Review Menarik Sea World Ancol, Serunya Mengenal Dunia Bawah Laut

Sea World Ancol adalah sebuah taman hiburan laut yang terletak di Jl. Lodan Timur No. 7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430, Indonesia. Tempat ini berada di dalam kawasan Ancol Dreamland, yang merupakan salah satu kawasan wisata terbesar di Jakarta.

Sea World Ancol, Serunya Mengenal Dunia Bawah Laut
@seaworld.ancol

Sea World Ancol bukan hanya taman hiburan belaka, tapi juga memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga keberlangsungan terumbu karang dan keseimbangan ekosistem laut. Melalui program-program edukasi dan kegiatan-kegiatan sosial, Sea World Ancol terus berupaya untuk mengajak masyarakat untuk turut serta dalam menjaga lingkungan laut. Sea World Ancol merupakan taman hiburan yang terletak di Jakarta Utara, Indonesia. Taman hiburan ini menawarkan pengalaman berbeda bagi pengunjung yang ingin melihat berbagai jenis ikan dan hewan laut.

Berikut ini adalah review singkat mengenai Sea World Ancol:

  1. Atraksi yang menarik: memiliki banyak atraksi yang menarik, seperti tunnel ikan, kolam koral, dan pertunjukan hiu. Pengunjung dapat melihat banyak jenis ikan, termasuk hiu, pari, ikan komet, dan ikan badut.
  2. Lokasi yang strategis: terletak di Jakarta Utara, dekat dengan Pantai Ancol dan berbagai taman hiburan lainnya di Ancol Dreamland. Lokasinya mudah diakses dengan kendaraan umum atau mobil pribadi.
  3. Fasilitas yang lengkap: juga menawarkan berbagai fasilitas, termasuk restoran, toko suvenir, dan area parkir yang luas.
  4. Harga tiket yang terjangkau: Harga tiket masuk Sea World Ancol relatif terjangkau dibandingkan dengan taman hiburan lainnya di Jakarta.

Sea World Ancol memiliki luas sekitar 5.6 hektar dan terdiri dari beberapa zona atraksi, di antaranya:

  1. Main Tank: Tempat ini merupakan atraksi utama Sea World Ancol, yang menampilkan berbagai jenis ikan dan hewan laut yang hidup di berbagai kedalaman laut. Di sini pengunjung dapat melihat langsung ikan hiu, ikan pari, belut listrik, dan masih banyak lagi.
  2. Touch Pool: Di sini pengunjung dapat menyentuh dan berinteraksi langsung dengan hewan laut seperti bintang laut dan urchin.
  3. Shark Quarantine: Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung proses karantina hiu-hiu yang akan dipamerkan di Main Tank.
  4. Freshwater World: Di sini pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan air tawar yang berasal dari Indonesia dan negara-negara lain.
  5. Coral Reef: Di sini pengunjung dapat melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang hidup di dalamnya.

Selain atraksi- atraksi tersebut, Sea World Ancol juga menawarkan berbagai program interaktif dan edukatif yang dapat diikuti oleh pengunjung, seperti feeding time, diver’s show, dan masih banyak lagi.

Namun, meskipun Sea World Ancol menawarkan pengalaman yang menarik bagi pengunjung, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, seperti pengelolaan yang kurang baik, kondisi beberapa atraksi yang memerlukan perbaikan, serta kerumunan dan antrian panjang di akhir pekan atau hari libur.

Secara keseluruhan, Sea World Ancol merupakan pilihan yang bagus bagi pengunjung yang ingin melihat ikan dan hewan laut tanpa harus pergi ke laut lepas. Meskipun ada beberapa kekurangan, pengalaman yang ditawarkan oleh taman hiburan ini tetaplah menarik dan menghibur.

Sejarah

Sea World Ancol didirikan pada tahun 1996 di Ancol Dreamland, Jakarta Utara. Taman hiburan ini awalnya bernama Ocean Dream Samudra dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 14 Maret 1996. Pada saat itu, merupakan satu-satunya taman hiburan di Indonesia yang menyajikan atraksi dan pertunjukan laut.

Sejak didirikan, Sea World Ancol terus melakukan pembaruan dan pengembangan fasilitas untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung. Pada tahun 2017, Sea World Ancol meluncurkan wahana baru yang dinamakan “Shark Island”. Wahana ini memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan hiu dan melihat langsung kehidupan bawah laut.

