Ulasan Wisata Pantai Bajul Mati di Malang, Jawa Timur

Pantai Bajul Mati adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantainya yang masih alami dengan hamparan pasir putih yang luas dan ombak yang besar. Di pantai ini juga terdapat bebatuan besar yang disebut dengan batu Karang Bolong yang menjadi ikon dari Pantai Bajul Mati. Selain itu, di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan dan penginapan yang bisa digunakan oleh para wisatawan.

Terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan airnya yang jernih. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi oleh tebing dan vegetasi yang hijau, menciptakan pemandangan yang sangat indah dan menarik. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah berselancar, berenang, berjemur di pasir putih, atau hanya menikmati pemandangan yang indah dari tepi pantai. Terdapat juga banyak warung makan dan kios yang menjual makanan dan minuman segar, seperti kelapa muda dan ikan bakar.

Untuk menuju ke Pantai Bajul Mati, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil atau motor. Dari pusat Kota Malang, perjalanan ke pantai ini memerlukan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak sekitar 51 km. Namun, pengunjung juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus dan taksi untuk menuju ke pantai ini. Pantai Bajul Mati sangat ramai pada akhir pekan dan hari libur, jadi disarankan untuk datang di pagi hari untuk menghindari kerumunan dan menikmati suasana yang tenang.

Sejarah

Pantai Bajul Mati memiliki sejarah yang cukup unik. Konon, nama Bajul Mati berasal dari kejadian di masa lalu di mana sebuah bajul atau biawak laut yang berukuran besar terdampar dan mati di tepi pantai. Warga setempat kemudian memberi nama pantai tersebut dengan “Bajul Mati”.

Selain itu, terdapat juga legenda yang beredar di masyarakat sekitar bahwa pantai ini dulunya merupakan tempat pertemuan raja-raja Jawa untuk membahas urusan penting. Konon, raja-raja tersebut seringkali berbicara di depan lukisan seekor bajul yang kemudian memberi inspirasi bagi warga setempat untuk memberi nama pantai tersebut dengan “Bajul Mati”.

Pada masa kolonial Belanda, Pantai Bajul Mati pernah menjadi pusat kegiatan wisata bahari yang cukup populer. Namun, setelah kemerdekaan Indonesia, pantai ini terlupakan dan tidak terawat dengan baik hingga akhirnya pada tahun 1990-an pemerintah setempat mulai mengembangkan kembali pantai ini menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi hingga saat ini.

Mitos Legenda Misteri

Pantai Bajulmati di Kabupaten Malang merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Meskipun terkenal dengan ombak yang ganas, pantai ini tetap menarik minat wisatawan untuk datang dan menikmati keindahannya. Selain itu, pantai ini juga menyimpan berbagai mitos dan cerita mistis yang masih dipercayai oleh masyarakat setempat. Seperti cerita tentang penamaan pantai ini yang berasal dari kata bajul yang artinya buaya dan mati yang artinya meninggal.

Konon, saat pertama kali ditemukan pantai ini, terdapat buaya yang sudah mati di pesisir pantai dan hingga kini masih ada cerita mistis seputar batu karang besar dengan bentuk yang mirip dengan buaya yang terletak di pantai ini. Selain itu, masyarakat juga mempercayai bahwa pantai ini dikuasai oleh Nyi Roro Kidul dan berkunjung ke pantai ini dilarang memakai baju berwarna hijau karena dipercayai sebagai simbol warna kebesaran Ratu Kidul. Namun, selain cerita mistisnya, Pantai Bajulmati tetap menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Malang.

