Pantai Kelapa Tuban: Destinasi Wisata Eksotis di Jawa Timur

Pantai Kelapa di Tuban, yang dulunya dikenal sebagai tempat yang terlupakan dan terpinggirkan, telah mengalami perubahan luar biasa yang mengagumkan. Dari masa lalu yang kelam sebagai pantai yang kumuh dan dipenuhi sampah, kini Pantai Kelapa telah menjadi salah satu destinasi wisata terdepan di kota Tuban.

Salah satu aspek yang paling mencolok dari transformasi ini adalah kebersihan dan keindahan alam yang kini menjadi ciri khas pantai ini. Dengan upaya konservasi dan pengelolaan yang terampil, area sekitar pantai telah dipulihkan menjadi lingkungan yang bersih dan menawan. Pemandangan laut yang memukau, pasir putih yang lembut, dan dedaunan hijau yang menyegarkan semuanya menyatu dalam harmoni yang menakjubkan.

Namun, keindahan alam bukanlah satu-satunya daya tarik Pantai Kelapa. Wisatawan juga akan terpesona oleh beragam wahana rekreasi yang tersedia di pantai ini. Dari permainan air yang mengasyikkan hingga wahana foto yang kreatif, pengunjung akan menemukan banyak kesempatan untuk menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Tidak hanya itu, pengalaman kuliner di tepi pantai juga merupakan hal yang patut dinantikan. Wisatawan dapat menikmati ragam hidangan lezat khas Jawa yang disajikan dengan cita rasa autentik, sembari menikmati suasana pantai yang menyegarkan.

Secara keseluruhan, Pantai Kelapa Tuban adalah contoh yang menginspirasi tentang bagaimana upaya konservasi dan pengelolaan yang tepat dapat mengubah destinasi yang terlupakan menjadi mercusuar keindahan dan keberlanjutan. Bagi mereka yang mencari pengalaman liburan yang tak terlupakan, Pantai Kelapa Tuban adalah pilihan yang tak dapat dilewatkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Kelapa Tuban

Berikut adalah harga tiket masuk dan jam buka Pantai Kelapa Tuban:

Harga Tiket Masuk:

  • Tiket Masuk: Rp10.000
  • Parkir Motor: Rp2.000
  • Parkir Mobil: Rp5.000

Catatan: Harga tiket masuk hanya mencakup tarif masuk. Tarif parkir dan harga tiap wahana berbeda-beda.

Jam Buka Pantai Kelapa Tuban:

  • Hari-Hari Biasa: 7.30 pagi – 5 sore
  • Khusus Acara Malam dan Berkemah: Harus melakukan reservasi khusus kepada pengelola.

Pastikan untuk memperhatikan jam buka dan harga tiket masuk saat merencanakan kunjungan Anda ke Pantai Kelapa Tuban. Jika Anda berencana menghadiri acara malam atau berkemah, jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu kepada pengelola.

Daya Tarik

Pantai Kelapa Tuban, dulunya dikenal sebagai Pantai Panyuran, telah menjalani metamorfosis luar biasa yang memukau, mengubahnya menjadi salah satu surga tropis yang paling menakjubkan di wilayah utara. Nama “Kelapa” sendiri diambil dari keberadaan barisan kokoh pohon kelapa yang menjulang di sepanjang pantai, menambahkan sentuhan keindahan dan kesejukan yang memikat.

Keberadaan pepohonan kelapa yang rindang bukan hanya memberikan keindahan visual, tetapi juga memberikan suasana yang sejuk dan asri bagi pengunjung. Pantai ini telah menjadi pilihan utama para wisatawan yang mencari pengalaman alam yang mempesona, bersaing dengan popularitas Pantai Remen Tuban.

Pantai Kelapa tidak hanya menawarkan panorama laut yang memukau, tetapi juga menyajikan hamparan pasir putih yang bersih dan menyejukkan. Sejak lama, masyarakat sekitar Tuban telah mengenal keindahan alam Pantai Kelapa ini. Banyak wisatawan yang memanfaatkannya sebagai tempat ideal untuk piknik keluarga atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam yang tersedia.

