Pesona Candi Plaosan, Candi Kembar di Jogja yang Menakjubkan

Candi Plaosan didirikan pada abad ke-9 oleh Raja Sri Kahulunnan atau yang lebih dikenal dengan nama Rakai Pikatan dan istrinya, Ratu Pramodhawardhani dari Kerajaan Medang. Candi ini merupakan bukti bahwa pada masa itu, agama Buddha dan Hindu dapat hidup berdampingan dalam harmoni di Jawa Tengah.

Candi Plaosan, Candi Kembar yang Menakjubkan
@candi_plaosan

Kompleks candi ini terdiri dari dua candi besar yang dikelilingi oleh beberapa candi kecil. Candi Plaosan Utara terdiri dari 62 stupa kecil dan candi Plaosan Selatan terdiri dari 42 stupa kecil. Kedua candi ini terhubung oleh jalan setapak yang diapit oleh dua patung Bodhisattva. Stupa-stupa kecil ini merupakan tempat peribadatan bagi umat Buddha pada masa itu.

Memiliki arsitektur yang sangat menarik dan khas dari kerajaan Medang. Candi ini memiliki relief-relief yang menceritakan kisah kehidupan Buddha serta relief-relief yang menggambarkan kehidupan masyarakat Jawa pada masa itu. Selain itu, candi ini juga memiliki arca-arca yang sangat indah dan halus, seperti arca Dhyani Buddha Vairocana, yang terbuat dari batu andesit.

Arsitektur Candi Plaosan menggabungkan gaya Hindu dan Buddha, dengan ornamen-ornamen yang sangat indah. Di dalam kompleks, pengunjung dapat melihat relief-relief yang menceritakan tentang kehidupan Buddha dan cerita-cerita Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata. Relief-relief ini sangat indah dan detail, dan menjadi bukti keahlian para pengrajin pada masa itu.

Merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat penting, karena merupakan bukti perpaduan budaya Hindu dan Buddha yang terjadi pada masa lampau di Indonesia. Kondisi candi ini juga tergolong baik, karena telah direnovasi oleh pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, Candi Plaosan sangat layak untuk dikunjungi dan dipelajari sebagai bagian dari sejarah dan budaya Indonesia.

Sejarah

Sejarah Candi Plaosan bermula pada abad ke-9 Masehi, saat Jawa Tengah dipimpin oleh Raja Sri Kahulunnan atau Rakai Pikatan dari dinasti Sanjaya. Pada masa itu, Kerajaan Sanjaya berada dalam persaingan dengan Kerajaan Sailendra yang berpusat di Jawa Tengah juga.

Konon, Raja Sri Kahulunnan memerintahkan pembangunan Candi Plaosan sebagai persembahan untuk istrinya, Pramodhawardhani, yang merupakan putri dari Raja Sailendra. Pembangunan candi ini juga dianggap sebagai lambang persatuan antara kerajaan Sanjaya dan Sailendra.

Candi Plaosan dibangun pada masa kejayaan agama Hindu-Buddha di Jawa Tengah. Selama periode ini, agama Hindu dan Buddha berkembang secara bersamaan dan saling mempengaruhi. Hal ini tercermin dalam arsitektur dan ornamen Candi Plaosan, yang menggabungkan unsur-unsur agama Hindu dan Buddha.

Kompleks candi ini terdiri dari dua kompleks, yaitu kompleks Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Kedua kompleks ini terletak di sisi utara dan selatan jalan, terhubung oleh sebuah lorong di dalam kompleks. Di sekitar candi induk terdapat candi-candi kecil, stupa, dan arca-arca.

Setelah masa kejayaannya, Candi Plaosan pernah ditinggalkan dan menjadi reruntuhan selama beberapa abad. Namun, pada abad ke-19, candi ini mulai direstorasi oleh pemerintah Hindia Belanda. Pada masa kini, telah direnovasi oleh pemerintah Indonesia dan menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang populer di Jawa Tengah.

Mitos

Terdapat beberapa mitos dan cerita yang terkait dengan Candi Plaosan. Salah satunya adalah cerita tentang asal usul nama “Plaosan”. Konon, pada masa lampau, daerah sekitar Candi Plaosan adalah tempat tinggal para raksasa atau asura. Para asura ini terkenal sangat rakus dan sering memakan orang-orang yang lewat di sekitar daerah tersebut. Oleh karena itu, daerah tersebut dijuluki “Plaosan” yang berasal dari kata “plaos” yang dalam bahasa Jawa artinya “makan”.

