Review Menarik Museum Macan Wisata Karya Seni di Jakarta

Museum Macan memiliki koleksi seni modern dan kontemporer yang sangat mengesankan, dengan karya-karya dari seniman Indonesia dan internasional. Beberapa karya seni yang dimiliki oleh museum termasuk lukisan, patung, instalasi, dan karya seni multimedia. Koleksi ini membantu memperkenalkan seni modern dan kontemporer pada masyarakat Indonesia yang lebih luas dan memberi kesempatan pada pengunjung untuk belajar dan merasakan seni secara langsung.

Museum MACAN: Wisata Seni yang Menarik di Kota Jakarta
@scyfzh

Selain itu, Museum Macan juga menjadi tempat bagi acara-acara dan pameran seni yang berkaitan dengan seni modern dan kontemporer. Ini memberikan kesempatan bagi seniman untuk memamerkan karya-karya mereka dan menginspirasi masyarakat untuk mengeksplorasi seni dengan lebih dalam. Pameran dan acara-acara ini juga membantu menciptakan sebuah ruang diskusi dan debat tentang seni dan budaya di Indonesia.

Museum Macan adalah sebuah institusi yang sangat penting dalam mempromosikan seni modern dan kontemporer di Indonesia dan memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mengenal dan merasakan seni secara langsung. Sebagai pemerhati sejarah profesional, saya melihat Museum Macan sebagai sebuah tempat yang sangat berharga dalam menjaga dan menghormati warisan seni Indonesia.

Alamat Akses

Alamat Museum Macan adalah AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530, Indonesia.

Untuk mencapai museum ini, terdapat beberapa opsi akses sebagai berikut:

  1. Kendaraan pribadi: dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Terdapat area parkir yang cukup luas di museum ini.
  2. Angkutan umum: juga dapat diakses menggunakan angkutan umum seperti bus atau taksi. Para pengunjung dapat menurunkan diri di halte bus terdekat dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan taksi.
  3. Transportasi online: Saat ini, terdapat berbagai pilihan transportasi online seperti Grab atau Gojek yang dapat membawa pengunjung langsung dengan mudah.

Sekedar informasi tambahan, Museum Macan buka setiap hari Selasa hingga Minggu dari pukul 10.00 pagi hingga 07.00 malam. Museum ini tutup pada hari Senin kecuali pada hari libur nasional atau jika terdapat acara khusus di dalam museum.

Rute

Berikut adalah beberapa rute yang dapat diikuti untuk mencapai Museum Macan di Jakarta:

  1. Dari Bandara Soekarno-Hatta: Dari bandara, dapat menggunakan taksi atau transportasi online seperti Grab atau Gojek. Waktu tempuh sekitar 30-45 menit tergantung pada kondisi lalu lintas.
  2. Dari Stasiun Gambir: Dari stasiun, dapat menggunakan taksi atau transportasi online. Waktu tempuh sekitar 30-45 menit tergantung pada kondisi lalu lintas.
  3. Dari Terminal Bus Pulo Gadung: Dari terminal, dapat menggunakan taksi atau transportasi online. Waktu tempuh sekitar 20-30 menit tergantung pada kondisi lalu lintas.
  4. Dari Monas: Dari Monas, dapat menggunakan taksi atau transportasi online. Waktu tempuh sekitar 20-30 menit tergantung pada kondisi lalu lintas.

Perlu diingat, selalu pastikan untuk mengecek kondisi lalu lintas dan waktu tempuh sebelum berangkat untuk menghindari kemacetan dan keterlambatan.