Pantai Bajul Mati juga memiliki beberapa mitos, legenda, dan cerita misterius yang menjadi daya tarik wisatawan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Asal Usul Nama Bajul Mati Mitos yang paling terkenal adalah asal-usul nama Pantai Bajul Mati. Konon, dahulu kala ada seekor bajul (burung beo) yang tinggal di pantai ini. Bajul tersebut dikenal memiliki suara yang sangat merdu dan bisa menirukan berbagai suara. Namun, suatu hari bajul tersebut mati dan membuat pantai ini dinamakan Bajul Mati.
  2. Batu Hantu terdapat sebuah batu besar yang disebut Batu Hantu. Konon, batu tersebut kerap dihuni oleh makhluk halus seperti kuntilanak atau pocong. Beberapa orang juga mengaku pernah melihat penampakan misterius di sekitar batu tersebut.
  3. Pencuri Motor Ada cerita yang mengatakan bahwa dulu sering menjadi tempat kejahatan. Konon, ada sekelompok pencuri motor yang sering beroperasi di pantai ini dan mengincar para wisatawan yang datang dengan sepeda motor. Namun, cerita ini belum bisa dipastikan kebenarannya.
  4. Surga Surfing Terkenal sebagai surga bagi para penggemar olahraga selancar (surfing). Konon, ombak di pantai ini sangat cocok bagi para peselancar dan bisa mencapai ketinggian hingga 4 meter.
  5. Mitos Putri Pantai Selatan Ada cerita yang mengatakan bahwa menjadi tempat tinggal seorang putri cantik yang dijuluki Putri Pantai Selatan. Konon, putri tersebut kerap muncul di dekat batu karang di pantai ini dan sering membantu nelayan yang kesulitan menangkap ikan. Namun, cerita ini juga belum bisa dipastikan kebenarannya.

Itulah beberapa mitos, legenda, dan cerita misterius yang terkait dengan Pantai Bajul Mati. Meskipun belum terbukti kebenarannya, namun cerita-cerita tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini.

Asal Usul

Pantai Bajul Mati memiliki sejarah yang cukup unik dan menarik. Ada beberapa versi mengenai asal usul nama “Bajul Mati”. Versi yang paling populer adalah bahwa dahulu kala terdapat seekor banteng liar yang kerap muncul di pantai ini. Banteng tersebut dianggap sebagai sosok bajul atau penunggang kuda yang sudah meninggal, sehingga pantai ini diberi nama “Bajul Mati”. Selain itu, ada juga versi yang menyatakan bahwa pantai ini dinamakan “Bajul Mati” karena pernah terjadi insiden kapal yang karam dan menewaskan banyak orang, sehingga dianggap sebagai tempat yang “mati” atau berbahaya. Namun, kedua versi tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya secara akurat.

See also  Desa Wisata Pujon Kidul: Menikmati Keindahan Alam Malang yang Memukau

Larangan Dan Aturan

Pantai Bajul Mati memiliki beberapa larangan dan aturan yang harus diikuti oleh pengunjung. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Larangan merusak lingkungan pantai dan keanekaragaman hayati yang ada di sekitar pantai.
  2. Tidak diperbolehkan membawa minuman beralkohol atau narkoba ke dalam kawasan pantai.
  3. Dilarang melakukan kegiatan memancing di sekitar kawasan pantai.
  4. Dilarang membakar api atau membuat api unggun di pantai, kecuali di tempat yang telah disediakan oleh pengelola pantai.
  5. Tidak diperbolehkan membawa binatang peliharaan ke dalam kawasan pantai.
  6. Larangan melakukan tindakan yang dapat merusak atau merusak fasilitas umum yang ada di pantai.
  7. Aturan bagi pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan pantai.
  8. Peraturan pengunjung harus menggunakan pakaian sopan dan pantai tidak boleh dipakai untuk aktivitas yang melanggar norma sosial.
  9. Dilarang memasuki kawasan pantai pada malam hari kecuali ada kegiatan yang diadakan oleh pengelola pantai.

Setiap pengunjung diwajibkan mematuhi larangan dan aturan yang ada di Pantai Bajul Mati. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian alam dan kenyamanan pengunjung lainnya. Jika terdapat pelanggaran, pengelola pantai berhak menindak pengunjung sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Alamat Akses

Alamat akses menuju Pantai Bajul Mati adalah sebagai berikut:

  • Dari pusat Kota Malang, perjalanan menuju pantai dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti angkutan kota. Jarak tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan.
  • Untuk akses, Anda dapat mengambil rute Jalan Raya Tumpang – Sumber Pitu – Pantai Bajul Mati. Terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65178, Indonesia.
  • Selain menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, pengunjung juga dapat menggunakan layanan transportasi online seperti ojek atau taxi online yang tersedia di Kota Malang.

