Kampoeng Wisata Cinangneng Wisata Edukasi Pedesaan Favorit Di Bogor


Kampoeng Wisata Cinangneng di Kota Bogor adalah salah satu pilihan destinasi wisata yang sangat menarik untuk liburan keluarga di luar kota. Dengan tema “Kampoeng” yang mengusung kehidupan pedesaan, tempat ini menawarkan beragam aktivitas yang memikat terutama bagi anak-anak.

Ketika berkunjung ke Kampoeng Wisata Cinangneng, pengunjung akan mendapatkan kesempatan berharga untuk lebih mendekati dan memahami kehidupan pedesaan. Ini adalah pengalaman yang sangat penting, terutama untuk anak-anak yang biasanya hanya terbiasa dengan lingkungan perkotaan yang sibuk. Saat Anda merasa lelah dan penat setelah menjalani hari-hari yang padat di kota, akhir pekan adalah saat yang tepat untuk “pulang kampung” ke tempat yang tenang dan jauh dari keramaian, dan Kampoeng Wisata Cinangneng menjadi pilihan yang sempurna.

Kampoeng Wisata Cinangneng adalah salah satu destinasi terbaik di Bogor yang menawarkan pemandangan alam yang masih alami dan kehidupan pedesaan yang khas. Terletak di daerah Ciampea, tempat ini merupakan rekomendasi ideal untuk liburan akhir pekan Anda. Beberapa kegiatan menarik yang bisa dinikmati di sini termasuk:

  1. Mengenal Kehidupan Pedesaan: Di Kampoeng Wisata Cinangneng, Anda dan keluarga dapat belajar tentang kehidupan pedesaan, seperti bertani, merawat hewan ternak, dan berinteraksi dengan penduduk desa. Pengalaman ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan wawasan yang berharga.
  2. Aktivitas di Alam Terbuka: Tempat ini menyediakan berbagai kegiatan di alam terbuka seperti bersepeda, berjalan-jalan, dan menjelajahi pesona alam pedesaan. Ini adalah kesempatan sempurna untuk menikmati udara segar dan bersantai di tengah alam.
  3. Bermain di Taman Rekreasi: Kampoeng Wisata Cinangneng juga memiliki taman rekreasi yang cocok untuk anak-anak. Mereka bisa bermain di area bermain, naik perahu, atau berinteraksi dengan hewan-hewan kecil yang ada di sana.
  4. Edukasi Lingkungan: Selain itu, tempat ini juga memberikan kesempatan untuk belajar tentang pentingnya pelestarian alam dan lingkungan. Ini bisa menjadi pengalaman pendidikan yang bermanfaat bagi anak-anak, mengajarkan mereka tentang upaya untuk menjaga lingkungan.

Kampoeng Wisata Cinangneng adalah destinasi wisata yang sempurna untuk keluarga yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk perkotaan dan merasakan kedamaian serta keindahan pedesaan. Itu merupakan pilihan yang ideal untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Harga Tiket Masuk Kampoeng Wisata Cinangneng & Paket

Harga tiket masuk dan paket wisata di Kampoeng Wisata Cinangneng adalah sebagai berikut:

  1. Paket Kageulisan Desa (Minimum 20 Orang): Rp190.000 per orang.
  2. Paket Poelang Kampoeng (Minimum 20 Orang): Rp165.000 per orang.

Dalam hal ini, terdapat dua jenis paket yang ditawarkan, dan harga berdasarkan jumlah minimum peserta dalam kelompok, yaitu 20 orang. Pastikan untuk memeriksa ketersediaan paket dan persyaratan lainnya sebelum Anda merencanakan kunjungan ke Kampoeng Wisata Cinangneng. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu, jadi disarankan untuk menghubungi pihak wisata ini atau mengunjungi situs web resmi mereka untuk informasi lebih lanjut dan penawaran terbaru.

Jam Buka

Kampoeng Wisata Cinangneng buka setiap hari dengan jadwal operasional sebagai berikut:

  • Jam Buka: Pukul 08.00 pagi.
  • Jam Tutup: Pukul 05.00 sore.

