Taman Wisata Pulau Situ Gintung Wisata Alam Asri di TangSel

Taman Wisata Pulau Situ Gintung di Tangerang Selatan memang menjadi tempat yang cocok untuk menghindari keramaian dan stres dari kehidupan perkotaan. Berada di tengah hutan kota, taman ini menawarkan kedamaian, keindahan alam, dan udara segar yang berbeda dari suasana perkotaan yang sibuk.

Wisata Di Taman Wisata Pulau Situ Gintung, Wisata Unggulan Di Tangerang Selatan

Suara riak air danau serta kicau burung yang bersahut-sahutan menambah suasana tenang dan mengundang relaksasi. Momen pagi di Taman Wisata Pulau Situ Gintung, dengan udara yang segar dan lingkungan yang masih relatif bersih, dapat memberikan pengalaman yang menyegarkan bagi pengunjung.

Ini adalah pengingat penting bahwa alam dan taman-taman seperti Taman Wisata Pulau Situ Gintung memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan dan kesejahteraan mental kita. Mereka menyediakan tempat untuk beristirahat, merenung, dan menghilangkan stres dari kehidupan sehari-hari.

Sejarah Tentang Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Taman Wisata Pulau Situ Gintung adalah destinasi rekreasi yang menarik, terletak di Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, di wilayah Barat Daya Jakarta. Dengan luas sekitar 21.4 hektar, taman ini dulunya merupakan danau buatan yang awalnya digunakan sebagai penampungan air. Namun, sekarang telah bertransformasi menjadi tujuan rekreasi keluarga yang menawarkan berbagai hiburan menarik bagi pengunjung dari segala usia.

Taman ini memiliki sejarah yang kaya, pertama kali dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda sekitar tahun 1932-1933. Pada awalnya, kawasan ini mencakup total luas 31 hektar. Di tengah danau, terdapat sebuah pulau kecil yang menyerupai Pulau Samosir di Danau Toba dengan luas sekitar 1.5 hektar. Pulau kecil ini menjadi salah satu daya tarik utama wisata di taman ini.

Meskipun mengalami tragedi banjir pada tahun 2009 yang mengakibatkan kerusakan, Taman Wisata Pulau Situ Gintung kemudian mengalami renovasi menyeluruh dan berubah menjadi taman yang indah dengan danau yang menambah pesona alamnya. Taman ini menawarkan berbagai jenis hiburan dan rekreasi yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala lapisan masyarakat, menjadikannya tempat yang ideal untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Berikut informasi mengenai harga tiket masuk ke Taman Wisata Pulau Situ Gintung:

  • Tiket Masuk Weekday: Rp50.000
  • Tiket Masuk Weekend: Rp65.000

Harga tiket masuk ini berlaku untuk semua pengunjung, baik dewasa maupun anak-anak. Harga tiket bervariasi tergantung pada hari kunjungan, dengan harga lebih rendah pada hari kerja (Weekday) dan sedikit lebih tinggi pada akhir pekan (Weekend). Ini adalah informasi penting yang perlu diperhatikan oleh calon pengunjung untuk merencanakan kunjungan mereka sesuai dengan anggaran dan jadwal yang tersedia.

Jam Operasional

Berikut adalah jam operasional taman tersebut:

  • Hari Kerja (Weekday): 08.00 – 18.00 WIB
  • Akhir Pekan (Weekend): 07.00 – 18.00 WIB

Dengan jam operasional yang luas, pengunjung memiliki fleksibilitas dalam merencanakan kunjungan mereka ke taman ini, baik pada hari kerja maupun akhir pekan. Ini memungkinkan mereka untuk menikmati keindahan alam dan suasana damai di Taman Wisata Pulau Situ Gintung sesuai dengan preferensi waktu mereka.

Alamat Lokasi dan Rute

Taman Wisata Pulau Situ Gintung terletak di Jalan Kertamukti No.22, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Lokasi ini berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Jakarta dan dapat dicapai dalam waktu sekitar 30-40 menit dari pusat Kota Jakarta.

