Review Taman Puspa Gading, Wisata Edukasi di Jogja

Taman Puspa Gading adalah salah satu taman yang berlokasi di Grujugan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Taman ini memiliki alamat di 48PF+FCG, Jl. Grujugan, Grujugan, Bantul, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751. Taman Puspa Gading ini memiliki konsep taman bunga yang sangat indah dengan berbagai macam jenis bunga yang ditanam di dalamnya.

Taman Puspa Gading, Wisata Edukasi Lengkap di Bantul
@teropongjogja

Taman Puspa Gading memiliki luas sekitar 1 hektar dan menyajikan berbagai keindahan taman bunga yang sangat menarik. Di dalam taman, pengunjung akan menemukan berbagai jenis bunga yang tumbuh dengan indah di antara rerumputan yang hijau dan segar. Beberapa jenis bunga yang tumbuh di taman ini antara lain seperti bunga melati, bunga kamboja, bunga anggrek, bunga mawar, dan masih banyak lagi.

Taman Puspa Gading ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh para pecinta taman bunga dan juga para wisatawan yang sedang berkunjung ke Yogyakarta. Selain keindahan taman bunganya yang sangat menarik, taman ini juga menyediakan beberapa fasilitas seperti area parkir yang luas, area bermain anak, kantin, dan juga tempat duduk yang nyaman untuk beristirahat.

Taman Puspa Gading buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB dan memiliki tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Selain itu, taman ini juga menyediakan paket wedding dan juga paket foto prewedding untuk para pengunjung yang ingin mengabadikan momen spesial mereka di tengah keindahan taman bunga yang menakjubkan.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat mengunjungi taman kelinci yang terdapat di Taman Puspa Gading Tegaldowo. Taman kelinci ini menyediakan wahana edukasi anak yang menarik, seperti feeding kelinci, mencoba memerah susu kelinci, dan belajar cara merawat kelinci dengan baik dan benar. Pengunjung juga dapat membeli makanan kelinci di lokasi untuk memberi makan kelinci-kelinci yang ada di taman.

Taman Puspa Gading merupakan tempat yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Dengan berbagai jenis bunga yang tumbuh dengan indah, pengunjung akan merasa seolah-olah berada di dalam sebuah surga taman bunga yang indah. Bagi pecinta taman bunga atau bagi siapa saja yang ingin melihat keindahan alam, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Alamat Akses

Alamat Taman Puspa Gading adalah di Jl. Grujugan, Grujugan, Bantul, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751. Berikut adalah beberapa cara untuk mengakses lokasi Taman Puspa Gading:

  1. Kendaraan pribadi: Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan aplikasi peta atau GPS untuk menavigasi rute menuju lokasi taman. memiliki area parkir yang cukup luas sehingga Anda tidak perlu khawatir kesulitan mencari tempat parkir.
  2. Transportasi umum: Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik angkutan kota atau bus kota dari pusat kota Yogyakarta menuju Bantul dan turun di halte terdekat. Setelah turun dari kendaraan umum, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau taksi online.
  3. Sewa kendaraan: Jika Anda ingin berkeliling lebih leluasa di sekitar Yogyakarta, Anda dapat menyewa kendaraan seperti mobil atau sepeda motor di area sekitar Yogyakarta dengan navigasi GPS atau peta.

Taman Puspa Gading memiliki lokasi yang mudah dijangkau dan cukup dekat dengan pusat kota Yogyakarta. Dengan berbagai cara akses yang tersedia, Anda dapat dengan mudah mengunjungi taman bunga yang indah ini dan menikmati keindahan alamnya.

Rute

Berikut ini adalah rute untuk menuju Taman Puspa Gading dari pusat kota Yogyakarta:

  1. Naik angkutan kota atau bus kota dari pusat kota Yogyakarta menuju ke arah Bantul dan turun di halte Grujugan.
  2. Setelah turun dari angkutan kota atau bus kota, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau taksi online. Jarak antara halte Grujugan sekitar 1,5 kilometer atau sekitar 5 menit berkendara.
  3. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan, Anda dapat mengikuti rute Jalan Imogiri Timur, lalu belok kanan ke Jalan Grujugan, dan terus mengikuti jalan hingga sampai.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 15 kilometer atau sekitar 30-40 menit berkendara, tergantung dari kondisi lalu lintas. Rute menuju Taman Puspa Gading relatif mudah ditemukan karena taman ini berada di lokasi yang cukup terkenal dan mudah diakses dari pusat kota Yogyakarta.

