30 Review Menarik Gunung Bunder, Wisata Alam Pamijahan Bogor

Gunung Bunder merupakan sebuah destinasi unik yang terletak di kecamatan Pamijahan, kabupaten Bogor, selatan kota Bogor. Dari pintu tol Bogor, jaraknya sekitar 25 km. Akses menuju tempat wisata ini cukup mudah. Setelah keluar dari pintu tol Bogor (Baranangsiang), ikuti arah menuju kampus IPB Dramaga dan teruslah lurus hingga mencapai arah Ciampea. Lanjutkan treking lewat Cibungbulang, dan Anda akan sampai di kawasan wisata Gunung Bunder. Wilayah Bogor tidak hanya terkenal dengan beragam kuliner lezat, tetapi juga menawarkan berbagai tempat wisata menarik, termasuk wisata alam yang perlu diperhatikan. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Gunung Bunder.

Wisata Gunung Bunder Pamijahan Kabupaten Bogor
Wisata Gunung Bunder Pamijahan Kabupaten Bogor

Bagi para wisatawan yang menyukai kegiatan pendakian atau ingin berlibur di tengah suasana alam, Gunung Bunder adalah tempat yang patut dikunjungi. Di sini, Anda akan merasakan suasana santai dan sejuk dengan pohon-pohon pinus yang rindang, menciptakan lingkungan yang nyaman dan tenang. Selain menikmati keindahan pepohonan pinus, pengunjung juga dapat mengunjungi beberapa air terjun yang ada di gunung ini. Jika Anda mencari kegiatan yang lebih menantang, Anda dapat mengunjungi Kawah Ratu yang dapat ditempuh dalam perjalanan sekitar 4 jam.

Gunung Bunder mempunyai ketinggian sekitar 750 hingga 1050 mdpl. Selain suasana tenang dan sejuk, di lokasi ini terdapat beberapa curug yang menarik untuk dikunjungi, seperti Curug Cigamea, Curug Ngumpet, Curug Cihurang, Curug Ngampar, dan Curug Seribu. Curug Seribu menjadi daya tarik utama karena memiliki air terjun setinggi 100 meter. Meskipun mencapai curug ini membutuhkan medan yang sulit dan memakan waktu sekitar satu jam perjalanan, semua itu akan terbayar dengan pemandangan yang sangat indah.

Rute

Gunung Bunder terletak di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya berada di selatan kota Bogor, dengan jarak sekitar 25 kilometer dari pintu Tol Bogor.

Akses menuju lokasi ini sangatlah mudah. Setelah Anda keluar dari pintu Tol Bogor atau Baranangsiang, Anda dapat mengikuti arah menuju Universitas IPB Dramaga. Lurus saja hingga mencapai arah Ciampea, dan lanjutkan perjalanan melalui Cibungbulang. Di sana, Anda akan menemukan objek wisata Gunung Bunder.

Setelah memasuki kawasan wisata Gunung Bunder, Anda akan melintasi sebuah desa dengan jumlah penduduk yang cukup banyak. Di sepanjang jalan desa ini, Anda akan menikmati pemandangan yang masih alami, seperti sawah, pegunungan, sungai, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih untuk memasuki Gunung Bunder melalui pintu masuk depan atau pintu masuk belakang, tergantung pada rute desa yang Anda pilih.

Di gerbang pintu masuk Gunung Bunder, Anda akan diminta membayar tiket masuk sebesar kurang lebih 5 ribu rupiah. Untuk mobil dan sepeda motor, akan dikenakan biaya tambahan, dan harga tiket masuk akan bervariasi untuk setiap jenis kendaraan, dengan perkiraan sekitar 10 ribu rupiah.

Aktivitas

Gunung-Bunder-BOGOR-JAWA-BARAT
Gunung-Bunder-BOGOR-JAWA-BARAT

Gunung Bunder merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kawasan wisata yang terdiri dari beberapa desa, seperti Desa Gunung Bunder 1, Gunung Bunder 2, hingga Gunung Picung. Semua desa tersebut memiliki suasana pedesaan yang asri dengan Gunung Salak sebagai latar belakang yang mempesona.

Gunung Bunder juga termasuk dalam area wisata Gunung Salak Endah (GSE). Kawasan ini dikenal sebagai alternatif liburan yang populer selain Puncak. Keduanya menawarkan daya tarik yang hampir mirip, termasuk udara segar pegunungan, pemandangan alam yang menyejukkan mata, dan berbagai spot wisata yang ramah keluarga.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam, melakukan aktivitas seperti trekking, atau sekadar bersantai menikmati keindahan panorama Gunung Salak di sekitar Gunung Bunder. Kawasan ini menawarkan suasana yang tenang dan cocok untuk liburan keluarga ataupun refreshing dari kesibukan sehari-hari.

Daya Tarik

Gunung Bunder menawarkan pengalaman wisata gunung berapi aktif bagi para wisatawan. Salah satunya adalah pendakian ke puncak Gunung Salak, yang dapat memberikan pemandangan spektakuler dari atas. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi spot-spot wisata yang memanfaatkan panas bumi.