Selain itu, untuk penginapan, mereka tersedia selama 24 jam. Ini memberi pengunjung fleksibilitas untuk mengatur kunjungan mereka sesuai kebutuhan. Namun, pastikan untuk memeriksa jadwal operasional terbaru atau perubahan yang mungkin terjadi sebelum Anda merencanakan kunjungan ke tempat wisata ini.

Alamat Rute Lokasi

Alamat Kampoeng Wisata Cinangneng:

Jalan Babakan Kemang RT.01/RW.02, Desa Cihideung Udik, Kec. Ciampea, Bogor

Untuk mencapai lokasi ini dari Jakarta, Anda dapat mengikuti rute berikut:

  1. Mulai dari Jakarta, arahkan kendaraan Anda menuju Tol Jagorawi.
  2. Masuk ke Tol Jagorawi dan lanjutkan perjalanan hingga mencapai Bogor.
  3. Setelah tiba di Bogor, Anda dapat mencari Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai titik referensi.
  4. Dari IPB, arahkan kendaraan Anda ke Jalan Raya Cibanteng.
  5. Ikuti Jalan Raya Cibanteng hingga Anda mencapai Desa Cihideung Udik, di mana Kampoeng Wisata Cinangneng terletak.

Pastikan untuk menggunakan navigasi atau peta digital untuk memudahkan perjalanan Anda. Dengan mengikuti rute ini, Anda seharusnya dapat mencapai destinasi ini dengan nyaman.

Fasilitas

Kampoeng Wisata Cinangneng di Bogor tidak hanya menawarkan pengalaman kehidupan pedesaan yang autentik, tetapi juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk memastikan kenyamanan pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia:

  1. Toilet dan Mushola: Terdapat fasilitas toilet yang cukup banyak untuk kenyamanan pengunjung, serta mushola untuk beribadah.
  2. Area Parkir yang Luas: Pengelola wisata telah memperhatikan kebutuhan parkir, sehingga area parkir yang luas tersedia untuk berbagai jenis kendaraan.
  3. Toko Souvenir: Pengunjung dapat membeli oleh-oleh khas Bogor di toko souvenir yang ada di dalam desa ini. Ada souvenir unik yang dapat dijadikan kenang-kenangan.
  4. Makanan Khas Bogor: Selain souvenir, pengunjung juga dapat membeli makanan ringan khas Bogor sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.
  5. Penginapan: Jika Anda memilih paket staycation dalam beberapa hari, guest house atau villa di Cinangneng Bogor telah dilengkapi dengan fasilitas modern seperti AC, televisi, air panas, dan WiFi. Ini memungkinkan pengunjung untuk tinggal dengan kenyamanan sambil menikmati suasana pedesaan.
  6. Kuliner Khas Bogor: Jika Anda tinggal lebih lama di desa ini, Anda dapat mencicipi kuliner khas Bogor di tempat-tempat kuliner yang sedang populer di daerah tersebut. Ini adalah kesempatan sempurna untuk menikmati makanan lezat sambil merasakan pesona desa.

Dengan fasilitas yang lengkap dan perhatian terhadap kebutuhan pengunjung, Kampoeng Wisata Cinangneng adalah destinasi wisata yang cocok untuk merasakan kehidupan pedesaan sambil tetap menikmati kenyamanan fasilitas modern.

Daya Tarik

Kampoeng Wisata Cinangneng di Bogor adalah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman menjadi “anak desa” selama beberapa hari. Fokus utamanya adalah pada wisata edukasi yang bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan, seni, dan makanan khas Jawa Barat kepada pengunjung.

Kampung wisata Cinangneng telah berdiri sejak tahun 1990, dan Ibu Hester Basoeki adalah pelopor dan pendirinya. Beliau membeli lahan seluas 4.000 meter persegi, dan pada tahun 2000, tempat wisata edukasi ini resmi berdiri. Saat ini, luasnya telah berkembang menjadi 1,5 hektar dan dilengkapi dengan 94 guest house, yang menunjukkan tingginya minat pengunjung.

