Pantai Pandan Carita: Destinasi Romantis dengan Sunset Memukau

Pantai Pandan Carita, yang terletak di Kabupaten Pandeglang, mempersembahkan pengalaman wisata yang eksklusif dengan sentuhan khas ala Bali. Destinasi ini menonjolkan fasilitas unggulan berupa Resto dan Café yang menyajikan beragam menu, mulai dari hidangan barat hingga nusantara. Sejalan dengan namanya, Pantai Pandan Carita berbagi kawasan dengan Pantai Carita yang melengkapinya sebagai tujuan wisata yang menarik.

Keunikannya menjadikan Pantai Pandan Carita sebagai daya tarik utama bagi para wisatawan. Pengunjung dapat menikmati momen bersantai di tepi pantai sambil menikmati aneka hidangan lezat. Kebersihan area bibir pantai, ditandai dengan pasir putih yang memukau, memberikan pengalaman ganda yang memanjakan tidak hanya mata namun juga perut dan lidah.

Pantai ini berhasil menciptakan harmoni antara keindahan alam dan kenikmatan kuliner, menciptakan lingkungan yang mengundang kedamaian dan relaksasi. Kombinasi nuansa ala Bali, fasilitas kulinernya yang beragam, serta keindahan alam yang terjaga membuat Pantai Pandan Carita menjadi pilihan ideal bagi mereka yang mencari pengalaman liburan yang istimewa.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandan Carita

Berikut adalah tarif tiket masuk Pantai Pandan Carita:

  1. Tiket Masuk Weekday: Rp20.000
  2. Tiket Masuk Weekend: Rp40.000
  3. Tiket Camping: Rp50.000
  4. Tiket Parkir Motor: Rp5.000
  5. Tiket Parkir Mobil: Rp10.000
  6. Bis Kecil: Rp50.000
  7. Bis Besar: Rp100.000

Harga tiket mencakup voucher untuk pembelian makanan dan minuman di café. Perlu dicatat bahwa terdapat perbedaan tarif antara hari biasa (weekday) dan akhir pekan/hari libur nasional (weekend). Bagi mereka yang tertarik untuk mengadakan kegiatan berkemah, tiket camping tersedia dengan harga Rp50.000.

Pantai Pandan Carita menerapkan penutupan setiap hari Kamis. Jam operasional pantai ini dimulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Disarankan untuk memperhatikan jam operasional ini sebelum merencanakan kunjungan agar pengalaman liburan berjalan dengan lancar.

Alamat Rute Lokasi

Pantai Pandan Carita terletak di Jl. Raya Carita No.29, Sukajadi, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Lokasinya bersebelahan dengan Pantai Carita, dan dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Jaraknya sekitar 42 Km dari pusat kota dan membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk mencapai destinasi ini.

Untuk mencapai lokasi Pantai Pandan Carita dari Kota Pandeglang, terdapat dua opsi rute yang dapat diambil dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, dengan estimasi jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Opsi Pertama: Lewat Jl. Raya Mandalawangi dan Jl. Raya Jiput Caringin

  1. Dari Kota Pandeglang, arahkan kendaraan ke arah barat, khususnya ke Cikole Barat.
  2. Teruslah melanjutkan perjalanan hingga mencapai persimpangan. Pilihlah belok kiri menuju Jl. Raya Labuan.
  3. Lanjutkan perjalanan dan lewati Jl. Raya Mandalawangi dan Jl. Raya Jiput Caringin.
  4. Setelahnya, ambil belok kanan setelah Alfamart. Pantai Pandan Carita berada di sebelah kiri jalan.

Opsi Kedua: Lewat Jl. Raya Labuan – Pandeglang

  1. Dari Kota Pandeglang, arahkan kendaraan ke arah barat dan teruslah melanjutkan perjalanan.
  2. Saat mencapai simpang berikutnya, belok sedikit ke kiri menuju Jl. Raya Labuan.
  3. Lanjutkan perjalanan hingga melewati Indomaret Pandeglang.
  4. Pada simpang berikutnya, belok kiri dan teruslah mengikuti jalan utama hingga mencapai Jl. Nasional III.
  5. Pantai Pandan Carita akan terletak di sebelah kiri jalan.

Sebagai referensi tambahan, penggunaan aplikasi petunjuk arah seperti Google Maps atau Waze dapat mempermudah penemuan lokasi ini.

