37 Review Menarik Kebun Binatang Ragunan Taman Margasatwa Jakarta Selatan

Kebun Binatang Ragunan di Jakarta, yang terletak di Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550, merupakan tempat wisata rekreasi dan edukasi yang sangat direkomendasikan dengan harga terjangkau. Destinasi Ragunan Zoo Jakarta merupakan lokasi yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Spot Wisata Paling Menarik di Kawasan Ragunan
Spot Wisata Paling Menarik di Kawasan Ragunan

Kebun Binatang Ragunan Jakarta (Ragunan Zoo) dapat menjadi opsi wisata di Ibukota. Dengan lebih dari 2000 spesies satwa dan 20.000 jenis flora yang berada di area seluas 140 Ha.

Kebun Binatang ini telah berdiri sejak tahun 1814 dengan nama Planten en Dierentuin pada saat Kota Jakarta masih dikenal sebagai Batavia.

Meskipun berada di tengah kota yang ramai, saat memasuki kawasan kebun binatang ini, suasana akan terasa sejuk. Hal ini disebabkan oleh pepohonan yang rimbun di sekitar taman. Berbagai jenis pohon besar terdapat di seluruh area kebun binatang.

Liburan akhir pekan merupakan waktu yang terbaik untuk menghabiskan quality time bersama keluarga. Nikmati keseruan akhir pekan dengan mengunjungi di Kebun Binatang Ragunan. Dengan koleksi hewan yang beragam serta fasilitas, spot, dan wahana yang tersedia, tempat ini pasti akan memanjakan liburan Anda dan keluarga.

Kebun Binatang Ragunan sendiri merupakan taman satwa tertua di Indonesia. Didirikan pada tahun 1864 dengan luas wilayah mencapai 140 hektar. Kebun Binatang ini memiliki lebih dari 2000 hewan dari 300 spesies yang berbeda.

Selain koleksi hewan yang lengkap, Kebun Binatang Ragunan Jakarta juga menyediakan berbagai fasilitas wahana bermain yang akan membuat liburan Anda semakin seru dan menyenangkan. Anda dan keluarga akan menikmati waktu yang menyenangkan di tempat wisata ini.

Alamat Lengkap Akses Lokasi Rute

Alamat lengkap dan akses lokasi ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta adalah sebagai berikut:

Alamat: Kebun Binatang Ragunan Jakarta Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Rute menggunakan kendaraan pribadi:

  • Dari pusat Jakarta, ikuti jalan tol dalam kota menuju arah Jakarta Selatan.
  • Keluar dari jalan tol dan teruskan perjalanan menuju Ragunan.
  • Ikuti petunjuk arah ke Kebun Binatang Ragunan, yang terletak di Jl. Harsono RM No.1.

Rute menggunakan transportasi umum:

  • Naik kereta api atau bus ke Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
  • Dari Stasiun Pasar Minggu, naik angkutan umum seperti angkot atau ojek online menuju Kebun Binatang Ragunan.
  • Beritahu pengemudi tujuan Anda adalah Kebun Binatang Ragunan di Jl. Harsono RM No.1.

Rute menggunakan TransJakarta:

  • Naik TransJakarta hingga kehalte Ragunan.
  • Dari halte Ragunan, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti angkot atau ojek online menuju Kebun Binatang Ragunan di Jl. Harsono RM No.1.

Pastikan untuk memeriksa kondisi lalu lintas dan waktu operasional transportasi umum sebelum melakukan perjalanan ke Kebun Binatang Ragunan.

Tiket Masuk

Kebun Binatang Ragunan memang terkenal dengan sajian wisata yang terjangkau di Jakarta. Dengan harga tiket masuk yang tergolong murah meriah, Anda dapat menikmati pesona keindahan dan koleksi yang disajikan di tempat ini tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Berikut adalah harga tiket masuk Kebun Binatang Ragunan Jakarta:

Jenis TiketHarga
Tiket Masuk DewasaRp4.000
Tiket Masuk AnakRp3.000
Tiket Kendaraan
MotorRp3.000
MobilRp6.000
SepedaRp1.000
Bus SedangRp12.500
Bus BesarRp15.000
Pusat Primata Schmutzer
Tiket Masuk Dewasa & Anak WeekdayRp6.000
Tiket Masuk Dewasa & Anak WeekendRp7.500
Harga Tiket Wahana/Fauna
Kuda TunggangRp5.000
Onta TunggangRp7.500
Taman Satwa AnakRp2.500
Perahu AngsaRp18.000
Kereta Keliling, Sepeda TunggalRp10.000
Sepeda Ganda, Kuda BendiRp15.000
Kartu Jakcard Saldo Rp20.000Rp45.000
Kartu Jakcard Saldo Rp50.000Rp75.000

Harga-harga di atas mungkin dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan untuk memverifikasi harga tiket terbaru sebelum mengunjungi Kebun Binatang Ragunan.

Sebelum memasuki Kebun Binatang Ragunan, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pengunjung dari luar Jakarta sudah diizinkan untuk berkunjung.
  2. Pastikan untuk selalu menggunakan masker dan mematuhi segala protokol kesehatan yang berlaku di dalam area Ragunan, seperti menjaga jarak fisik, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.
  3. Tidak ada batasan usia untuk berkunjung. Semua kalangan dapat mengunjunginya.
  4. Tiket masuk dapat dibeli langsung di loket tiket saat tiba.
  5. Untuk pembayaran tiket masuk, penggunaan Kartu Jakcard diperlukan. Pastikan Anda memiliki Kartu Jakcard untuk memudahkan transaksi di dalam area.
  6. Jika Anda belum memiliki Kartu Jakcard, Anda dapat membelinya di loket yang tersedia.
  7. Penting untuk diketahui bahwa satu Kartu Jakcard dapat digunakan oleh lebih dari satu orang, sehingga Anda dapat menggunakan satu kartu untuk memasuki Kebun Binatang Ragunan bersama dengan keluarga atau teman.

Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk dan aturan yang diberlakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama kunjungan Anda.

Kebun Binatang Ragunan memiliki jadwal operasional sebagai berikut:

Hari Selasa hingga Minggu: Jam buka dari pukul 07.00 pagi hingga 16.00 sore (Waktu Indonesia Barat/WIB).

Hari Senin: Kebun Binatang Ragunan tutup (libur).

Pastikan untuk mengatur rencana kunjungan Anda sesuai dengan jadwal operasional yang tertera di atas. Perhatikan juga bahwa jam buka dan jam tutup dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, sebaiknya periksa informasi terbaru mengenai jam operasional sebelum Anda berkunjung.

Cara Masuk Kebun Binatang Ragunan

Sebelum membeli tiket dan berkunjung, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan oleh pengunjung. Berikut adalah syarat kunjungan yang harus dipenuhi:

  1. Warga dalam dan luar KTP DKI Jakarta diizinkan untuk berkunjung.
  2. Jumlah pengunjung maksimum dibatasi hingga 75% dari kapasitas per hari (berlaku pada hari Selasa hingga Minggu).
  3. Penggunaan tiket masuk menggunakan Jakcard.
  4. Pengunjung wajib melakukan scan QR code PeduliLindungi sebagai bukti vaksinasi minimal dosis kedua. Selain itu, pengunjung juga wajib melakukan check-in dan check-out melalui aplikasi PeduliLindungi.
  5. Pengunjung diwajibkan menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku selama berada di area Taman Margasatwa Ragunan.
  6. Tidak ada batasan usia untuk berkunjung, namun anak-anak di bawah 12 tahun harus didampingi oleh orang tua atau pendamping dewasa.
  7. Layanan verifikasi pendaftaran online tersedia di loket mulai pukul 07:00 hingga 14:30 WIB, sedangkan jam operasional kunjungan dimulai dari pukul 07:00 hingga 15:00 WIB (harap dicatat bahwa jam operasional dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya).
  8. Dilarang menggunakan atau menyalahgunakan fasilitas ini untuk tujuan melanggar hukum.

Dengan mematuhi syarat-syarat ini, pengunjung dapat menikmati kunjungan dengan aman dan nyaman.