Salah satu tempat yang dapat dikunjungi adalah Kawah Ratu, yang merupakan sisa letusan Gunung Salak. Kawah ini menampilkan pemandangan bebatuan putih yang eksotis akibat aktivitas belerang. Di sekitar kawah, terdapat sungai yang mengalirkan air panas yang mengandung belerang.

Manfaat dari air panas tersebut dapat dirasakan dengan mengunjungi pemandian air panas. Wisatawan dapat mencoba berendam di Gunung Malang atau Ciparay. Kedua tempat ini menyajikan pengalaman berendam di air panas alamiah di tengah keindahan alam yang unik.

Air Panas Ciparay

Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah adalah sebuah pemandian air panas alami yang terletak di Kampung Ciparay, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Pemandian ini berada di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Selain menawarkan air hangat untuk berendam, pemandian air panas ini juga menawarkan keindahan alam yang memukau.

Akses menuju ke lokasi pemandian air panas ini dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Letaknya sekitar 5 km dari kawasan Gunung Salak Endah. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah selama perjalanan menuju lokasi.

Fasilitas di pemandian air panas Ciparay sudah cukup memadai. Terdapat kolam-kolam air panas yang dapat digunakan untuk berendam dan bersantai. Selain itu, tersedia juga fasilitas seperti toilet, kamar ganti, dan area istirahat. Dengan fasilitas yang memadai, pengunjung dapat menikmati momen relaksasi dan kehangatan air panas di tengah keindahan alam Gunung Halimun Salak.

Curug Goa Lumut

Curug Goa Lumut adalah sebuah air terjun di Gunung Salak Endah (GSE) yang memiliki tinggi sekitar 3 meter dan kedalaman hingga 7 meter. Air terjun ini terletak di kawasan Gunung Salak Endah dan merupakan salah satu dari beberapa curug yang ada di area tersebut.

Selain terkenal dengan hutan pinus yang melimpah, kawasan Gunung Salak Endah juga memiliki beberapa curug lain yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah Curug Cigamea, Curug Ngumpet, dan Curug Pangeran. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan segarnya air terjun di setiap curug yang ada.

Curug Goa Lumut dan curug-curug lainnya di Gunung Salak Endah menawarkan pengalaman wisata alam yang menenangkan. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun, berenang atau berendam di kolam yang ada, serta menikmati suasana sejuk dan alam yang asri di sekitar curug-curug tersebut.

Curug Batu Ngampar

Curug Batu Ngampar adalah sebuah curug di kawasan Gunung Bunder atau Gunung Salak Endah yang memiliki keunikan tersendiri. Terdapat dua air terjun di curug ini, masing-masing dengan ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun kedua terletak sekitar 30 meter dari air terjun pertama dan berada di celah tebing yang indah.

Curug Batu Ngampar Lumut terkenal karena dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang memberikan suasana yang menarik. Lokasinya terletak di kawasan Gunung Bunder atau Gunung Salak Endah, yang dapat dijangkau melalui Jalan Raya Gunung Salak Endah.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam di sekitar curug ini, mengagumi tinggi dan kekuatan air terjun, serta menikmati pemandangan indah dari celah tebing. Curug Batu Ngampar menawarkan pengalaman wisata alam yang menarik dan cocok bagi pecinta alam dan penggemar fotografi.

Puncak Mustika Manik dan Ranggon Hill

Puncak Mustika Manik dan Ranggon Hill merupakan dua tempat wisata yang sedang populer di Bogor. Puncak Mustika Manik terletak di kawasan Gunung Picung, Gunungsari, Pamijahan, Bogor. Lokasinya dekat dengan Bukit Ranggon. Tempat ini menawarkan berbagai spot foto kekinian yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati panorama alam yang indah.

Di Puncak Mustika Manik, terdapat juga rumah gantung yang menjadi salah satu spot foto yang menarik dan unik. Pengunjung dapat berfoto di rumah gantung sambil menikmati pemandangan alam di sekitarnya.

Ranggon Hill, di sisi lain, juga menawarkan pengalaman wisata yang serupa. Tempat ini menyajikan pemandangan perbukitan yang indah dan tersedia berbagai spot foto yang kekinian. Pengunjung dapat mengambil foto di gardu pandang, rumah pohon, atau bahkan balon udara.

Baik Puncak Mustika Manik maupun Ranggon Hill merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh penggemar fotografi dan pecinta alam. Kedua tempat ini menyajikan keindahan alam dan kesempatan untuk berfoto yang tidak kalah menarik.

Ranggon Hills

Ranggon Hills adalah destinasi wisata yang memiliki konsep serupa dengan Puncak Mustika Manik, namun memiliki keunikan tersendiri. Selain menawarkan spot foto kekinian seperti Puncak Mustika Manik, Ranggon Hills juga memiliki wisata curug (air terjun) di dalamnya. Lokasinya berada dalam satu kawasan dengan Curug Pangeran dan Curug Balong.

See also  Curug Cibeureum: Keajaiban Air Terjun di Taman Nasional Gede Pangrango

Dengan adanya wisata curug, pengunjung Ranggon Hills dapat menikmati keindahan alam yang lebih lengkap. Mereka dapat mengunjungi air terjun yang mempesona dan menikmati suasana sejuk serta suara gemericik air yang menenangkan.