Fasilitas 

Tempat wisata Pantai Pandan Carita telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang sangat memadai, menjadikannya destinasi yang nyaman dan lengkap. Selain fasilitas-fasilitas yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat juga fasilitas penunjang lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Beberapa di antaranya meliputi:

  1. Area Parkir yang Luas: Pengunjung dapat dengan nyaman menggunakan area parkir yang luas, memberikan kenyamanan dalam mengelola kendaraan mereka selama berkunjung.
  2. Toilet dan Kamar Mandi: Fasilitas toilet dan kamar mandi tersedia untuk memenuhi kebutuhan dasar pengunjung, memberikan kenyamanan dan kebersihan selama berada di Pantai Pandan Carita.
  3. Gazebo: Adanya gazebo memberikan alternatif tempat duduk yang nyaman untuk bersantai atau menikmati pemandangan pantai. Gazebo juga bisa menjadi tempat istirahat yang ideal di bawah naungan.
  4. Mushola: Disediakan fasilitas mushola bagi pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah selama kunjungan mereka, menunjukkan perhatian terhadap kebutuhan spiritual pengunjung.

Fasilitas-fasilitas tersebut tidak hanya menambah kenyamanan, tetapi juga melengkapi pengalaman wisata secara menyeluruh di Pantai Pandan Carita. Dengan adanya fasilitas penunjang tersebut, tempat ini menjelma menjadi destinasi yang ramah dan bersahabat untuk berbagai kalangan pengunjung.

Daya Tarik

Pantai Pandan Carita, terletak di Kabupaten Pandeglang–Banten, seringkali disalahpahami sebagai lokasi di Anyer. Meskipun demikian, pantai ini sejatinya berada di Carita dan dapat diakses dengan mudah, terletak tidak jauh dari pusat kota Pandeglang.

Pantai Pandan Carita telah meraih popularitas yang signifikan, terutama di kalangan anak muda, dan menjadi fenomena viral di media sosial berkat foto-foto menariknya. Tempat ini menawarkan kombinasi yang unik antara suasana kekinian, pemandangan pantai yang memukau, serta beragam pilihan makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Dengan menyatukan konsep cafe, resto, dan pantai, Pantai Pandan Carita menjadi destinasi yang cocok untuk berbagai kalangan. Tempat ini tidak hanya menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menikmati waktu “me time” atau berkumpul dengan teman-teman, tetapi juga menjadi tempat yang pas untuk bersantai bersama pasangan atau menghabiskan liburan bersama keluarga, termasuk membawa anak-anak.

Keberhasilan Pantai Pandan Carita dalam menciptakan harmoni antara fasilitas modern, panorama alam yang indah, dan pilihan kuliner yang beragam menjadikannya destinasi yang mengundang bagi semua jenis pengunjung.

Pantai Konsep Resto Cafe Ala Bali

Daya tarik utama Pantai Pandan Carita, salah satunya, terletak pada keberadaan restoran (resto) dan kafe yang memikat. Terletak secara strategis di tepi pantai, resto ini memungkinkan para pengunjung menikmati panorama laut lepas pesisir barat Banten. Arsitektur resto dan kafe ini dirancang dengan konsep tradisional yang indah, menampilkan tampilan yang sangat instagramable. Dengan sentuhan ala Bali, pengunjung dapat merasakan sensasi seperti berada di Pulau Dewata.

Pantainya sendiri mempesona, dengan pasir putih yang lembut dan deretan pohon kelapa yang menambah keindahan pemandangan. Sebagai destinasi wisata pantai, Pantai Pandan Carita menawarkan berbagai aktivitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di sepanjang tepi pantai dan di area perairannya.

Keberadaan ombak yang relatif bersahabat menjadikan pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas bermain air dan berenang. Para pengunjung memiliki kesempatan untuk melakukan berbagai olahraga air seperti naik banana-boat, snorkeling, hingga berselancar. Dengan fasilitas yang lengkap dan beragam, Pantai Pandan Carita menjamin kepuasan bagi setiap pengunjung yang datang, memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Beragam Menu Resto dan Cafe

Aktivitas utama yang tak boleh dilewatkan di Pantai Pandan Carita adalah menjelajahi wisata kuliner di resto dan kafe yang ada. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati beragam hidangan, mulai dari masakan ala Western, Chinese, hingga hidangan Nusantara. Menu yang tersedia meliputi Ayam Geprek, Burger, Baso, hingga Dimsum. Harga yang terjangkau dipadukan dengan rasa yang lezat, menjadikan pengalaman kuliner di sini sangat memuaskan. Tata ruang yang rapi dan estetik menciptakan suasana yang nyaman bagi setiap pengunjung.

Bagi para penggemar fotografi, setiap sudut area resto dan kafe ini menawarkan kecantikan yang luar biasa. Ornamen-ornamen khas pantai, seperti papan surfing dan gubuk jerami ala Hawaii, menciptakan latar belakang yang sangat cocok untuk foto-foto yang instagramable. Selain itu, pemandangan langsung ke Pantai Pandan Carita dapat dilihat dengan jelas dari dalam cafe dan resto.