Cara pesan tiket online

Berikut adalah cara memesan tiket masuk Kebun Binatang Ragunan secara online:

  1. Buka halaman akses ke Kebun Binatang Ragunan di https://ragunanzoo.jakarta.go.id.
  2. Pada halaman tersebut, cari informasi mengenai kunjungan dan klik opsi pendaftaran kunjungan.
  3. Anda akan diarahkan ke link gform bit.ly/PesantiketTMR. Isi formulir dengan data yang diminta. Pastikan mengisi formulir pada H-1 sebelum kepergian Anda.
  4. Isi formulir dengan data diri dan sertakan KTP yang didaftarkan. Setiap pendaftaran maksimal untuk 5 orang.
  5. Setelah mengisi formulir, bukti pendaftaran akan dikirim ke email yang Anda daftarkan. Mohon bersabar jika email tidak langsung dikirimkan.
  6. Saat Anda tiba di loket tiket Kebun Binatang Ragunan, tunjukkan bukti pendaftaran atau KTP yang telah didaftarkan. Jika email konfirmasi belum diterima hingga hari kunjungan, Anda dapat menunjukkan KTP yang telah terdaftar.
  7. Pembayaran tiket dapat dilakukan menggunakan kartu Jakcard Bank DKI. Anda dapat membeli kartu Jakcard di semua loket Taman Margasatwa Ragunan.
  8. Untuk mengisi saldo Jakcard, minimum top-up adalah Rp. 10.000 dengan maksimal saldo kartu sebesar Rp. 1.000.000. Anda dapat melakukan top-up saldo di semua loket Taman Margasatwa Ragunan dan halte Busway.
  9. Kartu Jakcard dapat digunakan di Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional, Museum Kota Tua, dan Transjakarta.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memesan tiket masuk Kebun Binatang Ragunan secara online dan mempersiapkan kunjungan Anda dengan mudah.

Fasilitas

Kebun Binatang Ragunan, sebagai obyek wisata populer di Jakarta, menyediakan berbagai fasilitas wisata yang lengkap. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung saat berlibur di Ragunan Zoo:

  1. Area parkir kendaraan wisata: Menyediakan area parkir yang luas untuk kendaraan pengunjung. Ini memudahkan pengunjung dalam memarkir kendaraan mereka dengan aman.
  2. Toilet: Terdapat fasilitas toilet yang tersebar di berbagai lokasi. Pengunjung dapat menggunakan fasilitas toilet dengan nyaman selama kunjungan.
  3. Mushola: Bagi pengunjung yang membutuhkan tempat ibadah, terdapat fasilitas mushola yang tersedia.
  4. Foodcourt: Ragunan Zoo memiliki area foodcourt yang menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman. Pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman yang lezat selama kunjungan mereka.
  5. Spot foto: Terdapat berbagai spot foto menarik. Pengunjung dapat mengabadikan momen berharga mereka bersama keluarga atau teman di lokasi-lokasi yang indah.
  6. Wahana permainan: Kebun Binatang Ragunan juga menyediakan wahana permainan untuk anak-anak. Ini termasuk kuda tunggang, onta tunggang, dan wahana permainan lainnya yang menawarkan hiburan tambahan.
  7. Taman bermain: Tersedia taman bermain yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Mereka dapat bermain dengan aman dan merasakan kegembiraan di area ini.
  8. Tempat istirahat: Terdapat tempat istirahat yang nyaman di sepanjang area. Pengunjung dapat beristirahat sejenak, menikmati pemandangan, atau bersantai di tempat ini.
  9. Pusat oleh-oleh dan souvenir: Terdapat pusat oleh-oleh dan toko souvenir. Pengunjung dapat membeli oleh-oleh atau suvenir sebagai kenang-kenangan dari kunjungan mereka.

Dengan fasilitas wisata yang lengkap ini, Kebun Binatang Ragunan memastikan pengunjung mendapatkan pengalaman liburan yang berkualitas dan menyenangkan.

Sejarah

Sejarah Kebun Binatang Ragunan dimulai pada tahun 1864 ketika didirikan dengan nama “Planten En Dierentuin” di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Kebun binatang ini berlokasi di lahan seluas sekitar 10 hektar yang diberikan oleh Raden Saleh.

Pada awalnya, Kebun Binatang Ragunan berada di bawah pengelolaan Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang merupakan bagian dari Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Pada tahun 1949, kebun binatang tersebut mengalami perubahan nama menjadi Kebun Binatang Cikini. Namun, kemudian kebun binatang tersebut dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu.

Dengan mendapatkan hibah lahan seluas 30 hektar dari Pemerintah DKI Jakarta, Kebun Binatang Ragunan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 22 Juni 1966. Sejak saat itu, kebun binatang ini dikenal dengan nama Kebun Binatang Ragunan yang terus beroperasi hingga saat ini.

Kebun Binatang Ragunan memiliki koleksi hewan yang sangat beragam, terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen. Kebun binatang ini terus berkomitmen untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan memberikan edukasi kepada pengunjung tentang pentingnya perlindungan terhadap flora dan fauna.

Sebagai kebun binatang pertama di Indonesia, Kebun Binatang Ragunan memiliki sejarah yang panjang dan menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jakarta.

Larangan Dan Aturan

Kebun Binatang Ragunan memiliki beberapa larangan dan aturan yang harus diikuti oleh pengunjung. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, serta melindungi satwa dan lingkungan di dalam kebun binatang. Berikut adalah beberapa larangan dan aturan yang berlaku:

  1. Tidak diperbolehkan memberi makan atau menyentuh hewan kecuali dengan pengawasan dan persetujuan petugas kebun binatang.
  2. Dilarang merusak fasilitas, tumbuhan, atau hewan di dalam kebun binatang.
  3. Tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar kebun binatang. Terdapat area food court di dalam kebun binatang untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum pengunjung.
  4. Merokok dilarang di dalam area kebun binatang. Terdapat area khusus yang disediakan untuk merokok di luar kebun binatang.
  5. Mengikuti petunjuk dan jalur yang telah ditentukan untuk keamanan pengunjung dan kelancaran pengalaman wisata.
  6. Dalam beberapa zona atau atraksi tertentu, mungkin ada larangan menggunakan flash saat mengambil foto atau merekam video untuk menghindari mengganggu hewan.
  7. Menghormati satwa liar dan menjaga jarak yang aman dari mereka. Tidak melakukan tindakan yang dapat membuat hewan menjadi stres atau terganggu.
  8. Dilarang membawa hewan peliharaan ke dalam kebun binatang, kecuali untuk hewan pendamping khusus yang diizinkan.
  9. Dianjurkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti penggunaan masker dan menjaga jarak sosial, terutama dalam situasi pandemi seperti saat ini.
  10. Menghormati pengunjung lainnya dan menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Penting bagi pengunjung untuk mematuhi larangan dan aturan yang berlaku demi menjaga keberlangsungan kebun binatang dan memberikan pengalaman wisata yang aman dan menyenangkan bagi semua pengunjung.

Aktivitas

Selain menikmati keindahan koleksi hewan yang menarik di Kebun Binatang Ragunan Jakarta, terdapat sejumlah aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan selama kunjungan. Salah satunya adalah berburu foto-foto yang instagenic, mengabadikan momen berharga di berbagai sudut indah kebun binatang ini.

Anda juga bisa merasakan kelezatan kuliner yang tersedia di area kebun binatang, menikmati makanan lezat sebagai pengisi perut setelah menjelajahi wahana-wahana seru. Jangan lupa untuk mencoba wahana permainan yang menarik, memberikan pengalaman seru dan menghibur bagi pengunjung. Dengan berbagai kegiatan menarik tersebut, kunjungan Anda akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan penuh keceriaan.

Melihat Berbagai Jenis Binatang

Wahana Kebun Binatang Ragunan, Liburan Paling Ramah di Kantong
Wahana Kebun Binatang Ragunan, Liburan Paling Ramah di Kantong

Anda dapat mengamati berbagai jenis binatang yang ada di Kebun Binatang Ragunan. Di sana, terdapat banyak jenis satwa mamalia, seperti rusa, singa, harimau, beruang, babi, dan lainnya. Anda dapat mempelajari tentang jenis hewan mamalia yang melahirkan dan menyusui.

Selain mamalia, terdapat juga jenis reptil yang menarik, seperti komodo, buaya, ular, dan lainnya. Anda dapat melihat mereka secara langsung di kandang-kandangnya. Tidak ketinggalan, terdapat juga berbagai jenis burung yang menghiasi kebun binatang ini, seperti burung kakatua, cenderawasih, pelikan, flamingo, dan lainnya.

See also  Palm Bay Water Park, Wahana Wisata Air Favorit di Cengkareng

Selain itu, terdapat juga kolam-kolam yang menampung berbagai jenis ikan. Anda dapat melihat ikan-ikan tersebut dengan beragam jenis dan ukuran yang menarik. Salah satunya adalah ikan arapaima yang terkenal ganas dan memiliki ukuran jumbo.

Dengan melihat berbagai jenis binatang yang ada, Anda dapat memperluas pengetahuan tentang keanekaragaman hayati dan memperoleh pengalaman yang menarik serta edukatif.

Berkunjung Ke Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer di Kebun Binatang Ragunan merupakan zona khusus yang menampung berbagai jenis primata dari seluruh dunia. Zona ini didesain agar menciptakan suasana alam bebas yang mirip dengan habitat asli primata tersebut.

