17 Review Menarik Taman Burung Bali Bird Park Wisata Edukasi dengan Ratusan Spesies Burung

Taman Burung atau Bali Bird Park merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Bali, Indonesia. Terletak di desa Singapadu, Gianyar, taman burung ini menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung yang tertarik dengan burung-burung indigenus dan eksotis. Di Bali Bird Park, Anda dapat menjelajahi area seluas 2 hektar yang dirancang dengan indah dan memperlihatkan habitat alami burung-burung. Taman ini menampung lebih dari 1.000 burung yang mewakili lebih dari 250 spesies berbeda dari seluruh dunia, termasuk burung endemik Indonesia yang langka.

Taman Burung Bali Bird Park di Singapadu Gianyar
Taman Burung Bali Bird Park di Singapadu Gianyar

Salah satu hal yang menarik dari Bali Bird Park adalah kesempatan untuk melihat berbagai pertunjukan burung yang menghibur. Pertunjukan burung diadakan di arena utama setiap harinya, di mana burung-burung melakukan atraksi seperti terbang bebas, melompati rintangan, dan menampilkan kecerdasan mereka. Pertunjukan ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang perilaku dan karakteristik unik dari berbagai spesies burung.

Selain itu, Bali Bird Park juga menawarkan pengalaman interaktif di mana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan burung-burung. Anda dapat memberi makan burung-burung di tangan Anda, memegang burung hantu atau burung beo, dan bahkan berfoto dengan burung-burung yang indah. Ini adalah kesempatan yang baik untuk menciptakan kenangan yang tak terlupakan, terutama bagi anak-anak yang dapat belajar sambil bermain dan menikmati keindahan dunia burung.

Bali Bird Park juga memiliki berbagai fasilitas lainnya, termasuk restoran, kafe, dan toko suvenir di mana Anda dapat membeli oleh-oleh atau kenang-kenangan yang terkait dengan burung. Taman ini juga sering mengadakan program edukasi dan konservasi untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga keberlanjutan dan perlindungan burung-burung di alam liar.

Bagi pecinta burung dan wisatawan yang mencari alternatif rekreasi yang edukatif di Bali, Bali Bird Park adalah tujuan yang ideal. Anda dapat menikmati keindahan burung-burung yang eksotis, belajar tentang berbagai spesies burung, dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga Anda di lingkungan yang alami dan indah.

Alamat Lengkap Akses Rute

Alamat lengkap Bali Bird Park adalah sebagai berikut: Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati, Gianyar, Bali, Indonesia.

Berikut adalah beberapa akses rute yang dapat Anda gunakan untuk mencapai Bali Bird Park:

Dari Denpasar:

  1. Ikuti jalan raya By Pass Ngurah Rai ke arah timur.
  2. Teruskan perjalanan melewati Desa Batubulan.
  3. Setelah melewati pertigaan Batubulan, teruskan perjalanan sekitar 500 meter dan Anda akan sampai di Bali Bird Park.

Dari Bandara Ngurah Rai:

  1. Keluar dari bandara dan ikuti jalan tol Mandara.
  2. Lanjutkan perjalanan melewati pintu tol Nusa Dua.
  3. Teruskan perjalanan ke arah timur hingga mencapai pertigaan Batubulan.
  4. Di pertigaan Batubulan, belok kiri dan teruskan perjalanan sekitar 500 meter hingga tiba di Bali Bird Park.

Dari Kuta atau Nusa Dua:

  1. Ikuti jalan raya By Pass Ngurah Rai ke arah timur.
  2. Teruskan perjalanan melewati Desa Batubulan.
  3. Setelah melewati pertigaan Batubulan, teruskan perjalanan sekitar 500 meter dan Anda akan sampai di Bali Bird Park.

Jika Anda menggunakan layanan taksi atau kendaraan pribadi, disarankan untuk menggunakan navigasi atau meminta petunjuk kepada penduduk setempat agar dapat mencapai Bali Bird Park dengan tepat.

Perlu diingat bahwa kondisi lalu lintas di Bali dapat bervariasi, terutama pada jam sibuk. Pastikan Anda mengatur waktu perjalanan dengan baik untuk mencapai tujuan Anda dengan nyaman dan tepat waktu.

Bali Bird Park memiliki lokasi yang strategis di jalan raya Singapadu, desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Jaraknya yang terjangkau dari Denpasar, Bandara Ngurah Rai, serta pusat-pusat pariwisata seperti Kuta, Nusa Dua, dan Sanur membuatnya mudah diakses oleh wisatawan.

Selain itu, keberadaan Bali Bird Park berdekatan dengan objek wisata Batubulan yang terkenal dengan pementasan Tari Barong pada setiap pagi hari memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati dua pengalaman wisata yang berbeda secara berdekatan. Ini dapat menjadi pilihan yang menarik untuk mengisi waktu dan merasakan kekayaan budaya Bali.

Selain itu, Bali Bird Park juga berdekatan dengan Bali Zoo Park yang populer sebagai destinasi rekreasi anak-anak di Bali. Jarak yang dekat antara dua taman ini memudahkan pengunjung untuk menjelajahi keduanya dalam satu kunjungan, menyediakan pengalaman yang beragam dan menyenangkan untuk keluarga dan anak-anak.

Lokasinya yang searah dengan objek wisata populer seperti Ubud dan Kintamani juga menjadi nilai tambah bagi Bali Bird Park. Jika Anda mengagendakan tur ke Ubud atau Kintamani, Anda dapat mengunjungi taman burung ini dengan lebih mudah dan efisien waktu. Anda dapat memanfaatkan waktu liburan dengan menggabungkan kunjungan ke beberapa tempat wisata terkenal sekaligus.

