Pesona Keindahan Dan Kesejukan Wisata Danau Situ Cileunca Pangalengan

Situ Cileunca adalah sebuah objek wisata alam yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Objek wisata ini terkenal dengan keindahan danau buatan yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan pegunungan yang memukau.

Pesona Keindahan Wisata Situ Cileunca
@aajjiii

Keindahan alam di Situ Cileunca memang sangat menakjubkan. Terletak di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan rindang, danau yang jernih dengan air yang berwarna hijau kebiruan, dan udara yang sejuk dan segar.

Pemandangan indah di sekitar Situ Cileunca memberikan kesan yang sangat tenang dan damai. Saat berjalan-jalan di sekitar danau, kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat memukau. Hutan pinus dan pepohonan yang rindang memberikan kesan yang asri dan sejuk, sedangkan danau yang hijau dan jernih memberikan nuansa yang sangat menenangkan.

Selain itu, juga terkenal dengan keindahan langit malamnya. Saat malam tiba, langit dipenuhi oleh bintang-bintang yang terang, memberikan kesan yang sangat indah dan menakjubkan.

Bagi para pecinta alam, Situ Cileunca adalah tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Keindahan alamnya yang memukau dan nuansa yang tenang dan damai membuat kita dapat melepas penat dan menikmati liburan yang menyenangkan.

Sejarah

Situ Cileunca memiliki sejarah yang cukup menarik. Danau ini sebenarnya merupakan danau buatan yang dibangun pada tahun 1990 oleh Perhutani (Perusahaan Hutan Negara) untuk mengairi hutan-hutan yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Selain itu, Situ Cileunca juga memiliki sejarah yang terkait dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pada masa penjajahan Belanda, daerah Pangalengan merupakan salah satu wilayah yang menjadi basis perjuangan para pejuang kemerdekaan. Daerah ini menjadi markas besar gerakan perlawanan melawan penjajah pada saat itu.

Situ Cileunca sendiri sebenarnya memiliki arti yang cukup penting dalam bahasa Sunda. “Situ” berarti danau, sedangkan “Cileunca” berarti “air yang jernih”. Nama Situ Cileunca dipilih sebagai simbol keindahan dan kejernihan air di danau tersebut.

Saat ini, telah menjadi objek wisata yang cukup populer di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempat ini menyajikan keindahan alam yang memukau dan berbagai aktivitas wisata yang menarik, seperti berkeliling danau dengan perahu, flying fox, dan juga camping di sekitar danau.

Dengan sejarah dan keindahan alamnya yang luar biasa, menjadi salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan juga sejarah Indonesia.

Lokasi

Situ Cileunca terletak di Desa Cileunca, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari Kota Bandung atau dari kota-kota lain di Jawa Barat.

Jarak dari Kota Bandung sekitar 46 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1,5-2 jam tergantung kondisi lalu lintas. Jalan yang menuju Situ Cileunca terbilang cukup baik dan bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.

Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus atau travel dari Terminal Leuwi Panjang atau Terminal Cicaheum di Kota Bandung. Setelah sampai di Pangalengan, Anda bisa menggunakan kendaraan ojek atau angkutan umum lainnya.

Dengan lokasinya yang strategis di tengah-tengah pegunungan yang sejuk dan alami, menjadi tempat yang sangat cocok untuk melarikan diri dari kesibukan kota dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Fasilitas

Situ Cileunca menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap untuk para wisatawan yang ingin berkunjung dan menikmati keindahan alamnya. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya:

  1. Area parkir: Terdapat area parkir yang luas untuk kendaraan pribadi maupun bus pariwisata.
  2. Toilet: Terdapat beberapa tempat toilet yang tersedia di sekitar danau dan juga di tempat parkir.
  3. Area bermain: Terdapat area bermain untuk anak-anak dengan berbagai permainan, seperti ayunan, perosotan, dan lain-lain.
  4. Perahu dan alat olahraga air: Terdapat sewa perahu, kano, dan sepeda air untuk berkeliling danau dan menikmati keindahan alamnya. Selain itu, terdapat juga alat olahraga air, seperti flying fox dan rafting.
  5. Penginapan: Terdapat beberapa pilihan penginapan, seperti camping ground, villa, dan wisma.
  6. Area makan: Terdapat berbagai tempat makan yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman, baik makanan lokal maupun internasional.
  7. Tempat Istirahat: Terdapat beberapa tempat istirahat yang menyediakan tempat duduk dan teduh, sehingga para wisatawan dapat menikmati keindahan alam danau Situ Cileunca dengan nyaman.

