Review Menarik Pesona Alam Goa Tanding di Karangmojo Gunungkidul

Goa Tanding merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di kawasan karst Gunungkidul, Yogyakarta. Wisata ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan formasi bebatuan yang terbentuk secara alami dan eksotis. Goa Tanding juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta olahraga ekstrem seperti caving dan trekking.

Goa Tanding, Surga di Bawah Tanah Gunung Kidul
@tiketwisatajogja

Untuk mencapai lokasi wisata Goa Tanding, pengunjung harus melakukan perjalanan sejauh 50 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Namun, perjalanan yang dilalui cukup menantang karena jalan yang dilalui cukup terjal dan berkelok-kelok.

Setelah sampai di lokasi, pengunjung akan disambut dengan keindahan alam yang mempesona. Terdapat beberapa formasi bebatuan yang memiliki bentuk unik dan menarik untuk dijelajahi. Di dalam goa juga terdapat stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami, memberikan kesan eksotis dan menawan.

Selain itu, bagi para pecinta olahraga ekstrem, Goa Tanding juga menawarkan banyak tantangan. Pengunjung dapat melakukan kegiatan trekking dan caving di dalam goa dengan mengikuti rute yang telah disediakan. Kegiatan ini memerlukan kesiapan fisik dan mental yang baik, sehingga sebaiknya dilakukan dengan panduan dari pemandu yang sudah berpengalaman.

Untuk memasuki Goa Tanding, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000,- per orang. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa peralatan seperti helm, lampu senter, dan tali tambang dengan harga yang terjangkau.

Namun, karena Goa Tanding merupakan tempat wisata yang terletak di kawasan karst, sebaiknya pengunjung juga menjaga kelestarian alam dengan tidak merusak atau membuang sampah sembarangan. Pengunjung juga disarankan untuk membawa air minum dan bekal makanan sendiri karena di sekitar lokasi wisata tidak terdapat warung atau kios yang menjual makanan dan minuman.

Secara keseluruhan, wisata Goa Tanding merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang mempesona dan kegiatan olahraga ekstrem yang menantang. Namun, sebaiknya pengunjung juga tetap memperhatikan aspek kelestarian alam dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola.

Alamat Akses

Wisata Goa Tanding terletak di alamat Gelaran 2, Seropan, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891.

Untuk mencapai lokasi wisata ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan seperti mobil atau motor. Dari pusat Kota Yogyakarta, pengunjung dapat mengambil rute menuju Jalan Wonosari hingga sampai di perempatan Karangmojo. Di perempatan ini, pengunjung harus belok kanan dan mengikuti jalan hingga menemukan pertigaan. Di pertigaan ini, pengunjung harus belok kiri dan mengikuti jalan hingga sampai di lokasi wisata Goa Tanding.

Namun, sebaiknya pengunjung memperhatikan kondisi jalan yang cukup terjal dan berkelok-kelok, sehingga disarankan untuk mengendarai kendaraan dengan hati-hati dan memperhatikan keselamatan selama perjalanan.

Rute

Berikut adalah rute untuk mencapai wisata Goa Tanding dari pusat Kota Yogyakarta:

  1. Dari pusat Kota Yogyakarta, pergilah ke arah selatan menuju Jalan Wonosari.
  2. Ikuti Jalan Wonosari hingga sampai di perempatan Karangmojo.
  3. Di perempatan Karangmojo, belok kanan dan ikuti jalan hingga menemukan pertigaan.
  4. Di pertigaan, belok kiri dan terus ikuti jalan hingga sampai di lokasi wisata.

Rute ini memiliki jarak sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam tergantung pada kondisi lalu lintas dan kecepatan kendaraan yang digunakan. Sebaiknya pengunjung memperhatikan kondisi jalan yang cukup terjal dan berkelok-kelok, sehingga disarankan untuk mengendarai kendaraan dengan hati-hati dan memperhatikan keselamatan selama perjalanan.

