15 Hal Menarik Wisata Alam Tebing Keraton Cimenyan Bandung

Tebing Keraton adalah salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Indonesia. Terletak di Cimenyan, Jawa Barat, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Tebing ini terdiri dari batuan yang terbentuk secara alami dan membentang sepanjang beberapa kilometer.

Tebing Keraton cimenyan Bandung
@ariswbr

Sesampainya di Tebing Keraton, pengunjung akan disambut dengan pemandangan yang menakjubkan dari atas bukit. Pemandangan ini mencakup hamparan pepohonan hijau dan keindahan alam sekitar yang sangat memukau. Pengunjung juga dapat menikmati udara segar dan suhu yang sejuk di sini.

Tebing Keraton sangat populer dikunjungi oleh para pendaki dan pecinta alam. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan atau melakukan kegiatan yang lebih menantang seperti mendaki tebing. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati saat melakukan kegiatan di sini karena kondisi alam yang cukup ekstrem.

Selain itu, di sekitar Tebing Keraton terdapat beberapa objek wisata menarik lainnya seperti Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Kampung Gajah Wonderland, dan Farmhouse Susu Lembang. Oleh karena itu, pengunjung dapat memanfaatkan waktu mereka dengan mengunjungi tempat-tempat ini.

Untuk memudahkan pengunjung, juga tersedia berbagai fasilitas seperti area parkir, toilet, dan tempat istirahat. Terdapat juga beberapa penjual makanan dan minuman di sekitar area wisata ini.

Tebing Keraton adalah tempat yang sangat indah dan layak dikunjungi oleh siapa saja yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia. Dengan pemandangan yang menakjubkan dan suasana yang tenang, tempat ini sangat cocok untuk menjadi tempat liburan atau rekreasi bersama keluarga dan teman-teman.

Sejarah

Memiliki sejarah yang cukup panjang dan beragam. Nama “Tebing Keraton” sendiri berasal dari legenda yang berkembang di masyarakat setempat. Konon, pada zaman dahulu, tebing ini dijadikan tempat singgah oleh Raja-raja Sunda dalam perjalanan menuju ke Galuh. Oleh karena itu, tebing ini disebut sebagai “Tebing Keraton”, yang artinya “tebing kerajaan”.

Selain itu, juga memiliki nilai sejarah yang cukup penting. Di sekitar area terdapat beberapa peninggalan sejarah seperti makam-makam yang konon menjadi tempat peristirahatan terakhir para raja Sunda.

Tak hanya itu, juga memiliki nilai keindahan alam yang luar biasa. Tebing yang menjulang tinggi dengan pemandangan yang indah membuat tempat ini menjadi salah satu objek wisata favorit di Bandung.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini telah dijadikan sebagai objek wisata yang dikelola oleh pemerintah setempat. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar, melakukan aktivitas hiking, berfoto, atau sekadar bersantai menikmati suasana alam yang tenang.

Meskipun memiliki sejarah yang panjang, kini telah menjadi destinasi wisata modern yang menarik dan layak dikunjungi oleh siapa saja yang ingin menikmati keindahan alam dan sejarah Jawa Barat.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke area Tebing Keraton, pengunjung biasanya harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk tersebut bisa berbeda-beda tergantung pada kebijakan pengelola dan fasilitas yang disediakan. Namun, pada umumnya harga tiket masuk relatif terjangkau.

Pengunjung dapat membeli tiket masuk di loket tiket yang tersedia di area parkir atau di gerbang masuk. Biasanya, tiket masuk Tebing Keraton berkisar antara 10.000 hingga 20.000 rupiah per orang. Namun, harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pengelola.

Selain itu, di sekitar area wisata juga terdapat beberapa objek wisata lainnya yang mungkin memerlukan tiket masuk tambahan. Misalnya, untuk masuk ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau Kampung Gajah Wonderland, pengunjung harus membeli tiket masuk terlebih dahulu.