Fasilitas yang lengkap tersebut membuat para wisatawan dapat menikmati pengalaman liburan yang lengkap dan memuaskan.

Aktivitas

Menawarkan berbagai macam aktivitas yang menarik bagi para wisatawan. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Situ Cileunca antara lain:

  1. Berkeliling danau dengan perahu atau kano: Menikmati keindahan alam dengan berkeliling danau menggunakan perahu atau kano adalah salah satu aktivitas yang paling populer di tempat ini.
  2. Flying fox: Merasakan sensasi terbang di udara dengan menaiki flying fox yang ada di Situ Cileunca. Flying fox ini memiliki panjang sekitar 100 meter dengan ketinggian 30 meter di atas permukaan air.
  3. Rafting: Untuk para penggemar olahraga air, juga menawarkan aktivitas rafting yang mengasyikkan. Nikmati keindahan alam sambil menikmati adrenalin yang memacu dalam olahraga ini.
  4. Camping: Bagi yang ingin merasakan pengalaman menginap di alam terbuka, juga menyediakan area camping ground yang asri dan nyaman.
  5. Bermain di area bermain: Bagi yang membawa anak-anak, menyediakan area bermain yang aman dan menyenangkan untuk anak-anak.
  6. Berjalan-jalan: Jalan-jalan santai sambil menikmati keindahan alam juga bisa menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan.
  7. Bersepeda: Anda juga bisa membawa sepeda dan menikmati keindahan alam sambil bersepeda di sekitar danau.

Aktivitas-aktivitas tersebut menawarkan berbagai pilihan yang menyenangkan dan cocok untuk semua usia. Dengan berbagai macam aktivitas yang menarik, menjadi tempat yang sempurna untuk melepas penat dan menikmati liburan yang menyenangkan.

Rafting

Rafting adalah salah satu aktivitas yang populer di Situ Cileunca. Rafting adalah olahraga air yang melibatkan sekelompok orang yang menggunakan rakit karet untuk mengarungi sungai dengan arus air yang deras dan berbatu. Para peserta biasanya menggunakan peralatan keselamatan, seperti pelampung, helm, dan dayung.

Untuk menikmati kegiatan rafting, para peserta akan diarahkan oleh instruktur yang berpengalaman dan terlatih untuk mengarungi sungai dengan aman dan menyenangkan. Rute rafting mempunyai jarak sekitar 5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Peserta rafting akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah seperti hutan, air terjun, dan tebing. Arus air yang berkelok-kelok dan berombak akan memberikan sensasi yang mendebarkan dan memacu adrenalin. Selama perjalanan, para peserta dapat menikmati hembusan angin sejuk dan suara gemericik air yang menenangkan.

Untuk menikmati aktivitas rafting, para peserta diwajibkan untuk membawa pakaian ganti, handuk, serta sepatu yang nyaman dan tahan air. Selain itu, perlu juga diperhatikan kesehatan dan kemampuan fisik sebelum memutuskan untuk mengikuti aktivitas rafting ini.

Rafting di Situ Cileunca merupakan aktivitas yang sangat menarik dan cocok bagi para wisatawan yang mencari pengalaman baru yang menyenangkan dan memacu adrenalin.

Tiket Masuk

Untuk memasuki area, pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket masuk. Harga tiket masuk biasanya berubah-ubah dan dapat berbeda-beda tergantung pada waktu kunjungan dan jenis fasilitas yang ingin digunakan. Berikut ini adalah perkiraan harga tiket masuk Situ Cileunca:

  • Tiket masuk per orang: sekitar Rp 20.000 – Rp 25.000 untuk hari biasa dan sekitar Rp 25.000 – Rp 35.000 untuk hari libur.
  • Tiket masuk parkir kendaraan: sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 untuk sepeda motor dan sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000 untuk mobil.
  • Tiket masuk perahu/kano: sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000 per orang.
  • Tiket masuk flying fox: sekitar Rp 50.000 – Rp 75.000 per orang.
  • Tiket masuk area camping: sekitar Rp 50.000 – Rp 75.000 per orang per malam.

Perlu diingat bahwa harga tiket masuk dapat berubah-ubah setiap saat tergantung pada kondisi pasar dan kebijakan pengelola. Selain itu, terkadang pengelola juga memberikan paket-paket liburan yang lebih hemat untuk keluarga atau grup. Oleh karena itu, sebaiknya periksa terlebih dahulu informasi harga tiket masuk terbaru sebelum berkunjung.

