Review Menarik Pantai Sipelot: Surga Tersembunyi di Malang Selatan

Pantai Sipelot merupakan salah satu wisata pantai yang terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Pantai ini dianggap sebagai pantai tersembunyi yang menawarkan suasana yang tenang, kesejukan, dan pemandangan alam yang menawan. Selain itu, keberadaan air terjun Sipelot menjadikan tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Pantai Sipelot memiliki hamparan pasir yang berbentuk melingkar selama 2 kilometer dengan perbukitan kapur yang mengelilingi pantai. Sehingga, suasana di pantai ini terasa sejuk dan udara segar khas timur kabupaten Malang. Meski memiliki gelombang laut yang besar, namun pengunjung tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini karena pengelola telah memasang tanda larangan di sepanjang pantai.

Biaya untuk bisa memasuki kawasan ini cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 10.000 per orang, sedangkan untuk parkir sepeda motor dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 dan mobil sebesar Rp. 15.000. Pengunjung dapat berkunjung kapan saja karena pihak pengelola Pantai Sipelot tidak menetapkan jadwal buka dan tutup tertentu, namun waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini tentunya pada pagi atau sore hari. Untuk menuju ke Pantai Sipelot, pengunjung dapat menggunakan kendaraan bermotor dengan menempuh perjalanan selama 2,5 jam dari pusat kota Malang. Dari Malang, pengunjung dapat mengarah ke Gadang kemudian Turen hingga sampai di Desa Pujiharjo.

Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat menemukan keberadaan air terjun Sipelot di pantai ini. Keberadaan air terjun Sipelot yang menggoda semakin menarik untuk dikunjungi. Pengunjung dapat menikmati kesegaran dari dua jenis air yang berbeda dalam satu tempat. Bagi pengunjung yang ingin beraktivitas, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan seperti fotografi, snorkeling, berkemah, memancing, dan naik perahu. Selain itu, pengunjung juga dapat mencicipi wisata kuliner di sekitar.

Meskipun memiliki biaya yang cukup terjangkau, Pantai Sipelot memiliki daya tarik tersendiri sebagai wisata pantai tersembunyi yang menawarkan suasana yang tenang, kesejukan, dan air terjun yang menawan. Bagi pengunjung yang ingin berlibur dengan kantong terbatas, dapat menjadi alternatif destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di kota Malang. Namun, seperti pantai-pantai lainnya, pengunjung harus tetap berhati-hati saat berkunjung. Disarankan untuk menghindari berenang di tempat yang berbahaya atau ketika ombak terlalu besar dan untuk tidak meninggalkan sampah di pantai.

Sejarah

Pantai Sipelot memiliki sejarah yang cukup panjang dan menarik. Konon, dahulu pada zaman penjajahan Belanda, pantai ini sering digunakan sebagai tempat persinggahan oleh para pejabat Belanda dan masyarakat setempat. Dari cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, pantai ini diberi nama “Sipelot” yang berasal dari bahasa Belanda “Spelot” yang artinya adalah persinggahan.

Selain itu, pantai ini juga menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa sejarah penting di Indonesia, terutama di sekitar kawasan Malang. Pada masa perjuangan kemerdekaan, banyak gerakan perlawanan yang dilakukan oleh rakyat Malang, termasuk di sekitar Pantai Sipelot. Kini, Pantai Sipelot menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang populer di Malang, dengan pemandangan alam yang indah dan lingkungan yang asri.

Pada masa penjajahan Belanda, pantai ini sering digunakan sebagai tempat persinggahan karena letaknya yang strategis. Namun, setelah Indonesia merdeka, pantai ini kurang dikenal oleh masyarakat luas karena minimnya promosi dan aksesibilitas yang sulit.

Baru pada tahun 2000-an, Pantai Sipelot mulai dikenal sebagai objek wisata yang menarik. Pemerintah setempat dan masyarakat sekitar berusaha untuk mengembangkan pantai ini dengan melakukan perbaikan dan perawatan fasilitas, serta memberikan pelatihan kepada para warga sekitar agar bisa menjadi pengelola dan pemandu wisata yang profesional.

Saat ini, Pantai Sipelot semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Meskipun belum sepopuler pantai-pantai lain di Malang seperti Pantai Balekambang atau Pantai Tiga Warna, memiliki daya tarik tersendiri dengan keindahan alamnya yang masih asri dan belum terlalu ramai pengunjung.