Namun, perjalanan menuju status sebagai destinasi favorit tidaklah mudah bagi Pantai Kelapa. Terbengkalainya pengelolaan pantai ini selama beberapa waktu membuatnya terlupakan. Namun, pada awal tahun 2017, berkat inisiatif masyarakat setempat yang bergerak bersama, Pantai Kelapa kembali mendapat perhatian yang layak.

Proses panjang perubahan ini tidaklah mudah. Sebelumnya, pantai ini dihiasi dengan sampah yang berserakan, menjadi saksi bisu dari kurangnya perhatian terhadap keindahan alam. Namun, hasil dari kerja keras masyarakat dan para pemangku kepentingan lokal dapat kita saksikan sekarang. Pantai Kelapa telah bangkit menjadi destinasi wisata favorit yang menarik banyak pengunjung, baik dari dalam maupun luar Tuban.

Dengan keindahan alamnya yang mempesona, Pantai Kelapa Tuban bukan hanya sekadar destinasi liburan, tetapi juga merupakan bukti nyata akan keajaiban transformasi yang mungkin terjadi ketika masyarakat dan pemangku kepentingan lokal bersatu untuk menjaga dan mempromosikan keindahan alam mereka.

Keindahan Alam

Pantai Tuban telah menjadi magnet bagi para pencari petualangan alam belakangan ini, menawarkan pesona alam yang memukau yang sulit untuk diabaikan. Dikenal dulunya sebagai Pantai Panyuran, yang terletak di Desa Panyuran, namun kini lebih terkenal dengan nama Pantai Kelapa karena keberlimpahan pohon kelapa yang memenuhi pantainya.

Saat memasuki area wisata, pengunjung akan disambut oleh gemerlapnya pepohonan kelapa yang tak tertata dengan rapi, namun menambahkan nuansa alami dan hijau yang memikat. Bayangkan berjalan di bawah rimbunnya dedaunan yang memberikan teduh dan kesejukan, dengan angin yang lembut dan suara deburan ombak yang mengalun menenangkan di latar belakang.

See also  Review Menarik Pasir Berbisik, Pesona Keindahan Alam di Gunung Bromo

Pantai ini memiliki pasir yang lembut berwarna cokelat, memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengunjung yang tanpa alas kaki. Air lautnya yang jernih memperindah panorama alam ini, sementara ombak yang tenang memungkinkan wisatawan untuk menikmati kegiatan bermain di tepi pantai dengan bebas.

Dengan segala keindahan alam yang ditawarkannya, Pantai Kelapa Tuban telah menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang autentik. Jangan lewatkan kesempatan untuk menemukan kedamaian dan keindahan yang menakjubkan di salah satu surga tersembunyi ini.


Di Pantai Kelapa Tuban, perahu-perahu yang berjejer di tepian pantai tidak hanya berfungsi sebagai hiasan belaka, tetapi juga menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung yang ingin menjelajahi kawasan perairannya. Wisatawan dapat menyewa perahu untuk mengelilingi area perairan sekitarnya, menambahkan dimensi petualangan yang menarik dalam liburan mereka.

Setiap perahu dapat menampung hingga lima orang, sehingga cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati pengalaman bersama teman atau keluarga. Mengelilingi lautan yang luas dan tenang dengan perahu memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam dari perspektif yang berbeda.

Selain itu, naik perahu juga merupakan pilihan yang tepat bagi pengunjung yang ingin mendapatkan foto-foto yang unik dan menarik. Dengan berkeliling menggunakan perahu, wisatawan dapat mendapatkan foto-foto di tengah lautan, yang tentunya akan memberikan kesan yang berbeda dan menarik dari pada saat berada di daratan. Pengalaman mendekati pemandangan alam yang begitu indah dan unik ini pastinya akan menjadi kenangan yang tak terlupakan dalam liburan mereka.

