25 Ulasan Menarik Puncak 2000 Siosar, Wisata Negeri Diatas Awan

Anda ingin menikmati pemandangan Gunung Sinabung yang indah dari ketinggian? Jika demikian, destinasi terbaik untuk menyaksikan keajaiban alam di Tanah Karo adalah Siosar. Meskipun awalnya daerah ini digunakan sebagai tempat pengungsian, namun kini Puncak 2000 menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Potret Siosar dan Puncak 2000 Terkini yang Semakin Hits!
Potret Siosar dan Puncak 2000 Terkini yang Semakin Hits!

Perjalanan menuju Siosar adalah pengalaman yang menyenangkan, dengan awan-awan yang tergumpal dan pepohonan hijau sebagai teman setia di sepanjang jalan. Perjalanan ini akan membawa Anda ke puncak Puncak 2000. Di sini, Anda akan menemukan bangunan-bangunan unik yang teratur dan beberapa kafe menarik seperti Zia Coffee dan Madu Efi.

Tidak dapat dilupakan adalah sejarah Siosar yang bermula dari letusan dahsyat Gunung Sinabung beberapa tahun yang lalu. Akibat bencana ini, penduduk yang tinggal di zona merah terpaksa dievakuasi ke berbagai tempat.

Siosar menjadi lokasi relokasi tahap 1 yang pertama kali disiapkan oleh pemerintah. Sekitar 900 unit rumah telah dibangun di bawah Bukit 2000 sebagai tempat tinggal bagi para pengungsi. Selain itu, juga dibangun fasilitas ibadah, gereja, masjid, sekolah, dan sarana publik lainnya.

Pengungsi dari lereng Gunung Sinabung tidak hanya dibiarkan begitu saja. Mereka diberikan pengetahuan dan keterampilan agar dapat memulai kehidupan baru. Potensi pariwisata di Siosar juga dimanfaatkan dengan baik, terutama keindahan puncak bukit yang semakin terkenal dan diminati oleh wisatawan.

Siosar berada di ketinggian sekitar 1.491 mdpl, sehingga banyak yang menyebut sebagai kawasan Negeri di Atas Awan versi Kabupaten Karo. Di depannya, terhampar megah barisan pegunungan Bukit Barisan. Bukit-bukit kecilnya menampilkan panorama hijau yang memukau yang dapat dinikmati sejauh mata memandang.

Sekilas Tentang Puncak 2000 Siosar

Apakah Anda ingin melihat pemandangan pegunungan dari ketinggian? Ada banyak puncak yang bisa Anda kunjungi di sekitar Medan untuk menikmati pemandangan yang Anda cari, tetapi jangan lewatkan Puncak 2000 Siosar.

Di puncak ini, Anda akan menemukan berbagai hal menarik. Tidak hanya pemandangan pegunungan saja, tetapi juga bonus-bonus lain yang akan membuat Anda terpesona. Untuk memberikan gambaran singkat tentang wisata puncak ini, berikut beberapa informasi tentang Puncak 2000 Siosar.

Puncak 2000 Siosar terletak di Bukit 2000 Siosar Kabanjahe. Awalnya, kawasan ini merupakan tempat relokasi bagi pengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung. Sebelum itu, kawasan ini adalah hutan yang luas. Dataran tinggi ini dikenal sebagai Dataran Tinggi Siosar dan berada di Kabupaten Karo.

Seiring dengan perkembangan, di sini telah dibangun hunian baru untuk pengungsi. Hingga tahun 2019, pembangunan masih berlanjut dan mencapai tahap ketiga dari total 892 unit hunian yang direncanakan.

Selain hunian, pemerintah pusat dan daerah juga membangun infrastruktur penting seperti balai pertemuan, sekolah dasar, dan tempat ibadah untuk melengkapi kawasan ini.

Saat ini, area tersebut telah bertransformasi menjadi tempat wisata yang sangat populer dengan sudut-sudut yang instagramable, akomodasi penginapan, dan wahana.

Berada pada ketinggian 1.750 mdpl, tempat ini menjadi tujuan favorit bagi wisatawan lokal maupun dari luar Kota Medan.

Alamat Lengkap Akses Lokasi Rute

Alamat lengkap dan akses lokasi ke Puncak 2000 Siosar di Nagara, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22171 adalah sebagai berikut:

Alamat: Puncak 2000 Siosar Nagara, Merek Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22171

Berikut adalah rute akses lengkap ke Siosar dari dua titik utama, yaitu melalui Kabanjahe via Desa Kacinambun dan melalui Merek melewati Pertibitembe:

Rute melalui Kabanjahe via Desa Kacinambun:

  1. Mulailah perjalanan dari Kabanjahe.
  2. Ikuti jalan menuju Desa Kacinambun.
  3. Dari Desa Kacinambun, teruskan perjalanan menuju Pertibitembe.
  4. Setelah melewati Pertibitembe, ikuti jalan menuju Puncak 2000 Siosar.
  5. Selama perjalanan, perhatikan rambu-rambu dan petunjuk arah yang mengarah ke Siosar.