Selain menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Jakarta, juga berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan dan perlindungan hewan laut. Sea World Ancol memiliki program konservasi dan penelitian laut yang bertujuan untuk melestarikan dan melindungi keanekaragaman hayati laut serta habitatnya.

Dalam sejarahnya, Sea World Ancol juga pernah mengalami insiden pada tahun 2013, ketika seekor paus beluga yang bernama Kshamenk yang ditampilkan di Sea World Ancol dikembalikan ke Argentina setelah terjadi kontroversi tentang kesejahteraannya di taman hiburan tersebut.

Hingga kini, Sea World Ancol terus menjadi salah satu tempat wisata populer di Jakarta yang menawarkan pengalaman unik untuk melihat dan mempelajari kehidupan laut serta menikmati berbagai atraksi dan wahana seru.

Alamat Akses

Berikut adalah beberapa opsi akses menuju Sea World Ancol:

  1. Mobil pribadi atau taksi: Anda dapat menggunakan mobil pribadi atau taksi. Anda dapat mencari rute terbaik menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze. memiliki area parkir yang luas untuk kendaraan pribadi.
  2. Transportasi umum: Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti bus, KRL, atau Transjakarta menuju Ancol. Setelah sampai di Ancol, Anda dapat menggunakan shuttle bus Ancol atau berjalan kaki.
  3. Kapal laut: Ancol juga memiliki pelabuhan yang dapat diakses melalui kapal laut dari beberapa daerah seperti Pulau Seribu dan Pelabuhan Tanjung Priok. Setelah tiba di pelabuhan Ancol, Anda dapat menggunakan shuttle bus Ancol atau berjalan kaki.
See also  Ndayu Park, Destinasi Wisata Komplet Favorit di Sragen

Alamat lengkap Sea World Ancol adalah Jl. Lodan Timur No. 7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430, Indonesia.

Rute

Berikut adalah beberapa rute yang dapat Anda gunakan untuk menuju Sea World Ancol:

  1. Rute dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta: Dari bandara, Anda dapat naik taksi atau bus menuju Ancol. Setelah tiba di Ancol, Anda dapat menggunakan shuttle bus Ancol atau berjalan kaki.
  2. Rute dari Stasiun Kereta Api Gambir: Dari stasiun, Anda dapat naik angkutan umum seperti Transjakarta menuju Ancol. Setelah tiba di Ancol, Anda dapat menggunakan shuttle bus Ancol atau berjalan kaki.
  3. Rute dari Terminal Bus Pulogadung: Dari terminal, Anda dapat naik angkutan umum seperti Transjakarta menuju Ancol. Setelah tiba di Ancol, Anda dapat menggunakan shuttle bus Ancol atau berjalan kaki.
  4. Rute dari Pelabuhan Tanjung Priok: Dari pelabuhan, Anda dapat naik taksi atau angkutan umum menuju Ancol. Setelah tiba di Ancol, Anda dapat menggunakan shuttle bus Ancol atau berjalan kaki.
  5. Rute dari tempat lain di Jakarta: Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti Transjakarta atau bus umum menuju Ancol. Setelah tiba di Ancol, Anda dapat menggunakan shuttle bus Ancol atau berjalan kaki.

Pastikan Anda memeriksa jadwal dan rute terbaru dari angkutan umum yang akan Anda gunakan, serta menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze untuk membantu Anda mencari rute terbaik.

Jam Operasional

Jam operasional Sea World Ancol adalah sebagai berikut:

Senin-Jumat: 10.00-18.00 WIB Sabtu-Minggu: 09.00-18.00 WIB

Namun, jam operasional dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, terutama saat ada perayaan atau acara khusus di Sea World Ancol. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa jadwal operasional terbaru sebelum berkunjung ke Sea World Ancol. Anda dapat memeriksa jadwal operasional terbaru di situs web resmi Sea World Ancol atau menghubungi pihak Sea World Ancol melalui nomor telepon yang tertera di situs web resminya.