Dengan demikian, keberadaan Bali Bird Park yang strategis dan dekat dengan berbagai objek wisata lainnya membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, burung-burung langka, serta kegiatan rekreasi dan edukasi di Bali.

Untuk informasi lebih lanjut dan paket tour di Bali, disarankan untuk mengunjungi website resmi Bali Bird Park atau mencari informasi dari agen perjalanan terpercaya yang menyediakan paket wisata di Bali.

Fasilitas

Bali Bird Park adalah salah satu objek wisata populer di Bali yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya. Lonjakan pengunjung biasanya terjadi pada saat-saat liburan seperti hari raya dan tahun baru, ketika banyak orang menghabiskan waktu bersama keluarga dan merencanakan liburan.

Meskipun sebelumnya dominan dikunjungi oleh wisatawan asing, sekarang ini minat wisatawan domestik dan warga lokal terhadap Bali Bird Park juga semakin meningkat. Semakin banyak orang yang tertarik untuk menikmati koleksi burung yang luar biasa dan aktivitas menarik yang ditawarkan oleh taman burung ini.

Liburan seperti Lebaran, Natal, dan Tahun Baru sering menjadi waktu yang populer untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, termasuk Bali Bird Park. Pada saat-saat ini, Anda mungkin akan melihat lonjakan pengunjung yang lebih besar di taman burung ini. Oleh karena itu, disarankan untuk mengatur jadwal kunjungan Anda dengan baik, mungkin dengan mempertimbangkan waktu kunjungan di luar jam-jam sibuk atau memesan tiket sebelumnya untuk memastikan akses Anda ke taman burung ini.

Dengan minat yang terus meningkat dari wisatawan domestik dan warga lokal, Bali Bird Park tetap menjadi salah satu objek wisata yang menarik di Bali, baik untuk wisatawan internasional maupun lokal. Ini menunjukkan daya tarik dan kualitas pengalaman yang ditawarkan oleh taman burung ini bagi pengunjung dari segala kalangan.

Tiket Masuk

Berikut adalah harga tiket masuk untuk Bali Bird Park:

  • Dewasa: Rp 150 ribu per orang.
  • Anak-anak (2-12 tahun): Rp 75 ribu per orang.
  • Di bawah 2 tahun: gratis.

Harga tiket di atas berlaku untuk wisatawan domestik. Untuk wisatawan asing, harga tiket mungkin sedikit lebih tinggi. Jika Anda melakukan pemesanan untuk rombongan dengan jumlah lebih dari 20 orang, akan disediakan seorang pemandu wisata selama kunjungan di area taman.

Bali Bird Park buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.30 WITA, termasuk pada hari libur dan hari biasa.

Sejarah

Sejak didirikan pada bulan Oktober 1995, Bali Bird Park telah memiliki luas sekitar 2 hektar dan menampung koleksi sekitar 1300 satwa unggas dari 250 spesies. Banyak dari koleksi ini termasuk dalam kategori langka dan dilindungi. Salah satu burung langka yang menjadi ikon Bali adalah Jalak Bali. Koleksi lainnya antara lain burung khas Papua seperti burung cendrawasih, elang dan elang ekor putih, serta burung Amerika Selatan seperti macaw dan toucan. Ada juga burung Beo dan berbagai jenis burung lainnya yang berasal dari Afrika.

Taman burung ini menawarkan pemandangan yang menggambarkan provinsi-provinsi di Indonesia, lengkap dengan hewan-hewan khas, tumbuhan, dan rumah adat seperti rumah adat Toraja. Terdapat pula area yang mewakili daerah lain seperti Sumatra, Borneo, Jawa, dan Amerika Selatan. Saat berada di dalam taman, pengunjung dapat melihat lapangan hijau di mana burung-burung seperti Kakatua berlarian dan terbang. Ada juga burung pelikan dan bangau yang berenang atau berjalan di sekitar kolam yang terletak di tengah taman. Selain itu, taman burung ini dilengkapi dengan lebih dari 2000 jenis tanaman tropis, termasuk 50 jenis tanaman palem. Kehadiran kupu-kupu juga menambah keramaian di taman burung ini.

Pengunjung taman burung berasal dari dalam negeri dan luar negeri. Sekitar 30% pengunjung berasal dari Rusia, sementara 40% berasal dari Eropa, Asia, Australia, dan Indonesia. Bali Bird Park merupakan tempat yang menarik untuk mengenal keanekaragaman burung dan tumbuhan tropis, serta mempelajari upaya pelestarian dan perlindungan satwa langka.