Aktivitas

Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Museum Macan:

  1. Melihat Koleksi Seni: Menawarkan koleksi seni yang berkualitas dan terkenal di seluruh dunia. Para pengunjung dapat melihat dan menikmati karya seni modern dan kontemporer dari seniman-seniman Indonesia dan internasional, seperti Yayoi Kusama, Jeff Koons, dan Julian Opie.
  2. Mengikuti Tur: Menawarkan tur gratis setiap hari Sabtu dan Minggu yang dipandu oleh para pengajar seni dan sejarah seni. Tur ini memungkinkan para pengunjung untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang karya seni dan seniman yang dipajang di museum.
  3. Mengikuti Program Pendidikan: Memiliki program pendidikan yang beragam untuk anak-anak dan dewasa, yang meliputi workshop seni, pelatihan, dan kunjungan sekolah. Program ini bertujuan untuk mempromosikan pemahaman dan kecintaan terhadap seni rupa modern dan kontemporer.
  4. Menonton Film: Memiliki program film yang menampilkan film-film seni dan dokumenter tentang seniman dan karya seni modern dan kontemporer. Program ini menawarkan pengalaman yang menarik dan mendalam tentang seni rupa melalui medium film.
  5. Berbelanja di Toko Museum: Memiliki toko yang menawarkan berbagai produk seni rupa dan barang-barang unik yang terkait dengan koleksi seni di museum. Pengunjung dapat membeli buku seni, aksesori, kaos, dan barang-barang lain yang terkait dengan seni rupa modern dan kontemporer.
  6. Menghadiri Acara Khusus: Sering mengadakan acara khusus seperti pembicaraan, konser musik, dan pameran seni sementara. Acara ini menawarkan pengalaman yang berbeda dan menarik bagi para pengunjung untuk mengeksplorasi seni rupa modern dan kontemporer.

Museum Macan menawarkan berbagai aktivitas yang menarik untuk dikunjungi dan dinikmati oleh para pengunjung yang tertarik dengan seni rupa modern dan kontemporer. Dengan koleksi seni yang berkualitas dan beragam, program pendidikan dan acara khusus, serta berbagai produk seni rupa yang unik, Museum Macan menjadi tempat yang penting bagi penggemar seni rupa dan pemerhati sejarah untuk menjelajahi seni rupa modern dan kontemporer di Indonesia dan dunia.

Daya Tarik

Museum Macan memiliki beberapa daya tarik yang sangat menarik untuk dikunjungi, di antaranya:

  1. Koleksi seni modern dan kontemporer: Memiliki koleksi seni modern dan kontemporer yang sangat mengesankan, dengan lebih dari 800 karya seni dari seniman Indonesia dan internasional. Koleksi ini terdiri dari lukisan, patung, instalasi, dan karya seni multimedia.
  2. Pameran seni yang bervariasi: Selain koleksi tetap, juga sering mengadakan pameran seni sementara yang bervariasi dan menghadirkan karya-karya seniman terkenal baik dari Indonesia maupun luar negeri.
  3. Fasilitas interaktif: Menawarkan fasilitas interaktif yang sangat menarik, seperti instalasi seni yang dapat dimainkan dan tampilan multimedia yang memukau. Hal ini memberikan pengalaman yang berbeda dan lebih interaktif bagi pengunjung.
  4. Lokasi yang strategis: Terletak di pusat kota Jakarta, sehingga mudah dijangkau dan menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.
  5. Program edukasi dan aktivitas keluarga: Menawarkan berbagai program edukasi dan aktivitas keluarga, seperti tur gratis, kelas seni, dan kegiatan untuk anak-anak. Hal ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pengunjung tentang seni.
See also  Review Menarik Museum Dewantara Kirti Griya Yogyakarta

Dengan daya tarik yang dimilikinya, Menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh para pecinta seni dan keluarga.

Fasilitas

Menawarkan fasilitas yang lengkap dan modern untuk memudahkan para pengunjung dalam mengeksplorasi seni rupa modern dan kontemporer. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat ditemukan di Museum Macan:

  1. Ruang Pameran: Memiliki tiga lantai yang dirancang secara khusus untuk menampilkan koleksi seni rupa modern dan kontemporer. Ruang pameran di museum dirancang dengan baik untuk memberikan pengalaman melihat karya seni yang memukau dan unik.
  2. Ruang Auditorium: Memiliki auditorium dengan kapasitas hingga 200 orang untuk mengadakan berbagai acara seperti pertunjukan, konferensi pers, dan presentasi.
  3. Ruang Kelas dan Studio: Memiliki ruang kelas dan studio yang luas dan terawat dengan baik untuk program pendidikan dan pelatihan yang ditawarkan oleh museum. Ruang ini dilengkapi dengan peralatan seni dan teknologi yang modern.
  4. Toko Museum: Memiliki toko museum yang menawarkan berbagai produk seni rupa dan buku seni yang terkait dengan koleksi seni di museum. Toko ini juga menjual barang-barang khas museum seperti souvenir dan aksesori.
  5. Restoran dan Kafe: Memiliki restoran dan kafe yang menyajikan makanan dan minuman yang lezat dan berkualitas. Kedua tempat ini menawarkan pemandangan yang indah dan nyaman untuk bersantap sambil menikmati seni rupa.
  6. Area Parkir: Memiliki area parkir yang luas dan aman untuk kendaraan pribadi atau umum. Area parkir ini dilengkapi dengan sistem keamanan modern dan pengawasan CCTV.

Museum Macan menawarkan fasilitas yang lengkap dan modern untuk memudahkan para pengunjung dalam menikmati seni rupa modern dan kontemporer. Dengan ruang pameran yang dirancang dengan baik, ruang kelas dan studio yang dilengkapi dengan teknologi modern, toko museum yang unik, restoran dan kafe yang berkualitas, serta area parkir yang aman dan luas, Museum Macan menjadi tempat yang nyaman dan menarik untuk dinikmati oleh para pengunjung.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk dapat berbeda tergantung pada jenis tiket dan kategori pengunjung. Berikut adalah harga tiket masuk Museum Macan per Maret 2023:

  1. Dewasa: IDR 100.000
  2. Pelajar (dengan kartu pelajar): IDR 75.000
  3. Mahasiswa (dengan kartu mahasiswa): IDR 75.000
  4. Kelompok (minimal 10 orang): IDR 75.000 per orang
  5. Anak-anak di bawah 3 tahun: Gratis

Museum Macan juga menawarkan beberapa paket tiket masuk yang dapat dibeli secara online melalui situs web mereka. Berikut adalah beberapa paket tiket masuk yang tersedia:

  1. Family Package: IDR 250.000 (2 dewasa dan 2 anak-anak)
  2. Student Package: IDR 50.000 (hanya untuk pelajar dan mahasiswa dengan kartu pelajar/mahasiswa)
  3. Group Package: IDR 60.000 per orang (minimal 20 orang)

Pengunjung juga dapat membeli tiket masuk di lokasi dengan harga yang sama seperti tiket yang dibeli secara online. Namun, pengunjung disarankan untuk membeli tiket sebelum datang ke museum untuk menghindari antrean panjang dan memastikan ketersediaan tiket.

Museum Macan juga menawarkan harga tiket masuk khusus untuk warga negara Indonesia pada setiap hari Rabu. Pada hari Rabu, harga tiket masuk menjadi IDR 50.000 untuk dewasa dan IDR 30.000 untuk pelajar/mahasiswa dengan kartu pelajar/mahasiswa.

Cafe

Memiliki dua kafe yang menyajikan makanan dan minuman berkualitas untuk para pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati seni rupa modern dan kontemporer. Berikut adalah informasi lebih detail tentang kedua kafe di Museum Macan:

  1. FOO’D By David Myers FOO’D By David Myers adalah restoran yang terletak di lantai dasar. Restoran ini menawarkan masakan Amerika yang diinspirasi oleh Asia, dengan menu yang berfokus pada bahan-bahan organik dan lokal. Selain makanan, FOO’D By David Myers juga menawarkan berbagai minuman yang berkualitas seperti kopi, teh, dan minuman buah segar. Restoran ini memiliki interior yang modern dan elegan, dengan suasana yang tenang dan nyaman.
  2. Café M Café M adalah kafe yang terletak di lantai 1. Kafe ini menawarkan berbagai macam hidangan Asia dan Barat, seperti nasi goreng, burger, dan pizza. Selain makanan, Café M juga menyediakan minuman seperti kopi, teh, jus, dan minuman ringan lainnya. Kafe ini memiliki suasana yang hangat dan nyaman dengan dekorasi yang menarik dan modern.