Mitos Legenda Misteri

Pantai ini dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, namun di balik keindahannya, terdapat juga beberapa mitos, legenda, dan misteri yang melekat pada tempat ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Konon, dulunya ini adalah tempat mandi dan rekreasi bagi para putri kerajaan Majapahit. Para putri ini sering datang ke pantai ini dengan diiringi oleh pengawal dan pelayan mereka. Namun suatu ketika, salah seorang putri hilang di pantai ini. Hingga kini, masih ada yang mengatakan bahwa terkadang suara tangis putri itu masih terdengar di pantai pada malam hari.
  2. Legenda lain yang berkembang adalah tentang seorang nelayan yang sangat tamak dan serakah. Konon, ia menangkap ikan sebanyak-banyaknya, tanpa memperdulikan masa depan laut dan ikan yang hidup di sana. Suatu hari, laut menjadi keruh dan ikan-ikan yang ada di sana mati. Nelayan tersebut akhirnya sadar bahwa kelakuan buruknya telah membuat alam marah, dan ia pun menyesal atas perbuatannya.
  3. Misteri yang masih belum terpecahkan hingga kini adalah tentang batu-batu besar yang ada di pantai. Batu-batu tersebut konon jatuh dari langit dan mendarat di Pantai Sipelot. Ada yang mengatakan bahwa batu-batu itu merupakan bagian dari komet yang pecah, namun ada juga yang percaya bahwa batu-batu tersebut adalah meteorit.
  4. Mitos lain yang berkembang adalah tentang sosok makhluk halus atau jin yang sering muncul di pantai. Konon, makhluk halus tersebut bisa berubah wujud menjadi apa saja, dan sering membuat orang yang lewat di pantai merasa tidak nyaman.

Itulah beberapa mitos, legenda, dan misteri yang melekat. Meski tidak dapat dipastikan kebenarannya, namun cerita-cerita tersebut tetap menjadi bagian dari budaya dan sejarah tempat tersebut.

Larangan Dan Aturan

Sebagai tempat wisata yang dijaga kelestariannya, Pantai Sipelot memiliki beberapa larangan dan aturan yang perlu diperhatikan oleh pengunjung, antara lain:

  1. Dilarang membawa dan mengkonsumsi minuman beralkohol di area pantai.
  2. Dilarang merokok di area pantai untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan.
  3. Dilarang memancing di area pantai karena merupakan wilayah konservasi.
  4. Dilarang membawa serta merusak flora dan fauna yang ada di sekitar pantai.
  5. Dilarang membuat api unggun di area pantai untuk menghindari terjadinya kebakaran.
  6. Dilarang berenang di area pantai yang ditandai dengan peringatan atau larangan karena terdapat arus yang cukup kuat.
  7. Dilarang membuang sampah sembarangan di area pantai dan harus membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.
  8. Mengikuti aturan dan instruksi yang diberikan oleh petugas pantai dan menjaga ketertiban di area pantai.
See also  Pesona Indah Pantai Kesirat, Destinasi Ala Surga di Tanah Jogja

Dengan mematuhi aturan dan larangan yang berlaku, pengunjung dapat turut menjaga kelestarian dan keindahan Pantai Sipelot serta memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan bagi semua orang.

Alamat Lengkap Akses

Alamat lengkap Pantai Sipelot adalah di Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Untuk akses, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Malang, Anda dapat menuju ke arah selatan melewati Jl. Raya Tumpang – Kota Batu. Kemudian, belok ke kanan di pertigaan Tirtoyudo dan ikuti jalan hingga sampai.

Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus atau travel dari Terminal Arjosari Malang ke Terminal Tumpang. Dari Terminal Tumpang, Anda dapat naik ojek atau kendaraan umum lainnya.

Namun, sebaiknya sebelum berkunjung, pastikan untuk memperhatikan kondisi cuaca dan kebijakan yang berlaku.

Rute

Untuk mencapai Pantai Sipelot, Anda dapat mengikuti rute berikut:

  • Dari Kota Malang, arahkan kendaraan ke selatan menuju Kecamatan Tirtoyudo. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota (angkot).
  • Setelah tiba di Kecamatan Tirtoyudo, lanjutkan perjalanan ke Desa Pujiharjo. berada di Desa Pujiharjo, sehingga Anda harus mencapai desa ini terlebih dahulu.
  • Dari Desa Pujiharjo, Anda dapat mengikuti jalan setapak. Jalan setapak ini cukup menantang karena melewati bukit-bukit dan tebing-tebing curam. Namun, pemandangan yang indah di sepanjang jalan pasti akan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Pastikan untuk memperhatikan kondisi jalan dan keamanan selama perjalanan. Jika Anda tidak yakin dengan rute yang harus diambil, lebih baik tanyakan kepada penduduk setempat atau bawa pemandu wisata yang berpengalaman.

