Green Canyon Pangandaran: Surga Tersembunyi di Jawa Barat

Green Canyon Pangandaran merupakan salah satu kawasan wisata alam yang tersembunyi namun begitu menawan di Indonesia. Terletak di Ciamis, Jawa Barat, kawasan ini sering kali luput dari perhatian banyak orang karena kurangnya promosi yang masif. Namun, bagi para pecinta petualangan dan keindahan alam, Green Canyon Pangandaran adalah surga yang harus dikunjungi.

Dengan luas kawasan yang mencapai beberapa hektar, Green Canyon Pangandaran menawarkan pesona alam yang memikat. Salah satu daya tarik utamanya adalah sungai yang mengalir di antara ngarai (lembah sempit) dengan air yang begitu jernih. Airnya yang jernih seperti kristal memantulkan warna hijau kebiruan dari langit, menciptakan pemandangan yang sangat memesona. Tidak heran jika tempat ini dikenal dengan sebutan “Green Canyon,” yang merujuk pada warna airnya yang hijau kebiruan.

Aktivitas utama yang dapat dinikmati di Green Canyon Pangandaran tentu saja berkaitan dengan kegiatan outdoor. Salah satu yang paling populer adalah menyusuri sungai dengan perahu karet. Pengunjung dapat menyewa perahu karet di sekitar kawasan dan menikmati petualangan menyusuri aliran sungai yang menantang namun aman. Dari atas perahu, pengunjung dapat melihat keindahan alam sekitar, seperti tebing-tebing tinggi yang memagari sungai dan pepohonan hijau yang melambai di tepi sungai.

Selain menyusuri sungai, pengunjung juga dapat menikmati aktivitas arung jeram di Green Canyon Pangandaran. Arung jeram di sungai yang berarus deras dan berbatu memberikan pengalaman yang mendebarkan namun seru. Pengunjung yang mencari sensasi adrenalin dan keseruan di alam terbuka pasti akan menikmati pengalaman arung jeram ini.

Bagi yang lebih suka kegiatan yang santai namun tetap menikmati keindahan alam, berenang di sungai yang jernih adalah pilihan yang tepat. Sungai di Green Canyon Pangandaran memiliki kedalaman yang bervariasi, sehingga cocok untuk berenang bagi pengunjung dari berbagai usia. Airnya yang segar dan alami membuat pengalaman berenang di sini begitu menyegarkan.

Selain itu, kawasan sekitar Green Canyon Pangandaran juga menawarkan berbagai kegiatan alam lainnya. Pengunjung dapat melakukan hiking atau trekking di sekitar ngarai untuk menikmati keindahan alam yang lebih luas. Pemandangan dari atas bukit-bukit di sekitar sungai sungguh memukau dan layak untuk diabadikan dalam foto-foto indah.

Tak hanya keindahan alamnya yang memikat, Green Canyon Pangandaran juga menyediakan fasilitas yang memadai bagi para pengunjung. Terdapat area parkir yang luas, toilet, dan warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Meskipun terletak di daerah yang agak terpencil, kenyamanan dan fasilitas yang disediakan membuat kunjungan ke Green Canyon Pangandaran menjadi menyenangkan.

Pengelolaan lingkungan dan kelestarian alam juga menjadi perhatian di Green Canyon Pangandaran. Pengunjung diimbau untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan sekitar. Hal ini penting untuk memastikan keindahan alam di Green Canyon tetap terjaga untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Green Canyon Pangandaran, disarankan untuk mempersiapkan segala perlengkapan yang diperlukan. Selain pakaian dan perlengkapan untuk aktivitas outdoor seperti menyusuri sungai atau hiking, pengunjung juga disarankan untuk membawa peralatan pengaman seperti pelampung dan helm saat melakukan arung jeram.

Green Canyon Pangandaran adalah destinasi wisata alam yang sangat cocok bagi pecinta petualangan dan keindahan alam. Dengan pesona alam yang memikat, beragam aktivitas outdoor yang seru, dan fasilitas yang memadai, tempat ini layak untuk dijelajahi dan dinikmati oleh siapa pun yang mencintai keindahan alam Indonesia.

