Review Tumpeng Menoreh, Resto yang Sajikan Keindahan Alam

Tumpeng adalah hidangan khas Indonesia yang biasanya disajikan dalam acara-acara syukuran atau perayaan penting lainnya. Namun, Tumpeng Menoreh memberikan pengalaman berbeda dengan menawarkan wisata kuliner yang menghadirkan pemandangan alam indah di kaki bukit Menoreh.

Terletak di Jl. Kebun Teh Nglinggo, Sumbersari, Ngargoretno, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Jawa Tengah, Tumpeng Menoreh awalnya merupakan restoran yang menyatu dengan alam. Semua menu masakan yang disuguhkan merupakan hasil olahan warga setempat, termasuk produk UMKM seperti kopi, teh, jamu seduh, susu etawa, gula semut, dan banyak lagi.

Pengelola Tumpeng Menoreh, BUMDes Argo Inten, melibatkan masyarakat desa sebagai karyawan dan vendor. Setiap pagi, belasan menu tersedia di sini dan diantar oleh ibu-ibu sekitar yang sudah lolos seleksi. Masing-masing setidaknya harus memasakan menu yang wajib yang sama kesehariannya karena rasa dan kualitasnya sudah diuji sebelumnya. Ada 21 karyawan yang mengelola Tumpeng Menoreh, termasuk barista lokal yang sudah tersertifikasi.

Menu favorit di Tumpeng Menoreh antara lain garang asem dan ayam madu wijen. Meskipun demikian, perjalanan menuju lokasi ini cukup ekstrim karena letaknya berada di ketinggian 900 mdpl. Ada beberapa rute setidaknya ada tiga rute yang jadi dipilihan, yaitu melalui Suroloyo lewat Pasar Jagalan, melalui Desa Ngargoretno, Salaman, atau melalui Samigaluh yang dianggap sebagai rute paling aman.

Sebelum anda berajalan menuju restoran Tumpeng Menoreh, pastikan dulu bahwa kendaraan Anda cukup baik dalam keadaan fit karena bakal melewati beberapa medan sempit, berkelok, dan menanjak cukup tajam. Hindari penggunaan motor matic jika Anda naik motor. Meskipun harus melalui perjalanan yang ekstrim, pengalaman kuliner yang ditawarkan sangatlah memuaskan, karena selain suguhan kuliner yang lezat, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam yang menawan.

Dengan konsep restoran yang menyatu dengan alam dan menawarkan pemandangan indah, juga menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang terletak di lereng bukit Menoreh membuat Tumpeng Menoreh menjadi tempat yang cocok untuk menikmati suasana alam yang sejuk dan segar.

Menawarkan beragam menu makanan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Ada belasan menu tersedia, termasuk garang asem dan ayam madu wijen yang menjadi menu favorit. Total ada 21 karyawan yang mengelola Tumpeng Menoreh, termasuk barista lokal yang sudah tersertifikasi.

Namun, perjalanan cukup ekstrim karena letaknya yang berada di ketinggian 900 mdpl. Ada tiga rute yang bisa dipilih, namun jalurnya hanya bisa dilewati oleh jeep offroad 4 x 4 atau ojek yang sudah tersertifikasi lewat BUMDes. Sebelum menuju ke lokasi, pastikan kondisi kendaraan anda fit karena medannya yang cukup menantang.

Secara keseluruhan, Tumpeng Menoreh merupakan tempat yang cocok untuk dinikmati oleh pengunjung yang ingin menikmati suasana alam yang indah sambil menikmati makanan yang lezat dan terbuat dari bahan-bahan lokal. Selain itu, juga memberikan dampak positif terhadap kehidupan ekonomi warga setempat dengan melibatkan mereka sebagai karyawan dan vendor. Namun, perjalanan cukup ekstrim, sehingga perlu persiapan yang matang sebelum berkunjung ke sana.

Sejarah

Merupakan objek wisata kuliner yang terletak di lereng bukit Menoreh, tepatnya di Desa Ngargoretno, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Jawa Tengah. Konsep awal adalah restoran yang menyatu dengan alam.