Rute melalui Merek melewati Pertibitembe:

  1. Mulailah perjalanan dari Merek.
  2. Ikuti jalan menuju Pertibitembe.
  3. Dari Pertibitembe, lanjutkan perjalanan menuju Puncak 2000 Siosar.
  4. Pastikan untuk memperhatikan rambu-rambu dan petunjuk arah yang mengarah ke Siosar selama perjalanan.

Alamat Siosar berada di Pertibi Lama, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, tepat di perbatasan antara Karo dan Dairi. Jaraknya sekitar 20,3 km (40 menit perjalanan) dari Kabanjahe dan sekitar 3 jam perjalanan dari Medan.

Meskipun kondisi jalan ke Siosar umumnya optimal, terdapat 200 meter jalur yang sedikit berkelok-kelok dan menanjak menuju Puncak 2000. Meskipun tidak terlalu berbahaya, disarankan bagi pengunjung untuk tetap berhati-hati saat melewati rute tersebut. Selalu perhatikan kecepatan dan ikuti petunjuk arah untuk keselamatan selama perjalanan.

Tiket Masuk

Puncak 2000 Siosar merupakan destinasi wisata yang terletak di ketinggian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Awalnya, tempat ini dijadikan sebagai lokasi relokasi bagi para pengungsi Gunung Sinabung. Di bawahnya, terdapat sekitar 900 unit rumah yang dibangun untuk para pengungsi. Namun, melihat potensi alam sekitar, tempat ini kemudian berubah menjadi objek wisata yang menarik.

Puncak 2000 Siosar menawarkan pemandangan alam yang indah di area pegunungan. Para wisatawan dapat menikmati kegiatan berenang dan menikmati wahana Mountain Slide yang menjadi wahana baru yang ditawarkan di sana. Terdapat juga kafe yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman, serta berbagai daya tarik lainnya. Bagi wisatawan yang ingin menginap di kawasan puncak ini, tersedia juga vila-vila yang dapat disewa.

Untuk masuk ke Puncak 2000 Siosar, terdapat tiket masuk yang harus dibayar. Namun, tidak perlu khawatir karena harga tiket masuknya masih terjangkau. Berikut adalah harga tiket masuk:

Biaya masuk:

  • Tiket Masuk Pertama: Rp15.000
  • Tiket Masuk Wisata: Rp10.000

Biaya kolam renang:

  • Harga kolam renang: Rp 70.000

Tarif parkir:

  • Sepeda motor: Rp 5.000
  • Mobil: Rp 10.000
  • Bus: Rp 20.000

Dengan harga tiket yang ramah di kantong, wisatawan dapat menikmati keindahan alam di Puncak 2000 Siosar dan menikmati fasilitas yang disediakan di sana.

Puncak 2000 Siosar memiliki jam operasional yang memungkinkan pengunjung menikmati objek wisata ini mulai dari pagi hingga malam hari.

Jam Buka: Setiap Hari: 09:00 – 22:00 WIB

Dengan jam operasional tersebut, pengunjung memiliki waktu yang cukup luas untuk menikmati keindahan alam dan fasilitas yang disediakan di Puncak 2000 Siosar.

Fasilitas

Objek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang baik. Mulai dari toilet, musala, hingga lahan parkir yang luas. Di sepanjang jalan juga terdapat berbagai kafe dan warung makan yang tersedia. Para wisatawan juga dapat menemukan berbagai vila dan penginapan lainnya di sekitar objek wisata ini. Dengan adanya fasilitas-fasilitas ini, pengunjung dapat lebih nyaman dan terlayani dengan baik selama mengunjungi objek wisata tersebut.

Sejarah

Sejarah Puncak 2000 Siosar berawal dari peristiwa bencana alam yang terjadi di wilayah Karo, yaitu erupsi Gunung Sinabung. Pada tahun 2010, Gunung Sinabung yang sebelumnya dalam keadaan tidak aktif tiba-tiba meletus setelah puluhan tahun tidak aktif. Erupsi ini menyebabkan ribuan penduduk harus dievakuasi dan kehilangan tempat tinggal mereka.