Rute

Untuk mencapai Pantai Bajul Mati dari pusat Kota Malang, Anda dapat mengikuti rute sebagai berikut:

  1. Rute Pertama:
  • Dari Kota Malang, arahkan kendaraan ke arah selatan menuju Jalan Raya Malang – Blitar.
  • Setelah melewati Desa Singosari, teruskan perjalanan ke timur menuju Kecamatan Gedangan.
  • Sesampainya di Gedangan, cari petunjuk arah ke Pantai Bajul Mati yang berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat Gedangan.
  1. Rute Kedua:
  • Dari Kota Malang, arahkan kendaraan ke arah selatan menuju Jalan Raya Malang – Bantul.
  • Setelah melewati Desa Srigonco, belok kanan menuju Desa Tumpang.
  • Sesampainya di Tumpang, belok kiri menuju Kecamatan Gedangan dan ikuti petunjuk arah ke Pantai Bajul Mati.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi pihak pengelola pantai atau bertanya kepada penduduk setempat.

Aktivitas

Di Pantai Bajul Mati, terdapat berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung, antara lain:

  1. Berenang: Memiliki ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk para pengunjung yang ingin berenang dan menikmati keindahan laut.
  2. Surfing: Ombak yang cukup besar juga menjadi tempat yang cocok untuk para peselancar.
  3. Snorkeling: Pengunjung juga dapat melakukan snorkeling di sekitar pantai untuk melihat keindahan bawah laut.
  4. Fotografi: Keindahan membuat tempat ini menjadi objek fotografi yang sangat menarik untuk diabadikan.
  5. Bermain pasir: Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga, anak-anak dapat bermain pasir di pantai.
  6. Menikmati sunset: Keindahan juga dapat dinikmati saat matahari terbenam di ufuk barat.
  7. Berkeliling dengan perahu: Pengunjung dapat menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar pantai dan menikmati pemandangan dari laut.
  8. Bersantai: Terlepas dari aktivitas yang dilakukan, Pantai Bajul Mati juga cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam yang ada.

Keunikan Daya Tarik

Pantai Bajul Mati memiliki beberapa keunikan daya tarik yang membuat pengunjung tertarik untuk berkunjung ke sana, antara lain:

  1. Kondisi alam yang indah:Memiliki pemandangan alam yang indah, dengan hamparan pasir putih yang lebar, ombak yang tenang, dan air laut yang jernih. Kondisi alam yang demikian membuat pantai ini cocok sebagai tempat wisata alam dan rekreasi.
  2. Legenda misteri: Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pantai ini memiliki legenda misteri yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Meskipun demikian, legenda tersebut tidak mengurangi keindahan pantai yang ada.
  3. Aktivitas air: Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas air, seperti berenang, snorkeling, dan memancing. Aktivitas-aktivitas tersebut akan semakin menarik karena kondisi air laut yang jernih.
  4. Suasana yang tenang: Pantai ini tidak terlalu ramai, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana pantai yang tenang dan damai. Kondisi tersebut membuat pantai ini cocok untuk relaksasi dan meditasi.
  5. Keunikan batu-batu di sekitar pantai: Di sekitar terdapat beberapa batu besar yang menambah keunikan dan keindahan pantai. Salah satunya adalah Batu Cinta, sebuah batu besar berbentuk hati yang menjadi spot favorit para pengunjung untuk berselfie.

Fasilitas

Pantai Bajul Mati memiliki beberapa fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, antara lain:

  1. Area parkir yang cukup luas
  2. Kamar mandi dan toilet yang bersih
  3. Mushola dan tempat wudhu
  4. Area bermain anak-anak
  5. Area berkemah
  6. Warung-warung makanan dan minuman
  7. Tempat penyewaan payung dan kursi
  8. Area bermain air seperti banana boat dan jet ski (jika tersedia)

Namun, fasilitas di pantai ini mungkin tidak sebanyak pantai-pantai populer lainnya di Indonesia seperti Bali atau Lombok. Jadi, disarankan bagi pengunjung untuk membawa perlengkapan dan keperluan pribadi seperti payung, handuk, dan sunblock.

Spot Selfie

Pantai Bajul Mati memiliki banyak spot foto yang instagramable, seperti:

  • Tebing di sebelah barat pantai dengan pemandangan laut yang indah di sekitarnya
  • Pohon kelapa dan batu karang di sepanjang bibir pantai
  • Mercusuar di ujung timur pantai
  • Bebatuan besar dan terjal di sebelah barat laut pantai
See also  Ulasan Lengkap Kampoeng Kidz, Wisata Edukasi Anak di Kota Batu

Di tempat-tempat tersebut, kamu bisa berfoto untuk mengabadikan momen liburanmu di Pantai Bajul Mati. Namun, tetap ingat untuk tidak merusak lingkungan sekitar ya!