Rute termudah untuk mencapai lokasi ini adalah melalui Jalan Pangeran Antasari dan kemudian ke Jalan Jakarta-Bogor. Membawa kendaraan pribadi akan menjadi pilihan terbaik untuk kenyamanan dan fleksibilitas dalam perjalanan.

Fasilitas

Taman Wisata Pulau Situ Gintung telah menyediakan berbagai fasilitas umum yang lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia termasuk:

  1. Mushola: Fasilitas mushola tersedia bagi pengunjung yang ingin beribadah sholat.
  2. Tempat Parkir: Area parkir yang luas tersedia untuk kendaraan bermotor, mobil, Elf, Hiace, dan bahkan bus pariwisata yang sering berkunjung. Fasilitas parkir yang memadai sangat memudahkan pengunjung.
  3. Toilet Umum: Fasilitas toilet umum yang sangat bersih dan terawat, dengan petugas yang rutin membersihkannya.
  4. Aula Terbuka: Aula terbuka yang luas sering digunakan untuk acara reunian dan pertemuan dengan peserta yang banyak. Ini adalah tempat yang ideal untuk acara-acara semacam itu karena berdekatan dengan area outdoor.
  5. Camping Ground: Area camping ground yang luas mampu menampung hingga 500 peserta. Area ini sering digunakan oleh kelompok Pramuka dan organisasi lainnya. Jika Anda ingin berkemah secara mandiri, Anda perlu membawa tenda dan perlengkapan camping sendiri, sementara pihak pengelola hanya menyediakan area camping. Biaya sewa camping ground cenderung terjangkau.
  6. Paket Camping: Pengelola juga menawarkan paket camping yang lebih lengkap, termasuk penyediaan perlengkapan camping, fasilitas aula, makanan, minuman, dan bahkan api unggun. Paket ini memudahkan peserta camping yang ingin memiliki pengalaman yang lebih terorganisir.

Semua fasilitas ini memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjung, baik yang datang untuk berkemah, reuni, atau acara-acara gathering lainnya.

Daya Tarik

Taman Wisata Pulau Situ Gintung di Ciputat menggabungkan elemen taman wisata alam dengan taman rekreasi untuk keluarga. Ini berarti bahwa saat Anda memasuki wilayah wisata ini, Anda akan menemukan lebih dari sekadar pemandangan danau. Selain itu, ada banyak wahana permainan yang biasa ditemukan di taman rekreasi.

Salah satu contohnya adalah waterpark, kolam renang, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Kehadiran wahana-wahana ini telah membuat tempat wisata ini semakin populer dan terkenal. Ini menawarkan pengalaman yang lebih lengkap bagi pengunjung, termasuk kesenangan dan hiburan yang sesuai untuk keluarga dan pengunjung dari berbagai usia.

Taman Wisata

Di dalam kawasan wisata alam danau ini, terdapat Taman Wisata Pulau Situ Gintung Ciputat yang menawarkan berbagai wahana rekreasi untuk pengunjung. Berikut beberapa fasilitas dan aktivitas yang tersedia:

Waterpark: Taman ini memiliki waterpark dengan berbagai wahana air yang seru, cocok untuk pengunjung yang mencari sensasi menyegarkan.

Kolam Renang: Bagi mereka yang ingin bersantai dan berenang, tersedia kolam renang untuk menikmati waktu liburan dengan keluarga atau teman-teman.

Outbound: Di sekitar danau, pengunjung dapat mengikuti aktivitas outbound yang berlangsung di alam terbuka. Ini adalah pengalaman yang seru untuk berpetualang di alam.

Warung Makan: Terdapat warung makan di tepi danau yang menyajikan beragam menu kuliner Nusantara. Beberapa menu yang populer adalah Tahu Serpong dan Laksa Ciater, yang bisa menjadi pilihan lezat bagi pecinta kuliner.

