Kidzania Surabaya: Tempat Wisata Bermain dan Belajar Anak-Anak

Kidzania Surabaya menjadi simbol hiburan edukatif, menyajikan kombinasi yang menyenangkan antara keceriaan dan pembelajaran bagi anak-anak maupun orang dewasa. Terletak di pusat kota Surabaya, taman hiburan ini mengubah konsep taman bermain dengan menyelaraskan pengalaman bermain peran yang mendalam dengan profesi dunia nyata.

Saat memasuki Kidzania Surabaya, pengunjung seolah-olah diangkut ke dalam kota mini yang ramai, dengan detail yang memperlihatkan kehidupan perkotaan secara nyata. Yang membedakan tempat ini adalah penekanannya pada pembelajaran eksperimental melalui permainan peran berbagai profesi, mulai dari seni kuliner hingga transportasi, kesehatan, keuangan, dan bahkan penyiaran televisi.

Setiap stasiun yang dirancang secara detail di Kidzania Surabaya berfungsi sebagai pintu gerbang bagi anak-anak untuk merasakan pengalaman berprofesi, menyelami berbagai pekerjaan dengan dalam. Baik itu memasak di dapur yang sibuk, menjadi pilot pesawat, atau menyampaikan berita terkini sebagai presenter televisi, kemungkinan untuk menjelajah dan menemukan hal baru sangatlah besar.

Yang benar-benar memikat pengunjung adalah autentisitas dan perhatian terhadap detail yang diselipkan dalam setiap aspek Kidzania Surabaya. Mulai dari lanskap perkotaan yang dibuat secara teliti hingga properti dan peralatan yang nyata, setiap elemen berkontribusi pada pengalaman yang benar-benar mendalam dan memperkaya. Lebih dari itu, absennya campur tangan orang dewasa membantu menciptakan rasa independensi dan pemberdayaan di antara pengunjung muda, memungkinkan mereka menjelajahi kota dengan percaya diri dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Tidak mengherankan jika Kidzania Surabaya menjadi magnet bagi keluarga yang mencari hiburan dan pengetahuan. Tempat ini terus menerus menarik kerumunan, terutama saat akhir pekan, dengan pengunjung yang datang bukan hanya dari Surabaya tetapi juga dari kota-kota tetangga. Daya tarik yang luas ini merupakan bukti keberhasilan Kidzania Surabaya dalam menyatukan pendidikan dengan hiburan dengan cara yang dapat diterima baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Bagi orang tua yang merencanakan kunjungan ke Surabaya bersama anak-anak, Kidzania Surabaya adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Tempat ini menawarkan perpaduan harmonis antara kesenangan dan pembelajaran, menyediakan lingkungan yang aman dan terkontrol di mana anak-anak dapat mengembangkan kreativitas, memperluas wawasan mereka, dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan. Secara esensial, Kidzania Surabaya adalah bukti kekuatan transformatif bermain dalam membentuk pikiran-pikiran muda dan membimbing para pemimpin masa depan.

Harga Tiket Masuk Kidzania Surabaya

Berikut adalah rincian harga tiket masuk untuk Kidzania Surabaya:

Tiket Masuk Hari Biasa (Senin – Kamis):

  • Anak Usia 4-16 Tahun (5 Jam): Rp200.000
  • Anak Usia 4-16 Tahun (7 Jam): Rp225.000
  • Tweenz Usia 17-23 Tahun (5 Jam): Rp160.000
  • Tweenz Usia 17-23 Tahun (7 Jam): Rp175.000
  • Dewasa Usia 24-65 Tahun (5 Jam): Rp175.000
  • Dewasa Usia 24-65 Tahun (7 Jam): Rp200.000

Tiket Masuk Hari Libur (Jumat – Minggu):

  • Anak Usia 4-16 Tahun (5 Jam): Rp225.000
  • Anak Usia 4-16 Tahun (7 Jam): Rp250.000

Kidzania Surabaya buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.