See also  Review Tumpeng Menoreh, Resto yang Sajikan Keindahan Alam

Aktivitas

Menawarkan beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung, di antaranya:

  1. Menjelajahi Goa Tanding: adalah gua yang masih asli dan belum banyak dijamah oleh manusia. Di dalam gua, pengunjung dapat menjelajahi stalaktit dan stalagmit yang unik, serta menikmati pemandangan alam yang indah.
  2. Berenang di air terjun: Di dalam gua terdapat air terjun kecil yang dapat digunakan sebagai tempat berenang. Airnya jernih dan sejuk, sehingga cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai sejenak.
  3. Menikmati pemandangan alam: Wisata terletak di tengah-tengah pegunungan karst yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Pengunjung dapat menikmati pemandangan tersebut sambil berjalan-jalan atau beristirahat di bawah pepohonan.
  4. Trekking: Di sekitar terdapat beberapa jalur trekking yang dapat diikuti oleh pengunjung. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah sambil menikmati olahraga trekking.
  5. Camping: Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam yang lebih lama, wisata juga menyediakan fasilitas camping. Pengunjung dapat berkemah di bawah pepohonan sambil menikmati pemandangan alam yang indah.
  6. Fotografi: Wisata menawarkan pemandangan alam yang indah dan unik, sehingga cocok bagi pengunjung yang hobi fotografi. Pengunjung dapat mengabadikan momen indah di dalam gua.

Demikianlah beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung di wisata Goa Tanding. Penting untuk memperhatikan keselamatan selama melakukan aktivitas, seperti mengikuti jalur trekking yang sudah ditentukan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Daya Tarik

Goa Tanding memiliki beberapa daya tarik yang menarik bagi pengunjung, di antaranya:

  1. Keunikan Gua: merupakan gua yang masih asli dan belum banyak dijamah oleh manusia. Di dalam gua terdapat stalaktit dan stalagmit yang unik, serta air terjun kecil yang menambah keindahan gua. Hal ini membuat wisata enjadi tempat yang menarik untuk dieksplorasi dan dinikmati.
  2. Pemandangan Alam: terletak di tengah-tengah pegunungan karst, sehingga menawarkan pemandangan alam yang indah dan spektakuler. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan udara segar di sekitar.
  3. Aktivitas Outdoor: menawarkan berbagai aktivitas outdoor yang menarik, seperti menjelajahi gua, berenang di air terjun, trekking, dan camping. Pengunjung dapat menikmati liburan yang berbeda dan menyenangkan dengan melakukan berbagai aktivitas di alam terbuka.
  4. Tempat Relaksasi: cocok untuk pengunjung yang ingin beristirahat sejenak dari kesibukan kota. Pengunjung dapat menikmati suasana alam yang tenang dan damai, serta merasakan udara segar dan suasana yang lebih asri.
  5. Lokasi yang Mudah Diakses: terletak tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta, sehingga mudah diakses dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Hal ini menjadi destinasi wisata yang populer bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana alam yang indah di Yogyakarta.

Demikianlah beberapa daya tarik dari wisata Goa Tanding yang dapat membuat pengunjung merasa tertarik untuk mengunjunginya. Wisata ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam yang indah dan melakukan berbagai aktivitas outdoor yang menarik.

Fasilitas

Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Wisata Goa Tanding:

  1. Area parkir: menyediakan area parkir yang luas dan aman bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi atau rental.
  2. Area bermain anak: Ada area bermain anak di sekitar lokasi parkir yang dapat digunakan oleh anak-anak yang berkunjung.
  3. Musholla: Musholla tersedia bagi pengunjung yang ingin beribadah selama berkunjung
  4. Kios dan warung: Terdapat beberapa kios dan warung di sekitar lokasi wisata yang menjual makanan ringan, minuman, serta souvenir sebagai oleh-oleh.
  5. Area berkemah: menyediakan fasilitas untuk camping, seperti tempat untuk berkemah dan fasilitas toilet dan mandi yang bersih.
  6. Tempat Istirahat: Ada beberapa bangku dan tempat istirahat di sekitar area wisata yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai atau sekadar menikmati pemandangan.
  7. Petugas keamanan: Petugas keamanan selalu siaga di sekitar area wisata untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung.
  8. Guide: Terdapat guide yang siap membantu pengunjung dalam menjelajahi gua dan menunjukkan keindahan alam di sekitar wisata.
See also  Obyek Wisata Pantai Samas Yang Legendaris Dan Eksotis

