Review Menarik Pronosutan View, Alternatif Wisata Alam di Jogja

Pronosutan View adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Lokasinya yang terletak di kaki Gunung Sumbing membuat tempat ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Di sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan pegunungan, lembah, dan sungai yang sangat memukau.

Pronosutan View Kulon Progo, Pesona Hamparan Sawah
@awantenggara

Tempat ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk menunjang kegiatan wisatawan. Salah satu fasilitas yang tersedia adalah area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi atau bus wisata. Selain itu, terdapat juga toilet dan warung makan yang menyediakan berbagai macam hidangan lezat.

Untuk menikmati keindahan alam di Pronosutan View, wisatawan dapat melakukan beberapa aktivitas seperti berjalan-jalan, trekking, atau camping. Ada beberapa jalur trekking yang tersedia untuk memudahkan wisatawan dalam menikmati pemandangan alam yang indah. Selain itu, bagi yang ingin bercamping, tempat ini juga menyediakan area perkemahan yang cukup luas dan nyaman.

Secara keseluruhan, Pronosutan View adalah tempat wisata yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang mencari tempat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Dengan fasilitas yang lengkap dan pemandangan alam yang memukau, tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta.

Pronosutan View Kulon Progo adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan pesona hamparan sawah yang indah dan mempesona. Terletak di Desa Pronosutan, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Pronosutan View menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan latar belakang perbukitan yang hijau, sawah yang luas, dan suasana yang tenang dan sejuk.

Pronosutan View menjadi tempat favorit bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan menghilangkan kepenatan hidup kota. Pengunjung bisa menikmati pemandangan hamparan sawah yang luas, dan juga berjalan-jalan di sekitar desa untuk melihat kehidupan sehari-hari warga setempat.

Selain itu, Pronosutan View juga menawarkan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung seperti gazebo, tempat parkir, toilet, dan warung makan. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seperti trekking, bersepeda, dan berkemah di sana.

Pronosutan View menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman, atau bahkan untuk menikmati momen liburan yang romantis bersama pasangan. Keindahan alam yang ditawarkan Pronosutan View akan membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di sana.

Inilah yang membuat Pronosutan View Kulon Progo menjadi tempat yang menarik dan patut untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan menghilangkan kepenatan hidup kota. Dengan pesona hamparan sawah yang memukau, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi di Yogyakarta.

Alamat Akses

Pronosutan View terletak di Pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta 55671. Untuk mencapai lokasi ini, ada beberapa akses yang dapat dilakukan:

  1. Kendaraan pribadi: Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, dapat mengikuti rute menuju Nanggulan, Kulon Progo Regency. Kemudian, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju Kembang. Setelah itu, ikuti petunjuk jalan menuju Pronosutan View.
  2. Transportasi umum: Bagi yang ingin menggunakan transportasi umum, dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau travel yang menuju ke Kulon Progo Regency. Setelah sampai di Kulon Progo Regency, bisa menggunakan kendaraan umum seperti ojek atau taksi untuk mencapai Pronosutan View.

Perlu diingat bahwa jalur ke Pronosutan View termasuk jalur yang cukup terjal dan berkelok-kelok. Oleh karena itu, pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi yang baik dan hati-hati saat berkendara untuk memastikan keselamatan selama perjalanan.

Rute

Berikut adalah rute untuk mencapai Pronosutan View dari kota Yogyakarta:

  1. Jika Anda berada di pusat kota Yogyakarta, silakan menuju ke arah barat menuju Jalan Laksda Adisucipto. Terus mengikuti jalan ini hingga menemukan perempatan Jalan Ring Road Barat.
  2. Pada perempatan tersebut, ambil arah ke kanan menuju arah Magelang. Kemudian terus mengikuti jalan tersebut hingga menemukan perempatan menuju Boyolali.
  3. Pada perempatan tersebut, ambil arah ke kiri menuju arah Boyolali. Terus mengikuti jalan tersebut hingga menemukan perempatan Jalan Lintas Selatan.
  4. Pada perempatan tersebut, ambil arah ke kanan menuju arah Wates. Terus mengikuti jalan tersebut hingga tiba di Nanggulan, Kulon Progo Regency.
  5. Setelah sampai di Nanggulan, ikuti petunjuk jalan menuju Kembang. Setelah itu, ikuti petunjuk jalan menuju Pronosutan View.