Pastikan untuk memeriksa harga tiket secara langsung sebelum kunjungan Anda, karena harga tiket dapat mengalami perubahan tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Daya Tarik

Kidzania Surabaya menjadi destinasi unggulan di antara pusat-pusat wisata anak di berbagai kota, termasuk Kota Surabaya. Dengan konsep utama sebagai tempat wisata edukasi, tempat ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak.

Di Kidzania, anak-anak diajak untuk bermain sambil belajar mengenal berbagai peran atau profesi. Mulai dari menjadi seorang dokter yang berdedikasi, penyiar berita yang berintegritas, hingga pemadam kebakaran yang berani. Bahkan, anak-anak dapat mengeksplorasi peran-peran lain seperti aktor atau profesi lain yang menarik minat mereka.

Tidak ada batasan usia yang kaku di Kidzania Surabaya. Mulai dari anak usia 4 tahun hingga remaja berusia 16 tahun, semua dapat ikut serta dalam permainan peran yang mendidik ini. Hal ini memungkinkan anak-anak untuk merasakan dan mempraktikkan profesi impian mereka sejak dini, menggali minat dan bakat mereka secara aktif.

Kidzania Surabaya merupakan salah satu cabang dari Kidzania yang berpusat di Meksiko. Berawal dari peresmian di Meksiko pada tahun 1997, konsep taman bermain ini dengan cepat merambah ke berbagai negara, termasuk di kawasan Asia. Dengan keberhasilannya dalam menyajikan pengalaman bermain dan belajar yang unik, Kidzania telah menjadi ikon dalam industri wisata anak di seluruh dunia.

Dengan demikian, Kidzania Surabaya bukan hanya sekadar tempat bermain, tetapi juga menjadi wahana pendidikan yang berharga bagi anak-anak. Dengan menggabungkan konsep permainan peran dan eksplorasi profesi, tempat ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan kreativitas, keterampilan sosial, dan pemahaman tentang dunia kerja secara menyenangkan dan interaktif.

See also  26 Review Menarik Taman Bhagawan, Destinasti Objek Wisata di Kuta Selatan

Dunia Khusus Anak-anak

Dengan lahan seluas 4.500 meter persegi, Kidzania Surabaya menghadirkan destinasi wisata edukatif yang tak tertandingi bagi anak-anak. Di sini, mereka tidak hanya menyaksikan, tetapi juga terlibat langsung dalam menjalankan berbagai profesi dengan cara yang seru dan menyenangkan. Wahana ini dirancang sedemikian rupa agar mirip dengan kota nyata, namun semuanya terjadi di dalam ruangan.

Anak-anak diberikan kebebasan untuk menjelajahi berbagai profesi yang ada, mulai dari menjadi dokter yang tangguh, pilot yang berani, hingga pembuat pizza yang kreatif. Tidak hanya itu, terdapat pula mobil-mobil mini berdesain khusus yang menghadirkan sensasi berkendara layaknya orang dewasa, seperti mobil pemadam kebakaran, ambulans, atau bahkan bis kota.

Yang membuat pengalaman di Kidzania Surabaya semakin menarik adalah pemberian gaji kepada anak-anak yang bekerja, dalam bentuk uang khusus Kidzania. Uang ini dapat mereka gunakan di dalam kompleks Kidzania untuk berbelanja atau menikmati layanan di salon, restoran, dan tempat lainnya. Selain itu, anak-anak juga diajarkan untuk membayar pajak layaknya orang dewasa, memberikan pemahaman yang unik mengenai tanggung jawab finansial.

Dengan konsep yang inovatif ini, kunjungan ke Kidzania Surabaya tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga membuka wawasan anak-anak terhadap berbagai profesi dan tanggung jawab yang melekat di dalamnya. Dijamin, setiap momen di sini akan menjadi pengalaman berharga yang akan terus dikenang dan memberikan inspirasi bagi masa depan mereka.

Partner Penyedia Profesi

Kerjasama Kidzania Surabaya dengan berbagai perusahaan menjadi landasan kuat bagi pengalaman belajar yang mendalam bagi anak-anak. Melalui kemitraan ini, Kidzania dapat menyediakan beragam profesi yang relevan dengan dunia nyata, sementara perusahaan mitra dapat berperan sebagai penyedia sumber daya dan pengalaman langsung.