Kawasan Ranggon Hills memberikan pengalaman wisata yang menyatu dengan alam. Pengunjung dapat menjelajahi keindahan perbukitan, mengeksplorasi wisata curug, dan tentunya mengabadikan momen berharga dengan berbagai spot foto menarik.

Dengan keberadaan Curug Pangeran dan Curug Balong dalam satu kawasan, pengunjung dapat merencanakan perjalanan yang lebih seru dan memadukan kunjungan ke air terjun dengan mengeksplorasi pemandangan dan spot foto di Ranggon Hills.

Fasilitas

Fasilitas rekreasi di Gunung Bunder sangat lengkap dan memadai untuk menyambut wisatawan. Terdapat berbagai spot wisata yang dapat dinikmati, seperti campground untuk berkemah, air terjun yang indah, penginapan, kolam renang, dan lain sebagainya. Setiap spot wisata umumnya sudah dilengkapi dengan area parkir, toilet, musala, dan warung untuk kenyamanan pengunjung.

Selain itu, di Gunung Bunder juga terdapat penyewaan alat berkemah, trekking, dan hiking. Hal ini memudahkan wisatawan yang ingin menjelajahi kawasan tersebut dengan menyediakan peralatan yang diperlukan. Dengan fasilitas yang lengkap dan memadai ini, para wisatawan dapat menikmati pengalaman rekreasi yang menyenangkan di Gunung Bunder.

Bumi Perkemahan Gunung Bunder menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan berkemah dan rekreasi pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di sana antara lain:

  1. Area Berkemah: Terdapat spot-spot berkemah yang disediakan dengan lokasi yang berbeda-beda di sekitar kawasan Gunung Bunder. Pengunjung dapat memilih tempat yang sesuai dengan preferensi mereka untuk mendirikan tenda dan berkemah.
  2. Tempat Berkumpul: Terdapat area atau lapangan terbuka yang dapat digunakan sebagai tempat berkumpul, bermain, dan berinteraksi antara pengunjung.
  3. Area Outbound: Terdapat area khusus untuk aktivitas outbound yang menantang seperti flying fox, paintball, trekking, atau permainan tim lainnya. Fasilitas ini dapat memberikan pengalaman yang seru dan mendebarkan bagi para pengunjung.
  4. Mushola: Terdapat fasilitas mushola yang disediakan untuk kegiatan ibadah bagi pengunjung yang membutuhkan.
  5. Toilet dan Kamar Mandi: Terdapat fasilitas toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat untuk kenyamanan pengunjung.
  6. Pusat Informasi: Terdapat pusat informasi yang menyediakan informasi tentang kegiatan, rute pendakian, dan objek wisata di sekitar Gunung Bunder. Pengunjung dapat memperoleh informasi yang diperlukan untuk memaksimalkan pengalaman mereka.
  7. Area Parkir: Terdapat area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung, baik motor maupun mobil. Keamanan parkir juga dijaga untuk memberikan rasa aman dan nyaman.
  8. Tempat Makan dan Warung: Beberapa warung atau tempat makan sederhana dapat ditemukan di sekitar Gunung Bunder, menyediakan makanan dan minuman untuk kebutuhan pengunjung.

Fasilitas-fasilitas ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengunjung selama berkemah dan menjelajahi kawasan Gunung Bunder.

Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan alam Gunung Bunder, Anda hanya akan dikenakan biaya masuk yang cukup murah dan terjangkau. Harga tiket masuk yang ditawarkan di sana adalah sekitar Rp 5.000 per orang.

Namun, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, Anda akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 10.000. Harap diingat bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk memperbarui informasi terkini sebelum mengunjungi Gunung Bunder.

Di kawasan Gunung Bunder, terdapat beberapa curug atau air terjun yang menarik untuk dikunjungi, antara lain Curug Cihurang, Curug Ngumpet, Curug Cigamea, dan Curug Seribu. Selain itu, terdapat juga obyek wisata air panas Cibatok. Untuk setiap objek wisata tersebut, Anda akan dikenakan tiket masuk yang harganya terjangkau. Selain itu, keamanan parkir kendaraan Anda juga dijamin di sana.

Curug di Sekitar Gunung Bunder

Di sekitar Gunung terdapat beberapa curug atau air terjun yang indah dan populer di kalangan para wisatawan. Beberapa curug yang terkenal di wilayah Gunung Bunder antara lain:

Curug Pangeran

Curug Pangeran adalah salah satu obyek wisata air terjun yang menawarkan ketinggian terjunan air sekitar 5 meter dengan kolam terjun berkedalaman sekitar 2 meter. Lingkungan sekitar air terjun ini diapit oleh tebing-tebing yang menambah keindahan obyek ini. Selain menjadi daya tarik wisata air terjun, Curug Pangeran juga memiliki camping ground di sekitarnya.