Sebagai upaya untuk menyediakan tempat tinggal bagi para pengungsi, Pemerintah Kabupaten Karo mengalokasikan lahan di Bukit Siosar sebagai lokasi relokasi. Pembangunan rumah-rumah untuk pengungsi dilakukan secara bertahap, dan seiring berjalannya waktu, kawasan ini berkembang menjadi pusat relokasi yang terdiri dari beberapa unit rumah, fasilitas umum, dan sarana publik.

See also  Ulasan Lengkap Kampung Sampireun Resort Garut

Namun, dengan melihat potensi keindahan alam yang dimiliki oleh Bukit Siosar, Pemerintah Kabupaten Karo kemudian memutuskan untuk mengembangkan kawasan ini menjadi objek wisata. Dengan keadaan geografis yang berada di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, Puncak 2000 Siosar menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk.

Sejak diresmikan sebagai objek wisata, Puncak 2000 Siosar semakin populer di kalangan wisatawan, baik dari dalam maupun luar daerah. Keindahan alam, wahana permainan, fasilitas penginapan, dan berbagai spot foto menarik membuat tempat ini menjadi tujuan liburan yang diminati. Sejarahnya yang bermula dari bencana alam menjadikan Puncak 2000 Siosar sebagai simbol perjuangan dan perubahan yang positif bagi masyarakat setempat.

Larangan Dan Aturan

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung serta menjaga kelestarian lingkungan, terdapat beberapa larangan dan aturan yang berlaku di Puncak 2000 Siosar. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Larangan membawa senjata tajam dan bahan peledak: Untuk menjaga keamanan, dilarang membawa senjata tajam atau bahan peledak ke dalam kawasan wisata.
  2. Larangan merusak atau mencemarkan lingkungan: Pengunjung diharapkan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Dilarang membuang sampah sembarangan dan merusak tanaman serta fasilitas yang ada.
  3. Aturan berpakaian sopan: Dalam kawasan wisata, pengunjung diharapkan untuk berpakaian sopan dan tertutup. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu terbuka atau provokatif.
  4. Patuhi petunjuk dan peraturan keselamatan: Setiap wahana permainan atau aktivitas wisata memiliki petunjuk dan peraturan keselamatan yang harus diikuti oleh pengunjung. Patuhi petunjuk tersebut untuk menjaga keamanan diri sendiri dan orang lain.
  5. Larangan membawa hewan peliharaan: Biasanya dilarang membawa hewan peliharaan ke dalam kawasan wisata, kecuali ada ketentuan khusus yang mengizinkannya.
  6. Patuhi aturan jam operasional: Puncak 2000 Siosar memiliki jam operasional yang telah ditentukan. Patuhi aturan tersebut untuk memastikan pengalaman wisata yang optimal.

Selalu perhatikan petunjuk dan pengumuman yang ada di kawasan wisata, serta menghormati aturan yang berlaku. Dengan mematuhi larangan dan aturan tersebut, kita dapat menjaga kelestarian lingkungan dan memastikan keamanan serta kenyamanan bagi semua pengunjung.

Aktivitas

Puncak 2000 Siosar, Wisata ke Negeri di Atas Awan
Puncak 2000 Siosar, Wisata ke Negeri di Atas Awan

Pada tahun ini, Siosar Puncak 2000 telah menjadi pilihan liburan terbaik bagi para pelancong dari berbagai daerah. Liburan ke sini menawarkan berbagai pilihan wisata yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Selain menikmati keindahan alam di ketinggian 2000 mdpl, wisatawan juga dapat menikmati berbagai atraksi wisata yang seru. Seperti bermain dengan wahana pilihan yang menarik, menikmati secangkir kopi, menikmati staycation, atau bahkan hanya bersantai dan berfoto-foto yang juga sangat menyenangkan.

Di sini, terdapat wajah baru dan menjadi ikon baru dari wisata Puncak Siosar 2000. Terdapat wahana Pelosotan Bukit yang menarik dan sebuah kolam renang yang menjadi daya tarik utama yang memikat setiap mata pengunjung wisatawan.

Melihat Pemandangan Bukit Barisan

Puncak 2000 Siosar, yang berada di ketinggian hampir 2.000 meter di atas permukaan laut, menawarkan keindahan yang memukau. Di sepanjang jalan, terdapat pepohonan, kebun buah, dan kebun sayur yang menciptakan pemandangan yang memikat. Udara sejuk menemani setiap perjalanan menuju objek wisata ini.