Semua fasilitas dan aktivitas ini menambah daya tarik Taman Wisata Pulau Situ Gintung sebagai tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman-teman, atau bahkan untuk pengunjung yang mencari hiburan dan petualangan dalam suasana alam yang indah.

Kolam Renang dan Water Park

Taman Wisata Pulau Situ Gintung menawarkan beragam aktivitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung segala usia. Salah satunya adalah bermain di water park dan kolam renang, yang tidak hanya cocok untuk anak-anak, tetapi juga bagi orang dewasa.

  1. Water Park: Di water park ini, tersedia berbagai wahana permainan yang cocok untuk anak-anak. Terdapat kolam dangkal dengan wahana permainan mini seperti peluncuran mini, air mancur, dan ember tumpah. Wahana ini dirancang khusus untuk menyediakan hiburan yang aman bagi anak-anak.
  2. Wahana Ekstrem: Bagi pengunjung dewasa yang mencari sensasi lebih, terdapat wahana permainan yang lebih ekstrem. Salah satunya adalah peluncuran spiral dengan ketinggian lebih dari 10 meter. Pengunjung akan melesat melalui perosotan spiral ini dan terjun ke kolam, memberikan pengalaman yang mendebarkan.
  3. Kolam Renang: Taman ini juga menyediakan kolam renang yang terpisah dari area water park. Kolam renang ini cocok bagi mereka yang ingin berenang dengan tenang tanpa gangguan permainan air.

Semua wahana dan kolam ini menambah keseruan dan variasi aktivitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung, baik anak-anak maupun orang dewasa. Tempat ini menjadi destinasi yang ideal untuk keluarga dan teman-teman yang ingin bersenang-senang di air.

Kolam Renang Anak

Ketika membawa anak-anak ke tempat ini, mereka pasti akan sangat senang. Taman ini memiliki fasilitas kolam renang yang ramah anak, yang akan menjadi taman bermain air yang menyenangkan bagi mereka.

Kolam renang ini dijaga kebersihannya dan dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air khusus untuk anak-anak. Salah satu wahana yang populer adalah seluncuran air yang mengarah ke dalam kolam renang.

Seluncuran ini memiliki lintasan yang pendek dan tinggi kurang dari 10 meter, sehingga aman untuk anak-anak. Namun, penting untuk selalu menjaga pengawasan terhadap anak-anak saat mereka bermain di area kolam renang dan wahana air untuk keamanan mereka.

Waduk atau Situ

Area danau ini nampaknya menjadi pusat dari semua daya tarik yang ditawarkan oleh Taman Wisata Pulau Situ Gintung. Terletak di tengah kota, danau ini seolah menjadi oase yang menyegarkan bagi masyarakat. Pepohonan dengan daun rindangnya tumbuh di sekitar area danau, menciptakan pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Untuk mengakomodasi para pengunjung, tersedia berbagai tempat istirahat di tepian danau. Tempat-tempat istirahat ini ditempatkan di titik-titik yang teduh, sehingga pengunjung dapat bersantai dengan nyaman sambil menikmati keindahan Danau Linting di Sumatera Utara. Ini adalah tempat yang ideal untuk melepaskan penat dan menikmati ketenangan di tengah alam.

Wisata Pulau

Selain wisata air seperti kolam renang dan mini waterpark, Taman Wisata Pulau Situ Gintung juga memiliki sebuah taman wisata pulau yang menawarkan pengalaman wisata yang unik.

Ketika Anda memasuki area taman ini, Anda akan disambut oleh keindahan sebuah taman yang dilengkapi dengan berbagai jenis tanaman hijau dan bunga yang bermekaran. Meskipun hanya taman biasa, atmosfer yang dihadirkan sangat mewah, terutama bagi pengunjung yang merasa jenuh dengan lingkungan perkotaan yang penuh polusi.