Selain itu, terdapat juga cerita tentang keberadaan lorong rahasia di dalam kompleks Candi Plaosan. Konon, lorong tersebut digunakan oleh Ratu Pramodhawardhani untuk bersembunyi dari suaminya, Raja Rakai Pikatan, ketika ia merasa sedih dan ingin menghindar dari kerumunan.

Namun, perlu diingat bahwa mitos dan cerita seperti ini lebih bersifat legenda dan tidak dapat dipastikan kebenarannya secara historis. Penting untuk selalu mengkaji sejarah dengan menggunakan sumber-sumber yang valid dan terpercaya.

Fungsi

Memiliki beberapa fungsi yang berbeda tergantung pada konteks sejarah dan budaya pada masa lalu. Beberapa fungsi Candi Plaosan yang dapat disebutkan antara lain:

  1. Fungsi sebagai tempat ibadah: awalnya dibangun sebagai tempat ibadah Buddha pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Oleh karena itu, candi ini memiliki arsitektur dan simbol-simbol agama Buddha yang khas.
  2. Fungsi sebagai pusat kebudayaan: juga berfungsi sebagai pusat kegiatan kebudayaan pada masa lalu. Hal ini dapat dilihat dari ukiran relief yang terdapat pada dinding-dinding candi yang menggambarkan kehidupan sehari-hari pada masa itu.
  3. Fungsi sebagai tempat pemakaman: Beberapa bagian dari kompleks juga digunakan sebagai tempat pemakaman untuk para bangsawan pada masa lalu.
  4. Fungsi sebagai peninggalan sejarah: juga berfungsi sebagai peninggalan sejarah yang penting untuk menggambarkan kehidupan dan kebudayaan masyarakat pada masa lalu, terutama dalam konteks sejarah Kerajaan Mataram Kuno.
  5. Fungsi sebagai objek wisata: Saat ini, juga berfungsi sebagai objek wisata sejarah yang populer di Jawa Tengah. Candi ini menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia pada masa lalu.
See also  19 Review Menarik Puncak Segoro Wisata Viral di Yogyakarta

Keunikan

Memiliki beberapa keunikan yang menarik dan membuatnya menjadi salah satu situs bersejarah yang penting di Indonesia. Berikut adalah beberapa keunikan Candi Plaosan:

  1. Arsitektur Hindu-Buddha: memiliki arsitektur yang unik dan menarik karena menggabungkan unsur-unsur arsitektur Hindu-Buddha. Hal ini dapat dilihat dari ukiran relief yang indah dan simbol-simbol agama yang terukir di atasnya.
  2. Kompleks candi yang luas: terdiri dari dua kompleks candi, yaitu Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor, yang terletak di sisi utara dan selatan Sungai Opak. Kompleks Lor memiliki 116 candi kecil yang terletak di sekitar candi induk, sedangkan kompleks Kidul memiliki 30 candi kecil. Keberadaan banyak candi kecil ini membuat kompleks terlihat unik dan menarik.
  3. Keberadaan prasasti: juga memiliki prasasti-prasasti yang menyebutkan mengenai pendirian dan renovasi candi pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Prasasti ini menjadi bukti sejarah yang penting dan memberikan informasi mengenai sejarah pembangunan Candi Plaosan.
  4. Ukiran relief yang indah: Dinding-dinding dihiasi dengan ukiran relief yang indah dan menggambarkan kehidupan sehari-hari pada masa lalu. Relief ini menunjukkan keahlian seni ukir pada masa itu dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan.
  5. Keindahan alam sekitar: terletak di daerah yang dikelilingi oleh alam yang indah dan asri, sehingga memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan bagi pengunjung.

Dengan keunikan-keunikan yang dimilikinya, Candi Plaosan menjadi tempat yang menarik dan penting untuk dikunjungi bagi mereka yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia pada masa lalu.

Letak Alamat Akses

Alamat Candi Plaosan adalah Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454, Indonesia.