Pada malam hari, atmosfer semakin syahdu dan romantis. Lampu-lampu gantung yang menyala bersamaan dengan alunan musik live menambahkan nuansa yang nikmat, menciptakan suasana yang ideal untuk bersantai atau berkumpul di Pantai Pandan Carita.

Bermain Air

Selain menikmati suasana di resto dan kafe, pengunjung di Pantai Pandan Carita dapat merasakan kegembiraan di area perairannya yang menarik. Bibir pantainya yang landai dan bebas dari karang sangat cocok untuk berbagai aktivitas bermain air. Wisatawan dapat merasakan keseruan bermain dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar dan relatif aman di pantai ini.

Bagi mereka yang berkunjung bersama anak-anak, bermain pasir juga menjadi aktivitas yang sangat mengasyikkan. Pasir putih dengan tekstur lembut memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan bagi si kecil. Keamanan dan kebersihan pantai menambahkan daya tarik bagi keluarga yang ingin bersantai dan menikmati waktu bersama di Pantai Pandan Carita.

Bersantai di Tepi Pantai

Pantai Pandan Carita tidak hanya menawarkan kegiatan bermain air, tetapi juga menyediakan area tepi pantai yang ideal untuk bersantai. Duduk di atas pasir yang lembut sambil menikmati keindahan laut lepas dapat memberikan kesegaran pikiran kepada para wisatawan. Di sepanjang Pantai Pandan Carita, terdapat banyak tumbuhan seperti kelapa dan pandan laut, menciptakan suasana tepi pantai yang rindang dan asri.

Waktu terbaik untuk menikmati momen bersantai ini adalah ketika menjelang sore hari. Pada saat cuaca cerah, Pantai Pandan Carita menjanjikan pesona matahari terbenam yang memukau. Suasana tenang dan panorama sunset yang indah menambah daya tarik bagi para pengunjung yang ingin merasakan keindahan alam di Pantai Pandan Carita.

Surfing

Pantai Pandan Carita menawarkan pengalaman selancar yang menarik bagi para pengunjung yang mencari kegiatan ekstrem. Wisatawan dapat merasakan sensasi berselancar layaknya di Bali, dan tersedia fasilitas penyewaan papan selancar. Untuk mereka yang ingin belajar, tersedia juga jasa pelatihan selancar.

Selain aktivitas selancar, Pantai Pandan Carita menyediakan beragam kegiatan air lainnya untuk dinikmati. Wisatawan dapat menjelajahi dunia bawah laut melalui aktivitas snorkeling, merasakan kecepatan di atas air dengan naik speed boat, atau bersenang-senang dengan banana boat.

Dengan berbagai opsi aktivitas air yang ditawarkan, Pantai Pandan Carita memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mengisi waktu dengan pengalaman seru dan menyenangkan di perairannya yang menarik.

Camping

Pantai Pandan Carita tidak hanya menyediakan kegiatan air, tetapi juga memberikan fasilitas untuk aktivitas berkemah yang menarik. Terdapat camping ground yang nyaman dan menghadap langsung ke laut, menciptakan pengalaman berkemah yang unik dan menenangkan. Pengunjung dapat merasakan keindahan alam pantai sepanjang malam dengan suasana yang tenang.

Selain itu, yang menarik adalah adanya fasilitas untuk membeli kayu, memungkinkan wisatawan untuk membuat api unggun. Aktivitas ini bisa menjadi tambahan seru bagi mereka yang menyukai pengalaman berkemah yang lebih tradisional dan hangat.

Dengan menyediakan fasilitas camping ground dan kemungkinan membuat api unggun, Pantai Pandan Carita memberikan opsi yang menarik bagi para pengunjung yang ingin merasakan kebersamaan dengan alam di sekitar pantai.

Sunset

Pantai Pandan Carita, sebuah destinasi eksotis di Kabupaten Pandeglang, Banten, menawarkan pengalaman wisata yang memikat dengan paduan keunikan ala Bali dan pesona pantai yang menakjubkan. Salah satu fitur utamanya adalah keberadaan Resto dan Café yang menyajikan beragam hidangan dari seluruh dunia, mulai dari cita rasa Western hingga Nusantara. Fasilitas ini tidak hanya menjadi tempat bersantai yang ideal di tepi pantai, tetapi juga memperkaya pengalaman kuliner pengunjung.

Dikelola oleh pihak swasta, Pantai Pandan Carita memiliki daya tarik luar biasa bagi wisatawan dari berbagai kalangan. Pantai yang bersih dengan pasir putih lembut dan ombak yang ramah menjadikan destinasi ini ideal untuk berbagai aktivitas, termasuk bermain air, berselancar, dan berjemur di tepi pantai.