Biaya Paket dan Persiapan untuk Wisata di Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran menawarkan pengalaman wisata alam yang memikat di tengah keindahan alam Jawa Barat. Bagi wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi keindahan alam ini, penting untuk memperhatikan biaya paket yang ditawarkan serta persiapan keuangan yang diperlukan.

Biaya Paket

  1. Paket Short Track Pendek (Minimal 5 Orang) – Rp199.000 per orang
    • Paket ini cocok untuk wisatawan yang memiliki waktu terbatas namun ingin menikmati sebagian dari keindahan Green Canyon. Aktivitas yang biasanya termasuk dalam paket ini adalah menyusuri sungai dengan perahu karet atau berenang di sungai dengan durasi waktu yang singkat.
  2. Paket Long Track (Minimal 5 Orang) – Rp220.000-Rp235.000 per orang
    • Paket ini menawarkan pengalaman yang lebih lengkap dan mendalam di Green Canyon. Selain aktivitas menyusuri sungai atau berenang, paket ini mungkin juga mencakup aktivitas hiking di sekitar ngarai atau arung jeram yang lebih panjang.

Persiapan Keuangan

  1. Pembayaran dengan Uang Tunai
    • Karena transportasi di Green Canyon Pangandaran umumnya menggunakan perahu, disarankan untuk membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup. Penggunaan uang tunai akan memudahkan transaksi dan menghindari kendala jika fasilitas seperti ATM tidak tersedia di lokasi.
  2. Biaya Tambahan
    • Selain biaya paket, wisatawan juga perlu mempertimbangkan biaya tambahan seperti transportasi menuju lokasi dan mungkin juga kebutuhan lainnya seperti makanan dan minuman selama di Green Canyon. Pastikan untuk menyediakan dana yang mencukupi untuk kebutuhan ini.
  3. Persiapan Logistik
    • Selain persiapan keuangan, persiapkan juga perlengkapan dan logistik yang diperlukan seperti pakaian dan perlengkapan untuk aktivitas outdoor seperti pelampung dan helm saat melakukan arung jeram. Pastikan juga untuk membawa botol air minum dan perlengkapan lainnya sesuai kebutuhan.

Dengan memperhatikan biaya paket yang ditawarkan serta persiapan keuangan dan logistik yang matang, wisatawan dapat menikmati pengalaman wisata yang lancar dan menyenangkan di Green Canyon Pangandaran tanpa kendala yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam selama berkunjung agar keindahan Green Canyon tetap terjaga untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

Daya Tarik

Mengungkap Pesona Green Canyon Pangandaran
Mengungkap Pesona Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran memang telah menjadi magnet bagi para wisatawan dan menjadi salah satu destinasi terindah di Jawa Barat. Dikenal juga dengan nama Cukang Taneuh, tempat ini telah menjadi hits belakangan ini dengan pesona alamnya yang memukau, mengingatkan pada keindahan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Dengan menghadirkan tebing-tebing tinggi yang menjulang di sepanjang Sungai Cijulang, Green Canyon Pangandaran memamerkan pemandangan alam yang sungguh menakjubkan. Pepohonan rimbun yang menghiasi tepi sungai menambah kesan alami dan memikat bagi pengunjung.

Selain menikmati keindahan alamnya, Green Canyon Pangandaran juga menawarkan berbagai aktivitas seru bagi pengunjung. Salah satunya adalah body rafting, di mana pengunjung dapat menelusuri aliran sungai dengan perahu karet, menghadapi tantangan arus sungai yang menantang namun aman. Selain itu, pengunjung juga dapat menjelajahi gua-gua di sekitar sungai untuk merasakan petualangan yang lebih mendalam.

Tidak hanya itu, Green Canyon Pangandaran juga menjadi tempat yang sangat cocok untuk berburu foto-foto keren. Setiap sudut dan detilnya menghadirkan latar belakang yang sempurna untuk diabadikan dan dibagikan di media sosial seperti Instagram. Kehadiran sinar matahari yang memantul di air sungai, bayangan tebing-tebing yang memukau, serta kehidupan alam yang beragam menjadi bahan utama untuk menghasilkan foto-foto yang menawan.

