Eco Art Park Sentul City: Destinasi Taman Gratis yang Menyegarkan

Eco Art Park Sentul City, sebuah destinasi unik di tengah perkotaan Bogor, menonjolkan konsep ramah lingkungan dan keindahan alam. Terletak di kompleks perumahan Sentul City, taman ini menjadi perwujudan nyata dari upaya memperkenalkan ruang terbuka hijau dalam pembangunan kota.

Dengan menggabungkan seni dan alam, Eco Art Park Sentul City memikat pengunjung dengan taman yang luas, dihiasi oleh ornamen patung dan tanaman yang dirancang secara estetis. Keunikan tempat ini semakin diperkaya oleh hadirnya sungai Cikeas di sisi timur, menambah nuansa alami yang memukau.

Tidak hanya menjadi arena pameran seni yang indah, taman ini juga menawarkan pengalaman healing yang luar biasa. Bagi mereka yang mencari ketenangan dan penyembuhan di tengah kehidupan perkotaan yang sibuk, Eco Art Park Sentul City menjadi pilihan yang tak boleh dilewatkan.

Yang menarik, kecantikan Eco Art Park Sentul City dapat dinikmati oleh semua kalangan tanpa dipungut biaya. Fasilitas ini memberikan akses yang lebih inklusif dan mengundang semua lapisan masyarakat untuk menikmati keindahan alam dan seni tanpa batasan finansial.

Sebagai destinasi alternatif wisata keluarga, Eco Art Park Sentul City menawarkan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan mal atau tempat ramai lainnya. Dalam suasana yang tenang dan alami, keluarga dapat menjelajahi taman, menikmati seni, dan merasakan kehadiran sungai Cikeas yang menyejukkan.

Dengan demikian, Eco Art Park Sentul City bukan hanya sebuah tempat wisata, tetapi juga sebuah pernyataan akan pentingnya ruang terbuka hijau dalam pembangunan kota yang berkelanjutan. Destinasi ini tidak hanya menjadi daya tarik bagi warga setempat, tetapi juga menarik perhatian pengunjung yang mencari pengalaman wisata yang mendalam dan bermakna.

Harga Tiket Masuk Eco Art Park Sentul City

Eco Art Park Sentul City memberikan pengalaman wisata yang luar biasa tanpa membebankan biaya tiket masuk kepada pengunjung. Meskipun berada dalam kompleks perumahan mewah, kebijakan ini menegaskan komitmen untuk membuat keindahan alam dan seni dapat diakses oleh semua kalangan tanpa hambatan finansial.

Jam Operasional Eco Art Park Sentul:

Taman rekreasi ini membuka pintunya setiap hari, memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk menikmati keindahan dan kesenangan kapan saja. Berikut adalah jadwal jam operasional Eco Art Park Sentul:

  • Hari Kerja (Selasa – Jumat): 10.00 pagi – 10.00 malam
  • Akhir Pekan (Sabtu – Minggu): 08.00 pagi – 10.00 malam

Dengan jadwal operasional yang luas, pengunjung memiliki kesempatan untuk menjelajahi Eco Art Park Sentul City baik pada hari kerja maupun akhir pekan, menciptakan fleksibilitas yang memungkinkan untuk menyesuaikan kunjungan dengan jadwal pribadi.

Alamat Rute Lokasi

Alamat Eco Art Park Sentul City: Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Bogor.

Rute Lokasi:

  1. Dari Tol Jagorawi:
    • Masuk ke Tol Jagorawi.
    • Keluar di gerbang Tol Sentul Selatan.
    • Ikuti petunjuk jalan menuju Sentul City.
    • Lewati kompleks wisata Sentul lainnya.
    • Perjalanan dari gerbang tol memerlukan waktu sekitar 15 menit.
  2. Dari Kota Bogor:
    • Arahkan kendaraan ke arah Sentul City.
    • Ikuti petunjuk jalan menuju Sentul City.
    • Lewati kompleks wisata Sentul lainnya.

Alamat yang jelas dan rute yang mudah diakses membuat perjalanan menuju Eco Art Park Sentul City menjadi lebih simpel. Pastikan untuk menggunakan navigasi atau peta agar Anda dapat sampai ke lokasi dengan lancar.