Dengan demikian, naik perahu di Pantai Kelapa Tuban bukan hanya memberikan pengalaman menyenangkan dalam menjelajahi kawasan perairannya, tetapi juga memungkinkan wisatawan untuk menciptakan momen-momen berharga dan mendapatkan foto-foto yang berkesan di tengah keindahan alam yang mempesona.

Spot Foto

Pantai Kelapa Tuban tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga menyediakan beragam spot foto yang menarik bagi para pengunjung yang gemar ber-selfie dan berbagi momen indah. Salah satu spot utama yang tak boleh dilewatkan adalah pemandangan langsung pantai itu sendiri. Hamparan lautan biru yang menakjubkan, dipadukan dengan pasir cokelat yang bersih, tanpa hambatan karang, menciptakan latar belakang yang sempurna untuk sesi foto.

Tidak hanya itu, di tepi pantai juga tersedia berbagai spot foto buatan yang penuh warna-warni. Mulai dari tiang-tiang berhias bunga, tempat duduk yang unik, hingga kayu-kayu yang diatur secara estetis. Juga, jangan lewatkan jembatan yang terletak di tepi pantai, memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk berpose lebih dekat dengan lautan yang memukau.

Di sekitar kawasan pantai, pepohonan cemara memberikan keteduhan dan kenyamanan, terutama di siang hari. Lokasi ini juga menjadi spot yang populer untuk berfoto, karena kombinasi indah antara jejeran pepohonan cemara dengan panorama lautan yang memukau.

Dengan demikian, Pantai Kelapa Tuban bukan hanya destinasi untuk menikmati keindahan alam, tetapi juga menjadi surga bagi para pecinta fotografi yang mencari kesempatan untuk mengabadikan momen indah di tengah keajaiban alam yang mempesona.

Di Pantai Kelapa Tuban, pengalaman wisata tidak hanya terbatas pada bermain di pantai, tetapi juga mencakup kesempatan untuk bersantai dan berkeliling menikmati keindahan sekitar. Salah satu cara yang populer untuk berkeliling adalah dengan berjalan kaki di sepanjang tepian pantai yang luas. Pasir pantai yang lembut membuat setiap langkah terasa nyaman dan menyenangkan.

Selain berjalan kaki, pengunjung juga memiliki opsi untuk menikmati pengalaman unik dengan menaiki kuda. Di sekitar pantai, terdapat penyewaan kuda yang menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk menjelajahi sekitar pantai dengan naik kuda. Kuda-kuda ini tersedia untuk disewa oleh satu atau dua orang, sehingga cocok untuk dewasa sendiri atau untuk dewasa yang mengajak anak-anak.

Selama perjalanan menaiki kuda, pengunjung akan ditemani oleh pemandu profesional yang akan memandu mereka melintasi pantai tanpa menggunakan kereta. Selama perjalanan ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dan juga memiliki kesempatan untuk berfoto di atas punggung kuda, menciptakan kenangan yang tak terlupakan dan memberikan kesan yang gagah.

Dengan demikian, di Pantai Kelapa Tuban, ada banyak cara untuk menikmati keindahan alam sekitar, baik dengan berjalan kaki di tepian pantai yang indah atau dengan menaiki kuda untuk menjelajahi daerah sekitarnya, menambahkan dimensi petualangan yang tak terlupakan untuk pengalaman liburan Anda.

ATV

Di Pantai Kelapa Tuban, pengunjung juga memiliki pilihan untuk menjelajahi pantai dengan cara yang lebih menantang dan penuh petualangan, yaitu dengan menggunakan ATV (All-Terrain Vehicle). Penyewaan ATV tersedia di sekitar pantai, menawarkan pengalaman berkendara yang seru dan mengasyikkan.

ATV adalah kendaraan empat roda dengan ukuran roda besar yang dirancang untuk menghadapi berbagai medan, termasuk pasir dan medan yang tidak rata. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk menjelajahi pantai yang luas dan berpasir seperti Pantai Kelapa. Dengan ATV, pengunjung dapat menjelajahi kawasan pantai lebih jauh dan menikmati keindahan alamnya dengan cara yang lebih ekstrem.