Dari puncak, pengunjung dapat mengabadikan momen dengan latar belakang megahnya Pegunungan Bukit Barisan. Deretan perbukitan dengan berbagai bentuk menciptakan pemandangan yang artistik. Warna hijau dari pepohonan dan kebiruan menambah keindahannya. Langit biru dan awan putih yang unik melengkapi pemandangan tersebut.

Pada cuaca cerah, pengunjung dapat melihat awan-awan yang hampir menyentuh tanah, sebagian menutupi bagian perbukitan dan menciptakan efek bayangan yang gelap. Ketika cuaca mendung, pemandangan yang lebih unik menanti. Kabut dan embun memberikan sentuhan mistis, menciptakan atmosfer yang memikat dan mengundang untuk diabadikan lewat lensa kamera.

Berenang Dan Bermain Mountain Slide

Meski suasana sejuk, para wisatawan tidak boleh melewatkan wahana yang menarik ini, yaitu kolam renang. Kolam renang tersebut terletak di atas bukit. Sambil berenang, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari bukit yang mengagumkan. Rasanya, kesejukan udara tak terasa saat menikmati pemandangan yang menakjubkan ini.

Terdapat dua kolam renang di sini, yaitu kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak. Perbedaan kolam renang ini terletak pada kedalaman airnya. Yang lebih menarik lagi, terdapat wahana mountain slide yang langsung menuju ke kolam renang. Mountain slide adalah sebutan untuk wahana seluncuran yang baru-baru ini hadir.

Seluncuran ini terdiri dari dua lintasan terpisah yang dibatasi oleh pembatas kecil. Setiap lintasan memiliki warna pelangi yang membuatnya terlihat semakin meriah. Untuk meluncur, pengunjung harus menggunakan ban seluncur sehingga mereka dapat terapung di kolam renang. Lintasannya cukup panjang dan meluncur dengan kemiringan 45 derajat dari atas menuju kolam renang.

Menikmati Malam Penuh Bintang

Objek wisata ini tetap buka hingga malam hari, dan pada malam harinya, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan langit yang penuh bintang yang memukau.

Dari puncak ini, langit terlihat bersinar dengan gemerlap bintang yang tampak tersebar dari ujung ke ujung. Ketika pandangan turun ke bawah, cahaya lampu kendaraan dan rumah-rumah menciptakan ilusi seperti bintang-bintang yang bersinar. Cahaya putih dan kuning bergantian, memberikan pesona yang menakjubkan.

Baik dari atas maupun dari bawah, pengunjung dapat menikmati keindahan cahaya yang mempesona. Cahaya bintang yang memancar di langit dan cahaya lampu yang berkilauan di kawasan di bawahnya, menciptakan pemandangan yang menakjubkan dan memukau.

Berbelanja Di Kebun Buah Dan Sayur

Di sekitar objek wisata, belum banyak terdapat toko suvenir. Namun, para wisatawan memiliki alternatif lain yaitu berbelanja di kebun buah dan sayur sebagai oleh-oleh.

Beberapa warga sekitar membuka kebun buah dan sayur mereka, dan para wisatawan diperbolehkan untuk memetik langsung sebagai oleh-oleh. Jeruk dan markisa adalah buah-buahan yang biasanya menjadi pilihan oleh-oleh. Kedua buah ini merupakan buah khas daerah tersebut.

Bermain Layang-Layang

Puncak 2000 Siosar adalah area yang sangat cocok untuk bermain layang-layang karena angin yang cukup kencang di sana. Terutama jika Anda datang bersama anak-anak, pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa terbangkan layang-layang dengan mudah.

Namun, bermain layang-layang di bukit memiliki perbedaan dengan bermain di pantai. Cuaca menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan ini. Cuaca yang awalnya cerah dapat tiba-tiba berubah menjadi mendung dan berkabut, membuat layang-layang tidak terlihat. Hal ini perlu diperhatikan agar dapat menikmati kegiatan bermain layang-layang dengan aman dan menyenangkan.

Bersantai Di Zia Coffee

Zia Coffee merupakan kafe favorit yang terletak di pinggir jalan sebelum mencapai Puncak 2000 Siosar. Kafe ini menjadi tujuan wisatawan yang sedang menuju atau meninggalkan puncak. Desain kafe ini sangat unik, dengan atap dan dinding berbentuk segitiga serta jendela kaca besar. Hal ini membuatnya terlihat lebih seperti rumah yang nyaman daripada sekadar kafe.

Menu kuliner dan camilan beragam tersedia di daftar menu Zia Coffee. Para wisatawan dapat menikmati hidangan sambil menikmati pemandangan, karena terdapat bangku-bangku di area luar kafe. Kafe ini juga memiliki sebuah bangunan dengan kincir angin di atasnya, mirip dengan bangunan di negeri Belanda.

