Sarana dan Prasarana Terlengkap: Mengapa Lubana Sengkol Layak Dijadikan Destinasi Favorit?

Lubana Sengkol di Tangerang bukan sekadar restoran, tetapi destinasi wisata yang menawarkan pengalaman terpadu untuk pengunjung dari berbagai kalangan. Tempat ini memiliki latar belakang yang menarik, awalnya hanya berupa area pemancingan seluas 500 meter persegi, namun seiring dengan evolusi kebutuhan tempat wisata, Lubana Sengkol telah berubah menjadi destinasi wisata yang menarik perhatian banyak orang.

Salah satu ciri khas utama dari Lubana Sengkol adalah program outbound dan permainan yang bersertifikat, yang memberikan pengunjung kesempatan untuk menggabungkan rekreasi dengan aktivitas yang mendebarkan dan bermanfaat. Ini memberikan nuansa petualangan yang berbeda dan menambah dimensi baru pada pengalaman bersantap.

Selain menjadi restoran terkenal, Lubana Sengkol juga menawarkan atraksi wisata berupa wahana dan aktivitas outdoor yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala usia. Dengan fasilitas yang lengkap, tempat ini cocok untuk keluarga yang mencari pengalaman wisata yang menyenangkan dan bervariasi.

Konsep wisata terpadu yang ditawarkan oleh Lubana Sengkol menjadikannya destinasi ideal, di mana pengunjung tidak perlu berpindah tempat untuk memenuhi berbagai kebutuhan wisata mereka. Semua fasilitas dan kegiatan yang diperlukan telah tersedia di satu lokasi, memastikan kenyamanan dan kepraktisan bagi para pengunjung.

Tidak hanya menawarkan pengalaman wisata yang menyenangkan, Lubana Sengkol juga memperkenalkan pengunjung pada sejarah tempat tersebut yang bertransformasi dari pemancingan menjadi destinasi wisata yang menarik. Dengan demikian, pengunjung dapat merasakan nuansa unik dan nilai historis selama kunjungan mereka.

Apakah Anda seorang pencinta kuliner, penggemar aktivitas outdoor, atau keluarga yang mencari pengalaman wisata terpadu, Lubana Sengkol di Tangerang sepertinya memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang tercinta.

Sejarah dan Transformasi

Lubana Sengkol, yang bermula sebagai pemancingan keluarga dengan luas area tak lebih dari 500 meter persegi, kini telah berkembang menjadi destinasi rekreasi yang menawarkan lebih dari sekadar pengalaman kuliner malam. Sejarah dan transformasi tempat ini menciptakan perjalanan yang menarik bagi pengunjung, menghadirkan konsep wisata terpadu yang memenuhi kebutuhan beragam kalangan.

Awal Mula Sebagai Pemancingan Keluarga

Lubana Sengkol memiliki akar sebagai pemancingan keluarga, tempat di mana para pecinta mancing berkumpul untuk menikmati kegiatan santai bersama orang-orang terdekat. Dengan luas area awal yang terbatas, tempat ini memberikan pengalaman sederhana namun bermakna bagi keluarga yang senang beraktivitas di sekitar kolam pemancingan.

Perkembangan Menjadi Destinasi Rekreasi

Dengan berjalannya waktu, Lubana Sengkol mengalami perkembangan yang signifikan. Luas area yang semakin berkembang memungkinkan pengelola untuk menawarkan lebih banyak fasilitas dan kegiatan. Transformasi ini menjadi landasan untuk mengubah tempat ini menjadi destinasi rekreasi yang menarik perhatian berbagai kalangan, tidak hanya pencinta mancing tetapi juga mereka yang mencari pengalaman wisata terpadu.

Konsep Wisata Terpadu

Konsep wisata terpadu yang diterapkan oleh Lubana Sengkol menjadi ciri khasnya. Pengunjung tidak hanya diajak untuk menikmati santapan malam yang lezat, tetapi juga untuk merasakan berbagai aktivitas dan wahana yang ditawarkan. Mulai dari kolam pemancingan dengan ikan-ikan jumbo hingga program outbound yang menantang, Lubana Sengkol menghadirkan pengalaman lengkap untuk pengunjung dari berbagai kelompok usia.