Dengan jumlah fasilitas penginapan yang melimpah, Kampoeng Wisata Cinangneng dapat menerima banyak pengunjung setiap hari, dengan rata-rata mencapai 600 wisatawan dalam sehari. Pengunjung di sini tidak akan kehabisan aktivitas, karena ada beragam kegiatan yang mencerminkan kehidupan desa dan budaya Jawa Barat.

Tujuan utama dari Kampoeng Wisata Cinangneng adalah melestarikan budaya Jawa Barat, khususnya budaya Sunda, dan mengedukasi terutama generasi muda. Pengalaman yang ditawarkan di tempat ini sangat cocok untuk wisata edukasi anak-anak, membantu mereka memahami kehidupan pedesaan yang mungkin jarang mereka temui di era modern saat ini. Sebagai tempat wisata yang berfokus pada budaya dan pendidikan, Kampoeng Wisata Cinangneng memiliki peran yang penting dalam menjaga dan menyebarkan nilai-nilai tradisional.

Menggambar Caping Pak Tani dan membuat karya seni seperti wayang-wayangan dari batang dan daun singkong adalah kegiatan kreatif yang cocok untuk anak-anak di Kampoeng Wisata Cinangneng. Aktivitas-aktivitas ini memungkinkan anak-anak untuk berkreasi dan mengembangkan keterampilan seni mereka, sambil merasakan kehidupan pedesaan yang unik.

Menggambar Caping Pak Tani adalah cara yang kreatif dan menyenangkan untuk berinteraksi dengan elemen-elemen pertanian tradisional. Caping adalah topi yang sering dikenakan oleh petani saat mereka bekerja di sawah, dan anak-anak dapat menghiasnya sesuai dengan imajinasi mereka. Ini memberikan pengalaman yang mendalam tentang kehidupan pedesaan dan menghargai peran petani.

Selain itu, membuat karya seni seperti wayang-wayangan dari batang dan daun singkong adalah pengalaman yang mendidik. Wayang adalah salah satu bentuk seni tradisional yang sangat penting di Jawa Barat, dan anak-anak dapat belajar cara membuatnya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar mereka.

Aktivitas-aktivitas ini tidak hanya menciptakan kesenangan dan kreativitas, tetapi juga memungkinkan anak-anak untuk belajar tentang budaya dan seni tradisional, serta menghargai nilai-nilai kehidupan pedesaan. Itu adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu di Kampoeng Wisata Cinangneng sambil mendapatkan pengalaman edukatif yang berharga.

Kegiatan menanam padi di Kampoeng Wisata Cinangneng adalah pengalaman yang sangat berharga dan unik, terutama bagi mereka yang belum pernah mencoba cara menanam padi sebelumnya. Aktivitas ini memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses bercocok tanam dan pekerjaan yang dilakukan oleh para petani.

Menanam padi bersama orang-orang terdekat, teman, atau keluarga juga dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga dalam membangun hubungan yang lebih kuat dan menciptakan kenangan yang berkesan bersama-sama. Aktivitas ini memungkinkan untuk bersatu dalam kerja tim, saling membantu, dan merasakan kepuasan ketika Anda melihat hasil jerih payah Anda.

Selain itu, kegiatan ini juga memungkinkan untuk menghargai lebih dalam peran penting petani dalam produksi makanan yang kita konsumsi setiap hari. Ini adalah cara yang bagus untuk mendekati alam, belajar tentang proses pertanian, dan menghargai usaha para petani.

Dengan demikian, menanam padi di Kampoeng Wisata Cinangneng bukan hanya pengalaman yang mengasyikkan, tetapi juga edukatif dan bermakna. Ini adalah contoh bagus bagaimana pariwisata dapat menjadi alat untuk mengajarkan, menginspirasi, dan mendekatkan manusia dengan alam serta nilai-nilai penting yang terkait dengan pertanian dan lingkungan.