Selain itu, di depan kafe terdapat kebun bunga yang luas. Ketika bunga-bunga tersebut mekar, mereka akan memancarkan warna-warna yang indah. Zia Coffee juga menyediakan wahana ATV bagi para wisatawan yang ingin berkeliling. Lintasan perbukitan yang disediakan akan menambah keseruan dalam mengendarai ATV.

Spot Foto

Di Puncak 2000 Siosar, terdapat banyak spot yang cocok untuk berfoto. Beberapa spot foto yang populer di antaranya adalah:

  1. Puncak Bukit: Dengan latar belakang pemandangan bukit dan pegunungan, spot ini menawarkan panorama yang indah untuk mengabadikan momen liburan Anda.
  2. Kafe Zia Coffee: Dengan desain bangunan yang unik dan kincir angin di atasnya, kafe ini menjadi latar yang menarik untuk foto selfie atau foto kelompok.
  3. Kolam Renang: Di sisi kolam renang, Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang air segar dan pemandangan bukit di sekitarnya.
  4. Pelosotan Bukit: Spot baru ini menawarkan kegiatan menyenangkan dan juga bisa menjadi latar belakang yang menarik untuk foto aksi atau foto candid.
  5. Kebun Bunga: Jika sedang mekar, kebun bunga di sekitar kawasan dapat menjadi tempat yang indah untuk berfoto dengan latar belakang warna-warni bunga yang cantik.
See also  Wisata Pereng Cilongok Waterpark Wisata Edukasi di Banyumas

Pastikan Anda menjaga keamanan dan tidak mengganggu pengunjung lain saat mengambil foto di spot-spot ini.

Keunikan Daya Tarik

Puncak 2000 merupakan salah satu simbol dan tujuan wisata yang terkenal di Siosar, bahkan sebelum pusat relokasi di Kabupaten Karo ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Meskipun bukit ini tidak terlalu tinggi, keindahan yang ditawarkannya sungguh menakjubkan, baik pada siang hari maupun malam hari.

Para penggemar fotografi sering kali memilih Puncak 2000 sebagai tempat untuk memotret Gunung Sinabung. Ketika tim Pariwisata Sumut Net mengunjungi bukit ini sekitar tahun 2015, pemandangan yang ditemui benar-benar memukau. Jika gunung tertinggi di Karo sedang meletus, kita dapat memotret keindahan alamnya dengan sempurna.

Rumpun tumbuhan hijau yang menyerupai savana memberikan kesan ketenangan yang khas saat kita berada di Puncak 2000. Seiring berlalunya waktu, langit senja akan memancarkan cahaya kemerahan dan secara perlahan mengubah pemandangan sekitarnya dengan sentuhan hangat matahari terbenam.

Relokasi Siosar merupakan salah satu tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan. Tempat pemukiman ini mirip komplek perumahan yang dikelilingi oleh perbukitan. Karena berada di bawah bukit, kita dapat dengan bebas menikmati panorama dari berbagai sisi.

Para warga yang tinggal di relokasi pengungsi Gunung Sinabung ini sangat ramah terhadap setiap pengunjung. Selain berkebun, mereka juga membuka berbagai usaha yang mendukung pariwisata di Siosar. Beberapa di antaranya adalah berdagang makanan dan menjual camilan ringan.

Kolam Renang

Salah satu hal yang membuat Puncak 2000 Siosar semakin menarik dan tak pernah membosankan bagi setiap wisatawan adalah adanya kolam renang yang dapat memenuhi keinginan atraksi bagi mereka yang ingin menghabiskan liburan dengan lebih seru dan berkesan.

Dengan suasana perbukitan di ketinggian 2000 mdpl, para wisatawan dapat menikmati berenang sambil menikmati keindahan alam yang mempesona di sekitar mereka. Kolam renang ini terletak di ketinggian, sehingga para pengunjung seakan-akan berenang di atas bukit. Dari sini, mereka dapat langsung menyaksikan keindahan bukit dan pegunungan Siosar.

Kolam renang ini dirancang dengan desain yang unik, menjadikannya daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Mereka dapat berfoto-foto atau membuat video untuk konten mereka. Meskipun kolam ini tidak terlalu luas, baik untuk kolam orang dewasa maupun kolam anak-anak, namun tetap menjadi tempat yang menyenangkan untuk dicoba saat liburan di Siosar.

Bagi yang tertarik untuk mencoba atraksi wisata ini, penting untuk mengetahui informasi tentang retribusi atau biaya yang harus dikeluarkan. Untuk menikmati wahana kolam renang ini, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp70.000 per orang.