Demikian fasilitas yang tersedia di Wisata Goa Tanding, dari tempat parkir hingga guide yang membantu pengunjung untuk menikmati wisata dengan aman dan nyaman.

Tiket Masuk

Tiket masuk Goa Tanding biasanya tergolong terjangkau dan dapat diakses oleh pengunjung dengan mudah. Berikut adalah informasi tentang tiket masuk yang berlaku:

  1. Tiket masuk wisatawan domestik (Indonesia) sekitar Rp 10.000,- per orang.
  2. Tiket masuk wisatawan asing sekitar Rp 25.000,- per orang.

Namun, harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu memeriksa harga tiket terbaru sebelum berkunjung ke Wisata Goa Tanding.

Selain harga tiket masuk, terdapat juga biaya tambahan jika pengunjung ingin menggunakan jasa guide atau ingin melakukan aktivitas tertentu seperti camping. Namun, biaya tersebut juga tergolong terjangkau dan dapat dinegosiasikan dengan pihak pengelola wisata.

Penginapan

Wisata Goa Tanding menyediakan fasilitas camping bagi pengunjung yang ingin menginap di sekitar lokasi wisata. Terdapat beberapa tempat camping yang tersedia, termasuk area untuk memasang tenda dan fasilitas toilet dan mandi yang bersih.

Namun, jika Anda mencari penginapan yang lebih nyaman dan lengkap, Anda dapat mencari beberapa pilihan penginapan yang tersedia di sekitar area wisata. Beberapa pilihan penginapan yang dapat dipertimbangkan antara lain:

  1. Villa Bougenvile – terletak sekitar 2,5 km, villa ini menawarkan pemandangan indah dan suasana tenang. Harga sewa mulai dari Rp 1.000.000,- per malam.
  2. Omah Dhuwur – terletak sekitar 4,5 km, homestay ini menawarkan suasana yang tenang dan nyaman. Harga sewa mulai dari Rp 350.000,- per malam.
  3. Wisma Bunda Guesthouse – terletak sekitar 7,5 km, penginapan ini menawarkan kenyamanan dan kebersihan yang baik. Harga sewa mulai dari Rp 200.000,- per malam.

Namun, Anda harus memperhatikan bahwa harga sewa penginapan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada musim atau hari libur. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu memeriksa harga terbaru dan memesan penginapan dengan jauh-jauh hari agar dapat memperoleh harga yang lebih terjangkau.

Tempat Makan

Di sekitar Wisata Goa Tanding terdapat beberapa pilihan tempat makan yang dapat Anda kunjungi, di antaranya adalah:

  1. Kedai Pak Kaji – restoran yang menyediakan masakan tradisional khas Yogyakarta, seperti nasi gudeg, sate klatak, dan bakmi jawa. Restoran ini berjarak sekitar 2 km.
  2. Gudeg Bu Djuminten – restoran yang terkenal dengan menu nasi gudeg-nya. Restoran ini berjarak sekitar 7 km.
  3. Warung Makan Bu Jum – warung makan yang menyajikan aneka masakan tradisional Indonesia. Warung ini berjarak sekitar 7 km.
  4. Ayam Goreng Ny. Suharti – restoran yang terkenal dengan menu ayam gorengnya yang lezat. Restoran ini berjarak sekitar 10 km.
  5. Mie Ayam Tumini – warung mie ayam yang terkenal di Yogyakarta. Warung ini berjarak sekitar 10 km.