Daya Tarik

Eco Art Park Sentul City, yang beroperasi sejak tahun 2012, menawarkan pengalaman wisata yang unik dengan menggabungkan konsep taman pengetahuan atau science park dan taman patung atau sculpture park. Terletak di lahan seluas 500 m2, taman ini telah menjadi destinasi populer di Kota Bogor.

Dengan mengusung konsep sculpture park, Eco Art Park Sentul City menawarkan koleksi patung estetik yang menghiasi area tersebut. Salah satu keistimewaan tempat ini adalah keberadaan patung-patung dari seniman terkenal seperti Fernando Botero Angulon dan Salvador Dali. Fernando Botero sendiri merupakan seniman yang mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement in Contemporary Sculpture Award, dan karyanya telah dipajang di berbagai tempat terkenal di dunia seperti Champs-Élysées, Paris, dan Park Avenue, New York City.

Meskipun patung-patung ini menjadi daya tarik utama, Eco Art Park Sentul City tidak hanya menawarkan pengalaman visual dari seni rupa saja. Pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai keindahan lainnya, termasuk taman bonsai, taman herbal, taman tematik, taman energi, taman vertikal, hingga taman pengetahuan.

Keberagaman taman ini menciptakan suasana yang memadukan elemen seni, pengetahuan, dan alam. Taman bonsai dan herbal memberikan pengalaman yang tenang dan mendidik, sementara taman tematik dan energi menawarkan variasi aktivitas yang menarik. Dengan demikian, Eco Art Park Sentul City tidak hanya menjadi tempat bagi pencinta seni, tetapi juga bagi mereka yang ingin mendalami pengetahuan dan merasakan keindahan alam dalam satu destinasi wisata yang menyeluruh.

Eco Art Park Sentul membanggakan diri dengan keberadaannya di lahan seluas 500 meter persegi. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, taman ini mampu memberikan kesegaran bagi hati dan pikiran para pengunjung. Lokasinya yang berada di tepi aliran sungai Cikeas memberikan sentuhan alam yang asri dan menenangkan.

Keberadaan sungai tersebut juga menambahkan nuansa sejuk di sekitar taman, menciptakan lingkungan yang ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Selain itu, Eco Art Park Sentul City memiliki spot-spot foto yang unik, memberikan peluang sempurna bagi pengunjung untuk mengabadikan momen-momen indah selama kunjungan mereka.

Secara etimologis, nama “Eco Art Park” mencerminkan esensi taman ini. “Eco” merujuk pada ekologi dan konsep ramah lingkungan, sementara “Art” mencerminkan unsur seni yang terwujud dalam berbagai patung dan spot foto yang menarik di dalamnya. Dengan demikian, Eco Art Park Sentul City tidak hanya menjadi tempat untuk berinteraksi dengan seni, tetapi juga sebagai wadah untuk menikmati keindahan alam dengan cara yang unik dan kreatif.

Patung dengan Bentuk Unik

Eco Art Park Sentul City memanjakan pengunjungnya dengan beragam patung yang menarik dan unik. Salah satu daya tarik utamanya adalah patung robot Transformer yang megah, terbuat dari mobil bekas, dan dirancang menyerupai karakter robot khas dalam film Transformer. Patung ini berwarna hitam, tinggi mencapai sekitar 5 meter, dan menjadi daya tarik khusus bagi penggemar film Transformer, banyak dari mereka yang menikmati momen berfoto di dekat patung ini.

Selain patung robot Transformer, pengunjung juga dapat menemukan berbagai patung lainnya yang tersebar di beberapa titik taman. Salah satunya adalah patung berbentuk manusia gemuk berwarna coklat dan berkepala botak. Ada juga patung berdiri tegak, menyerupai seorang pesumo yang siap bertanding, dengan ekspresi wajah yang tetap tenang.