Mountain Slide

Satu spot yang akan membuat Anda terkagum-kagum dan menjadikan tempat ini sebagai wisata baru di Kabupaten Karo adalah pelosotan bukit yang ada di Siosar. Jika dilihat-lihat, pelosotan ini sedikit mirip dengan Mountain Slide yang ada di Hutan Pinus Limpakuwus di Jawa Tengah.

Bagi yang penasaran, Anda bisa langsung mengunjungi Wisata Hutan Pinus Limpakuwus: Mountain Slide, Camping, Aktivitas Wisata, Ragam Pesona, Tiket Masuk & Lokasi. Spot ini sangat cocok untuk diabadikan dalam foto-foto Instagram, dan tak heran banyak pelancong yang penasaran dengan wajah baru Puncak Siosar 2000 ini.

Meskipun tinggi pelosotan ini tidak terlalu tinggi, namun sangat menyenangkan untuk dicoba, terutama ketika meluncur dari ketinggian dan mendarat langsung di dalam kolam. Sensasi tersebut pasti mengasyikkan, dengan semburan air yang langsung menyegarkan wajah Anda.

Warna cerah dan beraneka ragam pada pelosotan ini membuatnya selalu menarik perhatian para wisatawan, dan persiapan topografi menjadi hal utama sebelum mencoba wahana ini.

Di sekitar lokasi, spot baru ini juga menjadi tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbenam. Sambil menunggu cahaya jingga memenuhi langit di atas puncak, ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan.

Sunrise Dan Sunset

Puncak 2000 Siosar menawarkan pemandangan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) yang memukau. Spot ini menjadi tempat favorit para wisatawan untuk menyaksikan momen indah tersebut.

Untuk menikmati sunrise, disarankan untuk datang lebih awal dan mendaki ke puncak sebelum matahari terbit. Dari sana, Anda dapat menyaksikan langit yang perlahan berubah menjadi warna oranye dan merah muda, sementara sinar matahari muncul di balik pegunungan.

Sementara itu, untuk menikmati sunset, Anda bisa mengunjungi puncak menjelang sore hari. Dengan latar belakang Bukit Barisan yang megah, Anda akan disuguhkan pemandangan langit yang terpenuhi warna-warni saat matahari terbenam. Cahaya jingga dan keemasan yang memancar dari langit menciptakan pemandangan yang memukau dan romantis.

Menyaksikan sunrise dan sunset di Puncak 2000 Siosar adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Momen tersebut akan memberikan keindahan dan kenangan tak terlupakan selama liburan Anda di sana.

Kuliner Tempat Makan

Zia Coffee memang terkenal tidak hanya sebagai kafe yang menyajikan berbagai jenis minuman kopi dan minuman lainnya, tetapi juga sebagai pusat kuliner halal yang lezat di Medan.

Di sini, Anda dapat memilih berbagai menu makanan yang ingin Anda pesan. Nikmatilah hidangan lezat ini sambil menikmati pemandangan alam yang mempesona di sekitar Anda. Dengan gabungan antara kelezatan kuliner dan keindahan alam, pengalaman kuliner di Zia Coffee akan menjadi sangat memuaskan.

Zia Coffee merupakan salah satu cafe dan vila yang terletak di Siosar. Cafe ini menawarkan pemandangan alam yang memukau dan memiliki kontur yang menyerupai tempat bermain teletubies.

Di Zia Coffee, pengunjung dapat menikmati udara segar sambil menyaksikan panorama alam yang luas. Spot menarik di cafe ini adalah sebuah bangunan yang dihias dengan kincir angin, sering digunakan sebagai latar belakang foto selfie oleh pengunjung.

Zia Coffee merupakan tempat nongkrong yang asik dan menyenangkan. Cafe ini memiliki desain yang menarik dengan bentuk segitiga, dinding kayu, dan kaca, memberikan nuansa yang berbeda dari tempat makan lainnya. Letaknya juga strategis karena berada di sisi jalan sebelum mencapai relokasi.

Cafe ini tidak hanya menyajikan berbagai hidangan lezat, tetapi juga menyediakan beberapa permainan bagi pengunjung yang ingin menikmati alam yang indah. Salah satunya adalah motor ATV yang dapat disewa per jam untuk menjelajahi bukit sekitar.

Bagi yang ingin menginap, terdapat vila-vila di Siosar yang bersebelahan dengan Zia Coffee. Konsep penginapan di sini cukup unik, dengan bangunan yang mayoritas mengadopsi arsitektur rumah Belanda. Selain nyaman, harga per malam untuk menginap di vila-vila tersebut juga terjangkau.

