Pantai Bekah, Pantai dengan Tebing Tinggi di Jogja

Pantai Bekah merupakan sebuah pantai yang terletak di Temon, Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau, dengan pasir putih yang halus, laut yang jernih, dan tebing-tebing karst yang menjadikan pemandangan di sekitarnya semakin indah.

Pantai Bekah, Pantai dengan Tebing Tinggi Menjulang
@garenk06

Pantai Bekah juga memiliki ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk para peselancar. Selain itu, terdapat juga beberapa fasilitas di sekitar pantai, seperti area parkir, tempat makan, tempat penginapan, dan fasilitas olahraga air. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan antara lain berenang, berselancar, snorkeling, dan menyaksikan pemandangan sunset yang indah.

Pantai Bekah juga memiliki keunikan dan budaya lokal yang terdapat di sekitarnya. Wisatawan dapat mengunjungi desa-desa di sekitar pantai untuk melihat kegiatan masyarakat setempat, seperti membuat kerajinan tangan dari bahan alami dan mengunjungi tempat-tempat wisata budaya lainnya.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Bekah, dapat mengaksesnya dengan mudah melalui jalur darat maupun laut. Dari pusat Kota Yogyakarta, dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Alamat Akses

Alamat akses Pantai Bekah adalah W9HG+H47, Temon, Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872.

Untuk akses menuju Pantai Bekah, dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari pusat kota Yogyakarta, dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Wisatawan dapat mengikuti jalur menuju ke arah selatan, melewati kawasan wisata pantai selatan lainnya seperti Pantai Parangtritis dan Pantai Baron. Setelah melewati kawasan wisata tersebut, wisatawan dapat mengikuti jalan yang menuju ke arah timur untuk mencapai Pantai Bekah.

Wisatawan juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus atau travel yang berangkat dari Terminal Giwangan Yogyakarta menuju ke arah Pantai Baron atau Pantai Krakal. Dari sana, wisatawan dapat menggunakan ojek atau kendaraan sewa untuk mencapai Pantai Bekah.

Bagi wisatawan yang tidak ingin repot membawa kendaraan sendiri, terdapat juga layanan transportasi wisata yang menyediakan paket tour ke Pantai Bekah dan kawasan wisata pantai selatan lainnya.

Rute

Rute menuju Pantai Bekah dari pusat kota Yogyakarta dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Berikut adalah rute yang dapat dilalui:

  1. Rute dengan Kendaraan Pribadi:
  • Mulai dari pusat kota Yogyakarta, arahkan kendaraan ke selatan menuju Jalan Parangtritis.
  • Ikuti jalan tersebut hingga tiba di kawasan Pantai Parangtritis.
  • Dari Pantai Parangtritis, lanjutkan perjalanan ke arah timur dengan mengikuti jalan raya Pantai Selatan.
  • Setelah melewati Pantai Baron, Pantai Kukup, dan Pantai Krakal, wisatawan akan menemukan sebuah pertigaan kecil di desa Giripurwo.
  • Belok kanan di pertigaan tersebut dan ikuti jalan tersebut hingga sampai di Pantai Bekah.
  1. Rute dengan Transportasi Umum:
  • Dari Terminal Giwangan Yogyakarta, naik bus atau travel yang menuju ke arah Pantai Baron atau Pantai Krakal.
  • Dari Pantai Baron atau Pantai Krakal, wisatawan dapat menggunakan ojek atau kendaraan sewa untuk mencapai Pantai Bekah.
  • Alternatif lain, wisatawan dapat mengikuti tur paket wisata yang disediakan oleh penyedia jasa transportasi wisata yang biasanya sudah menyertakan Pantai Bekah dalam daftar destinasi wisata yang mereka tawarkan.

Aktivitas

Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Bekah, antara lain:

  1. Berenang: memiliki laut yang jernih dan airnya cukup tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang. Wisatawan dapat menikmati keindahan laut sambil bermain air di sepanjang pantai.
  2. Berselancar: memiliki ombak yang cukup besar dan teratur, sehingga cocok untuk para peselancar. Wisatawan yang ingin mencoba berselancar dapat menyewa peralatan selancar di sekitar pantai.
  3. Snorkeling: Karena kejernihan air laut, wisatawan dapat menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan snorkeling. Wisatawan dapat menyewa peralatan snorkeling di sekitar pantai atau membawa peralatan sendiri.
  4. Menikmati Pemandangan Sunset: memiliki pemandangan sunset yang sangat indah, sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan alam di sekitar pantai saat matahari terbenam.
  5. Berjalan-jalan: Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai atau di sekitar tebing-tebing karst yang ada di sekitar pantai.
  6. Makan dan Berbelanja: Terdapat beberapa warung makan dan toko oleh-oleh. Wisatawan dapat menikmati hidangan khas pantai atau membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang.
  7. Wisata Budaya: Wisatawan dapat mengunjungi desa-desa sekitar untuk melihat kegiatan masyarakat setempat, seperti membuat kerajinan tangan dari bahan alami dan mengunjungi tempat-tempat wisata budaya lainnya.
See also  Pasar Beringharjo, Pasar Tradisional Tertua Paling Lengkap