Tumpeng Menoreh didirikan pada tahun 2017 oleh BUMDes Argo Inten. Pengelola Tumpeng Menoreh, Wahyu Aji Wibowo Arifin, menuturkan bahwa restoran ini berawal dari gagasan untuk mengembangkan potensi masyarakat sekitar yang terdiri dari penghasilan kopi, teh, jamu seduh, susu etawa, gula semut, dan lain-lain. Semua produk tersebut berasal dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di sekitar. Tumpeng Menoreh, sebuah restoran yang menyajikan pemandangan alam yang indah serta menu masakan khas daerah, digagas oleh seorang musisi Indonesia yang juga vokalis dari band Endank Soekamti, yaitu Erix Soekamti.

Konsep awal dari Tumpeng Menoreh adalah restoran yang menyatu dengan alam, di mana pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil menikmati menu masakan khas daerah. Semua menu masakan yang disajikan merupakan hasil olahan warga setempat, dan semua produk yang ditampilkan di sana seperti kopi, teh, jamu seduh, susu etawa, gula semut, dan masih banyak lagi, juga berasal dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dikembangkan.

See also  The Village Baturraden Purwokerto: Destinasi Wisata Favorit

Masakan yang ada di prasmanan Resto Tumpeng Menoreh dibuat oleh ibu-ibu warga sekitar yang memiliki menu andalan. Awalnya, menu mereka diseleksi dan dikurasi untuk kualitas dan rasanya oleh seorang chef dari Semarang. Setelah itu, chef Semarang juga tetap melakukan kurasi setiap hari untuk memastikan kelayakan masakan tersebut. Masing-masing ibu-ibu harus memasak menu yang sama setiap hari karena rasa dan kualitasnya sudah diuji sebelumnya.

Tumpeng Menoreh tidak hanya memberikan pengalaman kuliner yang unik, tetapi juga memberikan dampak positif bagi kehidupan ekonomi masyarakat setempat. Dengan melibatkan masyarakat sebagai karyawan dan vendor serta menggunakan produk UMKM lokal, Memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Alamat Lengkap Akses

Tumpeng Menoreh berlokasi di Jl. Kebun Teh Nglinggo, Sumbersari, Ngargoretno, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Jawa Tengah 55673.

Untuk menuju ke lokasi dari kota Yogyakarta, Anda dapat mengikuti rute berikut:

  1. Dari pusat kota Yogyakarta, arahkan kendaraan ke arah barat menuju Jl. Magelang.
  2. Ikuti Jl. Magelang hingga melewati pasar Sleman dan universitas UGM.
  3. Setelah melewati UGM, terus lurus hingga menemukan pertigaan Jl. Kaliurang.
  4. Belok kiri di pertigaan Jl. Kaliurang dan terus mengikuti jalan tersebut hingga melewati Kaliurang Park dan Taman Wisata Kaliurang.
  5. Setelah melewati Taman Wisata Kaliurang, belok kanan di perempatan Jl. Pakem-Turi.
  6. Terus mengikuti jalan tersebut hingga melewati wilayah Kecamatan Pakem dan Sleman.
  7. Setelah melewati wilayah Sleman, Anda akan menemukan perempatan Jl. Wates dan Jl. Ring Road Barat.
  8. Belok kanan di perempatan Jl. Wates dan Jl. Ring Road Barat dan terus mengikuti jalan tersebut hingga menemukan perempatan Jl. Wates dan Jl. Kebun Teh.
  9. Belok kiri di perempatan Jl. Wates dan Jl. Kebun Teh dan terus mengikuti jalan tersebut hingga menemukan Tumpeng Menoreh di sebelah kanan jalan.

Rute

Berikut adalah rute untuk menuju ke Tumpeng Menoreh dari pusat Kota Yogyakarta:

  1. Keluar dari Kota Yogyakarta menuju Jalan Magelang.
  2. Lanjutkan menuju arah barat daya hingga menemukan pertigaan Jalan Kaliurang.
  3. Belok kanan menuju Jalan Kaliurang dan terus melaju sejauh sekitar 14 km.
  4. Setelah melewati perbatasan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulon Progo, akan muncul papan petunjuk Jalan Nglinggo.
  5. Belok kanan di papan petunjuk tersebut dan terus melaju sejauh sekitar 4 km.
  6. Anda akan menemukan Tumpeng Menoreh di sebelah kanan jalan, di Jalan Kebun Teh Nglinggo, Sumbersari, Ngargoretno, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Jawa Tengah.