Belajar Bercocok Tanam

Aktivitas menanam padi di Kampoeng Wisata Cinangneng adalah salah satu pengalaman yang memikat bagi pengunjung yang ingin merasakan kehidupan desa secara langsung. Meskipun melihat sawah adalah pemandangan biasa, aktif terlibat dalam bercocok tanam padi akan memberikan pengalaman yang berbeda dan mendalam.

Petani di desa ini berperan sebagai pemandu dan mengajak wisatawan untuk belajar cara bercocok tanam di sawah. Ini memberikan pengunjung kesempatan unik untuk merasakan kehidupan seorang petani desa dan memahami proses yang terlibat dalam menanam, merawat, dan memanen padi.

Selain menjadi pengalaman yang mengasyikkan, aktivitas ini juga memiliki nilai edukatif yang tinggi. Pengunjung dapat memperoleh pengetahuan yang berharga tentang proses pertanian, praktik pertanian berkelanjutan, serta bagaimana pentingnya usaha petani dalam menyediakan makanan untuk masyarakat. Aktivitas semacam ini juga membantu menghormati dan menghargai pekerjaan keras petani.

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan menanam padi ini, pengunjung tidak hanya merasakan kegembiraan menjadi “petani desa” untuk sehari, tetapi juga mendapatkan wawasan mendalam tentang bagaimana masyarakat desa menjaga tradisi pertanian yang berharga. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi wisatawan yang ingin lebih memahami kehidupan pedesaan dan budaya Jawa Barat.

Tour Kampoeng

Program tur di Kampoeng Wisata Cinangneng memiliki tujuan yang sangat berarti, yaitu mempromosikan usaha kecil dan produk lokal yang dibuat oleh warga desa. Ini adalah upaya yang sangat positif untuk mendukung perekonomian lokal dan memperkenalkan kekayaan budaya dan kerajinan tangan desa kepada para pengunjung.

Dalam program tur ini, pengunjung memiliki kesempatan unik untuk:

  1. Berinteraksi dengan Pengusaha Lokal: Mengunjungi pelaku usaha kecil dan memahami lebih dalam tentang produk-produk yang mereka hasilkan. Ini membantu dalam mendukung ekonomi lokal dan memberikan penghargaan kepada para pengusaha desa.
  2. Belajar dari Proses Produksi: Melihat proses produksi produk UMKM secara langsung memungkinkan pengunjung untuk memahami upaya dan keterampilan yang diperlukan dalam pembuatan barang-barang tersebut. Ini juga memungkinkan mereka untuk menghargai proses tersebut.
  3. Menikmati Keindahan Alam: Selama menjelajahi desa, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang mempesona, seperti sawah dengan pematang teras, perkebunan hijau, hutan yang luas, dan pegunungan di sekitarnya. Ini memberikan pengalaman yang memanjakan mata dan memberikan kesempatan untuk merasakan kedamaian alam pedesaan.

Program tur semacam ini juga membantu mendukung perkembangan pariwisata berkelanjutan, dengan mengintegrasikan pendekatan yang memperhatikan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Selain itu, memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian budaya dan warisan desa. Ini adalah contoh bagus dari bagaimana pariwisata dapat menjadi alat untuk mendukung komunitas lokal sambil memberikan pengalaman yang bermakna kepada wisatawan.

Sungai

Mandi di sungai dan berpartisipasi dalam kegiatan seperti memandikan kerbau adalah pengalaman yang sangat unik dan berkesan untuk para pengunjung di Kampoeng Wisata Cinangneng. Sensasi berada di sungai yang jernih dengan air berasal dari sumber pegunungan merupakan pengalaman alam yang langka dan menenangkan.

Berpartisipasi dalam memandikan kerbau bersama petani adalah pengalaman yang sangat mendidik. Kerbau adalah hewan penting dalam pertanian tradisional dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan pedesaan. Aktivitas ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk lebih dekat dengan budaya pedesaan dan menghargai peran penting kerbau dalam kehidupan masyarakat desa.