See also  Desa Wisata Pujon Kidul: Menikmati Keindahan Alam Malang yang Memukau

Selain itu, penggunaan ATV juga memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk merasakan sensasi berkendara yang mengasyikkan dan mendebarkan. Adu cepat di area berpasir menggunakan ATV juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi pengunjung yang datang bersama teman atau keluarga.

Dengan demikian, penggunaan ATV di Pantai Kelapa Tuban tidak hanya memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, tetapi juga memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi pantai dengan cara yang lebih dinamis dan mengasyikkan, menambahkan dimensi petualangan yang lebih seru dalam liburan mereka.

Flying Fox

Pantai Kelapa Tuban tak hanya menawarkan pengalaman bermain di daratan atau di air, tetapi juga menyediakan wahana flying fox untuk menambah keseruan liburan Anda. Flying fox adalah wahana yang cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan pantai dengan sensasi berbeda.

Dari ketinggian, pengunjung akan merasakan sensasi meluncur dengan cepat melewati rute yang telah disiapkan. Selama meluncur, mereka juga dapat menikmati keindahan pemandangan pantai di bawahnya yang begitu menakjubkan. Pengalaman ini akan memberikan pengunjung kesempatan untuk melihat Pantai Kelapa dari sudut yang berbeda, memberikan momen yang tak terlupakan selama liburan mereka.

Dengan wahana flying fox ini, wisatawan tidak hanya bisa merasakan sensasi adrenalin yang menyenangkan, tetapi juga bisa menikmati keindahan alam Pantai Kelapa Tuban dari ketinggian, menciptakan pengalaman yang luar biasa dan berkesan selama liburan mereka. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba wahana flying fox ini saat mengunjungi Pantai Kelapa Tuban!

Kolam Renang

Meskipun Pantai Kelapa Tuban memiliki ombak yang relatif tenang, pengunjung tetap disarankan untuk berenang di kolam renang yang tersedia di sekitar area pantai. Kolam renang ini merupakan pilihan yang ideal, terutama bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Kolam renang tersebut dirancang khusus untuk keselamatan dan kenyamanan anak-anak, sehingga orang tua dapat tenang sambil mengawasi mereka bermain.

Tidak hanya itu, kolam renang tersebut juga dilengkapi dengan beragam wahana permainan air yang seru, menambah keseruan liburan Anda. Anak-anak dapat menikmati berbagai wahana permainan air yang menyenangkan, sementara orang tua dapat bersantai di ruang tunggu yang nyaman yang disediakan untuk mengawasi mereka.

Dengan adanya kolam renang dan wahana permainan air ini, Pantai Kelapa Tuban menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan dan aman bagi seluruh keluarga. Jadi, jangan ragu untuk membawa keluarga Anda dan menikmati berbagai aktivitas seru di Pantai Kelapa Tuban!

Panggung Hiburan

Pantai Kelapa Tuban tidak hanya menawarkan keindahan alam dan berbagai wahana rekreasi, tetapi juga menyediakan fasilitas hiburan yang dapat menambah keseruan kunjungan Anda. Salah satu daya tariknya adalah adanya panggung hiburan yang lengkap dengan berbagai pilihan acara. Acara yang diselenggarakan di panggung ini dapat berupa konser musik, pertunjukan seni, atau beragam atraksi panggung lainnya. Tujuan dari fasilitas ini adalah untuk memberikan hiburan yang memukau bagi para wisatawan yang berkunjung.

Selain itu, bagi mereka yang ingin mengadakan acara khusus, Pantai Kelapa Tuban menyediakan fasilitas gedung serbaguna yang dapat disewa. Gedung ini dapat digunakan untuk berbagai acara seperti ulang tahun, pernikahan, reuni sekolah, seminar, atau acara khusus lainnya. Dengan menyewa gedung serbaguna ini, pengunjung dapat mengatur dan menyelenggarakan acara mereka sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Dengan adanya fasilitas hiburan dan ruang serbaguna ini, Pantai Kelapa Tuban tidak hanya menjadi destinasi liburan alam yang menarik, tetapi juga tempat yang cocok untuk acara-acara spesial dan hiburan. Ini menjadikan Pantai Kelapa Tuban sebagai pilihan yang komprehensif untuk berbagai keperluan rekreasi dan acara di Jawa Timur.