Prewedding

Pantai Bajul Mati adalah salah satu lokasi yang populer untuk pemotretan prewedding di Malang, Jawa Timur. Keindahan pantai yang masih alami dan terjaga membuat pasangan pengantin dapat mengambil foto-foto yang cantik dan romantis.

Beberapa spot yang sering digunakan untuk pemotretan prewedding antara lain pohon cinta, jembatan kayu, dan karang yang menjorok ke laut. Selain itu, pasangan juga bisa memanfaatkan hamparan pasir pantai yang luas sebagai latar belakang foto. Untuk prewedding, terdapat beberapa spot menarik yang bisa digunakan sebagai latar belakang foto. Beberapa spot tersebut di antaranya adalah tebing pantai yang menjorok ke laut, bebatuan di sekitar pantai, hamparan pasir putih, dan pepohonan di sekitar pantai.

Untuk pengambilan gambar prewedding di Pantai Bajul Mati, biasanya para fotografer memanfaatkan waktu golden hour, yaitu waktu menjelang matahari terbenam atau setelah matahari terbit. Pada saat itu, cahaya matahari tidak terlalu terik sehingga cocok untuk mengambil foto. Namun, sebelum melakukan sesi prewedding, pastikan untuk mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak pengelola atau pemilik lahan, serta memperhatikan aturan dan regulasi yang berlaku di lokasi tersebut.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Bajul Mati cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 4.000 per orang. Selain itu, terdapat fasilitas toilet, kamar mandi, dan lahan parkir dengan biaya parkir sebesar Rp 3.000. Karena terdapat sedikit warung di sekitar pantai, disarankan untuk membawa bekal sendiri saat berkunjung.

Sunrise Dan Sunset

Pantai Bajul Mati juga terkenal dengan pemandangan sunrise dan sunset yang indah. Wisatawan biasanya datang untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam yang sangat memukau di Pantai Bajul Mati. Saat sunrise, wisatawan bisa menyaksikan sinar matahari perlahan-lahan muncul di balik bukit dan menghasilkan efek siluet yang menakjubkan di sekitar pantai. Sedangkan saat sunset, pantai ini menawarkan pemandangan warna-warni langit yang indah dan dihiasi dengan siluet gunung dan pohon kelapa di sekitarnya.

Untuk menikmati pemandangan sunrise di Pantai Bajul Mati, wisatawan disarankan untuk datang sekitar pukul 05.00 pagi. Sedangkan untuk menikmati pemandangan sunset, wisatawan bisa datang sekitar pukul 17.00 sore. Namun, waktu terbaik untuk menikmati pemandangan sunrise atau sunset bisa berbeda-beda tergantung pada musim dan cuaca di lokasi. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa jadwal matahari dan cuaca terlebih dahulu sebelum pergi ke Pantai Bajul Mati.

Camping

Pantai Bajul Mati memang terkenal sebagai lokasi yang cocok untuk camping karena memiliki pemandangan alam yang indah. Kamu bisa membawa tenda sendiri dan menikmati suasana camping di tepi pantai dengan tarif yang relatif terjangkau.

Untuk tiket camping di Pantai Bajul Mati, tarifnya sekitar Rp 15.000 per orang per malam. Kamu juga bisa membawa kendaraan camping seperti mobil atau motorhome dengan biaya tambahan sekitar Rp 25.000 per kendaraan.

Namun, perlu diingat bahwa tidak tersedia fasilitas khusus untuk camping, seperti tempat tidur, kamar mandi, atau dapur umum. Oleh karena itu, para pengunjung disarankan untuk membawa perlengkapan camping sendiri dan menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan selama berada di lokasi camping.

Spot Mancing

Pantai Bajul Mati juga merupakan tempat yang cocok untuk memancing. Di sekitar pantai terdapat beberapa spot mancing yang bisa dipilih oleh para pengunjung. Beberapa ikan yang biasanya bisa didapatkan di spot mancing ini antara lain ikan baronang, layur, kakap, dan tongkol. Namun, para pengunjung diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan pantai dan tidak meninggalkan sampah setelah selesai memancing.