Untuk mencapai air terjun, pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 500 meter dari pintu masuk melalui jalan setapak yang berlapis batu. Selama perjalanan, pengunjung akan menikmati pemandangan indah dan ketenangan sekitar. Di sekitar air terjun, terdapat fasilitas seperti warung, kamar ganti, toilet, dan saung yang dapat mendukung kegiatan wisata.

Selain itu, di sekitar camping ground juga terdapat fasilitas lainnya seperti warung, toilet, musola, dan aula serbaguna. Semua fasilitas tersebut dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjung selama berada di obyek wisata ini.

Di sekitar Curug Pangeran, terdapat beberapa lokasi camping dan pondok wisata yang bisa digunakan untuk beristirahat dan bermalam. Beberapa penginapan yang bisa ditemukan di sekitar Curug Pangeran antara lain adalah villa, homestay, dan tenda glamping.

Harga tiket masuk untuk mengunjungi Curug Pangeran sekitar Rp 5.000 per orang, dan untuk penginapan tergantung pada fasilitas dan jenis akomodasi yang dipilih. Selain menikmati keindahan air terjun dan pemandangan alam sekitar, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan seperti trekking, hiking, dan camping di sekitar area Curug Pangeran.

Curug Kondang

Obyek wisata air terjun yang pertama kali dibuka pada tahun 1996 ini dikenal dengan nama Curug Ngumpet, yang dalam bahasa Sunda berarti “sembunyi” karena letaknya yang tersembunyi dan jarang diketahui oleh banyak orang. Namun, kemudian obyek ini diberi nama Curug Kondang karena sebelumnya di sekitar air terjun terdapat pohon kondang.

Curug Kondang / Ngumpet memiliki penampung air terjun dengan kedalaman sekitar 4 meter. Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan di lokasi wisata air terjun ini, seperti berenang, duduk-duduk menikmati pemandangan sekitar, dan melakukan water tracking menuju Curug Pangeran yang berjarak sekitar 300 meter dengan menelusuri arus sungai.

Curug Kondang / Ngumpet menawarkan pengalaman yang menarik bagi pengunjung yang menyukai keindahan alam dan kesegaran air terjun.

Curug Cigamea

Curug Cigamea, sungai yang mempesona dengan air terjunnya yang tinggi, menawarkan pemandangan yang memukau. Keistimewaan curug ini adalah tingginya air terjun yang mencapai lebih dari 50 meter, dengan dua aliran air yang berdekatan.

Air terjun pertama tersembunyi di antara bebatuan besar, dan di bawahnya terdapat kolam kecil yang menakjubkan. Sementara itu, air terjun kedua terletak sedikit lebih rendah dari yang pertama.

Untuk mencapai keindahan curug ini, Anda akan menjalani perjalanan sekitar 30 hingga 45 menit dari pintu masuk dengan berjalan kaki. Rute yang harus ditempuh menurun, dan jalannya terdiri dari batu dan semen yang memberikan pengalaman yang unik dan menantang.

Curug Ngumpet

Curug Ngumpet adalah sebuah obyek wisata air terjun yang dikelilingi oleh tebing-tebing. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan berjarak sekitar 30 meter dari jalan dan tempat parkir. Aliran air terjun berasal dari kawah ratu dan membentuk kolam terjunan dengan kedalaman sekitar 1 meter dan luas sekitar 10 x 7,5 meter.

Nama “Ngumpet” diberikan kepada air terjun ini karena meskipun lokasinya tidak jauh dari tepi jalan, namun sulit terlihat dan tidak terdengar suara gemuruh air terjunnya. Masyarakat setempat memberi nama curug ini sebagai “Ngumpet” yang berarti “bersembunyi”. Di sekitar obyek wisata Curug Ngumpet, terdapat juga camping ground yang berlokasi dekat dengan air terjun.

Camping ground tersebut memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sekitar obyek wisata ini. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dan suasana alam yang menenangkan sambil berkemah di area tersebut.

Curug Cihurang

Curug Cihurang, yang terletak di Gunung Bunder, merupakan air terjun yang memiliki jarak terdekat sekitar 2 km dari pintu gerbang masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Akses jalan menuju air terjun ini mendatar dan sangat mudah dilalui oleh wisatawan. Nama “Cihurang” diambil dari kata “hurang” yang artinya “udang”, karena di curug ini dulu terdapat banyak udang. Curug Cihurang memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Curug Cihurang memiliki dua terjunan yang letaknya cukup berdekatan. Terdapat juga sebuah kolam yang cukup besar sebagai penampung air yang berasal dari curug tersebut. Selain air terjun, di lokasi wisata Curug Cihurang terdapat area berkemah yang dikelilingi oleh pohon pinus merkusii. Fasilitas yang disediakan di area tersebut mencakup toilet dan saung yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Curug Seribu

Curug Seribu memiliki daya tarik utama berupa keindahan alamnya, lokasi perkemahan, dan pesona air terjunnya. Namun, perlu diingat bahwa obyek wisata ini masih dalam kondisi alami tanpa penerangan yang memadai. Jalannya berbatu dan licin, dan di sepanjang jalan terdapat tebing dan jurang yang perlu diwaspadai. Jarak tempuh dari pintu masuk ke lokasi air terjun mencapai lebih dari 2 km.