Hutan Bakau dan Pepohonan Cemara

Keberadaan hutan bakau di sekitar Pantai Kelapa Tuban memberikan daya tarik tambahan yang memikat bagi para pengunjung. Bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang alami, hutan bakau menjadi tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari keramaian pantai. Berjalan-jalan di antara pepohonan bakau yang rimbun dan menghirup udara segar dari laut memberikan pengalaman yang menenangkan dan menyegarkan.

Selain hutan bakau, keberadaan pepohonan cemara yang rindang juga menambah pesona Pantai Kelapa Tuban. Pepohonan cemara yang tumbuh di sekitar pantai memberikan keteduhan dan keindahan tersendiri. Banyak wisatawan yang menyebut pantai ini sebagai Pantai Cemara Tuban karena keindahan pepohonan cemara yang menjadi ciri khasnya.

Dengan keberagaman alam yang dimilikinya, Pantai Kelapa Tuban menjadi destinasi yang cocok untuk berbagai preferensi pengunjung. Baik Anda mencari keseruan pantai atau ketenangan alam yang alami, Pantai Kelapa Tuban menawarkan pengalaman liburan yang memuaskan dan tak terlupakan.

Fasilitas

Berikut ini adalah detail lebih lengkap mengenai fasilitas yang tersedia di Pantai Kelapa Tuban:

  1. Tempat Parkir: Area parkir yang luas dengan kapasitas yang mencukupi untuk kendaraan pribadi pengunjung.
  2. Toilet & Kamar Mandi Bilas: Fasilitas toilet dan kamar mandi yang bersih, dilengkapi dengan air bersih untuk kenyamanan pengunjung. Terdapat pula fasilitas kamar mandi bilas untuk membersihkan diri setelah beraktivitas di pantai.
  3. Mushola: Mushola atau tempat ibadah yang disediakan bagi pengunjung yang membutuhkan.
  4. Restoran: Terdapat restoran atau warung makan yang menyajikan berbagai jenis hidangan, mulai dari hidangan laut segar hingga hidangan khas lokal, sehingga pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman dengan pemandangan pantai yang menakjubkan.
  5. Pujasera: Area makanan dengan berbagai pilihan kuliner dari pedagang lokal. Pengunjung dapat menemukan berbagai hidangan ringan dan makanan khas daerah yang lezat di sini.
  6. Gedung Serbaguna: Fasilitas ruang serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai acara seperti pertemuan, seminar, perayaan, atau acara spesial lainnya. Gedung ini biasanya dapat disewa untuk keperluan pribadi atau acara umum.
  7. Wahana Outbound: Area khusus untuk kegiatan outbound dan petualangan, seperti flying fox, wall climbing, atau trekking, yang cocok untuk pengunjung yang mencari tantangan dan keseruan ekstrem.
  8. Kolam Renang: Kolam renang yang menyenangkan bagi pengunjung yang ingin berenang atau bermain air. Kolam ini umumnya dilengkapi dengan area berjemur dan fasilitas penunjang lainnya.
  9. Kuda Tunggang: Penyewaan kuda untuk menikmati perjalanan di sekitar pantai atau area sekitarnya. Ini merupakan pilihan yang menarik bagi pengunjung yang ingin mengeksplorasi lingkungan sekitar dengan cara yang unik.
See also  Review Menarik Candi Badut Destinasi Wisata Sejarah di Malang

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, Pantai Kelapa Tuban menawarkan pengalaman liburan yang lengkap dan menyenangkan bagi pengunjung dari berbagai kalangan. Setiap fasilitas dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung sehingga mereka dapat menikmati waktu yang menyenangkan di Pantai Kelapa Tuban.