Bagi para pengunjung, Green Canyon Pangandaran bukan hanya sekadar destinasi wisata biasa. Ia adalah pengalaman tak terlupakan yang membawa kesegaran alam dan kegembiraan petualangan. Dengan pesona alamnya yang memesona, beragam aktivitas yang menarik, dan potensi fotografi yang luar biasa, Green Canyon Pangandaran telah menjadi ikon pariwisata yang patut dikunjungi di Jawa Barat.

Menyusuri Sungai di Antara Ngarai: Pengalaman Wisata Perahu di Green Canyon (Cukang Taneuh) Ciamis

Green Canyon Pangandaran: Keajaiban Alam yang Memikat
Green Canyon Pangandaran: Keajaiban Alam yang Memikat

Salah satu pengalaman wisata yang tak terlupakan di Green Canyon Pangandaran adalah mengarungi Sungai Cijulang yang membelah ngarai yang menjulang tinggi. Bagi pengunjung yang lebih suka menikmati keindahan alam tanpa perlu terkena sejuknya air sungai, perjalanan wisata ini memberikan alternatif yang menarik.

Dalam perjalanan mengarungi sungai, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang memukau sepanjang perjalanan sekitar 3 kilometer dengan estimasi waktu 30-45 menit. Sungai yang mengalir di antara ngarai menciptakan suasana yang begitu memesona dan menenangkan. Pepohonan hijau yang rimbun di tepian sungai serta tebing-tebing batu yang kokoh menambahkan pesona alam yang luar biasa.

Salah satu daya tarik utama dari mengarungi sungai di Green Canyon adalah kesempatan untuk mendapatkan foto-foto menawan keindahan Sungai Cijulang yang terapit di antara lembah-lembah. Spot-spot indah dengan pemandangan yang dramatis akan memberikan pengalaman fotografi yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Untuk pengunjung yang ingin mendapatkan pengalaman terbaik dan mengenal lebih dalam kawasan wisata ini, disarankan untuk menyewa pemandu lokal. Pemandu akan membantu mengarahkan pengunjung ke spot-spot terbaik, memberikan informasi mengenai sejarah dan keunikan kawasan, serta menjaga keamanan selama perjalanan.

Keamanan pengunjung juga menjadi prioritas di Green Canyon Pangandaran. Setiap penumpang perahu akan diberikan rompi pelampung sebagai perlindungan dalam hal keadaan darurat. Hal ini memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengunjung selama menikmati pengalaman mengarungi sungai di antara ngarai yang memukau.

Dengan kombinasi keindahan alam yang memesona, pengalaman fotografi yang menarik, dan pelayanan yang memperhatikan keamanan pengunjung, mengarungi sungai di Green Canyon Pangandaran menjadi salah satu aktivitas wisata yang tidak boleh dilewatkan bagi mereka yang mengunjungi kawasan ini.

Body-rafting di Green Canyon Pangandaran (Cukang Taneuh) Ciamis

Green Canyon Pangandaran: Pesona Air dan Batu di Cijulang
Green Canyon Pangandaran: Pesona Air dan Batu di Cijulang

Salah satu pengalaman paling mendebarkan dan mendalam di Green Canyon Pangandaran adalah melalui body-rafting. Body-rafting adalah opsi terbaik bagi pengunjung yang ingin merasakan nuansa alam terbaik dari keindahan Green Canyon secara langsung dan intens. Tanpa menggunakan perahu mesin atau perahu karet, pengunjung akan menyusuri sungai hanya dengan pelampung, helm, dan tubuh mereka sebagai alat transportasi utama.