Larangan Dan Aturan

Ketika mengunjungi Bali Bird Park, ada beberapa larangan dan aturan yang perlu diikuti untuk menjaga keamanan satwa dan pengalaman pengunjung. Beberapa larangan umum yang berlaku di taman burung ini meliputi:

  1. Tidak diperbolehkan memberi makan atau menyentuh burung kecuali dalam aktivitas yang diizinkan, seperti Lory Feeding atau Guyu-Guyu Corner yang disediakan khusus.
  2. Tidak boleh merusak tanaman atau fasilitas taman.
  3. Dilarang membawa makanan atau minuman kecuali dalam kondisi khusus seperti untuk kebutuhan bayi.
  4. Tidak diperbolehkan merokok di area taman yang ditentukan.
  5. Tidak boleh berteriak atau melakukan tindakan yang mengganggu binatang dan pengunjung lainnya.
  6. Dilarang menggunakan flash atau lampu kilat saat mengambil foto atau merekam video di dalam kandang burung.
  7. Tidak diperbolehkan memasuki area yang ditandai sebagai zona terlarang atau terbatas.
See also  28 Review Menarik Taman Safari Prigen, Safari Park Terluas di Asia

Selain larangan tersebut, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan oleh pengunjung:

  1. Ikuti petunjuk dan instruksi dari petugas taman untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.
  2. Jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.
  3. Pastikan anak-anak selalu diawasi oleh orang dewasa dan diperlakukan dengan baik terhadap satwa dan fasilitas taman.
  4. Gunakan jalur pejalan kaki dan jalan setapak yang telah ditentukan.
  5. Hindari penggunaan peralatan suara yang berlebihan yang dapat mengganggu satwa liar.

Dengan mengikuti larangan dan aturan yang berlaku, pengunjung dapat menjaga keamanan satwa dan lingkungan di Bali Bird Park, serta memastikan pengalaman yang menyenangkan bagi semua pengunjung.

Aktivitas

Selain menikmati taman hutan dan koleksi burung yang mengagumkan, Bali Bird Park juga menawarkan beberapa aktivitas menarik bagi pengunjung. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Bali Bird Park:

  1. Berfoto bersama burung: Pengunjung memiliki kesempatan untuk berfoto bersama burung-burung cantik di Bali Bird Park. Anda dapat berpose dengan burung-burung yang ditangani oleh staf taman, menciptakan momen yang unik dan mengabadikan kenangan Anda di taman burung ini.
  2. Menyaksikan burung kakatua terbang: Di Bali Bird Park, Anda dapat menyaksikan pertunjukan khusus di mana burung kakatua terlatih tampil dalam atraksi terbang. Pertunjukan ini memukau dan memberikan pengalaman yang mengesankan saat melihat burung-burung ini menampilkan kemampuan terbang dan kelincahannya.
  3. Menonton teater 4 dimensi: Taman ini juga menawarkan pengalaman teater 4 dimensi, di mana pengunjung dapat menonton film atau presentasi yang melibatkan efek khusus seperti gerakan kursi, angin, air, dan aroma yang dirancang untuk meningkatkan sensasi pengalaman.

Selain itu, di Bali Bird Park juga terdapat Taman Reptil yang menampung sejumlah hewan melata, termasuk hewan langka seperti Komodo. Anda dapat melihat dan mempelajari lebih lanjut tentang reptil-reptil yang menarik ini dan memahami peran mereka dalam ekosistem.

Selain aktivitas yang terkait dengan burung dan reptil, Bali Bird Park juga memiliki restoran di dalamnya. Anda dapat bersantap di restoran tersebut untuk istirahat sejenak dan menikmati hidangan yang tersedia. Ini adalah kesempatan yang baik untuk mengisi energi dan melanjutkan petualangan Anda di taman burung ini.

Dengan berbagai aktivitas yang ditawarkan di Bali Bird Park, Anda dapat menjadikan kunjungan Anda lebih menarik dan bervariasi. Dari menikmati keindahan burung-burung, menyaksikan pertunjukan kakatua terbang, hingga menjelajahi taman reptil, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di taman burung ini.

Taman Burung di Gianyar, Bali, juga memiliki area yang disebut “Bali Nursery” yang berfungsi sebagai tempat penangkaran dan pembiakan burung-burung langka. Area ini dirancang khusus untuk menjaga populasi burung langka agar tetap lestari dan terjaga keberadaannya.

Meskipun Bali Nursery tidak dapat dimasuki oleh pengunjung secara langsung, keberadaannya memberikan kontribusi penting dalam upaya pelestarian dan perlindungan burung-burung langka. Proses pembiakan dan penangkaran burung-burung langka ini dilakukan oleh tim ahli yang berdedikasi untuk memastikan keberhasilan reproduksi dan pemulihan populasi burung yang terancam punah.

Bagi pecinta burung dan pengunjung yang ingin terlibat dalam upaya pelestarian burung langka, Bali Bird Park juga memberikan informasi dan edukasi tentang program-program konservasi yang mereka lakukan di Bali Nursery. Anda dapat belajar tentang usaha-usaha mereka dalam menjaga keberlanjutan populasi burung langka dan bagaimana masyarakat dapat ikut serta dalam upaya konservasi ini.

Dengan demikian, mengatur itinerary liburan Anda untuk mengunjungi Taman Burung di Gianyar, Bali, termasuk mempelajari program konservasi yang dilakukan di Bali Nursery, akan memberikan pengalaman yang edukatif dan memberdayakan. Ini adalah tempat yang ideal untuk semua kalangan, termasuk keluarga dan anak-anak, karena selain menikmati keindahan burung-burung yang ada, Anda juga dapat belajar tentang pentingnya menjaga keberlanjutan dan pelestarian alam serta makhluk hidup di sekitar kita.

Pastikan untuk memasukkan kunjungan ke Taman Burung dan Bali Nursery ke dalam rencana liburan Anda di Bali, dan jangan lupa untuk menyesuaikan waktu Anda dengan jadwal pertunjukan burung dan program-program edukasi yang diadakan di taman ini agar Anda dapat merasakan pengalaman yang penuh makna dan menyenangkan.