Perjalanan dari kota Yogyakarta memakan waktu sekitar 1,5 – 2 jam tergantung dari kondisi lalu lintas. Pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik dan hati-hati saat berkendara di jalan berkelok dan terjal.

See also  Teras Merapi Obyek Wisata Alam Hits dan Viral di Sleman

Aktivitas

Pronosutan View menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi para pengunjungnya, di antaranya:

  1. Menikmati Pemandangan Alam: Dengan lokasi yang berada di kaki Gunung Sumbing, menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Anda dapat menikmati keindahan pegunungan, lembah, dan sungai yang sangat memukau.
  2. Trekking: Untuk para pengunjung yang suka dengan petualangan, trekking bisa menjadi pilihan yang menarik. Terdapat beberapa jalur trekking yang tersedia, seperti jalur menuju Air Terjun Sumbing, Jalur Sumbing – Sindoro, atau Jalur Sumbing – Prau. Trekking di sini akan memacu adrenalin Anda dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.
  3. Camping: Bagi Anda yang ingin bercamping,juga menyediakan area perkemahan yang cukup luas dan nyaman. Anda dapat menikmati suasana alam yang tenang dan memanjakan diri dengan keindahan alam yang disajikan.
  4. Berfoto: juga menjadi tempat yang populer untuk berfoto. Anda dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah atau menangkap momen saat berpetualang di jalur trekking.
  5. Menikmati kuliner lokal: Di area, terdapat beberapa warung makan yang menyajikan kuliner lokal. Anda dapat menikmati hidangan khas seperti gudeg, nasi campur, dan sate klathak.
  6. Bermain Air di Sungai: Di sekitar, terdapat sungai yang mengalir dan menjadi tempat bermain air yang asyik. Anda dapat menikmati aliran sungai yang segar dan melakukan berbagai aktivitas air seperti berenang atau bermain air.
  7. Meditasi dan Relaksasi: Dengan suasana alam yang tenang dan damai, juga cocok untuk meditasi dan relaksasi. Anda dapat menikmati keheningan alam dan mengisi ulang energi Anda.

Demikian beberapa aktivitas yang dapat Anda nikmati saat berkunjung. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik, termasuk membawa peralatan yang dibutuhkan jika ingin melakukan aktivitas seperti trekking atau bercamping.

Daya Tarik

Pronosutan View memiliki daya tarik utama yaitu pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Dari atas bukit, pengunjung dapat melihat hamparan perbukitan hijau yang menyejukkan mata, serta udara yang segar dan sejuk. Hal ini membuat tempat ini menjadi destinasi wisata yang cocok untuk melepas penat dan bersantai.

Selain itu, tempat ini juga memiliki beberapa fasilitas pendukung yang memadai, seperti area parkir yang luas, kamar mandi, dan warung makanan dan minuman. Fasilitas tersebut membuat pengunjung merasa nyaman dan puas selama berada di sana.

Lokasi Pronosutan View yang berada di ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut juga memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung. Hal ini membuat pengunjung merasa seperti berada di atas awan dan melihat pemandangan dari ketinggian yang cukup tinggi.

Terakhir, akses menuju Pronosutan View juga cukup mudah dan tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta, sehingga memudahkan pengunjung untuk berkunjung ke tempat ini.