Untuk mencapai Candi, Anda dapat mengikuti jalur transportasi berikut:

  1. Udara: Bandara Adisucipto di Yogyakarta merupakan bandara terdekat. Setelah tiba di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan taksi atau menyewa mobil.
  2. Kereta: Stasiun Kereta Api Yogyakarta merupakan stasiun kereta terdekat. Setelah tiba di stasiun, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan taksi atau menyewa mobil.
  3. Bus: Anda dapat mengambil bus dari Terminal Giwangan di Yogyakarta menuju Terminal Tirtomoyo di Klaten. Dari Terminal Tirtomoyo, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan taksi atau menyewa mobil.

Setelah sampai di Candi Plaosan, Anda dapat memasuki kompleks candi dengan membayar tiket masuk. Kompleks candi juga dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk menikmati keindahan alam sekitar.

Rute

Berikut adalah rute yang dapat Anda tempuh untuk mencapai Candi Plaosan dari Kota Yogyakarta:

  1. Rute 1 (dengan kendaraan pribadi):
  • Dari pusat kota Yogyakarta, arahkan kendaraan menuju selatan menuju Jalan Solo.
  • Teruskan perjalanan melewati wilayah Kabupaten Sleman hingga mencapai jembatan layang Condong Catur.
  • Setelah melintasi jembatan layang tersebut, belok kanan ke arah Klaten.
  • Ikuti jalan raya Klaten sampai mencapai Tugu Klaten dan belok kanan ke arah Jalan Raya Prambanan.
  • Setelah melewati Candi Prambanan, Anda akan menemukan Candi Plaosan di sebelah utara jalan raya.
  1. Rute 2 (dengan transportasi umum):
  • Dari Terminal Giwangan di Yogyakarta, naik bus jurusan Klaten.
  • Setelah tiba di Terminal Tirtomoyo di Klaten, naik taksi atau ojek online menuju Candi Plaosan.
  • Alternatif lainnya, Anda juga dapat menggunakan layanan tur atau sewa mobil dari agen perjalanan wisata di Yogyakarta.

Perjalanan dari Yogyakarta ke Candi Plaosan memakan waktu sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi dan sekitar 1,5 jam dengan transportasi umum. Namun, waktu tempuh tersebut dapat berbeda tergantung pada kondisi lalu lintas pada saat perjalanan.

Jam Buka

Jam buka Candi Plaosan biasanya adalah dari pukul 06.00 pagi hingga 17.00 sore setiap harinya. Namun, jam buka ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pemerintah setempat atau kondisi tertentu seperti hari libur atau perayaan tertentu. Jika Anda ingin berkunjung ke Candi Plaosan, disarankan untuk memastikan jam buka terbaru dengan menghubungi pihak pengelola atau mencari informasi terkini dari sumber yang terpercaya.

Aktivitas

Di Candi Plaosan, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas yang menarik, antara lain:

  1. Berwisata Sejarah: adalah sebuah situs bersejarah yang menjadi warisan budaya dari Kerajaan Mataram Kuno. Anda dapat menjelajahi kompleks candi dan mengetahui sejarahnya melalui tanda-tanda dan penjelasan di sekitar situs.
  2. Menikmati Keindahan Alam: Selain candi yang indah, lingkungan sekitar juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Anda dapat berjalan-jalan atau bersepeda sambil menikmati keindahan alam di sekitar situs.
  3. Berbelanja: Di sekitar terdapat beragam toko suvenir yang menjual aneka barang seperti kain tradisional, kerajinan tangan, makanan ringan, dan lain-lain.
  4. Fotografi: adalah tempat yang indah untuk berfoto dengan latar belakang yang unik dan menarik. Anda dapat mengabadikan momen bersejarah atau momen indah di sekitar situs.
  5. Upacara Pernikahan: juga sering digunakan sebagai tempat pernikahan tradisional oleh masyarakat setempat. Anda dapat menyaksikan prosesi pernikahan dan menikmati suasana tradisional yang khas.

Pastikan untuk mematuhi aturan dan tata tertib selama berkunjung ke Candi Plaosan untuk menjaga kelestarian situs sejarah ini.