Patung manusia gemuk yang terlihat memberi makan kuda mencerminkan sikap penyayangan terhadap binatang, memberikan pesan keindahan dan keharmonisan antara manusia dan hewan. Selain itu, koleksi patung ini didengar berasal dari tangan seniman-seniman terkenal dari beberapa negara, seperti Salvador Dali dari Spanyol dan Botaro dari Korea, menambahkan dimensi internasional pada karya seni yang dipamerkan di Eco Art Park Sentul City.

Keberagaman patung ini tidak hanya memberikan pengalaman visual yang memikat, tetapi juga mengeksplorasi berbagai konsep seni yang berbeda-beda, menciptakan suasana yang unik dan penuh inspirasi bagi pengunjung.

Jembatan yang Artistik

Keterangan mengenai dekatnya Eco Art Park dengan Taman Sains memberikan gambaran menarik mengenai pengalaman wisata yang beragam di kawasan tersebut.

Jembatan yang menghubungkan Eco Art Park dan Taman Sains menjadi salah satu elemen menarik. Dengan desain yang penuh kelok dan atap, jembatan ini tidak hanya memberikan akses yang nyaman tetapi juga suasana yang teduh bagi pengunjung. Lantainya yang terbuat dari kayu menambah nuansa artistik dan keindahan visual.

Tak hanya itu, besi pelindung di kanan dan kiri jembatan menciptakan rasa aman bagi pengunjung yang melintas. Pemandangan di bawah jembatan yang memperlihatkan hamparan pepohonan hijau memberikan pengalaman visual yang menenangkan. Keindahan alam seolah menari di bawah sentuhan angin, memberikan nuansa alami yang mempesona.

Kemudian, Taman Sains menawarkan wahana edukatif yang menarik, seperti parabola warna-warni yang mencerminkan bagian parabola aktif. Fitur unik ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mengalami fenomena akustik yang menarik, di mana percakapan di satu sisi dapat didengar oleh orang di sisi yang berlawanan. Sebagai wahana edukatif, hal ini menambah nilai interaktif dan pembelajaran bagi pengunjung.

Terakhir, keberadaan ruang teater terbuka yang terawat dengan baik menunjukkan bahwa Eco Art Park Sentul City tidak hanya menyajikan pengalaman alam dan seni, tetapi juga menjadi tempat untuk pertunjukan dan aktivitas budaya. Ini menambah daya tarik destinasi wisata ini sebagai tempat yang menawarkan keberagaman pengalaman dan hiburan untuk semua pengunjung.

Yellow Bridge

Selain koleksi patung eksotik yang memukau, pengunjung Eco Art Park Sentul City dapat mengeksplorasi daya tarik Yellow Bridge. Yellow Bridge adalah jembatan kayu yang dihiasi dengan warna kuning mencolok, menjadi penghubung utama antara Eco Art Park dengan Pasar Ah Poong yang terletak di seberang sungai.

Keunikan Yellow Bridge tidak hanya terletak pada warna kuningnya, tetapi juga pada desainnya yang menarik. Jembatan ini memiliki dua buah kerangka pembatas dengan bentuk menyerupai setengah lingkaran, menciptakan estetika yang sangat khas. Desain yang unik ini membuat Yellow Bridge menjadi tempat yang sangat cocok untuk dijadikan spot foto, menghiasi beranda media sosial pengunjung.

Penggunaan jembatan kayu dan konsep estetika yang dipadukan dengan warna kuning menciptakan suasana yang menyenangkan dan penuh keceriaan. Selain sebagai sarana transportasi yang praktis, Yellow Bridge juga memberikan pengalaman visual yang menarik dan menjadi tambahan menarik untuk kunjungan di Eco Art Park Sentul City.

Sebagai penghubung antara dua destinasi wisata yang menarik, Yellow Bridge memberikan pengunjung pengalaman yang berkesan sekaligus memberikan nilai tambah visual yang mencolok di tengah lingkungan alami Eco Art Park Sentul City.

Spot Jogging

Sementara saya sebagai model bahasa bukan entitas yang dapat berolahraga, saya dapat memberikan informasi mengenai keberadaan spot jogging yang berkualitas di dalam Eco Art Park Sentul City. Spot jogging ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung yang ingin menjaga kesehatan dan kebugaran mereka.