Harap dicatat bahwa rute di atas hanyalah panduan umum. Jika Anda menggunakan layanan navigasi seperti Google Maps, pastikan untuk memperbarui rute terbaru dan mengikuti petunjuk arah yang diberikan oleh aplikasi.

Aktivitas

Aktivitas yang dapat dilakukan di Tumpeng Menoreh adalah menikmati pemandangan alam yang indah dan menikmati kuliner khas Jawa Tengah. Pengunjung dapat bersantai di area restoran yang menyatu dengan alam, sambil menikmati beragam menu makanan yang tersedia.

Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan trekking di sekitar bukit Menoreh yang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung juga dapat melakukan perjalanan dengan jeep off-road atau ojek melalui rute Suroloyo lewat Pasar Jagalan atau melalui Desa Ngargoretno, Salaman. Perjalanan yang cukup ekstrim ini akan memberikan pengalaman yang unik bagi pengunjung.

Keunikan Daya Tarik

Memiliki beberapa keunikan dan daya tarik yang membuatnya menarik untuk dikunjungi. Pertama-tama, Tumpeng Menoreh menyajikan suasana makan yang berbeda dengan restoran biasa. Pengunjung dapat menikmati hidangan tumpeng di tengah alam dengan pemandangan perbukitan Menoreh yang indah. Konsep restoran yang menyatu dengan alam membuat pengunjung merasakan suasana yang lebih asri dan tenang.

Selain itu, Memberikan pengalaman baru bagi pengunjung dalam mencicipi masakan tradisional Indonesia yang disajikan oleh warga sekitar. Berbagai hidangan yang disajikan merupakan hasil olahan masyarakat sekitar yang memiliki menu andalan masing-masing. Dalam proses pengambilan menu, Tumpeng Menoreh juga melibatkan chef untuk melakukan seleksi dan kurasi agar rasa dan kualitas hidangan tetap terjaga.

Daya tarik lainnya adalah keberadaannya yang memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Restoran ini dikelola oleh BUMDes Argo Inten Ngargoretno dan melibatkan masyarakat desa sebagai karyawan dan vendor. Selain itu, Juga mempromosikan produk UMKM dari sekitar lokasi, seperti kopi, teh, jamu seduh, susu etawa, dan gula semut.

Namun, perjalanan menuju Tumpeng Menoreh cukup ekstrim karena letaknya yang berada di ketinggian 900 mdpl. Tiga rute yang bisa dipilih, tetapi jalurnya hanya bisa dilewati oleh jeep offroad 4×4 atau ojek yang sudah tersertifikasi. Meskipun demikian, hal ini dapat menjadi tantangan dan pengalaman yang menyenangkan bagi para pengunjung yang menyukai petualangan.

See also  Review Menarik Bukit Rhema, Pesona Wisata Magelang

Fasilitas

Tumpeng Menoreh adalah sebuah objek wisata kuliner yang terletak di Jl. Kebun Teh Nglinggo, Sumbersari, Ngargoretno, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Jawa Tengah 55673. Konsep awalnya adalah restoran yang menyatu dengan alam, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam perbukitan Menoreh yang menyegarkan mata. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas yang disediakan untuk kenyamanan pengunjung, antara lain:

  1. Restoran: Restoran Tumpeng Menoreh menyediakan berbagai menu masakan khas daerah dengan cita rasa yang nikmat. Menu-menu tersebut disajikan di dalam prasmanan yang terdiri dari berbagai macam lauk pauk, sayur-sayuran, dan aneka nasi. Selain itu, restoran juga dilengkapi dengan meja dan kursi yang nyaman.
  2. Ruang VIP: Terdapat juga ruang VIP yang dapat dipesan untuk acara khusus seperti ulang tahun, pernikahan, atau rapat bisnis. Ruangan ini dilengkapi dengan AC, TV, dan sofa yang nyaman.
  3. Parkir: Tersedia area parkir yang luas dan aman bagi kendaraan pengunjung.
  4. Toilet: Terdapat fasilitas toilet yang bersih dan terawat dengan baik.
  5. Free WiFi: Tersedia jaringan internet nirkabel (WiFi) gratis bagi pengunjung yang ingin terhubung dengan internet.
  6. Souvenir Shop: Terdapat toko oleh-oleh yang menjual berbagai souvenir khas daerah seperti gula semut, teh, kopi, dan produk UMKM lainnya yang dikembangkan oleh masyarakat sekitar.
  7. Spot Foto: Terdapat banyak spot foto menarik yang memungkinkan pengunjung untuk mengabadikan momen dengan latar belakang keindahan alam.