Kegiatan body-rafting di Green Canyon Pangandaran memang tergolong dalam olahraga ekstrem, oleh karena itu sangat disarankan agar pengunjung yang ikut body-rafting memiliki kemampuan berenang yang memadai. Meskipun tidak wajib, kemampuan berenang akan sangat membantu agar pengunjung tetap tenang dan tidak panik saat berada di air. Namun, tidak perlu khawatir karena selama body-rafting, pengunjung akan didampingi oleh pemandu yang berpengalaman dan dilengkapi dengan peralatan keamanan yang lengkap.

Kegiatan body-rafting di Green Canyon Pangandaran menawarkan pengalaman menyusuri lembah sungai Cijulang yang spektakuler dengan arus yang menantang. Pengunjung akan melewati jeram-jeram yang menghadirkan tantangan ekstrem namun aman dengan bantuan pemandu. Pemandangan tebing-tebing tinggi dan pepohonan yang rimbun akan menjadi latar belakang yang memukau selama perjalanan.

Selama melakukan body-rafting yang membutuhkan stamina dan ketahanan fisik yang baik, pengunjung juga akan memiliki waktu istirahat di tengah perjalanan. Kegiatan dalam air yang berjam-jam dapat menurunkan suhu tubuh, oleh karena itu penting untuk mengisi tenaga dengan makanan ringan dan minuman hangat. Hal ini juga membantu pengunjung untuk tetap nyaman dan menjaga kebugaran selama menjalani aktivitas yang menguras energi ini.

Dengan semua persiapan dan pelayanan yang disediakan, body-rafting di Green Canyon Pangandaran menjadi salah satu pengalaman wisata yang tak terlupakan. Dalam suasana alam yang mempesona dan tantangan ekstrem yang diawasi dengan baik, pengunjung dapat merasakan kegembiraan petualangan sekaligus menjaga keselamatan dan kenyamanan selama menjalani aktivitas ini.

Loncat Batu Tebing di Green Canyon Pangandaran

Merenungi Kecantikan Green Canyon Pangandaran
Merenungi Kecantikan Green Canyon Pangandaran

Bagi para pengunjung yang mencari tantangan ekstrem dan sensasi adrenalin yang tinggi, aktivitas loncat batu dan loncat tebing menjadi pilihan menarik di Green Canyon Pangandaran. Meskipun nama aktivitasnya terdengar menantang dan berbahaya, namun pengunjung dapat merasa aman karena tetap berada di bawah pengawasan para penjaga yang berpengalaman di kawasan ini.

Aktivitas loncat batu dan loncat tebing menghadirkan pengalaman lompatan dari ketinggian 5 meter hingga 10 meter ke dalam air yang tenang dan sejuk di Green Canyon. Pengunjung yang memutuskan untuk mencoba aktivitas ini akan merasakan kepuasan yang luar biasa setelah melakukan lompatan yang berani tersebut.

Meskipun tergolong dalam aktivitas yang memerlukan keberanian dan kesiapan fisik, para pengunjung akan merasa terpuaskan karena sensasi lompatan yang unik dan menyenangkan. Air yang tenang di kawasan ini juga menambah aspek keselamatan selama melakukan loncat batu atau tebing.

Namun, penting untuk diingat bahwa aktivitas loncat batu dan loncat tebing memerlukan kehati-hatian ekstra dan pengalaman yang memadai. Pengunjung yang ingin mencoba aktivitas ini disarankan untuk mengikuti instruksi dari para penjaga dan menggunakan peralatan pelindung yang disediakan untuk meminimalkan risiko cedera.

Dengan pemandangan alam yang memukau dan kegiatan ekstrem yang menantang, loncat batu dan loncat tebing di Green Canyon Pangandaran menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung yang mencari petualangan dan kesenangan di alam terbuka.

Menikmati Keindahan Hujan Abadi di Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran: Destinasi Wisata Alami yang Menakjubkan
Green Canyon Pangandaran: Destinasi Wisata Alami yang Menakjubkan

Salah satu pengalaman yang unik dan menarik bagi para pengunjung Green Canyon Pangandaran adalah menikmati fenomena hujan abadi. Hujan abadi ini terjadi karena tumpahan air yang berasal dari rembesan air di celah-celah lembah. Debit air yang mengalir terus menerus membentuk air mancur yang menyerupai hujan yang tak pernah berhenti.