Trek jogging di dalam kawasan taman ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan dengan latar belakang taman indah yang dihiasi dengan berbagai jenis tanaman. Keberadaan pohon rindang yang berfungsi sebagai pagar utama trek jogging memberikan nuansa alami dan ketenangan. Udara yang sejuk, terutama saat pagi hari, menambah kenyamanan bagi para pengunjung yang ingin berolahraga.

Jogging di tengah taman ini tidak hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan alam sekitar. Dengan tanaman-tanaman yang beragam, trek jogging di Eco Art Park Sentul City menjadi lebih dari sekadar tempat berolahraga, tetapi juga sebagai sarana untuk bersatu dengan alam dan menikmati keindahan lingkungan taman yang dirancang dengan apik.

Ah Poong

Setelah menikmati semua keindahan di dalam kawasan Eco Art Park Sentul City, pengunjung dapat melanjutkan petualangan mereka dengan mengunjungi Pasar Ah Poong melalui Yellow Bridge. Pasar Ah Poong tidak sekadar pasar biasa; di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai wahana menarik, termasuk wahana khusus untuk anak-anak.

Keberagaman wahana yang tersedia membuat Pasar Ah Poong menjadi destinasi yang cocok untuk keluarga. Anak-anak dapat menikmati berbagai wahana bermain yang dirancang khusus untuk mereka, menciptakan pengalaman yang penuh kegembiraan dan keceriaan.

Selain wahana untuk anak-anak, Pasar Ah Poong juga menawarkan berbagai pilihan kuliner dan produk lokal. Pengunjung dapat mengeksplorasi kekayaan kuliner Indonesia dan mendapatkan pengalaman belanja yang unik di pasar ini.

Kunjungan ke Pasar Ah Poong melalui Yellow Bridge tidak hanya menjadi perpanjangan petualangan di Eco Art Park Sentul City, tetapi juga membuka peluang untuk menikmati sisi kuliner dan hiburan yang beragam. Sebuah pengalaman yang menyenangkan dan bervariasi bagi pengunjung dari segala usia.

Wahana Permainan Air

Bagi pengunjung yang tidak ingin menyeberang ke Pasar Ah Poong, Eco Art Park Sentul City menyediakan wahana air yang menarik di pesisir sungai Cikeas. Wahana-wahana ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan seru, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Pilihan wahana yang beragam memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk memilih aktivitas yang sesuai dengan selera dan preferensi mereka.

Salah satu wahana yang paling terkenal adalah bola air dan bebek air, yang menyajikan sensasi unik bermain di atas air. Selain itu, terdapat juga wahana permainan lain seperti ATV dan berkuda, memberikan variasi hiburan yang lebih luas di dalam kawasan Eco Art Park Sentul City.

Harap dicatat bahwa untuk beberapa wahana tertentu, pengunjung mungkin perlu membayar biaya tambahan untuk menyewanya. Meskipun demikian, pengalaman bermain air, bersepeda ATV, atau berkuda di lingkungan alam yang hijau dan sejuk sungai Cikeas menambah daya tarik kawasan ini sebagai destinasi wisata yang menyenangkan dan bervariasi.

Kafe dan Restoran

Eco Art Park Sentul City tidak hanya menawarkan pengalaman alam dan wahana seru, tetapi juga menjadi surga kuliner dengan keberadaan berbagai kafe dan restoran yang memanjakan pengunjung. Keberagaman konsep dari kafe dan restoran ini, baik indoor maupun outdoor, memberikan variasi pilihan tempat duduk sesuai dengan selera masing-masing pengunjung.

Berbicara tentang menu, pengunjung akan dimanjakan dengan beragam hidangan yang tersedia. Mulai dari makanan khas Sunda yang kaya rasa, makanan ringan yang cocok untuk camilan, hingga berbagai jenis minuman kekinian. Keberagaman menu ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati berbagai kuliner yang memuaskan selera.

Selain itu, jika Anda berkunjung pada akhir pekan, terdapat hiburan tambahan berupa live music yang diselenggarakan oleh pengelola. Acara live music ini menambah atmosfer yang lebih hidup dan ramai, menciptakan pengalaman bersantap yang lebih lengkap dan menghibur.