Sejarah dan transformasi Lubana Sengkol mencerminkan perjalanan yang mengesankan dari sebuah pemancingan keluarga menuju destinasi terpadu. Dengan komitmen untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dari segala usia, Lubana Sengkol terus menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari pengalaman rekreasi yang menyenangkan dan bermakna di Tangerang.

Harga Tiket Masuk & Kegiatan di Lubana Sengkol

Untuk memulai petualangan seru di Lubana Sengkol, simak informasi harga tiket masuk dan kegiatan menarik yang ditawarkan:

Jenis Tiket & Harga:

  1. Tiket Masuk/Orang (Free Soft drink): Rp10.000
    • Termasuk minuman ringan gratis.
  2. Range Harga Wahana:
    • Pasir Kinetic, Istana Balon, Terapi Ikan, Perahu Kano, Pancing Magnet, Berkuda, Menangkap Ikan, Excavator, Melukis Styrofoam, Waterplay, Flying Fox, Sepeda Listrik, Archery, Motor ATV: Rp15.000 – Rp75.000
  3. Paintball: Rp150.000
  4. Monster Fish:
    • Reguler / VIP / VIP Family / VVIP: Rp200.000 – Rp570.000

Informasi Penting Sebelum Berkunjung:

  • Anak-anak di bawah umur wajib didampingi oleh orang tua.
  • Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar, kecuali untuk Kue Ulang Tahun, Makanan Bayi, dan Makanan berkebutuhan khusus (sesuai anjuran dokter).
  • Tiket masuk dapat ditukarkan dengan soft drink seperti lemonade, lemontea, greentea, orange, blackcurrant, atau lycheetea.

Jam Buka Lubana Sengkol:

  • Weekday: 09.00 – 18.00 WIB
  • Weekend: 09.00 – 20.00 WIB
See also  Mikie Funland: Destinasi Liburan Keluarga Favorit di Berastagi

Sebelum berkunjung, pastikan untuk memperhatikan informasi ini agar Anda dapat menikmati setiap momen di Lubana Sengkol tanpa kendala. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan taman rekreasi ini mulai dari pagi hingga malam!

Alamat Rute Lokasi

Lubana Sengkol, destinasi rekreasi yang menarik, terletak di alamat yang mudah dijangkau di kota Tangerang, tepatnya di Kampung Sengkol, Jalan Lingkar Selatan KM 1.5, Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten 15314. Lokasinya memberikan kemudahan akses melalui berbagai jalur transportasi, memastikan pengunjung dapat dengan mudah menikmati semua yang ditawarkan oleh tempat ini.

Rute Akses:

Dari Jalan Tol Kunciran – Serpong:

  1. Ambil jalur tol Kunciran – Serpong.
  2. Lanjutkan perjalanan hingga mencapai Jalan Lingkar Selatan.
  3. Ambil keluar dari tol dan arahkan ke utara di Jalan Lingkar Selatan.
  4. Ikuti Jalan Lingkar Selatan hingga mencapai KM 1.5 di Kampung Sengkol.
  5. Lubana Sengkol akan terletak di sebelah kiri jalan.

Dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2:

  1. Ambil jalur tol Lingkar Luar Jakarta 2.
  2. Lanjutkan perjalanan hingga mencapai Jalan Lingkar Selatan.
  3. Ambil keluar dari tol dan arahkan ke selatan di Jalan Lingkar Selatan.
  4. Ikuti Jalan Lingkar Selatan hingga mencapai KM 1.5 di Kampung Sengkol.
  5. Lubana Sengkol akan terletak di sebelah kanan jalan.

Pastikan untuk menggunakan navigasi atau peta daring untuk memastikan rute yang optimal dan menghindari kemungkinan kemacetan lalu lintas. Selalu periksa kondisi lalu lintas dan informasi terbaru sebelum melakukan perjalanan.