Camping

Menyediakan area camping yang cocok bagi pengunjung yang ingin menginap semalam di tengah alam dengan suasana yang tenang dan sejuk. Area camping biasanya terletak di pinggir sungai dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

See also  Kampung Singkur Pangalengan: Surga Alam untuk Wisata Keluarga

Untuk camping di Situ Cileunca, pengunjung dapat membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang tersedia di area camping. Selain itu, terdapat fasilitas seperti toilet umum dan tempat api unggun yang dapat digunakan untuk memasak atau menghangatkan diri saat malam tiba.

Harga sewa tenda bervariasi, tergantung pada jenis tenda dan jumlah orang yang akan menginap. Namun, harga sewa tenda biasanya mulai dari sekitar Rp 100.000 – Rp 250.000 per malam.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan camping, seperti membawa peralatan yang cukup, membawa makanan dan minuman yang cukup, dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku di area camping. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan dan keamanan area camping serta lingkungan sekitarnya.

Camping di Situ Cileunca adalah salah satu aktivitas yang cocok bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensasi berada di tengah alam dengan suasana yang tenang dan asri.

Jembatan Cinta

@situcileuncaofficial

Jembatan Cinta atau sering juga disebut sebagai “Love Bridge” adalah sebuah jembatan yang terletak di Situ Cileunca. Jembatan ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang populer karena memiliki pemandangan alam yang indah dan romantik.

Jembatan Cinta memiliki panjang sekitar 50 meter dan lebar sekitar 1,5 meter. Jembatan ini terbuat dari kayu dan melintasi sebuah sungai kecil yang mengalir. Saat berjalan melewati Jembatan Cinta, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam sekitar yang sangat indah, dengan air sungai yang mengalir jernih dan pohon-pohon yang hijau dan rindang di sekitar area tersebut.

Nama “Jembatan Cinta” sendiri diambil dari legenda lokal yang berkisah tentang sepasang kekasih yang bertemu di Situ Cileunca dan berjalan melewati jembatan ini dalam perjalanan mereka. Konon, jembatan ini menjadi tempat mereka berjanji untuk saling mencintai dan setia sampai akhir hayat.

Bagi pasangan yang berkunjung, Jembatan Cinta menjadi tempat yang ideal untuk berjalan-jalan dan menikmati pemandangan yang indah. Jembatan ini juga sering dijadikan latar belakang untuk berfoto prewedding atau mengabadikan momen romantis bersama pasangan.

Arung Jeram

@situcileuncaofficial

Arung jeram atau rafting adalah salah satu aktivitas yang sangat populer di Situ Cileunca Pangalengan. Sungai Cileunca yang mengalir di sekitar area tersebut menawarkan tantangan dan pengalaman yang menyenangkan bagi para pengunjung yang menyukai olahraga air.

Arung jeram biasanya dimulai dari sebuah dam atau bendungan di atas sungai, dan berakhir di area yang lebih rendah. Selama perjalanan arung jeram, pengunjung akan melewati berbagai rintangan dan arus deras di sungai, yang menambahkan kegembiraan dan adrenalin dalam perjalanan tersebut.

Untuk pengunjung yang ingin mencoba arung jeram, disarankan untuk menggunakan jasa dari operator tur yang sudah berpengalaman. Operator tur biasanya akan menyediakan peralatan yang diperlukan seperti pelampung, helm, dan dayung, serta instruktur yang berpengalaman dalam menghadapi rintangan dan arus deras di sungai.

Harga untuk arung jeram di Situ Cileunca bervariasi tergantung pada paket dan durasi yang dipilih, namun biasanya mulai dari sekitar Rp 200.000 – Rp 500.000 per orang.

Arung jeram di Situ Cileunca adalah sebuah pengalaman yang menarik bagi para pengunjung yang menyukai tantangan dan olahraga air. Namun, sebelum mencoba aktivitas ini, pastikan untuk mengikuti instruksi dan peraturan yang diberikan oleh operator tur serta memperhatikan faktor keselamatan dan kesehatan selama perjalanan.

Teras Danau

Teras Danau adalah sebuah area yang terletak di Situ Cileunca, yang menawarkan pemandangan indah dari danau dan pegunungan di sekitarnya. Area ini merupakan salah satu tempat yang sangat populer, terutama di antara pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam yang indah sambil bersantai.

Teras Danau memiliki beberapa teras yang dibangun di ketinggian yang berbeda, yang semuanya menawarkan pemandangan yang spektakuler dari danau dan sekitarnya. Pengunjung dapat duduk dan bersantai di salah satu teras sambil menikmati pemandangan, atau mengambil foto dari sudut yang berbeda-beda.

Selain menikmati pemandangan alam, Teras Danau juga menyediakan beberapa fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, seperti kafe, restoran, toilet, dan tempat parkir. Kafe dan restoran di area ini menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari makanan ringan hingga hidangan berat.