Aktivitas

Terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dinikmati di Taman Puspa Gading:

  1. Menikmati keindahan taman: Pengunjung dapat menikmati keindahan taman yang hijau dan berbunga dengan berjalan-jalan di sekitar taman. Di sini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis tumbuhan dan bunga yang indah, seperti mawar, anggrek, dan krisan.
  2. Menikmati keindahan kolam ikan: memiliki beberapa kolam ikan yang menawan. Pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan yang berenang di dalamnya, seperti ikan koi dan ikan mas. Kolam ikan ini dikelilingi oleh tumbuhan dan bunga yang menambah keindahan taman.
  3. Bermain di taman bermain: Bagi anak-anak, menyediakan berbagai wahana permainan seperti taman bermain, ayunan, dan perosotan. Anak-anak dapat bermain dan bersenang-senang di sini sambil menikmati keindahan taman.
  4. Piknik: adalah tempat yang ideal untuk piknik bersama keluarga atau teman-teman. Pengunjung dapat membawa bekal dan menikmati makanan dan minuman di area yang disediakan.
  5. Fotografi: adalah tempat yang sangat cocok untuk mengambil foto. Pengunjung dapat mengabadikan keindahan taman, kolam ikan, dan berbagai wahana permainan di sini.
  6. Olahraga: Bagi pengunjung yang ingin berolahraga, juga menyediakan area jogging dan trek bersepeda.
  7. Mengikuti kegiatan edukasi: juga sering mengadakan kegiatan edukasi seperti pelatihan bercocok tanam dan workshop tata bunga. Pengunjung dapat mengikuti kegiatan ini untuk belajar lebih banyak tentang bunga dan tumbuhan.
See also  Review Menarik Candi Sambisari Keindahan Bawah Tanah di Yogyakarta

Secara keseluruhan, Taman Puspa Gading menyediakan berbagai aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala usia. Dari menikmati keindahan taman dan kolam ikan hingga bermain di taman bermain dan mengikuti kegiatan edukasi, pengunjung akan merasa senang dan puas saat berkunjung ke taman ini.

Daya Tarik

Memiliki banyak daya tarik yang membuat pengunjung tertarik untuk berkunjung. Berikut adalah beberapa daya tarik utama dari Taman Puspa Gading:

  1. Keindahan taman: memiliki taman yang indah dan hijau dengan berbagai jenis tumbuhan dan bunga yang menawan. Taman ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati keindahan alam.
  2. Kolam ikan yang menawan: terdapat beberapa kolam ikan yang menawan dengan berbagai jenis ikan yang berenang di dalamnya. Kolam ini dikelilingi oleh tumbuhan dan bunga yang membuat pengunjung merasa seperti berada di alam liar.
  3. Wahana permainan untuk anak-anak: menyediakan berbagai wahana permainan untuk anak-anak seperti taman bermain, ayunan, dan perosotan. Anak-anak dapat bermain dan bersenang-senang di sini sambil menikmati keindahan taman.
  4. Tempat yang cocok untuk piknik: adalah tempat yang ideal untuk piknik bersama keluarga atau teman-teman. Pengunjung dapat membawa bekal dan menikmati makanan dan minuman di area yang disediakan.
  5. Tempat yang cocok untuk mengambil foto: memiliki banyak spot yang indah untuk mengambil foto, seperti taman bunga, kolam ikan, dan wahana permainan. Pengunjung dapat mengabadikan momen indah di sini.
  6. Area olahraga: juga menyediakan area jogging dan trek bersepeda untuk pengunjung yang ingin berolahraga.
  7. Kegiatan edukasi: sering mengadakan kegiatan edukasi seperti pelatihan bercocok tanam dan workshop tata bunga. Pengunjung dapat mengikuti kegiatan ini untuk belajar lebih banyak tentang bunga dan tumbuhan.

