam Pak Sadi menyajikan soto ayam dengan cita rasa yang khas dan berbeda dengan soto ayam lainnya. Selain itu, tempat ini juga menyajikan nasi campur dan sate ayam.
  4. Depot Gang Lombok – Jl. Taman Santap Rumah Kayu No.1, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144 Depot Gang Lombok menyajikan kuliner khas Lombok seperti ayam taliwang, sate bulayak, dan plecing kangkung. Menu-menu di sini sangat terkenal dan wajib dicoba oleh para wisatawan yang berkunjung ke Malang.
  5. Bakso President – Jl. Batanghari No.36, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145 Bakso President menyajikan bakso dengan cita rasa yang enak dan lezat. Selain bakso, tempat ini juga menyajikan mie ayam dan nasi goreng.

Semoga rekomendasi tempat makan di atas dapat membantu Anda mencari kuliner di sekitar Coban Srengenge dan Malang.

Wisata Sekitar

Berikut ini adalah beberapa wisata menarik di sekitar Coban Srengenge, Malang:

  1. Coban Rondo Waterfall: Coban Rondo adalah air terjun yang terletak di lereng Gunung Panderman. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter dan memiliki suasana yang sangat asri. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar dan berfoto di bawah air terjun.
  2. Jatim Park 2: Jatim Park 2 merupakan taman wisata yang menawarkan berbagai atraksi menarik, seperti museum satwa, pameran dinosaurus, wahana permainan, dan masih banyak lagi. Cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman.
  3. Museum Angkut: Museum Angkut adalah museum transportasi yang terletak di Kota Batu, sekitar 30 menit berkendara dari Coban Srengenge. Museum ini menampilkan berbagai koleksi kendaraan dari masa lampau hingga masa kini.
  4. Taman Langit Gunung Banyak: Taman Langit Gunung Banyak merupakan sebuah taman rekreasi yang menawarkan pemandangan indah dari atas gunung. Pengunjung dapat menikmati udara segar, bermain di area bermain anak, dan menikmati berbagai kuliner khas Jawa Timur.
  5. Selecta Recreational Park: Selecta Recreational Park adalah taman rekreasi yang menawarkan berbagai wahana permainan, kebun bunga yang indah, dan kolam renang. Cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman.
  6. Kusuma Agrowisata: Kusuma Agrowisata merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai kegiatan seperti berkebun, mengunjungi kebun apel, dan menyusuri sungai. Di sini pengunjung dapat menikmati udara segar dan mempelajari tentang pertanian.

Berdasarkan informasi yang telah disampaikan, Coban Srengenge merupakan sebuah wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Selain air terjun yang indah, terdapat juga penginapan dan restoran di sekitar area tersebut. Ada beberapa pilihan penginapan seperti villa, cottage, dan camping ground. Terdapat juga hotel yang dapat ditemukan di sekitar area Coban Srengenge. Untuk kuliner, terdapat restoran yang menyajikan masakan Indonesia dan Western.

Selain itu, terdapat juga wisata alam lain yang dapat dikunjungi seperti Coban Talun dan Coban Pelangi. Dengan demikian, Coban Srengenge merupakan destinasi yang cocok bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan penginapan yang nyaman di Kabupaten Malang.

Review Coban Srengenge: Destinasi Wisata Air Terjun Bertingkat di Malang.

Your email address will not be published. Required fields are marked *