Aktivitas

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Sipelot antara lain:

  1. Berenang dan bermain air di pantai
  2. Bermain pasir dan membangun istana pasir
  3. Menikmati pemandangan laut dan matahari terbenam
  4. Snorkeling atau menyelam untuk melihat keindahan bawah laut
  5. Memancing di tepi pantai atau menyewa perahu untuk memancing di laut
  6. Berkeliling desa sekitar pantai dan menikmati suasana pedesaan yang tenang dan alami
  7. Mencoba makanan khas daerah setempat seperti ikan bakar, sate kelapa, dan sebagainya
  8. Berwisata sejarah ke Candi Jago yang terletak tidak jauh.

Namun perlu diingat bahwa beberapa aktivitas seperti menyelam atau memancing mungkin memerlukan izin atau peralatan khusus. Pastikan untuk mematuhi aturan dan larangan yang berlaku di pantai Sipelot dan selalu berhati-hati untuk menjaga keamanan dan keselamatan Anda sendiri dan orang lain.

Keunikan Daya Tarik

Pantai Sipelot memiliki daya tarik yang unik karena memiliki pantai berpasir putih dan ombak yang tenang, sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang dan bermain air. Selain itu, pantai ini juga memiliki batu-batu besar yang tersebar di sepanjang pantai dan membuat pemandangan semakin indah.

Selain keindahan alamnya, Pantai Sipelot juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Konon, pantai ini merupakan tempat pendaratan pasukan Belanda pada zaman penjajahan. Di sekitar pantai, terdapat sebuah kuburan Belanda yang menjadi bukti keberadaan penjajahan tersebut.

Selain itu, Pantai Sipelot juga menjadi tempat wisata yang ramah lingkungan karena dikelola secara baik dan bersih. Pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merusak keindahan alam pantai tersebut. Karena keunikan dan keindahan yang dimilikinya, menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun

Pantai Sipelot dan Air Terjun Tepi Pantai adalah dua tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Sipelot terkenal dengan pasir putihnya yang indah dan pemandangan lautnya yang menakjubkan. Sedangkan Air Terjun Tepi Pantai memiliki pesona alam yang tidak kalah menarik dengan air terjun yang langsung mengalir ke laut.

Kedua tempat wisata ini dapat dikunjungi dalam satu hari karena lokasinya yang berdekatan. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dan laut di Pantai Sipelot, kemudian berjalan kaki sebentar menuju Air Terjun Tepi Pantai yang terletak di sebelah timur pantai.

Dengan menikmati kedua tempat wisata ini, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam yang menakjubkan serta dapat menikmati kegiatan seperti berenang, snorkeling, memancing, dan berjalan-jalan di sekitar pantai. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat mencoba kuliner lokal di sekitar kawasan wisata.

Dengan kombinasi keindahan alam yang luar biasa dan kegiatan yang menyenangkan, Pantai Sipelot dan Air Terjun Tepi Pantai adalah destinasi wisata yang ideal untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Fasilitas

Pantai Sipelot memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung, antara lain:

  1. Area Parkir: Menyediakan area parkir kendaraan bagi pengunjung yang membawa mobil atau sepeda motor.
  2. Kamar Mandi: Fasilitas kamar mandi dan tempat cuci tangan tersedia di sepanjang pantai.
  3. Warung Makan: Terdapat beberapa warung makan di sekitar pantai yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman.
  4. Area Bermain Anak: Menyediakan area bermain anak yang dilengkapi dengan ayunan, perosotan, dan tempat bermain lainnya.
  5. Area Berkemah: Untuk pengunjung yang ingin menginap di pantai, terdapat area berkemah yang dapat digunakan dengan membayar biaya tambahan.
  6. Penyewaan Perahu: Pengunjung dapat menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar pantai atau melakukan aktivitas lain seperti memancing.
  7. Pemandian Air Tawar: Terdapat pemandian air tawar di dekat pantai yang dapat digunakan oleh pengunjung.
  8. Tenda Camping: Pengunjung juga dapat menyewa tenda camping yang telah disediakan oleh pengelola pantai.
  9. Area Snorkeling: Memiliki spot snorkeling yang menarik dengan pemandangan terumbu karang yang indah.
  10. Area Berjemur: Terdapat area untuk berjemur yang cukup luas dengan pemandangan laut yang menakjubkan.
See also  Review Menarik Pesarean Gunung Kawi, Pesona Wisata Ziarah Di Malang