Pengunjung disarankan untuk menanyakan informasi lebih lanjut mengenai harga tiket masuk dan fasilitas yang tersedia sebelum memasuki area wisata. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung dalam mengatur anggaran dan membuat rencana perjalanan yang lebih efektif dan efisien.

Lokasi

Tebing Keraton terletak di Puncak Kordon, RT.2/RW.10, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Lokasinya berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut.

Untuk mencapai dari pusat kota Bandung, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti angkutan kota atau taksi. Dari pusat kota Bandung, pengunjung dapat menuju ke arah utara melalui Jalan Ir. H. Djuanda atau Jalan Setiabudhi.

Setelah melewati beberapa jalan raya, pengunjung akan melihat pertigaan Cisaranten. Di sini, pengunjung harus belok kanan dan mengikuti Jalan Cisaranten Kulon yang mengarah ke arah selatan. Terus ikuti jalan tersebut hingga sampai di Desa Cimenyan.

Setelah itu, pengunjung dapat mengikuti petunjuk jalan menuju Tebing Keraton. Ada beberapa rute yang dapat ditempuh untuk mencapai lokasi, tergantung dari arah asal pengunjung. Meskipun terletak di daerah perbukitan, akses terbilang mudah dan lancar.

Aktivitas

Menawarkan berbagai aktivitas yang menarik bagi pengunjung yang datang ke tempat ini. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Tebing Keraton antara lain:

  1. Menikmati pemandangan: Menawarkan pemandangan alam yang indah dengan hamparan perbukitan hijau yang memukau. Pengunjung dapat menikmati pemandangan ini dari atas tebing yang menghadap ke arah barat.
  2. Fotografi: Pemandangan yang indah membuat tempat ini menjadi spot yang sangat populer untuk fotografi. Pengunjung dapat mengabadikan momen indah di sini, terutama saat matahari terbit atau terbenam.
  3. Camping: Menawarkan area camping bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di sini lebih lama. Terdapat beberapa tempat yang cocok untuk berkemah, seperti di sekitar Sungai Cikapundung dan hutan pinus.
  4. Hiking: Terletak di kawasan perbukitan yang cocok untuk hiking atau mendaki. Terdapat beberapa jalur hiking yang dapat dilalui, seperti jalur hiking yang mengarah ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.
  5. Olahraga outdoor: Menjadi tempat yang cocok untuk olahraga outdoor, seperti bersepeda, trekking, dan panjat tebing.
  6. Piknik: Area sekitar juga cocok untuk piknik bersama keluarga atau teman. Terdapat beberapa spot yang cocok untuk piknik, seperti di sekitar hutan pinus dan di sekitar Sungai Cikapundung.
See also  33 Ulasan Menarik Karacak Valley Spot Camping Favorit Garut

Namun, penting bagi pengunjung untuk memperhatikan keselamatan dan menjaga kebersihan lingkungan saat melakukan aktivitas di Tebing Keraton.

Fasilitas

Menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung yang datang ke tempat ini. Beberapa fasilitas yang tersedia di Tebing Keraton antara lain:

  1. Area parkir: Terdapat area parkir yang luas yang dapat digunakan oleh pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.
  2. Toilet: Terdapat beberapa toilet umum yang tersebar di area yang dapat digunakan oleh pengunjung.
  3. Warung dan kantin: Terdapat beberapa warung dan kantin yang menjual makanan dan minuman di area.
  4. Tempat istirahat: Terdapat beberapa tempat istirahat yang disediakan, seperti bangku dan tenda yang dapat digunakan untuk beristirahat.
  5. Camping ground: Bagi pengunjung yang ingin berkemah di area, terdapat area camping ground yang dapat digunakan.
  6. Pemandu wisata: Terdapat pemandu wisata yang dapat membantu pengunjung dalam menjelajahi area dan memberikan informasi mengenai tempat ini.
  7. Taman bermain anak: Terdapat taman bermain anak yang dapat digunakan oleh pengunjung yang datang bersama keluarga.