Dengan fasilitas yang lengkap dan suasana yang nyaman, Tumpeng Menoreh cocok untuk dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga atau teman-teman, serta untuk acara khusus seperti reuni, ulang tahun, atau acara bisnis.

Spot Selfie

Tumpeng Menoreh menawarkan pemandangan alam yang indah dengan view perbukitan Menoreh yang menjadi spot selfie yang sangat menarik. Beberapa tempat yang direkomendasikan untuk foto selfie adalah:

  1. Pintu Masuk: Dilengkapi dengan papan nama yang cukup besar yang bisa dijadikan latar belakang foto selfie yang unik.
  2. Area Parkir: Berada di area terbuka dengan latar belakang perbukitan yang indah. Spot ini cocok untuk foto dengan latar belakang alam yang hijau.
  3. Teras Resto: Memiliki teras yang cukup luas dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Teras ini cocok untuk foto-foto dengan latar belakang perbukitan yang indah.
  4. Bukit Ngaleng: Bukit Ngaleng berada di sekitar lokasi dan bisa dicapai dengan berjalan kaki. Di bukit ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang spektakuler dan cocok untuk foto dengan latar belakang panorama bukit Menoreh yang indah.
  5. Garden Tumpeng: Garden Tumpeng adalah area taman yang dihiasi berbagai tanaman dan bunga-bunga yang indah. Spot ini cocok untuk foto dengan latar belakang warna-warni bunga dan tanaman.
  6. Area Perkebunan: Di sekitar terdapat banyak perkebunan yang bisa dijadikan spot selfie dengan latar belakang pohon-pohon atau tanaman tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa saat berfoto selfie di Tumpeng Menoreh, tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak alam atau fasilitas yang ada di sana.

Tiket Masuk

Jika pengunjung ingin masuk ke Resto, mereka harus membayar tiket masuk Tumpeng Menoreh sebesar Rp50.000. Setelah membayar, pengunjung akan diberikan voucher senilai Rp25.000 yang bisa ditukarkan dengan makanan dan minuman di restoran tersebut. Dengan begitu, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman senilai Rp25.000 dengan harga yang lebih murah karena sudah mendapatkan voucher.

Sunrise Dan Sunset

Tumpeng Menoreh merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang menawarkan pengunjung pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah. Restoran ini buka 24 jam, sehingga pengunjung dapat memilih waktu kunjungan yang disesuaikan dengan jadwal mereka.

Bagi yang ingin menikmati sunrise, pengunjung dapat datang pada pagi hari sekitar pukul 05.00 – 06.00 WIB, tergantung pada musim. Namun, untuk menikmati sunrise dengan sempurna, sebaiknya pengunjung datang lebih awal sekitar 04.30 WIB.

Sementara itu, bagi yang ingin menikmati sunset, pengunjung dapat datang pada sore hari sekitar pukul 16.30 – 17.30 WIB, juga tergantung pada musim. Namun, disarankan untuk datang lebih awal agar dapat menemukan spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

Dalam menikmati sunrise dan sunset di Tumpeng Menoreh, pengunjung juga dapat memesan makanan dan minuman yang disediakan di restoran tersebut. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas Jawa Tengah di toko oleh-oleh yang tersedia.

See also  Pulau Panjang Jepara: Destinasi Wisata Pantai Tersembunyi

Penginapan

Ada beberapa hotel yang dekat dengan Tumpeng Menoreh, diantaranya:

  1. Lintang Tiga Homestay – Berjarak sekitar 3,8 km. Alamat: Jl. Wates Km. 10, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta 55571
  2. Omah Kecebong – Berjarak sekitar 4,4 km. Alamat: Jl. Plalangan No.15, RT.03/RW.01, Karangasem, Prambanan, Sleman, Yogyakarta 55572
  3. GQ Hotel Yogyakarta – Berjarak sekitar 5,5 km. Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.92, Ngampilan, Yogyakarta 55261
  4. Plataran Borobudur Resort & Spa – Berjarak sekitar 11 km. Alamat: Dusun Tanjungan, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553
  5. MesaStila Resort and Spa – Berjarak sekitar 17 km. Alamat: Desa Losari, Grabag, Magelang, Jawa Tengah 56196
  6. Villa Bougenville: Villa yang terletak sekitar 3 km ini menawarkan akomodasi yang nyaman dengan pemandangan alam yang indah.
  7. Griya Parikesit: Penginapan ini berlokasi di Parangtritis, sekitar 5 km. Anda dapat menikmati suasana pedesaan yang tenang dan udara segar di sini.
  8. Otu Hostel: Hostel yang terletak sekitar 7 km ini menawarkan akomodasi yang nyaman dengan harga yang terjangkau.
  9. Hotel Pulesari: Hotel ini berlokasi di Yogyakarta, sekitar 10 km. Meskipun agak jauh, hotel ini menawarkan fasilitas yang lengkap dan harga yang terjangkau.
  10. Greenhost Boutique Hotel: Hotel yang berlokasi di Jalan Prawirotaman, Yogyakarta, sekitar 14 km. Hotel ini menawarkan fasilitas yang lengkap dengan desain yang modern dan nyaman.

Wisata Sekitar

Tumpeng Menoreh adalah lokasi yang strategis untuk menjelajahi berbagai wisata di sekitar Kulon Progo. Berikut beberapa wisata yang dapat Anda kunjungi:

  1. Goa Kiskendo: Terletak sekitar 30 menit berkendara, goa ini menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk.
  2. Bukit Panguk Kediwung: Bukit ini menawarkan pemandangan indah dari atas dan merupakan tempat yang populer bagi para pendaki dan pecinta alam. Terletak sekitar 45 menit berkendara.
  3. Pantai Glagah: Pantai ini terletak sekitar 1 jam berkendara dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan serta berbagai fasilitas seperti restoran dan penginapan.
  4. Air Terjun Sri Gethuk: Terletak sekitar 1,5 jam berkendara, air terjun ini merupakan salah satu objek wisata yang populer di Kulon Progo.
  5. Wisata Rafting di Sungai Elo: Terletak sekitar 1 jam berkendara, Sungai Elo menawarkan pengalaman rafting yang menarik bagi para wisatawan yang mencari kegiatan petualangan.

Tips

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu saat berkunjung ke Tumpeng Menoreh:

  1. Reservasi terlebih dahulu: Jika ingin berkunjung pada hari-hari tertentu atau di waktu yang sibuk, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu untuk mendapatkan tempat yang diinginkan.
  2. Datang tepat waktu: Agar bisa menikmati makanan yang masih fresh dan hangat, datanglah tepat waktu sesuai dengan waktu reservasi atau waktu buka restoran.
  3. Pilih menu yang sesuai: Menyajikan berbagai jenis tumpeng dan makanan khas Jawa Tengah. Pastikan untuk memilih menu yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.
  4. Jangan lupa membawa kamera: Memiliki dekorasi yang indah dan menarik untuk difoto. Jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengambil foto saat berkunjung.
  5. Patuhi protokol kesehatan: Selama pandemi COVID-19, pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.
  6. Nikmati suasana: Selain makanan yang lezat, Memiliki suasana yang nyaman dan tenang. Nikmati suasana tersebut saat berkunjung untuk pengalaman yang lebih menyenangkan.

Berdasarkan informasi yang telah disediakan, Tumpeng Menoreh adalah restoran yang terletak di Jl. Kebun Teh Nglinggo, Sumbersari, Ngargoretno, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Jawa Tengah 55673. Objek wisata ini menawarkan pengalaman bersantap dengan pemandangan alam yang indah serta beragam produk UMKM lokal.

Untuk penginapan, terdapat beberapa hotel dan penginapan yang dapat dipilih di sekitar lokasi Tumpeng Menoreh, antara lain: The Atrium Hotel and Resort Yogyakarta, Villa Borobudur Resort, dan Plataran Borobudur Resort & Spa.

Di sekitar lokasi Terdapat berbagai objek wisata menarik seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut, Gunung Merapi, dan lain-lain. Kesimpulannya, Tumpeng Menoreh adalah pilihan tepat untuk menikmati hidangan nasi tumpeng yang lezat di Kulon Progo. Terdapat berbagai penginapan dan objek wisata menarik di sekitar lokasi yang dapat dikunjungi selama liburan di daerah tersebut.

Review Review Tumpeng Menoreh, Resto yang Sajikan Keindahan Alam.

Your email address will not be published. Required fields are marked *