Daya Tarik

Pantai Bekah memiliki beberapa daya tarik yang dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjungi pantai ini, antara lain:

  1. Keindahan Alam: memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan pasir putih dan laut yang jernih. Terdapat juga tebing-tebing karst yang memperindah pemandangan pantai.
  2. Kebersihan: dikenal sebagai pantai yang bersih dan terjaga kebersihannya. Pihak pengelola pantai dan masyarakat sekitar bersama-sama menjaga kebersihan pantai dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.
  3. Atmosfer Tenang: merupakan pantai yang jauh dari keramaian, sehingga wisatawan dapat menikmati suasana pantai yang tenang dan damai.
  4. Keberagaman Aktivitas: Selain dapat menikmati keindahan alam, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan berselancar. juga memiliki spot foto yang bagus dan cocok untuk melakukan pemotretan.
  5. Keunikan Lokasi: terletak diantara tebing karst dan mempunyai air terjun kecil di salah satu bagian pantainya. Hal ini menjadikan Pantai Bekah memiliki daya tarik dan keunikan yang khas.
  6. Keberadaan Warung Makan: Terdapat beberapa warung makan yang menjual hidangan khas pantai sekitar. Wisatawan dapat mencicipi makanan khas pantai sambil menikmati suasana pantai yang tenang dan damai.
  7. Tempat Wisata Terdekat: terletak dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, dan Pantai Krakal. Hal ini menjadikan sebagai salah satu tempat singgah dalam menjelajahi pantai-pantai di sekitar Gunungkidul.

Fasilitas

Pantai Bekah menyediakan beberapa fasilitas bagi wisatawan yang berkunjung, antara lain:

  1. Area Parkir: menyediakan area parkir yang cukup luas dan aman bagi kendaraan wisatawan yang datang.
  2. Kamar Mandi: Terdapat beberapa kamar mandi yang tersedia di sekitar pantai untuk wisatawan yang ingin membersihkan diri.
  3. Area Bersantai: memiliki area bersantai yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk melepas lelah atau menikmati suasana pantai.
  4. Warung Makan: Terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan khas pantai di sekitar pantai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang merasa lapar.
  5. Tempat Penyewaan Alat: Wisatawan yang ingin melakukan aktivitas seperti snorkeling dan berselancar dapat menyewa peralatan di sekitar pantai.
  6. Kios Oleh-Oleh: Terdapat beberapa kios yang menjual oleh-oleh khas yang dapat dibawa pulang oleh wisatawan sebagai kenang-kenangan.
  7. Penginapan: Meskipun tidak ada penginapan di dalam area, tetapi terdapat beberapa penginapan yang tersedia di sekitar pantai yang dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin menginap.
  8. Pengamanan: memiliki pengamanan yang cukup baik untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke Pantai Bekah, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk karena tidak dikelola oleh pihak swasta atau pemerintah. Namun, wisatawan diharapkan untuk menyumbang donasi kepada pengelola pantai atau masyarakat sekitar sebagai tanda terima kasih atas kebersihan dan keamanan pantai yang terjaga dengan baik. Donasi tersebut dapat diserahkan secara sukarela dan tidak ada jumlah minimum yang ditentukan. Dengan memberikan donasi, wisatawan turut berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan keamanan untuk pengunjung selanjutnya.

Sunset

Pantai Bekah adalah tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset. Wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam di pantai sambil menikmati suasana pantai yang tenang dan damai. Beberapa spot yang cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbenam antara lain di tebing karst, di pinggir pantai, atau di area bersantai. Pemandangan matahari terbenam juga sangat cocok untuk diabadikan sebagai objek foto atau video. Namun, wisatawan diharapkan untuk menjaga kebersihan dan keindahan pantai dengan tidak meninggalkan sampah atau merusak lingkungan sekitar saat menikmati pemandangan sunset.

Camping

Pantai Bekah juga menyediakan area camping bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman berkemah di tepi pantai. Area camping cukup luas dan memiliki fasilitas seperti tempat parkir kendaraan, toilet, tempat api unggun, dan tempat untuk memasang tenda. Wisatawan dapat membawa tenda dan perlengkapan camping sendiri atau dapat menyewa tenda dan peralatan camping di sekitar pantai. Selain itu, wisatawan juga dapat memasak makanan sendiri di area camping atau membeli makanan di warung-warung yang tersedia di sekitar pantai. Namun, wisatawan diharapkan untuk menjaga kebersihan dan keamanan pantai selama melakukan aktivitas camping dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mematuhi peraturan yang berlaku di Pantai Bekah.