Dengan kombinasi antara keindahan alam, wahana seru, dan beragam pilihan kuliner, Eco Art Park Sentul City menjadi destinasi wisata yang lengkap, cocok untuk dinikmati oleh keluarga, teman, atau siapa pun yang mencari pengalaman liburan yang berbeda dan memuaskan.

Fasilitas

Eco Art Park Sentul City dikelola secara profesional, dan fasilitas yang tersedia di tempat ini dapat dianggap sebagai premium. Keberadaan fasilitas lengkap ini menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang memilih untuk mengunjunginya dan bersantai di sana.

Berbagai fasilitas yang dapat diakses di Eco Art Park Sentul City mencakup spot foto yang instagramable, tempat parkir yang luas, tempat duduk yang dirancang dengan estetika, tempat ibadah, wahana permainan, hingga warung makan. Keberagaman fasilitas ini memastikan bahwa pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas dan layanan yang memenuhi kebutuhan mereka.

Pengelola juga memastikan bahwa semua fasilitas dapat diakses dengan mudah, dan petunjuk arah yang lengkap disediakan untuk kenyamanan pengunjung. Ini menciptakan pengalaman kunjungan yang lancar dan menyenangkan, di mana pengunjung dapat menikmati semua yang ditawarkan oleh Eco Art Park Sentul City tanpa kesulitan.

Dengan pelayanan yang profesional dan fasilitas yang premium, Eco Art Park Sentul City menjadi destinasi ideal bagi mereka yang mencari tempat untuk bersantai, berlibur, dan menikmati keindahan alam sambil menikmati berbagai fasilitas yang lengkap.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna ketika Anda berkunjung ke Eco Art Park Sentul City:

  1. Pilih Waktu Berkunjung yang Tepat:
    • Jika Anda ingin menikmati suasana yang lebih tenang, pertimbangkan untuk mengunjungi pada hari-hari biasa atau di luar jam sibuk. Jika Anda suka keramaian dan kegiatan khusus, kunjungi saat acara atau pertunjukkan diadakan.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman:
    • Karena Anda mungkin akan menjelajahi area taman dan mungkin mengikuti beberapa wahana permainan, pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca.
  3. Bawa Perlengkapan Tambahan:
    • Jika Anda berencana untuk berolahraga atau bermain di wahana air, pastikan untuk membawa perlengkapan tambahan seperti pakaian ganti, handuk, dan perlindungan matahari.
  4. Perhatikan Jadwal Acara:
    • Cek jadwal acara dan pertunjukkan yang mungkin berlangsung selama kunjungan Anda. Ini bisa menjadi tambahan yang menyenangkan untuk pengalaman Anda di Eco Art Park.
  5. Gunakan Aplikasi Navigasi:
    • Jika Anda tidak familiar dengan lokasi atau rute ke Eco Art Park Sentul City, gunakan aplikasi navigasi atau peta digital untuk memastikan Anda tiba dengan mudah.
  6. Patuhi Aturan dan Petunjuk:
    • Ikuti aturan dan petunjuk yang ada di taman. Ini termasuk petunjuk penggunaan wahana, keamanan, dan etika berlalu lintas di area taman.
  7. Bawa Air Minum dan Camilan Ringan:
    • Pastikan untuk membawa air minum dan camilan ringan, terutama jika Anda berencana untuk berjalan-jalan atau beraktivitas di area yang luas.
  8. Berinteraksi dengan Lingkungan:
    • Manfaatkan spot-spot foto dan nikmati keindahan alam di sekitar Anda. Bersantailah dan nikmati momen di tengah suasana taman yang hijau.
  9. Hormati Lingkungan dan Pengunjung Lain:
    • Selalu menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, dan menghormati pengunjung lain agar semua orang dapat menikmati pengalaman berkunjung.

Dengan mengikuti beberapa tips ini, diharapkan Anda dapat memiliki pengalaman yang menyenangkan dan lancar saat mengunjungi Eco Art Park Sentul City.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News