Aktivitas

Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Sea World Ancol:

  1. Menonton hewan laut: Sea World Ancol adalah akuarium terbesar di Indonesia dengan koleksi hewan laut yang sangat beragam, seperti ikan hiu, ikan pari, lumba-lumba, penguin, dan masih banyak lagi. Pengunjung dapat menonton hewan laut tersebut dari berbagai sudut pandang, seperti tunnel bawah laut atau area terbuka.
  2. Berfoto dengan hewan laut: Di Sea World Ancol, pengunjung juga dapat berfoto dengan beberapa hewan laut yang telah dilatih, seperti lumba-lumba atau penguin. Pastikan Anda mengikuti aturan dan panduan yang telah ditentukan agar dapat berinteraksi dengan hewan laut tersebut dengan aman dan benar.
  3. Bermain dengan hewan laut: Selain menonton dan berfoto dengan hewan laut, juga menyediakan beberapa aktivitas interaktif dengan hewan laut, seperti memberi makan ikan dan lumba-lumba. Aktivitas ini dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan edukatif bagi pengunjung.
  4. Menjelajahi Virtual Reality: juga memiliki area Virtual Reality yang menampilkan dunia bawah laut dengan teknologi terbaru. Pengunjung dapat menjelajahi keindahan terumbu karang atau bahkan berenang bersama lumba-lumba melalui pengalaman VR.
  5. Mengikuti edukasi: juga memberikan program edukasi untuk memperkenalkan hewan laut dan lingkungan laut kepada pengunjung. Program edukasi tersebut dapat membantu pengunjung memahami lebih dalam tentang pentingnya menjaga lingkungan laut dan keberlangsungan hidup hewan laut.

Pastikan Anda memeriksa jadwal acara dan aktivitas terbaru dari Sea World Ancol sebelum berkunjung, dan mengikuti aturan dan panduan yang telah ditentukan untuk menjaga keselamatan hewan laut dan pengunjung.

Daya Tarik

Menawarkan berbagai daya tarik bagi pengunjung yang ingin mengeksplorasi kehidupan bawah laut. Beberapa daya tarik utama Sea World Ancol antara lain:

  1. Tunnel ikan: Pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan yang berenang di atas kepala mereka melalui sebuah terowongan kaca panjang yang dikenal sebagai tunnel ikan. Pengalaman ini memberikan sensasi seolah-olah berada di dasar laut dan dapat melihat berbagai jenis ikan dari dekat.
  2. Kolam Koral: Kolam Koral menampilkan berbagai jenis ikan hias dan terumbu karang. Pengunjung dapat melihat ikan-ikan berenang di sekitar terumbu karang dan merasakan suasana yang menenangkan dan damai.
  3. Pertunjukan hiu: Sea World Ancol memiliki pertunjukan hiu yang sangat menarik. Pertunjukan ini memperkenalkan jenis-jenis hiu yang berbeda dan memberikan informasi tentang kebiasaan hidup dan sifat dari hiu-hiu tersebut.
  4. Ragam jenis ikan dan hewan laut: memiliki banyak sekali jenis ikan dan hewan laut yang dapat dilihat oleh pengunjung, seperti ikan badut, pari, lobster, gurita, penyu, dan masih banyak lagi.
  5. Fasilitas lengkap: menyediakan berbagai fasilitas, seperti restoran, toko suvenir, area parkir, dan area bermain untuk anak-anak.
See also  Galaxy Waterpark: Destinasi Seru Liburan Keluarga di Yogyakarta

Selain itu, lokasi Sea World Ancol yang strategis di dekat Pantai Ancol dan taman hiburan lainnya di Ancol Dreamland juga membuat taman hiburan ini menjadi pilihan yang populer bagi wisatawan dan keluarga untuk menghabiskan waktu bersama.

Fasilitas

Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat ditemukan di Sea World Ancol:

  1. Area pameran hewan laut: memiliki beberapa area pameran yang menampilkan hewan laut dari berbagai jenis dan ukuran, mulai dari ikan kecil hingga lumba-lumba dan ikan hiu. Pengunjung dapat menikmati pemandangan hewan laut dari dekat dengan cara berjalan di bawah tunnel bawah laut atau melihat hewan laut dari kolam yang lebih besar.
  2. Virtual Reality: memiliki area Virtual Reality (VR) yang menampilkan dunia bawah laut dengan teknologi terbaru. Pengunjung dapat merasakan sensasi berenang di tengah ikan-ikan dan terumbu karang, bahkan berinteraksi dengan lumba-lumba melalui pengalaman VR.
  3. Tempat Makan dan Minum: Di Sea World Ancol, pengunjung dapat menikmati berbagai macam makanan dan minuman di restoran dan kafe yang tersedia. Terdapat beberapa restoran di dalam kompleks yang menyediakan menu dari masakan Indonesia hingga masakan internasional.
  4. Toko oleh-oleh: juga menyediakan toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam produk souvenir dan merchandise yang berkaitan dengan hewan laut.
  5. Parkir: menyediakan area parkir yang luas bagi pengunjung yang ingin datang dengan mobil atau motor. Harga parkir biasanya sudah termasuk dalam harga tiket masuk.
  6. Toilet: Toilet umum tersedia di beberapa tempat di dalam kompleks Sea World Ancol.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu, namun pada umumnya harga tiket masuk Sea World Ancol adalah sebagai berikut:

  • Tiket dewasa (tinggi badan di atas 120 cm): Rp 130.000,-
  • Tiket anak-anak (tinggi badan antara 100 cm-120 cm): Rp 100.000,-
  • Tiket balita (tinggi badan di bawah 100 cm): Gratis

Tersedia juga paket-paket tiket yang dapat memungkinkan pengunjung untuk mengunjungi beberapa taman hiburan lainnya di Ancol Dreamland dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, harga tiket masuk Sea World Ancol dapat berbeda pada hari-hari tertentu seperti akhir pekan, hari libur nasional, atau musim liburan sekolah.

Pastikan untuk memeriksa harga tiket terbaru di situs web resmi atau menghubungi Sea World Ancol langsung sebelum melakukan perjalanan ke sana.

Wahana

Sea World Ancol adalah sebuah akuarium yang fokus pada koleksi dan pameran hewan laut. Namun, memiliki banyak atraksi menarik, seperti tunnel bawah laut, area interaktif dengan hewan laut, dan pengalaman VR yang menampilkan dunia bawah laut dengan teknologi terbaru. Jadi, jika Anda mencari wahana seperti di taman bermain, mungkin Sea World Ancol bukan destinasi yang tepat. Namun, jika Anda mencari pengalaman melihat hewan laut yang menarik dan edukatif, Sea World Ancol bisa menjadi destinasi yang tepat untuk Anda.

Penginapan

Sea World Ancol sendiri tidak menyediakan akomodasi penginapan. Namun, Ancol Dreamland yang merupakan kawasan taman hiburan yang sama dengan Sea World Ancol menyediakan beberapa pilihan penginapan untuk pengunjung yang ingin menginap di dekat tempat wisata tersebut.

Beberapa pilihan penginapan di Ancol Dreamland antara lain:

  1. Mercure Convention Center Ancol: Hotel bintang 4 dengan pemandangan laut yang indah dan fasilitas lengkap seperti kolam renang, spa, dan restoran.
  2. Novotel Jakarta Mangga Dua Square: Hotel bintang 4 yang berjarak sekitar 3 km dari Ancol Dreamland. Hotel ini memiliki kolam renang, pusat kebugaran, dan akses mudah ke pusat perbelanjaan Mangga Dua Square.
  3. Discovery Hotel & Convention Ancol: Hotel bintang 4 dengan pemandangan laut yang indah. Hotel ini menyediakan kolam renang, spa, dan akses mudah ke tempat wisata seperti Sea World Ancol dan Dufan.

Selain itu, terdapat juga beberapa hotel dan penginapan lain yang dapat ditemukan di sekitar Ancol Dreamland, seperti hotel budget, apartemen, atau homestay.

Pastikan untuk memeriksa ulasan dan fasilitas dari masing-masing penginapan sebelum memutuskan untuk menginap di sana, serta memesan penginapan sebelumnya untuk memastikan ketersediaan dan harga yang terjangkau.

Tempat Makan

Menyediakan beberapa restoran dan kafe untuk pengunjung yang ingin menikmati makanan atau minuman selama berada di sana. Beberapa tempat makan yang bisa ditemukan di Sea World Ancol antara lain:

  1. Ocean Cafe: Restoran yang menyediakan makanan khas Indonesia dan Asia serta makanan laut yang segar, terletak di dekat area Kolam Koral.
  2. Aquarius Cafe: Cafe yang terletak di dekat area Kolam Koral, menyajikan berbagai jenis minuman dan makanan ringan.
  3. Coral Reef Cafe: Restoran yang terletak di dekat area tunnel ikan, menyediakan makanan laut yang lezat dan minuman segar.
See also  Hillpark Sibolangit, Taman Hiburan Favorit Beragam Wahana Seru

Selain itu, di sekitar Ancol Dreamland, terdapat banyak sekali pilihan tempat makan, mulai dari restoran tradisional Indonesia, hingga makanan internasional yang modern. Beberapa pilihan tempat makan di dekat Ancol Dreamland antara lain:

  1. Seafood City: Restoran seafood yang terletak di Jalan Lodan Timur No. 7, menyajikan berbagai jenis makanan laut segar dengan harga yang terjangkau.
  2. Rumah Makan Sederhana: Restoran yang menyajikan hidangan nasi dan lauk pauk khas Indonesia, terletak di Jalan Padang No. 4.
  3. D’Cost Seafood: Restoran seafood dengan harga terjangkau yang terletak di Jalan Padang No. 14.
  4. Café Batavia: Restoran yang terletak di dalam Gedung Batavia, menyajikan makanan internasional dan memiliki pemandangan yang indah dari pelabuhan.
  5. Marine Cafe: Cafe yang menyediakan makanan cepat saji seperti burger, hot dog, dan kentang goreng, serta minuman seperti es krim dan minuman ringan.
  6. Sea Grill: Restoran yang menyajikan berbagai hidangan laut, seperti ikan bakar, kepiting saus tiram, udang goreng tepung, dan masih banyak lagi.
  7. Ocean View Restaurant: Restoran yang menawarkan pemandangan laut yang indah, serta menyajikan berbagai hidangan Barat dan Asia, seperti nasi goreng, pasta, steak, dan masih banyak lagi.

Pastikan untuk memeriksa ulasan dan harga makanan dari masing-masing tempat makan.

Spot Foto

Berikut adalah beberapa spot foto menarik yang dapat ditemukan di Sea World Ancol:

  1. Tunnel Bawah Laut: Tunnel Bawah Laut adalah salah satu atraksi utama yang menampilkan hewan laut yang berenang di atas kepala pengunjung. Spot ini sangat populer untuk foto karena memberikan pengalaman unik dan indah.
  2. Area Interaktif: Memiliki beberapa area interaktif di mana pengunjung dapat berfoto dengan hewan laut yang telah dilatih, seperti lumba-lumba atau penguin. Pastikan Anda mengikuti aturan dan panduan yang telah ditentukan agar dapat berinteraksi dengan hewan laut tersebut dengan aman dan benar.
  3. Virtual Reality: Memiliki area Virtual Reality yang menampilkan dunia bawah laut dengan teknologi terbaru. Spot ini sangat cocok untuk foto karena memberikan pengalaman yang unik dan menarik.
  4. Dek Kapal: Terletak di area Ancol yang dekat dengan pantai. Di dekat area Sea World Ancol, terdapat beberapa kapal tua yang disulap menjadi kafe atau tempat wisata. Dek kapal ini juga bisa menjadi spot foto menarik dengan latar belakang laut dan kapal.
  5. Area Outdoor: Memiliki beberapa area outdoor yang dapat menjadi spot foto menarik, seperti area terbuka di mana pengunjung dapat menonton lumba-lumba dan penguin bermain.

Pastikan Anda mematuhi aturan dan panduan yang telah ditentukan di Sea World Ancol, dan menghormati hewan laut dan lingkungan sekitar saat mengambil foto.

Wisata Sekitar

Berikut adalah beberapa destinasi wisata menarik di sekitar Sea World Ancol yang dapat Anda kunjungi:

  1. Taman Impian Jaya Ancol: Taman Impian Jaya Ancol adalah salah satu destinasi wisata terbesar dan terpopuler di Jakarta. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai atraksi menarik, seperti pantai, taman bermain, tempat makan, dan banyak lagi.
  2. Museum Bahari Jakarta: Museum Bahari Jakarta terletak di sekitar Ancol, dan menampilkan sejarah dan budaya maritim Indonesia. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai koleksi kapal tradisional, alat nelayan, dan banyak lagi.
  3. Dunia Fantasi: Dunia Fantasi atau Dufan adalah taman bermain yang terletak di sekitar Ancol. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai atraksi seperti roller coaster, taman hiburan, dan banyak lagi.
  4. Kota Tua Jakarta: Kota Tua Jakarta adalah kawasan bersejarah yang terletak di pusat Jakarta. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai bangunan bersejarah, museum, pasar seni, dan banyak lagi.
  5. Monumen Nasional: Monumen Nasional atau Monas adalah landmark terkenal Jakarta yang terletak di pusat kota. Di sini, Anda dapat menaiki lift ke puncak monumen untuk menikmati pemandangan kota Jakarta dari ketinggian.

Pastikan Anda merencanakan perjalanan dengan baik, dan memeriksa jadwal dan harga tiket untuk destinasi wisata di sekitar Sea World Ancol sebelum berkunjung.

Review Review Menarik Sea World Ancol, Serunya Mengenal Dunia Bawah Laut.

Your email address will not be published. Required fields are marked *