Dengan berbagai daya tarik yang dimilikinya, Taman Puspa Gading menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bagi pengunjung yang ingin bersantai, bermain, berolahraga, atau belajar, taman ini dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Fasilitas

Menawarkan berbagai fasilitas untuk memudahkan pengunjung dalam menikmati keindahan alam dan kebun bunga yang ada di dalamnya. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Taman Puspa Gading:

  1. Area parkir: memiliki area parkir yang cukup luas sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kesulitan mencari tempat parkir untuk kendaraan.
  2. Kios makanan dan minuman: Di area tersedia kios makanan dan minuman yang menjual berbagai macam makanan ringan, minuman segar, serta jajanan khas Yogyakarta.
  3. Toilet: juga menyediakan toilet umum yang bersih dan terawat untuk kenyamanan pengunjung.
  4. Area duduk: Terdapat beberapa tempat duduk di sepanjang jalan di dalam Taman Puspa Gading yang memungkinkan pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati keindahan taman dan bunga yang ada.
  5. Area bermain anak: Di area terdapat area bermain anak yang dilengkapi dengan permainan yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak.
  6. Area foto: Di sepanjang jalan di dalam terdapat beberapa spot foto yang indah yang cocok untuk dijadikan latar belakang foto atau selfie.
  7. Pemandu wisata: juga menyediakan pemandu wisata yang siap membantu pengunjung dalam menjelajahi taman dan memberikan informasi mengenai berbagai jenis bunga dan tanaman yang ada di dalamnya.
  8. Tempat beribadah: Di dalam terdapat mushola yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin beribadah.

Memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai untuk memudahkan pengunjung dalam menikmati keindahan alam dan kebun bunga yang ada di dalamnya. Semua fasilitas yang tersedia di Taman Puspa Gading juga terawat dengan baik untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung.

See also  Hobbit Hill Cileungsi: Tempat Magis untuk Menikmati Kuliner dan Alam

Tiket Masuk

Untuk masuk, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk yang harganya cukup terjangkau. Berikut ini adalah harga tiket masuk Taman Puspa Gading:

  • Dewasa: Rp 5.000,-
  • Anak-anak: Rp 3.000,-

Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk akses masuk ke Taman Puspa Gading dan penggunaan fasilitas yang tersedia di dalamnya, seperti toilet umum, tempat duduk, dan area bermain anak. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dan kebun bunga yang ada di dalam Taman Puspa Gading tanpa tambahan biaya.

Namun, jika pengunjung ingin mengambil foto menggunakan kamera profesional, terdapat biaya tambahan sebesar Rp 50.000,- per kamera. Selain itu, jika pengunjung membawa kendaraan pribadi, terdapat biaya parkir sebesar Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Harga tiket masuk Taman Puspa Gading cukup terjangkau dan sebanding dengan keindahan alam dan kebun bunga yang ada di dalamnya. Dengan harga tiket yang relatif murah, pengunjung dapat menikmati liburan bersama keluarga atau teman-teman dengan budget yang terbatas.

Penginapan

Beberapa pilihan penginapan yang dapat menjadi referensi bagi pengunjung yang ingin menginap di dekat Taman Puspa Gading adalah:

  1. Omah Eling Guesthouse Alamat: Jl. Godean Km. 6,8 No. 180, Grujugan, Bantul, Yogyakarta Jarak sekitar 2,5 km Fasilitas: kamar mandi dalam, AC, WiFi, kolam renang outdoor, taman
  2. Pondok Keluarga Osamaliki Alamat: Jl. Manggis No. 80, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta Jarak sekitar 4 km Fasilitas: kamar mandi dalam, AC, WiFi, parkir gratis, taman
  3. KoolKost Syariah @Taman Siswa Alamat: Jl. Taman Siswa No. 42, Yogyakarta Jarak sekitar 8,5 km Fasilitas: kamar mandi dalam, AC, WiFi, parkir gratis
  4. Grand Tjokro Yogyakarta Alamat: Jl. Gejayan No. 37, Yogyakarta Jarak ke sekitar 11 km Fasilitas: kamar mandi dalam, AC, WiFi, kolam renang outdoor, restoran, bar
  5. The Phoenix Hotel Yogyakarta – MGallery Collection Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 9, Yogyakarta Jarak sekitar 11,5 km Fasilitas: kamar mandi dalam, AC, WiFi, kolam renang outdoor, spa, restoran, bar

Pengunjung dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka. Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan pilihan penginapan lain di sekitar area Bantul dan Yogyakarta yang lebih dekat atau lebih jauh dari Taman Puspa Gading.