Pengunjung yang ingin melihat hewan-hewan primata ini harus menyaksikannya melalui terowongan atau jembatan yang tersedia. Hal ini dikarenakan primata di zona ini adalah satwa langka yang dilindungi dan tidak bisa diakses secara bebas oleh pengunjung. Terowongan dan jembatan memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan pandangan yang baik tanpa mengganggu atau mengganggu kehidupan primata.

Dengan mengunjungi Pusat Primata Schmutzer, Anda dapat mengagumi keindahan dan keunikan primata dari berbagai penjuru dunia, serta mempelajari lebih lanjut tentang pentingnya konservasi dan perlindungan spesies primata.

Bermain di Taman Satwa Anak

Di Kebun Binatang Ragunan, terdapat Taman Satwa Anak yang dirancang khusus untuk anak-anak agar dapat bermain dan berinteraksi langsung dengan berbagai satwa. Salah satu daya tarik utama di taman ini adalah sebuah akuarium raksasa yang dihuni oleh Ikan Arapaima dengan berat 100 kg, yang berasal dari sungai Amazon.

Di area ini, anak-anak juga dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan seperti menaiki gajah dan unta, yang pastinya akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Selain itu, terdapat juga Taman Perahu Angsa, di mana anak-anak dapat menaiki perahu di atas air. Mereka dapat menikmati berbagai wahana yang seru dan menyenangkan sehingga mereka tidak akan merasa bosan.

Dengan adanya Taman Satwa Anak ini, liburan Anda akan menjadi lebih menyenangkan dan berkesan. Anak-anak dapat belajar dan bermain sekaligus, sambil menikmati keindahan dan keunikan satwa yang ada di sana.

Spot Foto

Di Kebun Binatang Ragunan terdapat banyak spot foto yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto-foto Anda. Beberapa spot foto populer antara lain:

  1. Patung Harimau Sumatera: Terdapat patung harimau Sumatera yang besar dan megah di area Mamalia. Spot ini cocok untuk foto dengan latar belakang harimau.
  2. Kolam Burung Flamingo: Kolam burung flamingo yang berwarna merah muda dan dihuni oleh kawanan burung flamingo merupakan spot yang sangat instagramable.
  3. Area Reptil: Di zona Reptil terdapat kandang-kandang yang menampilkan berbagai jenis reptil, seperti komodo dan ular. Anda dapat berfoto di depan kandang dengan reptil sebagai latar belakang.
  4. Jembatan Kayu: Terdapat jembatan kayu yang menghubungkan beberapa area. Spot ini memberikan kesan alami dan cocok untuk foto alam.
  5. Patung Monyet: Di zona Primata, terdapat patung monyet yang lucu dan menggemaskan. Spot ini cocok untuk foto bersama anak-anak.
  6. Taman Bermain: Di area taman bermain, terdapat wahana permainan dan dekorasi yang menarik. Spot ini cocok untuk foto bersama keluarga atau teman-teman.

Pastikan untuk menjaga kebersihan dan keselamatan saat berfoto. Jangan lupa untuk mengikuti aturan dan petunjuk yang ada agar pengalaman foto Anda menjadi menyenangkan dan aman.

Keunikan Daya Tarik

Ragunan Zoo, juga dikenal sebagai Kebun Binatang Ragunan, merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Jakarta sejak dulu hingga sekarang. Selain sebagai tempat wisata fauna, Ragunan Zoo juga memiliki nilai sejarah yang masih terjaga hingga saat ini.

Kebun Binatang Ragunan sebelumnya dikenal sebagai Planten en Dierentuin, sebuah nama yang diberikan saat Jakarta masih bernama Batavia. Kebun binatang ini didirikan pada tanggal 19 September 1864 dan mengalami beberapa perubahan nama sepanjang sejarahnya.

Kebun binatang ini memiliki lebih dari 2000 spesies satwa dan 20.000 jenis flora yang tersebar di lahan seluas 140 hektar. Ragunan Zoo menampung berbagai jenis mamalia, reptil, burung, dan ikan. Selain itu, kebun binatang ini juga memiliki koleksi tumbuhan, termasuk berbagai jenis bunga, pohon buah, dan tumbuhan lainnya. Keberadaan Ragunan Zoo diakui karena memiliki beberapa spesies hewan yang langka, seperti gorila, kakatua, anoa, dan lainnya.

Meskipun terletak di Jakarta yang padat dan terus berkembang, Ragunan Zoo memiliki area yang luas. Suasana di dalam kebun binatang ini tidak tercemar oleh polusi, melainkan udara yang sejuk dan segar dari pepohonan di sekitarnya.

Kebun Binatang Ragunan, juga dikenal sebagai Taman Margasatwa Ragunan, menawarkan pengalaman wisata rekreasi dan edukasi bagi pengunjungnya. Wisatawan dapat bersenang-senang sambil belajar melalui interaksi langsung dengan hewan-hewan yang ada di sana.

Lahannya Yang Sangat Asri Dan Luas

Kebun Binatang Ragunan sebelum pandemi memang menjadi tempat populer untuk kumpul-kumpul bersama instansi atau komunitas. Luasnya area kebun binatang dan pepohonan yang rindang menciptakan suasana yang nyaman dan sejuk bagi pengunjung. Banyak orang memanfaatkan kebun binatang ini sebagai tempat untuk mengadakan acara piknik, gathering, atau kegiatan lainnya.

Selain itu, keberadaan koleksi hewan yang beragam di Kebun Binatang Ragunan menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi anak-anak sekolah. Mereka memiliki kesempatan untuk mempelajari tentang keanekaragaman hayati dan memperluas pengetahuan mereka tentang berbagai jenis hewan dan spesies yang ada di dunia.

Keberadaan kebun binatang ini tidak hanya sebagai tempat rekreasi, tetapi juga sebagai tempat pembelajaran dan pengenalan alam bagi semua kalangan.

Zona Mamalia

Di Zona Mamalia Kebun Binatang Ragunan terdapat beragam hewan mamalia yang menarik. Beberapa koleksi satwa yang dapat ditemukan di zona ini antara lain:

  1. Beruang Madu: Beruang Madu adalah hewan mamalia yang biasanya ditemukan di hutan-hutan Asia Tenggara. Mereka memiliki ciri khas bulu lebat berwarna cokelat dan garis hitam di dada. Mereka juga memiliki lidah panjang yang digunakan untuk mengumpulkan madu dari sarang lebah.
  2. Harimau Sumatera: Harimau Sumatera adalah salah satu subspesies harimau yang endemik di Pulau Sumatera, Indonesia. Mereka memiliki tubuh yang besar, dengan corak belang-belang hitam dan jingga yang khas. Harimau Sumatera termasuk dalam kategori kritis di dalam Daftar Merah IUCN karena populasi mereka yang terancam punah.
  3. Siamang: Siamang adalah jenis monyet besar yang berasal dari hutan hujan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Mereka memiliki bulu hitam yang tebal dan memiliki panggilan khas berupa serangkaian suara nyanyian yang lantang. Siamang hidup dalam kelompok keluarga yang terdiri dari pasangan induk dan anak-anak mereka.
  4. Gorila: Gorila adalah hewan mamalia terbesar di dunia dan merupakan anggota keluarga kera besar. Mereka hidup di hutan hujan Afrika. Gorila memiliki tubuh yang besar dan kuat, dengan lengan yang panjang dan jari-jari yang kuat. Mereka juga memiliki kasatmata yang kuat dan gigi-gigi yang besar.
  5. Babirusa: Babirusa adalah jenis babi yang ditemukan di hutan-hutan Sulawesi dan beberapa pulau di sekitarnya. Salah satu ciri khasnya adalah adanya taring yang tumbuh melalui rahang atas hingga menembus kulit kepala. Mereka memiliki bulu yang pendek dan berwarna cokelat atau abu-abu.
  6. Tapir: Tapir adalah mamalia herbivora yang ditemukan di hutan-hutan tropis Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Mereka memiliki tubuh yang besar dengan hidung yang panjang dan fleksibel. Tapir memiliki bulu yang kasar dan warnanya bervariasi antara hitam, cokelat, atau abu-abu.
  7. Singa: Singa adalah salah satu predator terbesar di dunia dan merupakan anggota keluarga kucing besar. Mereka memiliki tubuh yang besar, kepala besar dengan rahang yang kuat, dan taring yang besar. Singa jantan memiliki jumbai di sekitar leher mereka. Singa hidup dalam kelompok sosial yang disebut kawanan.
  8. Harimau Benggala/Putih: Harimau Benggala adalah salah satu subspesies harimau yang ditemukan di India, Bangladesh, Nepal, dan Bhutan. Mereka memiliki corak belang-belang hitam dan jingga yang khas. Harimau Benggala Putih, yang merupakan varian langka dari harimau Benggala, memiliki mutasi genetik yang menyebabkan mereka memiliki warna bulu yang lebih terang.
  9. Bekantan: Bekantan, atau juga dikenal sebagai monyet hidung belanda, adalah jenis monyet yang memiliki hidung panjang dan besar. Mereka merupakan hewan endemik yang banyak ditemukan di pulau Kalimantan. Bekantan memiliki bulu berwarna cokelat kemerahan dan ekor yang panjang. Mereka hidup di daerah hutan bakau dan sering terlihat berada di dekat sungai atau rawa.
  10. Beruk: Beruk, atau orangutan, adalah primata terbesar di dunia yang ditemukan di pulau Kalimantan dan Sumatera. Mereka memiliki tubuh besar dan lengan yang panjang. Beruk memiliki rambut yang panjang, khas berwarna cokelat kemerahan, serta wajah yang mirip dengan manusia. Mereka hidup di pohon dan merupakan hewan yang sangat terampil dalam merayap dan bergerak di lingkungan hutan.
  11. Kukang: Kukang, atau juga dikenal sebagai lemur bulu, adalah hewan nokturnal yang ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Mereka memiliki tubuh kecil dengan bulu yang tebal dan lembut. Kukang memiliki anggota tubuh yang panjang, kaki yang kuat, serta jari-jari yang panjang dan menggigit yang digunakan untuk bergelantungan di pohon. Mereka mempunyai kebiasaan tidur siang yang lama dan aktif pada malam hari.
  12. Lutung Budeng: Lutung Budeng, atau lutung ekor panjang, adalah primata yang ditemukan di Indonesia. Mereka memiliki bulu berwarna hitam dengan ujung ekor yang putih. Lutung Budeng hidup di hutan-hutan tropis dan sering terlihat bergerombol dalam kelompok besar. Mereka memiliki kemampuan untuk melompat jauh dari pohon ke pohon menggunakan ekor mereka yang panjang.
  13. Monyet Kokah: Monyet Kokah adalah jenis monyet yang ditemukan di Indonesia. Mereka memiliki bulu berwarna cokelat keabu-abuan dan ciri khas ekor yang panjang dengan ujung berwarna hitam. Monyet Kokah biasanya hidup di daerah hutan dan sering terlihat bergerombol dalam kelompok kecil. Mereka merupakan hewan yang lincah dan aktif dalam mencari makanan di lingkungan sekitar.
  14. Monyet Boti: Monyet Boti, atau lutung ekor panjang berjambul, adalah primata yang ditemukan di wilayah Indonesia. Mereka memiliki bulu yang lebat dan berwarna hitam dengan bagian wajah yang berwarna putih. Monyet Boti hidup di hutan-hutan dan sering terlihat bergerombol dalam kelompok kecil. Mereka memiliki kemampuan untuk melompat dari pohon ke pohon dengan lincah.
  15. Monyet Marmoset: Monyet Marmoset adalah primata kecil yang ditemukan di Amerika Selatan. Mereka memiliki ukuran tubuh yang kecil, ciri khas bulu berwarna terang dan pola wajah yang mencolok. Monyet Marmoset hidup di hutan-hutan tropis dan sering terlihat bergerombol dalam kelompok keluarga yang kompak. Mereka merupakan hewan yang sangat aktif dan lincah dalam mencari makanan.
  16. Nilgai: Nilgai, atau juga dikenal sebagai antelop biru, adalah mamalia yang ditemukan di daerah subkontinen India. Mereka memiliki ukuran tubuh yang besar dengan bulu berwarna biru keabu-abuan. Nilgai biasanya hidup di padang rumput dan hutan savana. Mereka memiliki tanduk yang panjang dan melengkung pada jantan.
  17. Macan Tutul Sri Lanka: Macan Tutul Sri Lanka, atau Leopard Sri Lanka, adalah subspesies macan tutul yang ditemukan di Sri Lanka. Mereka memiliki bulu yang berwarna kuning kecokelatan dengan bintik-bintik hitam yang khas. Macan Tutul Sri Lanka memiliki ukuran tubuh yang sedang dan merupakan predator yang lihai dalam berburu.
  18. Jaguar: Jaguar adalah hewan mamalia terbesar di Amerika dan merupakan salah satu predator puncak di hutan hujan Amerika Selatan. Mereka memiliki tubuh yang kompak, bulu yang berwarna kuning dengan belang-belang hitam yang unik. Jaguar memiliki kekuatan fisik yang hebat dan kemampuan berenang yang baik.
  19. Sitatunga: Sitatunga adalah jenis rusa rawa yang ditemukan di wilayah sub-Sahara Afrika. Mereka memiliki bulu yang berwarna cokelat tua dan panjang, serta ciri khas tanduk yang melingkar pada jantan. Sitatunga dapat beradaptasi dengan baik di daerah rawa dan sering terlihat bersembunyi di antara vegetasi air.
  20. Rusa Totol: Rusa Totol, atau juga dikenal sebagai Rusa Axis, adalah jenis rusa yang ditemukan di Asia. Mereka memiliki tubuh sedang dengan bulu yang berwarna cokelat kemerahan dan totol-totol putih yang khas di sekitar tubuh mereka. Rusa Totol biasanya hidup di daerah hutan terbuka dan dataran rendah.
  21. Anoa: Anoa adalah jenis kerbau kecil yang endemik di Sulawesi, Indonesia. Mereka memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan tanduk yang melengkung ke bawah pada jantan. Anoa terbagi menjadi dua spesies, yaitu Anoa Pegunungan yang hidup di daerah pegunungan, dan Anoa Dataran Rendah yang hidup di dataran rendah.
  22. Binturong: Binturong, juga dikenal sebagai beruang kelapa, adalah mamalia arboreal yang ditemukan di Asia Tenggara. Mereka memiliki bulu berwarna hitam atau cokelat tua dengan ciri khas aroma yang khas. Binturong memiliki ekor yang panjang dan prehensil yang digunakan untuk memanjat pohon.
  23. Simpanse: Simpanse adalah primata terbesar setelah manusia dan ditemukan di hutan-hutan Afrika Tengah dan Barat. Mereka memiliki tubuh yang kuat dengan lengan yang panjang, wajah yang menonjol, dan ekor yang pendek. Simpanse memiliki kecerdasan yang tinggi dan dapat menggunakan alat untuk membantu dalam mencari makanan.
  24. Banteng Jawa: Banteng Jawa adalah jenis banteng yang merupakan hewan asli Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Mereka memiliki tubuh yang besar dengan bulu berwarna gelap dan tanduk yang melengkung ke atas pada jantan. Banteng Jawa merupakan hewan yang langka dan dilindungi karena populasinya yang terancam punah.
  25. Gajah Sumatera: Gajah Sumatera adalah salah satu spesies gajah yang endemik di Pulau Sumatera, Indonesia. Mereka memiliki tubuh yang besar, telinga yang lebar, dan ciri khas kecilnya ukuran tubuh dibandingkan dengan gajah lainnya. Gajah Sumatera termasuk dalam kategori kritis di dalam Daftar Merah IUCN karena populasi mereka yang terancam punah.
  26. Yaki: Yaki, atau juga dikenal sebagai monyet ekor panjang Sulawesi, adalah jenis monyet yang ditemukan di Sulawesi Utara, Indonesia. Mereka memiliki bulu berwarna hitam dengan ekor yang panjang dan lebat. Yaki hidup di hutan-hutan tropis dan merupakan hewan arboreal yang terampil dalam bergerak di pepohonan.
  27. Simpai: Simpai, atau lutung merah, adalah primata yang ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Mereka memiliki bulu berwarna merah cerah dengan ekor yang panjang. Simpai hidup di hutan-hutan dan sering terlihat bergerombol dalam kelompok besar. Mereka memiliki kemampuan melompat jauh dari pohon ke pohon dengan lincah.
  28. Surili: Surili adalah jenis lutung yang ditemukan di Indonesia, terutama di Jawa dan Bali. Mereka memiliki bulu berwarna abu-abu dengan wajah yang mencolok. Surili hidup di hutan-hutan tropis dan biasanya terlihat bergerombol dalam kelompok sosial yang besar.
  29. Orangutan Kalimantan: Orangutan Kalimantan adalah jenis orangutan yang ditemukan di pulau Kalimantan, Indonesia. Mereka memiliki tubuh yang besar, lengan yang panjang, dan ciri khas rambut yang panjang dan kemerahan. Orangutan Kalimantan adalah primata terbesar di Asia dan hidup di hutan-hutan tropis.
See also  Yussar Fishing and Playground Wisata Favorit Keluarga Terbesar di Sidoarjo

Hewan-hewan ini menjadi bagian dari koleksi yang menarik di Kebun Binatang Ragunan. Pengunjung dapat melihat dan belajar tentang berbagai spesies mamalia yang ada di zona ini, termasuk beberapa hewan langka yang dilindungi oleh pemerintah.