Salah satu contoh kolaborasi yang menarik adalah dengan perusahaan konstruksi. Dengan kerjasama ini, Kidzania Surabaya dapat menyediakan sarana edukasi yang memungkinkan anak-anak untuk belajar langsung dari para ahli di bidang konstruksi. Mereka tidak hanya dapat menyaksikan proses konstruksi secara langsung, tetapi juga berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan yang terkait, mulai dari merancang bangunan hingga mengeksplorasi teknologi konstruksi terkini.

Melalui kolaborasi dengan perusahaan mitra lainnya, Kidzania Surabaya dapat menawarkan pengalaman belajar yang beragam dan mendalam di berbagai bidang, mulai dari teknologi informasi hingga kesehatan, dari industri kreatif hingga sektor keuangan. Setiap kemitraan tersebut memberikan nilai tambah bagi pengalaman bermain dan belajar anak-anak, sambil juga memperkuat hubungan antara Kidzania Surabaya dan dunia industri di sekitarnya.

Dengan pendekatan ini, Kidzania Surabaya tidak hanya menjadi tempat bermain, tetapi juga menjadi pusat pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan mitra menjadi salah satu pilar utama dalam menghadirkan pengalaman belajar yang menyeluruh dan membangun fondasi yang kokoh bagi generasi masa depan.

Belajar Menerbangkan Pesawat

Saat memasuki area Kidzania Surabaya, pengunjung disambut dengan replika pesawat asli yang menjadi daya tarik utama. Di sini, anak-anak diberikan kesempatan langka untuk belajar tentang proses menerbangkan pesawat Airbus A-330. Mereka bahkan akan duduk di kokpit dan berinteraksi langsung dengan berbagai alat yang digunakan dalam penerbangan.

Peran menjadi pilot tidaklah satu-satunya opsi yang tersedia. Anak-anak juga memiliki kesempatan untuk menjelma menjadi awak kabin pesawat. Selama aktivitas ini, mereka akan belajar melakukan demonstrasi keamanan pesawat, memberikan pengalaman yang mendalam tentang tugas-tugas seorang awak kabin. Partner penyedia dalam akademi penerbangan ini adalah Tiket.com, memastikan bahwa pengalaman yang disajikan sesuai dengan standar industri penerbangan.

Target usia untuk anak-anak yang dapat memerankan peran pilot dan awak kabin adalah usia 7 tahun atau lebih. Durasi setiap sesi bermain adalah 20 menit, memberikan waktu yang cukup bagi anak-anak untuk merasakan pengalaman penerbangan secara langsung. Biaya untuk berpartisipasi adalah sebesar 10 KidZos, mata uang yang digunakan di Kidzania, sementara mereka juga akan mendapatkan gaji dalam bentuk mata uang KidZos setelah menyelesaikan tugas mereka.

Dengan pengalaman yang mendalam dan interaktif ini, Kidzania Surabaya tidak hanya menyediakan hiburan, tetapi juga memberikan pendidikan yang berharga tentang dunia penerbangan kepada anak-anak. Melalui peran-peran ini, mereka dapat memperluas wawasan mereka tentang industri penerbangan, membangun keterampilan sosial, dan merasakan kesenangan dalam belajar yang hands-on dan menyenangkan.

Simulator Mobil

Dengan kerjasama bersama Mitsubishi, Kidzania menghadirkan wahana yang menarik bernama Dealer Mobil. Di sini, anak-anak diberi kesempatan untuk mengalami sensasi mengemudi dalam simulator selama 20 menit. Simulator ini menggunakan teknologi canggih yang mirip dengan kendaraan bermotor sungguhan, menciptakan pengalaman yang realistis bagi para pengemudi muda.

Namun, wahana ini tidak hanya sekadar mengasah keterampilan mengemudi anak-anak. Mereka juga diajak untuk memahami rambu-rambu lalu lintas dan aturan berlalu lintas yang penting untuk keselamatan di jalan. Setelah menyelesaikan tes, anak-anak yang lulus akan diberikan Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai penghargaan atas pencapaian mereka.