Penginapan

Di sekitar Pantai Bajul Mati, terdapat beberapa penginapan yang bisa dipilih oleh para wisatawan. Berikut adalah beberapa penginapan yang bisa menjadi pilihan:

  1. Villa Surya Alamat: Jalan Pantai Gajahrejo, Gajahrejo, Gedangan, Malang Tarif: mulai dari Rp 1.200.000/malam
  2. Bumi Pasir Bedengan Alamat: Jalan Pantai Gajahrejo, Gajahrejo, Gedangan, Malang Tarif: mulai dari Rp 750.000/malam
  3. Villa Monyet Alamat: Jalan Pantai Gajahrejo, Gajahrejo, Gedangan, Malang Tarif: mulai dari Rp 600.000/malam
  4. Villa Kebun Raya Alamat: Jalan Pantai Gajahrejo, Gajahrejo, Gedangan, Malang Tarif: mulai dari Rp 800.000/malam
  5. Villa Matahari Alamat: Jalan Pantai Gajahrejo, Gajahrejo, Gedangan, Malang Tarif: mulai dari Rp 600.000/malam

Selain penginapan di atas, terdapat juga beberapa homestay dan guest house di sekitar Pantai Bajul Mati yang bisa menjadi alternatif penginapan bagi para wisatawan.

Homestay

Memiliki beberapa pilihan homestay yang bisa menjadi alternatif penginapan selain hotel. Beberapa homestay yang terletak dekat dengan pantai Bajul Mati antara lain:

  1. Homestay Lombok Ijo Alamat: Dusun Krajan, Desa Lombok, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65178 Harga: Mulai dari Rp 350.000/malam Fasilitas: Kamar mandi dalam, air panas, TV, dan balkon dengan pemandangan pegunungan.
  2. Bale Senja Homestay Alamat: Dusun Lengkong, Desa Kemiri, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65178 Harga: Mulai dari Rp 250.000/malam Fasilitas: Kamar mandi dalam, air panas, TV, dan dapur bersama.
  3. Homestay Prima Pujasera Alamat: Jalan Pantai Bajul Mati No.20, Dusun Krajan, Desa Lombok, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65178 Harga: Mulai dari Rp 300.000/malam Fasilitas: Kamar mandi dalam, TV, dan dapur bersama.
  4. Villa Ririn Alamat: Jalan Pantai Bajul Mati No. 25, Dusun Krajan, Desa Lombok, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65178 Harga: Mulai dari Rp 650.000/malam Fasilitas: Kamar tidur yang luas, kamar mandi dalam, air panas, TV, dan kolam renang pribadi.
See also  Obyek Wisata Pantai Samas Yang Legendaris Dan Eksotis

Perlu diingat bahwa harga sewa homestay bisa berbeda tergantung pada musim dan hari libur. Sebaiknya kamu memesan penginapan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

Hotel Dekat

Beberapa hotel yang dekat dengan Pantai Bajul Mati antara lain:

  1. Hotel Santika Pandegiling Surabaya (sekitar 28 km) Alamat: Jl. Pandegiling No. 45, Surabaya, Jawa Timur Telepon: (031) 5038000
  2. OYO 2429 Hotel Puspita Raya (sekitar 15 km) Alamat: Jl. Soekarno Hatta No. 243, Malang, Jawa Timur Telepon: 0812-3388-8022
  3. Swiss-Belinn Malang (sekitar 16 km) Alamat: Jl. Veteran No. 8A, Malang, Jawa Timur Telepon: (0341) 555888
  4. Hotel Grand Palace Malang (sekitar 17 km) Alamat: Jl. Laksamana Adisucipto No. 47, Malang, Jawa Timur Telepon: (0341) 409200
  5. Hotel Tugu Malang (sekitar 20 km) Alamat: Jl. Tugu No. 3, Malang, Jawa Timur Telepon: (0341) 363891.

Tempat Makan

Di sekitar Pantai Bajul Mati, terdapat beberapa pilihan kuliner yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Warung Makan Mbah Jingkrak – Warung makan yang terletak di Desa Gedangan ini menyajikan makanan khas Jawa Timur, seperti nasi pecel, rawon, dan sate kambing. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00 WIB.
  2. Warung Seafood Jalan Pantai – Seperti namanya, warung makan ini menyajikan berbagai hidangan seafood yang segar, seperti kepiting, udang, dan ikan. Warung ini juga menyediakan tempat duduk dengan pemandangan pantai yang indah.
  3. Depot Lesehan Batok – Warung makan ini terkenal dengan sate kelinci dan sate ususnya yang enak. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi nasi rames dan gado-gado yang lezat di sini.
  4. Rumah Makan Teras Asri – Warung makan yang berlokasi di Jalan Raya Karangbesuki ini menyajikan aneka masakan Indonesia, seperti nasi goreng, soto ayam, dan mie ayam. Tempatnya yang nyaman dengan pemandangan alam yang hijau membuat kamu betah berlama-lama di sini.
  5. Warung Bu Jum – Warung makan yang terletak di Jalan Raya Karangbesuki ini terkenal dengan ayam gorengnya yang renyah dan gurih. Kamu juga bisa mencoba aneka menu lain seperti pecel, nasi campur, dan mie ayam.
  6. Warung Ikan Bakar – Warung makan yang terletak di pinggir pantai ini menyajikan ikan bakar dan seafood lainnya yang segar dan lezat. Kamu bisa menikmati hidangan di sini sambil menikmati angin pantai yang sejuk.