Fasilitas

Lubana Sengkol tidak hanya menawarkan pengalaman rekreasi yang seru, tetapi juga menyediakan fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dari berbagai kalangan. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati di Lubana Sengkol:

  1. Tempat Parkir Luas:
    • Area parkir yang luas dan nyaman untuk menampung sepeda motor, mobil, hingga bus dari agen paket sewa big bus Tangerang Serpong. Memberikan kenyamanan bagi pengunjung dalam merencanakan perjalanan mereka.
  2. Tempat Makan dengan Pilihan Tipe:
    • Menyajikan berbagai pilihan tempat makan, termasuk pendopo atau gazebo untuk pengalaman bersantap yang unik, serta area makan biasa lengkap dengan kursi, bangku, dan meja.
  3. Toilet dan Mushola:
    • Toilet yang bersih dan fasilitas mushola dapat diakses di berbagai area, termasuk area makan, spot pemancingan, dan area outbound. Memberikan kenyamanan dan kebersihan selama kunjungan.
  4. Wahana Anak:
    • Area yang didedikasikan untuk wahana anak, memastikan keseruan bagi keluarga yang membawa anak-anak. Berbagai permainan dan wahana yang aman untuk dinikmati oleh buah hati.
  5. Tempat Pemancingan:
    • Kolam pemancingan dengan berbagai jenis ikan, termasuk kolam Galatama yang menantang dan kolam kiloan untuk hiburan santai. Menyediakan pengalaman memancing yang beragam sesuai dengan preferensi pengunjung.
  6. Perlengkapan Outdoor dan Outbound:
    • Perlengkapan outdoor dan fasilitas outbound untuk kegiatan luar ruangan yang seru dan mendidik. Menawarkan pengalaman berbeda untuk kelompok-kelompok yang mencari tantangan dan kebersamaan.

Dengan fasilitas yang lengkap dan terawat dengan baik, Lubana Sengkol mengundang pengunjung untuk menikmati setiap momen rekreasi mereka tanpa khawatir tentang kenyamanan dan kebutuhan dasar.

Daya Tarik

Lubana Sengkol, sebuah restoran bertema alam yang unik di Tangerang, memiliki sejarah yang menarik sebagai bekas tempat pemancingan keluarga. Dengan luas awal sekitar 500 meter persegi, tempat ini telah bermetamorfosis menjadi destinasi wisata yang menarik dan menawarkan lebih dari sekadar santap malam.

Keunikan Lubana Sengkol tidak hanya terletak pada menu kuliner lezat yang disajikan, tetapi juga pada atraksi wisata yang disediakan untuk pengunjung. Pemilik restoran ini telah menciptakan pengalaman yang berbeda dengan menawarkan sejumlah kegiatan outdoor menarik, seperti kegiatan outbound dan permainan yang telah bersertifikat. Ini memberikan sentuhan petualangan dan kegembiraan tambahan bagi pengunjung yang mencari pengalaman berbeda selama kunjungan mereka.

Restoran ini tidak hanya menjadi tempat makan populer, tetapi juga destinasi yang diminati oleh wisatawan yang mencari pengalaman kuliner pasca mengunjungi tempat wisata terdekat. Pengunjung dapat menikmati hidangan lezat favorit mereka sambil bersantai di sekitar kolam pemancingan dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

Dengan suasana yang ramai dan penuh kehidupan, Lubana Sengkol memberikan kombinasi yang unik antara kenikmatan kuliner, hiburan outdoor, dan pemandangan alam yang menenangkan. Tempat ini menjadi pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau teman-teman di tengah keindahan alam Tangerang.

Spot Mancing

Aktivitas memancing menjadi daya tarik utama di Lubana Sengkol, di mana puluhan bahkan ratusan penggemar memancing berkumpul setiap hari untuk menikmati pengalaman unik di area pemancingan yang luas. Kolam pemancingan ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu kolam pemancingan Galatama dan Kiloan, masing-masing dengan karakteristik dan pengalaman yang berbeda.