Zona Reptil

Di Kebun Binatang Ragunan, terdapat berbagai jenis reptil yang menarik untuk dilihat. Beberapa spesies reptil yang dapat ditemukan di kandang atau akuarium di area ini antara lain:

  1. Komodo: Komodo merupakan spesies kadal raksasa yang hanya dapat ditemukan di beberapa pulau di Indonesia, termasuk Pulau Komodo. Kebun Binatang Ragunan memiliki area khusus untuk Komodo.
  2. Kura-kura Pipi Merah: Kura-kura Pipi Merah atau Red-eared Slider adalah jenis kura-kura air yang populer sebagai hewan peliharaan. Mereka memiliki ciri khas dengan garis merah di sisi kepala mereka.
  3. Sanca Patola: Sanca Patola, atau Python reticulatus, adalah spesies ular piton yang memiliki ukuran besar dan kemampuan melilit mangsa mereka. Mereka dapat ditemukan di Ragunan Zoo.
  4. Sanca Kembang: Sanca Kembang, atau Python molurus, adalah spesies ular sanca yang populer. Mereka memiliki pola kembang yang khas pada kulit mereka.
  5. Biawak Salvator: Biawak Salvator adalah spesies biawak besar yang dapat ditemukan di berbagai habitat di Asia Tenggara. Mereka memiliki tubuh yang kuat dan ekor yang panjang.
  6. King Kobra: King Kobra adalah spesies ular berbisa yang terkenal dengan ukuran tubuhnya yang besar dan kemampuan mengangkat kepala mereka.
  7. Kadal Lidah Biru: Kadal Lidah Biru, atau Tiliqua gigas, adalah jenis kadal berukuran sedang yang memiliki lidah berwarna biru yang mencolok.
  8. Biawak Hitam: Biawak Hitam, atau Varanus salvator, adalah spesies biawak besar yang hidup di wilayah Asia Tenggara. Mereka memiliki tubuh yang ramping dan ekor yang panjang.
  9. Kadal Maluku: Kadal Maluku, atau Gekko smithii, adalah jenis kadal endemik yang ditemukan di Kepulauan Maluku. Mereka memiliki kulit berwarna cerah dan ciri khas dengan pola bintik-bintik.
  10. Sanca Sawah Putih: Sanca Sawah Putih, atau Ptyas korros, adalah spesies ular sanca yang hidup di lingkungan sawah. Mereka memiliki tubuh yang panjang dan warna kulit yang cerah.
  11. Kadal Hijau: Kadal Hijau, atau Iguana iguana, adalah spesies kadal yang populer dikenal dengan tubuh besar dan sisik berwarna hijau.

Pengunjung Kebun Binatang Ragunan dapat melihat dan mempelajari berbagai jenis reptil yang menarik di area ini. Tim profesional di sana juga memberikan informasi dan penjelasan tentang spesies yang ada untuk memberikan pengalaman edukatif kepada pengunjung.

Zona Unggas & Burung

Di Zona Unggas Kebun Binatang Ragunan, Anda akan menemukan berbagai jenis burung yang menarik. Beberapa jenis burung yang dapat ditemukan di zona ini antara lain:

  1. Pelikan / Burung Undan: Pelikan adalah burung air besar dengan paruh panjang dan kantung gular yang dapat membantu mereka menangkap ikan. Mereka memiliki bulu berwarna putih dan hitam, serta ciri khas paruh yang panjang dan lebar.
  2. Flamingo: Flamingo adalah burung yang terkenal dengan warna bulu merah muda atau oranye yang mencolok. Mereka memiliki kaki panjang dan paruh yang melengkung. Flamingo hidup di daerah rawa dan kolam dengan makanan utama berupa ganggang dan krustasea.
  3. Elang Ikan Kepala Kelabu: Elang Ikan Kepala Kelabu adalah spesies elang yang ditemukan di Asia Tenggara. Mereka memiliki ukuran tubuh yang besar dan ciri khas kepala berwarna kelabu. Elang ini memiliki kemampuan mencari makanan di perairan, terutama ikan.
  4. Elang Irian: Elang Irian, atau juga dikenal sebagai Elang Papua, adalah spesies elang yang endemik di Papua, Indonesia. Mereka memiliki ukuran tubuh yang besar dan ciri khas bulu berwarna cokelat gelap. Elang Irian merupakan predator yang tangguh dan sering ditemukan di hutan-hutan.
  5. Kasuari Gelambir Tunggal: Kasuari Gelambir Tunggal adalah burung besar yang ditemukan di Papua dan Pulau Seram, Indonesia. Mereka memiliki tubuh yang kuat dan ditandai dengan gelambir tunggal berwarna cerah di bagian tenggorokan. Kasuari Gelambir Tunggal adalah burung yang tidak bisa terbang dan hidup di hutan-hutan.
  6. Nuri Coklat: Nuri Coklat, atau juga dikenal sebagai Nuri Kalimantan, adalah jenis nuri yang ditemukan di Kalimantan, Indonesia. Mereka memiliki bulu berwarna coklat dengan paruh berwarna cerah. Nuri Coklat adalah burung yang pandai menirukan suara dan sering dijadikan sebagai hewan peliharaan.
  7. Nuri Merah Punggung Kuning: Nuri Merah Punggung Kuning, atau Nuri Timor, adalah jenis nuri yang ditemukan di Kepulauan Timor. Mereka memiliki bulu berwarna hijau dengan punggung berwarna merah dan kepala berwarna kuning. Nuri ini juga memiliki kemampuan menirukan suara.
  8. Puyuh Mahkota Sengayan: Puyuh Mahkota Sengayan adalah burung kecil yang ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Mereka memiliki bulu berwarna cokelat dengan corak belang-belang pada ekor dan mahkota di kepala. Puyuh Mahkota Sengayan umumnya hidup di daerah rerumputan dan padang rumput.
  9. Bangau Tongtong: Bangau Tongtong adalah jenis bangau yang memiliki ukuran tubuh yang besar dengan leher panjang. Mereka memiliki bulu berwarna putih dan ekor yang panjang. Bangau Tongtong sering terlihat di perairan seperti danau, rawa, dan sungai.
  10. Beo: Beo adalah burung cerdas yang terkenal dengan kemampuan menirukan suara manusia. Mereka memiliki bulu berwarna cokelat atau hitam dengan ciri khas paruh yang kuat dan ekor panjang. Beo sering dijadikan sebagai hewan peliharaan.
  11. Betet Kalung: Betet Kalung, atau juga dikenal sebagai Kakatua Kalung, adalah jenis kakatua yang ditemukan di Indonesia. Mereka memiliki bulu berwarna putih dengan kalung hitam di leher mereka. Betet Kalung adalah burung yang ramah dan cerdas.
  12. Elang Bondol: Elang Bondol, atau juga dikenal sebagai Elang Ular, adalah spesies elang yang ditemukan di Asia Tenggara. Mereka memiliki ukuran tubuh yang besar dan ciri khas bulu berwarna cokelat atau hitam dengan garis-garis putih di perut. Elang Bondol merupakan predator yang tangguh dan sering terlihat terbang di langit.
  13. Merak Biru: Merak Biru adalah jenis merak yang dikenal dengan bulu berwarna biru yang cerah. Mereka memiliki ekor yang panjang dan indah dengan bulu yang berwarna hijau kebiruan. Merak Biru adalah burung yang mengagumkan dan sering dijadikan simbol keindahan.
  14. Kasuari Gelambir Ganda: Kasuari Gelambir Ganda adalah salah satu jenis kasuari yang ditemukan di Papua, Indonesia. Mereka memiliki tubuh yang besar dan ditandai dengan gelambir ganda berwarna cerah di bagian tenggorokan. Kasuari Gelambir Ganda juga merupakan burung yang tidak bisa terbang.
  15. Kakatua Raja: Kakatua Raja, atau Kakatua Sulawesi, adalah jenis kakatua yang ditemukan di Sulawesi, Indonesia. Mereka memiliki bulu putih dengan mahkota kuning yang mencolok di kepala. Kakatua Raja adalah burung yang ramah dan memiliki kemampuan bicara yang baik.
  16. Kakatua Jambul Kuning: Kakatua Jambul Kuning, atau juga dikenal sebagai Kakatua Kuning, adalah jenis kakatua yang ditemukan di Indonesia. Mereka memiliki bulu kuning cerah dengan jambul yang mencolok di kepala. Kakatua Jambul Kuning adalah burung yang ceria dan aktif.
  17. Julang: Julang adalah jenis burung pemangsa yang ditemukan di daerah tropis Asia Tenggara. Mereka memiliki bulu berwarna hitam atau cokelat dengan ciri khas ekor yang panjang dan garis putih di sayap. Julang umumnya memangsa hewan kecil seperti mamalia kecil, burung, dan reptil.
  18. Jenjang Mahkota: Jenjang Mahkota, atau Jenjang Emas, adalah burung kecil yang ditemukan di Indonesia, terutama di pulau Jawa. Mereka memiliki bulu berwarna hijau cerah dengan mahkota berwarna kuning di kepala. Jenjang Mahkota adalah burung yang aktif dan lincah dalam mencari makanan.
  19. Dara Mahkota Viktoria: Dara Mahkota Viktoria adalah jenis merpati yang ditemukan di wilayah Indonesia. Mereka memiliki bulu berwarna putih dengan mahkota berwarna hitam di kepala. Dara Mahkota Viktoria sering ditemukan di daerah dataran rendah dan terbuka.
  20. Burung Unta: Burung Unta adalah burung besar yang ditemukan di daerah gurun dan padang pasir di Afrika dan Timur Tengah. Mereka memiliki leher panjang, kaki yang panjang, dan sayap yang besar. Burung Unta memiliki kemampuan berlari dengan cepat dan sering digunakan sebagai hewan tunggangan.