Spot Selfie

Pantai Sipelot memiliki beberapa spot selfie menarik, di antaranya:

  1. Papan Nama “Pantai Sipelot”: Terletak di dekat pintu masuk pantai, papan nama menjadi spot foto yang wajib dikunjungi bagi para pengunjung.
  2. Gardu Pandang: Terletak di atas bukit di sebelah timur pantai, gardu pandang menawarkan pemandangan pantai yang indah. Di sini juga terdapat beberapa spot selfie yang menarik.
  3. Patung Ikan: Terletak di sebelah barat pantai, patung ikan yang berwarna-warni menjadi objek foto yang menarik. Patung ini juga dilengkapi dengan kolam ikan yang membuat suasana semakin cantik.
  4. Hutan Pinus: Terletak di sebelah selatan pantai, hutan pinus menjadi spot foto yang Instagramable. Di sini terdapat beberapa tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai dan menikmati suasana.
  5. Pasir Putih: Tentu saja, pasir putih yang bersih dan lembut juga bisa dijadikan spot selfie yang menarik. Tidak hanya di area pantai, tetapi juga di sekitar hutan pinus dan gardu pandang.

Namun, saat berfoto di Pantai Sipelot, pastikan untuk memperhatikan keselamatan diri dan lingkungan sekitar. Jangan berfoto di tempat yang berbahaya dan jangan meninggalkan sampah setelah berfoto.

Prewedding

Pantai Sipelot juga merupakan tempat yang populer untuk pemotretan prewedding. Keindahan pantai dengan pasir putih dan laut yang biru, serta latar belakang perbukitan yang hijau sebagai tempat yang romantis dan memukau untuk pemotretan prewedding. Beberapa spot yang sering digunakan untuk pemotretan prewedding antara lain area karang, tebing, hamparan pasir putih, hutan mangrove, dan beberapa bangunan dan patung yang ada di sekitar pantai.

Untuk melakukan pemotretan prewedding di Pantai Sipelot, Anda perlu memperoleh izin terlebih dahulu dari pihak pengelola pantai. Anda juga dapat memanfaatkan jasa fotografer profesional yang sudah berpengalaman dalam memotret untuk menghasilkan foto prewedding yang indah dan berkualitas.

Tiket Masuk

Biaya untuk bisa memasuki kawasan Pantai Sipelot cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 10.000 per orang. Untuk parkir sepeda motor dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 dan mobil sebesar Rp. 15.000.

Namun, perlu diketahui bahwa pihak pengelola Pantai Sipelot tidak menetapkan jadwal buka dan tutup tertentu. Wisatawan dapat berkunjung kapan saja, namun waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini tentunya pada pagi atau sore hari.

Sunrise Dan Sunset

Pantai Sipelot dikenal sebagai salah satu spot yang menawarkan pemandangan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) yang indah. Saat pagi hari, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang spektakuler dari bibir pantai.

Sedangkan saat sore hari, pemandangan sunset yang indah dapat dinikmati dari atas bukit atau dari bibir pantai. Pengunjung dapat memotret dan menikmati keindahan langit yang memerah saat matahari terbenam.

Namun, untuk dapat menikmati keindahan sunrise dan sunset di Pantai Sipelot, disarankan untuk datang tepat waktu, yaitu sekitar 30 menit sebelum matahari terbit atau sebelum matahari terbenam. Hal ini agar wisatawan dapat menyiapkan peralatan fotografi dan menemukan spot yang tepat untuk menikmati pemandangan.

Camping

Pantai Sipelot menyediakan area camping bagi pengunjung yang ingin menginap di sekitar pantai dan menikmati suasana alam yang masih alami di sana. Pengunjung dapat membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang disediakan oleh pengelola pantai dengan harga yang terjangkau.