Kolam pemancingan Galatama menyajikan pengalaman istimewa bagi para maniak memancing. Kolam ini khusus diisi dengan ikan-ikan berukuran jumbo seperti Tapah, Jengkis Khan, dan Catfish. Untuk menikmati memancing di kolam ini, pengunjung diharuskan membayar biaya sekitar Rp150.000,00 hingga Rp400.000,00. Aturan khusus berlaku di sini, seperti larangan membawa makanan dari luar dan kewajiban melepaskan kembali ikan yang berhasil dipancing. Pengunjung yang berhasil menangkap ikan jumbo akan mendapatkan reward sesuai dengan jenis ikan yang mereka dapatkan.

See also  37 Review Menarik Kebun Binatang Ragunan Taman Margasatwa Jakarta Selatan

Konsep unik ini menjadi nilai tambah yang membedakan Lubana Sengkol dari tempat pemancingan lain di Indonesia, termasuk yang terkenal seperti Waduk Sermo dan Waduk Jatiluhur.

Di sisi lain, kolam pemancingan kiloan menawarkan pengalaman santai bagi mereka yang hanya ingin memancing untuk kesenangan dan hiburan. Ikan-ikan yang dapat ditemui di kolam ini, seperti Patin, Gurame, dan Mas, bisa menjadi hasil tangkapan yang bisa dimasak dan dinikmati langsung di tempat atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Tangerang.

Dengan kombinasi kolam pemancingan yang beragam, aturan yang ketat, dan konsep inovatif, Lubana Sengkol tidak hanya memuaskan selera kuliner pengunjung tetapi juga memberikan pengalaman memancing yang tak terlupakan di tengah suasana alam yang menawan di Tangerang.

 Pemancingan Galatama

Pemancingan Galatama di Lubana Sengkol merupakan fasilitas yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung yang benar-benar hobi memancing atau sering disebut “maniak” mancing. Di kolam ini, pengalaman memancing ikan besar menjadi daya tarik utama, dengan ikan-ikan seperti Catfish, Jengis Khan, dan Tapah yang berukuran jumbo.

Namun, untuk menikmati sensasi tarikan ikan besar ini, pengunjung harus membayar biaya masuk yang bervariasi, mulai dari Rp150.000,00 hingga Rp400.000,00. Biaya ini mencakup pengalaman unik memancing di kolam Galatama dan memiliki kesempatan untuk menangkap ikan-ikan besar yang ada di dalamnya.

Adapun beberapa peraturan yang berlaku di kolam Galatama Lubana Sengkol melibatkan kedisiplinan pengunjung. Beberapa peraturan tersebut mencakup larangan membawa makanan dari luar, keharusan melepaskan kembali ikan yang telah berhasil dipancing, dan pemberian hadiah yang tergantung pada jenis ikan yang berhasil ditangkap. Aturan-aturan ini dirancang untuk memastikan keberlanjutan dan keamanan pengalaman memancing serta menjaga keseimbangan ekosistem kolam.

Dengan demikian, pengunjung dapat menikmati tidak hanya kegembiraan memancing ikan besar tetapi juga merasakan sensasi petualangan dan tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan selama berada di kolam Galatama Lubana Sengkol.

 Pemancingan Kiloan

Tipe pemancingan yang berisi ikan mas, Gurame, dan Patin di Lubana Sengkol memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan pemancingan Galatama. Kolam pemancingan ini lebih menekankan aspek kesenangan, hiburan, dan bersifat lebih santai dibandingkan dengan kolam Galatama yang ditujukan untuk para pemancing serius.

Dalam jenis kolam pancing ini, pengunjung dapat menikmati suasana yang lebih santai tanpa tekanan kompetisi yang ketat. Ikan-ikan yang ada, seperti ikan mas, Gurame, dan Patin, menjadi objek pemancingan yang umum dan populer. Para pengunjung dapat memancing ikan-ikan ini dengan lebih bebas, dan hasil tangkapan dapat diukur berdasarkan beratnya, yang kemudian bisa dihitung dan dibayar berdasarkan kilogram.

Peraturan di kolam pancing ini biasanya lebih fleksibel dan tidak seserius pemancingan Galatama. Pengunjung diizinkan membawa hasil tangkapan mereka pulang dan memasaknya sendiri atau meminta bantuan restoran untuk memasaknya sesuai selera.