Itulah beberapa jenis burung yang dapat ditemukan di Zona Unggas Kebun Binatang Ragunan. Setiap burung memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, serta memiliki peran penting dalam ekosistem dan keanekaragaman hayati.

Sarana Rekreasi

Zona Rekreasi kebun binatang ini terdapat berbagai fasilitas dan wahana yang dapat memberikan pengalaman rekreasi yang menyenangkan bagi pengunjung. Beberapa wahana permainan dan area rekreasi yang dapat dinikmati di Kebun Binatang Ragunan antara lain:

Pusat Primata SCHMUTZER

Kebun Binatang Ragunan, Wisata Edukatif Murah Buat Keluarga
Kebun Binatang Ragunan, Wisata Edukatif Murah Buat Keluarga

Pusat Primata Schmutzer merupakan zona khusus di Kebun Binatang Ragunan yang didedikasikan untuk menampung berbagai jenis primata dari seluruh Indonesia. Zona ini dirancang dengan konsep alam bebas, menciptakan lingkungan yang menyerupai habitat asli primata.

Pengunjung dapat menyaksikan primata-primata tersebut melalui terowongan dan jembatan yang disediakan. Hal ini memberikan kesempatan unik untuk melihat primata dalam suasana yang mirip dengan alam aslinya. Pengunjung dapat memperhatikan perilaku dan interaksi primata secara lebih dekat.

Pusat Primata Schmutzer merupakan tempat yang menarik untuk belajar dan mengapresiasi keanekaragaman primata di Indonesia. Pengunjung dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang spesies-spesies primata yang terancam punah dan pentingnya upaya konservasi untuk melindungi mereka.

Dengan adanya Pusat Primata Schmutzer, pengunjung dapat memperoleh pengalaman yang edukatif dan menghibur sekaligus sambil menjelajahi dunia primata.

Taman Refleksi

Di Kebun Binatang Ragunan, terdapat juga Taman Refleksi yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk berolahraga atau sekadar berfoto-foto. Taman ini menyediakan beberapa area yang cocok untuk kegiatan rekreasi dan olahraga.

Bagi pengunjung yang ingin berolahraga, Taman Refleksi menyediakan area yang luas dan terbuka untuk jogging, bersepeda, atau melakukan latihan fisik lainnya. Pengunjung dapat menikmati udara segar dan keindahan alam sekitar ketika melakukan aktivitas olahraga di taman ini.

Selain itu, Taman Refleksi juga merupakan tempat yang cocok untuk mengambil foto-foto yang indah. Pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai sudut taman yang menarik dan menciptakan momen fotografi yang unik.

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih nyaman, disarankan untuk mengunjungi Taman Refleksi pada pagi atau sore hari. Pada waktu-waktu tersebut, suhu udara cenderung lebih sejuk dan nyaman, serta menghindari teriknya sinar matahari yang berlebihan.

Dengan mengunjungi Taman Refleksi di Kebun Binatang Ragunan, pengunjung dapat menggabungkan kegiatan rekreasi, olahraga, dan fotografi dalam satu tempat. Ini merupakan pilihan yang baik untuk bersantai dan menikmati waktu luang di tengah suasana alam yang hijau dan segar.

Taman Satwa Anak

Di Kebun Binatang Ragunan terdapat Taman Satwa Anak yang khusus dirancang untuk menghibur dan menyenangkan anak-anak. Zona ini menyajikan berbagai jenis satwa yang menjadi kesukaan anak-anak.

Salah satu daya tarik utama di Taman Satwa Anak adalah akuarium raksasa yang menampung ikan Arapaima. Ikan Arapaima ini berasal dari sungai Amazon dan memiliki berat mencapai 100 kg. Keberadaan akuarium raksasa ini memberikan pengalaman yang menarik bagi anak-anak untuk melihat ikan yang besar dan eksotik.

Selain itu, ada juga atraksi lain yang dapat dinikmati di Kebun Binatang Ragunan, seperti Gajah Tunggang dan Unta Tunggang. Anak-anak dapat merasakan sensasi naik gajah atau unta, yang pastinya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Taman Perahu Angsa juga menjadi salah satu atraksi yang menarik bagi anak-anak. Mereka dapat menaiki perahu angsa dan menikmati pemandangan danau yang indah di dalam kebun binatang.

Kebun Binatang Ragunan merupakan destinasi wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh keluarga dan anak-anak. Dengan koleksi satwa yang beragam dan atraksi yang menyenangkan, anak-anak dapat belajar sambil bermain dan menjalin kedekatan dengan dunia hewan.

Gajah Tunggang

Di Kebun Binatang Ragunan, Anda bersama anak-anak memiliki kesempatan untuk menunggangi gajah yang jinak. Aktivitas ini disediakan dengan pengawasan dari perawat atau pelatih gajah.

Namun, penting untuk diketahui bahwa atraksi menunggang gajah ini hanya tersedia pada hari Minggu dan hari Libur Nasional. Ini adalah kesempatan yang spesial untuk memperoleh pengalaman unik dan mendekati hewan yang eksotis ini.

Biaya untuk menunggangi gajah di Kebun Binatang Ragunan adalah Rp7.500 per orang. Ini adalah biaya tambahan yang perlu dikeluarkan untuk pengalaman yang berbeda dan menghibur bagi Anda dan anak-anak.

Pastikan untuk memperhatikan jadwal dan ketentuan yang berlaku untuk menunggangi gajah, serta mengecek ketersediaan atraksi ini sebelumnya. Hal ini akan membantu memastikan dapat mengatur kunjungan yang menyenangkan.

Unta Tunggang

Di Kebun Binatang Ragunan, Dapat mengajak Si Kecil untuk berkeliling menunggangi unta, hewan khas negara Timur Tengah. Ini adalah pengalaman yang menyenangkan dan edukatif bagi anak-anak.

Untuk menunggangi unta tunggang,Perlu membeli tiket khusus yang tersedia di Kebun Binatang Ragunan. Harga tiket untuk menunggangi unta tunggang adalah Rp7.500 per satu kali keliling.

Dengan membeli tiket tersebut, Si Kecil dapat menikmati pengalaman berkeliling area kebun binatang dengan menaiki unta. Ini adalah kesempatan yang menyenangkan untuk memperoleh pengalaman yang berbeda dan mendekati hewan-hewan eksotis.

Pastikan untuk memperhatikan jam operasional dan ketentuan yang berlaku untuk atraksi menunggangi unta. Selain itu, perlu diingat bahwa ketersediaan atraksi ini mungkin tergantung pada situasi dan kondisi di Kebun Binatang Ragunan pada saat kunjungan.

Kereta Keliling

Setelah menjelajahi dan belajar tentang satwa di Kebun Binatang Ragunan, Dapat melanjutkan petualangan dengan menaiki kereta keliling yang tersedia di dalam kebun binatang.

Kereta keliling ini memungkinkan pengunjung untuk mengelilingi area kebun binatang dengan nyaman dan menyenangkan. Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dan melihat berbagai satwa serta keindahan alam sekitar.

Untuk menaiki kereta keliling, Anda perlu membeli tiket khusus yang tersedia di loket tiket di Kebun Binatang Ragunan. Harga tiket naik kereta keliling adalah Rp7.500 per orang.

Dengan membeli tiket tersebut, Anda dan keluarga dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan dengan kereta keliling, sambil mengagumi keindahan kebun binatang dan melihat lebih banyak satwa di sepanjang jalan.

Pastikan untuk memperhatikan jam operasional dan ketentuan yang berlaku untuk naik kereta keliling. Ini adalah pengalaman yang ideal untuk bersantai dan menikmati suasana kebun binatang yang menarik.