Memandikan kerbau di sungai bisa menjadi pengalaman yang menantang, karena pengunjung perlu memahami bagaimana mengendalikan kerbau agar tetap tenang. Meskipun demikian, dengan adanya bimbingan dan pengawasan dari staf pengelola wisata, pengunjung dapat merasa aman dan terpandu selama aktivitas ini. Hal ini juga dapat menjadi kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang cara merawat dan berinteraksi dengan hewan ternak.

Pengalaman semacam ini merupakan contoh nyata bagaimana Kampoeng Wisata Cinangneng menghadirkan pengalaman wisata yang mendalam dan bermakna kepada pengunjung, sekaligus memungkinkan mereka untuk merasakan kehidupan pedesaan secara langsung. Itu adalah salah satu daya tarik utama dari destinasi ini, yang menghadirkan budaya, alam, dan aktivitas yang beragam bagi wisatawan.

Memasak

Kegiatan memasak makanan khas Bogor seperti kue-kue tradisional dan membuat jamu adalah sesuatu yang pasti akan dinanti-nanti oleh para pecinta kuliner. Ini adalah kesempatan langka untuk belajar tentang masakan dan minuman tradisional yang merupakan bagian penting dari budaya Bogor.

Kue-kue tradisional seperti Kue Putu dan Kue Bugis adalah hidangan yang patut dicoba, dan mendapatkan pengalaman membuatnya sendiri di bawah bimbingan warga desa adalah pengalaman yang sangat berharga. Ini memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bahan-bahan, teknik, dan budaya di balik hidangan-hidangan ini.

Selain itu, pembuatan jamu adalah aktivitas yang unik. Jamu adalah minuman herbal tradisional yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Belajar cara membuat jamu secara langsung dari penduduk desa dapat memberikan wawasan tentang penggunaan tanaman obat-obatan alami dan budaya tradisional terkait kesehatan.

Kegiatan ini juga berfungsi sebagai cara yang baik untuk memperkenalkan kuliner tradisional kepada warga kota dan wisatawan, sehingga mereka dapat menghargai kekayaan kuliner yang dimiliki oleh daerah tersebut. Semua ini menjadikan Kampoeng Wisata Cinangneng sebagai destinasi yang menyenangkan, edukatif, dan lezat bagi pecinta kuliner.

Karya Seni

Program pelestarian seni dan kerajinan di Kampoeng Wisata Cinangneng adalah inisiatif yang sangat berharga dalam menjaga dan meneruskan warisan budaya kepada generasi muda. Melalui kegiatan ini, anak-anak memiliki kesempatan untuk belajar dan berpartisipasi dalam pembuatan karya seni tradisional yang khas.

Mengajarkan anak-anak untuk membuat Caping, topi tradisional yang sering dikenakan oleh petani saat pergi ke sawah, adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan mereka pada bagian penting dari budaya pertanian pedesaan. Aktivitas ini juga membantu anak-anak menghargai peran penting petani dalam memproduksi makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Selain itu, membuat Wayang dari daun dan batang singkong adalah contoh lain dari upaya pelestarian seni tradisional. Wayang adalah bentuk seni tradisional Jawa yang sangat berharga, dan mengajarkan anak-anak cara membuatnya adalah langkah penting dalam memastikan kelangsungan budaya ini.

Program seperti ini memainkan peran penting dalam memastikan bahwa nilai-nilai dan tradisi budaya lokal terus berlanjut dan diteruskan kepada generasi berikutnya. Hal ini juga meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap seni dan kerajinan tradisional. Dengan demikian, Kampoeng Wisata Cinangneng berkontribusi secara positif terhadap pelestarian budaya Jawa Barat dan meningkatkan kesadaran akan warisan budaya yang berharga.