Wisata Kuliner

Setelah menikmati keindahan Pantai Kelapa Tuban, pastinya Anda akan merasa lapar. Untungnya, di sekitar pantai ini terdapat berbagai restoran dan kafe yang menawarkan aneka kuliner lezat, terutama makanan laut khas Jawa Timur. Menyantap hidangan laut segar sambil menikmati hembusan angin laut dan pemandangan yang indah akan membuat pengalaman makan Anda semakin nikmat dan berkesan.

Dengan suasana yang tenang dan pemandangan yang menakjubkan, makan di sekitar Pantai Kelapa Tuban akan memberikan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan. Dari hidangan laut segar hingga hidangan lokal khas daerah, tersedia banyak pilihan untuk memuaskan selera Anda setelah seharian beraktivitas di pantai.

Jadi, setelah puas menikmati pesona alam Pantai Kelapa Tuban, jangan ragu untuk menjelajahi kelezatan kuliner lokal di sekitarnya. Pengalaman kuliner ini akan menambah kesan positif dalam liburan Anda dan memperkaya pengalaman wisata Anda di Jawa Timur.

Alamat Rute Lokasi

Berikut adalah rute dan alamat untuk menuju Pantai Kelapa Tuban:

Alamat Pantai Kelapa Tuban: Jalan Gersik No.KM, RW.1, Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Rute dari pusat kota Tuban:

  1. Mulai dari pusat kota Tuban, arahkan kendaraan Anda ke arah timur.
  2. Ikuti Jalan Tuban-Gresik menuju kecamatan Palang.
  3. Setelah melewati kecamatan Palang, lanjutkan perjalanan hingga Anda mencapai Dusun Kepoh.
  4. Di Dusun Kepoh, lanjutkan menuju Kelurahan Panyuran.
  5. Pantai Kelapa Tuban terletak di sekitar Jalan Gersik No.KM, RW.1, di sebelah kanan jalan.

Perjalanan dari pusat kota Tuban ke Pantai Kelapa Tuban sekitar 5 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15-20 menit tergantung kondisi lalu lintas. Pastikan untuk mengikuti tanda-tanda arah yang tersedia di sepanjang perjalanan dan gunakan peta atau aplikasi navigasi jika diperlukan untuk memudahkan Anda menemukan lokasi tersebut.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat berkunjung ke Pantai Kelapa Tuban:

  1. Periksa Cuaca: Pastikan untuk memeriksa prakiraan cuaca sebelum pergi, terutama jika Anda merencanakan kegiatan di luar ruangan. Ini akan membantu Anda mempersiapkan perlengkapan yang sesuai dengan kondisi cuaca yang diharapkan.
  2. Bawa Perlengkapan Pantai: Jangan lupa membawa perlengkapan pantai seperti tabir surya, topi, kacamata hitam, dan perlindungan lainnya untuk melindungi diri dari sinar matahari dan panas.
  3. Kenakan Pakaian yang Tepat: Pilihlah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kegiatan yang Anda rencanakan. Pakaian santai dan sandal pantai mungkin merupakan pilihan yang terbaik untuk menjelajahi pantai dan bermain di pasir.
  4. Bawa Air Minum: Selalu bawa air minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi, terutama jika Anda berencana untuk beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.
  5. Patuhi Peraturan: Pastikan untuk mematuhi semua peraturan dan petunjuk yang ada di pantai, termasuk larangan merokok di area tertentu, larangan membuang sampah sembarangan, dan peraturan keselamatan lainnya.
  6. Jaga Kebersihan: Bantu menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya dan menghindari merusak lingkungan sekitar.
  7. Nikmati Keindahan Alam: Jadikan waktu Anda di Pantai Kelapa Tuban sebagai kesempatan untuk menikmati keindahan alam dan bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menikmati kunjungan Anda ke Pantai Kelapa Tuban dengan lebih menyenangkan dan aman. Selamat menikmati liburan Anda!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Pantai Kelapa Tuban: Destinasi Wisata Eksotis di Jawa Timur.

Your email address will not be published. Required fields are marked *