Selain keindahan alamnya, Pantai Pandan Carita juga menawarkan fasilitas lengkap seperti area parkir, toilet, kamar mandi, gazebo, mushola, serta tempat berkemah yang nyaman. Keseluruhan infrastruktur ini menciptakan pengalaman liburan yang memuaskan dan nyaman.

Yang menonjol dari Pantai Pandan Carita adalah atmosfer romantis saat matahari tenggelam. Pemandangan sunset yang memukau dengan sentuhan Gunung Krakatau di kejauhan menciptakan momen yang tak terlupakan, terutama bagi pasangan yang menginginkan pengalaman romantis.

Tempat ini juga memperkaya pengalaman berkemah dengan menyediakan camping ground yang menghadap langsung ke laut. Pengunjung dapat merasakan kebersamaan dengan alam, terutama dengan fasilitas pembelian kayu untuk membuat api unggun, menambah nuansa tradisional dan hangat dalam kegiatan berkemah.

Pantai Pandan Carita, dengan keberagaman fasilitas dan keindahan alamnya, merupakan destinasi wisata yang menarik dan menyenangkan untuk dijelajahi. Semua elemen yang disajikan menciptakan kesan profesional dan mengundang para wisatawan untuk merasakan keajaiban Pantai Pandan Carita dengan penuh kenyamanan dan kegembiraan.

Snorkeling

Apabila Anda tertarik mengeksplorasi keindahan biota laut, kegiatan snorkeling di Pantai Pandan Carita menjadi pilihan yang sangat menarik. Snorkeling adalah kegiatan yang memungkinkan Anda melihat langsung kehidupan bawah laut, termasuk batuan karang, tumbuhan laut, dan berbagai jenis ikan yang beraneka warna.

Selam permukaan, atau snorkeling, melibatkan berenang atau menyelam di atas permukaan air dengan menggunakan peralatan khusus seperti masker selam dan snorkel. Peralatan ini memungkinkan Anda untuk bernapas di bawah air tanpa harus menyelam sepenuhnya. Kaki katak juga sering digunakan untuk memberikan daya dorong saat berenang.

Bagi yang sudah terbiasa dan memiliki peralatan sendiri, Anda dapat menjelajahi keindahan bawah laut secara mandiri. Pengelola pantai biasanya dapat memberikan informasi mengenai titik terbaik untuk snorkeling. Untuk pemula yang ingin mencoba, tersedia juga layanan snorkeling dengan biaya sekitar Rp150.000 per orang, memberikan kesempatan bagi para wisatawan untuk merasakan keajaiban bawah laut Pantai Pandan Carita dengan panduan yang ahli dan aman.

Tips Berkunjung

Berkunjung ke Pantai Pandan Carita dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna untuk membuat perjalanan Anda lebih lancar:

  1. Periksa Cuaca: Pastikan untuk memeriksa perkiraan cuaca sebelum berangkat. Cuaca yang cerah dapat meningkatkan pengalaman liburan Anda di pantai.
  2. Bawa Perlengkapan Snorkeling: Jika Anda tertarik melakukan snorkeling, bawa peralatan snorkeling pribadi Anda. Namun, jika Anda belum memiliki peralatan, Anda dapat menggunakan jasa penyewaan yang tersedia di pantai.
  3. Kenakan Pakaian Santai: Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kegiatan di pantai. Sandal, kacamata hitam, dan topi bisa menjadi tambahan perlengkapan yang berguna.
  4. Bawa Perlengkapan Camping (Jika Berkemah): Jika Anda berencana untuk berkemah, pastikan membawa perlengkapan camping seperti tenda, sleeping bag, dan perlengkapan lainnya. Jika memungkinkan, tanyakan terlebih dahulu kepada pengelola pantai mengenai fasilitas yang tersedia di camping ground.
  5. Cek Jam Operasional: Pastikan mengetahui jam operasional Pantai Pandan Carita. Jika Anda berencana untuk menikmati pemandangan matahari terbenam, datanglah sesuai dengan waktu yang tepat.
  6. Jaga Kebersihan: Selalu jaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya. Bantu menjaga keindahan alam agar tetap terjaga untuk generasi berikutnya.
  7. Perhatikan Aturan dan Informasi Lokal: Mengetahui aturan dan informasi lokal, seperti harga tiket masuk, jenis aktivitas yang diperbolehkan, dan peraturan lainnya, dapat membantu Anda menghindari masalah selama kunjungan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menikmati Pantai Pandan Carita dengan lebih baik dan membuat pengalaman liburan Anda menjadi berkesan.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News