Melihat Keunikan Mini Zoo Jogja Exotarium : Antara Edukasi dan Hiburan untuk Keluarga

Mini Zoo Jogja Exotarium: Destinasi Edukasi Menarik di Yogyakarta, khususnya di Sleman, kini memiliki pilihan destinasi wisata menarik dengan kehadiran Jogja Exotarium Mini Zoo. Tempat ini menawarkan konsep taman hewan berskala kecil yang menggabungkan hiburan dan pembelajaran, menjadikannya pilihan ideal untuk keluarga.

Beragam Wahana dan Kegiatan Edukatif: Mini Zoo Jogja Exotarium memiliki berbagai wahana dan kegiatan edukatif, mulai dari observasi satwa langka, budidaya peternakan, perikanan, hingga area sayuran organik. Pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan satwa, tapi juga bisa berinteraksi langsung, memberi makan, dan berfoto bersama mereka.

Harga Tiket Masuk: Untuk mengetahui harga tiket masuk terbaru, disarankan menghubungi langsung Mini Zoo Jogja Exotarium atau melihat informasi di situs resmi mereka. Harga tiket mungkin berbeda untuk anak-anak dan dewasa.

Fasilitas yang Tersedia: Penting untuk mengetahui fasilitas yang ada di tempat ini, seperti area istirahat, tempat makan, toilet, dan lainnya, guna memastikan kenyamanan pengunjung selama kunjungan.

Aktivitas Seru: Selain berinteraksi dengan hewan, pengunjung dapat mencari tahu apakah ada pertunjukan, workshop, atau permainan edukatif lain yang menambah keasikan kunjungan.

Lokasi Strategis: Catat alamat Jogja Exotarium Mini Zoo sebelum perjalanan agar mudah diakses. Gunakan aplikasi peta atau navigasi untuk memandu pengunjung mencapai lokasi dengan lebih efisien.

Rute Perjalanan: Sebelum berangkat, periksa rute perjalanan menuju Jogja Exotarium Mini Zoo. Pilih rute yang paling nyaman dan efisien.

Dengan menyajikan pengalaman yang menyenangkan dan edukatif, Mini Zoo Jogja Exotarium menjadi salah satu destinasi unggulan di Yogyakarta bagi keluarga yang mencari keberagaman dalam liburan mereka. Selalu periksa informasi terbaru sebelum berkunjung.

Harga Tiket Masuk Mini Zoo Jogja Exotarium

Harga Tiket Masuk:

  • Tiket Masuk: Rp25.000 (berlaku baik di hari biasa maupun hari libur)
  • Wahana Tambahan:
    • Becak Mini, Terapi Ikan, Kolam Renang, Tangkap Ikan: Rp10.000
    • Bebek Kayuh / ATV: Rp20.000
    • Tunggang Kuda: Rp25.000 – Rp35.000
    • Flying Fox: Rp25.000 – Rp40.000
    • Jeep: Rp225.000

Catatan: Anak usia 3 tahun ke atas wajib memiliki tiket masuk.

Jam Buka Jogja Exotarium:

  • Hari Biasa:
    • Jam Buka: 08.30 – 16.30 WIB
  • Hari Libur (Weekend):
    • Jam Buka: 08.30 – 17.00 WIB

Catatan: Wahana river tubing hanya tersedia pada musim hujan.

Berkunjung ke Jogja Exotarium memberikan kesempatan untuk menikmati beragam wahana dan aktivitas dengan harga yang terjangkau. Wisatawan dapat menjelajahi area rekreasi sepanjang hari pada hari biasa dan hari libur. Namun, perlu diperhatikan bahwa wahana river tubing hanya dapat dinikmati saat musim hujan. Pastikan untuk memeriksa informasi terkini sebelum perencanaan kunjungan Anda.

Alamat Rute Lokasi

Lokasi / Alamat dan Rute Jalan ke Mini Zoo Jogja Exotarium

Mengunjungi Jogja Exotarium Mini Zoo menjadi lebih mudah dengan adanya dua pintu masuk, yakni sebelah barat dan timur, masing-masing dengan alamat:

Pintu Barat: Jl. Kabupaten No.99 Duwet, Duwet, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pintu Timur: Jl.Magelang Km. 8 RW 12, Mulungan Kulon, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mencapai Mini Zoo Jogja Exotarium, Anda dapat mengikuti petunjuk rute yang disediakan oleh Google Maps. Taman rekreasi ini terletak di Jalan Magelang Km. 8, Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Dengan jarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, akses jalan menuju ke lokasi sangat baik dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

See also  18 Ulasan Menarik Caringin Tilu Wisata Alam Romantis Bandung

Dengan adanya dua pintu masuk, pengunjung dapat memilih rute yang paling sesuai dengan lokasi atau kenyamanan perjalanan mereka. Pastikan untuk menggunakan petunjuk peta dari Google Maps untuk memastikan perjalanan yang lancar dan efisien.