Pastikan Anda mengunjungi Bali Bird Park Gianyar sesuai dengan jadwal acara yang menawarkan berbagai atraksi menarik setiap harinya. Meskipun jadwal dapat berubah sesuai kondisi, berikut ini adalah acara-acara yang diadakan setiap hari di taman burung ini:

  1. The Komodo Experience: Jadwal tiap hari Selasa dari pukul 11.00, dan hari Jumat setiap pukul 14.30
  2. Reptilarium: Jam oprasional mulai jam 09.00 sampai 17.30.
  3. Guyu-Guyu Corner (Burung hinggap di Tangan): ada setiap hari.
  4. Pelican Feeding: mulai jam 10.00 dan hingga sampai jam 13.15.
  5. Basic Instinct dan Bird of Prey Show: Mulai jam 11.30 dan jam 15.00.
  6. Bali Rainforest dan Free Flight Bird Show: Mulai Jam 10.30 dan jam 16.00.
  7. Lory Feeding: Tersedia sepanjang hari.
  8. Meet the Bird Star dan Bali Starling Restaurant: Mulai Jam 12.00, 13.30, dan 16.30.
  9. Papua Rainforest Feeding: Mulai Jam 9.30 dan Jam 12.45.
  10. Cinema 4D: Tersedia sepanjang hari setelah Mulai Jam 10.00.

Harap dicatat bahwa jadwal acara dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kondisi dan kebijakan yang berlaku. Pastikan untuk memeriksa jadwal terbaru ketika Anda mengunjungi Bali Bird Park agar Anda tidak melewatkan acara yang ingin Anda saksikan.

Jadwal acara ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mengalami berbagai atraksi dan interaksi dengan burung dan hewan di Bali Bird Park. Dari pemberian makan burung lory, pengamatan reptil di Reptilarium, hingga pertunjukan burung di Bali Rainforest dan Basic Instinct, setiap acara menawarkan pengalaman yang unik dan menarik.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati restoran Bali Starling dan mengunjungi area The Komodo Experience di hari-hari tertentu untuk melihat hewan langka seperti Komodo.

Keunikan Daya Tarik

Bali Bird Park, Melihat Berbagai Jenis Burung Dunia
Bali Bird Park, Melihat Berbagai Jenis Burung Dunia

Taman Burung di Bali Bird Park memiliki koleksi yang mengesankan dari sekitar 1.000 ekor burung yang mewakili lebih dari 250 spesies yang berbeda. Melalui kunjungan ke taman ini, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengagumi keindahan dan keanekaragaman burung-burung tersebut.

Selain koleksi burung yang menakjubkan, Taman Burung juga menawarkan lingkungan yang indah dengan pohon-pohon tropis yang teduh dan rindang. Pemandangan hijau dan suasana yang sejuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan menenangkan bagi pengunjung. Anda dapat menjelajahi taman dengan nyaman sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

Kehadiran pohon-pohon tropis yang teduh dan rindang juga menciptakan lingkungan yang ideal bagi burung-burung tersebut. Mereka dapat hidup dalam habitat yang mirip dengan alam asli mereka, yang membantu mempertahankan kesejahteraan dan kenyamanan mereka di Taman Burung. Ini juga memberikan pengalaman yang lebih otentik bagi pengunjung, mendekatkan mereka dengan lingkungan alami burung-burung.

Selama kunjungan Anda, selain menikmati keindahan burung-burung yang beraneka ragam, Anda juga dapat menjelajahi taman yang didesain dengan baik, dengan berjalan di antara pohon-pohon yang teduh, menjelajahi jalur setapak yang indah, dan menikmati suasana yang damai.

Taman Burung di Bali Bird Park menawarkan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung dari segala usia. Selain mengamati dan mempelajari berbagai spesies burung yang ada, Anda juga dapat menikmati lingkungan yang alami, rindang, dan menenangkan di sekitar taman. Ini adalah tempat yang ideal untuk bersantai, menikmati keindahan alam, dan menambah pengetahuan tentang dunia burung.

Jadi, ketika Anda mengunjungi Bali Bird Park, luangkan waktu untuk menikmati pemandangan indah dari koleksi burung yang beragam serta atmosfer yang menenangkan yang diciptakan oleh pohon-pohon tropis yang rindang.

Bali Bird Park di Gianyar memberikan pengalaman yang mirip dengan melihat burung-burung di habitat aslinya. Taman burung ini menjadi tujuan wisata yang populer, terutama bagi keluarga dan anak-anak yang dapat mengambil manfaat dari aspek edukasinya.

Dengan mengunjungi Bali Bird Park, anak-anak dapat mengenal lebih dekat dengan alam liar dan mempelajari tentang berbagai spesies burung langka yang berasal dari berbagai daerah, termasuk yang dilindungi dan koleksi burung dari Australia, Amerika Selatan, dan Afrika. Ini adalah kesempatan langka bagi mereka untuk mengenal dan menyaksikan burung-burung yang mungkin sulit ditemui di tempat lain.

Dengan luas sekitar 2 hektar, Bali Bird Park menyediakan area yang luas bagi pengunjung untuk menjelajahi dan menikmati berbagai jenis burung, serta pohon-pohon tropis yang ada sekitar 2000 spesies. Pengalaman berjalan-jalan di antara pemandangan alam yang indah dan beraneka ragam ini menambah daya tarik wisata Taman Burung di Gianyar.

Salah satu burung yang menjadi ikon Bali Bird Park dan pulau Bali sendiri adalah Jalak Bali. Burung Jalak Bali ini terancam punah dan dilindungi oleh pemerintah. Kehadirannya di taman burung ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat burung langka ini dari dekat. Penting untuk diingat bahwa kepemilikan dan pemeliharaan burung Jalak Bali memerlukan ijin khusus serta pemenuhan syarat-syarat tertentu, mengingat statusnya yang dilindungi.