Harga makanan di tempat-tempat tersebut juga tergolong terjangkau. Namun, pastikan untuk selalu memeriksa harga terbaru sebelum berkunjung ke tempat makan tersebut.

Spot Foto

Wisata Goa Tanding memiliki banyak spot foto yang menarik dan instagramable. Beberapa spot foto yang bisa dijadikan pilihan di antaranya adalah:

  1. Area parkir – di sini terdapat hamparan padang rumput yang indah dengan latar belakang bukit yang hijau.
  2. Area depan goa – di sini terdapat pemandangan khas goa dengan stalaktit dan stalakmit yang terlihat menakjubkan.
  3. Bukit Batu Jajar – dari atas bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari ketinggian.
  4. Sungai Oya – di sepanjang sungai terdapat bebatuan yang indah dengan air yang jernih.
  5. Area camping – di sini terdapat spot foto yang menarik seperti tenda-tenda yang terlihat cantik di sekitar area camping.
See also  Pantai Ngobaran Wisata Alam, Religi, Budaya, dan Toleransi Jadi Satu

Pastikan untuk selalu memperhatikan keselamatan saat mengambil foto dan tidak merusak lingkungan sekitar.

Wisata Sekitar

Jika Anda ingin mengunjungi wisata-wisata lain yang ada di sekitar area Wisata Goa Tanding, beberapa pilihan yang bisa dijadikan referensi adalah:

  1. Pantai Indrayanti – pantai yang terkenal dengan pasir putihnya yang bersih dan air laut yang jernih. Pantai ini berjarak sekitar 15 km.
  2. Pantai Baron – pantai yang memiliki ombak yang cukup besar sehingga sangat cocok bagi para peselancar. Pantai ini berjarak sekitar 20 km.
  3. Pantai Kukup – pantai yang terletak di ujung selatan Pulau Jawa. Pantai ini terkenal dengan batu karangnya yang indah dan air laut yang jernih. Pantai ini berjarak sekitar 30 km.
  4. Pantai Krakal – pantai yang memiliki pemandangan yang indah dan pasir putih yang bersih. Pantai ini berjarak sekitar 35 km.
  5. Air Terjun Sri Gethuk – air terjun yang terkenal dengan aliran sungai dan tebing batu yang indah. Air terjun ini berjarak sekitar 30 km.

Pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi dan jam buka wisata-wisata tersebut sebelum berkunjung.

Goa Tanding merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan stalaktit dan stalakmitnya. Selain itu, di dalam goa juga terdapat air terjun yang cukup besar yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Namun, ada satu aktivitas lain yang bisa dilakukan di sana, yaitu rafting sungai dalam goa.

Rafting sungai dalam goa adalah sebuah aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan perahu karet di dalam sungai yang mengalir di dalam goa. Dalam aktivitas ini, pengunjung akan melewati rute yang menantang dengan arus sungai yang deras, melewati beberapa jeram, dan menghadapi kegelapan yang menyelimuti goa.

Untuk melakukan aktivitas ini, wisatawan harus menyewa perahu karet dan membayar biaya sewa sekitar Rp 150.000 hingga Rp 250.000, tergantung durasi dan rute yang dipilih. Pengunjung juga harus menggunakan alat pelindung seperti helm, jaket pelampung, dan sepatu khusus agar lebih aman dan nyaman saat melaju di sungai dalam goa.

Meskipun cukup menantang, rafting sungai dalam goa di Goa Tanding sangat direkomendasikan bagi Anda yang mencari pengalaman wisata yang unik dan berbeda. Namun, aktivitas ini tidak direkomendasikan bagi anak-anak atau orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Sebelum melakukan aktivitas ini, pastikan untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai rute, kondisi sungai, dan alat pelindung yang harus digunakan agar Anda dapat menikmati pengalaman rafting sungai dalam goa yang menyenangkan dan aman di Goa Tanding.

Review Review Menarik Pesona Alam Goa Tanding di Karangmojo Gunungkidul.

Your email address will not be published. Required fields are marked *