Fasilitas

Mini Zoo Jogja Exotarium tidak hanya menawarkan pengalaman yang unik dengan satwa dan wahana, tetapi juga menyediakan fasilitas penunjang yang lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Berikut adalah fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan:

1. Area Parkir Luas:

  • Jogja Exotarium Mini Zoo menyediakan area parkir yang luas, dapat menampung banyak kendaraan. Hal ini memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

2. Fasilitas Kesejahteraan:

  • Toilet dan musala tersedia untuk memenuhi kebutuhan dasar pengunjung. Keberadaan fasilitas ini di strategis tempat membuat aksesnya mudah dijangkau.

3. Kios-Kios Makanan:

  • Pengunjung dapat dengan mudah menemukan kios-kios makanan di sekitar area, memungkinkan mereka untuk menikmati hidangan ringan atau minuman saat menjelajahi taman.

4. Gazebo untuk Beristirahat:

  • Adanya gazebo tersebar di beberapa titik dalam taman memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk beristirahat, bersantai, atau menikmati suasana sekitar.

Fasilitas-fasilitas ini dirancang untuk memberikan pengalaman kunjungan yang lebih nyaman dan menyenangkan. Dengan demikian, pengunjung dapat fokus mengeksplorasi berbagai wahana dan menikmati interaksi dengan satwa tanpa khawatir tentang kebutuhan sehari-hari. Mini Zoo Jogja Exotarium dengan lengkap memperhatikan aspek kenyamanan pengunjung, menjadikannya destinasi wisata yang ramah dan menyenangkan.

Daya Tarik

Mini Zoo Jogja Exotarium, sebagai taman margasatwa berskala kecil, masih tergolong muda dalam dunia wisata. Dibuka pada akhir tahun 2017, tempat ini telah menarik perhatian banyak pengunjung meskipun beberapa lahan masih dalam proses perkembangan. Meski demikian, keseluruhan pengalaman di sini telah dinilai positif dan selalu menghadirkan suasana ramai dengan pengunjung.

Dengan luas lahan sekitar 5 hektar, Jogja Exotarium Mini Zoo memang tidak sebesar taman margasatwa konvensional. Namun, ukuran yang lebih kecil ini justru membuatnya menjadi destinasi yang cocok untuk anak-anak. Konsep mini zoo ini memungkinkan anak-anak hingga usia 13 tahun untuk menikmati arena bermain sekaligus belajar.

Walaupun koleksi hewan tidak sebanyak taman margasatwa besar, Jogja Exotarium Mini Zoo tetap menyajikan beragam hewan jinak yang dapat diinteraksi oleh pengunjung, menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan. Aktivitas menarik dan hewan-hewan yang ramah membuat liburan keluarga menjadi lebih berkesan.

Meskipun masih muda, Mini Zoo Jogja Exotarium memberikan kontribusi yang berarti dalam menyediakan pilihan wisata yang menyenangkan dan edukatif bagi pengunjung, khususnya bagi keluarga dengan anak-anak. Dengan waktu, tempat ini memiliki potensi untuk terus berkembang dan menjadi destinasi yang semakin menarik bagi masyarakat setempat maupun wisatawan dari luar.

Konsep Pedesaan

Terletak di Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Mini Zoo Jogja Exotarium menghadirkan pengalaman wisata yang memukau di tengah kawasan pedesaan. Dengan latar belakang lingkungan hijau dan asri, tempat ini memberikan suasana yang tenang dan memanjakan mata para pengunjung.

Meskipun berada di kawasan pedesaan, akses ke Jogja Exotarium Mini Zoo tetap mudah dijangkau berkat keberadaan jalan yang baik. Hal ini membuat destinasi ini dapat dinikmati oleh wisatawan tanpa kesulitan, terlebih dari pusat Kota Yogyakarta yang tidak terlalu jauh.

Area taman ini dibagi menjadi dua bagian utama, yakni taman margasatwa mini dan taman bunga. Keberadaan Sungai Denggung yang melintasi kawasan menambah daya tariknya. Udara segar pedesaan melengkapi suasana taman, menciptakan pengalaman wisata yang menyegarkan.

Meski berlokasi di pedesaan, Mini Zoo Jogja Exotarium membuktikan bahwa keindahan alam dan kenyamanan akses dapat bersatu harmonis. Tempat ini menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari suasana alam yang damai tanpa harus menjauh dari pusat aktivitas di Kota Yogyakarta.