Menikmati hujan abadi bukan hanya sekadar aktivitas santai, tetapi juga merupakan momen yang memukau dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Pengunjung dapat merasakan sensasi berada di tengah-tengah air mancur yang deras namun menyegarkan. Suara gemuruh air yang jatuh serta tetesan-tetesan air yang membasahi wajah menambah kesan alami dan asyik.

Tidak hanya itu, hujan abadi juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk berfoto-foto dengan latar belakang air mancur yang spektakuler. Foto-foto yang diambil saat hujan abadi dapat menjadi kenangan yang indah dan unik dari kunjungan ke Green Canyon Pangandaran.

Bagi yang ingin lebih merasakan sensasi alam yang segar dan menyegarkan, mandi di derasnya hujan abadi juga menjadi aktivitas yang tidak kalah seru. Air yang terus mengalir memberikan sensasi mandi yang menyenangkan dan menyegarkan setelah seharian menjelajahi keindahan Green Canyon.

Namun, seiring dengan menikmati hujan abadi, pengunjung juga diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Jaga sampah agar tidak berserakan, dan hindari merusak tumbuhan atau lingkungan sekitar.

Dengan menikmati keindahan hujan abadi di Green Canyon Pangandaran, pengunjung dapat merasakan keajaiban alam yang memukau serta mengabadikan momen-momen tak terlupakan selama menjelajahi destinasi wisata yang menakjubkan ini.

Fasilitas

Eksplorasi Green Canyon Pangandaran: Antara Tebing dan Sungai
Eksplorasi Green Canyon Pangandaran: Antara Tebing dan Sungai

Fasilitas di Green Canyon Pangandaran sangat memperhatikan kenyamanan dan kebutuhan para pengunjung yang datang menjelajahi keindahan alamnya. Meskipun kawasan ini terletak cukup jauh dari Pangandaran yang lebih ramai, namun tersedia berbagai fasilitas yang memudahkan para wisatawan untuk beristirahat dan menikmati pengalaman wisata dengan nyaman. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Green Canyon Pangandaran:

  1. Tempat Beristirahat Setelah lelah beraktivitas menikmati keindahan alam Green Canyon, pengunjung dapat memilih tempat beristirahat yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ada opsi untuk menginap di rumah warga sekitar atau menyewa villa atau bungalow di Batu Karang yang berjarak sekitar 15 menit dari Green Canyon. Fasilitas seperti mushola dan kamar mandi tetap tersedia untuk kenyamanan pengunjung.
  2. Parkir yang Luas Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir karena tersedia lahan parkir yang cukup luas di Green Canyon Pangandaran. Bahkan, lahan parkir ini dapat menampung bus besar sehingga memudahkan para wisatawan yang datang dalam rombongan besar.
  3. Restoran dan Warung Makan Ketika merasa lapar, pengunjung dapat menemukan banyak restoran dan warung makan sepanjang jalan menuju Green Canyon Pangandaran. Restoran-restoran ini menawarkan berbagai pilihan makanan berat atau ringan sesuai dengan selera pengunjung.
  4. Pemandu Lokal Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kawasan Green Canyon Pangandaran dan ingin mendapatkan pengalaman wisata yang lebih mendalam, tersedia juga pemandu lokal yang siap membantu dan mengarahkan pengunjung selama menjelajahi kawasan wisata ini.

Dengan tersedianya fasilitas-fasilitas tersebut, pengunjung dapat menikmati pengalaman wisata di Green Canyon Pangandaran dengan lebih nyaman dan tanpa kendala. Dari tempat beristirahat yang nyaman hingga pilihan makanan yang beragam, Green Canyon Pangandaran memastikan para pengunjungnya mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Alamat Rute Lokasi

Green Canyon Pangandaran terletak di Jl. Raya Cijulang – Green Canyon Pangandaran, RT.02/RW.10, Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46394. Lokasi ini memberikan akses yang mudah bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alamnya yang spektakuler.