Hotel Dekat

Terdapat beberapa hotel yang dapat menjadi pilihan. Berikut ini adalah beberapa hotel yang terletak dekat dengan Taman Puspa Gading:

  1. LPP Garden Hotel: Hotel ini terletak sekitar 1,6 km dan memiliki fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan akses Wi-Fi gratis.
  2. Alam Jogja Resort: Hotel ini terletak sekitar 2,5 km dan menawarkan suasana pedesaan yang tenang serta kolam renang, restoran, dan taman.
  3. Griya Desa Hotel and Restaurant: Hotel ini terletak sekitar 3,5 km dan menawarkan kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan akses Wi-Fi gratis.
  4. The Atrium Hotel and Resort Yogyakarta: Hotel ini terletak sekitar 4,3 km dan menawarkan kamar yang nyaman serta fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan akses Wi-Fi gratis.
  5. Puri Artha Hotel: Hotel ini terletak sekitar 6 km dan memiliki fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan taman yang asri.

Hotel-hotel tersebut menawarkan berbagai fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung dan dapat menjadi pilihan untuk menginap di dekat Taman Puspa Gading. Namun, pastikan Anda melakukan reservasi terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan kamar dan mendapatkan harga terbaik.

Kuliner

Memiliki beberapa tempat makan yang dapat dijadikan pilihan untuk mengisi perut setelah berkeliling taman. Berikut adalah beberapa kuliner yang dapat ditemukan di Taman Puspa Gading Tegaldowo:

  1. Warung Sate Mbok Sum: Warung sate yang terletak di area parkir ini menyajikan sate daging sapi, ayam, dan kelinci yang lezat. Harganya pun terjangkau, sehingga cocok bagi pengunjung yang ingin mencicipi kuliner khas Yogyakarta.
  2. Rumah Makan Nasi Pecel Pak Mardi: Rumah makan yang terletak di Jalan Parangtritis, Bantul ini menyajikan nasi pecel dengan pilihan lauk yang beragam, seperti tempe, tahu, sayur, dan sate kelinci. Harganya pun terjangkau dan rasanya pun enak.
  3. Warung Makan Ayam Goreng Kalasan: Warung makan yang terletak di Jalan Parangtritis, Bantul ini menyajikan ayam goreng kalasan yang lezat dengan bumbu khas Jawa. Selain ayam goreng, warung ini juga menyajikan beberapa jenis makanan lain, seperti nasi goreng, mie goreng, dan lain-lain.
  4. Jajanan Pasar: Di sekitar Taman juga terdapat banyak pedagang jajanan pasar yang menjajakan berbagai macam makanan dan minuman, seperti klepon, cenil, ketan, es campur, dan lain-lain. Pengunjung dapat mencicipi jajanan pasar yang khas di daerah Yogyakarta ini.
  5. Kedai Kopi dan Teh: juga memiliki kedai kopi dan teh yang dapat dijadikan tempat bersantai sambil menikmati minuman kopi atau teh yang lezat. Kedai ini juga menyajikan beberapa macam makanan ringan, seperti roti bakar dan pisang goreng.
See also  Pendhapa Art Space, Pesona Beragam Karya Seni di Jogja

Itulah beberapa pilihan kuliner yang dapat ditemukan di Taman Puspa Gading. Pengunjung dapat mencicipi kuliner khas Yogyakarta dan mencari spot-tempat yang nyaman untuk bersantai dan menikmati suasana.