Dengan adanya Zia Coffee dan vila-vila di sekitarnya, pengunjung dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan menginap dengan nyaman sambil menikmati keindahan alam di Siosar.

Di Zia Coffee, pengunjung tidak hanya dapat menikmati suasana kafe yang nyaman, tetapi juga dapat merasakan keseruan dengan berbagai wahana permainan outdoor yang seru.

Salah satu wahana yang ditawarkan adalah permainan motor ATV. Pengunjung yang tertarik dapat menyewa unit ATV di tempat yang telah disediakan. Terdapat jalur khusus yang telah ditentukan untuk jenis permainan ini, sehingga pengunjung dapat merasakan keseruan dengan aman dan terkendali.

See also  Pesona Alam Cadas Ngampar: Wisata Terjangkau di Ciamis

Penginapan Hotel Dekat

Puncak 2000 Siosar menawarkan berbagai pilihan penginapan dan vila dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah penginapan bertema Glamour Camping atau glamping.

Salah satu pilihan penginapan yang dekat dengan Puncak 2000 Siosar adalah Glamping Kebun Efi. Di sini, tersedia akomodasi glamping dengan fasilitas lengkap. Harga penginapan di Glamping Kebun Efi juga terjangkau, mulai dari sekitar Rp250.000. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat peternakan madu di area glamping tersebut.

Bagi yang lebih suka menginap dengan kenyamanan, pilihan yang tepat adalah vila. Salah satunya adalah Villa Lorong Sempit yang terletak di kawasan Puncak 2000 Siosar. Villa ini menawarkan 5 kamar tidur dengan harga mulai dari sekitar Rp700.000-an. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, seperti teras, balkon, dan taman.

Dengan berbagai pilihan penginapan dan vila dengan harga terjangkau ini, para wisatawan dapat menikmati liburan di Siosar dengan nyaman dan sesuai dengan preferensi mereka.

Wisata Sekitar

Terdapat beberapa objek wisata menarik di sekitar Puncak 2000 Siosar yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Gunung Sinabung: Gunung Sinabung merupakan gunung api aktif yang terletak di Kabupaten Karo. Meskipun tidak dapat diakses langsung dari Puncak 2000 Siosar, Gunung Sinabung menawarkan pemandangan yang spektakuler dan merupakan destinasi menarik bagi para pendaki dan penggemar alam.
  2. Air Terjun Sipiso-Piso: Air Terjun Sipiso-Piso merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Karo, sekitar 45 km. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan menawarkan pemandangan alam yang memukau.
  3. Danau Toba: Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di Indonesia yang terletak sekitar 120 km. Danau ini menawarkan panorama indah dengan pulau Samosir di tengahnya. Wisatawan dapat menikmati pemandangan dan berbagai aktivitas air di danau ini.
  4. Desa Wisata Dokan: Desa Wisata Dokan terletak sekitar 12 km. Desa ini menawarkan pengalaman yang autentik dalam budaya Batak Karo, dengan rumah tradisional, kegiatan pertanian, dan kerajinan tangan lokal.
  5. Desa Wisata Lingga: Desa Wisata Lingga merupakan desa yang terletak sekitar 25 km. Desa ini menawarkan pengalaman mendalam tentang kehidupan masyarakat Batak Karo, dengan rumah tradisional, pertanian, dan tradisi lokal yang unik.
  6. Bukit Indah Simarjarunjung: Bukit Indah Simarjarunjung terletak sekitar 70 km. Bukit ini menawarkan pemandangan yang memukau dan menjadi tempat yang populer untuk menikmati sunset.

Selain objek wisata di atas, masih terdapat banyak tempat menarik lainnya di sekitar Puncak 2000 Siosar yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Pastikan untuk merencanakan perjalanan Anda dengan baik dan menjelajahi keindahan alam dan budaya yang ditawarkan oleh daerah ini.

Tips

Sebelum mengunjungi Siosar, ada beberapa tips yang direkomendasikan oleh Pariwisata Sumut Net agar liburanmu semakin menyenangkan:

  • Pastikan kendaraan pribadimu dalam kondisi prima karena terdapat tanjakan menuju Puncak 2000 yang cukup curam. Pastikan lampu penerangan kendaraan juga dalam kondisi baik.
  • Tidak perlu membawa makanan dan minuman karena terdapat banyak warung di sekitar untuk bersantap. Dengan cara ini, kamu juga dapat membantu perekonomian masyarakat setempat.
  • Jika berencana berkemah di Puncak 2000, pastikan untuk membawa perlengkapan tenda sendiri.
  • Jika ingin berfoto di cafe di bukit Siosar, lebih baik memesan menu sebagai tanda apresiasi kepada pemilik cafe.

Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik dan mengoptimalkan pengalaman liburanmu di Siosar.

Kekurangan

Seperti halnya destinasi wisata lainnya, Puncak 2000 Siosar juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh para wisatawan. Beberapa kekurangan tersebut antara lain:

  1. Akses Jalan: Akses masih memiliki beberapa jalan yang berkelok-kelok dan menanjak. Hal ini dapat menjadi tantangan bagi pengendara yang tidak terbiasa dengan medan seperti ini. Disarankan untuk menggunakan kendaraan yang dalam kondisi baik dan berhati-hati saat berkendara.
  2. Fasilitas Umum: Meskipun telah ada beberapa fasilitas umum, namun masih terdapat kekurangan dalam hal fasilitas seperti toilet umum dan tempat istirahat yang memadai. Pastikan untuk membawa keperluan pribadi Anda sendiri dan mengatur jadwal perjalanan dengan baik.
  3. Keramaian: Puncak 2000 Siosar menjadi semakin populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama saat musim liburan. Hal ini dapat menyebabkan keramaian dan antrian panjang di beberapa wahana atau tempat wisata di kawasan tersebut. Sebaiknya merencanakan kunjungan di luar jam sibuk atau mencari alternatif waktu yang lebih tenang untuk menghindari keramaian.
  4. Kurangnya Tempat Parkir: Dengan meningkatnya jumlah pengunjung, terkadang sulit menemukan tempat parkir yang memadai. Pastikan untuk datang lebih awal atau mencari area parkir alternatif jika area parkir utama sudah penuh.
  5. Keterbatasan Penginapan: Meskipun terdapat beberapa vila dan penginapan, namun jumlahnya masih terbatas. Jika Anda berencana untuk menginap di kawasan ini, disarankan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu agar mendapatkan tempat menginap yang sesuai dengan preferensi Anda.

Meskipun terdapat beberapa kekurangan, Puncak 2000 Siosar tetap menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan pengalaman wisata yang seru. Dengan perencanaan yang baik dan kesiapan yang memadai, Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan di kawasan ini.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar Puncak 2000 Siosar:

  1. Bagaimana cara menuju Puncak 2000 Siosar?
    • Dapat diakses melalui dua rute utama, yaitu melalui Kabanjahe melalui Desa Kacinambun dan melalui Merek yang melewati Pertibitembe. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi.
  2. Apa jam operasional Puncak 2000 Siosar?
    • Buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 22:00 WIB.
  3. Apakah ada biaya tiket masuk Puncak 2000 Siosar?
    • Tiket Masuk Pertama: Rp15.000
    • Tiket Masuk Wisata: Rp10.000
    • Namun, untuk beberapa wahana seperti kolam renang, terdapat biaya terpisah yang harus dibayar.
  4. Apa saja fasilitas yang tersedia di Puncak 2000 Siosar?
    • Terdapat beberapa fasilitas umum seperti toilet, musala, dan lahan parkir yang luas. Terdapat juga kafe, warung makan, vila, wahana permainan, dan area foto yang dapat dinikmati oleh pengunjung.
  5. Apakah terdapat penginapan di sekitar Puncak 2000 Siosar?
    • Ya, terdapat beberapa vila dan penginapan. Wisatawan dapat mencari penginapan yang sesuai dengan preferensi mereka dan melakukan pemesanan terlebih dahulu.
  6. Apa saja aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Puncak 2000 Siosar?
    • Wisatawan dapat menikmati keindahan alam, berfoto di spot-spot indah, berenang di kolam renang, mencoba wahana permainan seperti ATV, dan bersantai di kafe atau vila yang tersedia.
  7. Apakah ada restoran atau tempat makan di sekitar Puncak 2000 Siosar?
    • Ya, terdapat beberapa kafe, restoran, dan warung makan. Pengunjung dapat menikmati berbagai pilihan kuliner selama kunjungan mereka.
  8. Apakah ada spot untuk melihat sunrise atau sunset di Puncak 2000 Siosar?
    • Menawarkan pemandangan indah untuk melihat sunrise dan sunset. Wisatawan dapat mencari area yang tepat untuk menyaksikan momen tersebut dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

Harap dicatat bahwa informasi ini dapat berubah seiring waktu. Sebaiknya selalu memeriksa informasi terkini sebelum mengunjungi Puncak 2000 Siosar.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 25 Ulasan Menarik Puncak 2000 Siosar, Wisata Negeri Diatas Awan.

Your email address will not be published. Required fields are marked *