Teras Danau biasanya menjadi tempat yang ramai selama akhir pekan dan hari libur, sehingga disarankan untuk datang lebih awal untuk menghindari kerumunan dan menikmati suasana yang lebih tenang.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam yang indah sambil bersantai, Teras Danau adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi.

Glamping

Glamping Situ Cileunca adalah tempat wisata yang menawarkan pengalaman camping yang mewah dan nyaman di tengah alam yang indah. Terletak di desa Nagrak, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tempat ini menawarkan berbagai macam fasilitas yang memadukan antara kenyamanan dan keindahan alam.

Salah satu keunggulan dari glamping Situ Cileunca adalah kemudahan akses yang dapat dicapai dari kota Bandung, hanya sekitar 1-2 jam perjalanan dengan mobil. Setibanya di tempat, pengunjung akan disambut oleh pemandangan yang spektakuler dari hamparan sawah dan perbukitan hijau yang menghijau di sekitar kawasan glamping.

Di dalam kawasan glamping, terdapat berbagai jenis tenda yang dapat dipilih oleh pengunjung. Ada tenda Safari, tenda Bell, tenda Lotus, dan tenda Safir yang dapat diisi dengan berbagai macam fasilitas, seperti kasur empuk, pendingin udara, dan kamar mandi dalam. Tenda-tenda ini juga dilengkapi dengan teras pribadi yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Selain itu, glamping Situ Cileunca juga menawarkan berbagai macam aktivitas untuk memperkaya pengalaman liburan, seperti rafting, ATV, paintball, dan trekking. Pengunjung juga dapat menikmati wisata kuliner dengan mencicipi masakan khas Sunda yang disajikan di restoran yang tersedia di lokasi.

Untuk fasilitas umum, glamping Situ Cileunca dilengkapi dengan kolam renang yang cantik, arena bermain anak-anak, dan tempat parkir yang luas. Selain itu, kawasan glamping ini juga dilengkapi dengan fasilitas keamanan yang baik dan staf yang ramah serta profesional.

Kesimpulannya, glamping adalah tempat yang cocok bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman camping yang mewah dan nyaman di tengah alam yang indah. Dengan berbagai macam fasilitas yang disediakan, serta kemudahan akses dan aktivitas yang ditawarkan, tempat ini cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Glamping Situ Cileunca menawarkan berbagai macam jenis tenda untuk penginapan. Setiap tenda dilengkapi dengan fasilitas mewah seperti kasur empuk, kamar mandi dalam, air panas, dan pendingin udara. Berikut adalah beberapa pilihan tenda yang dapat dipilih:

  1. Tenda Safari Tenda Safari menawarkan pengalaman camping yang autentik dengan sentuhan mewah. Tenda ini memiliki atap yang tinggi dan luas dengan interior yang elegan. Tenda Safari juga dilengkapi dengan teras pribadi yang menawarkan pemandangan yang indah.
  2. Tenda Bell Tenda Bell menawarkan pengalaman camping yang lebih intim dan cocok untuk pasangan atau keluarga kecil. Tenda ini memiliki bentuk bulat dan dinding yang terbuat dari kanvas berkualitas tinggi, serta dilengkapi dengan teras pribadi.
  3. Tenda Lotus Tenda Lotus menawarkan pengalaman camping yang unik dengan bentuk yang menyerupai bunga teratai. Tenda ini memiliki tiga lantai dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti kasur empuk, kamar mandi dalam, dan pendingin udara.
  4. Tenda Safir Tenda Safir menawarkan pengalaman camping yang mewah dengan interior yang elegan dan dilengkapi dengan teras pribadi yang menawarkan pemandangan yang indah. Tenda ini juga dilengkapi dengan fasilitas mewah seperti kasur empuk, kamar mandi dalam, dan pendingin udara.

Setiap tenda dapat diisi dengan kapasitas berbeda-beda, mulai dari dua hingga enam orang. Harga sewa tenda bervariasi tergantung pada jenis tenda dan jumlah orang yang menginap. Selain tenda, terdapat juga villa yang dapat disewa untuk penginapan yang lebih eksklusif.