Untuk tarif sewa tenda, harganya bervariasi mulai dari Rp 150.000 per malam untuk tenda ukuran kecil hingga Rp 400.000 per malam untuk tenda besar yang dapat menampung hingga 10 orang. Selain itu, pengunjung juga harus membayar biaya camping sebesar Rp 10.000 per orang per malam.

Namun, perlu diperhatikan bahwa pantai Sipelot tidak memiliki fasilitas penginapan seperti hotel atau homestay di sekitar pantai. Jadi, bagi yang ingin bermalam di sana, harus siap dengan fasilitas camping yang sederhana.

Spot Mancing

Pantai Sipelot juga menyediakan spot mancing yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung yang menyukai aktivitas memancing. Di pantai ini, terdapat banyak ikan yang bisa dijadikan target, seperti ikan kakap, layur, baronang, dan masih banyak lagi.

Namun, bagi yang ingin memancing di Pantai Sipelot, diharapkan untuk tetap memperhatikan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola, seperti tidak menggunakan alat pancing yang berlebihan dan merusak lingkungan, serta membuang sampah pada tempatnya.

Penginapan

Terdapat beberapa penginapan di sekitar area pantai yang dapat dipilih oleh para wisatawan yang ingin bermalam.

Beberapa pilihan penginapan di sekitar Pantai Sipelot antara lain:

  1. Villa Sipelot Indah – Menawarkan akomodasi dengan pemandangan pegunungan, fasilitas kolam renang, taman, dan parkir gratis.
  2. Omah Pari Homestay -Menyediakan kamar dengan akses Wi-Fi gratis, area parkir, dan pemandangan taman.
  3. Sumber Waras Homestay – Menawarkan kamar-kamar dengan akses Wi-Fi gratis, kamar mandi dalam, dan parkir gratis.
  4. Yonanda Homestay – Menyediakan kamar-kamar dengan akses Wi-Fi gratis, kamar mandi dalam, dan parkir gratis.

Harga penginapan di sekitar Pantai Sipelot bervariasi tergantung pada fasilitas dan tipe kamar yang dipilih. Tarif per malamnya berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 500.000.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel yang terletak dekat dengan Pantai Sipelot:

  1. Hotel Grand Tidar: Jl. Jaksa Agung Suprapto No.49, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65112, Indonesia.
  2. Ibis Styles Malang: Jl. S. Parman No.45, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126, Indonesia.
  3. Swiss-Belinn Malang: Jl. Veteran No.8, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119, Indonesia.
  4. Atria Hotel Malang: Jl. Letjen Sutoyo No.79, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65122, Indonesia.
  5. The Shalimar Boutique Hotel: Jl. Abdul Gani Atas No.9, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119, Indonesia.

Kuliner

Pantai Sipelot juga menawarkan beragam kuliner yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Seafood Karena lokasinya yang berada di pinggir pantai, Menawarkan beragam hidangan seafood yang segar. Wisatawan dapat mencicipi beragam jenis ikan, udang, kerang, dan lainnya dengan harga yang cukup terjangkau.
  2. Sate Kelapa Sate kelapa adalah kuliner khas Malang yang bisa ditemukan di sekitar. Sate ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang dibalut dengan parutan kelapa dan bumbu rempah khas Malang.
  3. Nasi Pecel Nasi pecel adalah makanan khas Jawa Timur yang terdiri dari nasi, sayuran, dan sambal pecel yang khas. Di sekitar, wisatawan bisa menemukan banyak warung yang menyajikan nasi pecel dengan cita rasa yang lezat.
  4. Es Kelapa Muda Untuk menyegarkan diri di tengah teriknya pantai, wisatawan bisa mencoba es kelapa muda yang segar dan nikmat di sekitar. Harga es kelapa muda di sini cukup terjangkau, sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000.
  5. Jus Segar Selain es kelapa muda, wisatawan juga bisa menemukan beragam jus segar yang terbuat dari buah-buahan segar di sekitar. Harga jus segar di sini juga cukup terjangkau, sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000.
See also  21 Review Menarik Pantai Seseh, Daya Tarik, dan Wisata Spiritual