Kolam pemancingan ini cenderung menjadi pilihan yang lebih cocok bagi mereka yang mencari pengalaman memancing yang santai, bersama keluarga atau teman-teman, tanpa tekanan hasil yang ketat. Dengan suasana yang lebih fun-oriented, kolam ini menawarkan alternatif yang menyenangkan dan hiburan yang menyegarkan di Lubana Sengkol.

Wahana Permainan Anak

Wahana permainan anak di Lubana Sengkol merupakan tambahan menarik untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang membawa keluarga. Dengan adanya wahana ini, anak-anak dapat bermain dengan aman dan nyaman di lingkungan yang penuh warna dan keseruan.

Beberapa wahana yang tersedia meliputi seluncuran angin, mobil-mobilan, kolam renang, dan perahu. Ini memberikan variasi aktivitas bagi anak-anak, memastikan mereka memiliki pengalaman yang menyenangkan dan mendebarkan di tempat ini.

Area berwarna-warni dengan patung binatang laut atau air yang menghiasi sudut-sudut taman menambahkan sentuhan keceriaan dan daya tarik visual. Hal ini membuat suasana Lubana Sengkol menjadi menyenangkan dan ramah bagi keluarga yang datang bersama anak-anak.

Dengan kombinasi wahana permainan anak, kolam pemancingan yang beragam, dan pilihan kuliner yang lezat, Lubana Sengkol menjadi destinasi yang sempurna untuk keluarga. Suasana asyik dan seru di wahana permainan anak dapat dinikmati baik oleh pengunjung yang datang sendiri maupun bersama teman atau keluarga.

Bermain Outbound

Kegiatan outbound di Lubana Sengkol benar-benar menawarkan pengalaman yang menantang dan edukatif, sekaligus memastikan keamanan dan kenyamanan peserta. Semua program yang disediakan dilengkapi dengan instruktur dan peralatan yang bersertifikasi, memberikan kepercayaan diri kepada peserta untuk mengeksplorasi kegiatan luar ruangan.

Berbagai permainan outbound yang ditawarkan, seperti Fun Games, Outbound Kids, Team Building Games, Archery, Reptile Education, Paintball, dan Flying Fox, menciptakan variasi dan kegembiraan dalam setiap kegiatan. Setiap permainan dirancang untuk memberikan tantangan yang menarik dan mempromosikan kerjasama tim, sesuai dengan esensi kegiatan outbound.

See also  21 Ulasan Menarik Kebun Binatang Bandung, Wisata Edukasi Favorit

Paket Camping menjadi langkah lebih jauh untuk memperdalam pengalaman dan mempererat kerjasama di antara peserta. Selain itu, kegiatan Reptile Education membawa aspek edukatif yang menarik, memperkenalkan anak-anak pada keanekaragaman hewan reptil.

Paintball dan Flying Fox, dengan tingkat adrenaline yang tinggi, menambahkan elemen kegembiraan dan keberanian dalam kegiatan outdoor. Namun, perlu diingat bahwa Paintball hanya cocok untuk pengunjung dewasa karena menggunakan senjata dengan peluru bola cat.

Keseluruhan, Lubana Sengkol memberikan pengalaman outbound yang menyenangkan, edukatif, dan aman, menjadikannya destinasi yang ideal untuk kelompok yang mencari tantangan dan kegembiraan di alam terbuka.

Wisata Kuliner

Aktivitas kulineran menjadi pengalaman kedua yang tak kalah menarik di Lubana Sengkol setelah memancing. Restoran ini menawarkan beragam pilihan menu makanan dan minuman, termasuk beberapa menu tradisional otentik yang mencerminkan kekayaan kuliner Indonesia.

Menu utama yang menjadi daya tarik adalah olahan seafood dan ikan segar. Pengunjung dapat menikmati hidangan laut yang segar dan lezat, menambahkan nuansa khas tempat ini sebagai restoran yang berbasis pemancingan. Dari ikan hingga seafood, variasi menu menjamin kepuasan bagi para pengunjung yang menyukai sajian laut.