Fasilitas

Pronosutan View menyediakan beberapa fasilitas pendukung yang memadai bagi pengunjung, di antaranya:

  1. Area Parkir Tempat ini menyediakan area parkir yang cukup luas dan aman bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.
  2. Kamar Mandi juga menyediakan kamar mandi yang bersih dan nyaman bagi pengunjung yang ingin melakukan aktivitas bersih-bersih atau mandi.
  3. Warung Makanan dan Minuman Ada beberapa warung makanan dan minuman yang tersedia. Pengunjung dapat menikmati berbagai jenis makanan dan minuman yang dijual di sana, seperti nasi goreng, mi goreng, es kelapa, jus buah, dan masih banyak lagi.
  4. Tempat Istirahat juga menyediakan beberapa tempat istirahat seperti bangku-bangku kayu yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk duduk santai atau menikmati pemandangan alam yang indah.
  5. Musholla Musholla atau tempat ibadah bagi umat muslim juga tersedia, sehingga pengunjung yang membutuhkan dapat memanfaatkan fasilitas ini.
  6. Penginapan Untuk pengunjung yang ingin menginap, tersedia beberapa penginapan yang berada di sekitar dengan harga yang bervariasi.

Fasilitas yang tersedia di Pronosutan View memungkinkan pengunjung untuk merasa nyaman dan puas selama berada di sana. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah sambil bersantai dan menikmati kuliner yang tersedia.

Tiket Masuk

Untuk tiket masuk harganya cukup terjangkau. Berikut adalah harga tiket masuk Pronosutan View:

  1. Tiket Masuk Per Orang (Weekday): Rp 5.000,-
  2. Tiket Masuk Per Orang (Weekend & Hari Libur Nasional): Rp 7.500,-
  3. Tiket Parkir Mobil: Rp 5.000,-
  4. Tiket Parkir Motor: Rp 3.000,-

Perlu diingat bahwa harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, sebaiknya pastikan terlebih dahulu dengan menghubungi pihak Pronosutan View sebelum berkunjung. Selain itu, terdapat beberapa aktivitas yang memerlukan biaya tambahan, seperti biaya parkir kendaraan, biaya trekking, atau biaya camping. Oleh karena itu, pastikan Anda menyiapkan anggaran yang cukup untuk mengikuti aktivitas.

See also  Ulasan Candi Kalasan, Candi Buddha Tertua di Yogyakarta

Penginapan

Meskipun kawasan wisata yang besar, namun terdapat beberapa penginapan yang tersedia di sekitar area wisata ini. Berikut beberapa penginapan yang bisa dipilih oleh para wisatawan yang ingin menginap di dekat Pronosutan View:

  1. Kana Homestay Homestay yang terletak sekitar 1,5 km ini menawarkan suasana yang nyaman dan tenang. Kana Homestay memiliki fasilitas kamar tidur yang bersih dan dilengkapi dengan AC, TV, kamar mandi, dan teras yang menghadap ke perbukitan. Tarif penginapan di sini dibanderol mulai dari Rp 250.000 per malam.
  2. Adibumi Homestay Adibumi Homestay terletak sekitar 2 km dan menawarkan suasana yang tenang dan asri. Fasilitas yang disediakan meliputi kamar tidur yang bersih dan nyaman dengan AC, TV, kamar mandi, dan balkon dengan pemandangan perbukitan yang indah. Tarif menginap di Adibumi Homestay dibanderol mulai dari Rp 300.000 per malam.
  3. Cipta Lestari Homestay Cipta Lestari Homestay terletak sekitar 3 km dan menawarkan suasana yang nyaman dan tenang. Fasilitas yang disediakan meliputi kamar tidur yang bersih dan nyaman dengan AC, TV, kamar mandi, dan balkon yang menghadap ke perbukitan. Tarif menginap di Cipta Lestari Homestay dibanderol mulai dari Rp 250.000 per malam.
  4. D’Kandang Villa D’Kandang Villa terletak sekitar 4 km dan menawarkan suasana yang tenang dan asri. Fasilitas yang disediakan meliputi kamar tidur yang bersih dan nyaman dengan AC, TV, kamar mandi, dan balkon dengan pemandangan perbukitan yang indah. Tarif menginap di D’Kandang Villa dibanderol mulai dari Rp 450.000 per malam.