See also  Hutan Pinus Pengger: Wisata Alam Kekinian Favorit Muda-Mudi

Spot Mancing

Pantai Bekah adalah tempat yang populer untuk melakukan aktivitas memancing. Beberapa spot yang direkomendasikan untuk memancing antara lain di sekitar tebing karst atau di bagian dekat muara sungai. Wisatawan dapat memancing dengan menggunakan alat pancing yang disediakan sendiri atau dapat menyewa alat pancing di sekitar pantai. Jenis ikan yang dapat ditangkap antara lain ikan Baronang, Kakap, dan Tuna. Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan laut segar yang dapat dinikmati oleh wisatawan setelah selesai memancing. Namun, wisatawan diharapkan untuk tidak merusak lingkungan pantai dan mengikuti peraturan yang berlaku saat melakukan aktivitas memancing di Pantai Bekah.

Penginapan

Pantai Bekah sendiri tidak menyediakan penginapan, namun terdapat beberapa pilihan penginapan di sekitar pantai. Beberapa pilihan penginapan antara lain villa, homestay, guest house, atau losmen. Harga penginapan bervariasi tergantung dari jenis dan fasilitas yang disediakan oleh penginapan tersebut. Wisatawan dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka. Selain itu, wisatawan juga dapat mencari penginapan di daerah Purwosari, Wonosari, atau pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul yang berjarak sekitar 30-60 menit perjalanan. Wisatawan disarankan untuk memesan penginapan jauh-jauh hari terutama saat musim liburan atau akhir pekan untuk mendapatkan harga dan ketersediaan kamar yang terbaik.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa pilihan hotel yang terletak di dekat Pantai Bekah:

  1. Cepit Indah Resort Alamat: Jl. Jogja-Wonosari KM 34,5, Purwosari, Giripurwo, Temon, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872 Jarak sekitar 2,5 km
  2. Ngurtavilla Alamat: Jl. Kaliwiring, Purwosari, Giripurwo, Temon, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872 Jarak sekitar 3 km
  3. Omah Ndeso Homestay Alamat: Jl. Kaliwiring, Purwosari, Giripurwo, Temon, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872 Jarak sekitar 3 km
  4. Losmen Agus Alamat: Jl. Pantai, Purwosari, Giripurwo, Temon, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872 Jarak sekitar 4 km
  5. OYO 3854 Nirmala Guest House Alamat: Jl. Raya Wonosari, Krajan, Purwosari, Giripurwo, Temon, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872 Jarak sekitar 5 km

Jarak yang disebutkan di atas hanya perkiraan dan dapat berubah tergantung pada rute yang dipilih dan kondisi lalu lintas. Wisatawan disarankan untuk memeriksa jarak dengan menggunakan aplikasi peta atau menanyakan langsung kepada pihak penginapan.

Tempat Makan

Berikut beberapa rekomendasi tempat makan di sekitar Pantai Bekah:

  1. Warung Ikan Bakar Pak Slamet Alamat: Jl. Pantai, Temon, Giripurwo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Jarak sekitar 5 menit dengan kendaraan
  2. Warung Makan Sederhana Alamat: Jl. Pantai, Purwosari, Giripurwo, Temon, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Jarak sekitar 5 menit dengan kendaraan
  3. Warung Makan Pak Dari Alamat: Jl. Jogja – Wonosari KM 35,5, Purwosari, Giripurwo, Temon, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Jarak sekitar 10 menit dengan kendaraan
  4. Bakmi Jowo dan Nasi Goreng Mbah Agus Alamat: Jl. Raya Wonosari, Krajan, Purwosari, Giripurwo, Temon, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Jarak sekitar 15 menit dengan kendaraan
  5. Warung Makan Ibu Tika Alamat: Jl. Pantai Krakal – Baron, Girikarto, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Jarak sekitar 30 menit dengan kendaraan

Jarak yang disebutkan di atas hanya perkiraan dan dapat berubah tergantung pada rute yang dipilih dan kondisi lalu lintas. Wisatawan disarankan untuk memeriksa jarak dengan menggunakan aplikasi peta atau menanyakan langsung kepada pihak tempat makan.