Nuansa alam yang sejuk dan alami sangat terasa di sini, menjadikannya tempat yang sempurna untuk mengadakan acara pernikahan dengan konsep garden party atau pesta di tengah-tengah keindahan alam. Taman ini menawarkan pengalaman yang berbeda dan menenangkan bagi pengunjung yang mencari ketenangan dan keindahan alam.

Outbound

Kegiatan luar ruang seperti outbound memang memiliki banyak manfaat, terutama dalam membentuk karakter yang dinamis dan memperkuat kerja tim. Di Taman Wisata Pulau Situ Gintung, terdapat tiga paket outbound yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan berbagai kelompok:

  1. Paket Outbound Pelajar: Paket ini khusus ditujukan untuk pelajar mulai dari SD, SMP, SMU, hingga mahasiswa. Aktivitas outbound di dalamnya dirancang untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran yang bermanfaat bagi para pelajar.
  2. Paket Outbound Corporate: Paket ini ditujukan untuk perusahaan atau organisasi yang ingin memperkuat kerja tim dan mengembangkan keterampilan karyawan. Outbound ini dapat membantu dalam membangun kolaborasi dan komunikasi yang lebih baik di dalam tim.
  3. Paket Outbound Kid: Bagi anak-anak TK dan PAUD, tersedia paket khusus yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Aktivitas dalam paket ini dirancang agar anak-anak dapat belajar sambil bermain dan mengembangkan keterampilan sosial mereka.

Wahana outbound yang tersedia di Taman Wisata Pulau Situ Gintung sangat beragam, termasuk jembatan gantung, panjat tali, tali jaring, dan masih banyak lagi. Aktivitas ini tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga mempromosikan kerja tim, rasa percaya diri, dan pemecahan masalah, yang semuanya merupakan keterampilan yang sangat berharga dalam kehidupan sehari-hari.

Camping

Taman Wisata Pulau Situ Gintung menyediakan fasilitas camping yang dapat menampung hingga 500 peserta. Camping di sini tidak hanya tentang bersantai dan menikmati alam sekitar, tetapi juga dapat menjadi pengalaman belajar, terutama untuk kegiatan pramuka atau pelatihan dasar kepemimpinan.

Ada dua pilihan paket camping yang dapat dipilih:

  1. Camping Mandiri: Dalam paket ini, pengunjung diharapkan untuk membawa tenda mereka sendiri. Pengunjung dapat mengatur semua aspek camping secara mandiri, termasuk pemilihan lokasi tenda dan persiapan makanan.
  2. Camping Lengkap: Paket camping lengkap disediakan oleh pengelola taman. Ini termasuk tenda, aula, makanan dan minuman, serta fasilitas seperti api unggun. Paket ini memudahkan pengunjung yang ingin camping tanpa harus membawa banyak peralatan atau persiapan. Semua yang dibutuhkan telah disediakan.

Kedua paket ini memberikan fleksibilitas kepada pengunjung sesuai dengan tingkat kenyamanan dan kemandirian yang diinginkan. Dengan fasilitas camping yang baik, tempat ini menjadi pilihan yang ideal untuk acara camping keluarga, kegiatan pramuka, atau pengalaman camping bersama teman-teman.

Gathering

Taman Wisata Pulau Situ Gintung juga merupakan tempat yang cocok untuk mengadakan acara gathering atau pertemuan kelompok, baik itu untuk sekolah, perusahaan, atau instansi pemerintah. Acara gathering perusahaan dan instansi dapat berupa acara tahunan atau pertemuan lainnya, sementara acara gathering sekolah seringkali berupa acara reuni.

Pilihan kegiatan gathering ini dapat dilakukan secara mandiri atau dengan memilih paket yang telah disediakan oleh pengelola taman. Setiap paket memiliki harga yang berbeda dan fasilitas yang berbeda pula. Misalnya, dalam paket mandiri, pengelola hanya menyediakan tempat untuk acara tersebut, sementara dalam paket lengkap, berbagai fasilitas dan layanan tambahan juga disertakan, meskipun dengan harga yang lebih tinggi.