See also  Review Menarik Candi Badut Destinasi Wisata Sejarah di Malang

Wahana Dealer Mobil ini sangat cocok bagi anak-anak berusia enam tahun atau lebih. Untuk dapat menikmati pengalaman ini, anak-anak akan dikenakan biaya sebesar 10 KidZos. Dengan kombinasi antara kesenangan bermain dan pembelajaran penting tentang keselamatan berlalu lintas, wahana Dealer Mobil di Kidzania Surabaya menjadi pilihan yang sempurna bagi anak-anak yang ingin merasakan sensasi menjadi pengemudi sejati dalam lingkungan yang aman dan terkontrol.

Berperan menjadi Pegawai Minimarket

Bagi anak-anak yang penasaran dengan kegiatan karyawan minimarket, wahana Mini Market di Kidzania Surabaya adalah pilihan yang sempurna. Dengan kerjasama bersama Alfamart, anak-anak diberi kesempatan untuk belajar dan berperan sebagai karyawan minimarket.

Di Mini Market ini, anak-anak dapat menjalankan berbagai peran yang biasa dilakukan oleh karyawan minimarket, mulai dari menjadi kasir yang tangguh, karyawan yang membantu mengatur produk di rak, hingga merasakan pengalaman menjadi manajer yang bertanggung jawab atas operasional toko. Melalui peran-peran ini, anak-anak dapat memahami proses dan tugas-tugas yang dilakukan di dalam sebuah minimarket secara langsung.

Kerjasama dengan Alfamart memberikan keunggulan tersendiri bagi wahana ini, karena anak-anak dapat mengenal dan mempraktikkan konsep bisnis minimarket yang sudah teruji. Dengan demikian, Mini Market di Kidzania Surabaya tidak hanya menyajikan pengalaman bermain yang menyenangkan, tetapi juga memberikan pembelajaran yang berharga tentang dunia bisnis dan kerja sama tim.

Dengan kesempatan untuk belajar dan bermain sekaligus, wahana Mini Market ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi anak-anak, membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial, manajerial, dan keuangan secara interaktif dan menyenangkan.

Belajar Konstruksi Bangunan

Bersama Citicon Site, Kidzania Surabaya memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk merasakan pengalaman unik dalam dunia konstruksi bangunan. Terdapat dua aktivitas yang berbeda disesuaikan dengan rentang usia yang berbeda pula.

Untuk anak-anak usia 1-6 tahun, mereka akan diajak untuk belajar tentang proses membangun sebuah konstruksi menggunakan bata ringan Citicon dan panel sandwich Citicon. Aktivitas ini dirancang khusus untuk memperkenalkan konsep konstruksi secara menyenangkan dan aman bagi anak-anak usia dini.

Sementara itu, bagi anak-anak usia 10 tahun ke atas, atau mereka yang telah mencapai tinggi tertentu, tersedia aktivitas Steel Structure yang menantang. Di sini, anak-anak akan melakukan eksplorasi struktur baja dengan menggunakan perlengkapan keamanan yang lengkap. Tentunya, aktivitas ini menuntut keberanian dari anak-anak, namun juga memberikan pengalaman yang sangat berharga dalam memahami konstruksi bangunan secara langsung.

Dengan berbagai aktivitas yang disesuaikan dengan usia dan tingkat kesiapan anak-anak, Kidzania Surabaya bersama Citicon Site memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat dalam dunia konstruksi. Dengan demikian, anak-anak dapat mengembangkan minat dan pemahaman mereka terhadap industri konstruksi sejak dini, sambil juga merasakan sensasi petualangan yang tak terlupakan.

Menajdi Pemadam Kebakaran

Tidak dapat dipungkiri bahwa momen melihat aksi heroik pemadam kebakaran memadamkan api selalu menarik dan mengesankan, terutama bagi anak-anak. Di Kidzania Surabaya, anak-anak memiliki kesempatan langka untuk mendapatkan pelatihan profesional sebagai petugas pemadam kebakaran melalui wahana yang disediakan oleh ACA sebagai mitra Kidzania.