Perlu diperhatikan bahwa ada kondisi rawan di dekat pos pembayaran tiket, terutama karena medan menurun dan adanya batu-batuan. Fasilitas yang tersedia di sekitar obyek air terjun meliputi kamar ganti dan warung.

See also  Hutan Pinus Sentul: Destinasi Wisata Berkemah yang Nyaman dan Ramah Lingkungan

Di sekitar obyek ini, Anda masih dapat menemukan beberapa satwa, seperti Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Babi Hutan (Sus scrofa), Owa Jawa (Hylobates moloch), dan Elang Jawa (Nisaetus bartelsi). Mereka menjadi bagian dari keindahan alam yang ada di sekitar Curug Seribu.

Para wisatawan yang berkunjung ke wilayah Gunung Bunder dapat menikmati keindahan alam yang indah dan segar dengan mendatangi curug atau air terjun yang ada di sekitar wilayah tersebut. Selain itu, di sekitar Gunung juga terdapat villa dan penginapan yang dapat menjadi tempat beristirahat yang nyaman bagi para wisatawan.

Villa di Sekitar Gunung Bunder

Villa di Sekitar Gunung Bunder menyediakan beragam pilihan akomodasi yang nyaman untuk menginap selama berlibur di daerah Bogor. Berikut ini adalah beberapa ulasan lengkap mengenai villa-villa yang bisa ditemukan di sekitar Gunung:

Villa Leopold

Villa ini memiliki suasana yang tenang dan asri dengan pemandangan yang menakjubkan. Villa Leopold menyediakan beberapa tipe kamar yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, seperti kamar keluarga dan kamar deluxe. Selain itu, villa ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti kolam renang, taman, dan area BBQ.

Villa Bukit Nangka

Villa Bukit Nangka menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan nuansa yang tenang dan damai. Villa ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, taman, dan dapur yang bisa digunakan oleh para tamu. Villa Bukit Nangka juga menyediakan fasilitas BBQ dan tempat parkir yang cukup luas.

Villa Bogor Indah

Villa ini memiliki lokasi yang strategis, dengan pemandangan yang menakjubkan. Villa Bogor Indah menawarkan beberapa tipe kamar, seperti kamar standar dan kamar keluarga. Villa ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, taman, dan area parkir yang cukup luas.

Villa Santi

Villa Santi menawarkan akomodasi yang nyaman dengan fasilitas lengkap. Villa ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, taman, dan tempat parkir yang cukup luas. Villa Santi juga menyediakan layanan jasa massage untuk para tamu yang ingin bersantai.

Villa Bambu

Villa ini memiliki lokasi yang strategis dan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Villa Bambu menyediakan beberapa tipe kamar, seperti kamar deluxe dan kamar suite. Villa ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, taman, dan area parkir yang cukup luas.

Villa The Bidadari

Villa The Bidadari menawarkan suasana yang tenang dan nyaman untuk para tamu yang ingin beristirahat dari kegiatan sehari-hari. Villa ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, taman, dan area parkir yang cukup luas. Villa The Bidadari juga menyediakan fasilitas BBQ dan dapur yang bisa digunakan oleh para tamu.

Itulah beberapa villa yang bisa ditemukan di sekitar Gunung Bunder, Bogor. Dengan pilihan akomodasi yang nyaman dan fasilitas lengkap, liburan Anda di sana pasti akan semakin menyenangkan.

Bukit Kabayan

Bukit Kabayan adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bukit Kabayan terkenal dengan pemandangan alamnya yang mempesona, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut dan terletak di tengah hutan pinus yang asri.

Selain menikmati pemandangan alam yang indah, di Bukit Kabayan juga terdapat beberapa curug atau air terjun yang dapat dijadikan tempat untuk beristirahat sejenak dari perjalanan. Beberapa curug yang populer di Bukit Kabayan antara lain Curug Ciputri, Curug Cibeureum, dan Curug Cijalu.

Bagi para penggemar olahraga sepeda, Bukit Kabayan juga merupakan tempat yang tepat untuk bersepeda atau gowes. Terdapat jalur sepeda yang menantang di sekitar Bukit Kabayan dengan panorama alam yang menakjubkan.

Untuk mengakomodasi wisatawan yang ingin menginap di Bukit Kabayan, terdapat beberapa pilihan villa atau penginapan yang menawarkan kenyamanan dan keindahan alam yang luar biasa. Beberapa villa populer di sekitar Bukit Kabayan antara lain Villa Kencana Alam, Villa Windu Asri, dan Villa Bunga Pangi. Semua villa tersebut memiliki fasilitas yang lengkap dan nyaman untuk mendukung kenyamanan dan kebutuhan pengunjung.

Untuk mencapai Bukit Kabayan, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari arah Bogor ke arah Caringin. Setelah tiba di kawasan Caringin, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan kendaraan off-road atau melakukan trekking sekitar 1,5 jam untuk mencapai Bukit Kabayan. Biaya masuk ke Bukit Kabayan relatif murah dan terjangkau, namun pengunjung harus membayar biaya parkir dan biaya masuk ke kawasan wisata Curug Cibeureum dan Curug Ciputri terpisah dari biaya masuk ke Bukit Kabayan.