See also  Mandalawangi Cibodas Camping Ground: Harmoni Alam dan Rekreasi Berkualitas

Dengan demikian, kunjungan ke Bali Bird Park di Gianyar bukan hanya memberikan hiburan dan keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga memberikan kesempatan untuk anak-anak dan pengunjung lainnya untuk belajar tentang konservasi dan pelestarian burung langka, termasuk keberadaan Jalak Bali yang terancam punah.

Pastikan untuk menjadwalkan waktu yang cukup saat mengunjungi Taman Burung ini agar Anda dapat menikmati pengalaman penuh dan memperoleh pengetahuan yang berharga tentang burung-burung langka dan upaya pelestarian yang dilakukan di Bali Bird Park.

Koleksi Taman Burung Bali Bird Park di Gianyar memang sangat mengesankan dan beragam. Berikut adalah beberapa jenis burung dan hewan lainnya yang dapat ditemui di taman burung ini:

  1. Unggas: Ayam hutan mas, pergams, merak putih, merak biru, dan bayan.
  2. Macaw: Macaw buffon, macaw severa, macaw byacin, macaw biru emas, macaw scarlet, dan macaw sayang hijau.
  3. Beo abu-abu, crimson wing parakeet, kasuari, junai emas, elang ular bido, dan elang jawa.
  4. Burung jalak Bali, burung Cendrawasih, lovebird, bondol, jalak Afrika, wydah ekor panjang, kasturi raja, perkici garis kuning, burung nuri, betet raja, betet jawa, julang, dan masih banyak lagi.

Di Taman Burung Bali Bird Park, Anda dapat menjelajahi kandang-kandang yang menampilkan berbagai jenis burung tersebut. Ada juga kandang raksasa di mana Anda bisa masuk dan berbaur dengan burung-burung penghuni hutan, menciptakan pengalaman yang istimewa dan dekat dengan alam.

Selain koleksi burung yang luar biasa, Bali Bird Park juga memiliki Rimba Reptil di mana Anda dapat melihat berbagai jenis reptil seperti buaya dari yang kecil hingga ukuran raksasa, kodok, kadal, ular, iguana, kura-kura, dan yang paling terkenal adalah biawak Komodo. Beberapa reptil yang jinak bahkan dapat Anda ajak berfoto bersama.

Bali Bird Park tidak hanya menawarkan pengalaman melihat burung-burung yang menakjubkan, tetapi juga merupakan tempat wisata dan rekreasi yang menarik di Gianyar, Bali. Lokasinya yang berdekatan dengan pariwisata Ubud membuatnya menjadi pilihan yang mudah diatur dalam tur Anda di pulau Bali.

Dengan beragam koleksi burung dan hewan yang ada, Bali Bird Park menawarkan pengalaman wisata yang edukatif dan menghibur bagi pengunjung dari segala usia.

Wahana


Bali Bird Park menawarkan berbagai wahana dan program menarik bagi pengunjung setiap harinya. Beberapa wahana dan program yang dapat dinikmati di taman burung ini meliputi:

  1. Bali Rainforest: Merupakan petualangan di mana pengunjung dapat menyaksikan berbagai burung beterbangan dari Indonesia.
  2. Basic Instinct: Menampilkan aksi burung pemangsa seperti elang, falkon, dan burung hantu dalam aksi berburu mereka.
  3. Guyu-Guyu Corner: Wahana di mana pengunjung dapat bersentuhan dan berfoto-foto dengan burung Kakaktua.
  4. Feed the Lory: Aktivitas memberi makan burung Lory.
  5. Papua Rain Forest Feeding: Menyaksikan pemberian makan burung-burung dari hutan Papua.
  6. Meet the Birdstar: Pertunjukan dengan burung-burung langka seperti Kakatua Raja dan Julang Emas.
  7. Feed the Pelican: Aktivitas memberi makan burung Pelican.
  8. The Komodo Experience: Wahana yang menampilkan koleksi reptil dari Asia Tenggara, termasuk Komodo.
  9. Bioskop empat dimensi: Pengalaman menonton film dengan efek empat dimensi.

Selain wahana-wahana tersebut, pengunjung juga dapat melihat proses pengembangbiakan burung, menyaksikan pemberian makan burung-burung, dan berfoto bersama dengan burung-burung yang dilepas bebas. Fasilitas lain yang tersedia di Bali Bird Park termasuk restoran, kafe, dan toko cenderamata yang menjual produk terkait burung.

Lokasi taman burung ini juga berdekatan dengan objek wisata lain di Bali seperti pertunjukan tari barong di Batubulan, Pasar Seni Sukawati dan Guwang, Kintamani, Ubud, dan Pantai Sanur, sehingga pengunjung dapat merencanakan kunjungan yang lebih luas di sekitar area tersebut.