Beragam Koleksi Hewan

Meskipun koleksinya tidak sebanyak Gembira Loka atau Ragunan, Mini Zoo Jogja Exotarium menawarkan pengalaman yang unik dan terawat dengan baik. Semua hewan, dari hewan peliharaan hingga hewan langka, dikelola dengan cermat dan berada dalam keadaan sehat. Kebersihan kandang dan area hewan senantiasa terjaga dengan baik.

See also  Ulasan Wahana Predator Fun Park Batu, Wisata Edukasi Di Batu Malang

Berbagai spesies hewan hadir di Jogja Exotarium Mini Zoo, mencakup hewan peternakan, hewan peliharaan, hingga hewan langka. Kehadiran mereka tidak hanya sebagai hiburan, melainkan juga sebagai sarana edukasi, khususnya untuk anak-anak. Setiap area hewan diawasi oleh petugas pemandu, memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

Pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan sejumlah hewan, seperti kelinci, kuda, kambing, dan kura-kura. Bahkan hewan reptilia menantang seperti ular dan iguana juga bisa diajak berfoto bersama. Keberadaan hewan air dan burung-burung yang jinak menambah keberagaman koleksi hewan yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Mini Zoo Jogja Exotarium tidak hanya menawarkan hiburan melalui observasi hewan, tetapi juga menciptakan momen edukatif dan berkesan, terutama bagi anak-anak. Pengalaman langsung dengan hewan-hewan yang ramah membuat kunjungan ke taman ini menjadi lebih interaktif dan mendidik.

Naik Kuda Tunggang

Mini Zoo Jogja Exotarium memberikan pengunjung kesempatan langka untuk berinteraksi secara dekat dengan sejumlah hewan peternakan. Pengunjung dapat memberi pakan kepada kambing dan sapi, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan, terutama bagi anak-anak. Aktivitas memberi makan ini tidak hanya memberikan kebahagiaan, tetapi juga menjadi momen edukatif yang berkesan.

Selain itu, Mini Zoo Jogja Exotarium memiliki koleksi kuda tunggang yang menambah daya tariknya. Pengunjung diberi kesempatan untuk mencoba menaiki kuda-kuda ini. Menunggang kuda dapat menjadi alternatif menarik untuk berkeliling taman, menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan menghemat energi pengunjung.

Aktivitas berinteraksi dengan hewan peternakan dan menunggang kuda di Mini Zoo Jogja Exotarium memberikan dimensi baru dalam pengalaman berwisata. Pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan keberagaman hewan, tetapi juga terlibat secara langsung dalam kehidupan mereka. Inilah salah satu daya tarik utama taman ini, memberikan kesempatan untuk menciptakan kenangan yang istimewa dan mendalam selama kunjungan.

Tangkap Ikan

Salah satu kegiatan yang wajib dicoba di Mini Zoo Jogja Exotarium adalah tangkap ikan, sebuah aktivitas yang khusus ditujukan untuk anak-anak di atas usia 3 tahun. Anak-anak akan diajak turun ke kolam untuk menangkap ikan secara langsung. Pengalaman ini tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga memberikan pelajaran berharga tentang kehidupan akuatik.

Anak-anak yang berpartisipasi dalam kegiatan tangkap ikan akan merasakan kegembiraan dan kebanggaan ketika berhasil menangkap ikan sendiri. Selain itu, ikan-ikan yang berhasil ditangkap dapat dibawa pulang untuk dipelihara, menciptakan tanggung jawab dan kepedulian terhadap makhluk hidup.

Aktivitas tangkap ikan di Mini Zoo Jogja Exotarium menciptakan pengalaman belajar yang unik sambil tetap menjaga unsur keseruan dan interaksi langsung dengan lingkungan sekitar. Inilah salah satu cara yang kreatif dan edukatif untuk mengajak anak-anak menghargai alam dan keberagaman hayati sejak usia dini.

Outbond

Mini Zoo Jogja Exotarium tidak hanya menyajikan pengalaman bertemu hewan, tetapi juga menjadi alternatif destinasi outbond yang menarik, khususnya untuk anak-anak. Pengelola menyediakan berbagai wahana outbond yang seru, beberapa di antaranya sengaja dibuat di atas sungai. Aktivitas ini tidak hanya mengajak anak-anak untuk aktif, tetapi juga memberi mereka kesempatan untuk berani kotor-kotoran dengan seru!

Sejumlah wahana outbond yang tersedia di Jogja Exotarium Mini Zoo dapat menjadi pilihan menarik bagi keluarga atau kelompok anak-anak yang mencari kegiatan berpetualang. Aktivitas ini tidak hanya meningkatkan keberanian dan keterampilan motorik, tetapi juga menciptakan kenangan berharga di tengah lingkungan yang alami dan hijau.