Alat Musik Tradisional

Kegiatan yang melibatkan musik dan tarian tradisional di Kampoeng Wisata Cinangneng adalah cara yang sangat baik untuk mendalami budaya Sunda dan merasakan kesenian lokal yang berharga. Berpartisipasi dalam pembelajaran alat musik tradisional seperti Gamelan Sunda dan Angklung memungkinkan wisatawan untuk merasakan kekayaan musik tradisional daerah ini, dan menyanyikan lagu-lagu daerah khas Sunda dapat memberikan pengalaman yang sangat berkesan.

Mengenalkan wisatawan pada tarian tradisional seperti Jaipong dan tarian khas Jawa Barat lainnya adalah cara yang bagus untuk menjaga dan mempromosikan seni tari yang memiliki akar budaya yang dalam. Dengan menyediakan sanggar tari di desa wisata ini, pengunjung, terutama anak-anak, memiliki kesempatan untuk belajar dan mengikuti tarian tradisional. Hal ini membantu mempertahankan tarian-tarian khas Sunda dan memastikan bahwa pengetahuan tentang tradisi tersebut terus disampaikan kepada generasi muda.

Pada saat yang sama, pengunjung juga dapat mencoba mengenakan pakaian adat sederhana yang digunakan oleh penari tradisional. Ini memberikan pengalaman yang mendalam dalam budaya Sunda dan memungkinkan wisatawan untuk merasakan keindahan pakaian adat sambil menari, sambil mengabadikan momen tersebut melalui foto-foto.

Kegiatan semacam ini memperkaya pengalaman wisatawan, memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam budaya lokal, dan mendukung pelestarian seni tradisional. Itu adalah salah satu aspek menarik dari Kampoeng Wisata Cinangneng yang membuat kunjungan ke tempat ini menjadi berkesan dan edukatif.

Tips Berkunjung

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda saat berkunjung ke Kampoeng Wisata Cinangneng di Bogor:

  1. Pakaian: Karena Anda akan terlibat dalam berbagai aktivitas di pedesaan, pilih pakaian yang nyaman, sesuai untuk kegiatan di luar ruangan, dan sesuai dengan cuaca. Kenakan sepatu yang cocok untuk berjalan di daerah pedesaan.
  2. Perlengkapan: Bawa perlengkapan dasar seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  3. Kamera: Pastikan untuk membawa kamera atau ponsel pintar dengan kamera yang baik untuk mengabadikan momen-momen berharga selama kunjungan Anda.
  4. Uang Tunai: Sebagian tempat mungkin tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit, jadi pastikan Anda membawa uang tunai secukupnya.
  5. Kendaraan: Jika Anda tidak memiliki mobil pribadi, Anda dapat menyewa kendaraan dari layanan rental mobil Bogor untuk memudahkan perjalanan.
  6. Jadwal Operasional: Periksa jadwal operasional dan harga tiket terbaru sebelum Anda pergi. Jam buka dan harga tiket bisa berubah, jadi pastikan Anda memiliki informasi terbaru.
  7. Kebersihan: Hormati lingkungan dan kebersihan desa. Jaga sampah Anda dan ikuti petunjuk yang ada.
  8. Partisipasi: Jangan ragu untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang ditawarkan, seperti menanam padi, memandikan kerbau, memasak, dan belajar seni tradisional. Pengalaman ini akan membuat kunjungan Anda lebih berkesan.
  9. Hargai Budaya Lokal: Hormati budaya dan tradisi setempat selama kunjungan Anda. Jangan ragu untuk belajar lebih banyak tentang kehidupan pedesaan dan warisan budaya.
  10. Selamatkan Waktu: Jika Anda berencana untuk tinggal lebih lama, pesan penginapan Anda terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan.
  11. Bawa Pulang Kenangan: Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Bogor, seperti makanan khas dan souvenir, sebagai kenang-kenangan dari kunjungan Anda.

Dengan mempertimbangkan tips ini, Anda dapat memiliki kunjungan yang menyenangkan dan bermakna ke Kampoeng Wisata Cinangneng di Bogor. Selamat menikmati pengalaman Anda di pedesaan Jawa Barat!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News