Dalam wahana ini, anak-anak akan menjalani pelatihan yang komprehensif, mulai dari latihan fisik hingga pemahaman tentang penggunaan nozzle dan teknik pencegahan serta pengendalian kebakaran. Mereka akan diajak untuk terlibat secara langsung dalam simulasi ketika ada bangunan yang terbakar, berkeliling dengan mobil pemadam, dan berusaha memadamkan api seperti seorang pemadam kebakaran sesungguhnya.

Untuk bisa berperan sebagai pemadam kebakaran di Kidzania, anak-anak minimal harus berusia tujuh tahun. Setiap sesi simulasi memiliki durasi 25 menit, memberikan pengalaman yang cukup intens namun masih terkendali. Sebagai penghargaan atas partisipasi mereka, anak-anak akan mendapatkan uang sebesar 5 KidZos.

Dengan wahana ini, Kidzania Surabaya tidak hanya memberikan hiburan yang menyenangkan, tetapi juga membantu anak-anak memahami pentingnya keselamatan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bahaya kebakaran. Melalui simulasi dan pelatihan yang realistis, mereka dapat mengembangkan keterampilan dan pemahaman yang penting untuk keamanan diri dan lingkungan mereka.

Akademi Akting

Di Kidzania Surabaya, anak-anak juga memiliki kesempatan untuk merasakan dunia akting melalui wahana Akademi Akting. Di sini, mereka akan diberi pelatihan keterampilan dasar akting, termasuk teknik suara, ekspresi, dan lainnya. Melalui bermain, anak-anak akan belajar bagaimana memperagakan peran dengan baik dan meyakinkan.

Setelah mendapatkan pelatihan, anak-anak akan menjadi aktor dan tampil di teater yang sudah disediakan. Mereka akan memiliki kesempatan untuk menunjukkan bakat akting mereka dalam sebuah pertunjukan teater yang menghibur. Durasi pertunjukan ini berkisar antara 20-30 menit, memberikan kesempatan bagi setiap anak untuk bersinar di atas panggung.

See also  Pantai Plengkung, Spot Olahraga Surfing Kelas Dunia

Sebagai penghargaan atas partisipasi mereka, setiap anak akan mendapatkan uang sebesar 30 KidZos. Uang ini bisa mereka gunakan untuk berbelanja atau menikmati layanan-layanan lain di Kidzania.

Dengan wahana Akademi Akting ini, Kidzania Surabaya tidak hanya menyediakan hiburan yang menyenangkan, tetapi juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan akting mereka dan merasakan pengalaman berada di dunia teater. Ini merupakan langkah penting dalam membangun kepercayaan diri, kreativitas, dan ekspresi diri anak-anak, sambil juga memberikan pengalaman berharga tentang kerja tim dan kolaborasi dalam seni pertunjukan.

Fasilitas

Kidzania Surabaya adalah destinasi wisata yang lengkap dengan berbagai fasilitas yang dirancang untuk memastikan pengalaman yang menyenangkan dan aman bagi pengunjung, terutama anak-anak. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Kidzania Surabaya:

  1. Area Parkir: Tempat parkir yang luas disediakan untuk kenyamanan pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.
  2. Mushola: Sebuah fasilitas mushola tersedia bagi pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah selama kunjungan mereka.
  3. Kantin: Terdapat kantin yang menyediakan berbagai macam jajanan dan kuliner khas Surabaya, sehingga pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman yang lezat selama berada di Kidzania.
  4. Wahana Permainan: Kidzania Surabaya menawarkan berbagai wahana permainan yang interaktif dan edukatif, dimana anak-anak dapat belajar sambil bermain. Wahana-wahana ini berkaitan langsung dengan berbagai profesi, seperti bank, teater, pemadam kebakaran, kesehatan, transportasi, dan masih banyak lagi.
  5. Ruang Pertemuan: Terdapat ruang pertemuan yang dapat digunakan untuk keperluan acara-acara khusus, seperti ulang tahun atau acara sekolah.
  6. Toilet: Toilet umum disediakan di seluruh area Kidzania Surabaya untuk kenyamanan pengunjung.
  7. Area Istirahat: Terdapat area istirahat yang nyaman bagi pengunjung yang ingin beristirahat sejenak dari berbagai aktivitas di Kidzania.

Dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap dan terpelihara dengan baik, Kidzania Surabaya menjadi destinasi wisata yang ideal bagi anak-anak dan keluarga untuk menghabiskan waktu bersama sambil belajar dan bermain.

Alamat Rute Lokasi

Alamat Kidzania Surabaya dan rute menuju lokasi adalah sebagai berikut:

Kidzania Surabaya: Lagoon Avenue Mall, Jalan KH Abdul Wahab Siamin, Surabaya Grand Sungkono Lagoon, No.Kav. 9-10, Dukuh Pakis, Kecamatan Dukuhpakis, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi:

  1. Dari Jalan Mayjen Sungkono, Jalan Basuki Rahmat, atau Jalan Raya Dukuh Kupang: Waktu tempuh sekitar 25-29 menit.
  2. Dari Jalan Tol Surabaya-Gempol/Jalan Pantura: Waktu tempuh sekitar 25 menit.
  3. Dari Stasiun Kota Surabaya: Melalui Jalan Mayjen Sungkono dalam waktu sekitar 24 menit atau melalui Jalan Sungkono dalam waktu sekitar 27 menit.

Dengan akses yang mudah dari berbagai jalur transportasi, Kidzania Surabaya menjadi destinasi yang nyaman dan mudah dijangkau bagi keluarga yang ingin menikmati hari yang menyenangkan bersama anak-anak di taman bermain ini.

Tips Berkunjung

Sebelum berkunjung ke Kidzania Surabaya, ada beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan agar kunjungan Anda menjadi lebih menyenangkan dan efisien:

  1. Membawa air minum sendiri: Untuk menghemat biaya, disarankan untuk membawa air minum sendiri karena pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dari luar.
  2. Pesan makanan sekaligus ketika memesan tiket: Untuk menghindari pengeluaran yang lebih besar, disarankan untuk memesan makanan sekaligus ketika memesan tiket. Pembelian satuan di restoran dalam area bermain dapat menjadi lebih boros.
  3. Datang tepat waktu: Pastikan untuk datang tepat waktu agar tidak menyia-nyiakan waktu bermain Anda.
  4. Membawa dompet khusus untuk anak-anak: Siapkan dompet khusus untuk anak-anak Anda yang dapat digunakan untuk menyimpan uang Kidzos mereka.
  5. Tukar Cek: Sebaiknya tukar cek dengan uang Kidzos segera setelah masuk ke area bermain.
  6. Rencanakan ke spot profesi mana yang ingin dikunjungi: Sebelumnya, diskusikan dengan anak-anak Anda mengenai spot profesi mana yang mereka ingin kunjungi sehingga kunjungan menjadi lebih terarah.
  7. Hindari antrian: Jika spot tujuan anak-anak Anda sedang ramai, sebaiknya pilih spot lain yang masih dalam list tujuan Anda.
  8. Baca ketentuan masing-masing spot: Setiap spot memiliki ketentuan yang berbeda-beda seperti kapasitas maksimal, durasi, batas usia, dan lain-lain. Penting untuk membaca ketentuan tersebut sebelum berkunjung.
  9. Menebus foto: Manfaatkan layanan fotografi yang disediakan di beberapa spot untuk mengabadikan momen berharga anak-anak Anda selama berkegiatan di Kidzania.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan kunjungan Anda ke Kidzania Surabaya akan menjadi lebih menyenangkan dan berkesan. Semoga Anda dan keluarga menikmati hari yang menyenangkan di Kidzania Surabaya!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Kidzania Surabaya: Tempat Wisata Bermain dan Belajar Anak-Anak.

Your email address will not be published. Required fields are marked *