Penginapan

Tempat ini menawarkan pengalaman berlibur yang menyenangkan dengan nuansa alam yang segar dan pemandangan yang indah. Terdapat juga penginapan di Situ Cileunca yang dapat menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menginap di sana.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui:

  1. Lokasi Penginapan terletak di kawasan wisata Situ Cileunca, Pangalengan, Jawa Barat. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau karena terletak di sekitar area wisata utama.
  2. Fasilitas Penginapan memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para tamu, di antaranya:
  • Kamar tidur dengan berbagai jenis ukuran dan fasilitas, seperti AC, kipas angin, dan TV kabel
  • Kamar mandi dengan shower, toilet, dan peralatan mandi
  • Taman dan area bersantai
  • Kolam renang outdoor
  • Area parkir yang luas
  1. Kebersihan dan kenyamanan Penginapan sangat menjaga kebersihan dan kenyamanan tamu. Seluruh ruangan dan fasilitas yang tersedia dijaga dengan baik dan selalu diperbarui. Kamar-kamar yang tersedia juga cukup luas dan nyaman sehingga para tamu dapat beristirahat dengan tenang.
  2. Pelayanan Penginapan memiliki staf yang ramah dan profesional. Mereka siap membantu dan memberikan informasi yang diperlukan oleh para tamu. Selain itu, staf penginapan juga siap melayani kebutuhan tamu selama menginap.
  3. Harga Harga penginapan cukup terjangkau dan sesuai dengan fasilitas yang tersedia. Harga dapat berbeda-beda tergantung pada jenis kamar yang dipilih dan waktu menginap.
See also  15 Hal Menarik Wisata Alam Tebing Keraton Cimenyan Bandung

Secara keseluruhan, penginapan Situ Cileunca dapat menjadi pilihan yang tepat bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di Pangalengan. Dengan fasilitas yang lengkap, kebersihan dan kenyamanan yang terjaga, serta harga yang terjangkau, penginapan ini cocok untuk keluarga atau pasangan yang ingin berlibur di sana.

Villa Pangalengan

Villa Pangalengan adalah salah satu tempat penginapan yang terletak di Pangalengan, Jawa Barat. Tempat ini menawarkan pengalaman berlibur yang nyaman dan tenang dengan pemandangan yang indah dan suasana alam yang segar. Berikut adalah ulasan secara lengkap tentang Villa Pangalengan:

  1. Lokasi Villa Pangalengan terletak di kawasan yang tenang dan jauh dari keramaian. Terletak di dekat area persawahan dan kebun teh, sehingga tamu dapat menikmati pemandangan yang indah dan alami. Meskipun lokasinya jauh dari kota, namun akses menuju Villa Pangalengan cukup mudah.
  2. Fasilitas Villa Pangalengan memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para tamu, di antaranya:
  • Kamar tidur dengan berbagai jenis ukuran dan fasilitas, seperti AC, kipas angin, dan TV kabel
  • Kamar mandi dengan shower, toilet, dan peralatan mandi
  • Ruang tamu dan area bersantai
  • Dapur dan ruang makan
  • Kolam renang outdoor
  • Taman dan area bermain
  1. Kebersihan dan kenyamanan Villa Pangalengan sangat menjaga kebersihan dan kenyamanan tamu. Seluruh ruangan dan fasilitas yang tersedia dijaga dengan baik dan selalu diperbarui. Kamar-kamar yang tersedia juga cukup luas dan nyaman sehingga para tamu dapat beristirahat dengan tenang.
  2. Pelayanan Villa Pangalengan memiliki staf yang ramah dan profesional. Mereka siap membantu dan memberikan informasi yang diperlukan oleh para tamu. Selain itu, staf Villa Pangalengan juga siap melayani kebutuhan tamu selama menginap.
  3. Harga Harga penginapan di Villa Pangalengan cukup terjangkau dan sesuai dengan fasilitas yang tersedia. Harga dapat berbeda-beda tergantung pada jenis villa yang dipilih dan waktu menginap.

Secara keseluruhan, Villa Pangalengan dapat menjadi pilihan yang tepat bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana alam yang tenang dan segar. Dengan fasilitas yang lengkap, kebersihan dan kenyamanan yang terjaga, serta harga yang terjangkau, Villa Pangalengan cocok untuk keluarga atau pasangan yang ingin berlibur di sana.

Hotel

Hotel ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dengan lokasi yang terletak di dekat Danau Situ Cileunca, pegunungan, dan pemandian air panas.

Pertama-tama, ketika memasuki area hotel, tamu akan disambut oleh sebuah bangunan yang terbuat dari kayu dengan gaya arsitektur yang khas dan tradisional. Area lobi cukup luas dan didominasi oleh warna kayu yang hangat. Fasilitas di area lobi meliputi meja resepsionis, ruang tunggu, dan juga sebuah restoran yang menawarkan menu makanan tradisional Indonesia.

Hotel Situ Cileunca memiliki beberapa jenis kamar, mulai dari Deluxe Room hingga Family Suite. Setiap kamar didesain dengan konsep yang serupa dengan area lobi, yaitu menggunakan bahan kayu dan furnitur tradisional. Kamar-kamar tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, TV, lemari es, serta kamar mandi dalam.