Namun, pengunjung juga diharapkan untuk menjaga kebersihan dan kerapian saat menggunakan fasilitas di Tebing Keraton, serta mematuhi peraturan yang berlaku di tempat ini.

Daya Tarik

Memiliki banyak daya tarik yang menarik bagi pengunjung yang datang ke tempat ini. Beberapa daya tarik yang dapat dinikmati di Tebing Keraton antara lain:

  1. Pemandangan alam: Menawarkan pemandangan alam yang indah dengan hamparan perbukitan hijau yang memukau. Pengunjung dapat menikmati pemandangan ini dari atas tebing yang menghadap ke arah barat.
  2. Sunrise dan sunset: Tempat ini menjadi spot yang sangat populer untuk menikmati matahari terbit atau terbenam. Pengunjung dapat menikmati momen indah ini dari atas tebing yang menghadap ke arah barat.
  3. Camping: Menawarkan area camping bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di sini lebih lama. Terdapat beberapa tempat yang cocok untuk berkemah, seperti di sekitar Sungai Cikapundung dan hutan pinus.
  4. Hiking: Terletak di kawasan perbukitan yang cocok untuk hiking atau mendaki. Terdapat beberapa jalur hiking yang dapat dilalui, seperti jalur hiking yang mengarah ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.
  5. Olahraga outdoor: Menjadi tempat yang cocok untuk olahraga outdoor, seperti bersepeda, trekking, dan panjat tebing.
  6. Keindahan hutan pinus: Terdapat hutan pinus yang menawarkan keindahan alam yang khas. Pengunjung dapat berjalan-jalan atau beristirahat di sekitar hutan pinus ini.
  7. Air Terjun Cikapundung: Air Terjun Cikapundung yang terletak tidak jauh juga menjadi daya tarik yang menarik bagi pengunjung yang datang ke tempat ini.

Dengan segala daya tarik yang dimilikinya, menjadi tempat yang populer di kalangan wisatawan yang mencari pengalaman alam yang indah dan petualangan outdoor.

Sunrise

Tebing Keraton merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit atau sunrise di Bandung. Pemandangan yang indah dari atas tebing saat matahari terbit membuat momen sunrise menjadi sangat menarik dan layak untuk dijadikan sebagai pengalaman yang tidak terlupakan.

Untuk menyaksikan matahari terbit, pengunjung harus datang pada pagi hari sebelum matahari terbit. Pengunjung disarankan datang sekitar pukul 04.00 atau 05.00 pagi, tergantung dari waktu matahari terbit pada saat itu.

Setelah sampai, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan sekitar dan menunggu matahari terbit dari atas tebing. Pemandangan yang indah dari atas tebing saat matahari terbit akan membuat momen sunrise semakin istimewa.

Namun, pengunjung harus memperhatikan kondisi cuaca saat ingin menyaksikan matahari terbit di Tebing Keraton. Pastikan cuaca cerah dan tidak berkabut agar pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan matahari terbit dengan sempurna.

Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk membawa peralatan yang dibutuhkan seperti jaket, topi, dan kamera untuk memotret momen sunrise yang indah.

Sunset

Tebing Keraton Cimenyan juga merupakan tempat yang menarik untuk menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset di Bandung. Pemandangan yang indah dari atas tebing saat matahari terbenam membuat momen sunset menjadi sangat menarik dan layak untuk dijadikan sebagai pengalaman yang tidak terlupakan.

Untuk menyaksikan matahari terbenam, pengunjung dapat datang pada sore hari menjelang waktu matahari terbenam. Pengunjung disarankan datang sekitar pukul 16.00 atau 17.00, tergantung dari waktu matahari terbenam pada saat itu.