Bukit Kenangan

Bukit Kenangan adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan suasana yang tenang, cocok bagi wisatawan yang ingin berlibur dari kebisingan kota.

Bukit Kenangan terkenal dengan panorama yang indah, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dengan menyusuri jalan setapak yang disediakan di sana. Di sisi utara Bukit Kenangan, terdapat pemandangan yang menakjubkan dari Kota Bandung yang terlihat jelas.

Selain menikmati pemandangan alam yang indah, wisatawan juga dapat melakukan kegiatan olahraga dan rekreasi di Bukit Kenangan, seperti berjalan-jalan, jogging, atau bersepeda. Ada juga fasilitas yang disediakan di sana, seperti taman bermain anak-anak, warung makan, dan tempat parkir yang luas.

Untuk mencapai Bukit Kenangan, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari pusat Kota Bandung, wisatawan dapat mengambil angkutan umum ke arah Cimahi dan turun di pertigaan Ciburial. Kemudian, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan ojek menuju Bukit Kenangan.

Tiket masuk ke Bukit Kenangan tergolong terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 10.000 per orang. Bagi wisatawan yang ingin menginap di sekitar Bukit Kenangan, terdapat beberapa pilihan akomodasi seperti hotel, penginapan, dan villa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Bukit Halimun

Bukit Halimun adalah sebuah kawasan konservasi alam yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Terletak di antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor dan Kabupaten Lebak, kawasan ini memiliki luas sekitar 40.000 hektar dan terdiri dari hutan hujan tropis, sungai, dan beberapa pegunungan yang indah.

Bukit Halimun menjadi tujuan wisata alam yang populer di Indonesia. Karena terletak di pegunungan, Bukit Halimun menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang segar. Di sini pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti hiking, camping, dan berjalan-jalan di sekitar kawasan.

Selain keindahan alamnya, Bukit Halimun juga memiliki banyak jenis flora dan fauna yang unik. Ada lebih dari 200 spesies burung yang hidup di kawasan ini, termasuk beberapa spesies langka seperti kakatua raja, elang Jawa, dan merak hijau. Beberapa jenis hewan lain yang dapat ditemukan di sini adalah monyet, kijang, trenggiling, dan beruang madu.

Bukit Halimun juga memiliki beberapa curug (air terjun) yang indah, di antaranya Curug Cigamea dan Curug Nangka. Kedua curug ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan menjadi tempat favorit bagi pengunjung untuk berfoto dan menikmati suasana alam.

Selain wisata alam, di sekitar Bukit Halimun juga terdapat beberapa villa, homestay, dan camping ground yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin menginap. Fasilitas-fasilitas ini biasanya dilengkapi dengan kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Beberapa villa yang populer di sekitar Bukit Halimun antara lain Villa Bukit Halimun, Villa Bambu Gunung, dan Villa Kampung Layung.

Camping

Gunung Bunder Pamijahan Bogor
Gunung Bunder Pamijahan Bogor

Camping Ground Gunung Bunder dan bumi perkemahan di sekitar Gunung Salak Endah merupakan tempat ideal untuk berkemah di tengah kesegaran alam pegunungan. Tempat ini cocok untuk kegiatan wisata minat khusus, pelatihan, dan pengembangan Sumber Daya Manusia.

Wisata minat khusus yang dapat dilakukan di sana meliputi camping keluarga dan genre camping lainnya, seperti camping petualangan, camping pendakian, atau camping ekspedisi. Pengunjung dapat menikmati kegiatan outdoor seperti penjelajahan hutan, eksplorasi air terjun, dan berpetualang di alam bebas.

Dengan berada di kawasan Gunung Salak Endah yang kaya akan keindahan alam, camping di Camping Ground Gunung Bunder dan bumi perkemahan sekitarnya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Pengunjung dapat menikmati udara segar, keindahan panorama pegunungan, serta suasana yang tenang dan damai.

Selain itu, tempat ini juga dapat digunakan untuk kegiatan pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia. Berbagai program pelatihan dan kegiatan pembinaan diri dapat dilakukan di lingkungan alam yang memadai ini, memberikan suasana yang inspiratif dan menantang.

Dengan fasilitas camping yang tersedia di Camping Ground Gunung Bunder dan bumi perkemahan sekitarnya, pengunjung dapat merencanakan perjalanan mereka dengan nyaman. Fasilitas umum seperti area berkemah, toilet, dan tempat api unggun tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Dengan demikian, camping di Gunung Bunder dan bumi perkemahan sekitarnya adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menjelajahi alam, mengadakan kegiatan minat khusus, atau melaksanakan program pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia di tengah keindahan alam pegunungan.

Gunung Bunder juga merupakan tempat yang populer untuk camping atau berkemah. Di sini terdapat beberapa tempat camping yang bisa dipilih, seperti di area perkemahan Batu Cadas dan Taman Pramuka. Pengunjung bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda di tempat tersebut. Fasilitas lain yang tersedia untuk camping antara lain area api unggun, toilet, dan tempat parkir. Tarif camping biasanya berbeda-beda tergantung dari tempat yang dipilih dan fasilitas yang disediakan.