Dengan menawarkan kombinasi antara kegiatan outbond yang menyenangkan dan eksplorasi lingkungan, Jogja Exotarium Mini Zoo memberikan pengalaman yang holistik dan mendidik bagi anak-anak. Ini adalah destinasi yang tepat bagi keluarga yang mencari keseruan sekaligus pembelajaran dalam satu paket.

See also  Review Pantai Nglambor Salah satu pantai terbaik di Yogyakarta

River Tubing

Mini Zoo Jogja Exotarium tidak hanya memfokuskan kegiatan rekreasi untuk anak-anak; kalangan dewasa pun dapat menikmati berbagai aktivitas di sini, selain berjalan santai dan berfoto bersama hewan-hewan menarik.

Salah satu kegiatan yang dapat dinikmati oleh pengunjung dewasa adalah river tubing di Sungai Denggung yang melintasi kawasan ini. River tubing adalah wahana yang mengajak pengunjung untuk menaiki ban pelampung dan menyusuri sungai. Meski wahana ini hanya buka ketika volume sungai meningkat, yaitu pada musim hujan, namun memberikan pengalaman seru dan tantangan tersendiri.

Dengan demikian, Jogja Exotarium Mini Zoo menawarkan variasi kegiatan rekreasi yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga atau rombongan, tanpa batasan usia. Ini menjadikan taman ini sebagai destinasi yang cocok untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau teman-teman dalam suasana yang menyenangkan dan berbeda.

Taman Bunga

Jika Anda sudah berada di Mini Zoo Jogja Exotarium, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Taman Bunga Parijoto Puspawarni. Meskipun belum sepenuhnya dikembangkan, taman ini layak untuk dinikmati dengan keindahan hamparan bunga berwarna-warni yang siap menyambut pengunjung.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan, kecantikan bunga-bunga yang terhampar di Taman Bunga Parijoto Puspawarni menciptakan suasana yang menawan dan cerah. Area ini juga menjadi tempat yang sangat populer untuk berfoto ria, memberikan pengunjung kesempatan untuk mengabadikan momen-momen indah di tengah kebun bunga yang berwarna-warni.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Taman Bunga Parijoto Puspawarni setelah menikmati serunya Jogja Exotarium. Ini adalah tambahan yang sempurna untuk merayakan keindahan alam dan flora di Yogyakarta.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung ke Mini Zoo Jogja Exotarium dan Taman Bunga Parijoto Puspawarni:

  1. Cek Informasi Terkini: Pastikan untuk memeriksa informasi terkini seputar jam operasional, harga tiket, dan fasilitas yang tersedia sebelum berkunjung. Informasi ini dapat berubah sewaktu-waktu.
  2. Pakaian Nyaman: Kenakan pakaian yang nyaman, terutama jika Anda berencana untuk beraktivitas di luar ruangan. Pastikan juga membawa jaket atau payung jika diperlukan.
  3. Bawa Perlengkapan Penting: Selalu bawa air minum, kamera, dan perlengkapan lain yang dianggap penting untuk memastikan kenyamanan selama kunjungan.
  4. Interaksi dengan Hewan: Jika ada kesempatan untuk berinteraksi dengan hewan, pastikan untuk mengikuti aturan yang berlaku dan patuhi petunjuk yang diberikan oleh petugas.
  5. Hormati Lingkungan: Jagalah kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar. Hindari membuang sampah sembarangan dan patuhi aturan yang ditetapkan.
  6. Wahana Tambahan: Jika berencana mencoba wahana tambahan seperti river tubing atau aktivitas lainnya, pastikan untuk mengecek ketersediaan dan persyaratan yang berlaku.
  7. Rute Perjalanan: Gunakan aplikasi peta atau navigasi untuk memandu perjalanan menuju Jogja Exotarium Mini Zoo dan Taman Bunga Parijoto Puspawarni agar lebih efisien.
  8. Siapkan Waktu yang Cukup: Berikan waktu yang cukup untuk menikmati semua wahana dan keindahan yang ditawarkan oleh kedua destinasi ini. Jangan terburu-buru agar dapat merasakan pengalaman secara maksimal.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memastikan kunjungan Anda ke Mini Zoo Jogja Exotarium dan Taman Bunga Parijoto Puspawarni menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. Selamat menikmati liburan di Yogyakarta!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Melihat Keunikan Mini Zoo Jogja Exotarium : Antara Edukasi dan Hiburan untuk Keluarga.

Your email address will not be published. Required fields are marked *