Selain kamar-kamar yang nyaman, hotel ini juga menawarkan berbagai fasilitas rekreasi yang menarik, seperti kolam renang yang terletak di luar ruangan dengan pemandangan pegunungan yang indah. Tamu juga bisa menikmati berbagai kegiatan seperti memancing, berkuda, atau menikmati keindahan alam sekitar dengan berjalan-jalan di sekitar Danau Situ Cileunca.

Secara keseluruhan, Hotel Situ Cileunca adalah tempat yang cocok untuk liburan yang tenang dan damai. Pemandangan alam yang indah, fasilitas yang lengkap, serta keramahan staf hotel membuat pengalaman menginap di hotel ini menjadi tak terlupakan. Bagi mereka yang mencari tempat untuk melepas penat dan menenangkan diri, hotel ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Penginapan Dekat

Terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat ditemukan di sekitar Situ Cileunca, antara lain:

  1. Puri Sari Beach Hotel Puri Sari Beach Hotel terletak sekitar 13 km, tepatnya di pantai Santolo. Hotel ini menawarkan pemandangan laut yang indah dan fasilitas yang lengkap seperti kolam renang, restoran, dan area parkir.
  2. Rumah Dyandra Guesthouse Rumah Dyandra Guesthouse terletak sekitar 6 km dan menawarkan suasana pedesaan yang tenang dan damai. Penginapan ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, taman, dan teras.
  3. Bumi Langit Floating House Bumi Langit Floating House adalah penginapan yang terletak di atas air dan berada sekitar 16 km. Hotel ini menawarkan pengalaman unik dan menarik dengan pemandangan alam yang indah.
  4. Cimara Hills Cimara Hills terletak sekitar 9 km dan menawarkan pemandangan pegunungan yang indah. Hotel ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan area parkir.
  5. The Kampung Resort Ciwidey The Kampung Resort Ciwidey terletak sekitar 21 km dan menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dengan suasana pedesaan yang asri. Hotel ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
  6. Green Hill Resort Green Hill Resort terletak sekitar 11 km dan menawarkan pemandangan pegunungan yang indah. Hotel ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan area parkir.
  7. Cilame Highland Lodge Cilame Highland Lodge terletak sekitar 15 km dan menawarkan pemandangan alam yang indah. Penginapan ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
  8. Palasari Guest House Palasari Guest House terletak sekitar 17 km dan menawarkan suasana pedesaan yang tenang. Hotel ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
  9. Pinus Villa and Resort Pinus Villa and Resort terletak sekitar 20 km dan menawarkan pemandangan pegunungan yang indah. Penginapan ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
  10. De Kampueng Guest House De Kampueng Guest House terletak sekitar 7 km dan menawarkan suasana pedesaan yang tenang dan nyaman. Hotel ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
  11. Glamping Lakeside Rancabali Glamping Lakeside Rancabali terletak sekitar 29 km dan menawarkan pengalaman glamping (glamorous camping) dengan pemandangan danau yang indah. Penginapan ini memiliki fasilitas seperti restoran, area parkir, dan aktivitas olahraga air.
  12. Wisma Tanakita Ciwidey Wisma Tanakita Ciwidey terletak sekitar 24 km dan menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dengan pemandangan pegunungan yang indah. Hotel ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
  13. Villa Bukit Pinus Villa Bukit Pinus terletak sekitar 21 km dan menawarkan pemandangan pegunungan yang indah. Penginapan ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
  14. Farmhouse Villa Ciwidey Farmhouse Villa Ciwidey terletak sekitar 25 km dan menawarkan suasana pedesaan yang asri dan nyaman. Hotel ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
  15. Syariah Hotel Pangalengan Syariah Hotel Pangalengan terletak sekitar 9 km dan menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dengan suasana pedesaan yang tenang. Hotel ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan area parkir.
  16. Gunung Mas Villa Gunung Mas Villa terletak sekitar 22 km dan menawarkan pemandangan pegunungan yang indah. Penginapan ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
  17. Villa Grace Pangalengan Villa Grace Pangalengan terletak sekitar 12 km dan menawarkan suasana pedesaan yang nyaman dan tenang. Hotel ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
  18. Villa Cempaka Lembang Villa Cempaka Lembang terletak sekitar 27 km dan menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dengan pemandangan pegunungan yang indah. Penginapan ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
  19. Lembah Hijau Resort Ciwidey Lembah Hijau Resort Ciwidey terletak sekitar 23 km dan menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dengan pemandangan pegunungan yang indah. Hotel ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
  20. Pangalengan Valley Resort Pangalengan Valley Resort terletak sekitar 14 km dan menawarkan pemandangan alam yang indah. Penginapan ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, taman, dan area parkir.
See also  19 Review Pantai Santolo, Destinasi Wisata Favorit Di Garut