Spot Selfie

Di Bali Bird Park, terdapat beberapa spot yang cocok untuk berfoto selfie yang menarik. Beberapa spot selfie yang direkomendasikan di Bali Bird Park antara lain:

  1. Guyu-Guyu Corner: Spot ini memungkinkan pengunjung untuk berfoto bersama burung Kakaktua yang bertengger di tangan. Anda dapat mengabadikan momen ini dengan burung-burung yang ceria dan warna-warni.
  2. Jungle Walk: Spot ini menawarkan latar belakang yang indah dengan suasana hutan tropis yang alami. Anda dapat berfoto di antara tanaman hijau dan menciptakan gambar yang eksotis.
  3. Kolam Burung Pelican: Di sini, Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang kolam yang dihuni oleh burung Pelican. Ambil momen saat mereka berenang atau berjalan di sekitar kolam untuk mendapatkan foto yang unik.
  4. Reptilarium: Spot ini menampilkan berbagai reptil, termasuk Komodo. Anda dapat berfoto di dekat kandang Komodo atau dengan reptil lainnya untuk menciptakan foto yang menarik.
  5. Taman Burung Bebas Terbang: Di area ini, burung-burung bebas terbang di sekitar taman. Anda dapat mencoba mengambil foto saat burung-burung terbang di dekat Anda, menambahkan elemen dinamis pada gambar Anda.

Pastikan untuk mengikuti aturan yang berlaku dan tidak mengganggu hewan selama pengambilan foto. Juga, selalu berhati-hati dan ikuti petunjuk pengamanan saat berfoto di sekitar hewan dan fasilitas taman burung.

Penginapan

Di sekitar Bali Bird Park, terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat Anda pertimbangkan untuk menginap selama kunjungan Anda. Beberapa opsi penginapan di dekat Bali Bird Park dan sekitarnya antara lain:

Gianyar:
Hotel Gianyar: Hotel ini terletak di pusat kota Gianyar dan menawarkan akomodasi nyaman dengan fasilitas lengkap.
Villa Gianyar: Pilihan villa pribadi yang menawarkan kenyamanan dan privasi selama menginap.

Ubud:
Hotel di Ubud: Ubud adalah destinasi populer di Bali yang terkenal dengan seni dan budayanya. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai pilihan hotel dan resort yang cocok untuk menginap.
Villa di Ubud: Jika Anda mencari penginapan yang lebih pribadi dan eksklusif, ada banyak villa yang tersedia di Ubud dengan fasilitas lengkap.

Sanur:
Hotel di Sanur: Sanur adalah kawasan wisata pantai yang tenang dan ramah keluarga di Bali. Anda dapat memilih hotel di sepanjang pantai Sanur untuk menikmati pemandangan laut yang indah.

Resort di Sanur: Terdapat juga resort mewah di Sanur yang menawarkan fasilitas lengkap dan layanan yang berkualitas.
Pastikan untuk melakukan pemesanan penginapan sebelumnya sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda. Selain itu, perhatikan juga lokasi penginapan yang memudahkan Anda untuk mengakses Bali Bird Park serta tempat-tempat wisata lainnya yang ingin Anda kunjungi.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel terdekat dengan Bali Bird Park:

Asri Sari Villa Ubud, Gianyar:
Lokasi: Ubud, Gianyar
Harga: IDR 90.337 per kamar per malam

Khayangan Kemenuh by Premier Hospitality Asia, Gianyar:
Lokasi: Sukawati, Gianyar
Harga: IDR 1.594.722 per kamar per malam

Hotel Nikki Denpasar, Denpasar:
Lokasi: Denpasar Utara, Denpasar
Harga: Harga tidak tersedia (periksa langsung)

Sanctoo Suites & Villas at Bali Zoo, Gianyar:
Lokasi: Ubud, Gianyar
Harga: IDR 885.600 per kamar per malam

The Vasini Hotel, Denpasar:
Lokasi: Denpasar Timur, Denpasar
Harga: IDR 160.198 per kamar per malam

Harap dicatat bahwa harga dan ketersediaan dapat berubah sewaktu-waktu, jadi disarankan untuk memeriksa langsung di situs pemesanan hotel seperti Booking.com untuk informasi terbaru dan melakukan reservasi.

Kuliner Tempat Makan

Restoran terbuka taman, The Bali Starling, merupakan tempat yang ideal untuk menikmati makan siang di Bali Bird Park. Restoran ini menawarkan pengalaman unik dengan menggabungkan keindahan taman tropis dan suara kicau burung yang menenangkan.

Di The Bali Starling, Anda dapat menikmati hidangan lokal dan internasional yang akan membuat pengalaman makan Anda menjadi tak terlupakan. Restoran ini menyajikan beragam pilihan menu, mulai dari hidangan Indonesia autentik hingga hidangan internasional yang lezat.

Anda dapat menikmati makanan Anda di tengah-tengah suasana alam yang indah, dengan burung-burung berlarian di sekitar Anda. Simfoni kicau burung yang mengisi udara akan menambah kenyamanan dan keunikan dari makanan yang Anda santap.

Apakah Anda mencari hidangan tradisional Bali, hidangan Asia yang lezat, atau hidangan Barat yang familiar, The Bali Starling dapat memenuhi selera kuliner Anda. Para koki berpengalaman di restoran ini akan memastikan bahwa hidangan yang disajikan berkualitas dan menggugah selera.

Jadi, setelah menjelajahi keindahan Bali Bird Park, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati hidangan yang lezat di restoran terbuka taman, The Bali Starling.

Rainforest Café adalah sebuah kafe yang terletak di jantung Bali Bird Park, tepat di seberang kolam pelikan. Kafe ini merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati suasana taman yang indah.

Rainforest Café menawarkan berbagai pilihan minuman segar, seperti jus buah segar yang menyegarkan dan dapat dinikmati di tengah suasana alam yang alami. Selain itu, kafe ini juga memiliki es krim buatan sendiri yang lezat sebagai pilihan penutup yang sempurna setelah menjelajahi taman burung.