Setelah sampai di Tebing Keraton, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan sekitar dan menunggu matahari terbenam dari atas tebing. Pemandangan yang indah dari atas tebing saat matahari terbenam akan membuat momen sunset semakin istimewa.

See also  Pelita Desa¬†Wisata Edukasi 3 Wahana Outbound Favorit di Bogor

Namun, pengunjung juga harus memperhatikan kondisi cuaca saat ingin menyaksikan matahari terbenam di Tebing Keraton. Pastikan cuaca cerah dan tidak berkabut agar pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam dengan sempurna.

Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk membawa peralatan yang dibutuhkan seperti jaket, topi, dan kamera untuk memotret momen sunset yang indah.

Camping Ground

Tebing Keraton menawarkan area camping yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di sini lebih lama. Area camping ini berada di sekitar hutan pinus dan Sungai Cikapundung, yang menawarkan suasana yang tenang dan asri.

Beberapa fasilitas yang tersedia di area camping di Tebing Keraton antara lain tenda, toilet, air bersih, dan tempat api unggun. Pengunjung juga dapat membawa tenda sendiri jika ingin. Namun, pengunjung diharapkan untuk membawa perlengkapan camping sendiri seperti sleeping bag dan matras.

Selain itu, pengunjung juga diharapkan untuk menjaga kebersihan dan keamanan saat berkemah di Tebing Keraton. Pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak lingkungan sekitar.

Harga untuk camping di Tebing Keraton tergantung pada jumlah orang dan perlengkapan yang dibutuhkan. Pengunjung dapat membayar biaya camping di loket yang tersedia di area parkir.

Pengunjung masih bisa melakukan camping di area sekitar Tebing Keraton dengan beberapa catatan.

Pertama, pengunjung harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan saat melakukan camping. Pastikan bahwa lokasi camping yang dipilih tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan area camping setelah selesai digunakan agar tidak merusak keindahan alam sekitar.

Kedua, pengunjung harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang sebelum melakukan camping. Bawa peralatan camping seperti tenda, sleeping bag, matras, dan lain sebagainya. Pastikan juga membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup selama melakukan camping.

Ketiga, pastikan untuk meminta izin kepada pengelola atau warga sekitar sebelum melakukan camping di area sekitar Tebing Keraton. Hal ini untuk menghindari masalah dan konflik yang tidak diinginkan.

Prewedding

Tebing Keraton adalah salah satu tempat yang cocok untuk melakukan sesi foto prewedding. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan hamparan perbukitan hijau yang memukau, serta hutan pinus yang menambah suasana romantis.

Beberapa spot foto yang populer di Tebing Keraton antara lain tebing yang menghadap ke arah barat, area hutan pinus, dan area persawahan di sekitar tebing. Pengunjung juga dapat mengambil foto di sekitar Sungai Cikapundung dan air terjun di dekatnya.

Untuk melakukan sesi foto prewedding di Tebing Keraton, pengunjung perlu menghubungi manajemen tempat terlebih dahulu untuk mendapatkan izin dan informasi lebih lanjut mengenai biaya dan persyaratan yang diperlukan. Beberapa tips untuk sesi foto prewedding di Tebing Keraton antara lain:

  1. Datang saat waktu yang tepat: Sesi foto prewedding di Tebing Keraton sebaiknya dilakukan saat pagi atau sore hari untuk mendapatkan pemandangan matahari terbit atau terbenam yang indah.
  2. Kenakan pakaian yang sesuai: Pilih pakaian yang cocok untuk sesi foto di luar ruangan dan sesuai dengan tema prewedding yang diinginkan.
  3. Bawa peralatan yang diperlukan: Pastikan untuk membawa peralatan fotografi yang diperlukan, seperti kamera, tripod, dan lighting.
  4. Patuhi aturan dan jaga kebersihan: Selalu patuhi aturan yang berlaku di Tebing Keraton dan jaga kebersihan tempat tersebut.