Kedua kafe di Museum Macan menawarkan suasana yang santai dan nyaman, dengan pemandangan yang indah dari taman hijau dan koleksi seni rupa di museum. Harga makanan dan minuman di kedua kafe cukup terjangkau dengan kisaran harga sekitar IDR 50.000 – IDR 150.000 per hidangan. Selain itu, kedua kafe juga menawarkan layanan catering dan acara privat untuk berbagai acara seperti ulang tahun, pesta pernikahan, dan acara korporat.

See also  41 Review Menarik Keraton Kasepuhan, Wisata Sejarah Warisan Kerajaan Cirebon

Penginapan

Ada beberapa penginapan di sekitar Museum yang dapat menjadi pilihan bagi pengunjung yang ingin menginap dekat dengan museum. Berikut adalah beberapa pilihan penginapan di sekitar Museum Macan:

  1. Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta: Hotel bintang 4 yang terletak sekitar 4 km. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas seperti restoran, kolam renang, dan pusat kebugaran.
  2. Hotel Grand Tjokro Jakarta: Hotel bintang 4 yang terletak sekitar 5 km. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas seperti restoran, kolam renang, dan pusat kebugaran.
  3. Amaris Hotel Puri: Hotel budget yang terletak sekitar 3 km. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti TV dan kamar mandi pribadi.
  4. favehotel Puri Indah: Hotel budget yang terletak sekitar 2 km. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti TV dan kamar mandi pribadi.
  5. Mercure Jakarta Simatupang: Hotel bintang 4 yang terletak sekitar 10 km. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas seperti restoran, kolam renang, dan pusat kebugaran.

Selain itu, terdapat juga banyak pilihan penginapan di pusat kota Jakarta yang dapat diakses dengan mudah menggunakan transportasi umum

Hotel Dekat

Terdapat beberapa pilihan hotel yang dapat dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa hotel dekat Museum Macan:

  1. Pullman Jakarta Central Park Hotel Pullman Jakarta Central Park terletak sekitar 10 menit berkendara. Hotel ini menawarkan kamar yang modern dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, pusat kebugaran, spa, dan restoran yang menyajikan makanan internasional. Harga kamar mulai dari sekitar IDR 1.500.000 per malam.
  2. Hotel Ciputra Jakarta Hotel Ciputra Jakarta terletak sekitar 15 menit berkendara. Hotel ini menawarkan kamar yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan restoran yang menyajikan makanan internasional. Harga kamar mulai dari sekitar IDR 700.000 per malam.
  3. Aston Kartika Grogol Hotel & Conference Center Aston Kartika Grogol Hotel & Conference Center terletak sekitar 15 menit berkendara. Hotel ini menawarkan kamar yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan restoran yang menyajikan makanan internasional. Harga kamar mulai dari sekitar IDR 600.000 per malam.
  4. Hotel Neo Grogol by ASTON Hotel Neo Grogol by ASTON terletak sekitar 10 menit berkendara. Hotel ini menawarkan kamar yang modern dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan restoran yang menyajikan makanan internasional. Harga kamar mulai dari sekitar IDR 500.000 per malam.
  5. RedDoorz Plus @ Grogol RedDoorz Plus @ Grogol terletak sekitar 10 menit berkendara. Hotel ini menawarkan kamar yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, dan shower air panas. Harga kamar mulai dari sekitar IDR 200.000 per malam.

Harga kamar di atas dapat berubah tergantung pada waktu kunjungan dan ketersediaan kamar.