See also  58 Review Menarik Gunung Papandayan Wisata Favorit Pendaki Pemula

Memilih area berkemah di kawasan Gunung Bunder memang bisa menjadi tantangan karena banyaknya pilihan yang tersedia. Berikut beberapa pilihan camping ground yang dapat dijadikan referensi:

  1. Camping Ground Gunung Bunder: Terletak dekat dengan gerbang masuk dan merupakan lokasi terdekat untuk berkemah di kawasan Gunung Bunder.
  2. D’Bunder View: Bumi perkemahan yang berlokasi di luar area wisata Gunung Bunder. Menawarkan suasana yang lebih tenang dan terletak di daerah Kuta Genggelang.
  3. Curug Cihurang: Jika ingin lebih dekat dengan air terjun, dapat memilih untuk berkemah di Curug Cihurang. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah.
  4. Panorama Alam Camping Ground: Terletak di area yang lebih ramai, camping ground ini menyajikan pemandangan panorama alam yang menakjubkan. Cocok bagi yang mencari suasana yang hidup.
  5. Camping Ground Villa Pink Curug Seribu: Jika ingin pengalaman yang berbeda, dapat mencoba Camping Ground Villa Pink Curug Seribu yang menawarkan suasana yang cantik dengan danaunya yang menarik.
  6. Camp Hills Eco Stay: Menyediakan fasilitas glamping dan terletak di Desa Gunung Sari. Tempat ini menawarkan pengalaman berkemah yang nyaman dengan suasana pedesaan.

Setiap camping ground memiliki karakteristik dan daya tariknya sendiri, jadi disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan memilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi.

Penginapan

Kawasan Gunung Bunder menawarkan berbagai sarana dan fasilitas untuk pengunjung, seperti area outbond, perkemahan, air terjun, penginapan (resort, villa), tempat ibadah (masjid), dan masih banyak lagi.

Selain itu, bagi wisatawan yang ingin menikmati akomodasi yang nyaman untuk staycation, terdapat banyak pilihan di kawasan Gunung Bunder. Villa, bungalow, atau glamping adalah beberapa jenis akomodasi yang tersedia. Centhini Resort, Pondok Rasamala, dan The Michael Resorts adalah contoh beberapa akomodasi yang dapat dipilih. Tempat-tempat ini menawarkan penginapan di tengah hutan dengan fasilitas eksklusif yang dapat memanjakan para wisatawan.

Tidak jauh dari lokasi tersebut, wisatawan juga dapat menemukan Kopi Tugoh. Kedai kopi ini merupakan tempat yang cocok untuk nongkrong di tengah suasana asri kawasan Gunung Bunder. Kopi Tugoh menyajikan menu kopi lokal dengan interior kafe yang modern dan nyaman, sehingga pengunjung dapat menikmati secangkir kopi sambil menikmati pemandangan sekitar.

Untuk tempat ibadah, terdapat Masjid Nur Inka yang memiliki desain eksotis. Masjid ini terletak di bukit paling atas, memberikan pemandangan yang indah bagi para jamaah.

Selain itu, kawasan Gunung Bunder juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengunjung.

Tempat Makan

Di sekitar Gunung Bunder terdapat beberapa warung makanan yang menyajikan kuliner khas Bogor. Beberapa makanan yang bisa dicoba di antaranya adalah nasi liwet, gurame goreng, sate kelinci, dan masih banyak lagi. Selain itu, di sekitar kawasan juga terdapat warung kopi dan teh yang menyajikan minuman dengan suasana alam yang asri. Anda juga bisa membawa bekal makanan dan minuman sendiri jika ingin camping di kawasan.

Di kawasan Gunung Bunder, terdapat beberapa warung makan dan kios yang menyediakan makanan dan minuman. Beberapa di antaranya menyajikan hidangan khas Jawa Barat seperti nasi timbel, sayur asem, dan sate kambing. Selain itu, Anda juga bisa mencicipi makanan ringan seperti pisang goreng, tahu goreng, dan tempe goreng yang biasanya dijual di kios-kios kecil di sekitar area wisata. Namun, karena tidak banyak pilihan tempat makan di sini, disarankan untuk membawa bekal atau makan di kawasan sekitar sebelum datang.

Berikut beberapa pilihan tempat makan di sekitar Gunung Bunder:

  1. Sate Maranggi Cibungur – Jl. Raya Cibungur No.56, Cibungur, Kec. Ciampea, Bogor (sekitar 5 km)
  2. Pempek Vico – Jl. Raya Ciampea No.22, Pasirjaya, Kec. Ciampea, Bogor (sekitar 6 km)
  3. Warung Nasi Ampera – Jl. Raya Pamijahan No.89, Ciputat, Pamijahan, Bogor (sekitar 9 km)
  4. Nasi Timbel Bawean – Jl. Raya Pamijahan No.80, Bawean, Pamijahan, Bogor (sekitar 9 km)
  5. Soto Buah Batu – Jl. Raya Ciampea No.2, Ciampea, Bogor (sekitar 10 km)

Spot Foto

Zaman sekarang, saat jalan-jalan ke gunung, kegiatan berfoto sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Menambah keseruan, banyak tempat wisata di gunung yang mendukung kegiatan ini. Salah satunya adalah Ranggon Hills, yang terletak tidak jauh dari Curug Pangeran.

Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan perbukitan yang indah. Selain itu, tersedia sejumlah instalasi kreatif yang cocok untuk berfoto. Ada gardu pandang, rumah pohon, dan bahkan balon udara yang menambah daya tarik tempat ini.

Selain Ranggon Hills, terdapat juga Bukit Panorama di Desa Gunung Sari. Selain memiliki spot foto dengan pemandangan yang indah, tempat ini juga menyediakan fasilitas lainnya. Di antaranya adalah area perkemahan dan kolam mata air alami yang menyegarkan. Dengan demikian, pengunjung dapat menikmati kegiatan berfoto serta menikmati suasana alam yang menyenangkan di lokasi ini.

Wisata Sekitar

Ada beberapa wisata menarik yang bisa dikunjungi di sekitar Gunung Bunder, antara lain:

  1. Taman Nasional Gunung Halimun Salak: wisata alam yang terletak di sebelah selatan. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam, melakukan trekking, atau camping.
  2. Curug Nangka: air terjun yang terletak di Desa Sukamakmur, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Spot ini sangat populer di kalangan pecinta fotografi.
  3. Kampung Budaya Sindangbarang: terletak di Desa Sindangbarang, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Di sini, pengunjung bisa melihat aneka kerajinan tangan tradisional.
  4. Agrowisata Kebun Teh Gunung Mas: wisata agro yang terletak di Jalan Raya Puncak KM 89, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Di sini, pengunjung bisa melihat perkebunan teh dan memetik teh sendiri.
  5. Taman Safari Indonesia: terletak di Jalan Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor. Wisata ini menyajikan pengalaman melihat binatang dari berbagai penjuru dunia.
  6. Taman Wisata Matahari: terletak di Jalan Raya Puncak KM 77, Cisarua, Kabupaten Bogor. Wisata ini menyajikan beragam wahana permainan dan taman bermain untuk anak-anak.
  7. Gunung Pancar: wisata alam yang terletak di Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan menyegarkan.

Mitos Legenda Misteri

Kisah mistis yang melekat pada Gunung Bunder memang menjadi bagian dari kepercayaan dan cerita yang berkembang di masyarakat setempat. Cerita tentang makhluk gaib seperti kerajaan kera yang berbadan besar di Curug Cigamea menjadi salah satu cerita yang sering terdengar.

Namun, penting untuk diingat bahwa cerita mistis seperti ini adalah bagian dari kebudayaan dan kepercayaan setempat. Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda tentang hal-hal mistis, dan ada yang percaya dan menghormati cerita-cerita tersebut, sementara yang lain mungkin menganggapnya sebagai mitos atau cerita rakyat.

Bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan terhadap cerita mistis, penting untuk menghormati tempat yang dikunjungi dan mematuhi aturan serta etika yang berlaku. Tetap berhati-hati dan menjaga keselamatan serta menghormati lingkungan sekitar.

Namun, bagi mereka yang tidak mempercayai cerita mistis, tetaplah menghargai dan menghormati pandangan dan kepercayaan orang lain. Wisata alam Gunung Bunder tetap menawarkan keindahan alam yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung, baik yang percaya pada cerita mistis maupun tidak.

FAQ

Q : Apakah Gunung Bunder memiliki jalur pendakian? A : Ya, Gunung Bunder memiliki jalur pendakian yang dapat diakses oleh para pendaki. Namun, perlu diingat bahwa Gunung Bunder terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, sehingga ada aturan dan izin yang perlu dipenuhi sebelum melakukan pendakian.

Q : Apakah Gunung Bunder Camping Ground menyediakan sewa tenda? A : Gunung Bunder Camping Ground umumnya tidak menyediakan sewa tenda. Pengunjung diharapkan membawa tenda sendiri untuk berkemah di area tersebut.

Q : Apakah ada sumber air? A : Di sekitar Gunung Bunder Camping Ground terdapat beberapa mata air alami yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan air minum dan mandi.

Q : Bagaimana kondisi jalur pendakian? A : Kondisi jalur pendakian di Gunung Bunder bervariasi, mulai dari jalur yang cukup mudah hingga jalur yang lebih menantang. Sebaiknya mendapatkan informasi terbaru mengenai kondisi jalur dan persiapan yang diperlukan sebelum melakukan pendakian.

Q : Apakah ada petugas keamanan? A : Biasanya terdapat petugas keamanan atau petugas pengelola di Gunung Bunder Camping Ground untuk menjaga keamanan dan membantu pengunjung jika diperlukan.

Harap dicatat bahwa informasi ini mungkin dapat berubah dari waktu ke waktu. Disarankan untuk menghubungi pihak pengelola atau mencari informasi terbaru sebelum mengunjungi Gunung Bunder.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 30 Review Menarik Gunung Bunder, Wisata Alam Pamijahan Bogor.

Your email address will not be published. Required fields are marked *