Rute Transportasi Menuju Green Canyon atau Cukang Taneuh

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Green Canyon atau Cukang Taneuh, terdapat beberapa rute transportasi yang dapat dipilih, tergantung dari lokasi asal pengunjung. Berikut adalah rute transportasi yang umum digunakan:

  1. Pesawat, Bus, atau Kendaraan Pribadi
    • Pengunjung yang berasal dari Jakarta atau Bandung dapat menggunakan pesawat kecil menuju Pangandaran atau memilih opsi bus.
    • Alternatif lain adalah menggunakan kendaraan pribadi. Rute utama dari Jakarta adalah melalui Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran dengan jarak sekitar 358 km dan waktu tempuh 6-8 jam.
  2. Transportasi Umum
    • Dari terminal Pangandaran, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menggunakan minibus menuju terminal Cijulang.
    • Selanjutnya, pengunjung dapat menggunakan ojeg yang tersedia di sekitar terminal Cijulang untuk mencapai Green Canyon atau Cukang Taneuh.
  3. Jalur Udara
    • Layanan penerbangan dari Jakarta (Halim Perdana Kusuma – HLP) menuju Pangandaran Nusa Wiru dengan menggunakan jasa penerbangan Susi Air.
    • Setiap hari, terdapat satu kali penerbangan dari Jakarta ke Pangandaran, memberikan opsi transportasi yang cepat, mudah, dan aman.

Untuk menghindari kemacetan dan menjaga kenyamanan selama perjalanan, sebagian pengunjung memilih untuk melakukan perjalanan malam hari dari Jakarta, biasanya berangkat setelah pukul 21.00 agar tiba di pantai Pangandaran pada pagi hari dan dapat menikmati matahari terbit di tepi pantai timur Pangandaran.

Dengan berbagai pilihan rute transportasi yang tersedia, pengunjung dapat memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka untuk mencapai Green Canyon atau Cukang Taneuh dengan nyaman dan efisien.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu para pengunjung saat berkunjung ke Green Canyon atau Cukang Taneuh:

  1. Pakaian dan Perlengkapan
    • Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas outdoor seperti berenang atau trekking.
    • Pastikan membawa perlengkapan seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi dari sinar matahari.
    • Jika Anda berencana untuk melakukan aktivitas air seperti body-rafting, pastikan untuk membawa baju ganti dan perlengkapan mandi.
  2. Kondisi Fisik
    • Pertimbangkan kondisi fisik Anda sebelum melakukan aktivitas yang memerlukan keberanian atau stamina ekstra seperti lompat batu atau body-rafting.
    • Pastikan untuk istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan agar dapat menikmati pengalaman wisata dengan maksimal.
  3. Peralatan dan Pengamanan
    • Jika Anda akan melakukan aktivitas ekstrem seperti body-rafting atau lompat batu, pastikan untuk menggunakan peralatan pengaman yang disediakan dan mengikuti instruksi dari pemandu.
    • Jaga barang-barang berharga Anda dan hindari membawa barang yang tidak perlu saat menjelajahi kawasan wisata.
  4. Informasi dan Pemandu
    • Peroleh informasi lengkap mengenai Green Canyon atau Cukang Taneuh sebelum berkunjung, termasuk tentang fasilitas yang tersedia, aktivitas yang dapat dilakukan, dan rute transportasi.
    • Jika memungkinkan, manfaatkan jasa pemandu lokal yang dapat memberikan informasi lebih lanjut serta memandu Anda selama menjelajahi kawasan tersebut.
  5. Lingkungan dan Kebersihan
    • Selalu jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan saat berkunjung. Hindari membuang sampah sembarangan dan ikuti aturan-aturan yang berlaku di kawasan wisata.
    • Hargai alam sekitar dan hindari merusak flora dan fauna yang ada di Green Canyon atau Cukang Taneuh.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, diharapkan pengunjung dapat menikmati pengalaman wisata yang menyenangkan dan aman saat berkunjung ke Green Canyon atau Cukang Taneuh di Ciamis, Jawa Barat.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News