See also  Central Park Zoo & Resort Medan: Destinasi Liburan Seru untuk Keluarga

Sewa Sepeda

Di Kebun Binatang Ragunan, pengunjung juga memiliki opsi untuk menyewa sepeda. Ada dua jenis sepeda yang tersedia untuk disewa, yaitu sepeda tunggal (satu kayuh) dan sepeda ganda (dua kayuh).

Untuk menyewa sepeda tunggal, biayanya adalah Rp10.000 per jam. Anda dapat menikmati perjalanan menyusuri area kebun binatang dengan sepeda tunggal selama satu jam penuh.

Sementara itu, jika Anda memilih untuk menyewa sepeda ganda, biayanya adalah Rp15.000 per jam. Sepeda ganda memungkinkan Anda untuk bersepeda bersama dengan anggota keluarga atau teman Anda.

Perlu diingat bahwa tarif sewa yang disebutkan di atas adalah per jam. Jadi, Anda dapat menyewa sepeda sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang diinginkan.

Sewa sepeda di Kebun Binatang Ragunan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menjelajahi area kebun binatang dengan cara yang menyenangkan dan aktif. Ini adalah pilihan yang bagus untuk menikmati keindahan alam sekitar sambil berolahraga.

Taman Perahu Angsa

Di Kebun Binatang Ragunan, terdapat Taman Perahu Angsa yang menawarkan pengalaman menarik bagi pengunjung. Taman ini dilengkapi dengan kolam besar seluas 2.000 m2 yang memiliki beberapa pulau buatan di tengahnya.

Untuk dapat menikmati keindahan taman dan kolam tersebut, Perlu membeli tiket khusus untuk naik perahu angsa. Harga tiket untuk naik perahu angsa di Taman Perahu Angsa adalah Rp15.000 per perahu.

Dengan membeli tiket tersebut, Dapat menikmati perjalanan di atas perahu angsa, mengelilingi kolam dan pulau-pulau buatan yang ada di tengahnya. Ini adalah pengalaman yang menyenangkan dan memberikan kesempatan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Pastikan untuk memperhatikan jam operasional dan ketentuan yang berlaku untuk naik perahu angsa di Taman Perahu Angsa. Ini adalah pilihan yang bagus untuk melengkapi kunjungan Anda dengan kegiatan yang menyenangkan di air.

Pentas Satwa

Di Kebun Binatang Ragunan, terdapat beberapa atraksi satwa yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Salah satunya adalah atraksi kakatua bermain dengan gelang warna-warni, di mana kakatua akan menunjukkan keterampilan dan kecerdasannya dalam bermain dengan gelang.

Selain itu, terdapat juga atraksi beruang naik sepeda yang menghibur. Para beruang akan dituntun untuk naik sepeda dan melakukan gerakan-gerakan yang menggemaskan.

Pentas Satwa ini merupakan salah satu daya tarik di Kebun Binatang Ragunan. Pengunjung lainnya dapat menyaksikan atraksi ini dengan membeli tiket masuk ke Taman Margasatwa Ragunan. Harga tiket masuk yang tertera adalah Rp4.000 per orang.

Selain atraksi pentas satwa, juga disarankan untuk menyaksikan jadwal makan siang para hewan di Kebun Binatang Ragunan. Berikut adalah jadwal makan para hewan yang telah Anda sebutkan:

  • Jadwal makan siang Gajah Sumatera: 14:30 – 14:45
  • Jadwal makan sore Gajah Sumatera: 15:00 – 15:15
  • Jadwal makan sore Komodo: 15:00 – 15:15
  • Jadwal makan siang Gorilla: 12:00 – 12:30

Jadwal-jadwal ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melihat dan menyaksikan hewan-hewan tersebut saat sedang makan, serta mempelajari perilaku dan kebiasaan makan mereka.

Pastikan untuk mengikuti jadwal makan yang tertera dan tiba di lokasi tepat waktu agar tidak melewatkan momen menarik saat hewan-hewan tersebut sedang makan. Hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih lengkap dan mendalam saat mengunjungi Kebun Binatang Ragunan.

Naik Kuda

Di Taman Margasatwa Ragunan, Moms dapat merasakan keseruan naik kuda bendi, sebuah kendaraan tradisional zaman dahulu. Loket sarana kuda bendi buka pada jam 10.00 – 15.00 WIB di Kebun Binatang Ragunan.

Harga tiket untuk naik kuda bendi cukup terjangkau, yaitu Rp10.000 per bendi dengan penumpang maksimal 4 orang. Dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan dengan kuda bendi, sambil menikmati pemandangan di sekitar kebun binatang.

Selain naik kuda bendi, Si Kecil juga memiliki kesempatan untuk menunggangi kuda pony yang ukurannya tidak terlalu besar. Harga tiket untuk naik kuda pony adalah Rp5.000 per orang untuk satu putaran.

Ini adalah pengalaman yang menyenangkan dan mendebarkan bagi anak-anak untuk menikmati naik kuda bendi atau kuda pony. Pastikan untuk memperhatikan jam operasional dan ketentuan yang berlaku saat ingin menikmati atraksi ini.

Dengan harga tiket yang terjangkau, Si Kecil dapat menambahkan pengalaman yang menyenangkan saat mengunjungi Kebun Binatang Ragunan dengan menaiki kuda bendi atau kuda pony.

Tersedia Aplikasi Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan menyediakan sebuah aplikasi smartphone khusus bernama Ragunan Zoo yang memudahkan pengunjung dalam menjelajahi kebun binatang. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat melihat jadwal atraksi satwa, mempelajari peta digital area kebun binatang, menemukan trivia pengetahuan tentang satwa, serta bermain permainan interaktif yang khas Ragunan.

Sebelum berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, disarankan untuk mengunduh aplikasi Ragunan Zoo agar dapat memperoleh informasi yang menarik dan berguna. Dengan adanya aplikasi ini, pengunjung dapat lebih terhubung dengan pengalaman wisata di kebun binatang dan memanfaatkan semua fasilitas yang tersedia.

Kebun Binatang Ragunan merupakan solusi yang mudah dan terjangkau untuk wisata sambil belajar. Dengan lokasinya yang strategis, fasilitas yang lengkap, dan beragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan, kebun binatang ini sangat cocok untuk rombongan keluarga.

Pengunjung akan dimanjakan dengan ratusan jenis koleksi satwa yang menarik serta tata kebun binatang yang apik dan nyaman. Wisata bersama keluarga adalah pilihan yang tepat bagi penduduk Jakarta maupun luar daerah untuk menghabiskan waktu senggang di hari libur dengan cara yang bermanfaat dan menyenangkan.

Kuliner Tempat Makan

Di Kebun Binatang Ragunan, terdapat beberapa tempat makan yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati makanan selama berwisata. Beberapa tempat makan yang tersedia antara lain:

  1. Food Court: Terdapat area food court yang menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman, mulai dari makanan tradisional Indonesia hingga makanan internasional. Anda dapat menemukan berbagai hidangan seperti nasi goreng, mie ayam, bakso, dan masih banyak lagi.
  2. Kios dan Warung Makan: Selain food court, terdapat juga kios dan warung makan yang tersebar di berbagai area. Anda dapat menemukan camilan ringan, seperti popcorn, es krim, dan minuman segar.
  3. Area Piknik: Di sekitar area kebun binatang, terdapat juga area piknik yang dilengkapi dengan meja dan kursi. Anda dapat membawa bekal makanan dan minuman sendiri untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Pastikan untuk memperhatikan kebersihan saat makan. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan area makan.

Penginapan

Di sekitar Kebun Binatang Ragunan, terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat Anda pertimbangkan jika Anda ingin menginap dalam jarak yang dekat dengan kebun binatang. Beberapa opsi penginapan antara lain:

  1. Hotel Ragunan: Terdapat beberapa hotel yang terletak dalam jarak berjalan kaki atau beberapa menit berkendara. Hotel-hotel ini biasanya menyediakan fasilitas nyaman dan pelayanan yang baik untuk para tamu.
  2. Penginapan Guest House: Anda juga dapat mencari penginapan guest house atau homestay. Biasanya penginapan ini lebih terjangkau harganya dan memberikan suasana yang lebih santai dan nyaman.
  3. Apartemen Sewa Harian: Jika Anda mencari penginapan dengan fasilitas yang lebih lengkap dan ingin menginap dalam waktu yang lebih lama, Anda dapat mencari apartemen sewa harian di sekitar Ragunan. Apartemen ini biasanya dilengkapi dengan dapur dan ruang tamu yang nyaman.

Pastikan untuk melakukan reservasi penginapan sebelumnya, terutama pada saat liburan atau akhir pekan, karena kebun binatang menjadi tujuan populer bagi pengunjung.