Daya Tarik

Memiliki daya tarik yang menarik bagi wisatawan karena keindahan arsitektur dan sejarahnya yang kaya. Berikut adalah beberapa daya tarik dari Candi Plaosan:

  1. Arsitektur yang Indah: memiliki arsitektur yang indah dan menawan dengan ornamen yang rumit dan indah. Candi ini juga dikenal dengan pengaruh Hindu dan Buddha dalam arsitekturnya yang menggabungkan unsur-unsur dari kedua agama tersebut.
  2. Sejarah dan Budaya: Sebagai candi yang memiliki sejarah yang kaya, menjadi saksi bisu kejayaan agama Hindu-Buddha di masa lalu. Wisatawan dapat mempelajari sejarah dan budaya Jawa Tengah.
  3. Keindahan Alam: Dikelilingi oleh kebun dan sawah yang hijau dan asri. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekitar candi dan mengambil foto-foto yang indah.
  4. Lokasi yang Mudah dijangkau: Terletak di daerah Prambanan, Klaten, Jawa Tengah dan dapat dijangkau dengan mudah dari kota Yogyakarta maupun Solo. Lokasi ini menjadi destinasi wisata yang populer di Jawa Tengah.
  5. Upacara Agama: Beberapa upacara agama seperti Vesak dan Waisak seringkali digelar di Candi Plaosan, sehingga wisatawan dapat menyaksikan dan belajar tentang tradisi agama Buddha di Indonesia.
See also  Wisata Sejarah di Gedung Sate Bandung

Jika Anda berkunjung ke Jawa Tengah, Candi Plaosan adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi para pecinta sejarah, arsitektur, dan keindahan alam.

Fasilitas

Sebagai tempat wisata sejarah yang populer di Jawa Tengah, menyediakan beberapa fasilitas bagi pengunjung, di antaranya:

  1. Area Parkir: Menyediakan area parkir yang cukup luas bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi maupun bus pariwisata.
  2. Area Bermain Anak: Terdapat area bermain anak yang dilengkapi dengan wahana seperti ayunan dan perosotan.
  3. Toilet dan Kamar Mandi: Terdapat beberapa toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat untuk para pengunjung.
  4. Area Istimewa untuk Difabel: Menyediakan fasilitas khusus bagi pengunjung difabel seperti toilet dan akses jalan yang mudah diakses oleh kursi roda.
  5. Toko oleh-oleh: Di dekat Candi terdapat beberapa toko oleh-oleh yang menjual barang-barang souvenir seperti kain batik, kerajinan tangan, dan lain-lain.
  6. Guide dan Audio Guide: Untuk para wisatawan yang ingin mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang sejarah dan arsitektur, tersedia jasa guide yang dapat diatur di pintu masuk. Selain itu, juga terdapat audio guide yang dapat dipinjamkan dengan biaya tertentu.
  7. Area Istirahat: Terdapat area istirahat dan tempat duduk yang tersedia bagi pengunjung yang ingin bersantai atau menikmati pemandangan sekitar candi.

Namun, perlu diperhatikan bahwa fasilitas yang disediakan di Candi Plaosan mungkin dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pihak pengelola dan kondisi terkini.

Prewedding

Candi Plaosan dapat menjadi latar yang menarik untuk sesi prewedding karena keindahan arsitektur kuno dan suasana yang tenang. Namun, perlu diingat bahwa Candi Plaosan adalah situs sejarah yang harus dijaga dan dihormati, sehingga ada beberapa aturan yang harus dipatuhi selama sesi prewedding, seperti:

  1. Izin terlebih dahulu: Anda harus memperoleh izin dari pihak pengelola sebelum melakukan sesi prewedding. Biasanya, izin dapat diperoleh dengan menghubungi pihak pengelola atau dengan mengisi formulir permohonan di lokasi.
  2. Membayar biaya: Selain memperoleh izin, Anda juga harus membayar biaya yang ditentukan oleh pihak pengelola. Biaya yang dikenakan biasanya bervariasi tergantung pada lama waktu penggunaan dan jumlah orang yang terlibat.
  3. Menjaga kebersihan: Selama sesi prewedding, pastikan untuk menjaga kebersihan area sekitar dan tidak merusak atau merusak properti .
  4. Tidak mengganggu pengunjung lain: Pastikan bahwa sesi prewedding Anda tidak mengganggu pengunjung atau wisatawan lain yang sedang berkunjung.
  5. Tidak merusak situs sejarah: Ingat bahwa Candi Plaosan adalah situs sejarah yang harus dijaga dan dihormati. Jangan melakukan tindakan yang dapat merusak atau mengganggu situs ini.