Apartemen Dekat

Jika Anda mencari apartemen yang dekat dengan Museum Macan, berikut adalah beberapa pilihan yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. West Vista Apartment West Vista Apartment terletak sekitar 1,5 km dan memiliki akses yang mudah ke berbagai pusat perbelanjaan dan fasilitas umum di sekitar Kebon Jeruk dan Kemang. Apartemen ini memiliki berbagai fasilitas seperti kolam renang, gym, taman bermain anak, dan area parkir yang luas.
  2. Kebagusan City Apartment Kebagusan City Apartment terletak sekitar 7,5 km dan menawarkan akses yang mudah ke berbagai pusat perbelanjaan dan tempat wisata di Jakarta Selatan. Apartemen ini memiliki berbagai fasilitas seperti kolam renang, gym, sauna, taman bermain anak, dan minimarket.
  3. The Nest Apartment The Nest Apartment terletak sekitar 7 km dan menawarkan pemandangan yang indah dari sekitar Jakarta Selatan. Apartemen ini memiliki berbagai fasilitas seperti kolam renang, gym, taman bermain anak, dan minimarket.
  4. B Residence Apartment B Residence Apartment terletak sekitar 8 km dan menawarkan akses yang mudah ke berbagai pusat perbelanjaan dan tempat wisata di Jakarta Selatan. Apartemen ini memiliki berbagai fasilitas seperti kolam renang, gym, taman bermain anak, dan minimarket.

Itulah beberapa pilihan apartemen yang dapat Anda pertimbangkan jika ingin tinggal dekat dengan Museum Macan. Pastikan untuk memilih apartemen yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Mall Dekat

Jika Anda ingin berbelanja atau mencari tempat untuk bersantai di mal setelah berkunjung ke Museum Macan, berikut adalah beberapa mal yang terletak dekat dengan museum:

  1. Puri Indah Mall Puri Indah Mall terletak sekitar 4 km dan menawarkan berbagai macam toko fashion, restoran, dan area bermain anak. Mal ini juga memiliki bioskop dan pusat perbelanjaan seperti Carrefour dan Ace Hardware.
  2. Mall Taman Anggrek Mall Taman Anggrek terletak sekitar 6 km dan merupakan salah satu mal terbesar di Jakarta Barat. Mall ini menawarkan berbagai macam toko fashion, restoran, dan area bermain anak. Selain itu, Mall Taman Anggrek juga memiliki bioskop dan pusat perbelanjaan seperti Carrefour dan Gramedia.
  3. Central Park Mall Central Park Mall terletak sekitar 8 km dan merupakan mal yang terkenal di Jakarta Barat. Mal ini menawarkan berbagai macam toko fashion, restoran, dan area bermain anak. Selain itu, Central Park Mall juga memiliki bioskop dan pusat perbelanjaan seperti Metro Department Store dan Food Louver.
  4. Gandaria City Mall Gandaria City Mall terletak sekitar 8 km dan merupakan mal yang terkenal di Jakarta Selatan. Mal ini menawarkan berbagai macam toko fashion, restoran, dan area bermain anak. Selain itu, Gandaria City Mall juga memiliki bioskop dan pusat perbelanjaan seperti Sogo Department Store dan Lotte Mart.
See also  Kolam Renang Pondok Indah Waterpark: Wahana Air Seru di Jakarta Selatan

Itulah beberapa mal terdekat dengan Museum Macan yang dapat Anda kunjungi untuk berbelanja atau bersantai setelah mengunjungi museum. Pastikan untuk memilih mal yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Tempat Makan

Berikut adalah beberapa pilihan tempat makan di sekitar Museum Macan yang dapat dijadikan referensi bagi pengunjung:

  1. Union Deli – Gandaria City: Restoran yang menyajikan menu khas Eropa dan Amerika dengan suasana yang nyaman dan elegan.
  2. El Asador – Bintaro: Restoran yang menghidangkan hidangan daging panggang dengan cita rasa yang istimewa.
  3. Mama Malaka – Pondok Indah: Restoran yang menyajikan masakan Melayu dan Indonesia dengan cita rasa yang autentik dan lezat.
  4. Bebek Goreng Pak Ndut – Cipulir: Restoran yang terkenal dengan bebek gorengnya yang renyah dan lezat.
  5. Kedai Tiga Nyonya – Puri Indah: Restoran yang menghidangkan hidangan khas Peranakan dengan rasa yang otentik dan autentik.
  6. Gyu-Kaku – Plaza Senayan: Restoran yang menyajikan hidangan Jepang yaitu yakiniku (daging panggang), dengan suasana yang nyaman dan ramah keluarga.
  7. The People’s Cafe – Puri Indah: Restoran yang menyajikan hidangan Indonesia dengan rasa yang autentik dan harga yang terjangkau.
  8. Crumble Crew – Gandaria City: Tempat ini menyajikan berbagai macam hidangan penutup yang manis dan lezat.