Dengan keindahan alamnya, Tebing Keraton menjadi tempat yang populer untuk melakukan sesi foto prewedding bagi pasangan yang ingin memiliki kenangan indah sebelum melangsungkan pernikahan.

Harga prewedding di Tebing Keraton dapat berbeda-beda tergantung pada paket yang dipilih, jumlah spot foto yang diinginkan, dan kebutuhan lainnya. Namun, umumnya harga prewedding di Tebing Keraton cukup terjangkau jika dibandingkan dengan tempat prewedding lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga prewedding di Tebing Keraton, pengunjung dapat menghubungi manajemen tempat atau penyedia jasa fotografi yang bekerja sama dengan Tebing Keraton. Beberapa paket prewedding yang biasanya ditawarkan antara lain:

  1. Paket standar: Paket ini biasanya mencakup beberapa spot foto dengan durasi sesi foto yang ditentukan. Harga untuk paket standar ini biasanya mulai dari Rp 2.500.000 hingga Rp 5.000.000.
  2. Paket eksklusif: Paket ini mencakup lebih banyak spot foto, serta peralatan dan fasilitas yang lebih lengkap. Harga untuk paket eksklusif ini biasanya mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000.
  3. Paket custom: Paket ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget pengunjung. Harga untuk paket custom ini dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan permintaan pengunjung.

Pengunjung juga dapat membawa fotografer dan mengambil foto prewedding sendiri tanpa menggunakan jasa dari penyedia jasa fotografi. Namun, pengunjung tetap perlu membayar biaya masuk dan biaya izin foto yang berlaku di Tebing Keraton.

Penginapan Dekat

Terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat ditemukan di sekitar Tebing Keraton, seperti:

  1. Kampung Daun Resort & Spa (berjarak sekitar 1,5 km) Alamat: Jl. Sersan Bajuri Km. 4.7, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Telepon: (022) 2787915
  2. Dago Highland Resort (berjarak sekitar 4 km) Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur IV No. 5, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat Telepon: (022) 2533666
  3. The Valley Resort Hotel (berjarak sekitar 6 km) Alamat: Jl. Lembah Pakar Timur No. 28, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat Telepon: (022) 2533555
  4. G.H. Universal Hotel (berjarak sekitar 7 km) Alamat: Jl. Setiabudhi No. 376, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat Telepon: (022) 2005888
  5. Mason Pine Hotel (berjarak sekitar 9 km) Alamat: Jl. Raya Parahyangan KM. 1.8, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Telepon: (022) 6803777
See also  Hutan Pinus Rahong Bandung: Wisata Alam dengan Beragam Aktivitas

Pilihan penginapan di atas dapat menjadi referensi bagi pengunjung yang ingin menginap dekat dengan Tebing Keraton. Namun, sebaiknya pengunjung melakukan reservasi terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan kamar dan mendapatkan harga terbaik.

Villa Dekat

Berikut beberapa pilihan villa yang dekat dengan Tebing Keraton:

  1. Villa Forest Hill Resort Alamat: Jl. Dago Pakar Utara No. 24, Resor Dago Pakar, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat Telepon: (022) 2531533
  2. Villa Triniti Dago Alamat: Jl. Dago Pakar Permai IV No. 66, Dago Pakar, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat Telepon: (022) 2531088
  3. Villa Bougenville Dago Alamat: Jl. Bukit Cemara Hijau No. 23, Bukit Pakar Timur, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat Telepon: (022) 2535109
  4. The Luxe Villas Alamat: Jl. Raya Dago No. 119, Resor Dago Pakar, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat Telepon: (022) 82520777
  5. Villa Kenari Dago Private Pool Alamat: Jl. H. Juanda No. 5, Dago Pakar, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat Telepon: (0812) 22737733

Semua villa di atas dapat menjadi pilihan untuk pengunjung yang ingin menginap dekat dengan Tebing Keraton. Namun, sebaiknya pengunjung melakukan reservasi terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan kamar dan mendapatkan harga terbaik.