Pastikan untuk mematuhi aturan dan tata tertib selama sesi prewedding di Candi Plaosan untuk menjaga kelestarian situs sejarah ini dan menghargai nilai sejarahnya.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke area, pengunjung harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk dapat berbeda-beda tergantung pada kategori pengunjung. Berikut ini adalah informasi terkait harga tiket masuk Candi Plaosan per September 2021:

  1. Wisatawan Asing: Rp 40.000/orang
  2. Wisatawan Mancanegara (WNA) yang ber-KITAS atau KIMS: Rp 20.000/orang
  3. Wisatawan Domestik: Rp 15.000/orang
  4. Pelajar SD/SMP/SMA: Rp 5.000/orang
  5. Anak-anak usia di bawah 3 tahun: Gratis

Perlu diketahui bahwa harga tiket masuk di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pihak pengelola. Jadi, pastikan untuk memeriksa informasi terbaru mengenai harga tiket masuk sebelum berkunjung ke Candi Plaosan.

Sunset

Menyaksikan matahari terbenam atau sunset di Candi Plaosan dapat menjadi pengalaman yang indah dan romantis. Berikut adalah beberapa tips untuk menikmati sunset:

  1. Datang tepat waktu: Pastikan untuk datang tepat waktu untuk menyaksikan matahari terbenam. Biasanya waktu terbaik untuk menikmati sunset adalah sekitar pukul 17.00-18.00 WIB, tergantung pada musim.
  2. Pilih tempat yang strategis: memiliki beberapa spot yang cocok untuk menikmati sunset, seperti di area sekitar candi induk atau di lapangan terbuka. Pilihlah tempat yang strategis dan aman untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.
  3. Persiapkan kamera: Jangan lupa membawa kamera atau ponsel untuk mengambil foto sunset yang indah.
  4. Bawa bekal: Anda dapat membawa makanan ringan atau minuman untuk dinikmati sambil menikmati pemandangan sunset. Namun, pastikan untuk membersihkan sampah setelah selesai.
  5. Patuhi aturan dan tata tertib: Selama menikmati sunset, pastikan untuk mematuhi aturan dan tata tertib yang berlaku, seperti tidak merusak atau merusak properti di sekitar candi.
  6. Bersikap sopan: Jangan mengganggu pengunjung atau wisatawan lain yang sedang berkunjung dan menikmati sunset.

Dengan mematuhi aturan dan tata tertib serta menikmati sunset dengan sopan dan tenang, Anda dapat menikmati pengalaman yang indah di Candi Plaosan.

See also  Pesona Pantai Kuwaru Keindahan Alam di Yogyakarta

Penginapan

Untuk penginapan, ada beberapa pilihan akomodasi yang tersedia di sekitar Candi Plaosan. Berikut adalah beberapa pilihan akomodasi yang dapat dipertimbangkan:

  1. Rumah Turi Joglo: Akomodasi ini terletak sekitar 2 km. Terdapat berbagai jenis kamar dengan fasilitas lengkap seperti TV kabel, AC, dan kamar mandi dalam.
  2. OYO 4384 Hotel Prambanan Indah: Hotel ini terletak sekitar 5 km. Hotel ini menawarkan kamar dengan fasilitas lengkap, seperti TV kabel, AC, dan kamar mandi dalam. Fasilitas lainnya termasuk restoran, kolam renang, dan parkir gratis.
  3. The Westlake Resort Jogja: Akomodasi ini terletak sekitar 6 km. The Westlake Resort Jogja menawarkan kamar yang nyaman dengan balkon yang menghadap ke danau. Fasilitas lainnya termasuk kolam renang, restoran, dan spa.
  4. Cempaka Villa and Resort Prambanan: Akomodasi ini terletak sekitar 6 km. Terdapat berbagai jenis kamar, vila, dan suite dengan fasilitas lengkap seperti TV kabel, AC, dan kamar mandi dalam. Fasilitas lainnya termasuk restoran, kolam renang, dan area bermain anak.

Perlu diingat bahwa daftar ini hanya merupakan pilihan umum yang dapat dipertimbangkan dan masih banyak lagi pilihan akomodasi di sekitar Candi Plaosan dengan berbagai fasilitas dan harga yang berbeda. Pastikan untuk memeriksa ketersediaan dan harga serta fasilitas yang ditawarkan sebelum melakukan reservasi.