Keempat penginapan di atas menawarkan suasana yang tenang dan nyaman serta dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Wisatawan yang ingin menginap di dekat Pronosutan View bisa mempertimbangkan salah satu penginapan tersebut sebagai tempat beristirahat selama berada di Yogyakarta.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel yang terletak dekat dengan Pronosutan View:

  1. Villa Pakem: Terletak sekitar 10 km, Villa Pakem menawarkan akomodasi yang nyaman dengan pemandangan pegunungan yang indah. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain kolam renang, taman, dan restoran.
  2. The Westlake Resort Yogya: Terletak sekitar 15 km, The Westlake Resort Yogya menawarkan akomodasi dengan pemandangan danau yang indah. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain kolam renang, pusat kebugaran, dan restoran.
  3. Amanjiwo Resort: Terletak sekitar 20 km, Amanjiwo Resort menawarkan akomodasi yang mewah dan elegan dengan pemandangan yang indah. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain kolam renang, spa, dan restoran.
  4. MesaStila Resort & Spa: Terletak sekitar 25 km, MesaStila Resort & Spa menawarkan akomodasi yang unik dengan pemandangan pegunungan yang indah. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain kolam renang, spa, dan restoran.
  5. Hotel Ratih: Terletak sekitar 10 km, Hotel Ratih menawarkan akomodasi yang nyaman dan terjangkau dengan fasilitas yang memadai.

Pastikan Anda memesan akomodasi dengan waktu yang cukup dan menyesuaikan dengan jadwal perjalanan Anda. Selain itu, pastikan juga untuk mempersiapkan anggaran yang cukup untuk menginap di hotel yang Anda pilih.

Tempat Makan

Berikut adalah beberapa tempat makan di sekitar Pronosutan View:

  1. Sate Bu Siswo: Terletak sekitar 5 km, Sate Bu Siswo adalah restoran yang terkenal dengan sate ayamnya yang enak. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai menu masakan Indonesia lainnya.
  2. Restoran Nasi Goreng Kambing Kebon Dalem: Terletak sekitar 8 km, restoran ini terkenal dengan nasi goreng kambingnya yang lezat. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai menu masakan Indonesia lainnya.
  3. Rumah Makan Sari Kedhaton: Terletak sekitar 10 km, Rumah Makan Sari Kedhaton menawarkan masakan tradisional Jawa yang autentik dan lezat. Restoran ini juga terkenal dengan suasana dan dekorasi yang khas Jawa.
  4. Cafe Alam Rasa: Terletak sekitar 15 km, Cafe Alam Rasa menawarkan pemandangan yang indah sambil menikmati hidangan yang lezat. Di sini tersedia berbagai menu masakan Indonesia dan internasional.
  5. Ayam Goreng Mbah Cemplung: Terletak sekitar 20 km, Ayam Goreng Mbah Cemplung adalah tempat makan yang terkenal dengan ayam gorengnya yang renyah dan gurih. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai menu masakan Indonesia lainnya.

Pastikan Anda mencoba beberapa tempat makan tersebut ketika berkunjung ke Pronosutan View. Selain itu, pastikan juga untuk mempersiapkan anggaran yang cukup untuk mencicipi hidangan yang lezat di tempat-tempat tersebut.

Spot Foto

Menawarkan pemandangan alam yang indah dan menarik sehingga sangat cocok sebagai spot foto bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka selama berada di sana. Berikut beberapa spot foto yang bisa dijadikan pilihan di Pronosutan View:

  1. Bukit Pronosutan Bukit Pronosutan menawarkan pemandangan yang indah dan luas, sehingga sangat cocok sebagai spot foto bagi para pengunjung yang ingin mengambil foto dengan latar belakang perbukitan yang hijau. Pengunjung bisa mendaki bukit ini untuk mendapatkan foto yang lebih menarik.
  2. Taman Bunga Taman bunga di Pronosutan View menawarkan keindahan bunga-bunga yang beragam dan indah. Pengunjung bisa berfoto di antara bunga-bunga tersebut dan menambahkan warna yang lebih cerah pada foto mereka.
  3. Bukit Jurang Bukit Jurang menawarkan pemandangan alam yang indah dengan latar belakang perbukitan yang hijau dan lembah yang luas. Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang yang menarik ini dan mendapatkan foto yang menakjubkan.
  4. Sky Bridge Sky Bridge merupakan jembatan yang berada di atas lembah dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Pengunjung bisa berfoto di jembatan ini dan mendapatkan foto yang unik dengan latar belakang lembah yang indah.
  5. Pintu Langit Pintu Langit merupakan spot foto yang menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan latar belakang perbukitan yang indah. Pengunjung bisa berfoto di Pintu Langit dan mendapatkan foto yang menakjubkan.
See also  Review Monumen Jogja Kembali, Museum Sejarah Perjuangan