Hotel Dekat

Berikut beberapa hotel yang terletak dekat dengan Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan:

  1. Amaroossa Cosmo Jakarta Lokasi: Cilandak, Jakarta Selatan Tarif: Mulai dari IDR 490.820 per kamar per malam
  2. Kristal Hotel Jakarta Lokasi: Cilandak, Jakarta Selatan Tarif: Mulai dari IDR 664.999 per kamar per malam
  3. Park 5 Simatupang Lokasi: Cilandak, Jakarta Selatan Tarif: Mulai dari IDR 550.000 per kamar per malam
  4. Ra Premiere Simatupang Lokasi: Cilandak, Jakarta Selatan Tarif: Mulai dari IDR 701.100 per kamar per malam
  5. Azana Suite Hotel Antasari Lokasi: Cilandak, Jakarta Selatan Tarif: Mulai dari IDR 675.248 per kamar per malam
  6. Maven Cilandak Lokasi: Cilandak, Jakarta Selatan Tarif: Mulai dari IDR 195.300 per kamar per malam
  7. Midtown Residence Simatupang Jakarta Lokasi: Cilandak, Jakarta Selatan Tarif: Mulai dari IDR 602.761 per kamar per malam

Pastikan untuk memeriksa ketersediaan, tarif terkini, serta fasilitas yang ditawarkan oleh masing-masing hotel sebelum melakukan pemesanan.

Wisata Sekitar

Berikut beberapa wisata sekitar Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan:

  1. Museum Nasional: Terletak sekitar 10 km, Museum Nasional merupakan salah satu museum terbesar di Indonesia yang menampilkan berbagai koleksi seni, arkeologi, etnografi, dan sejarah.
  2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII): Berjarak sekitar 14 km, TMII adalah taman budaya yang menampilkan miniatur dari berbagai suku, budaya, dan tradisi Indonesia. Di sini Anda dapat menjelajahi paviliun-paviliun yang menggambarkan keanekaragaman Indonesia.
  3. Monumen Nasional (Monas): Terletak sekitar 12 km, Monas adalah ikon Jakarta dan landmark nasional Indonesia. Anda dapat naik ke atas Monas untuk menikmati pemandangan kota Jakarta dari ketinggian.
  4. Kawasan Kota Tua: Berjarak sekitar 15 km, Kota Tua Jakarta adalah pusat sejarah dan budaya Jakarta. Di sini Anda dapat menjelajahi bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda, museum, dan menikmati suasana klasik kota tua Jakarta.
  5. Ragunan Orchid Garden: Ragunan Orchid Garden adalah taman bunga anggrek yang indah. Anda dapat melihat berbagai spesies anggrek yang cantik dan mengagumkan.
  6. Cilandak Town Square: Cilandak Town Square adalah pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai toko, restoran, dan pusat hiburan. Anda dapat berbelanja atau mencicipi makanan lezat di sini.

Pastikan untuk memeriksa jam operasional, harga tiket, serta syarat dan ketentuan kunjungan di setiap tempat wisata sebelum berkunjung.

Tips

Berikut beberapa tips untuk liburan yang lebih berkualitas di Kebun Binatang Ragunan:

  1. Pilih waktu yang tepat: Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di akhir pekan, saat Anda dapat menikmati liburan bersama orang tercinta. Hindari hari-hari libur nasional atau saat kebun binatang penuh dengan pengunjung.
  2. Datang pagi-pagi: Usahakan datang di pagi hari agar Anda dapat menikmati liburan dengan lebih puas dan menyenangkan. Kebun binatang biasanya lebih sepi di pagi hari, sehingga Anda dapat menghindari keramaian dan antrian panjang.
  3. Persiapkan peralatan: Jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen berlibur dengan sajian koleksi hewan yang menarik. Dengan mengambil foto-foto, Anda dapat memiliki kenang-kenangan yang indah dari kunjungan Anda.
  4. Kenali jadwal atraksi: Pastikan Anda mengetahui jadwal atraksi atau feeding time hewan-hewan tertentu di kebun binatang. Ini akan memberikan Anda kesempatan untuk melihat hewan-hewan dalam kegiatan makan yang menarik.
  5. Pakailah pakaian yang nyaman: Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Jangan lupa untuk menggunakan alas kaki yang nyaman karena Anda akan berjalan cukup banyak selama berlibur di kebun binatang.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menjadikan liburan menjadi lebih menyenangkan, berkualitas, dan penuh dengan kenangan indah bersama keluarga atau orang terdekat Anda.

Kekurangan

Seperti halnya tempat lainnya, Kebun Binatang Ragunan juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang mungkin Anda temui:

  1. Kepadatan Pengunjung: Kebun Binatang Ragunan sering kali ramai terutama pada akhir pekan dan hari libur. Kepadatan pengunjung dapat membuat suasana menjadi sedikit penuh dan sulit untuk menikmati dengan tenang.
  2. Keterbatasan Ruang: Kebun Binatang Ragunan memiliki luas yang terbatas dan beberapa kandang satwa mungkin terasa kurang luas bagi satwa yang besar seperti gajah dan harimau. Ini dapat mempengaruhi kesejahteraan satwa dan pengalaman pengunjung.
  3. Kurangnya Pemeliharaan Beberapa Area: Beberapa area di kebun binatang mungkin terlihat kurang terawat dan perlu pemeliharaan lebih lanjut. Hal ini bisa mempengaruhi pengalaman pengunjung dan keindahan keseluruhan kebun binatang.
  4. Kurangnya Informasi Edukatif: Meskipun terdapat berbagai jenis satwa di kebun binatang, informasi yang disediakan tentang mereka mungkin terbatas. Pengunjung mungkin menginginkan lebih banyak informasi edukatif tentang spesies, habitat, dan upaya konservasi yang dilakukan.
  5. Harga Makanan dan Minuman: Harga makanan dan minuman di area kebun binatang mungkin sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan harga di luar. Pengunjung perlu memperhatikan anggaran mereka saat membeli makanan dan minuman di dalam kebun binatang.

Meskipun terdapat beberapa kekurangan, Kebun Binatang Ragunan tetap menjadi tujuan wisata yang populer dan menarik bagi banyak orang. Dengan persiapan yang baik dan pemahaman tentang kekurangan yang ada, pengunjung dapat tetap menikmati pengalaman yang menyenangkan di sana.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) terkait Kebun Binatang Ragunan:

  1. Apa jam operasional Kebun Binatang Ragunan?
    • Buka dari Selasa hingga Minggu, pukul 07.00 – 16.00 WIB. Pada hari Senin, kebun binatang ini tutup.
  2. Berapa harga tiket masuk Kebun Binatang Ragunan?
    • Harga tiket masuk saat ini adalah Rp4.000 untuk orang dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak. Harga tiket dapat berubah, jadi disarankan untuk memeriksa harga terbaru sebelum kunjungan.
  3. Apakah ada diskon tiket masuk untuk warga Jakarta?
    • Ya, warga DKI Jakarta mendapatkan diskon tiket masuk Kebun Binatang Ragunan dengan menunjukkan Kartu Identitas Penduduk (KTP) DKI Jakarta. Diskon biasanya diberikan dalam bentuk tarif yang lebih rendah.
  4. Apakah diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar ke Kebun Binatang Ragunan?
    • Pada umumnya, pengunjung diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar. Namun, pastikan untuk memeriksa aturan terbaru yang berlaku, karena kebijakan dapat berubah.
  5. Apakah ada area parkir di Kebun Binatang Ragunan?
    • Ya, Memiliki area parkir kendaraan untuk pengunjung yang membawa mobil atau sepeda motor. Biaya parkir terpisah dan akan dikenakan sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan.
  6. Apakah ada fasilitas penyewaan kereta bayi atau kursi roda di Kebun Binatang Ragunan?
    • Ya, Menyediakan fasilitas penyewaan kereta bayi dan kursi roda untuk kenyamanan pengunjung yang membutuhkannya. Fasilitas ini dapat ditemukan di area penerimaan tiket.
  7. Apakah ada fasilitas toilet dan tempat istirahat di Kebun Binatang Ragunan?
    • Ya, Dilengkapi dengan fasilitas toilet yang tersebar di berbagai lokasi di dalam kebun binatang. Selain itu, terdapat juga area-tempat istirahat yang nyaman untuk pengunjung.
  8. Apakah Kebun Binatang Ragunan ramah lingkungan?
    • Memiliki komitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dan konservasi satwa. Upaya dilakukan untuk pengelolaan limbah, penghematan energi, dan edukasi tentang pentingnya konservasi alam.

Pastikan untuk memeriksa informasi terkini dan aturan terbaru sebelum berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, karena kebijakan dan fasilitas dapat berubah dari waktu ke waktu.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 37 Review Menarik Kebun Binatang Ragunan Taman Margasatwa Jakarta Selatan.

Your email address will not be published. Required fields are marked *