Tempat Makan

Berikut beberapa tempat makan di sekitar Situ Cileunca Pangalengan yang bisa menjadi pilihan:

  1. Lesehan Situ Cileunca merupakan restoran yang berada di dalam kawasan. Restoran ini menawarkan menu makanan Indonesia dan seafood yang enak dengan pemandangan yang indah.
  2. Kedai Pempek Pojok Kedai Pempek Pojok terletak di kota Pangalengan dan menawarkan menu makanan khas Palembang seperti pempek, tekwan, dan model.
  3. Ayam Goreng Kampung Pangalengan Ayam Goreng Kampung Pangalengan merupakan tempat makan yang spesialisasi pada ayam goreng kampung yang diolah dengan bumbu tradisional.
  4. Sari Sunda Resort Sari Sunda Resort memiliki restoran yang menawarkan makanan khas Sunda dengan pemandangan yang indah. Restoran ini juga menyediakan sajian seafood dan ikan bakar yang enak.
  5. Warung Tegal Pangalengan Warung Tegal Pangalengan merupakan tempat makan yang menyediakan menu makanan khas Tegal seperti soto Tegal, lontong cap gomeh, dan nasi megono.
  6. De’ Lava Resto Ciwidey De’ Lava Resto Ciwidey terletak sekitar 20 km dan menawarkan suasana makan yang nyaman dan tenang. Restoran ini menawarkan menu makanan Indonesia dan khas Sunda dengan pemandangan pegunungan yang indah.
  7. Sate Maranggi Cibungur Sate Maranggi Cibungur merupakan tempat makan yang terkenal dengan sate maranggi-nya yang enak. Restoran ini memiliki suasana yang nyaman dan menyediakan menu makanan Indonesia lainnya seperti nasi goreng, mie goreng, dan lain-lain.
  8. De’ Ranch Cafe Lembang De’ Ranch Cafe Lembang terletak sekitar 25 km dan menawarkan suasana makan yang asri dengan pemandangan alam yang indah. Restoran ini menyediakan menu makanan Indonesia dan Western dengan pilihan kudapan dan minuman yang unik.
  9. Kawih Lela Resto Kawih Lela Resto merupakan restoran yang menyediakan menu makanan khas Sunda dengan konsep lesehan di tepi sawah yang menenangkan.
  10. Roti Gempol Roti Gempol merupakan tempat makan yang menyediakan roti bakar dan mie pangsit dengan pilihan topping yang unik seperti keju, coklat, dan lain-lain. Tempat makan ini terletak di kota Pangalengan.

Jam Buka

Situ Cileunca biasanya buka dari pukul 07.00 pagi sampai dengan 17.00 sore. Namun, jam buka ini bisa berubah-ubah tergantung pada situasi dan kondisi di tempat tersebut, seperti cuaca atau adanya acara khusus. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu jam buka terbaru sebelum berkunjung agar tidak kecewa. Anda dapat menanyakan jam buka kepada pihak pengelola atau mengunjungi situs web resmi.

Spot Foto

Berikut ini beberapa spot foto yang bisa Anda temukan di Situ Cileunca:

  1. Jembatan Gantung: Jembatan gantung merupakan spot foto yang sangat populer. Anda bisa berfoto di atas jembatan yang menggantung di atas danau dan menikmati pemandangan sekitarnya. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di bawah jembatan dengan latar belakang air dan pegunungan.
  2. Perahu di danau: menawarkan pemandangan danau yang indah, dan salah satu cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan menaiki perahu. Anda bisa berfoto di perahu dengan latar belakang danau dan pohon-pohon di sekitarnya.
  3. Kampung Adat Cipta Mandala: Kampung Adat Cipta Mandala adalah desa adat. Desa ini menawarkan suasana pedesaan yang asri dan tradisional, serta rumah-rumah adat yang menarik untuk difoto.
  4. Air Terjun Cikahuripan: Air terjun Cikahuripan dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa berfoto di dekat air terjun dengan latar belakang pegunungan hijau.
  5. Pemandangan dari atas bukit: memiliki beberapa bukit yang menawarkan pemandangan indah dari atas. Anda bisa berfoto di atas bukit dengan latar belakang danau dan pegunungan di sekitarnya.
  6. Area persawahan: terdapat beberapa area persawahan yang menawarkan pemandangan yang asri dan tenang. Anda bisa berfoto di area persawahan dengan latar belakang pegunungan dan langit biru di sekitarnya.