Kegiatan gathering ini dapat menjadi cara yang baik untuk memperkuat hubungan antar-anggota kelompok, membangun kolaborasi, atau merayakan momen-momen penting dalam kehidupan sekolah atau perusahaan. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, taman ini dapat menjadi pilihan yang cocok untuk mengadakan acara semacam itu.

Paintball

Saat berada di Taman Wisata Pulau Situ Gintung, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba permainan paintball yang sangat seru. Paintball adalah permainan perang-perangan yang menggunakan senjata berisi cat gelatin sebagai peluru. Ini adalah pengalaman yang dapat memacu adrenalin para peserta, namun dengan keamanan yang terjamin.

Permainan paintball tidak hanya menguras tenaga fisik, tetapi juga memerlukan pikiran yang cemerlang dalam mengatur strategi. Durasi permainannya adalah 2 putaran masing-masing selama 30 menit, dan skenario permainan dapat disesuaikan sesuai dengan permintaan. Namun, untuk dapat bermain wahana ini, jumlah peserta minimal yang dibutuhkan adalah 10 orang.

Ini adalah aktivitas yang sangat cocok untuk bermain bersama teman-teman atau rekan kerja Anda. Anda dapat bersenang-senang, berkolaborasi dalam tim, dan merasakan sensasi perang-perangan yang aman dan mendebarkan. Jadi, pastikan untuk mencoba permainan paintball selama kunjungan Anda ke Taman Wisata Pulau Situ Gintung.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat berkunjung ke Taman Wisata Pulau Situ Gintung:

  1. Waktu Berkunjung yang Tepat: Pastikan untuk memeriksa jam operasional taman sebelum datang. Jika Anda ingin menghindari kerumunan, pertimbangkan untuk datang saat hari kerja daripada akhir pekan atau hari libur.
  2. Tiket Masuk: Pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup untuk membayar tiket masuk. Harga tiket berbeda untuk hari biasa dan akhir pekan, jadi siapkan dengan baik.
  3. Persiapan Fisik: Sebagian aktivitas di taman ini memerlukan aktivitas fisik, seperti wahana permainan air dan paintball. Pastikan Anda memiliki pakaian yang sesuai dan cukup minum agar tetap terhidrasi.
  4. Perlengkapan Tambahan: Jika Anda berencana untuk berenang atau bermain di wahana air, bawa perlengkapan tambahan seperti pakaian ganti, handuk, dan perlindungan matahari.
  5. Keamanan: Ikuti aturan keamanan dan petunjuk penggunaan wahana dengan cermat. Ini akan membantu Anda menghindari cedera dan menjaga keselamatan Anda sendiri serta orang lain.
  6. Makanan dan Minuman: Taman ini memiliki berbagai tempat makan dan kios makanan. Namun, jika Anda memiliki preferensi tertentu atau diet khusus, pertimbangkan untuk membawa bekal sendiri.
  7. Perlengkapan Camping: Jika Anda berencana camping, pastikan Anda membawa semua perlengkapan camping yang diperlukan, termasuk tenda, matras, dan perlengkapan memasak.
  8. Aktivitas Tambahan: Selain wahana utama, pertimbangkan untuk mencoba aktivitas tambahan seperti paintball atau outbound. Ini dapat menambah keseruan kunjungan Anda.
  9. Berhati-Hati dengan Barang Berharga: Jangan membawa barang berharga yang tidak diperlukan ke taman. Pastikan Anda memiliki tempat yang aman untuk menyimpan barang berharga Anda.
  10. Berbagi Momennya: Jangan lupa untuk berbagi momen indah Anda di media sosial, tetapi jangan terlalu asyik dengan ponsel sehingga Anda melewatkan pengalaman langsung.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memiliki kunjungan yang menyenangkan dan aman ke Taman Wisata Pulau Situ Gintung. Selamat menikmati liburan Anda!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News