Tempat Makan

Jika Anda mencari tempat makan di sekitar Taman Puspa Gading, terdapat beberapa pilihan restoran dan warung makan yang dapat Anda kunjungi. Berikut ini adalah beberapa tempat makan yang dapat Anda coba:

  1. Rumah Makan Mbah Cemplung: Restoran ini terletak sekitar 1,5 km dan menyajikan berbagai menu masakan tradisional Indonesia, seperti nasi liwet dan soto.
  2. Warung Makan Bu Tinah: Warung makan ini terletak sekitar 2,5 km dan menyajikan berbagai menu masakan Indonesia yang lezat dengan harga yang terjangkau.
  3. Lekker Soto Ayam: Warung makan ini terletak sekitar 3 km dan menyajikan soto ayam yang lezat dengan variasi topping yang beragam.
  4. Dapur Desa Resto: Restoran ini terletak sekitar 4 km dan menyajikan menu masakan tradisional Indonesia dengan konsep makanan ala kampung.
  5. Bakso Pak Gendut: Warung makan ini terletak sekitar 5 km dan menyajikan bakso yang lezat dengan daging sapi pilihan dan kuah yang kaya rasa.

Tempat makan-makan tersebut dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mencoba berbagai menu masakan Indonesia yang lezat dan autentik. Pastikan Anda mencari informasi terkait jam buka dan harga makanan sebelum berkunjung ke tempat makan tersebut.

Spot Foto

Menawarkan banyak spot foto yang menarik dan instagramable. Beberapa spot foto yang dapat menjadi pilihan bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen di Taman Puspa Gading antara lain:

  1. Gerbang Masuk Gerbang masuk dengan latar belakang bangunan yang berwarna-warni dapat menjadi spot foto yang menarik.
  2. Rumah Joglo Rumah Joglo yang berada di tengah taman merupakan bangunan tradisional Jawa yang indah dan unik. Pengunjung dapat berfoto di depan rumah Joglo atau di dalamnya.
  3. Area Taman memiliki taman yang luas dengan berbagai macam jenis tanaman dan bunga. Pengunjung dapat berfoto di antara bunga-bunga yang berwarna-warni.
  4. Gazebo juga memiliki beberapa gazebo yang cocok untuk bersantai atau berfoto.
  5. Jembatan Gantung Jembatan gantung yang melintasi sungai kecil dapat menjadi spot foto yang menarik dengan latar belakang air dan pepohonan hijau.
  6. Area Air Terjun memiliki air terjun buatan yang indah dan menarik untuk dijadikan latar belakang foto.
  7. Kolam Ikan Kolam ikan juga bisa menjadi spot foto yang menarik dengan latar belakang ikan-ikan yang berenang dan pepohonan di sekitarnya.

Pengunjung dapat mengeksplorasi Taman Puspa Gading dan mencari spot foto yang paling cocok sesuai dengan selera dan gaya fotografi mereka.

Wisata Sekitar

Jika Anda ingin mengeksplorasi tempat wisata di sekitar Taman Puspa Gading, ada beberapa pilihan yang dapat Anda kunjungi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang dapat Anda jelajahi:

  1. Pantai Parangtritis: Pantai yang terkenal di Yogyakarta ini terletak sekitar 15 km dan menawarkan pemandangan pantai yang indah serta berbagai aktivitas seperti surfing, paralayang, dan berkuda.
  2. Candi Prambanan: Candi Hindu terbesar di Indonesia ini terletak sekitar 25 km dan menjadi salah satu warisan budaya dunia UNESCO yang wajib dikunjungi.
  3. Taman Sari: Kawasan istana keraton Yogyakarta ini terletak sekitar 12 km dan menyajikan sejarah kerajaan Yogyakarta serta bangunan-bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.
  4. Puncak Becici: Bukit dengan ketinggian sekitar 200 meter ini terletak sekitar 17 km dan menawarkan pemandangan indah Kota Yogyakarta serta matahari terbenam yang spektakuler.
  5. Goa Jomblang: Goa alam yang terkenal dengan formasi batu kapur dan sinar matahari yang masuk melalui lubang di atap goa ini terletak sekitar 25 km.

Tempat-tempat wisata tersebut menawarkan keindahan alam, sejarah, serta budaya yang beragam. Pastikan Anda mencari informasi terkait jam buka, harga tiket masuk, serta tips berkunjung sebelum menjelajahi tempat-tempat tersebut.

Review Review Taman Puspa Gading, Wisata Edukasi di Jogja.

Your email address will not be published. Required fields are marked *