Cafe Dekat

Berikut beberapa pilihan cafe yang terdekat dengan Tebing Keraton:

  1. The Valley Bistro Cafe Alamat: Jl. Lembah Pakar Timur No. 28, Resor Dago Pakar, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat Telepon: (022) 2533555
  2. Sierra Cafe Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No. 42, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat Telepon: (022) 2533525
  3. The Kiosk Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No. 5, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat Telepon: (022) 2533666
  4. Kampung Daun Cafe Alamat: Jl. Sersan Bajuri No. 25, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Telepon: (022) 2787915
  5. Lereng Anteng Resto & Cafe Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No. 1, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat Telepon: (022) 2533666

Semua cafe di atas dapat menjadi pilihan untuk pengunjung yang ingin menikmati makanan dan minuman dekat dengan Tebing Keraton. Namun, sebaiknya pengunjung melakukan reservasi terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan tempat dan mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Spot Foto

Tebing Keraton Cimenyan memiliki banyak spot foto yang menarik dan indah, di antaranya:

  1. Pemandangan lembah dengan hamparan pepohonan dan kota Bandung di kejauhan.
  2. Tebing curam yang menjadi ciri khas dari Tebing Keraton.
  3. Skywalk yang menghubungkan dua tebing dan memberikan pengalaman berjalan di atas ketinggian dengan pemandangan yang spektakuler.
  4. Area depan pintu masuk yang memiliki bunga-bunga cantik dan mural yang instagramable.
  5. Spot di sekitar area camping ground yang memiliki pemandangan yang indah dan asri.
  6. Ruang bermain anak dengan latar belakang pemandangan alam yang menarik.
  7. Taman-taman kecil yang terdapat di sekitar Tebing Keraton yang cocok untuk foto prewedding atau foto keluarga.

Semua spot foto di atas sangat menarik dan cocok untuk berfoto di Tebing Keraton. Namun, sebaiknya pengunjung selalu berhati-hati dan mengikuti aturan yang ada untuk keselamatan diri dan menjaga kebersihan area wisata.

Wisata Sekitar

Berikut beberapa tempat wisata di sekitar Tebing Keraton:

  1. Gunung Tangkuban Perahu: Wisata gunung yang terkenal dengan kawahnya yang besar dan menyimpan cerita legenda yang menarik.
  2. Kampung Gajah Wonderland: Tempat wisata keluarga yang menawarkan berbagai macam atraksi seperti wahana air, taman bermain, dan banyak lagi.
  3. Farmhouse Susu Lembang: Wisata edukasi yang menawarkan pengalaman unik di pedesaan Eropa, lengkap dengan kafe dan spot foto yang indah.
  4. Floating Market Lembang: Wisata kuliner yang menawarkan aneka ragam makanan dan minuman diatas perahu-perahu yang mengapung di sebuah kolam.
  5. De Ranch Lembang: Tempat wisata peternakan kuda yang menawarkan pengalaman berkuda dan aktivitas lainnya di tengah suasana pedesaan yang asri.
  6. The Lodge Maribaya: Wisata alam yang menawarkan keindahan pemandangan dan pengalaman unik berada di tengah hutannya, lengkap dengan spot foto yang indah.
  7. Taman Hutan Raya Juanda: Tempat wisata yang cocok bagi penggemar hiking, dengan rute trekking yang menawarkan pemandangan alam yang indah.

Semua tempat wisata di atas terletak di sekitar Tebing Keraton Cimenyan dan cocok untuk dikunjungi saat liburan di Bandung. Selalu pastikan untuk mematuhi protokol kesehatan dan aturan yang berlaku di setiap tempat wisata untuk keselamatan bersama.

Review 15 Hal Menarik Wisata Alam Tebing Keraton Cimenyan Bandung.

Your email address will not be published. Required fields are marked *