Pastikan untuk memperhatikan keselamatan saat berfoto di Situ Cileunca dan mengikuti peraturan yang berlaku di area tersebut.

Wisata Sekitar

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang dekat dengan Situ Cileunca:

  1. Curug Malela: Curug Malela adalah air terjun yang berada sekitar 6 km. Air terjun ini terletak di tengah hutan pinus dan menawarkan pemandangan yang indah.
  2. Kampung Cai Ranca Upas: Terletak sekitar 7 km, Kampung Cai Ranca Upas adalah kawasan wisata yang menawarkan berbagai kegiatan, seperti berkuda, memancing, dan bersepeda di sekitar danau.
  3. Curug Omas: Curug Omas adalah air terjun yang berada sekitar 10 km. Air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan memiliki kolam air jernih yang cocok untuk berenang.
  4. Gunung Burangrang: Gunung Burangrang adalah gunung yang berada sekitar 20 km. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan menjelajahi jalur pendakian yang menantang.
  5. Taman Wisata Matahari: Terletak sekitar 20 km, Taman Wisata Matahari adalah taman hiburan yang menawarkan berbagai wahana seru, seperti roller coaster, water boom, dan taman bermain anak.
  6. Kampung Gajah Wonderland: Berjarak sekitar 30 km, Kampung Gajah Wonderland adalah taman hiburan yang menawarkan berbagai wahana seru, seperti permainan air, kereta gantung, taman binatang mini, dan masih banyak lagi.
  7. Taman Bunga Nusantara: Terletak sekitar 40 km, Taman Bunga Nusantara adalah taman bunga yang menawarkan beragam jenis bunga dari seluruh Indonesia. Di sini, Anda bisa menemukan lebih dari 2500 jenis bunga dan tanaman yang indah dan menarik untuk dijelajahi.
  8. Gunung Tangkuban Perahu: Berjarak sekitar 45 km, Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Barat. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dan menjelajahi kawah yang indah.
  9. Ciwidey Valley Resort: Terletak sekitar 50 km, Ciwidey Valley Resort adalah tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang segar. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai kegiatan, seperti memancing, berenang, berkuda, dan masih banyak lagi.
  10. Kawah Putih: Berjarak sekitar 60 km, Kawah Putih adalah danau vulkanik yang terkenal dengan air danau yang berwarna putih kehijauan dan suasana mistis. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dan menjelajahi kawasan sekitarnya.
  11. Farm House Lembang: Terletak sekitar 70 km, Farm House Lembang adalah tempat wisata yang menawarkan suasana pedesaan yang asri. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai kegiatan, seperti berkuda, berkeliling di kebun stroberi, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di sekitar Situ Cileunca. Pastikan untuk mengatur waktu dan jadwal dengan baik agar perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan.

Pengalaman Pribadi

Saat saya mengunjungi Situ Cileunca, saya sangat terpesona dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Saya berjalan-jalan di sekitar danau dan menikmati pemandangan pegunungan dan pepohonan yang rindang. Saya juga mencoba berkeliling danau dengan perahu dan merasakan ketenangan yang luar biasa saat berada di tengah danau

Saya juga mencoba wahana flying fox dan merasakan sensasi meluncur dengan cepat di atas ketinggian. Selain itu, saya juga menikmati makanan di restoran yang menyajikan berbagai macam hidangan khas Jawa Barat.

Saat malam tiba, saya menyaksikan keindahan langit malam yang dipenuhi oleh bintang-bintang yang terang. Suasana yang tenang dan damai membuat saya merasa sangat nyaman dan rileks.

Secara keseluruhan, pengalaman saya berkunjung ke Situ Cileunca sangat menyenangkan dan tidak terlupakan. Keindahan alamnya yang memukau dan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan membuat saya ingin kembali ke tempat ini di masa yang akan datang.

Kesimpulan

Situ Cileunca adalah sebuah objek wisata alam yang sangat menarik dan memiliki keindahan alam yang luar biasa. Terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, danau buatan ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan wisatawan. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di tempat ini, mulai dari berkeliling danau dengan perahu, berjalan-jalan di sekitar danau, hingga berkemah di sekitar danau. Pengalaman saya berkunjung ke Situ Cileunca sangat menyenangkan dan membuat saya ingin kembali lagi di masa yang akan datang. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia, Situ Cileunca adalah tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Review Pesona Keindahan Dan Kesejukan Wisata Danau Situ Cileunca Pangalengan.

Your email address will not be published. Required fields are marked *