Resto Dekat

Berikut adalah beberapa restoran yang terletak dekat dengan Candi Plaosan:

  1. Restoran Kampong Cokelat Alamat: Jl. Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah Jarak sekitar 1 km
  2. Pawon Omah Gudeg Alamat: Jl. Raya Solo-Yogyakarta KM 16, Gondangrejo, Sleman, Yogyakarta Jarak sekitar 2,5 km
  3. Gudeg Bu Tjitro 1925 Alamat: Jl. Magelang KM 8, Sleman, Yogyakarta Jarak sekitar 3,5 km
  4. Bale Raos Alamat: Jl. Magelang KM 5,5, Sleman, Yogyakarta Jarak sekitar 4 km
  5. Gudeg Yu Djum Alamat: Jl. Wijilan No. 167, Wijilan, Yogyakarta Jarak sekitar 5,5 km

Pastikan untuk memperhatikan jarak dan waktu tempuh jika ingin makan di restoran-restoran di atas. Selamat mencoba kuliner di sekitar Candi Plaosan!

Tempat Makan

Berikut adalah beberapa tempat makan atau warung makan yang terletak dekat dengan Candi Plaosan:

  1. Warung Makan Taman Ayu Alamat: Jl. Raya Prambanan, Bokoharjo, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah Jarak sekitar 2,5 km
  2. Depot Soto Prambanan Alamat: Jl. Solo – Yogyakarta KM. 16, Gondangrejo, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah Jarak sekitar 2,8 km
  3. Warung Nasi Langi Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta, Sumberadi, Gamping, Sleman, Yogyakarta Jarak sekitar 4,7 km
  4. Warung Bu Wiryo Alamat: Jl. Parangtritis KM 8,7, Sewon, Bantul, Yogyakarta Jarak sekitar 5 km
  5. Warung Kopi Ndoro Donker Alamat: Jl. Parangtritis KM 10,5, Srigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta Jarak sekitar 5,5 km

Pastikan untuk memperhatikan jarak dan waktu tempuh jika ingin makan di tempat-tempat makan di atas. Selamat menikmati kuliner di sekitar Candi Plaosan!

Spot Foto

Merupakan tempat yang sangat menarik untuk dijadikan tempat foto karena keindahan arsitektur candi serta lanskap sekitarnya. Berikut adalah beberapa spot foto yang direkomendasikan di Candi Plaosan:

  1. Area depan pintu gerbang: Pintu gerbang memiliki ukiran yang sangat indah dan bisa menjadi background foto yang menarik.
  2. Area sekitar candi: memiliki beberapa bangunan candi yang menarik untuk dijadikan spot foto, terutama karena arsitektur khas Jawa Tengah yang sangat menawan.
  3. Area taman: Di sekitar terdapat taman yang hijau dan asri yang sangat cocok untuk berfoto dengan latar belakang taman yang indah.
  4. Area pemandian kolam: memiliki kolam yang indah yang bisa menjadi latar belakang foto yang menarik.
  5. Area gazebo: Di sekitar terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan sebagai spot foto, terutama gazebo yang terletak di atas bukit dengan latar belakang perbukitan.

Pastikan untuk menghargai situs bersejarah dengan tidak merusak atau mengganggu candi dan lingkungan sekitarnya saat mengambil foto.

Tempat Wisata Dekat

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di dekat Candi Plaosan:

  1. Candi Prambanan: Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak sekitar 3 km. Candi ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang sangat populer dan menarik untuk dikunjungi.
  2. Taman Wisata Candi Ratu Boko: Terletak sekitar 8 km, Taman Wisata Candi Ratu Boko merupakan situs sejarah yang menjadi peninggalan kerajaan Mataram kuno yang sangat menarik untuk dikunjungi.
  3. Museum Ullen Sentalu: Museum ini terletak sekitar 15 km, dan menyimpan berbagai koleksi seni dan budaya Jawa seperti wayang kulit, keris, dan batik.
  4. Hutan Pinus Pengger: Hutan Pinus Pengger terletak sekitar 10 km. Di sini pengunjung dapat menikmati keindahan hutan pinus dan pemandangan Kota Yogyakarta dari ketinggian.
  5. Air Terjun Kedung Pedut: Terletak sekitar 30 km, air terjun Kedung Pedut menawarkan pemandangan yang sangat indah dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

Pastikan untuk memperhatikan waktu perjalanan dan mengatur jadwal dengan baik untuk mengunjungi tempat wisata di sekitar Candi Plaosan.

Review Pesona Candi Plaosan, Candi Kembar di Jogja yang Menakjubkan.

Your email address will not be published. Required fields are marked *