Selain minuman, Rainforest Café juga menyajikan pilihan makanan ringan yang cocok untuk mengisi perut saat Anda bersantai di kafe. Anda dapat menemukan hidangan seperti sandwich, kue-kue, atau mungkin camilan lokal yang lezat.

See also  31 Ulasan Menarik Orchid Forest Cikole Wisata Hutan Pinus Natural Dibandung

Dengan suasana yang nyaman dan pemandangan yang indah, Rainforest Café menjadi tempat yang ideal untuk beristirahat sejenak sambil menikmati hidangan ringan dan minuman segar. Anda dapat menikmati makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan kolam pelikan yang menarik.

Jadi, jika Anda merasa lapar atau ingin sekadar menikmati minuman segar, jangan lupa untuk singgah di Rainforest Café yang terletak di Bali Bird Park.

Berikut adalah beberapa tempat makan di sekitar Bali Bird Park:

The Bali Starling Restaurant:
Lokasi: Bali Bird Park, Batubulan, Gianyar
Jenis Masakan: Internasional
Menawarkan pemandangan taman burung

Bali Bird Park Restaurant:
Lokasi: Bali Bird Park, Batubulan, Gianyar
Jenis Masakan: Indonesia, Barat, Asia
Menyajikan hidangan ala carte dan buffet

Ayam Betutu Khas Gilimanuk:
Lokasi: Jl. Raya Batubulan, Batubulan, Gianyar
Jenis Masakan: Ayam Betutu (masakan khas Bali)

Warung Babi Guling Ibu Oka:
Lokasi: Jl. Tegal Sari No.2, Ubud, Gianyar
Jenis Masakan: Babi Guling (masakan khas Bali)

Warung Legong:
Lokasi: Jl. Cok Rai Pudak No.23, Batubulan, Gianyar
Jenis Masakan: Indonesia, Barat
Menyajikan hidangan lokal dan internasional

Bebek Bengil – Dirty Duck Diner:
Lokasi: Jl. Hanoman, Padang Tegal, Ubud, Gianyar
Jenis Masakan: Bebek (ayam bebek goreng)

Harap dicatat bahwa jam operasional, ketersediaan, dan informasi lebih lanjut dapat berubah, jadi disarankan untuk memeriksa langsung dengan tempat makan yang diinginkan sebelum mengunjunginya.

Pantai Dekat

Berikut adalah beberapa pantai terdekat dari Bali Bird Park:

  1. Pantai Sanur: Pantai Sanur terletak sekitar 14 kilometer. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang tenang, menjadikannya tempat yang populer untuk berenang, berjemur, dan menikmati pemandangan matahari terbenam.
  2. Pantai Kuta: Pantai Kuta terletak sekitar 20 kilometer. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cocok untuk berselancar. Kuta juga menawarkan berbagai fasilitas, seperti restoran, bar, dan pusat perbelanjaan.
  3. Pantai Nusa Dua: Pantai Nusa Dua terletak sekitar 25 kilometer. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang indah dan air laut yang jernih. Nusa Dua juga merupakan kawasan pariwisata yang dilengkapi dengan hotel-hotel mewah, lapangan golf, dan fasilitas olahraga air.
  4. Pantai Pandawa: Pantai Pandawa terletak sekitar 28 kilometer. Pantai ini terkenal dengan pemandangan tebing-tebing batu yang indah dan air laut yang biru. Pantai Pandawa juga dikenal sebagai “Pantai Rahasia” karena tersembunyi di antara tebing-tebing batu.
  5. Pantai Dreamland: Pantai Dreamland terletak sekitar 30 kilometer. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, membuatnya menjadi surga bagi para peselancar. Pantai Dreamland juga dikelilingi oleh perbukitan yang indah.

Pastikan untuk memeriksa kondisi cuaca, arus laut, dan keselamatan sebelum mengunjungi pantai-pantai ini. Selalu berhati-hati di sekitar air dan ikuti peraturan yang berlaku di setiap pantai.

Wisata Sekitar

Berikut adalah beberapa wisata populer di sekitar Bali Bird Park:

  1. Tegenungan Waterfall: Air Terjun Tegenungan terletak tidak jauh, di Desa Kemenuh, Gianyar. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan juga memungkinkan pengunjung untuk berenang di bawah air terjun.
  2. Goa Gajah (Elephant Cave): Goa Gajah adalah situs arkeologi dan kuil yang terletak sekitar 6 kilometer. Goa Gajah terkenal dengan arsitektur gua dan relief yang mengesankan.
  3. Ubud Monkey Forest: Ubud Monkey Forest adalah hutan kera yang terletak di Ubud, Gianyar. Pengunjung dapat menjelajahi area ini sambil melihat kehidupan liar kera dan menikmati keindahan alam sekitarnya.
  4. Pura Tirta Empul: Pura Tirta Empul adalah kuil suci dan situs arkeologi yang terletak di Tampaksiring, Gianyar. Kuil ini terkenal dengan sumber air suci yang diyakini memiliki kekuatan penyucian.
  5. Tegalalang Rice Terrace: Tegalalang Rice Terrace adalah terasering sawah yang indah yang terletak sekitar 15 kilometer. Pengunjung dapat menjelajahi dan menikmati pemandangan yang menakjubkan di lokasi ini.
  6. Bali Zoo: Bali Zoo terletak di sekitar area Bali Bird Park. Tempat ini menawarkan pengalaman melihat berbagai jenis hewan, termasuk interaksi langsung dengan beberapa hewan.
  7. Pura Goa Lawah: Pura Goa Lawah adalah pura yang terletak di Klungkung, sekitar 30 kilometer. Pura ini terkenal dengan gua kelelawar dan pemandangan laut yang menakjubkan.