Itulah beberapa spot foto yang bisa dijadikan pilihan di Pronosutan View. Dengan memanfaatkan keindahan alam yang ditawarkan oleh tempat ini, pengunjung dapat mengabadikan momen mereka dan membawa pulang kenangan yang tak terlupakan.

Wisata Sekitar

Selain Pronosutan View, terdapat beberapa tempat wisata menarik lainnya di sekitar wilayah Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Kebun Teh Nglinggo Kebun Teh Nglinggo adalah sebuah kebun teh yang terletak di lereng Gunung Merbabu dan menawarkan pemandangan alam yang indah. Pengunjung bisa menikmati keindahan kebun teh dan berjalan-jalan di sekitar kebun sambil menikmati segarnya udara pegunungan.
  2. Goa Pindul Goa Pindul merupakan objek wisata yang menawarkan aktivitas menyelam di sungai bawah tanah dan menyusuri gua yang indah. Pengunjung bisa menyewa ban pelampung dan menyelam di sungai bawah tanah, atau menyusuri gua yang dihiasi stalaktit dan stalakmit.
  3. Air Terjun Kedung Pedut Air Terjun Kedung Pedut adalah sebuah air terjun yang terletak di sekitar perbukitan Nanggulan dan menawarkan pemandangan alam yang indah. Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun dan berenang di kolam air terjun yang segar.
  4. Hutan Pinus Asri Hutan Pinus Asri adalah sebuah hutan pinus yang terletak di lereng Gunung Merbabu dan menawarkan suasana yang asri dan segar. Pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar hutan dan menikmati keindahan pohon pinus yang menjulang tinggi.
  5. Pantai Glagah Pantai Glagah adalah sebuah pantai yang terletak di sekitar 30 km dari Pronosutan View dan menawarkan pemandangan pantai yang indah. Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dan bermain di pasir pantai yang bersih.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di sekitar wilayah Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, pengunjung bisa menambah pengalaman wisata mereka dan memperkaya pengetahuan mereka tentang keindahan alam Indonesia.

Tips Wisata

Berikut adalah beberapa tips wisata ke Pronosutan View Kulon Progo yang bisa membantu pengunjung untuk menikmati liburan mereka dengan lebih menyenangkan:

  1. Persiapkan kondisi fisik terletak di daerah perbukitan yang cukup terjal, sehingga pengunjung perlu mempersiapkan kondisi fisik sebelum berangkat. Pastikan tubuh Anda dalam kondisi yang sehat dan bugar agar bisa menikmati keindahan alam dengan lebih optimal.
  2. Pakai pakaian yang nyaman Pengunjung disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan mudah untuk bergerak. Gunakan sepatu yang nyaman dan tidak licin agar tidak tergelincir saat berjalan di daerah perbukitan atau sawah.
  3. Bawa perlengkapan yang cukup Pastikan Anda membawa perlengkapan yang cukup seperti air minum, makanan ringan, dan obat-obatan pribadi. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda.
  4. Datang pada saat cuaca cerah terkenal dengan pesona hamparan sawah yang indah dan memukau. Pastikan Anda datang pada saat cuaca cerah dan terang agar bisa menikmati keindahan alam dengan lebih optimal.
  5. Patuhi peraturan yang berlaku Pengunjung diharapkan untuk patuh dan menghormati peraturan yang berlaku. Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak lingkungan sekitar.

Dengan mengikuti tips wisata ke Pronosutan View Kulon Progo di atas, pengunjung diharapkan bisa menikmati liburan mereka dengan lebih menyenangkan dan mengesankan. Selamat berlibur!

Review Review Menarik Pronosutan View, Alternatif Wisata Alam di Jogja.

Your email address will not be published. Required fields are marked *