Itulah beberapa pilihan kuliner di sekitar Pantai Bajul Mati yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana. Selamat menikmati!

Pantai Dekat

Beberapa pantai yang terletak dekat dengan Pantai Bajul Mati adalah:

  1. Pantai Goa Cina
  2. Pantai Sendangbiru
  3. Pantai Ngudel
  4. Pantai Balekambang
  5. Pantai Kondang Merak
  6. Pantai Tamban
  7. Pantai Teluk Asmoro
  8. Pantai Gatra

Semua pantai tersebut memiliki keunikan dan daya tarik masing-masing yang bisa dijelajahi oleh para wisatawan. Namun, pastikan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan saat berkunjung ke pantai-pantai tersebut.

Wisata Sekitar

Ada beberapa objek wisata menarik yang dapat dikunjungi di sekitar Pantai Bajul Mati, antara lain:

  1. Coban Rondo Waterfall: Air terjun yang indah dengan ketinggian 60 meter ini berjarak sekitar 15 km. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas seperti kolam renang dan outbond.
  2. Jatim Park 2: Taman rekreasi ini memiliki berbagai wahana permainan yang cocok untuk keluarga seperti roller coaster, perahu yang mengarungi air, dan lainnya. Jatim Park 2 berjarak sekitar 30 km.
  3. Museum Angkut: Museum ini memiliki koleksi mobil dan kendaraan yang sangat banyak dan beragam. Selain itu, museum ini juga memiliki taman bermain dan wahana permainan yang menarik. Museum Angkut berjarak sekitar 35 km.
  4. Goa Pinus: Tempat wisata ini merupakan kawasan hutan pinus yang sejuk dan menenangkan. Di sini pengunjung dapat berjalan-jalan santai, menikmati pemandangan alam yang indah, dan juga berfoto dengan latar belakang hutan pinus yang hijau. Goa Pinus berjarak sekitar 27 km.
  5. Taman Rekreasi Selecta: Tempat wisata ini cocok untuk keluarga karena memiliki banyak wahana permainan yang menarik, taman bunga yang indah, dan kolam renang. Taman Rekreasi Selecta berjarak sekitar 35 km.

Pantai Bajul Mati merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini memiliki keunikan daya tarik berupa ombak yang cukup besar sehingga sangat cocok untuk berselancar. Selain itu, pantai ini juga memiliki keindahan alam yang mempesona, terutama pada saat matahari terbit dan terbenam.

Untuk masuk ke kawasan pantai ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000. Di pantai ini sudah tersedia toilet, kamar mandi, dan lahan parkir dengan biaya parkir sebesar Rp 3.000. Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat berbagai macam penginapan, mulai dari homestay hingga hotel.

Bagi para pecinta camping dan memancing, pantai ini juga menawarkan spot yang cocok untuk aktivitas tersebut. Sedangkan bagi yang ingin berfoto-foto, terdapat spot selfie yang cukup menarik di sekitar pantai.

Dalam mitos dan legenda, pantai Bajul Mati diyakini sebagai tempat bertemunya Bajul (buaya) dan Ratu Kidul. Namun, hal ini hanya sebatas cerita dan legenda yang diwariskan secara turun-temurun.

Secara keseluruhan, Pantai Bajul Mati merupakan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bagi para pecinta alam dan penggemar olahraga berselancar. Pantai ini juga menyuguhkan keindahan alam yang mempesona dan memiliki fasilitas yang memadai bagi para pengunjungnya.

Review Ulasan Wisata Pantai Bajul Mati di Malang, Jawa Timur.

Your email address will not be published. Required fields are marked *