Tempat Makan

Di sekitar Pantai Sipelot, terdapat beberapa tempat makan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Warung Makan Mbah Tono Alamat: Dusun Sipelot, Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Menu: Nasi campur, nasi pecel, nasi rames, mie ayam, sate kambing, bakso, dan lainnya.
  2. Warung Makan Pakde Amin Alamat: Dusun Sipelot, Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Menu: Ayam goreng, nasi campur, nasi pecel, mie ayam, dan lainnya.
  3. Warung Makan Cak Eko Alamat: Dusun Sipelot, Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Menu: Sate kambing, ayam goreng, nasi pecel, nasi rames, dan lainnya.
  4. Depot Selera Rakyat Alamat: Jl. Raya Tirtoyudo, Desa Wonosari, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Menu: Nasi pecel, nasi goreng, mie goreng, sate kambing, soto ayam, dan lainnya.
  5. Rumah Makan Sari Laut Alamat: Jl. Raya Tirtoyudo, Desa Wonosari, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Menu: Makanan laut seperti ikan bakar, cumi-cumi bakar, udang goreng, dan lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua tempat makan tersebut buka 24 jam dan beberapa di antaranya hanya menyediakan menu makanan tertentu pada waktu-waktu tertentu.

Pantai Dekat

Beberapa pantai terdekat dari Pantai Sipelot antara lain:

  1. Pantai Bajul Mati: Terletak sebelah selatan. Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan air yang jernih, serta ombak yang cukup besar sehingga sangat cocok untuk berselancar.
  2. Pantai Kedung Celeng: Terletak sebelah utara. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan pasir yang putih, serta air laut yang jernih dan tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang.
  3. Pantai Balekambang: Terletak sebelah utara. Pantai ini memiliki panorama yang indah, dengan adanya pura yang terletak di tengah laut yang menjadi daya tarik tersendiri.
  4. Pantai Ngliyep: Terletak sebelah selatan. Pantai ini memiliki panorama yang indah, dengan batu karang yang menjorok ke laut serta air yang jernih dan tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang.
  5. Pantai Kondang Merak: Terletak sebelah selatan. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan lembut serta air yang jernih dan tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang dan bersantai.

Wisata Sekitar

Di sekitar Pantai Sipelot terdapat beberapa objek wisata menarik yang dapat dikunjungi, di antaranya:

  1. Pantai Balekambang: Pantai yang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang ini terkenal dengan keberadaan pura di atas pulau kecil di tengah laut yang dapat dicapai dengan jembatan.
  2. Goa Cina: Objek wisata yang terletak di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang ini terkenal dengan keindahan stalaktit dan stalakmit yang ada di dalamnya.
  3. Air Terjun Coban Pelangi: Terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, air terjun ini memiliki keindahan yang sangat memukau dan cocok untuk dijadikan tempat berfoto.
  4. Bukit Jaddih: Objek wisata yang terletak di Desa Gading, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang ini menawarkan pemandangan indah dari ketinggian dan menjadi tempat yang populer untuk melihat sunrise dan sunset.
  5. Taman Labirin Coban Rondo: Terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, taman labirin ini menawarkan pengalaman unik dalam mencari jalan keluar dari labirin yang rumit.
  6. Gunung Bromo: Salah satu ikon wisata Jawa Timur yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Gunung Bromo menawarkan pengalaman mendaki gunung dan melihat pemandangan sunrise yang spektakuler. Meski agak jauh dari Pantai Sipelot, namun tetap bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik.

Berdasarkan informasi yang telah disampaikan, Pantai Sipelot merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri, yaitu keindahan pemandangan alamnya yang memukau, mitos legenda dan cerita misteri yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang suka dengan hal-hal yang berbau mistis.

Pantai Sipelot juga menawarkan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan seperti berenang, bermain pasir, camping, spot selfie, dan spot mancing. Fasilitas cukup memadai, termasuk kamar mandi dan toilet, warung makan, tempat parkir, serta area bermain anak. Harga tiket masuk Pantai Sipelot juga cukup terjangkau, yakni hanya Rp 10.000 per orang, serta tarif parkir sepeda motor sebesar Rp. 10.000 dan mobil sebesar Rp. 15.000. Untuk penginapan, terdapat beberapa penginapan, dan juga hotel-hotel yang dapat ditemukan di kawasan Malang.

Selain itu, terdapat juga beberapa tempat wisata menarik di sekitar yang bisa dikunjungi seperti Taman Safari Prigen dan Coban Rondo Waterfall. Overall, Pantai Sipelot menawarkan pengalaman wisata yang menarik untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Review Review Menarik Pantai Sipelot: Surga Tersembunyi di Malang Selatan.

Your email address will not be published. Required fields are marked *