Spot Foto

Berikut beberapa rekomendasi spot foto di sekitar Pantai Bekah:

  1. Pantai Bekah: Tentu saja, pantai ini adalah tempat yang tepat untuk mengambil foto-foto indah. Anda dapat memilih tempat di sekitar pantai untuk mengambil foto, seperti di atas tebing, di area pasir putih, atau di antara bebatuan karang.
  2. Bukit Grenden: Bukit ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dari atas, dengan hamparan sawah dan laut biru di kejauhan. Anda bisa naik ke atas bukit dan mengambil foto dari sana.
  3. Goa Pindul: Goa Pindul adalah objek wisata yang populer di Gunung Kidul, terkenal dengan gua-gua air yang menarik. Selain mengunjungi gua-gua, Anda juga bisa mengambil foto di sekitar sungai atau di dekat air terjun di dalam gua.
  4. Tebing Breksi: Tebing Breksi adalah tempat yang populer di Yogyakarta untuk mengambil foto prewedding atau foto-foto lain yang indah. Tebing ini terbuat dari batuan breksi yang terbentuk dari letusan gunung berapi, dan menawarkan pemandangan yang sangat indah.
  5. Pantai Indrayanti: Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai yang paling populer di Gunung Kidul, dan juga menawarkan spot foto yang menakjubkan. Anda bisa mengambil foto di atas pasir putih atau di sekitar bebatuan karang yang ada di sepanjang pantai.
See also  Review Menarik Pantai Watu Lepek, Wisata Alam Eksotis Di Malang

Pastikan untuk menghargai lingkungan dan tidak merusak lingkungan ketika mengambil foto di alam terbuka. Selalu jaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah di sekitar tempat yang dikunjungi.

Pantai Dekat

Berikut adalah beberapa pantai terdekat dari Pantai Bekah yang bisa dikunjungi:

  1. Pantai Krakal: Pantai ini terletak sekitar 10 km dan dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 20 menit dengan kendaraan. Pantai Krakal memiliki pasir putih yang bersih, ombak yang cukup besar, dan terkenal sebagai tempat untuk berselancar.
  2. Pantai Jogan: Pantai Jogan terletak sekitar 15 km dan dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 30 menit dengan kendaraan. Pantai ini terkenal dengan air terjun yang turun langsung ke pantai, memberikan pemandangan yang sangat indah.
  3. Pantai Kukup: Pantai ini terletak sekitar 20 km dan dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 45 menit dengan kendaraan. Pantai Kukup memiliki pemandangan yang indah, dengan pasir putih, karang yang menarik, dan air yang jernih.
  4. Pantai Ngandong: Pantai Ngandong terletak sekitar 30 km dan dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 1 jam dengan kendaraan. Pantai ini terkenal dengan penyu hijau yang datang ke pantai untuk bertelur.
  5. Pantai Baron: Pantai Baron terletak sekitar 30 km dan dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 1 jam dengan kendaraan. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut, ombak yang besar, dan terkenal dengan bebatuan karang yang menarik di sepanjang pantainya.

Perjalanan ke pantai-pantai di Gunung Kidul biasanya memerlukan kendaraan pribadi atau sewa, karena transportasi umum di daerah tersebut masih terbatas. Pastikan untuk memeriksa kondisi cuaca dan kondisi jalan sebelum melakukan perjalanan.

Wisata Sekitar

Selain pantai-pantai yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat juga beberapa wisata lain yang bisa dikunjungi di sekitar Pantai Bekah, antara lain:

  1. Goa Pindul: Goa Pindul terletak sekitar 25 km dan dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 45 menit dengan kendaraan. Goa ini terkenal dengan aktivitas tubing, yaitu menyusuri sungai bawah tanah dengan perahu karet.
  2. Air Terjun Sri Gethuk: Air Terjun Sri Gethuk terletak sekitar 30 km dan dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 1 jam dengan kendaraan. Air terjun ini terletak di tengah hutan dan dapat dicapai dengan berjalan kaki.
  3. Hutan Pinus Mangunan: Hutan Pinus Mangunan terletak sekitar 35 km dan dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 1 jam dengan kendaraan. Di hutan ini terdapat beberapa spot foto yang menarik, seperti pohon mangrove dan jembatan gantung.
  4. Candi Prambanan: Candi Prambanan terletak sekitar 50 km dan dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 1,5 jam dengan kendaraan. Candi ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO dan memiliki arsitektur yang sangat indah.
  5. Kebun Buah Mangunan: Kebun Buah Mangunan terletak sekitar 40 km dan dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 1,5 jam dengan kendaraan. Di kebun ini terdapat berbagai macam pohon buah yang dapat dipetik dan dinikmati.

Itulah beberapa wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Pantai Bekah. Pastikan untuk memeriksa kondisi cuaca dan kondisi jalan sebelum melakukan perjalanan dan jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan.

Review Pantai Bekah, Pantai dengan Tebing Tinggi di Jogja.

Your email address will not be published. Required fields are marked *