Semua tempat makan tersebut mudah dijangkau dari Museum Macan dan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk melepas rasa lapar setelah menikmati koleksi seni yang indah di museum tersebut.

Spot Foto

Berikut adalah beberapa spot foto yang menarik di Museum Macan:

  1. The Rainbow Room: Ruangan dengan dinding dan langit-langit berwarna-warni yang cocok untuk pengambilan foto yang kreatif dan berwarna.
  2. Infinity Mirrored Room – Brilliance of the Souls: Kamar dengan instalasi cahaya dan cermin yang menciptakan efek ruang yang tak berujung, cocok untuk pengambilan foto dengan efek yang unik.
  3. Skyspace: Ruangan yang berisi instalasi seni langit-langit dengan cahaya berubah-ubah, menawarkan pengambilan foto yang menakjubkan.
  4. Batik Room: Ruangan dengan dinding dan langit-langit yang berlapis kain batik, menawarkan pengambilan foto yang artistik dan tradisional.
  5. Central Hall: Ruangan yang besar dengan atap tinggi dan instalasi karya seni yang besar, menawarkan pengambilan foto yang dramatis dan spektakuler.
  6. Living Room: Ruangan dengan furnitur dan aksesori vintage, menawarkan pengambilan foto yang bergaya retro dan klasik.
  7. Art Garden: Taman dengan instalasi seni kontemporer yang indah, menawarkan pengambilan foto yang natural dan mempesona.

Selain itu, Museum Macan juga memiliki banyak sudut-sudut indah dan menarik yang dapat dijadikan latar belakang foto yang cantik dan Instagrammable. Pastikan untuk selalu meminta izin sebelum mengambil foto di dalam museum dan menjaga kebersihan serta kerapian lingkungan museum.

Wisata Sekitar

Ada beberapa tempat wisata menarik yang dapat Anda kunjungi di sekitar Museum Macan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Taman Anggrek Ragunan Taman Anggrek Ragunan adalah salah satu taman terbesar di Jakarta yang terletak sekitar 7 km. Taman ini menawarkan berbagai macam koleksi tanaman termasuk anggrek, bonsai, dan tanaman hias lainnya. Selain itu, Taman Anggrek Ragunan juga memiliki berbagai fasilitas seperti arena bermain anak, restoran, dan ruang terbuka hijau yang luas.
  2. Monumen Nasional (Monas) Monumen Nasional atau Monas adalah salah satu ikon Jakarta yang terletak sekitar 11 km. Monas memiliki tinggi 132 meter dan menawarkan pemandangan yang indah dari puncak monumen. Di sekitar Monas juga terdapat berbagai tempat wisata seperti Museum Nasional Indonesia, Taman Lapangan Banteng, dan Masjid Istiqlal.
  3. Kota Tua Jakarta Kota Tua Jakarta adalah kawasan bersejarah yang terletak sekitar 12 km. Di kawasan ini, terdapat berbagai bangunan peninggalan Belanda seperti Gereja Gereja Santa Maria de Fatima, Museum Fatahillah, dan Toko Merah. Selain itu, di Kota Tua Jakarta juga terdapat berbagai kafe dan restoran yang menyajikan makanan dan minuman khas Jakarta.
  4. Pasar Santa Pasar Santa adalah pusat kuliner yang terletak sekitar 6 km. Di Pasar Santa, Anda dapat menemukan berbagai jenis makanan dan minuman mulai dari makanan tradisional Indonesia hingga makanan internasional. Pasar Santa juga terkenal dengan kafe-kafinya yang unik dan menyajikan kopi yang berkualitas.

Itulah beberapa tempat wisata menarik yang dapat Anda kunjungi di sekitar Museum Macan. Selamat menjelajahi!

Review Review Menarik Museum Macan Wisata Karya Seni di Jakarta.

Your email address will not be published. Required fields are marked *