Pastikan untuk memeriksa jam operasional, harga tiket, dan ketentuan kunjungan sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata ini, karena informasi tersebut dapat berubah.

Tips

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mengunjungi Bali Bird Park:

  1. Rencanakan kunjungan Anda: Sebaiknya rencanakan kunjungan Anda terlebih dahulu, termasuk jadwal, waktu yang tepat, dan kegiatan yang ingin Anda ikuti di Bali Bird Park. Hal ini akan membantu Anda mengoptimalkan waktu dan menikmati pengalaman dengan lebih baik.
  2. Kenakan pakaian yang nyaman: Karena Anda akan menghabiskan waktu di luar ruangan, pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Gunakan sepatu yang cocok untuk berjalan dan berkeliling taman.
  3. Bawalah perlengkapan yang diperlukan: Pastikan Anda membawa perlengkapan seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri Anda dari sinar matahari yang terik. Juga, bawalah air minum yang cukup untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi.
  4. Perhatikan jadwal acara: Periksa jadwal acara di Bali Bird Park untuk mengetahui waktu pertunjukan atau aktivitas khusus, seperti pertunjukan burung atau pemberian makanan kepada burung-burung. Ini akan memungkinkan Anda mengatur waktu kunjungan Anda dengan baik dan tidak melewatkan pengalaman menarik.
  5. Patuhi peraturan dan panduan: Pastikan Anda mematuhi semua peraturan dan panduan yang ada di Bali Bird Park. Ini termasuk larangan memberi makan burung secara sembarangan atau mengganggu satwa yang ada di taman. Penting untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan satwa di taman.
  6. Manfaatkan fasilitas yang ada: Bali Bird Park menyediakan berbagai fasilitas, seperti restoran, kafe, dan toko cenderamata. Manfaatkan fasilitas ini untuk istirahat sejenak, menikmati hidangan lokal, atau membeli suvenir yang unik.
  7. Jaga kebersihan: Selalu jaga kebersihan selama Anda berada di taman. Gunakan tempat sampah yang disediakan dan hindari membuang sampah sembarangan. Ini akan membantu menjaga keindahan taman dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi semua pengunjung.
  8. Manfaatkan panduan atau tur: Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang burung dan satwa di taman, pertimbangkan untuk menggunakan panduan atau tur yang disediakan oleh Bali Bird Park. Mereka akan memberikan pengetahuan yang berharga dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.
  9. Nikmati setiap momen: Yang terpenting, nikmati setiap momen Anda di Bali Bird Park. Jelajahi keindahan alam, saksikan pertunjukan burung yang menakjubkan, dan ambil gambar indah sebagai kenang-kenangan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengoptimalkan kunjungan Anda ke Bali Bird Park dan memiliki pengalaman yang menyenangkan dan berkesan.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang Bali Bird Park:

  1. Apa jam operasional Bali Bird Park? Buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.30 WITA.
  2. Berapa harga tiket masuk? Harga tiket masuk ke Bali Bird Park adalah sebagai berikut:
    • Dewasa: Rp 150.000 per orang
    • Anak-anak (2-12 tahun): Rp 75.000 per orang
    • Anak di bawah 2 tahun: Gratis
  3. Apa saja acara atau atraksi yang dapat dinikmati di Bali Bird Park? Di Bali Bird Park, pengunjung dapat menikmati berbagai acara dan atraksi seperti Lory Feeding, Pelican Feeding, Papua Rainforest Feeding, Bali Rainforest dan Free Flight Bird Show, Basic Instinct dan Bird of Prey Show, Meet the Bird Star, serta The Komodo Experience. Selain itu, terdapat juga Guyu-Guyu Corner, Reptilarium, dan Cinema 4D.
  4. Apakah ada spot selfie? Ya, terdapat banyak spot selfie menarik di Bali Bird Park. Pengunjung dapat berfoto dengan burung-burung yang indah dan unik di berbagai kandang. Selain itu, wahana Guyu-Guyu Corner juga merupakan tempat yang cocok untuk berfoto dengan burung kakaktua.
  5. Apakah ada fasilitas makanan dan minuman? Ya, terdapat restoran dan kafe di Bali Bird Park tempat pengunjung dapat bersantap atau menyegarkan diri dengan berbagai pilihan makanan dan minuman.
  6. Bagaimana cara menuju Bali Bird Park? Terletak di jalan raya Singapadu, desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, sekitar 13 km dari Denpasar dan 25 km dari Bandara Ngurah Rai. Pengunjung dapat menggunakan taksi, mobil pribadi, atau menyewa kendaraan untuk mencapai lokasi tersebut.
  7. Apakah ada hotel atau penginapan di dekat Bali Bird Park? Ya, terdapat beberapa hotel dan penginapan di sekitar Bali Bird Park. Beberapa opsi penginapan yang terdekat termasuk Villa Puri Ayu, Villa Ubud Bali, dan Alam Puri Resort & Art Museum. Pengunjung dapat memilih penginapan sesuai dengan preferensi dan anggaran mereka.

Harap dicatat bahwa informasi ini mungkin dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi disarankan untuk memeriksa langsung dengan Bali Bird Park untuk mendapatkan informasi terbaru sebelum mengunjungi tempat tersebut.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 17 Review Menarik Taman Burung Bali Bird Park Wisata Edukasi dengan Ratusan Spesies Burung.

Your email address will not be published. Required fields are marked *