Selain itu, Lubana Sengkol juga memperkenalkan kuliner khas Solo yang sangat disukai, yaitu Godong Ijo Solo. Menjadi pilihan yang unik, menu ini memberikan variasi dan nuansa berbeda di tengah dominasi olahan ikan dan seafood.

Untuk pengunjung yang menginginkan variasi dan keseimbangan dalam menu, restoran ini juga menyajikan olahan sayuran segar seperti tumis tauge, tumis kangkung, dan berbagai jenis sup. Ini memberikan opsi sehat dan lezat bagi mereka yang mencari variasi rasa.

Tak hanya itu, Lubana Sengkol menyediakan menu ramah anak, memastikan bahwa semua anggota keluarga dapat menikmati pengalaman kuliner tanpa batasan usia. Fasilitas makanan yang nyaman juga disesuaikan dengan jumlah orang atau rombongan yang datang, menciptakan atmosfer santai dan ramah keluarga.

Dengan kombinasi kegiatan memancing yang seru dan beragamnya pilihan kuliner yang ditawarkan, Lubana Sengkol menjadi destinasi yang lengkap dan memuaskan, ideal untuk keluarga atau teman-teman yang mencari pengalaman seru dan lezat di Tangerang.

Tips Berkunjung

Sebelum Anda merencanakan perjalanan ke Lubana Sengkol, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menikmati kunjungan Anda dengan maksimal:

  1. Periksa Jadwal dan Jam Buka:
    • Pastikan untuk memeriksa jadwal operasional dan jam buka Lubana Sengkol sebelumnya. Hal ini akan membantu Anda mengatur waktu kunjungan dengan baik.
  2. Siapkan Perlengkapan Outdoor:
    • Jika Anda berencana untuk mengikuti kegiatan outdoor atau outbound, pastikan untuk membawa perlengkapan yang sesuai, seperti pakaian nyaman, sepatu olahraga, dan perlindungan matahari.
  3. Pesan Tiket atau Paket Secara Online:
    • Untuk menghindari antrean dan memastikan ketersediaan, pertimbangkan untuk memesan tiket atau paket kegiatan secara online sebelumnya.
  4. Bawa Peralatan Pemancingan (Jika Diperlukan):
    • Jika Anda berniat untuk memancing, pastikan untuk membawa peralatan pemancingan pribadi. Namun, jika Anda tidak memiliki peralatan, Anda mungkin dapat menyewanya di tempat.
  5. Perhatikan Aturan dan Etika Memancing:
    • Jika Anda memilih untuk memancing, pastikan untuk memahami dan mematuhi aturan yang berlaku di kolam pemancingan. Etika memancing yang baik juga harus dijaga untuk menjaga keamanan dan kebersihan.
  6. Datanglah dengan Keluarga atau Teman:
    • Lubana Sengkol menawarkan pengalaman yang lebih seru ketika dinikmati bersama keluarga atau teman. Pastikan untuk membawa mereka bersama Anda.
  7. Pergunakan Fasilitas dengan Bijak:
    • Hargai fasilitas yang disediakan di Lubana Sengkol dan gunakan dengan bijak. Jaga kebersihan dan keselamatan selama kunjungan Anda.
  8. Jaga Kebersihan Lingkungan:
    • Selalu pertahankan kebersihan lingkungan sekitar. Gunakan tempat sampah yang disediakan dan hindari membuang sampah sembarangan.
  9. Periksa Cuaca:
    • Periksa perkiraan cuaca sebelum berangkat. Ini dapat membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik dan menghindari potensi gangguan akibat cuaca buruk.
  10. Nikmati Setiap Momen:
    • Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, nikmati setiap momen kunjungan Anda ke Lubana Sengkol. Abadikan momen-momen indah dan jadikan pengalaman ini sebagai kenangan tak terlupakan.

Dengan memperhatikan tips-tips ini, Anda dapat memastikan bahwa perjalanan ke Lubana Sengkol akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan. Selamat menikmati liburan Anda!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Sarana dan Prasarana Terlengkap: Mengapa Lubana Sengkol Layak Dijadikan Destinasi Favorit?.

Your email address will not be published. Required fields are marked *